Kenapa Bisnis Anda Perlu Menggunakan Adwords

SEO UNDERCOVER CO ID 60

undercover.co.id “Mengapa menggunakan AdWords” dan “Apakah Google AdWords berfungsi?” adalah pertanyaan yang sering muncul di benak para blogger dan orang yang baru memiliki situs bisnis.

Ini menunjukkan bahwa ada banyak pemasar dan pemilik bisnis di luar sana yang telah mendengar tentang Google AdWords tetapi tidak yakin apa itu dan bagaimana itu dapat bermanfaat untuk mereka.

Kami percaya bahwa AdWords – sistem iklan bayar per klik (PPC) Google yang sangat sukses – dapat berfungsi untuk hampir semua jenis bisnis apa pun.

Menggunakan AdWords (atau platform PPC) membutuhkan waktu dan uang, tetapi ribuan bisnis telah menemukan bahwa waktu dan uang yang telah tercurah ini sangat layak dikorbankan, karena AdWords memberikan ROI yang terukur.

Kami cukup sering membahas tentang bagaimana Anda harus menggunakan AdWords. Dalam artikel kali ini, kami akan menjawab pertanyaan mengapa Anda harus menggunakannya.

Sebelum Anda, para fanboy SEO bersiap berargumen, perkenankan kami membuka artikel ini dengan mengatakan bahwa kami tidak menganjurkan Anda melakukan PPC hanya untuk berlepas diri aktivitas pemasaran lainnya.

Seperti biasa, kami menyarankan keseimbangan saluran pemasaran yang sehat, termasuk penelusuran organik, email maketing, event, media sosial, dan sumber prospek lainnya. Bagaimana Anda mengalokasikan anggaran pemasaran Anda akan bergantung pada saluran mana yang ternyata paling efektif untuk bisnis Anda.

Tetapi jika Anda belum pernah menggunakan Google AdWords sebelumnya, dan Anda bertanya-tanya apakah itu bermanfaat atau tidak, artikel ini tepat untuk Anda. Berikut adalah sejumlah alasan untuk menggunakan AdWords untuk situs bisnis Anda.

1. Dampak AdWords Bisa Diperbesar Tanpa Batas

Salah satu tantangan tersulit bagi setiap marketer adalah menemukan sumber prospek yang berskala besar. Yang berarti, tidak memerlukan lima kali upaya untuk mendapatkan lima kali prospek. Nah, Google AdWords sangat skalabel, alias bisa diperbesar tanpa batas. Itulah sebabnya mengapa beberapa bisnis menghabiskan jutaan dolar per tahun untuk iklan AdWords.

Jika Anda membuat kampanye AdWords yang mengonversi pada tingkat yang menguntungkan, tidak ada alasan untuk membatasi anggaran pada iklan tersebut itu. Anda dapat meningkatkan anggaran PPC Anda dan prospek dan keuntungan Anda akan meningkat dengan sendirinya. Cukup menambah anggaran saja, tidak usah melakukan apapun. Ini membuat AdWords sangat efektif untuk bisnis yang membutuhkan banyak prospek tetapi memiliki waktu dan karyawan penjualan yang terbatas.

2. Efektivitas AdWords Bisa Diukur

Dibandingkan dengan saluran pemasaran tradisional seperti iklan TV dan majalah, pemasaran online sangat bisa diukur, dan PPC AdWords adalah salah satu saluran online yang paling dapat diukur.

Sulit untuk mengukur secara pasti dalam SEO karena Anda tidak dapat selalu tahu tindakan mana yang menyebabkan peningkatan atau penurunan peringkat.

Demikian juga dengan kampanye di media sosial. Efektivitasnya yang mengkonversi follower jadi pelanggan bisa sulit untuk diukur.

Sebagai perbandingan, AdWords lebih transparan, menyediakan banyak metrik PPC yang memungkinkan Anda untuk melihat pada tingkat detail, mana yang berhasil dan yang tidak. Anda dapat dengan cepat menentukan apakah kampanye Anda hanya menghabiskan anggaran atau menjadi ROI yang tinggi.

3. AdWords Lebih Fleksibel

AdWords menyediakan banyak opsi sehingga Anda dapat menyesuaikan kampanye dan iklan Anda dengan kebutuhan khusus Anda, dengan menargetkan pemirsa yang paling ingin Anda jangkau. Misalnya, dengan AdWords Anda dapat:

  • Tentukan jenis pencocokan kata kunci – Anda dapat, misalnya, hanya menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang mencari kata kunci tepat yang Anda tetapkan, seperti “toko olahraga malang” – memfilter lalu lintas pada istilah umum yang terkait dengan Malang atau toko olahraga. (SEO, di sisi lain, bersifat aspiratif; Anda tidak dapat menentukan peringkat Anda, Anda hanya dapat berharap yang terbaik.)
  • Gunakan ekstensi iklan untuk menampilkan gambar produk, nomor telepon, tautan ke situs Anda, lokasi fisik Anda – Anda bahkan dapat memulai obrolan atau mendapatkan alamat email prospek secara langsung dari SERP.
  • Bisa mempersempit audiens Anda berdasarkan lokasi, waktu, bahasa, browser atau jenis perangkat dan banyak lagi. Sebagian besar lalu lintas SEO Anda mungkin tidak berharga bagi Anda (misalnya, jika Anda hanya membutuhkan prospek berbasis AS, dan setengah lalu lintas web Anda berasal dari Australia), tetapi di AdWords, Anda tidak perlu menampilkan iklan Anda di sekitar dunia.
  • Akses jaringan ke pengguna non-pencarian yang sangat besar pada saluran seperti Gmail dan YouTube dan banyak situs mitra lainnya.
  • Anda juga bisa memanfaatkan jaringan tampilan, yang sangat bagus untuk membangun kesadaran merek. Ini juga sering kali berujung pada konversi dengan biaya lebih rendah daripada Google Penelusuran.

4. AdWords Berdampak Lebih Cepat Daripada SEO

Untuk bisnis dan situs web baru, perlu waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil dari SEO. Orang berasumsi bahwa Google dengan sengaja menunda situs web baru untuk muncul di hasil pencarian. Kami berpendapat bahwa masalahnya lebih disebabkan pada persaingan yang ketat. Web baru membutuhkan waktu untuk “membuktikan” dirinya  layak, dengan mendapatkan otoritas dan backlink.

AdWords adalah solusi yang bagus untuk bisnis baru karena Anda tidak perlu menunggu begitu lama untuk melihat hasilnya. Sambil mengerjakan SEO situs Anda, Anda dapat memasukkan anggaran ke dalam kampanye AdWords dan mulai mendapatkan pengunjung dan klik dengan segera.

Karena sangat cepat, Adwords juga bisa jadi cara yang baik untuk menguji apakah kata kunci atau pemirsa tertentu layak untuk dikejar melalui penelusuran organik – jika ini berkonversi dengan baik di AdWords, Anda dapat menyimpulkan bahwa itu pantas dicoba di SEO dan membangun konten Anda di niche itu.

Sebagai bonus tambahan, Anda dapat memulai di AdWords dengan sangat murah – Google sering menawarkan voucher (PPC gratis) untuk pengiklan baru.

Kekurangan besar dari SEO adalah bahwa hal itu bisa memakan waktu berbulan-bulan sebelum Anda melihat hasil apapun, berkat kompetisi dan waktu yang diperlukan untuk “membuktikan diri”. Ini tidak terjadi pada AdWords. Setelah kampanye AdWords Anda ditayangkan, iklan akan muncul dan Anda akan mendapatkan hasil instan, seperti data pengunjung.

Tidak hanya uang Anda akan segera kembali (walaupun mungkin tak banyak), tetapi karena dampaknya yang langsung terasa, Anda jadi punya waktu tambahan untuk menemukan seberapa efektif kata kunci Anda, yang kemudian dapat digunakan untuk membangun kampanye SEO yang efektif berdasarkan data AdWords Anda.

Kami pribadi menyukai SEO dan berpikir memiliki planning soal SEO adalah salah satu kunci dari kesuksesan online Anda. Tapi, iklan berbayar akan membawa Anda ke bagian atas hasil pencarian dalam hitungan menit.

bac ajuga

    5. AdWords Biasanya Lebih Mudah dari SEO

    Larry has argued in the past that SEO is much harder than PPC. His arguments were met with disagreement, but probably more because of how he said them than what he was saying. Here are WordStream, we’re seasoned practitioners of both SEO and PPC.

    Di masa lalu, SEO jauh lebih sulit dikerjakan daripada PPC. Argumen ini sebenarnya dipenuhi dengan perdebatan, tapi bisa dibilang ada benarnya. Tapi, kami adalah praktisi SEO dan PPC yang berpengalaman.

    Perlu waktu untuk mengerjakan SEO dan PPC bersama-sama. Tapi ketika PPC sudah berjalan baik dan menemukan celahnya, kami menemukan bahwa PPC lebih mudah dikelola dibandingkan SEO.

    Situs yang kontennya sudah sangat banyak seringkali sulit dikelola dan SEO-nya dipertahankan. Untuk meningkatkan lalu lintas organik, dibutuhkan tim untuk terus-menerus memodifikasi konten agar sesuai SEO, dan bekerja pada pengoptimalan dan membangun link.

    SEO memang menyenangkan, seru, dan akan bermanfaat bila berfungsi – tetapi Anda juga perlu menyadari bahwa Anda dapat bergantung hanya pada iklan berbayar untuk menghasilkan prospek tanpa harus melewati semua kesulitan itu.

    AdWords is also probably easier to learn because there’s less contradictory information out there. If you’re not inside the industry, it can be hard as a marketer to know which sources are honest and which are just selling proverbial snake oil. On the other hand, there isn’t a whole industry built around “gaming” AdWords. Check out our AdWords Learning Center for help getting started.

    AdWords juga mungkin lebih mudah dipelajari karena ada lebih sedikit informasi yang tumpang tindih di luar sana. Jika Anda tidak biasa bermain di SEO, Anda akan kesulitan menemukan narasumber SEO yang jujur ​​dan mana yang hanya menyalin tips SEO dari orang lain.

    Berbeda dengan SEO yang menyimpan “praktik jahat”, di Adwords tidak ada praktik semacam ini. Jika Anda berhasil mengoptimalkan Adwords dengan dana yang minim, selamat. Google tidak akan memberi penalti atau apapun.

    6. AdWords Melangkahi Peringkat Situs

    AdWords adalah angsa bertelur emas milik Google (wajar, itu menyumbang sekitar 97% dari pendapatan mereka), dan seiring waktu SERP (peringkat situs) telah berubah sehingga Google menyediakan tempat istimewa dan premium pada mereka yang menggunakan Google AdWords. Anda yang menggunakan Google AdWords untuk situs, akan melihat situs Anda berada lebih tinggi dibanding situs yang peringkat satu Google sekalipun.

    Ini bisa membuat frustrasi para jagoan SEO. Tetapi jika Anda terlibat dalam Google AdWords, tentu ini menguntungkan! Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menyampaikan pesan Anda di hasil pencarian dengan cara yang sangat mudah diklik. Lupakan mitos bahwa tidak ada yang mengklik iklan AdWords.

    Untuk kata kunci dengan nilai komersial tinggi (itulah yang ingin Anda iklankan), iklan bersponsor memonopoli hingga 2 dari 3 klik pada halaman pertama. Makanya, tak heran eCommerce seperti Bukalapak dan Tokopedia menganggarkan budget besar untuk beriklan di Google.

    7. Format AdWords Lebih Menggugah Dibandingkan Hasil Pencarian Organik

    Google telah meluncurkan banyak format iklan baru dalam beberapa tahun terakhir, seperti iklan cantuman produk dan iklan dalam-video di YouTube. Google termotivasi untuk melakukan ini karena iklan yang lebih cerah dan lebih menarik akan mendapatkan lebih banyak klik, dan itu berarti lebih banyak pendapatan untuk Google.

    Tetapi klik yang lebih tinggi juga bagus untuk pengiklan, jadi manfaatkan format dan ekstensi iklan baru ini. Hasil pencarian organik sudah sangat membosankan.

    Sebagai contoh, coba masukkan kata kunci jual botol plastik di Google. Lihatlah konten yang muncul di bagian paling atas.

    Ada karousel berisi daftar produk. Jika pembeli tidak mau repot, sudah tentu mereka akan mengklik foto-foto produk ini, ketimbang harus scroll ke bawah dan membuka link satu per satu.

    Beriklan Google Adwords tak hanya muncul di Google, pun juga muncul di Youtube dan situs mitra lainnya.

    Pertimbangkan ini. YouTube memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung per bulan serta beberapa miliar penayangan setiap hari. Jika Anda membandingkannya dengan situs lain, Youtube menempati peringkat kedua situs paling banyak dikunjungi dan juga trafficnya 2X lebih besar dari gabungan Bing dan Yahoo. Jadi, mengapa pula Anda tidak ingin iklan Anda dilihat di tempat ramai?

    8. Traffic AdWords Punya Tingkat Konversi Lebih Tinggi dari Traffic Organik

    Lalu lintas organik tetap bagus, kami tidak menganggapnya jelek! Tetapi ada beberapa bukti bahwa lalu lintas penelusuran berbayar punya tingkat konversi lebih baik daripada lalu lintas organik – dengan rasio konversi hingga dua kali lebih tinggi. (Tingkat konversi bervariasi berdasarkan industri, dan seperti biasa, ini mungkin tidak berlaku untuk bisnis Anda, tetapi Anda tidak akan tahu sampai Anda mencobanya.)

    Ini mungkin karena fakta bahwa kunjungan berbayar lebih tertarget (karena opsi penargetan yang kami bicarakan di atas), dan bahwa kueri yang menghasilkan klik pada iklan memang lebih cenderung bersifat komersial, bukan informasional.

    9. AdWords Memperkuat Saluran Pemasaran Anda yang Lain

    AdWords melengkapi upaya pemasaran Anda yang lain. Pemasaran ulang adalah cara ampuh untuk menggunakan AdWords, karena menargetkan orang-orang yang telah menunjukkan minat pada bisnis Anda. Dengan retargeting menggunakan AdWords, Anda dapat melacak pengunjung yang pernah masuk ke situs web Anda dengan cookie (orang-orang ini mungkin telah menemukan Anda melalui media sosial, blog Anda, klik pada halaman produk dari email yang diteruskan, dll.).

    Tayangan iklan bergambar Anda kemudian akan “mengikuti” mereka ke mana-mana di internet, sehingga merek Anda terus diingat. Pernahkah Anda mengklik suatu produk di Lazada atau BliBli, lalu produk tersebut muncul terus menerus di berbagai tempat? Itulah retargeting.

    10. Kompetitor Anda Sudah Menggunakan AdWords

    Akhirnya, ada tekanan sosial. Anda akan gentar bila mengetahui kompetitor Anda ternyata sudah menggunakan AdWords. Covario baru-baru ini melaporkan bahwa belanja melalui penelusuran berbayar global meningkat sebesar 33% pada kuartal ketiga 2012, dari tahun ke tahun.

    Menurut sebuah studi oleh NetElixer, yang menganalisa data dari 38 pengecer besar AS dan 120 juta tayangan iklan penelusuran, “pendapatan yang didorong oleh penelusuran berbayar pada Black Friday naik secara mengesankan dengan 31% tahun ke tahun, karena pengiklan menginvestasikan 21% lebih banyak dalam kata kunci iklan daripada yang mereka lakukan di tahun-tahun sebelumnya.”

    Lakukan beberapa pencarian pada kata kunci yang Anda geluti. Pesaing Anda kemungkinan ada di hasil yang disponsori di bagian atas SERP. Apakah Anda tahan didahului oleh kompetitor?

    Dan bila ternyata kompetitor belum pakai Adwords, maka Anda beruntung. Berkat kecepatan AdWords, bila dibandingkan dengan SEO, Anda memiliki keuntungan lebih besar dari pesaing Anda. Bersyukurlah dengan fakta bahwa orang Indonesia agak pelit untuk urusan hasil pencarian berbayar. Jika Anda beriklan di Google, Anda akan mendapat keuntungan ganda. Karena Anda sudah muncul di mesin pencari, situs Anda akan menerima lebih banyak klik dari hasil penelusuran daripada semua bisnis lain di industri Anda.

    Tetapi, bagaimana jika pesaing Anda juga menggunakan AdWords? Itu bukan alasan untuk minder.

    Menurut Moz, 80% hasil pencarian sekarang mengandung penempatan iklan AdWords. Selanjutnya, penempatan iklan tersebut mencakup 85% ruang di separuh atas halaman hasil. Ini bukan hanya berarti bahwa Google menghasilkan laba besar, itu menggambarkan bahwa AdWords digunakan oleh lebih banyak pengiklan. Jadi, satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka adalah dengan mengikuti langkah mereka.

    baca juga

    Nah, itulah alasan-alasan Kenapa Bisnis Anda Perlu Menggunakan Adwords. Masih ragu?

    Meta description: Google Adwords adalah platform iklan berbayar yang murah meriah, tapi sayang sekali masih banyak yang enggan menggunakannya. Kali ini, kami akan coba meyakinkan Anda untuk menggunakan AdWords, demi ledakan pertumbuhan bisnis Anda.

    Tags: Google adwords, adwords, iklan berbayar, iklan di media online, beriklan di google, kenapa harus beriklan di google, cara menggunakan adwords, mengiklankan website di google, mengiklankan situs di google

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh