Jasa

Undercover.co.id – Youtube Marketing , YouTube merupakan salah satu platform dengan potensi pemasaran yang sangat besar.

Namun, seringkali diabaikan oleh pemasar digital saat membuat strategi media sosial produk mereka. YouTube merupakan rumah bagi video online, baik untuk pembuatan konten pribadi, digital mearketing maupun sebagai konsumen biasa.

Pada dasarnya YouTube penting untuk jualan online, terutama untuk memasarkan sebuah produk. Pastikan menentukan produk yang anda jual dan target market pasar, sebelum melalukan pemasaran. Terdapat beberapa cara untuk  mempromosikan produk dalam video YouTube.

Bangun Saluran Youtube Marketing Untuk Produk

Saluran YouTube yang dibuat harus menyampaikan cerita produk anda kepada orang-orang. Dari ikon saluran hingga deskripsi saluran, semuanya harus relevan dengan produk anda.

Tambahkan logo yang sesuai dengan produk yang dijual, tambahkan juga banner khusus, dengan ikon media sosial yang mengarahkan audiens ke media sosial anda di seluruh platform.

Pada bagian “Tentang” di saluran YouTube anda, tambahkan deskripsi singkat tentang produk.  Deskripsi harus memperkenalkan setiap pengunjung baru ke produk dan mencerminkan produk anda.

Bisa juga dengan ajakan bertindak yang mengarah ke situs web atau halaman lain yang diinginkan untuk mengarahkan audiens.

Selain itu, bagi video ke dalam daftar putar yang berbeda. Anda dapat membuat daftar putar produk dengan nama yang unik. Kategorikan video ke dalam daftar putar, seperti webinar, di balik layar, dan lainnya yang sesuai konten video anda.

Youtube Marketing
Youtube Marketing

Buat Konten Youtube Marketing yang Berguna dan Kreatif

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan, saat membuat konten untuk YouTube.

Misalnya dengan mempertimbangkan mengapa audiens lebih sering berinteraksi dengan salah satu jenis konten video daripada jenis konten lainnya.

Mungkin karena audiens menganggap video lebih pribadi dan menarik daripada blog, whitepaper, dan ebook. Selain itu, juga untuk mencari hiburan melalui video.

Hal ini berarti anda harus menjaga konten yang disajikan tetap menarik. Sementara audiens lebih suka menonton video tutorial, dibanding dengan tentang cara menggunakan suatu produk.

Dalam beberapa kasus, jika anda membuat video yang tidak menarik dengan hanya mengoceh tentang cara menggunakan produk maka pelanggan kemungkinan akan mengabaikan video tersebut.

Namun, meski anda membuat konten tentang cara menggunakan suatu produk, maka video tersebut haru dikemas dalam konten yang kreatif.

Perlu diperhatikan juga untuk tidak membuat konten ini setiap saat dan hindari video promosi secara terus menerus. Sebaiknya buat konten lain juga karena beragam topik video dapat anda pilih.

Misalnya, kisah sukses orang-orang yang pernah menggunakan produk tersebut, video budaya kantor anda dan video demo dengan dapat disajikan secara kreatif dan bermanfaat.

Youtube Marketing
Youtube Marketing

Optimalkan Video Youtube Marketing Untuk Mendapatkan Penayangan

Setelah video konten dibuat, kemudian di upload di YouTube anda tidak bisa langsung mendapatkan banyak penayangan. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar video konten mendapat banyak penayangan.

Riset kata kunci.

Riset kata kunci memberi anda frasa yang digunakan orang untuk menemukan konten, sehingga anda juga dapat menambahkannya ke konten yang dibuat. Riset kata kunci ini dapat menggunakan Google Keyword Planner.

Anda juga dapat mengetik topik anda ke dalam bilah pencarian YouTube dan lihat apa yang muncul. Sehingga, ini dapat memberi anda ide untuk kata kunci baru.

Tambahkan kata kunci ke video. Anda harus memiliki satu kata kunci utama dan beberapa kata kunci tambahan untuk setiap video.

Kata kunci utama berada pada bagian judul, sedangkan untuk bagian deskripsi maka dapat menggunakan 3 kata kunci pada kalimat pertama. Selain itu, tetap gunakan kata kunci anda sebagai tag.

Buat deskripsi video Youtube Marketing terperinci.

Deskripsi setiap video harus memiliki bagian unik dari beberapa kalimat yang menjelaskan tentang video tersebut.

Dalam deskripsi ini juga dapat disertakan tautan situs website produk, tautan ke akun media sosial yang lain, tautan ke produk atau layanan yang disebutkan dalam video, dan ajakan untuk bertindak.

Gunakan stempel waktu. Stempel waktu YouTube seperti memecah video menjadi beberapa bagian. Ini memungkinkan pemirsa untuk melompat ke bagian yang paling mereka minati. Sehingga dapat membantu meningkatkan audiens akan menonton lebih banyak video anda.

Thumbnail.

Thumbnail ini penting untuk tampilan awalvideo. Selain judul, thumbnail juga menjadi hal lain yang membuat audiens memutuskan ingin menonton video atau tidak.

Apa yang dianggap sebagai thumbnail YouTube yang bagus akan bervariasi tergantung pada pemirsa anda.

Pastikan itu bukan hanya tangkapan layar dari video yang akan diunggah. Gunakan foto atau elemen produk anda dan tambahkan beberapa teks untuk memikat pemirsa.

Menanggapi komentar. Sebagai platform digital maka menanggapi komentar audiens menunjukkan bahwa anda berada di sana untuk membangun komunitas, bukan untuk mendorong konten promosi saja.

Selain itu, ini juga meningkatkan status video anda ke algoritme karena lebih banyak komentar.

Youtube Marketing
Youtube Marketing

Pelajari Tentang Audiens Youtube Marketing

Agar video dapt mendapat banyak audiens, sehingga memungkinkan produk yang anda jual juga mengalami peninkatan maka perlu mempelajari tentang audiens.

Ketika mempelajarinya, anda dapat memikirkan untuk siapa anda membuat video dan apa yang sudah audiens tonton di YouTube.

Cara mengetahuinya dapat dilihat melalui  tab Analytics. Hal ini akan memberi anda wawasan tentang demografi dan minat audiens anda. Seperti anda dapat melihat berapa banyak orang yang menemukan video anda, melihatnya di feed yang disarankan, melalui penelusuran atau dari sumber lain.

Unggah Dan Jadwalkan Video Youtube Marketing

Anda dapat mengunggah video yang sudah jadi langsung ke YouTube Studio dan langsung memublikasikannya atau menjadwalkannya untuk nanti.

Untuk penjadwalan, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa sering akan memposting.

Maka pilih jadwal  harian, mingguan, dua mingguan, atau bulanan. Pikirkan tentang hari terbaik untuk memposting untuk audiens anda, berdasarkan tab Analytics kapan kemungkinan besar audiens akan menonton konten anda.

Youtube Marketing
Youtube Marketing

baca juga

Evaluasi Youtube Marketing

Tidak sedikit orang yang terkadang lupa mengevaluasi pemasaran yang dilakukan secara digital. Padahal seperti halnya semua pemasaran, anda perlu mengevaluasi YouTube anda setidaknya setiap bulan.

Gunakan laporan bawaan YouTube untuk melihat beberapa informasi seperti apa yang ditonton audiens anda, apa yang paling mereka sukai dan dari mana traffic audiens berasal.

Selain itu juga dapat menganalisis pelanggan, durasi, video teratas, waktu tonton, tayangan dan rasio klik tayang (CTR).  Ini dapat menjadi tolok ukur untuk mengukur saluran anda setiap bulan. Jika belum ada perkembangan, maka saatnya untuk menyesuaikan strategi pemasaran YouTube anda.

Dalam merintis sebuah usaha, konsistensi merupakan hal yang penting. Konsistensi disini tidak hanya berhubungan dengan seberapa sering anda memposting video. Namun, juga harus konsisten dengan kualitasnya.

Maka buatlah video yang diproduksi dengan baik, dan segera mulai memposting konten. Saat memposting video pertama anda, pastikan video berikutnya jika tidak ditingkatkan maka pertahankan kualitas seperti video pertama. Dengan beberpa strategi yang telah dijelaskan dan konsistensi yang terus dipertahankan, maka jualan online yang anda rintis dapat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.