Cara Elevenia Rebut Hati Konsumen dan Seller Online

Undercovercoid 83

Elevenia menjadi salah satu top marketplace yang laris manis di Indonesia. Di tengah persaingan ketat e-commerce, Elevenia memiliki cara tersendiri untuk memikat para pembeli dan penjual di situsnya.

Jumlah transaksi online masyarakat Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Bukan hanya jumlah pembeli online yang meningkat, namun juga penjual online. Hal ini selaras dengan munculnya begitu banyak marketplace yang hampir semuanya bersifat terbuka.

Salah satu marketplace yang patut diperhitungkan ialah Elevenia. Nama tersebut tentu tak asing lagi karena begitu banyak media yang mengiklankannya. Bahkan iklan televisi pun turut andil dalam membesarkan brand khas angka 11 tersebut. Meski terbilang baru, Elevenia mampu bersaing dengan peretel online lain yang telah lebih dahulu berdiri dan lebih besar.

Rahasia Elevenia Bisa Rebut Hati Konsumen Online

Sejak berdiri tahun 2014, Elevenia terus mengalami peningkatan, baik dalam jumlah pendapatan, jumlah seller maupun pengguna yang terdaftar. Dalam setahun sejak dirilisnya, open marketplace tersebut bahkan telah memiliki 23 ribu seller, 1 juta pengguna dan menawarkan lebih dari 2 juta produk. Dengannya, Elevania pun berhasil meraup 1 triliun sebelum usianya 2 tahun. Angka tersebut pun terus meningkat setiap tahunnya hingga kini.

Untuk bertahan di tengah persaingan marketplace, Elevenia memiliki banyak cara yang tak sederhana. Sederet strategi dilakukan Elevenia untuk tampil beda dan memiliki khas dibanding pesaingnya. Dari penambahan produk asing, pelatihan seller hingga diskon rutin pelanggan menjadi cara Elevenia untuk merebut hati masyarakat.

Salah satu keunggulan Elevenia yakni membuka peluang bagi seller asing. Sedikitnya ada 800 seller luar negeri yang telah terdaftar dan siap menjual produk-produk mereka ke Indonesia. Para seller tersebut berasal dari Korea Selatan, Tiongkok, Taiwan, Jepang, bahkan Amerika Serikat.

Seller Korea Selatan merupakan yang terbanyak di antara mereka. Mengingat Elevania merupakan hasil kerja sama XL Axiata dengan perusahaan besar asal Korsel, SK Planet yang bukan lain adalah anak perusahaan operator terbesar negeri ginseng, SK Telecom.

Menurut General Manager Global and Service Elevenia, Seo Jongyun, dibukanya jaringan seller luar negeri dapat memberikan fasilitas kepada pelanggan untuk mendapatkan barang-barang luar negeri dengan aman dan mudah. Pasalnya, barang-barang tersebut dapat dibeli customer Elevenia sebagaimana belanja pada seller lokal.

“Yang membedakan hanyalah proses pengirimannya yang lebih lama dibanding dengan seller dalam negeri,” ujarnya dilansir laman marketeers.

Cara Elevenia Mendapatkan Seller Online

Adanya seller dari luar negeri tentu menarik minat para konsumen, terutama para pengguna Elevenia. Inilah salah satu cara industri belanja daring tersebut merebut hati para pelanggan. Barang-barang impor tentu menjadi daya tarik yang tak terkira. Apalagi dengan adanya demam Korea yang tengah mewabah negeri ini.

Selain itu, Elevenia pula terkenal dengan promo setiap tanggal 11 sebagaimana namanya yang mengambil angka eleven sebagai brand. Elevenia Day demikian nama promo khusus tersebut. Dengan memberi diskon 11 persen, Elevenia Day menjadi daya tarik tersendiri bagi para member.

Selain memuaskan pembeli dan pelanggan, Elevenia pula memberikan fasilitas bagi para seller. Tak heran jika kemudian banyak penjual online yang mendaftarkan barang dagangan mereka di marketplace tersebut.

Dalam hal penjeputan barang, misalnya. Elevenia bekerja sama dengan JNE untuk fasilitas pick-up. Dengannya, para seller hanya menunggu kurir mengambil barang yang dipesan pembeli. Semua ongkos pick-up ini pula ditanggung oleh Elevenia. Layanan ini merupakan fasilitas baru Elevenia kepada para seller sejak adanya peningkatan penjualan di bulan Ramadhan.

Sebuah pelatihan juga diberikan untuk meningkatkan kemampuan seller berjualan online. Pelatihan tersebut berupa training ataupun seminar. Bahkan ada pula online training yang diadakan dua sesi selama Senin hingga Jum’at. Jika seller bingung mengembangkan bisnis, Elevenia memberikan One Stop Service, yakni tim Elevenia datang langsung ke tempat seller untuk memberikan konsultasi hingga foto produk.

Banyak layanan yang dapat diterima seller Elevenia. Usaha mereka mendapat dukungan langsung, terutama melalui seller zone. Selain berupa online, seller zone secara fisik pun disediakan di tiga lokasi di mana menjadi pusat pedagang di ibu kota, yakni Mangga Dua, Tanah Abang dan Plasa 89.

Meski demikian, pastilah ada kekurangan dalam pelayanan sebaik apapun pelayanan tersebut. Beberapa seller mengeluh kesulitan yang diungkapkan di dalam forum seller. Namun karena itulah terdapat sebuah forum sebagai wadah untuk mengkritik ataupun menanyakan permasalahan di situs peretel online tersebut.

Inovasi Mokado

Bisnis selalu membutuhkan inovasi agar terus berkembang. Itu pula yang dilakukan Elevenia. Kepada semua membernya, Elevenia menawarkan begitu banyak promo menggiurkan. Salah satu yang sangat unik yakni Mokado atau Mobile Kado. Pelayanan ini merupakan ajang mengirimkan kado berupa voucher, baik makanan, tiket liburan hingga spa. Voucher digital tersebut merupakan inovasi unggulan Elevenia yang tak pernah ditawarkan marketplace manapun sebelumnya.

Cara menggunakan layanan Mokado cukup mudah. Member dapat memberikan voucher kepada siapa saja yang mereka inginkan. Nantinya si penerima kado akan menerima link Mokado, baik dari email maupun sms untuk kemudian direndeem langsung di merchant-merchant yang tersedia.

Cukup banyak merek yang bekerjasama, terutama untuk voucher makanan cepat saji. Harganya pula menggiurkan dengan pemberian diskon dari Elevenia. Layanan Mokado ini pun dapat dinikmati semua ember Elevenia atau yang disebut dengan Elevenian.

Gandeng Raisa

Menargetkan konsumen dari kalangan kaum muda rupanya menjadi fokus Elevenia. Nampak dari direkrutnya penyanyi Raisa Andriana sebagai brand Ambassador sejak tahun 2016 lalu. Segala iklan, dari web banner hingga TV Commercial, Elevenia selalu diwakili dengan wajah cantik dan semangat muda sang penyanyi.

Menurut General Manager Partnership and Promotion Elevenia, Anggita Vela Lydia, Raisa dipilih sebagai brand Ambassador karena mampu mewakili semangat Elevenia dalam memberikan pelayanan terbaik. “Raisa adalah solois muda penuh talenta yang konsisten dan sepenuh hati menapaki karirnya. Hal ini sejalan dengan elevenia yang juga senantiasa konsisten dan sepenuh hati memberikan pengalaman belanja online terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya dikutip dari marketing.co.id.

Senada, CEO Elevenia, James Lee pun mengungkapkan bahwa dengan adanya brand Ambassador, Elevenia akan makin agresif dalam memasarkan e-commerce. Raisa pun dipilih karena ia yakin penyanyi Jazz tersebut mampu mengajak masyarakat untuk berbelanja online. “Raisa dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk mencoba berbelanja online, terutama di Elevenia, secara aman dan nyaman,” kata Lee, dilansir situs web marketing.

Banjir Diskon di Momen Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan momen meraup keuntungan besar bagi marketplace, termasuk Elevenia. Di bulan Ramadhan tahun ini, Elevenia pun menarik customer dengan begitu banyak promosi, dari diskon besar-besaran, pengumpulan poin hingga acara ngabuburit bersama.

Beberapa promo Elevenia di bulan Ramadhan 2017 yakni belanja aneka buka puasa dengan hemat 50 persen, voucher diskon hingga 1 juta, gratis ongkos kirim, berbelanja sekaligus bersedekah, ngabuburit dengan mengikuti beauty class gratis, hingga kontes All About Women yang berhadiah 11 juta poin untuk 11 pemenang.

Saking banyaknya promo yang ditawarkan, para customer mungkin akan terlewat kesempatan emas berbelanja murah. Namun jangan khawatir, blog dan media sosial Elevenia selalu mengabarkan promosi tersebut setiap saat. Melalui akun twitter misalnya, beberapa promosi dikabarkan Elevenia kepada para follower.

Berikut beberapa ciutan Elevenia  terbaru di Bulan Ramadhan ini, “Tunggu tanggal 11 dan nikmati triple diskon hingga 25% di #eleveniaDay!”, “Banyak voucher diskon yang bikin Ramadanmu makin seru #barengelevenia, lho. Download sekarang!” dan lain sebagainya.

 

Begitu banyak cara marketing Elevenia untuk menarik minat masyarakat. Dengannya para pembeli dan penjual online pun tertarik dan selalu setia dengan marketplace satu ini. Meski persaingan ketat, Elevenia termasuk salah satu marketplace populer di Indonesia.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!