Wisata Tanaman dan Sayuran di Balitsa, Lembang Bandung

Wisata Tanaman dan Sayuran di Balitsa, Lembang Bandung

Siapa yang tidak tahu Balitsa yang ada di Lembang Bandung? Ya! Balitsa yang merupakan tempat penelitian tanaman dan sayuran yang terletak di kecamatan Lembang, atau biasa di singkat sebagai Balitsa (Balai Penelitian Sayuran dan Tanaman).

Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini berfungsi sebagai tempat untuk melakukan berbagai proses atau tahap penelitian yang berkaitan dengan beragam jenis tanamand an sayur yang ada di Indonesia. Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat ayang mendukung dan memfasilitasi pengembangan tanaman halotikultura terbesar di Indonesia.

Balai penelitian Taman dan Sayur yang ada di bawah pengawasan pusat penelitian dan pengembangan holtikulutura Indonesia ini ternyata selain berfungsi sebagai sebuah tempat penelitian, tapi dapat dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi bagi para pengunjung yang ingin tahu leih banyak soal tanaman dan sayuran.

 

Di Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran ini biasa di adakan berbagai kegiatan pene;litian serta pengembangan berbagau jenis tanaman dan sayura unggulan di Indonesia. Wisata edukasi yang berkenaan dengan pengembangan dan penelitian sayuran dan tanaman ini menjadi daya tarik bagi orang-orang yang ingin tahu soal bagaimana tahap pengembangan sebuah tanaman atau hal-hal lainnya yang bisa dipelajari di Balitsa ini.

ada berbagai jenis tanaman yang bisa ditemui di Balitsa, dan bukan hanya tanaman, tapi juga tersedia sebuah perkebunan yang di dalamnya terdapat begitu banyak sayur mayor sebagai objek penelitian, seperti Bawang, Tomat, Timun Jepang (zucchini), Ketimun, Terong,, Wortel, Kentang, Jagung, Bayam, Kacang Panjang, Kol, Kubis, Sawi, Kacang Tanah, dan masih banyak lagi

Nah, Balitsa ini menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan sebagai destinasi wisata bagi wisatwan yang merasa bosan dengan berabagi objek wisata yang ada di Lembang.

Jika biasanya lembang menawarkan wisata dengan panorama dan pemandangan alam yang eksotis, maka Baltsa memberikan warna baru dan kesegaran tersendiri bagi dunia pariwisata Lembang, melalui Wisata Edukasi Balitsa.

Balitnya berada di tengah kawasan lembang yang masih sejuk dan asri, dan hiasan perkebunan serta deretan berbagau tanaman menjadi pajangan yang memanjakkan mata saat datang berkunjung ke tempat yang satu ini, tak kalah dengan menariknya kawasan wisata lain seperti taman Begonia yang popular atau Taman Bunga Hideung yang sangat disukai para wisatwan muda.

Indahnya Kawasan Balitsa Dengan Hiasan Sayur Mayur dan Tanaman

Kawasan Balitsa Lembang sebagai pusat penelitian tanaman sayuran dan hortikultura ini memberikan daya tarik yang kuat lewat pemandangan yang tercipta dari deretan perkebunan ayur yang menghiasi hampir seluruh kawasan Balitsa, serta berbagai jenis tanaman yang berwrna-warni, membuat Balitsa memiliki keindahan yang memberikannya ciri khas tersendiri.

 

Pengunjung yang datang ke Balitsa, biasanya akan berkeliling untuk mencari spot foto yang menurut mereka sangat cantik di tengah perkebunan luas yang sejuk, karena itulah, Balitsa tak hanya menarik tapi juga jadi spot yang sangat disukai orang-orang berkat hiasan alami dari deretan perkebunan dan tanaman yang berwarna-warni.

Selain perlu meyiapkan berbagai persiapan untuk belajar lebih banyak soal sayuran dan tanaman, pengunjung juga perlu menyiapkan kamera untuk mengabadikan setiap momen yang dihabiskan di Balitsa.

Tak hanya hamparan perkebunan dan deretan tanaman yang indah, Balitsa juga punya spot yang memuat jajaran pohon pinus yang sekarang tengah menjadi incara para pengunjung karena pemadangan dan suasana di spot pohon pinus sangat menarik dan tenang. Spot yang satu ini disebut-sebut memberikan nuansa yang berbeda yang rasanya terkesan jauh lebih mewah dibanding beberapa spot yang ada di Balitsa sendiri, karena ada kesan seperti mengunjungi Negara lain, misalnya Eropa yang selalu punya panorama pinus yagn eksotis.

 

Selain itu, perkebunan dengan beragam warna dari sayuran yang ada juga wajib diabadikan, misalnya seperti perpaduan indahnya warna perkebunan cabai yang merah segar, atau tomat dan bawang, dengan berbagai spot yang menarik inilah, tak hanya pengunjung yang sekadar berkunjung saja yang datang, namun pengunjug yang ingin melakukan foto prewedding pun cukup banyak memilih Balitsa sebagai lokasi pemotretan.

Jika sudah puas dengan pemandangan pohon pinus yang eksotis atau hamparan pekebunan yang cantik, maka pengunjung bisa memilih spot selanjuytnya yang tak kalah menarik, yaitu Rumah Kaca atau Green House yang memberikan nuansa yang tenang di dalam sebuah ruangan yang dikelilingi kaca, dengan berbagai jenis tanaman hijau di dalamnya.

Suasana tenang dan nyaman, serta pemdangan luar ruangan yang didapatkan dari Rumah Kaca ini menjadi alasan menngapa spot yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Untuk bisa menikmati semua spot cantik dan wisata edukasi di Balitsa, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang, murah, kan?

 

Berkunjung Hanya di Penghujung Minggu atau Weekend

Karena Balitsa merupakan sebuah tempat penelitian, maka Balitsa hanya dibuka untuk umum pada hari sabtu dan minggu saja, mulai pukul 8 pagi sampai jam 5 sore. Jangan lupa untuk mempersipkan segala hal yang diperlukan saat berkunjung ke Balitsa, seperti kamera yang jadi item penting jika bertandang ke tempat yang satu ini.

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!