7 TREN SEO – SAATNYA MENGUBAH STRATEGI SEO ANDA! ,  SEO, Seperempat abad yang lalu, ketika SEO masih dalam masa pertumbuhannya, sangat mudah untuk menempatkan keyword dan mendapatkan banyak limpahan backlink untuk menningkatkan peringkat di hasil pencarian.

 

Jasa

pendekatan yang bersifat mendasar tersebut akan menjadi sebuah jarak ingatan, bersama dengan Google, Bing, Fire Fox dan mesin pencari lainnya.

Kebiasaan dari pencarian selanjutnya juga akan berevolusi. Google tetap pada posisinya, tentu saja, juaranya pencarian. Maka sebuah pemahaman mendalam tentang algoritma Google menjadi sangat penting bagi para marketer SEO.

 

 

Opini Siapa Yang Anda Cari?

 

 

Pertama, ulasan cepat mengenai mesin pencari yang saat ini menjadi masalah, seorang CEO & Founder dari EasyRedir, William Richard berkata,

 

“Sejauh manapun mesin pencari berkembang, Google akan tetap menjadi pemain terbesar”.

 

 

Sebuah layanan URL redirect yang membantu mengatur dapat memperkuat brand dan mempertahankan SEO mereka. Dengan meningkatnya hingga 78% pencarian desktop, dan yang lebih mengejutkannya lagi sekitar 95% pencarian mobile diantarkan melalui Google pada Januari 2017.

 

 

Pada bulan yang sama, NetMarketShare menunjukkan Bing dan Baidu menempati peringkat kedua dan ketiga dengan presentase 7.8% dan 7.7% berturut-turut, sementara Yahoo! Mencapai 5.1%.

 

Tentu saja, cara konsumen mendapatkan jawaban yang mereka cari telah berkembang jauh melampaui pencarian tradisional.

 

Berpikir kembali kepada pertama kali Yelp digunakan untuk mencari rekomendasi restoran dalam perjalanan bisnis, atau menuju Amazon dan mengetik, “mesin pembuat kopi” untuk melihat apa yang orang-orang katakan mengenai model mesin yang berbeda-beda.

Jasa

 

 

Seorang analis Forrester, Collin Colburn berkata, ada dua jenis penemuan yang digunakan oleh mesin pencari non-tradisional :

 

  1. Maksud berdasarkan penemuan. Dimana ketika orang-orang pergi kemanapun, selalu ada bar pencarian, seperti Amazon dan Trivago. Dalam kasus ini, Collin berkata, para marketer harus menggunakan seluruh cara terbaik yang telah mereka pelajari dalam mengelola Google SEO untuk mengoptimalkan daftar produk mereka dalam setiap layanan.
  2. Penemuan tidak disengaja. Collin berkata, “ini saat ketika Anda sedang berada di Instagram, Facebook, atau Twitter dan tiba-tiba melintas sesuatu yang tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Seperti ketika Anda melihat foto teman yang diahttps://undercover.co.id/l disebuah restoran dekat tempat tinggal Anda, dan kemudian berencana untuk mengunjungi restoran tersebut”. Anda mendapatkan sebuah informasi berdasarkan sebuah post bukannya mencari ide dari Google.

 

Jangan Meremehkan Dasar SEO

 

Kabar baiknya, pada tahun 2018, dasar-dasar SEO yang telah ada sejak tahun-tahun sebelumnya masih akan sangat membantu di tahun depan.

 

Salah satunya adalah, konten berkualitas tinggi. Namun kabar buruknya, akan ada beberapa jalan pintas untuk konten berkualitas tinggi. Sangat melegakan mendengar ada sebuah formula yang dapat dibedakan bagi syarat mesin pencari.

 

Jasa

 

Collin berkata bahwa, definisinya akan berbeda bagi setiap organisasi. Ia juga berpikir bahwa mungkin saja mesin pencari tidak benar-benar peduli seberapa panjang konten Anda, atau apakah Anda menggunakan grafis. Apa yang mesin pencari perhatikan adalah, ketika konsumen mengonsumsi konten Anda.

 

 

Kesler setuju, Ia berkata bahwa organisasi-organisasi seharusnya berusaha keras agar konten dapat dikonsumsi secara penuh. Pikirkan video apa yang akan ditonton hingga selesai, atau artikel seperti apa yang akan membuat pengunjung membaca seluruh informasi yang disediakan dalam artikel tersebut.

 

Singkatnya, tulislah konten yang hebat untuk audiens yang sedang coba Anda raih. Sekali lagi Collin berkata, “perspektifku adalah, yang pertama perlu Anda lakukan adalah mengahttps://undercover.co.id/l langkah mundur dan tanyakan pada diri sendiri,

 

 

‘dengan tipe konten seperti apa kustomer akan merasa terhubung?’, dan yang kedua, ‘apakah Anda sebagai pemilik brand harus melihat diri Anda sendiri sebagai seorang publisher?’

Jasa

 

Ada beberapa produk yang tidak memerlukan banyak konten untuk dapat mendukung mereka.

 

 

Ia juga berkata, bahwa sangat penting untuk mengetahui seberapa jauh crawler masuk kedalam situs kita, dengan menggunakan tools untuk menganalisa arsitektur web dan menyesuaikannya. Tinggalkan dahulu dibelakang navigasi dan struktur situs.

 

Jika konten Anda adalah tipe halaman suatu produk, dan terkubur jauh didalam situs, crawler mungkin tidak akan pernah sampai kesana.

 

 

 

baca juga Jasa SEO Google Untuk Perusahaan

 

 

 

 

7 Tren SEO 2019

Sebagaimana kita sudah mencapai quarter keempat ditahun 2017 ini, sudah saatnya kita mulai memikirkan rencana untuk tahun selanjutnya. Apa yang kita harapkan dari SEO pada tahun 2018?

 

 

Ada banyak sekali tren di industri SEO yang telah kita lihat dari awal tahun hingga akhir tahun ini, lalu tren manakah yang akan menjadi yang paling unggul ditahun 2018?

 

 

Beriku ini tujuh tren yang tetap perlu diperhatikan di tahun yang akan mendatang :

 

 

  1. Voice Search dan Digital Assistant

 

Adanya teknologi pencarian dengan menggunakan suara akan memberikan kesempatan yang besar bagi perubahan dalam cara berkomunikasi dan memproses sebuah informasi. Peningkatan digital assistant telah membawa kepada peningkatan pertumbuhan market yang dapat mengubah performa dari pencarian query. Menurut Google, 1 dari 5 pencarian dihasilkan dari query suara.

 

 

 

  • Hal ini akan mengubah pencarian pasar dan bahkan diharapkan untuk dapat melihat pergeseran yang lebih besar terhadap pencarian suara di tahun 2018. Hal ini juga dapat menjadi sebuah strategi SEO. Pencarian menggunakan suara

 

  • Seperti perbaikan yang tepat didalam digital assistant, akan ada semakin banyak pengguna yang memanfaatkan pencarian melalui suara dari perangkat mobile mereka, mencari jawaban yang lebih relevan. Ini menjadi sangat penting untuk melakukan riset maksud dari pengguna suara akan membantu Anda untuk dapat menyediakan hasil yang lebih akurat, dan juga membantu algoritma untuk menyediakan jawaban terbaik.

 

Selain itu, pencarian suara diharapkan untuk lebih bertumbuh dengan pengintegrasian yang akan membantu perusahaan-perusahaan untuk dapat mengakses data baru, sementara pengguna menikmati pengalaman tanpa batas setiap hari disetiap perangkat.

 

 

Seperti digital assistant yang melewati perangkat mobile, ada peluang besar bagi keduanya; SEO dan konten, mengahttps://undercover.co.id/l keuntungan dari pertumbuhan market yang menghubungkan brand dengan pengguna yang yang berbeda-beda namun tetap relevan dan berguna.

 

 

  1. Link Building

Link building diperkirakan tidak akan menghilang di tahun 2018, justru hal ini akan menjadi sesuatu yang lebih penting daripada sebelumnya untuk menciptakan sebuah strategi untuk menggapai link yang berkualitas.

 

Sangat tidak diperlukan untuk mehttps://undercover.co.id/dik link yang baru jika mereka tidak menambahkan nilai dan membantu untuk membangun sebuah authority di lingkaran target niche Anda.

 

 

  • Ini tidak selalu berarti bahwa backlink terbaik hanya berasal dari situs ternama, namun hal ini tetap menjadi krusial untuk mencari ulasan dari situs-situs yang relevan dengan industri yang jalani.

 

  • Referral traffic tetap dapat berkontribusi kepada peringkat pencarian organik situs Anda, ketika hal tersebut juga sangat berguna bagi Anda untuk mulai berpikir tentang link building sebagai proses jangka panjang.

 

  • Sebuah strategi SEO yang sukses ditahun 2018 akan membangun sebuah hubungan, juga membantu brand untuk dapat mengembangkan kontak yang sangat kuat dan link yang akan bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang.

 

  • Tantangan bagi tahun 2018 ini Anda harus berhadapan dengan pengunjung blog dan bagaimana caranya untuk dapat melibatkan mereka sebagai sebuah bagian integral dari strategi link building tanpa melukai reputasi brand Anda.

 

Seperti pada bulan Mei yang lalu, Google telah memperingati para publisher yang terlalu bergantung kepada tamu postingan yang mana akan menjadi peninjauan yang lebih dekat terhadap tamu blog dalam sebuah percobaan untuk mengawasi link yang diragukan dan bersifat spammy.

 

 

  1. Pengalaman Pengguna

 

Pengalaman pengguna akan menjadi sesuatu yang lebih penting bagi SEO pada tahun 2018. Google telah membuatnya menjadi jelas bahwa fokusnya berada pada pengguna dan ini akan membuat lebih banyak lagi situs yang menyampaikan UX yang lembut kepada pengunjung mereka.

 

 

Pengalaman pengguna yang baik akan meningkatkan kesempatan pembaca akan lebih terikat dengan halaman yang mereka kunjungi. Ini akan membantu mesin pencari untuk menemukan halaman mana yang lebih bermanfaat bagi pengguna.

 

 

  • Langkah pertama yang perlu diahttps://undercover.co.id/l adalah untuk mengawasi kecepatan situs, kelayak bacaan dan stuktur navigasinya agar dapat menguji bagaimana faktor-faktor tersebut dapat diperbaiki melalui perubahan yang tepat.

 

  • Dengan melihat lebih dekat kepada kebiasaan browsing pengunjung akan menawarkan wawasan yang sangat membantu. Misalnya, jika kunjungan datang dari pencarian dalam waktu 30 detik, maka ini mungkin berarti bahwa konten atau pengalaman pengguna telah menyakiti konversi situs Anda.

 

  • Selain itu, sementara semakin banyak orang yang mengonsumsi konten melalui perangkat mobile mereka, maka perlu perkembangan untuk dapat menyediakan pengalaman pengguna yang sangat baik di seluruh perangkat.

 

  • Seperti SEO yang semakin berhati-hati dan fokus terhadap relevansi dan pengalaman yang sesuai dengan selera pengunjung, pengalaman pengunjung (UX) akan menjadi kunci untuk memelihara traffic pencarian dengan menciptakan sebuah keterkaitan antara audiens dan situs melalui konten.

 

  1. Fitur Snippet & Tanggapan Cepat

Popularitas dari keutamaan snippet telah meningkatkan kompetisi diantara perusahaan-perusahaan yang mencoba untuk muncul di posisi 0 pada SERP. Memperoleh keuntungan dari snippet dalam mengantarkan kebutuhan pencarian kepada faktor-faktor kohttps://undercover.co.id/nasi yang spesifik, yang mana telah dibuka oleh SEO melalui lajur tradisional ke Google yang paling tinggi.

 

 

  • Berdasarkan sebuah penelitian, hampir 30% pada percobaan pencarian query Google menampilkan fitur snippet. Hal ini telah menggiring keharusan dalam strategi pada bagaimana caranya untuk mengoptimasi sebuah konten situs untuk bertemu dengan standar Google untuk fitur snippet.

 

  • Daftar, tabel, grafik cenderung akan menjadi populer, sementara itu juga berguna untuk membuat konten dalam format Q&A (pertanyaan dan jawaban), membuat Google lebih mudah untuk menyaring konten yang lebih tepat sebagai konten snippet.

 

  • Sudut pandang yang menarik untuk difokuskan pada tahun depan adalah, optimasi konten snippet bagi pencarian suara. Kohttps://undercover.co.id/nasi dari keduanya meningkatkan tren dalam market pencarian dapat menciptakan peluang besar bagi lebih banyak lagi perusahaan untuk dapat muncul di peringkat teratas SERP. Ini akan melibatkan pertimbangan dari perubahan pencarian query, lebih fokus kepada kata kunci yang lebih panjang, dan bahasa yang natural.

 

  • Langkah yang serupa untuk menggapai peringkat SERP adalah menciptakan konten yang dapat melayani seperti sebuah jawaban yang cepat. Kotak jawaban Google merupakan sebuah tipe yang ditingkatkan dari snippet dengan tujuan untuk menjawab sebuah pertanyaan dengan cara yang lebih menarik.

 

  • Ini biasanya mengikuti struktur “bagaimana” atau “apa” dan merupakan percobaan Google untuk menggunakan maksud dari pencarian agar dapat mengatur hasil pencarian dengan cara yang lebih berguna. Ini telah diamati bahwa hasil yang muncul di kotak jawaban dapat melihat CTR dari 32.3%.

 

  1. Indeks Mobile-first

 

Tahun 2018 lebih dari mungkin untuk menjadi tahun yang mana  para pemilik brand akan sangat menyadari potensi besar dalam mengutamakan perangkat mobile daripada menyimpannya sebagai pemikiran kesekian.

Anda dapat menggunakan tools Mobile-Friendly Test untuk dapat mengetahui apakah situs Anda telah mendukung perangkat mobile.

 

 

 

  • Hal ini terbukti benar ketika Google memutuskan untuk membuat tahun 2018 akhirnya menjadi tahun dimana akan menyebarkan indeks Mobile-first.

 

  • Bahkan jika hal ini tidak terbukti benar, para pemilik brand dan bisnis harus tetap mengutamakan perangkat mobile karena; Studi yang baru saja dikembangkan oleh BrightEdge menemukan bahwa, sekitar 57% traffic situs berasal dari perangkat mobile.

 

  • Lebih dari ini, ada perbedaan yang cukup signifikan terhadap cara keyword mendapatkan peringkat antara pada perangkat mobile dan desktop. Maka dari itu konten yang support terhadap perangkat mobile sangat diperlukan untuk mendapatkan kesempatan terbaik agar dapat terlihat di pecarian perangkat mobile.

 

  • Meskipun pencarian mobile seluruhnya tentang konteks, namun brand harus dapat menyediakan hasil terbaik untuk setiap pertanyaan. Pengguna mobile akan mencari lebih banyak konten lagi ketika mereka browsing melalui perangkan mobile mereka, ini berarti bahwa brand akan menghadapi kesempatan besar dalam marketing bisnis mereka dalam konteks lokal.

 

  • Optimasi perangkat mobile untuk pengguna lokal dan bersamaan dengan peningkatan dari voice search, dapat menyediakan langkah terbaik dalam menciptakan strategi sukses SEO di tahun 2018 dengan memfasilitasi pengalaman pencarian melalui jawaban yang relevan dan sesuai keinginan pengunjung.

 

  • Kecepatan sebuah situs merupakan sesuatu yang sangat penting bagi mesin pencari dan performa halaman Anda di SERP, dan AMP (Accelerated Mobile Pages) dapat membuat kecepatan loading situs Anda meningkat hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan mobile page yang standar. Berdasarkan ChartBeat, AMP memuat dalam waktu satu detik dan mereka juga akan melihat 35% perbaikan dalam waktu terkait.

 

  1. Peningkatan Pencarian Visual

 

Pencarian visual merupakan sebuah area yang menakjubkan yang juga merupakan kohttps://undercover.co.id/nasi dari inovasi teknologi dan pengalaman pengguna dapat menggiring pencarian ke level selanjutnya.

 

 

  • Sebagaimana internet yang menjadi lebih fokus terhadap visual, ada kesempatan besar untuk menjelajahi kekuatan dari pencarian visual. Pemimpin perusahaan teknologi termasuk Google, Pinterest dan Google telah berinvestasi untuk mengembangkan mesin pencari visual yang powerful dalam tawaran untuk menjadi kapitalis dalam tren terbaru ini.

 

  • Sebuah strategi SEO yang akan dijalani pada tahun 2018 perlu mempertimbangkan cara pengguna mengonsumsi konten visual dan bagaimana cara mesin pencari saat ini melewati teks untuk menjelajahi perubahan kebiasaan dalam pencarian. Konten yang akan akan visual sekarang ini dapat lebih menarik dan inovasi menyebabkan ketertarikan dan market yang kompetitif.

 

  • Seperti kompetisi yang terus meningkat, ada lebih banyak perusahaan yang nampaknya mengakui potensial kesuksesan dari pencarian visual, sementara brand perlu lebih fokus pada optimasi konten visual untuk kebutuhan SEO.

 

  1. AI Dan Machine Learning

 

AI (Artificial Intelligence) dan Machine Learning (Pembelajaran Mesin) telah merubah cara dari menentukan peringkat hasil pencarian. Machine learning juga dapat memudahkan pencarian dalam mengahttps://undercover.co.id/l tempat, membantu pengguna menemukan hasil kontekstual.

 

 

  • Hal ini dapat menggiring kepada lebih banyak lagi pengalaman personalisasi, ketika peningkatan dari pencarian suara dan digital assistant dapat menawarkan grup ideal untuk mengembangkan AI dan mendapatkan kesuksesan strategi SEO yang terus beranjakn naik bersama dengan tren.

 

  • RankBrain milik Google, dan juga pembelajaran mendalam algoritma Google, juga diharapkan untuk dapat mempengaruhi pemandangan dari hasil pencarian.

 

Kita dapat berharap akan ada lebih banyak lagi perubahan yang akan datang pada tahun 2018 dimana AI dan Machine learning dapat menjadi perhatian, dan kebulatan tekad Google untuk dapat mengembangkan area ini mengindikasikan bahwa akan ada lebih banyak lagi inovasi dimasa yang akan mendatang.

 

 

Kesimpulan

Seperti yang terlihat, nampaknya tahun 2018 akan menjadi tahun yang sangat menarik bagi SEO. Teknik tradisional SEO masih akan efektif dalam penerapannya, namun banyaknya tren yang bekerja, secara signifikan akan mengubah kebiasaan dari optimasi pencarian.

 

 

Hal apa yang berguna untuk dipahami sementara kita sedang dalam proses menghadapi tahun 2018 adalah, bahwa SEO telah berubah. Peringkat dengan spot organik pertama tidak lagi menjadi goal utama. Seperti revolusi dari mesin pencari, terdapat banyak kesempatan untuk meningkatkan traffic pencarian Anda tanpa perlu fokus terhadap SERP organik.

 

 

Peningkatan dari PPC, Voice Search,  Snippet, dan SEO dapat dengan sering memproduksi hasil pencarian yang lebih baik dibandingkan sebuah peringkat organik. Itulah mengapa sangat berguna untuk up-to-date dengan tren terbaru dan mengetahui bagaimana brand Anda dapat mempertahankan strategi kesuksesan SEO untuk tahun-tahun selanjutnya dengan menggabungkan; menegakkan dan menumbuhkan tren baru.

43 comments
  1. bagus mas riviewnya cuman sayangnya bahasanya agak kurang dimengerti untuk kaum awam seperti saya

  2. Gan seberapa pentingkah Link Building pada blog di tahun 2018 ini?

    apakah memang masih berpengaruh pada SEO untuk tetap bersaing di Hal. Google…
    karena ada juga yang bilang & membahas kalo backlink ga pegaruh lagi…

    Untuk bisa cepat bersaing di Google sekarang ditentukan dengan PROMOSI lewat Google Ads

    Mohon diluruskan, takutnya saya salah mengartikan

    Salam Sukses 🙂

  3. Mau tanya mas apakah di tahun 2018 internal link masih di prioritaskan untuk mempertahankan peringkat, barusan kami membangun internal link di beberapa artikel blog kami kok malah menurun 5 peringkat apakah target linknya salah apa bagai mana?
    Terus klu internal link masih baik untuk seo efektif nya satu artikel di kasih internal link berapa ya?

    1. betul internal link malah terkdang lebih kuat daripada outlink
      masalah peringkat banyak faktor yang harus dianalisis tidak hanya internal linking
      soal jumlah bervariasi min 1 internal link

      terima kasih

  4. Saya kira yang paling menarik di 2018 ini adalah “Voice Search” penggunaannya semakin meningkat terutama untuk basis game anak-anak, bayangkan saja anank -anak yang belum bisa baca-tulis tapi sudah bisa melakukan pencarian di google dengan menggunakan Voice Search ini.

  5. setelah membaca ulasan mas ini saya ingin bertanya, bagaimana seo untuk website online shop ?
    sepertinya agak sulit untuk membuat artikel yang berkualitas dll.

    1. SEO untuk OL shop agak sedikit berbeda , lebih rumit dan spesifik
      kami akan coba update untuk artikel seo e commerce kedepannya

      terima kasih

  6. ini sangat menarik gan bagaimana agar bisa megikuti perkembangan SEO dengan pengalaman pengguna. cari tahu apa yg dinginkan pengujung pada blog

  7. Kalau saya amati dr saingan usaha sy, justru yg muncul itu situs2 yg sdh punya brand dan situs2 yg beriklan di google ads…
    Ini yg bikin pening..

  8. Thanks gan..bahasan bagus..betul backlink tetap berpengaruh terhadap seo 2018..tapi tetap yang paling utama kualitas konten dan. Page speed Web dan mobile friendly itu merupakan hal utama yang memengaruhi ranking

  9. maaf kka saya masih new bie, bagaimana cara cepat bersaing agar punya kita bisa muncul di page 1 mesin pencarian google dengan menggunakan kata kunci.

    maaf ya kka, masih new bie! masih harus banyak belajar, mohon petunjuknya kka, terimah kasih.

  10. terima kasih gan sudah memberikan pelajaran yang terbaik buat saya dan kedepan nya saya akan memperbaiki website yang masih salah saya buat selama ini…

  11. Kalau bisa ini tata bahasanya di perbaiki, seperti hasil translate google atau spinner artikel luar. Walaupun artikel nyadur ara baiknya di perbaiki susunan katanya

    1. memang sering ganti algo, tapi prinsipnya sama sebenarnya mas
      memberikan konten jawaban yang terbaik untuk pertanyaaan kita

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × four =

You May Also Like