Google Penguin

Google sebagai mesin pencari terbesar terus meningkatkan kualitasnya, agar terus menghasilkan kualitas pencarian yang lebih baik. tentu hal tersebut menguntungkan banyak pihak, disamping para pengguna internet yang kini menjadi dapat memperoleh informasiyang lebih akurat, dan tentu saja para pelaku usaha, seperti pakar SEO atau pengusaha online.

Sistem algoritma yang dikembangkan oleh google ini bervariasi berdasarkan berbagai kebutuhan akan fungsinya.

Jasa

Google Penguin

Salah satu algortima lain yang dikembangkan google selain panda adalah penguin.

Ya, Algoritma yang dikembangkan oleh google akhir-akhir ini selalu berkaitan dengan hewan, dipilihnya nama penguin sebab hewan yang satu ini memiliki indera penciuman yang kuat untuk menemukan mangsanya, atau menghindari pemangsanya. Lantas apa hubungan antara nama “Penguin” dengan fungsi dari google penguin itu sendiri ?

Menurut Wikipedia, Google Penguin bertujuan untuk menurunkan peringkat situs di mesin pencari untuk situs yang melanggar Panduan Webmaster Google, seperti contoh kata kunci isian yang berpartisipasi di link skema yang dengan disengaja penciptaan duplikat konten, dan lainnya.

Dengan kata lain, Google Penguin akan melakukan identifikasi dan eliminasi terhadap berbagai situs atau blog yang dianggap melakukan kecurangan dalam meningkatkan trafiknya.

Secara resmi, pembaruan Google Penguin baru diterapkan pada 24 April 2017. Sejak saat itu, Google Penguin memberikan dampak yang signifikan terhadap banyak blog dalam mendapatkan traffic.

Setelah beberapa hari diluncurkan, banyak blog yang mengeluhkan berkurangnya traffic menuju blog mereka tersebut karena terkena dampak negatif dari Google Penguin.

Berbeda dengan Google Panda, yang lebih fokus pada penyaringan kualitas konten dan isi dari sebuah situs atau blog, Google Penguin lebih fokus ke mesin pencarian.

Aktivitas-aktivitas sebuah sebuah situs yang dianggap mencurigakan demi meningkatkan trafficnya akan terkena dampak algoritma penguin tersebut, seperti aktivitas spamming, atau aktivitas SEO yang terlalu berlebihan.

Google Pigeon

Jasa Seo lokal akan menemukan kemudahan dan juga kesulitan dengan google pigeon, karena berfungsi untuk me lokalisasi tempat bisnis di berbagai negara di dunia, sehingga lebih relevan dengan kota bisnis itu berada.

5 tahun terakhir ini google terus membuat berbagai pembaruan terhadap sistem teknologi yang mereka gunakan dalam mesin pencarian mereka.

Jika sebelumnya kita telah mengenal Google Panda, dan Google Penguin sebagai optimasi terhadap berbagai aktivtas negatif dari para pengelola situs atau blog seprti duplikasi konten dan aktivtas spamming, kali ini google memperkenalkan sebuah sistem algoritma yang lebih ke pengelolaan sistem pencarian yang lebih akurat.

Google Pigeon

Algoritma ini masih diberi nama dari nama hewan kali ini namanya, adalah Pigeon atau Merpati. Dengan Algoritma Google Pigeon ini diharapkan mesin pencari akan menampilkan hasil penelusuran yang lebih terlokalisir, sesuai dengan target pasar yang menjadi tujuan.

Dalam beberapa tingkatan sistem Google Pigeon ini akan melokalisir dari mulai sesuai negara, bahkan di beberapa kasus mampu mencapai akurasi setingkat kabupaten atau kota. Dengan demikian, pada saat kita mencari informasi terkait hal tersebut, tidak perlu membuang-buang waktu untuk berkutat dengan informasi yang tidak relevan dengan lokasi yang kita inginkan.

Tips update Google Pigeon Untuk Jasa Seo Di Jakarta , Lantas perubahan apa saja yang terjadi semenjak rilisnya algoritma Google Pigeon ini. Setidaknya secara kasat mata terjadi tiga perubahan mendasar pada tampila SERP atau Search Engine Result Page.

  1. Informasi dan Akurasi Keyword

Ketika kita menginput sebuah keyword yang bertujuan pada lokasi tertentu, misalnya toko kue di Bogor, maka deretan pertama yang akan muncul adalah daftar toko yang telah terdaftar pada database google. Disana akan nampak link akun google plus dan alamat lengkap beserta dengan link google maps, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Hal ini jelas menjadi keuntungan sebab kita akan memperoleh informasi yang lengkap dan akurat, tanpa perlu menghabiskan waktu mengunjungi situs direktori lain.

Namun sebagai imbasnya, para pengusaha online yang telah lama mengoptimalkan SEO dengan penelusuran lebih luas akan turun peringkat, meski tidak turun secara signifikan namun tetap Google akan mendahulukan situs atau blog yang telah mendaftarkan diri untuk pencarian pada lokal tertentu.

  1. Keuntungan untuk Pengusaha Direktori Lokal

Jika kita menginput keyword yang bersifat lebih umum, seperti “alamat di Bogor” misalnya, maka SERP akan menampilkan situs yang menyediakan layanan dirketori khusus untuk wilayah tersebut. Dengan demikian, SERP akan menurunkan peringkat bagi situs yang tidak relevan dengan keyword, terlebih Google akan mengutamakan SERP dengan tingkat informasi yang lebih lengkap, seperti daftar alamat, dan penjelasannya.

Jasa
  1. Konfigurasi Website akan Menjadi Lebih Penting

Hal-hal seperti Domain authority, Backlink, SEO dan yang lainnya akan lebih terpusat pada pencarian lokal. Sehingga untuk mengoptimalkan Google Pigeon pada situs atau blog, anda harus mengalihkan target backlink misalnya ke situs-situs yang terdapat pada lokal tersebut.

Efek Google Pigeon

Seperti yang disebutkan diatas, berbeda dengan dua algoritma sebelumnya yang lebih bersifat “menghukum”, Google Pigeon lebih ke meningkatkan performa mesin pencarian. Kali ini, sistem algoritma Google Pigeon akan terintegrasi dengan fasilitas Google Web, dan Google maps. Sehingga efeknya akan terasa oleh beberapa situs, yang akan mengalami penaikan peringkat, atau penurunan.

Google Pigeon akan terasa lebih menguntungkan bagi para pelaku usaha online yang menargetkan target mereka di wilayah tertentu saja. Meskipun tetap saja secara konsep dilapangan, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh signifikan, sebab sebagian besar yang tidak memiliki tempat usaha offline, jangkauan bukan lagi halangan untuk melebarkan sayap perusahaan. Namun di luar itu semua, tentu ada beberapa hal yang harus pengelola situs atau blog lakukan agar fungsi dan menfaat Google Pigeon ini di pergunakan sesuai dengan fungsinya.

Tips Optimasi Google Pigeon

Oleh karena itu, selain berbagai optimasi yang harus anda lakukan , anda juga harus melakukan berbagai tindakan pencegahan jikalau situs atau blog anda terkena dampak penurunan peringkat akibat sistem yang terlokalisir tersebut. Setidaknya ada beberapa tips ayang bisa anda lakukan untuk mencegah sekaligus memanfaatkan Google Pigeon dalam aktivitas situs atau blog anda.

  • Memahami kinerja Google Pigeon yaitu untuk melokalisir hasil pencarian menjadi spesifik. Sehingga situs-situs yang tidak memiliki SEO pun bisa muncul dalam persaingan peringkat tertinggi. Anda harus memahami hal tersebut guna memutuskan langkah berikutnya yang akan anda aundercover.co.id/l.
    • Jika anda memutuskan untuk fokus pada pemasaran lokal baik itu sebelum atau sesudah Google Pigeon ini muncul, dan tiba-tiba anda mengetahui peringkat anda di mesin pencarian turun, maka hal yang pertama kali anda harus lakukan adalah identifikasi hal apa saja yang mempengaruhi sistem pencarian tersebut, kemudian bandingkan dengan sistem yang selama ini anda terapkan.
    • Evaluasi terhadap sistem yang anda terapkan pada situs atau blog seperti, jenis dan isi konten, backlink, karakteristik SEO dan yang lainnya.
    • Anda harus mempertimbangkan membangun kerja sama dengan bisnis direktori lokal.
    • Anda juga harus memperhatikan kelengkapan data seperti nomor telepon, dan alamat yang konsisten disetiap direktori lokal yang anda gunakan.
    • Menggunakan Google Plus dan Google places
    • Membuat kategori pada halaman lokal google plus anda dengan tepat, sehingga anda akan sesuai dengan keyword yang anda inginkan
Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 3 =

You May Also Like
Dwell Time Untuk SEO
Read More

Dwell Time Untuk SEO

Undercover.co.id – Dwell Time Untuk SEO , Anda memiliki sebuah situs yang ramai pengunjung.Tapi Anda tidak tahu seberapa…