Wisata Alam di Dago, Tebing Kraton yang Menakjubkan

Wisata Alam di Dago, Tebing Kraton yang Menakjubkan

Dago menjadi salah satu daerah di kota Bandung yang merupakan pusatnya tempat-tempat wisata popular, beberapa tempat wisat di Dago berhasil menjadikan daerah ini sebagai tujuan utama para wisatawan yang mencari spot menarik dan unik.

Salah satunya ada Wisata Tebing Kraton yang mulai hits sejak 2004 lalu berkat sebuah postingan poto seorang fotografer di sosial medianya,

destinasi wisata yang satu ini berhasil menarik perhatian banyak orang dengan keindahan pemandangannya dan tentunya ada beberapa daya tarik yang khas dari Tebing Kraton.

Tebing Kraton ini sebenarnya masih satu kawasan dengan salah satu destinasi wisata yang sudah tak diargukan lagi kepopulerannya, yaitu Taman Hutan Rakyat Djuanda yang sejak dulu memang menjadi spot pilihan para wisatawan.

 

Lokasi wisata Tebing Kraton ini tepatnya ada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung Utara dan akses jalan ke sana sudah lebih bagus dibanding dulu, mungkin karena pengelolaannya yang semakin diperhatikan dari hari ke hari, sehingga sekarang pengunjung bisa lebih nyaman menempuh perjalanan menuju Tebing Kraton, walau pun jalannya masih sedikit sempit.

Ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati di Tebing Krato Bandung, dan yang paling utama tentunya ada keindahan pemandangan dari arah tebing Kraton kea rah yang berhadapan. Pengunjung tentunya harus bersiap dengan kamera dan semua perlengkapan yang meraka punya untuk mengabadikan momen indah di tempat ini.

Untuk bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari Tebing Kraton, pengunjung yang masuk harus mempersiapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk.

Pada awal dibuka untuk umum, Tbeing Kraton bisa dinikmati secara gratis oleh semua orang, namun kini sudah diberlakukan tiket masuk, mengingat pengelolaan kawasan wisata yang satu ini sudah semakin maksimal dan baik, sehingga kini harga tikera masuknya dibandrol dengan sangat ekonomis,

yaitu hanya 11.000 rupiah per orang ditambah dengan biaya membayar parkir sekitar 3.000 untuk kendaraan roda dua dan 5.000 untuk kendaraan roba empat. Nah, jadi pastikan kalau berkunjung ke Bandung, sempatkan dulu untuk berwisata di Tebing Kraton bersama keluarga dan teman-teman.

Daya Tarik Tebing Kraton

Ada banyak hal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan wisata tebing Kraton, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan di tempat ini dan berhasil jadi daya tarik utama, membuat pengunjung merasa harus melakukan hal itu jika berkunjung ke Tebing Kraton.

Yang pertama tentu saja menikmati keindahan sunset dari Tebing Kraton, pengunjung bisa duduk bersantai sambil menunggu matahari tenggelam dan hilang dibalik awan, jangan lupa juga untuk mengabadikan momentum saat matahari tenggelam.

Untuk bisa menikmati sunset di sini, pengunjung harus memilih waktu yang tepat supaya bisa mendapatkan tempat yang paling pas untuk melihat sunset, dan tak hanya sunset, pengunjung yang menginap di kawasan wisata Tebing Kraton bisa melihat sunsrise dan menikmati detik-detik kemunculan matahari dari Tebing Kraton, namun pengunjung harus lebih berhati-hati karena suasan gelap akan sangat menyulitkan perjalanan menuju spot melihat sunrise.

Pemandangan wilayah perbukitan hijau dan tebing di lokasi wisata Tebing Kraton juga menjadi daya tarik utama tempat ini.

Udara sejuk di pagi hari saat menjelang matahari terbit akan sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi jika melewatkan detik matahari terbit yang indah. Cahaya matahari akan memantul, memberikan bayangan warna jingga, bisa untuk membuat pengunjung jadi lebih rileks lagi.

Bagi yang ingin melihat sunrise, tentunya harus menginap dan tak perlu khawatir karena lokasi wisata Tebing Kraton juga berdekatan dengan beberapa hotel dan tempat menginap mulai dari tempat menginap sederhana,

sampai ke hotel bintang lima yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap yang sempurna, tapi tentunya dengan budget yang berbeda, yaa.

Kawasan wisata Tebing Kraton juga menyediakan beberapa fasilitas yang sangat mendukung dan membantu para pengunjung mendapatkan suasana yang nyaman, fasilitas yang tersedia tentunya tak jauh berbeda dengan beberapa fasilitas wajib di kawasan wisata lainnya.

Ada fasilitas toilet yang tersebar di sekitaran lokasi Tebing Kraton, tempat parkir khusus dan yang terpenting tentunya beberapa spot yang menyediakan berbagai jenis kuliner yang lezat khas kota Bandung.

Ada beberapa bangku yang berderet di kawasan wisata Tebing Kraton yang bisa digunakan para wisatawan untuk melepas lelah sambil memerhatikan pengunjung lain yang berlalu lalang menikmati keindahan Tebing Kraton sambil mengobrol atau menikmati kuliner yang tersedia.

 

 

Akses Jalan Menuju Tebing Kraton

Para pengunjung yang ingin datang ke lokasi wisata Tebing Kraton bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, dan jika kamu berasal dari pusat kota, kamu bisa mengikuti rute jalan dari Dago Pakar,

jika sudah sampai di Dago Pakar, kamu bisa mengambil jalan menuju Taman Hutan Raya Djuanda yang sudah mencakup lokasi wisata Tebing Kraton.

Namun perjalanan dari Taman Hutan Rakyat Djuanda juga cukup jauh untuk bisa sampai ke Tebing Kraton, pengunjung perlu melewati jalanan yang lebih kecil daripada akses jalan di Taman Hutan Rakyat.

Dan jika sudah mulai memasuki jalanan yang kecil, maka pengunjung akan bertemu dengan jalanan yang penuh dengan bebatuan dan dari sinilah petualangan seru menuju Tebing Kraton dimulai, karena pengunjung tidak diperbolehkan naik kendaraan.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!