Pada masa sekarang ini, banyak orang mengkreasikan masakan menjadi sesuatu yang berbeda. Hal ini merupakan strategi penjualan untuk meningkatkan minat pembeli. Salah satu makanan yang dikreasikan menjadi sesuatu yang berbeda adalah bakso. Seperti yang kita ketahui, bakso merupakan makanan favorit orang indonesia. Rasanya yang segar dengan kuah hangat yang menyerupai sup, sangat enak dinikmati disaat cuaca dingin.

Bakso merupakan salah satu makanan khas dari indonesia dan sangat disukai baik tua maupun muda. Sebenarnya bakso sendiri terbuat dari olahan daging sapi, ayam dan ada juga yang terbuat dari daging ikan atau udang. Dengan perpaduan rasa yang bisa membuat ketagihan.

Selain didominasi dengan rasa dagingnya, kuahnya juga menjadi salah satu penentu nikmatnya hidangan bakso.

Bakso ditiap daerah berbeda dalam hal penyajiannya, Seperti bakso malang, yang disajikan dengan tambahan pangsit goreng dan tahu isi daging. Berbeda juga pada tiap-tiap daerah lainnya.

Makanan ini sangat mudah kita temui disetiap daerah, di warung pinggir jalan, kantin sekolah, dan lain-lain, bahkan kafe dan restoran juga banyak yang menyajikan kuliner bakso ini. Bahkan pada acara perkawinan, sunatan, dan acara kenegaraan sering dijumpai menu bakso. Siapa saja bisa menikmatinya tua muda bahkan anak-anak juga sangat menyukai makanan ini. Bakso Biasanya 1 porsi bakso ukuran biasa dibanderal Rp. 10.000 – Rp. 18.000 .

 

Bakso Beranak yang Populer..

Saat ini sedang populer dengan bakso jenis baru, yaitu bakso beranak. Dari namanya saja masih terasa aneh ditelinga, bakso kok bisa beranak ya ?. Apa baksonya hamil dulu ya? Hehehe.  Sebenarnya dikatakan bakso beranak, karena didalam bakso ada bakso lagi.

Sama seperti bakso pada umumnya, bakso ini juga terbuat dari campuran daging sapi dan daging ayam. Hanya saya cara pembuatannya agak sedikit berbeda. Mulai dari saat mencetak tempurung bakso agar bisa diisi dengan bakso ukuran kecil sampai bisa menjadi sebuah bakso beranak.

Cara pembuatannya pun terbilang unik, memiliki 2 kali proses. Pertama buat bakso ukuran besar dengan menggunakan mangkuk plastik, adonan bakso dicetak pada bagian belakang mangkuknya saja, namun sebelum di cetak sebaiknya diberi minyak goreng agar adonan tidak lengket sewaktu dilepaskan. Kukus adonan tadi ditaruh didandang dengan cara terbalik (bagian bawah mangkuk menghadap ke atas).  Untuk jadi 1 buah bulatan harus mencetak 2 buah bulatan setengah lingkaran dengan 2 mangkuk plastik.

Siapkan bulatan atau pentolan bakso ukuran biasa yang sudah direbus. Setelah adonan bakso di dalam mangkuk masak, tunggu agak dingin lepaskan dari cetakan. Masukkan bulatan bakso ukuran biasa  ke dalam bakso yang dicetak dengan mangkuk, untuk isinya kira-kira saja ya. Kemudian tutup dan rekatkan 1 bagian lagi bakso yang dicetak dengan mangkuk tadi dengan 1 bagian yang telah diisi bakso dengan adonan bakso yang belum dimasak. Biasanya 1 porsi bakso beranak bisa dinikmati oleh 2 orang. Sangat mengenyangkan bukan!!!.

Cara menyajikannya juga sama seperti bakso pada umunya. Sangat enak dinikmati dengan tambahan cabe rawit, kecap manis, saus tomat dan cuka. Saat ini bakso beranak ini sudah banyak dijumapai di warung-warung bakso, jadi sangat mudah bagi kita untuk mendapatkannya. Itulah kreatifitas bangsa kita, bisa mengkreasikan makanan enak menjadi lebih istimewa lagi.

 

Bahan-bahan Pembuatan Bakso Daging Sapi

 

Pada saat sekarang ini, banyak sekali bahan-bakso yang telah dicampur dengan bahan-bahan yang tidak sehat. Apalagi ditambah dengan beredarnya kabar bakso sapi yang mana bahannya diganti dengan daging celeng.

Akan lebih aman jika kita membuatnya sendiri dirumah. Kali ini saya akan memberikan resep bakso rumahan yang enak. Selain itu kita bisa menghemat pengeluaran kita.

Adapun bahan-bahan pembuatan bakso sapi terdiri dari :

 

Bahan-bahan ;

  • Daging ayam 500 gr dan daging sapi 500 gr (dengan perbandingan 1:1)
  • Tepung tapioka bisa juga dengan tepung sagu 100 gr (perbandingan 1kg daging:1gram tepung)
  • Telur ayam 3 butir
  • Baking powder 1 sendok makan
  • Air es secukupnya
  • Bawang putih 1 bonggol dihaluskan
  • Lada atau merica dihaluskan
  • Garam, penyedap (optional, jika suka).

Cara Membuat :

Haluskan daging ayam dan daging sapi yang sudah dibersihkan dan di potong kecil-kecil dengan menggunakan food processor, tambahkan air es, telur, garam dan bumbu lainnya, terakhir masukkan tepung, aduk dengan dengan food processor sampai rata. Kemudian pindahkan ke dalam wadah, simpan dalam freezer selama kurang lebih 1 jam, agar adonan baksonya padat.

Didihkan air, masukkan adonan bakso dengan cara dikepal-kepal kemudian keluarkan sedikit dengan cara ditekan agar adonan keluar dan potong dengan sendok. Setelah bakso mengapung, angkat dan tiriskan.

 

Resep kuah bakso :

Rebus tulang sapi/kaki sapi/iga sapi, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan ke dalam rebusan kaldu daging tadi. Beri garam dan penyedap sesuai selera.

Sajikan dengan mi, suwiran ayam goreng (ditabur diatas kuah bakso), tahu goreng yang diisi adonan bakso, sawi, dan sedikit daun bawang.

Baca juga

Editor’s Choice

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Panduan Bisnis Online Terlengkap

 

Demikian sekilas tentang cara prmbuatan bakso dirumah, semoga bermanfaat ya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Baby’s World

undercover.co.id – Baby’s World , Bisnis Yang Meundercover.co.id/dik Target Pasar Buah Hati Anda | Satu diantara pasar usaha…