WordPress

SEO UNDERCOVER CO ID 17

Undercover.co.id – WordPress sebagai CMS untuk membuat website dengan mobile friendly , walau Terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan jika kita ingin membuat atau mambangun sebuah website.

Kita juga bisa menggunakan berbagai macam platform dari yang paling mudah bahkan yang paling sulit dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan CMS atau Content Management System. CMS ini bisa digunakan oleh setiap orang tanpa mengetahui algoritma pemrograman yang sangat rumit.

Berbagai tools telah disediakan dalam CMS dan sampai saat ini sudah banyak sekali paltform yang menyediakan layanan ini.

Salah satu CMS yang mungkin paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website adalah WordPress.

Sekilas Tentang WordPress

Seperti yang telah sedikit diulas di atas, WordPress adalah merupakan sebuah platform pembuatan website. Platform ini mulai diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003.

Matt dan Mike pada awalnya merupakan pengguna dari website builder bernama b2/cafeblog. Software ini merupakan software yang serupa dengan WordPress.

Dengan suatu alasan tertentu pada akhirnya b2/cafeblog sehingga hal ini menginisiasi Matt dan Mike untuk membuat software yang serupa. Sehingga lahirlah WordPress.

Akhirnya WordPress 1.0 secara resmi dirilis pada tahun 2004. Pertama kali rilis platform ini menyediakan berbagai fungsi yang tidak jauh beda dengan b2/cafeblog, tentu dengan beberapa modifikasi.

Tahun itu menjadi awal di mana WordPress mulai berjalan memasuki dunia industri di bidang website builder dan saat ini platform tersebut telah menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Bahkan saat ini WordPress telah menjadi platform Content Management System (CMS) bagi berbagi website terkenal seperti CNN , Reuters, The New York Times, TechCrunch , undercover.co.id dan lainnya

Perlu diketahui WordPress ini adalah merupakan platform atau software yang bersifat open source. Sehingga memungkinkan untuk digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja.

Keunggulan lainnya, WordPress menyediakan berbagai macam plugin  yang dapat memudahkan para pengguna dalam menambahkan berbagai fitur di website hanya dengan sekali klik saja.

Platform Content Management System (CMS) Terpopuler

Faktanya WordPress merupakan platform yang menyumbang 30 persen dari total pembuatan website di dunia. Dan hal ini membuatnya paling populer di antara platform lain. Mengapa bisa demikian?

Tentu hal ini karena keunggulan WordPress dibandingkan dengan para kompetitornya. WordPress menyajikan cara penggunaan yang mudah, fitur yang lengkap, dan tentunya gratis.

Wordpress
WordPress

Selain itu, WordPress juga berani menepis anggapan bahwa software yang gratis selalu menghasilkan produk yang jelek, murahan dan berkualitas rendah.

Hal ini tidak hanya disampaikan secara lisan maupun tertulis, namun dengan dedikasi nyata yang terlihat dan dibuktikan dengan hadirnya berbagai fitur unggulan dari WordPress tersebut.

Tidak hanya perusahaanperusahaan besar yang menggunakan WordPress seperti yang sedikit telah disampaikan di atas.

Ditambah lagi mungkin sebagai penguat, kita contohkan seperti SONY Music, Microsoft News Center, Bata, The Walt Disney Company, Mercedes-Benz, dan masih banyak lagi.

Bahkan orang-orang yang paling kita kenal di dunia inipun juga menggunakan WordPress untuk website pribadi mereka. Sebut saja seperti Katy Perry, Beyonce, Snoop Dogg, The Rolling Stone, dan Usain Bolt.  

Untuk itu kualitas dari WordPres sudah tidak lagi diragukan, dan inilah yang membuatnya menjadi CMS paling populer di dunia.

Berbagai Kelebihan WordPress

Setelah kita membicarakan tentang kepopuleran platform website builder dan CMS ini, tidak lengkap kiranya jika kita tidak mengetahui kelebihan-kelebihan lainnya yang dimiliki oleh WordPress.

WordPress sendiri selain yang telah beberapa disebutkan di atas, juga memiliki kelebihan lain yang tak kalah penting untuk diketahui.

Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain:

  1. Sangat ramah untuk para pemula, apalagi yang sudah expert
  • Merupakan platform yang memiliki komunitas yang sangat besar
  • Tersedia banyak tutorial untuk mempelajari berbagai fitur di dalamnya
  • Memiliki Plugin yang banyak dan berguna bagi penambahan fitur website kita
  • Memiliki berbagai tema yang beragam sehingga kita bisa bebas memilih
Wordpress
WordPress

Sangat Ramah Untuk Para Pemula, Apalagi Sudah Expert

Jika kita ingin membangun website kita secara pribadi, tentu kita tidak akan melirik berbagai bahasa pemrograman tertentu yang digunakan untuk membangun sebuah website.

Terlebih apalagi kita tidak memiliki pengalaman di bidang tersebut. Pastinya kita tidak akan dapat memahami dengan mudah kode kode dan algoritma yang digunakan oleh bahasa perograman tersebut.

Jikapun kita ingin menggunakan jasa orang lain untuk membuat website tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, pastinya budget yang harus kita keluarkan tidak sedikit.

Nah, bagi pemula dan budget minimal seperti kita ini WordPress sangat membantu. Hal ini dikarenakan WordPress dapat digunakan bahkan oleh para pemula sekalipun.

Kita tidak perlu ahli dalam programming untuk menggunakan platform ini.

Platform Yang Memiliki Komunitas Yang Sangat Besar

Banyaknya pengguna tentu akan sedikit banyak berpengaruh dengan banyaknya komunitas yang terbentuk dari kumpulan para pengguna tersebut.

Dengan menyumbang sekitar 30 persen dari seluruh populasi pembuatan CMS di seluruh dunia membuat WordPress menempati posisi market share terbesar untuk platform pembuatan website.

Tentunya hal tersebut juga sangat mungkin mengundang banyak pengguna dari berbagai negara  untuk membangun sebuah komunitas berkaitan dengan WordPress.

Komunitas yang terbentuk tersebut banyak menyediakan forum diskusi berkaitan dengan WordPress, bahakn memberikan berbagai pelatihan dan pembuatan website dengan wordpress dari yang gratis sampai yang berbayar.

Untuk itu, bagi para pemula yang ingin membuat website dan sudah menentukan untuk menggunakan WordPress, kita tidak perlu khawatir. Banyak komunitas yang bersedia membimbing kita.

baca juga

    Memiliki Plugin Yang Banyak

    Hal ini mungkin salah satu hal dari WordPress yang tidak dapat di copy oleh platform kompetitor lainnya. Yaitu terkait melimpahnya plug in yang disediakan.

    Terlebih ribuan plug in juga tersedia dalam versi gratis. Kita tinggal memasangnya di CMS kita dan otomatis fitur tertentu sudah bisa kita nikmati.

    Misal saja kita ingin melakukan optimasi SEO untuk website kita, WordPress dalam hal ini menyediakan Yoast SEO.

    Atau mungkin jika kita ingin memiliki fitur yang bisa digunakan untuk melakukan share konten di website kita ke berbagai media sosial, WordPress menyediakan One Signal dan yang lainnya.

    Sangat praktis, tidak seperti ketika kita menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dengan menggunakan WordPress kita tidak perlu membuat dan mengintegrasikan API tertentu agar kita bisa tersambung dengan berbagai fitur atau layanan lain.

    Nah, selain kelebihan-kelebihan di atas masih terdapat banyak kelebihan lain dari WordPress yang bisa kita nikmati.

    Tentu jika kita ingin berbagai layanan yang lebih atraktif terutama terkait dengan Plugin yang disediakan oleh WordPress, kita juga perlu sedikit mengeluarkan biaya untuk beberapa plug in tertentu.

    Tentu harga yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah plug in sangatlah sesuai dengan kualitas yang akan kita dapatkan. Kita tidak akan kecewa,

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh