Tips Menulis Konten Website

SEO UNDERCOVER CO ID 99

undercover.co.id – Panduan SEO pertama yang bisa anda lakukan sendirian adalah dengan cara menulis. Pasalnya sebuah website yang ada di dunia maya, kebanyakan akan didominasi oleh sebuah tulisan berupa artikel.

Semakin banyak artikel yang diterbitkan, maka akan semakin banyak juga kemungkinan website anda bisa muncul di halaman awal mesin pencarian.

Membuat sebuah artikel yang tidak hanya panjang, tetapi bermanfaat.

Namun, ada hal yang penting untuk diperhatikan oleh anda. Selain hanya membuat tulisan, anda pun harus memastikan bahwa apa yang anda tulis itu haruslah unik, original, dan bermanfaat.

Kenapa harus unik?

Dengan anda membuat artikel unik, otomatis orang pun akan tertarik untuk datang ke website anda. Apalagi bila apa yang anda tulis belum ada di website mana-mana. Jelas hal ini akan semakin menguntungkan bagi kenaikan pengunjung di situs anda.

Kenapa harus original?

Kedua, alasan isi tulisan harus original adalah karena bila anda hanya menduplikasi tulisan, maka mesin pencari pun akan menilai website anda sebagai plagiat. Dampaknya tentu anda akan susah sekali untuk bisa muncul di halaman awal.

Sebaiknya kalau pun mau meniru tulisan orang lain, anda harus bisa menuliskan ulang artikelnya. Yang berarti gunakanlah gaya bahasa anda sendiri, bukan copy-paste, pasti.

Terakhir, kenapa harus bermanfaat?

Untuk yang ketiga, alasannya cukup sederhana. Kami menggambarkannya dalam sebuah cerita nyata.

Apabila anda mendapatkan informasi yang bermanfaat di dunia nyata, apakah anda akan membagikannya atau hanya menyimpannya sendiri? Kebanyakan pasti akan menjawab dengan berbagi.

Sebab pada hakikatnya mereka sadar, bahwasanya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, dan akan mengandalkan apa yang disebut dengan berbagi.

Begitu pun dengan tulisan, bila isinya sangat bermanfaat bagi pembaca, tentu mereka pun tak akan pernah segan untuk membagikannya pada pembaca lainnya. Karena mereka sadar bahwa tulisan ini akan sangat berguna bagi hidup seseorang di luar sana.

Dalam melakukan SEO dengan panduan tulisan, anda pun sebaiknya memperhatikan yang namanya panjang kata pada tulisan.

Kebanyakan masih pro-kontra. Ada yang mengatakan artikel yang SEO-nya baik adalah yang berjumlah 300 kata. Sementara ada yang bilang 1000 kata. Ada juga yang sampai 2250 kata.

Sebenarnya kalau menurut kami selaku penyedia jasa SEO, perihal kuantitas kata tidak menjadi masalah besar. Yang terpenting kembali lagi pada isi yang melibatkan 3 unsur tadi.

Logikanya, tentu percuma tulisan panjang apabila tidak unik, original, dan bermanfaat, bukan?

So, selain menggunakan jasa SEO, kalian bisa melakukan panduan pertama ini dalam melakukan teknik SEO sendirian.

  1. Buatlah judul artikel yang mengundang klik, dan jangan asal ketik!

Secara sederhana, bila kita melakukan sebuah pencarian katakanlah di Google, umumnya hal yang akan muncul di sana dalam tulisan berwarna biru adalah judul tulisan yang relevan dengan apa yang sedang kita cari.

Artinya, melalui hal itu kita tahu bahwasanya faktor judul menjadi penentu dalam hal panduan SEO di urutan kedua ini.

Guna membuat judul, ada baiknya bila kalian membuatnya secara fantastis, membuat orang penasaran, dan akhirnya mereka pun memutuskan untuk mengklik website kalian. Dengan begitu, maka trafik website anda pun akan bertambah dengan sendirinya.

Kami pun selaku penyedia Jasa SEO akan memberikan beberapa tips guna membuat sebuah judul yang mengundang klik. Perhatikan ya!

baca juga

    Ingat detail

    Mungkin beberapa dari anda masih berpikir bahwa judul itu harus singkat, dan sebaiknya pendek. Bila untuk sebuah tulisan konvesional, mungkin hal itu masih berlaku. Namun bila berbicara tulisan website, maka hal itu kurang tepat.

    Pasalnya dalam sebuah judul tulisan website, anda harus bisa menjelaskan isi artikel secara detail melalui sebuah judul. Unsur-unsur semisal 5W+1H pun harus ada di sana. Jadi, perhatikan detail judul secara sesama. Jangan lupa!

    Menjelaskan apa yang bisa didapatkan pembaca

    Tanpa dipungkiri, tentu para pembaca yang datang ke website anda menginginkan sesuatu yang bisa mereka dapat di sana. Entah itu berupa informasi, edukasi, atau lainnya.

    Maka dalam sebuah judul yang kelak anda buat, sudah sepatutnya bila anda pun bisa menjelaskan apa yang akan didapatkan pembaca setelah membaca artikel anda. Apakah mereka nantinya menjadi lebih tahu, atau rasa penasarannya akan hal yang dicari terobati?

    Masukkan angka pada judul anda.

    Bila dengan teliti memperhatikan beberapa artikel di mesin pencari, tentu kalian akan menemukan beberapa deretan angka di sana. Sebagai contoh; Selain menggunakan jasa SEO, inilah 4 Panduan Sederhana Agar Anda dapat melakukan SEO dan menaikkan pengunjung website anda.

    Angkat itu bukan hanya sebuah pajangan atau pemanis kalimat saja. Lebih dari itu, mereka menjadi faktor penentu yang bisa menentukan apakah artikel ini akan membantu atau tidak.

    Semakin banyak angka yang dimasukkan pada isi dan judul artikel anda, maka semakin betah pembaca berada di sana. Karena mereka tahu, semua informasi ada di website anda, jadi tidak perlu ke mana-mana.

    https://www.undercover.co.id/tip-pemasaran-on-line-untuk-bisnis-online-anda-2/

    Memasukkan kalimat tanya dalam judul artikel website anda.

    Terakhir, guna memberikan tips pembuatan judul yang baik, anda bisa memasukkan kalimat tanya di sana. Fungsinya tentu membuat pembaca semakin tertarik dan pada akhirnya mengundang klik.

    Selain itu, kalimat tanya dalam sebuah judul dibuat untuk membuat pembaca merasa terpengaruh dan penasaran dengan isi artikel yang dibuat. Biasanya, isi artikel yang menggunakan kalimat tanya pun memiliki jenis khusus yang disebut WHY ARTICLE.

    Salah satu contoh judul WHY article adalah seperti ini; Kenapa Ayam harus Berkokok di Pagi Hari? Atau Anda Sudah Tahu Alasan Kenapa Matahari terbit dari Timur dan Tenggelam di Barat? Bisa juga, Ayu Ting Ting di-Bully Dedi Corbuzer, Haters Bahagia?

    Demikianlah bagian pertama tentang Selain menggunakan jasa SEO, inilah 4 Panduan Sederhana Agar Anda dapat melakukan SEO dan menaikkan pengunjung website anda.

    Jangan lupa, kami akan membahas 2 sisanya di artikel berikutnya.

    Satu lagi, bila kalian merasa dua hal tadi sulit untuk dilakukan sendirian, maka jangan ragu lagi untuk menanyakan pada kami tentang Jasa SEO yang ada ditawarkan di website undercover.co.id.

    7 Cara Untuk Meningkatkan SEO Content Website Anda

    Standar google dalam menentukan sebuah SEO Content website berkualitas atau tidak sangat berbeda dari yang kita bayangkan.

    Google memiliki standar tersendiri untuk menyingkirkan content yang dianggap sampah dengan content yang berkualitas di sekian banyak website yang betebaran di internet.

    Standar google untuk menentukan sebuah website berkualitas antara lain berdasarkan pada SEO Content Website yang terindeks di google, artikel tidak copy paste tapi original, content dioptimalkan dengan bahasa dan penggunaan keyword yang terindeks oleh google, serta penggunaan foto-foto berkualitas.

    Agar anda dapat memenuhi syarat standar google dalam menentukan SEO Content website yang berkualitas, berikut secara ringkas 7 cara untuk meningkatkan SEO Content Website anda.

    1. Bangun Struktur Content Seperti Membangun Rumah

    Tips pertama berhubungan dengan struktur content yang harus dibangun dengan kuat seperti membangun rumah.

    Kekuatan itu dimulai dengan SEO Content Website anda disusun dengan baik,  caranya keyword yang berhubungan dengan SEO ditempatkan secara nyaman atau enak dibaca dalam satu kalimat atau paragraf.

    Buat kalimat tetap enak dibaca dan mudah dimengerti, jangan memakai bahasa yang terlalu rumit, google akan sulit untuk mengindeksnya dan juga kalimat yang rumit tidak ramah untuk pembaca.

    2. Pahami Target Pembaca Anda

    Membuat SEO Content Website juga perlu untuk memahami target pembaca anda.

    Sulit untuk membuat pembaca betah membaca artikel anda di website jika anda menulis dengan bahasa yang tidak mereka pahami.

    Ingat, struktur artikel dan gaya penulisan pun harus user friendly.

    3. Berikan Keterangan Yang Padat Pada Paragraf Pembuka 

    Berikan keterangan tentang judul pada paragraf pembuka anda.

    Cantumkan juga keyword anda di paragraf pembuka.

    Usahakan keyword masuk di awal kalimat di paragraf awal.

    Selanjutnya pastikan setiap kalimat anda dari awal sampai akhir merupakan tulisan yang original, bukan hasil copy paste.

    Agar content website semakin berkualitas lakukan editing selama anda masih memiliki waktu.

    4 Isi Website Anda Dengan Artikel Yang Bermanfaat

    Artikel yang bermanfaat ialah yang dapat memberikan jawaban pada persoalan pembaca.

    Ingat ada beberapa tipe pembaca pembaca yang mencari informasi untuk mengatasi persoalannya, pembaca yang ingin mendapatkan review sesuai dengan yang diharapkannya, ada pembaca yang datang sekedar untuk membandingkan harga, khususnya pembaca dari kalangan pebisnis online.

    Agar website anda selalu dikunjungi, buatlah SEO Content yang memberikan ketiga hal tersebut, pengunjung akan kembali lagi suatu saat.

    5. Fokus Dengan Paragraf Yang Pendek-pendek

    Supaya website anda semakin user friendly pastikan artikel anda dibuat dengan paragraf yang pendek-pendek.

    Potong kalimat yang terlalu panjang atau carilah kalimat yang lebih pendek yang akan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

    Pastikan informasi terbagi dengan benar antara kalimat pembuka, sub pembuka, isi ditandai dengan bulet and numbering, dan juga untuk membedakan antara judul dengan sub judul anda harus gunakan bold dan italic untuk menandai kalimat asing.

    6. Masukkan Keyword Di Paragraf Artikel Anda

    Sebagai SEO Content Writer, anda pasti tahu bahwa keyword harus dimasukkan di setiap paragraf.

    Manfaat memunculkan keyword di paragraf artikel atau tubuh artikel ialah untuk membuat artikel terbaca oleh google.

    Gunakan keyword yang user friendly, sebab user biasa berselancar ke internet dengan kata-kata yang sesuai dengan yang dicarinya, misalnya: harga paket wisata, harga jilbab, jilba murah, dan seterusnya.

    7. Buat Content Website Yang Masih Populer

    Hindari membuat SEO Content website yang dibicarakan sejak sebulan lalu, karena google akan menganggap artikel itu tidak populer hari ini.

    Buatlah headline Content website dengan tema yang masih populer dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

    Dan juga ingatlah bahwa update informasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas SEO Content Website Anda.

    Demikian pemparan mengenai cara yang tepat untuk meningkatkan SEO Content Website Anda  sesuai dengan standar google.

    Optimasi Content Marketing

    Metode iklan konvensional tidak memberi banyak keuntungan di jaman sekarang. Banyak orang berkata metode tersebut sudah mati.


    Sementara itu, ada lebih banyak orang mengabaikan pentingnya memanfaatkan iklan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa.
    Sikap mengabaikan iklan itu sangat tidak menguntungkan, karena sebenarnya iklan sangat membantu untuk meningkatkan penjualan.


    Iklan masih menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan produk kepada banyak orang, yang jadi masalah adalah bagaimana agar calon pelanggan anda mengetahui dan tertarik dengan produk yang sedang dijual.


    Iklan konvensional seperti menyebarkan flyer, baliho, dan lain-lain sudah ditinggalkan banyak orang, bukan berarti tidak bermanfaat, tapi cara tersebut menyita terlalu banyak waktu sehingga mereka memanfaatkan internet dengan cara menggunakan content marketing dan lain-lain.


    Jadi, bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan bantuan content marketing? Simak ringkasan berikut ini.

    1.Buat Content Marketing Anda Layak Untuk Dimanfaatkan

    Maksudnya adalah jika anda ingin produk dan jasa yang anda tawarkan menarik perhatian banyak orang hingga meningkatkan penjualan yang harus anda lakukan ialah membuat content marketing yang membuat orang benar-benar membutuhkan produk anda.

    2. Jangan Hanya Berjualan, Tambahkan Informasi Yang Mendidik

    Daripada mempengaruhi orang untuk membeli produk anda, lebih baik anda buat content marketing yang mengandung informasi yang bernilai dan bermanfaat untuk calon konsumen.


    Hal ini akan memancing mereka untuk mempercayai produk anda. jangan memaksa orang untuk membeli produk, tapi buat mereka jatuh cinta pada produk anda.
     
     

    3. Pastikan Content Marketing Anda Memberikan Solusi Pada Konsumen

    Pembeli adalah orang-orang yang sebenarnya mencari solusi untuk persoalannya, jadi pastikan content marketing anda dapat memecakhkan persoalan yang dialami oleh calon konsumen.


    Beri mereka pilihan untuk mendapatkan solusi, dengan content seperti itu dari ratusan pembaca content marketing anda, pasti akan menyerap content selanjutnya dan berakhir dengan membeli produk dari anda.
     
     

    4. Manfaatkan Content Marketing Alternatif

    Berterimakasihlah pada teknologi, karena kini anda tidak hanya bisa membuat content marketing dalam bentuk artikel atau gambar saja, bahkan bisa membuatnya dalam bentuk video, foto bergerak, dan masih banyak lagi yang lainnya.


    Anda bisa menciptakan content marketing dengan memanfaatkan ratusan tools digital yang cocok untuk content marketing.


    Tingkatkan penggunaan tools tersebut, sehingga anda bisa menjangkau lebih banyak orang baik lewat smartphone, PC, laptop, dan juga tablet.
    Papar mereka dengan content-content yang solutif untuk persoalan kehidupan sehari-hari mereka.
     
     

    5. Gunakan Apps Analitik Untuk Mengetahui Perkembangannya

    Setelah melakukan banyak usaha dalam mendorong content marketing dalam rangka meningkatkan penjualan produk, anda harus melakukan evaluasi agar mengetahu sejauh mana cara yang anda ambil memberikan hasil.


    Evaluasi bisa anda lakukan dengan menggunakan apps analitik atau google analitik.
    Hasil analisis akan memberikan gambaran secara spesifik, sejauh mana content marketing anda berhasil dikenali dan memberikan dampak pada jumlah penjualan di sekitar calon konsumen potensial anda.
     
    Sebagai tambahan catatan cara lama beriklan memang sudah semakin ditinggalkan tapi bukan berarti cara tersebut sama sekali tidak memberikan manfaat.


    Iklan konvensional hanya lebih lambat dari cara penyebarannya, berbeda dengan memanfaatkan digital advertising yang berbasiskan internet, dari satu detik kita bisa menyebarkan informasi ke ratusan akun, ke berbagai instansi di berbagai negara.
     
     
     
    Karena itulah digital advertising dengan content marketing yang menarik menjadi corong utama pemasaran perusahaan dewasa ini.
    Content Marketing menjadi andalan untuk mencapai target market utama, anda pun bisa meningkatkan penjualan anda dengan cara yang sama.
     
     

    5 Langkah Memulai Content Marketing Brand Anda Secara Strategis

    Konten adalah cara bagi brand untuk menunjukkan otoritas dan keahlian, dan, dengan munculnya berbagai saluran pemasaran, konten dapat membawa brand lebih dekat kepada pelanggan mereka.
    Namun untuk berhasil, konten yang dibuat oleh perusahaan perlu pendekatan yang lebih strategis yang membangun kembali elemen dasar dan pengalaman dari brand.
    Berikut rumus untuk mengembangkan komunikasi brand Anda secara strategis:
     

    1. Jelaskan kembali sejarah tentang bisnis Anda

     
    Kisah brand Anda adalah narasi emosional yang mengungkapkan visi dan tujuan organisasi Anda. Diciptakan untuk berbagai lapisan audiens, cerita ini dapat membentuk pemahaman tentang misi dan tujuan yang Anda kejar melalui brand Anda.
    Tidak ada tempat yang lebih baik untuk mengungkapkan cerita tentang brand Anda dibandingkan di halaman Tentang Kami.
     
     
     

    2. Temukan strategi verbal Anda

    Sebagian besar marketer tahu bahwa mereka memerlukan strategi visual, tetapi hanya sedikit yang menerapkan ketelitian yang sama untuk strategi verbal. Beberapa komponen utama yang harus Anda bangun:
     

    Tema dari pesan utama Anda

    Visi dan misi yang menggerakkan brand perlu diubah menjadi panduan yang dapat ditindaklanjuti bagi marketer dan staf.
    Dengan menggunakan poin-poin rinci, pesan utama dapat menyebar menjadi banyak touch point, saluran, dan konten – sembari memperlengkapi Anda untuk menceritakan kisah yang kohesif yang membantu audiens memahami siapa Anda dan apa yang bisa diharapkan dari bisnis Anda.
     

    Suara brand

    Pesan adalah apa yang Anda katakan, sementara suara brand adalah bagaimana Anda mengatakannya.
    Suara yang dimaksud di sini bukanlah bunyi-bunyian, tetapi tema dan cara berkomunikasi dari suatu brand.
    Suara dari sebuah brand perlu digunakan untuk menjaga konsistensi cara berbicara di berbagai saluran content marketing. Suara yang konsisten akan diterapkan di seluruh titik sentuh antara bisnis dan audiens, serta menjaga kesamaan pengalaman yang dirasakan audiens pemasaran hingga ke layanan pelanggan.
     
     

    3. Carilah peluang untuk membuat konten unik yang jadi ciri khas

    Pengalaman konten tertentu dapat memiliki dampak yang sangat signifikan untuk menyampaikan pesan dari brand utama. Berikut ini tiga yang paling efektif:
     

    Cerita khas

    Dicetuskan oleh David Aaker, kisah-kisah khas dari brand adalah solusi menyampaikan pesan strategis melalui bentuk naratif yang penuh emosi.
    Cerita khas tidak dapat dikarang; ia adalah pengalaman asli yang dialami oleh founder, bisa juga pengalaman hebat yang dialami audiens.
    Cerita yang khas adalah memiliki plot menarik, kejutan, karakter yang sesuai dengan audiens, memiliki masalah yang serupa yang dirasakan audiens, tetapi punya solusi inovatif.
     

    Thought leadership

    Thought leadership adalah istilah yang disematkan pada satu pihak yang berhasil memberikan perspektif berbeda dan inovatif pada suatu fenomena.
    Jika Anda berhasil menemukan perspektif unik dan menarik dari suatu fenomena, maka buatlah konten menggunakan hal tersebut.
    Konten ini akan membangun otoritas Anda di topik tertentu. Tapi, konten semacam ini perlu didasari penelitian dan pemahaman mendalam tentang pelanggan Anda, kebutuhan mereka, dan pasar secara keseluruhan.
    Penyampaian konten yang inovatif tidak selalu berasal dari artikel dan webinar. Anda juga bisa melakukannya melalui format yang sangat interaktif.

    Sikap brand

    Branding berbasis Public Relation telah lama memenangkan penghargaan di acara-acara kreatif dan marketing seperti Cannes Lions and Effies.
    Dilakukan dengan benar, aksi ini dapat menjadi tindakan brand; dilakukan salah, mereka bisa menjadi bumerang.
     
    REI menutup tokonya di hari belanja besar Black Friday, mengizinkan karyawannya pergi berlibur. Ini berhasil memicu percakapan positif di media sosial.
     
     
    State Street Advisors pernah meluncurkan seri pendanaan baru dengan memposisikan patung Fearless Girl di depan patung banteng di Wall Street; ini mendapat apresiasi, karena menggugah dari segi marketing, tetapi menjadi bumerang bagi para dewan stakeholdernya yang didominasi laki-laki.
     
     
     

    4. Bangun hubungan melalui banyak channel

    Pergeseran dari branding monolog ke dialog yang membangun hubungan membutuhkan partisipasi aktif yang disengaja.
    Petakan saluran digital dan fisik yang paling banyak digunakan oleh pemirsa Anda, dan identifikasi cara agar Anda bisa terhubung dengan mereka.
    Misalnya bila mereka banyak menggunakan Twitter, maka cobalah untuk terlibat dengan target Anda melalui channel tersebut.
    Channel yang digunakan pun perlu lebih dari satu, tetapi memiliki suara brand dan strategi verbal yang serupa.

    baca juga


       
       
       

      5. Sampaikan sistem operasi ini terhadap tim

      Anda tidak bisa bersikap strategis di luar tanpa menyampaikan maksud Anda di dalam, dalam hal ini adalah tim bisnis Anda.
      Langkah ini lebih dari sekadar menambah tools saja; tapi juga meningkatkan keterampilan dan memikirkan kembali proses yang perlu dilakukan.
       

      Pelatihan

      Gunakan sesi interaktif untuk mengajarkan penulis artikel, marketer, agensi, pemangku kepentingan hukum, dan tim penjualan tentang bagaimana caranya menyampaikan strategi verbal pada pelanggan.
       

      Peran

      Tambahkan orang-orang dan jabatan baru di dalam tim untuk mengatasi masalah marketing modern seperti UX dan antarmuka suara berbasis suara. Masih banyak departemen marketing yang memperlakukan digital sebagai fungsi tambahan.
       

      Proses

      Carilah cara untuk meningkatkan efisiensi tentang bagaimana Anda membuat dan menerapkan konten yang relevan serta efektif. Tim marketing dan komunikasi perlu disinkronkan dengan lebih baik.
       

      Kesimpulan Dunia digital adalah dunia yang penuh dengan disrupsi, dengan munculnya berbagai macam saluran dan tantangan yang selalu ada. Audiens Anda  akan mendefinisikan brand Anda dengan usaha setara dengan yang Anda lakukan.
      Karena digital telah mentransformasikan komunikasi, perusahaan yang berevolusi adalah perusahaan yang lebih strategis dalam membangun content marketingnya.

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh