Undercover.co.id – Brand Mention , Sebuah brand dapat dikenali oleh masyarakat dengan promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh brand itu sendiri. Baik itu melalui pemasaran produk brand, atau menyelenggarakan sebuah campaign yang bisa menaikkan brand awareness.

Tetapi, tiba suatu waktu yang mana brand tersebut tidak melakukan apapun, tetapi bisa dikenali oleh orang lain. Baik itu secara positif, maupun negatif.

Jasa

Efek dari Brand Mention dan Toolsnya bagi Brand Anda

Ternyata, brand tersebut telah disinggung atau dicantumkan namanya di dalam sebuah artikel atau berita yang topiknya berhubungan dengan brand tersebut.

Hal ini dinamakan dengan brand mention.

Brand mention adalah penyebutan sebuah brand dalam sebuah konten yang tidak memberikan link langsung ke situs web, media sosial, atau yang berhubungan langsung dengan brand tersebut.

Berbeda dengan backlink yang memberikan link langsung ke situs web atau media sosial, brand mention tidak terjadi hal yang demikian. Brand hanya disebutkan saja di dalam konten tersebut.

Brand Mention

Efek dari Brand Mention

Lalu, apakah berefek kepada digital marketing? Tentu saja berefek.

Setiap yang berhubungan atau menyinggung nama brand, pasti menghasilkan suatu efek. Apapun itu, baik maupun buruk.

Tidak terkecuali dengan brand mention ini.

Berikut efek yang akan dirasakan oleh brand Anda jika terjadi sebuah brand mention.

1.     Menemukan sebuah peluang baru

Brand mention merupakan kegiatan penyebutan merek tertentu dalam sebuah konten artikel atau campaign. Di mana penyebutan itu hanya sekedar menuliskan nama brand atau disandingkan dengan nama orang yang berhubungan dengan brand tersebut.

Tentu kita ketahui sebelumnya kalau brand mention ini tidaklah memberikan sebuah link langsung menuju ke situs web atau media sosial dari brand, dan menjadi sebuah backlink.

Tetapi hal tersebut tidak bisa dikatakan hal yang tidak memberikan manfaat apapun atau bahkan merugikan karena tidak memberikan link langsung.

Jika Anda bisa membuka secara luas pikiran anda, terdapat sebuah peluang yang bisa Anda temukan di balik dari hal tersebut.

Brand mention yang dilakukan oleh pemuat konten artikel atau campaign tersebut pasti dikarenakan brand Anda adalah brand yang mempunyai hubungan dengan apa yang dibahas mereka.

Bisa saja mereka melakukan brand mention karena brand Anda sangat berkompeten terhadap hal yang dibahas tersebut, terdapat kepuasan tersendiri atas produk brand Anda.

Atau bahkan terdapat hal yang membuat orang berminat membahas brand Anda, contohnya seperti strategi digital marketing atau viralnya brand atau produk Anda. Apalagi sampai mendiskusikannya.

Maka, itulah bisa dijadikan sebuah peluang baru bagi brand Anda. Sebuah peluang yang mana Anda merasa terbantu dalam strategi digital marketing Anda.

Tetapi Anda juga bisa meminta orang yang melakukan brand mention tersebut untuk bisa menautkannya ke situs web atau media sosial brand Anda.

Tentu hal tersebut bisa menjadi sebuah efek baik bagi brand Anda dan orang atau brand tersebut dengan menjalin sebuah kerja sama baru.

Jasa
Brand Mention

2.     Reputasi brand menguat

Tentu, hasil dari penyebutan suatu brand di dalam sebuah konten artikel atau campaign yang berefek kepada reputasi brand yang disebutkan tersebut.

Reputasi yang menguat itu tergantung dari konten artikel atau campaign tersebut apakah berunsur ‘nada’ yang positif, atau negatif.

Jika positif, otomatis brand Anda akan memiliki reputasi yang baik pula. Dan pelanggan Anda yang telah merasakan manfaat dari produk Anda akan setuju terhadap konten brand mention tersebut.

Dan calon-calon pelanggan akan semakin percaya bahwa brand Anda memang memberikan hal yang positif bagi mereka. Kemudian menjadi pelanggan Anda yang setia.

Lain halnya jika memiliki ‘nada’ yang negatif. Maka reputasi brand Anda yang telah dijaga dengan sedemikian rupa akan goyah.

Pelanggan-pelanggan yang pernah merasakan produk yang brand Anda sajikan, tetapi tidak puas, maka mereka akan setuju terhadap konten ‘nada’ negatif tersebut.

Tentu saja hal itu juga membuat calon-calon pelanggan yang sebelumnya tertarik dengan produk yang brand Anda tawarkan akan meragu dan mundur teratur.

Maka, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui konten-konten yang melakukan brand mention ke brand Anda. Segera tangani dengan baik jika brand mention tersebut menyiratkan ‘nada’ negatif.

Brand Mention

3.     Brand awareness bisa meningkat

Brand awareness adalah hal yang sangat penting untuk ditingkatkan saat brand Anda menjalankan strategi digital marketing.

Dengan brand mention, maka brand awareness akan meningkat. Karena konten dari brand mention tersebut bisa memberikan sebuah ‘perkenalan’ yang mereka berikan.

Jasa

Brand awareness yang sudah Anda kerjakan, dan bisa jadi masih dalam proses, akan terdorong dan terbantu dalam percepatan proses tersebut.

Tools untuk Brand Mentions

Anda tidak bisa mengetahui dengan mudah siapa dan dimana saja brand Anda mengalami brand mentions.

Maka, terdapat beberapa tools yang berfungsi mengetahui brand mentions yang bisa Anda pakai.

1.     Google Alerts

Tools besutan Google berikut merupakan tools yang basic dan sering dipakai oleh digital marketers.

Tools google alerts di atas bisa Anda pakai dalam mengukur eksistensi brand Anda secara daring. Pemberitahuannya akan dikirimkan via e-mail Anda setelah didaftarkan ke Google Alerts tersebut.

Tetapi, minusnya adalah pemberitahuan tersebut hanya jika brand mention dari brand Anda tersebut berada di sebuah konten, baik itu berita, artikel, atau postingan blog berada di 10 besar mesin pencarian.

Hanya itu, tidak ada lagi. Sehingga hanya bisa mengetahui terdapat brand mention yang masuk 10 posisi teratas saja.

Brand Mention

2.     Mention.com

Sesuai namanya, mention.com adalah tools yang digunakan untuk mencari dimana brand Anda mengalami brand mentions.

Data yang diberikan oleh Mentions adalah sebuah data grafis yang apik, sehingga bisa membantu Anda mengetahui bagaimana performa brand Anda secara online.

Sama seperti Google Alerts, Mention mendapatkan pemberitahuan mengenai brand mention yang berada di sebuah berita, artikel, atau postingan blog melalui e-mail.

Jasa

Selain itu juga terdapat sebuah skor dari influencer. Ini berarti Anda bisa menaksir rentang seberapa bagus hasil brand mention yang dilakukan oleh influencer tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa Mention ini ialah versi lengkapnya dari Google Alerts.

baca juga

3.     Social Mention

Social Mention identik dengan mesin pencari, namun bedanya ini adalah sebuah brand mention search  engine.

Tools yang sangat berguna ini bisa dimanfaatkan dalam mencari dimana dan siapa yang menjalankan brand mention terhadap nama brand Anda.

Hasil atas penelusuran itu dapat disusun berdasarkan tanggal, sumber, atau waktu.

Banyak hal yang bisa dijangkau dari tools ini. Tidak sekedar hanya artikel atau postingan blog, tetapi dalam postingan media sosial juga bisa ditampilkannya.

Demikian penjelasan bagaimana brand mention dan efeknya terhadap sebuah strategi digital marketing sebuah brand yang mengalami brand mention.

Sehingga, dengan memanfaatkan sebaik-baiknya brand mention ini, bisa membantu dalam proses digital marketing dengan beberapa tools yang bisa meningkatkan angka penjualan produk atau semakin dikenalnya brand Anda atas brand awareness yang meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × two =

You May Also Like