Mengapa Harus Menggunakan Email Marketing untuk Bisnis?

Jasa

Undercover.co.id – Apa itu Email Marketing? Pada dasarnya penggunaan email marketing adalah untuk mempromosikan produk dan / atau layanan.

Tetapi, definisi Email Marketing yang lebih baik adalah penggunaan email untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan dan / atau klien.

Email Marketing adalah salah satu saluran pemasaran internet, yang mencakup pemasaran online melalui situs web, media sosial, blog, dll.

Pada dasarnya ini sama dengan beriklan melalui surat, kecuali bahwa alih-alih mengirim email melalui layanan pos, pesan dikirim secara elektronik melalui email.

Sebagian besar email spam yang kita dapat hanya memberikan penawaran secara membabi buta, dan itu adalah contoh terburuk dalam upaya Email Marketing; yaitu rentetan email yang dikirim tanpa pertimbangan yang matang.

Padahal, email marketing yang tepat dapat membawa keuntungan besar untuk bisnis. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus menggunakan email marketing untuk bisnis Anda, dan mengapa email marketing perlu Anda gunakan sebagai senjata tambahan untuk bisnis.

Email Marketing Bisa Dipersonalisasi

Melalui email marketing, Anda dapat menarget segmen pelanggan bahkan individu tertentu.

Menawarkan penawaran khusus pelanggan individu dengan barang dan / atau jasa pada hari ulang tahun pelanggan, misalnya, adalah salah satu contoh personalisasi Email Marketing. (Restoran mungkin mengirim email ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka, menawarkan diskon 50% untuk makanan tertentu).

Email Marketing membantu bisnis mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dari waktu ke waktu yang diharapkan menghasilkan peningkatan penjualan dan peningkatan loyalitas pelanggan.

Praktik terbaik Email Marketing yang bisa Anda lakukan dimulai dari mengembangkan daftar email Anda sendiri, bukan membeli daftar email dari orang lain, serta membuat opt-in di laman situs, sehingga daftar email yang Anda punya adalah orang-orang yang sejak awal tertarik dengan bisnis Anda.

Email juga harus dioptimalkan untuk penggunaan seluler karena menurut statistik, lebih dari setengah email dibuka di perangkat seluler.

Murah dan Mudah

Dua keuntungan besar Email Marketing adalah biaya yang murah dan penggunaan yang mudah. Mengirim email adalah cara yang murah untuk mengiklankan perusahaan Anda dan produk dan / atau layanannya dibandingkan dengan banyak jenis pemasaran lainnya.

Anda juga bisa dengan sangat mudah mengatur dan melacak semua kampanye Email Marketing yang Anda jalankan, menjadikannya jenis pemasaran yang sangat mudah dikerjakan bahkan untuk usaha kecil.

Anda juga bisa mengirim newsletter ke daftar email yang Anda buat, dari orang-orang yang memberikan informasi yang diperlukan di situs web Anda, misalnya, menyediakan pelanggan potensial sebuah informasi baru tentang bisnis Anda, event dalam waktu, dan / atau penawaran khusus.

Selain itu, tentu saja , mengingatkan mereka bahwa bisnis Anda sedang ada produk baru dan mungkin sudah waktunya untuk berkunjung lagi.

Email Marketing Masih Relevan

Di zaman di mana penggunaan media sosial untuk beriklan semakin meningkat, Email Marketing masih berkuasa, menurut penelitian yang dilakukan oleh HostPapa:

  • 94% pengguna Internet menggunakan email, sementara hanya 61% menggunakan media sosial
  • 75% pengguna daring dewasa mengatakan bahwa Email Marketing adalah metode pemasaran pilihan mereka
  • fitur “memilih ikut serta” email memungkinkan pemasaran berdasarkan persetujuan
  • Email Marketing memungkinkan penargetan berdasarkan demografi (usia, pendapatan, dll.)
  • pesan email memiliki kisaran kemungkinan format yang lebih luas daripada pesan media sosial
  • email menawarkan lebih banyak kemampuan pelaporan dan analitik, seperti rasio klik-tayang, rasio buka, rasio pentalan, dan konversi

Keuntungan besar dari email daripada media sosial adalah bahwa prospek dan pelanggan Anda lebih cenderung melihat email daripada media sosial.

Hanya memposting sesuatu di sosial media tidak berarti bahwa setiap follower Anda akan melihatnya. Pos Anda mungkin bahkan tidak muncul di timeline media sosial target Anda. Namun, sebuah email akan ada di kotak masuk sampai ia dibaca (atau sampai dihapus).

Idealnya, Email Marketing harus berjalan seiring dengan media sosial. Menambahkan tombol “Suka” atau “Berbagi” media sosial ke email pemasaran Anda memberikan cara tambahan bagi pelanggan untuk terhubung dengan merek Anda.

Potongan ulasan positif dari penggemar media sosial dapat dimasukkan dalam email, dan sebaliknya, posting media sosial dapat digunakan untuk mendorong penggemar untuk berlangganan newsletter email Anda.

Email Marketing dapat meningkatkan penghasilan Anda secara substansial jika Anda melakukannya dengan benar. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat orang mengunjungi dan / atau mengunjungi kembali situs web atau blog Anda, dan lebih banyak lalu lintas tertarget biasanya sama dengan lebih banyak pendapatan.

Email Marketing Tips

1) Buat daftar email Anda sendiri. Kami sudah menyebut ini tadi, tetapi izinkan kami menegaskan sekali lagi: membeli daftar email adalah buang-buang waktu.

Jika Anda mengirim email yang tidak diharapkan, email Anda tidak akan dibaca, yang ada hanya dipindah ke tempat sampah. Malah dilaporkan sebagai spam.

2) Lakukan praktik pengiriman email yang benar dan jujur. Termasuk di dalamnya adalah menulis subjek yang sesuai dengan isi surat, menyediakan metode berhenti berlangganan di bagian bawah email, dan menuliskan nama serta alamat Anda di akhir email.

3) Jangan hanya mengirimkan iklan produk. Ini kerap terjadi; saat tidak ada produk yang ditawarkan, tidak ada email yang dikirim. Saat mendekati rilis produk, kirim email hampir setiap hari.

Gunakan email Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dengan berbagi keahlian Anda atau orang lain, beri mereka tips dan trik yang dapat mereka gunakan.

Bagikan informasi yang memungkinkan mereka mengetahui lebih banyak tentang Anda dan / atau perusahaan Anda jika itu menarik.

4) Perlakukan pelanggan email Anda dengan baik. Ingat bahwa orang yang memberikan alamat emailnya berarti telah mempercayai Anda dengan data-data mereka; dan mereka pantas mendapatkan rasa hormat.

Sama seperti Anda yang layak mendapat kesempatan untuk mengubah mereka dari pelanggan menjadi penggemar brand Anda, orang-orang yang ingin berbicara tentang brand Anda dan mau menyebarkan produk Anda layak diperlakukan dengan cara yang baik.

baca juga

5) Disiplinlah pada jadwal jika Anda memang berniat mengirim newsletter secara rutin. Mengirim email pada hari tertentu dapat membantu pelanggan Anda mengetahui apa yang bisa diharapkan dari Anda dan kapan.

Nah, itu tadi tips seputar email marketing, dan mengapa Anda harus menggunakan email marketing untuk bisnis. Semoga membantu!

Jasa
error: Content is protected !!