Rm ID

15 Manfaat SEO yang Perlu Anda Ketahui

15 Manfaat SEO yang Perlu Anda Ketahui , Tidak yakin apakah bisnis Anda harus berinvestasi dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO)?

Sebagai strategi pemasaran digital inti, ada banyak alasan untuk berinvestasi dalam SEO – dan bahkan menggunakan jasa SEO – untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mendapatkan lebih banyak pendapatan secara online.

Itulah mengapa kami telah menyusun daftar 15 manfaat SEO terbesar, mulai dari meningkatkan kredibilitas hingga memaksimalkan strategi periklanan Anda.

Teruslah membaca untuk menemukan daftar lengkap manfaat yang didapat dari strategi SEO!

15 manfaat SEO teratas

  • Meningkatkan ROI pemasaran digital
  • Meningkatkan kredibilitas Anda
  • Mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web Anda
  • Mengukur kesuksesan Anda dengan angka yang nyata
  • Mempromosikan perusahaan Anda sepanjang hari, setiap hari
  • Menargetkan setiap tahap saluran pembelian
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Menghasilkan lebih banyak prospek, penjualan, dan pangsa pasar
  • Memaksimalkan keberhasilan kampanye PPC Anda
  • Membantu Anda mengungguli pesaing terberat Anda
  • Membuat strategi pemasaran digital Anda lebih kuat
  • Menjangkau setiap anggota audiens target Anda
  • Mengurangi biaya iklan
  • Meningkatkan upaya pemasaran lokal
  • Mendorong kesuksesan jangka panjang

Setelah mengetahui manfaat SEO yang akan kita bicarakan, teruslah membaca untuk mengetahui penjelasan yang lebih rinci tentang masing-masing manfaat tersebut!

  1. SEO meningkatkan ROI pemasaran digital Anda
    Ketika Anda berinvestasi dalam strategi pemasaran digital, Anda ingin mendapatkan laba atas investasi (ROI) setinggi mungkin. Dengan strategi SEO yang cerdas dan kompetitif, Anda bisa mendapatkan ROI yang mengesankan.

Mengapa?

Ketika berbicara tentang mesin pencari, mereka menawarkan tingkat penutupan hampir 15 persen untuk prospek baru. Kelihatannya tidak terlalu banyak, tapi jika Anda membandingkannya dengan pemasaran tradisional – yang kurang dari dua persen – itu adalah keuntungan besar dari SEO.

Itu berarti Anda dapat meningkatkan tingkat konversi prospek Anda hampir 13 persen. Untuk menempatkannya dalam perspektif, bayangkan bahwa rata-rata prospek Anda bernilai sekitar $800 dan Anda menandatangani sekitar 20 prospek baru setiap bulannya. Dengan pemasaran digital, ditambah SEO, Anda sekarang akan mendapatkan 23 prospek baru dalam sebulan – itu berarti tambahan $ 2.400 sebulan, yang berarti $ 28.000 dalam pendapatan tambahan dalam setahun.

Bagi banyak bisnis, peningkatan pendapatan tersebut adalah salah satu manfaat terbesar dari SEO. Akan tetapi, pendapatan tambahan dari pencarian tersebut bergantung pada SEO. Jika situs web Anda berada di peringkat terbawah dari hasil pencarian di halaman dua, tiga, atau empat, pengguna tidak akan menemukan bisnis Anda.

Mereka akan tetap berada di halaman pertama hasil pencarian, yang berarti Anda tidak akan menghasilkan prospek dari Google atau mesin pencari lainnya. Ini juga berarti Anda tidak akan melihat pendapatan tambahan sebesar $28.000.

baca juga

  1. SEO meningkatkan kredibilitas Anda
    Manfaat utama dari SEO yang diabaikan oleh banyak perusahaan adalah bagaimana SEO dapat meningkatkan kredibilitas Anda di antara konsumen. Peringkat di halaman pertama hasil pencarian menandakan kepada pengguna bahwa Google – atau mesin pencari lain, seperti Bing – mempercayai situs web Anda. Itulah salah satu alasan mengapa 75 persen pengguna tetap bertahan di halaman pertama hasil pencarian.

Mereka mempercayai mesin pencari untuk menyaring hasil untuk mereka, menghilangkan situs web spam. Google, serta mesin pencari lainnya, memahami hal ini, itulah sebabnya mereka menggunakan sinyal di dalam dan di luar halaman untuk menentukan peringkat situs web. Sinyal-sinyal ini, yang dapat berkisar dari konten yang Anda buat hingga kecepatan situs web Anda, menunjukkan bahwa situs web Anda aman dan kredibel.

Mereka juga menekankan bahwa halaman web Anda menjawab pertanyaan pengguna, seperti, “bagaimana cara membersihkan unit AC di dalam.” Cara lain SEO dapat meningkatkan kredibilitas Anda? Dengan mengoptimalkan daftar Google Bisnisku. Daftar ini, yang muncul di pencarian lokal dan pencarian spesifik untuk bisnis Anda, memberikan detail tentang perusahaan Anda kepada pengguna.

Daftar ini juga dapat menampilkan ulasan dari pengguna Google. Ulasan ini sangat penting untuk membangun kredibilitas, serta mendorong penjualan. Pembeli menaruh banyak kepercayaan pada ulasan, itulah sebabnya 80 persen konsumen mengatakan bahwa ulasan online telah mengubah pikiran mereka untuk membeli suatu produk.

Hal ini sangat besar, dan dengan SEO Anda dapat memaksimalkan dampak ulasan perusahaan Anda.

  1. SEO mendorong lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web Anda

SEO juga membantu Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas berkualitas tinggi ke situs web Anda. Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran digital menawarkan alat yang sangat bertarget. Daripada membayar untuk papan iklan dan berharap audiens target Anda melihatnya, Anda tahu bahwa mereka akan melihat situs web Anda di hasil pencarian.

Selain itu, Anda menjangkau audiens target Anda pada waktu yang tepat. Mereka sedang mencari Anda – tidak sedang berkendara ke kantor atau menonton TV – yang berarti Anda mendapatkan perhatian penuh dari mereka. Ini juga berarti mereka lebih mungkin untuk bertindak atas ajakan bertindak (CTA) Anda, baik itu ajakan untuk menghubungi tim Anda atau menyukai halaman Facebook Anda.

Perbedaan dalam maksud pengguna tersebut adalah salah satu alasan mengapa 89 persen pemasar mengatakan bahwa mereka memiliki strategi yang sukses berkat manfaat SEO.

  1. SEO mengukur kesuksesan Anda dengan angka-angka nyata
    Sangat penting untuk memahami dampak dari investasi Anda, baik dalam periklanan atau pemasaran. Itulah mengapa ini adalah keuntungan besar dari tidak hanya pemasaran digital tetapi juga SEO bahwa Anda dapat memantau keberhasilan strategi Anda. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa mengakses analisis pemasaran digital Anda secara real-time.

Dengan Google Analytics, serta alat analisis web lainnya, Anda dapat dengan mudah menilai kinerja strategi SEO Anda. Beberapa metrik yang perlu dipantau termasuk lalu lintas situs web Anda, rasio pentalan, konversi, dan waktu di situs. Perangkat lunak pemasaran, seperti MarketingCloudFX, dapat mempermudah pemantauan strategi SEO Anda.

Perangkat lunak ini juga dapat mengukur ROI pemasaran digital Anda, serta memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti ke dalam kampanye Anda – keduanya meningkatkan pendekatan Anda terhadap SEO.

  1. SEO mempromosikan perusahaan Anda sepanjang hari, setiap hari
    Tergantung pada bisnis Anda, Anda mungkin menawarkan layanan 24/7. Namun, jika konsumen tidak dapat menemukan situs web e-niaga Anda secara online, hal itu tidak akan membantu. Di situlah manfaat utama lain dari SEO mulai digunakan – SEO dapat mempromosikan bisnis Anda 24/7. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda mempertimbangkan bahwa Google memproses lebih dari 60.000 pencarian per detik. Hal ini juga memperkuat kemampuan pemasaran digital untuk terhubung dengan pengguna sesuai keinginan mereka. Anda tidak mencoba menjangkau konsumen dengan papan iklan yang mereka lihat saat meninggalkan kota di akhir pekan – Anda menjangkau mereka saat mereka mencari Anda.

Hal ini akan meningkatkan nilai situs web Anda bagi pengguna, karena Anda memberikan jawaban atas masalah mereka. Dari perspektif tersebut, manfaat SEO adalah Anda mempromosikan perusahaan Anda kepada konsumen, namun dengan cara yang tidak bersifat promosi.

  1. SEO menargetkan setiap tahap dari saluran pembelian Anda
    Munculnya pemasaran konten membuat SEO menjadi lebih berharga bagi bisnis. Dengan pemasaran konten, yang mencakup berbagai jenis konten, mulai dari infografis, panduan, hingga postingan blog, Anda terhubung dengan konsumen di setiap tahap saluran pemasaran Anda. Meskipun pengguna yang membaca konten di bagian atas corong (TOFU) atau tengah corong (MOFU), seperti posting blog tentang biaya unit AC, tidak akan langsung melakukan konversi, namun pada akhirnya mereka akan melakukan konversi.

Itulah mengapa pemasaran konten – yang bergantung pada SEO – menghasilkan 54 persen lebih banyak prospek daripada pemasaran tradisional. Bagian terbaiknya adalah konsumen menyukai pendekatan ini. Lebih dari 60 persen konsumen lebih memilih perusahaan yang membuat konten orisinil untuk mereka, yang juga dapat membantu membangun kesadaran merek dan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

Manfaat pengoptimalan mesin telusur ini merupakan keuntungan yang saling menguntungkan bagi konsumen dan perusahaan.

  1. SEO meningkatkan kesadaran merek di antara pembeli bernilai tinggi
    Apa manfaat lain dari SEO? Tingkat kesadaran merek yang lebih baik di antara pembeli yang paling berharga. Ketika konsumen bergerak melalui corong pembelian, mereka melakukan banyak pencarian yang berbeda.

Jika perusahaan Anda terus muncul di hasil pencarian mereka, hal ini akan meningkatkan kesadaran merek mereka terhadap bisnis Anda. Lebih baik lagi, hal ini akan membangun kepercayaan mereka terhadap perusahaan Anda. Dengan strategi pemasaran konten dan SEO, Anda menunjukkan kepada konsumen bahwa Anda lebih dari sekadar penyedia produk atau layanan.

Anda juga merupakan sumber daya yang berharga untuk informasi industri, yang meningkatkan nilai Anda bagi audiens. Jika Anda berinvestasi dalam pemasaran video, Anda juga dapat meningkatkan upaya kesadaran merek Anda.

Mengapa? Saat pengguna menonton video, asosiasi merek mereka meningkat hampir 140 persen – untuk memastikan pengguna melihat video Anda, Anda perlu mengoptimalkannya untuk pencarian.

Dengan SEO, Anda dapat melakukannya.

  1. SEO menghasilkan lebih banyak prospek, penjualan, dan pangsa pasar untuk bisnis Anda
    Salah satu manfaat SEO yang paling sering disebutkan adalah peningkatan penjualan, prospek, dan pangsa pasar yang dilihat oleh perusahaan. Manfaat ini juga merupakan sesuatu yang Anda perhatikan dalam operasi sehari-hari. Anda melihat pembeli yang datang ke toko Anda atau pesanan produk yang dikirim dari gudang Anda.

Peningkatan ini terjadi karena peringkat Anda di hasil pencarian. Dengan muncul di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci bernilai tinggi yang digunakan oleh audiens target Anda, Anda mendapatkan klik dan kunjungan dari konsumen yang paling penting bagi Anda. Untuk menempatkan nilai peringkat di halaman pertama ke dalam perspektif, pertimbangkan bahwa daftar pertama dalam hasil pencarian menghasilkan 33 persen dari semua lalu lintas pencarian.

  1. SEO memaksimalkan keberhasilan kampanye PPC Anda
    Jika Anda memasukkan pemasaran digital ke dalam strategi bisnis Anda, kemungkinan besar Anda akan berinvestasi dalam iklan PPC pada suatu saat. Meskipun PPC adalah strategi berbayar dan SEO adalah strategi tidak berbayar, keduanya bekerja sama dengan baik – itulah sebabnya Anda harus memikirkan untuk menggabungkan keduanya. Bagaimana SEO membantu kampanye PPC Anda?

Pertama, dengan SEO dan PPC, Anda memperkuat kehadiran Anda di mesin pencari.

Situs web Anda tidak hanya muncul di bagian atas hasil pencarian berbayar, tetapi juga hasil pencarian organik. Hal ini memberikan dua kesempatan bagi pengguna untuk mengunjungi situs web Anda, serta menekankan merek Anda. Keuntungan lain dari SEO adalah Anda dapat menerapkan data SEO Anda ke kampanye PPC Anda.

Halaman web yang menghasilkan konversi, misalnya, dapat meningkat nilainya jika Anda memasukkannya ke dalam kampanye PPC Anda. Lebih baik lagi, halaman arahan tersebut dapat menargetkan kata kunci dengan biaya per klik (CPC) yang rendah.

  1. SEO membantu Anda mengungguli pesaing terberat Anda
    Dengan 80 persen pengguna mengandalkan Internet untuk meneliti pembelian produk, Anda dapat mengharapkan pesaing Anda untuk berinvestasi dalam SEO, serta strategi pemasaran digital lainnya. Itu sebabnya, jika Anda melewatkan SEO, Anda dapat mengharapkan penjualan dan pangsa pasar Anda secara keseluruhan menurun. Ketika pengguna mencari kueri yang terkait dengan layanan atau industri Anda, situs web Anda tidak akan muncul – dan jika muncul, kemungkinan besar akan berada di halaman kedua, ketiga, atau keempat.

Namun, hanya 25 persen pengguna yang melewati halaman pertama hasil pencarian, yang mengurangi potensi keuntungan dan prospek Anda. Itulah sebabnya, jika Anda ingin bersaing dengan kompetitor Anda, SEO sangat penting. Berinvestasilah dalam SEO, serta kembangkan strategi yang cerdas, dan Anda dapat mengungguli pesaing terberat Anda.

Bahkan jika bisnis di industri Anda tidak menggunakan SEO, akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaan Anda jika Anda menjadi yang pertama.

  1. SEO membuat strategi pemasaran digital Anda lebih kuat
    Jika Anda berinvestasi dalam pemasaran digital, SEO mungkin merupakan bagian dari strategi Anda. Namun, SEO memperkuat keseluruhan kampanye Anda dengan berbagai cara. Selain itu, SEO juga meningkatkan fokus pemasaran digital tambahan, seperti pemasaran konten, pemasaran video, dan pemasaran media sosial.

Dengan membangun strategi pemasaran digital yang komprehensif dan tahan lama, Anda meningkatkan daya saing Anda di pasar online. Hal ini dapat menjadi keuntungan yang signifikan saat bersaing di pasar yang sulit atau melawan pesaing dengan sumber daya yang lebih besar dari perusahaan Anda. Selain itu, strategi pemasaran digital yang lebih kuat berarti ROI yang lebih besar.

Dengan laba yang lebih baik dari upaya pemasaran digital Anda, Anda dapat menginvestasikan kembali untuk kesuksesan perusahaan Anda. Apakah Anda memutuskan untuk meningkatkan strategi SEO, memperluas tim internal, atau meningkatkan sumber daya perusahaan, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih baik bagi konsumen.

Mencari alat audit SEO yang lengkap? Anda telah menemukannya.
SEO Checker menyediakan data tentang metrik utama untuk diberikan kepada Anda:

Skor SEO lengkap
Tingkat Konten
Analisis Kecepatan Situs
dan banyak lagi.
Periksa SEO Saya Sekarang!

  1. SEO menjangkau setiap anggota audiens target Anda
    Manfaat utama dari SEO adalah tidak hanya menjangkau audiens di setiap tahap corong pembelian, tetapi juga terhubung dengan setiap jenis audiens target. Tergantung pada perusahaan Anda, Anda mungkin memiliki beberapa target audiens yang berbeda. Jika Anda adalah perusahaan perawatan rumput, misalnya, Anda mungkin menawarkan layanan komersial dan perumahan.

Layanan tersebut mencakup dua audiens yang berbeda – pemilik rumah dan pemilik bisnis. Meskipun kedua audiens ini sama-sama menginginkan layanan perawatan rumput, perjalanan mereka melalui corong pembelian kemungkinan berbeda. Misalnya, pemilik bisnis mungkin memiliki serangkaian pertanyaan yang berbeda dari pemilik rumah dalam hal layanan perawatan rumput dan perawatan rumput.

Seorang pemilik bisnis bahkan mungkin menginginkan serangkaian layanan yang tidak tersedia bagi pemilik rumah, seperti memelihara kolam yang cukup besar. Dengan SEO, Anda dapat menjangkau masing-masing audiens ini dengan menargetkan kata kunci yang spesifik untuk maksud mereka. Contoh singkatnya adalah membuat halaman layanan yang menargetkan kata kunci, “layanan lansekap komersial,” dan halaman layanan lain untuk kata kunci, “layanan lansekap perumahan.”

  1. SEO mengurangi biaya iklan Anda
    SEO juga menguntungkan bisnis Anda dengan menurunkan biaya iklan Anda – dan bahkan biaya pemasaran Anda. Dengan strategi SEO yang terencana dengan baik, perusahaan Anda dapat berada di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci bernilai tinggi. Hal ini memberikan pilihan bagi bisnis Anda untuk mengurangi pengeluaran iklan, serta menginvestasikannya kembali di tempat lain.

Misalnya, alih-alih menjalankan lima kampanye PPC, Anda dapat memilih untuk menjalankan dua kampanye dan kemudian menggunakan penghematan Anda untuk memperluas strategi pemasaran konten Anda. SEO tidak hanya dapat mengurangi pengeluaran iklan digital Anda, tetapi juga biaya iklan tradisional Anda. Banyak bisnis menemukan, sering kali pada tahun pertama berinvestasi dalam SEO, bahwa ini lebih hemat biaya daripada periklanan dan pemasaran tradisional.

Ditambah lagi, SEO memberikan hasil yang lebih baik.

  1. SEO mengembangkan upaya pemasaran lokal Anda
    Meskipun Anda adalah bisnis lokal yang bergantung pada transaksi offline, SEO menguntungkan perusahaan Anda. Seiring dengan semakin banyaknya konsumen yang menjadi pemilik ponsel pintar, penelusuran lokal semakin populer. Nilai pencarian lokal juga sangat besar, karena 80 persen dari pencarian lokal dikonversi, yang berarti lebih banyak bisnis untuk toko Anda.

Jika Anda tidak berinvestasi dalam SEO lokal, Anda mengecualikan diri Anda dari pembeli yang siap membeli. Bagi pesaing Anda, hal ini memudahkan mereka untuk mendapatkan pangsa pasar, serta membangun popularitas mereka di area tersebut. Jangan membuatnya semudah itu bagi mereka.

Sebaliknya, berikan bisnis Anda keunggulan kompetitif dengan SEO lokal.

  1. SEO mendorong kesuksesan jangka panjang Anda
    Tidak seperti banyak upaya pemasaran tradisional, SEO adalah strategi yang berkelanjutan. Itu berarti perusahaan Anda terus melihat manfaat SEO, bertahun-tahun setelah Anda berinvestasi di dalamnya – untuk melihat hasil tersebut, sangat penting untuk melihat SEO sebagai investasi jangka panjang. Artinya, ini adalah sesuatu yang diinvestasikan oleh bisnis Anda setiap tahun.

Untuk mempertahankan peringkat Anda, serta berevolusi dengan pembaruan algoritma pencarian dan kebiasaan pencarian pengguna, Anda harus terus menyertakan SEO dalam anggaran pemasaran Anda. Dengan membuat komitmen jangka panjang untuk SEO, serta pemasaran digital, Anda memaksimalkan ROI Anda. Lebih baik lagi, Anda membangun manfaat SEO.

Hal ini dapat berarti kesadaran merek yang lebih baik, penargetan audiens, perolehan prospek, dan banyak lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat SEO
Ingin tahu lebih banyak tentang SEO, mulai dari strategi terbaru hingga pembaruan algoritme terbaru? Bergabunglah dengan buletin email kami! Kami akan mengirimkan konten eksklusif tentang SEO, serta strategi pemasaran digital lainnya agar Anda selalu mendapatkan informasi terbaru tentang manfaat SEO.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation