Perbedaan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

Perbedaan Artikel SEO dengan Artikel Biasa yang Paling Mencolok , Disini kami akan menulis artikel yang menarik untuk kamu baca, dengan memperhatikan kaidah – kaidah yang di sukai mesin pencari. Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang artikel SEo, ya? Entah itu dari membaca artikel atau pun dari hasil menyimak diskusi.  

Sebelum kami jabarkan mengenai perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa, perlu kami sampaikan bahwa tidak semua artikel website harus di tulis berstandar SEO. Artikel SEO ini hanya salah satu upaya afar artikel weste lebih mudah di temukan pada search engine.

Tidak banyak yang dapat menulis artikel dengan berstandar SEO, oleh karena itu banyak pemilik website yang mencari penulis artikel SEO. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pemilik website adalah dengan sharing cara  penulisan artikel SEO kepada penulis-penulis konten. Atau membuka jasa artikel SEO dan membekali tim penulis dengan pengetahuan dan skill menulis artikel SEO.

Sederhana sebenarnya, karena banyak website yang sebenarnya butuh konten artikel jenis ini dan banyak penulis artikel yang ingin mendalami skill penulisan artikel SEO.

Media Online V.S Media Cetak

Hal ini berkaitan dengan sifat media online sangat berbeda dengan media cetak. Ketika kita menulis untuk media cetak, tentu kita tidak perlu memikirkan tentang SEO.

Memang cara menjemput pembacanya berbeda dengan media online. Asal produk tulisan kita tercetak dan terpajang di toko buku, maka peluang terbacanya akan semakin besar.

Sedangakan untuk Media online malah sebaliknya, kamu tidak perlu display di toko buku, melainkan harus mudah di temukan di mesin pencari seperti Google. Jadi untuk media online, peran google ini seperti toko buku. Tempat perantara bertemunya pembaca dengan tulisan kita.

Kalau di toko buku ada standar tertentu agar buku layak display di sana, di google pun sama. Tentu parameternya pasti agak berbeda, ya? tapi pada prinsipnya hampir sama. Keduanya sama – sama ditujukan untuk di baca orang.

Bukan untuk mesin, karena beberapa penulis artikel salah persepsi terkait konsep artikel SEO. Mereka beranggapan bahwa menulis artikel SEO itu semacam menulis artikel yang mudah di baca mesin pencari atau search engine. Memang enggak sepenuhnya salah, tapi bukan berarti mengabaikan tujuan utama tulisan itu dibuat, yakni dibaca oleh manusia. Hal ini sebagai perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa.

Perbedaan Artikel SEO
Perbedaan Artikel SEO

Konsep Penulisan Artikel SEO

Jadi tugas penulis artikel SEO sebenarnya lumayan berat. Di satu sisi harus menulis artikel yang enak di baca orang, di sisi lain harus bersaing agar artikel mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Inilah konsep artikel SEO. Kita menulis artikel yang menarik untuk di baca manusia, dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang di sukai mesin pencari. Semakin mudah artikel yang kita ditemukan di mesin pencari, maka juga akan semakin banyak orang yang membaca artikel kita. Tujuan akhirnya adalah trafik website yang tinggi.

Sebelum kita pelajari bagaimana cara menulis artikel SEO, kita juga perlu pahami dulu perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa. Saya akan bedah satu – satu.

Perbedaan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

Sangat penting untuk memahami perbedaan antara artikel SEO dengan artikel biasa. Pemahaman inilah yang nantinya mempengaruhi kualitas artikel yang kita tulis. Apa saja yang membedakan antara artikel SEO dengan artikel biasa, simak berikut ulasannya.

Pertama, Artikel SEO Dibuat Dengan Target Kata Kunci Tertentu.

Perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa bisa dilihat pada target kata kunci. Jelas berbeda artikel SEO dengan artikel biasa. Sebuah artikel SEO harus jelas target keyword utamanya apa, lalu keyword turunannya apa saja dan ada di mana saja (di dalam artikel).

Penentuan keyword ini enggak sembarangan, tapi pakai riset menggunakan tools tertentu. Ada tools berbayar, dan ada juga yang gratisan. Terkait apa kelebihan dan kekurangan tools tersebut, tidak kami jabarkan di sini ya.

Biasanya dari klien memberi job ke penulis konten dengan menunjukkan keyword apa yang harus dikerjakan. Namun, ada juga beberapa klien yang meminta kita mencarikan keyword dengan kriteria tertentu.

Kita sebagai penulis hanya di beri tema dan spesifikasi artikel yang akan di tulis. Terkait bagaimana cara riset dan menentukan keyword, insyaallah kita bahas di sesi terpisah ya.

Yang perlu kita pegang di sini adalah kita menulis dengan target keyword yang sudah ditentukan di awal.

Perbedaan Artikel SEO
Perbedaan Artikel SEO

Kedua, Artikel SEO Dibuat Dengan Memakai Judul Yang Menarik Untuk Diklik Dan Mengandung Target Keyword.

Penentuan judul artikel SEO juga bukan hal yang asal – asalan, tapi menggunakan beberapa kriteria. Salah satu kriterianya yaitu menarik pembaca untuk klik ketika menemukan judul artikel kita di laman pencarian Google.

Lalu kenapa judul artikel harus mengandung keyword? Sebab Algoritma Google bekerja dengan mengidentifikasi keyword yang diketikkan pembaca di mesin pencari, kemudian dicocokkan dengan keyword artikel yang kita tulis.

Ketika pembaca mengetikkan “jasa artikel SEO” maka mesin perayap Google akan menelusuri databased-nya dan mencari konten yang memiliki keyword “jasa artikel seo” kemudian menyajikan daftarnya di laman hasil pencarian Google.

Artikel SEO Dibuat dengan Peletakan Keyword 1% dari Jumlah Artikel

Berikutnya, perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa terdapat pada kriteria artikel SEO. Yakni peletakan keyword yang berumlah 1% dari banyaknya artikel dan disisipkan kedalam judul, di paragraf pertama, kemudian pada paragraf inti maupun paragraf penutup. Tak hanya itu juga, keyword juga ditempatkan pada subheader.

Meskipun artikel tersebut mengandung keyword tertarget, namun keyword harus dimasukkan senatural mungkin agar tetap nyaman dibaca.

Ini penting dilakukan, karena kebanyakan blogger cuma fokus di SEO (khususnya peletakan keyword). Yang bisa membuat artikel tersebut berantakan serta tidak enak dibaca mesin (bukan manusia). Untuk itu, selain SEO friendly, anda juga harus membuat konten artikel SEO human friendly. Hal ini bertujuan agar mudah dibaca dan bernilai baik pada SEO artikelnya.

baca juga

Kriteria Artikel Natural

Nah, perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa memang jelas jelas beda. Karena artikel natural tak memakai keyword sama sekali pada penulisannya. Selain itu, gaya penulisan pun natural yang focus pada pembahasan topic yang kesannya sangat alami. Namun, artikel natural yang berkualitas tinggi masih tetap mampu berada di peringkat atas pada pencarian Google. Yang harus anda ketahui bahwasannya google, memakai perilaku pengguna internet dalam menentukan peringkat artikel artikel dalam mesin pencariannya.

Bagi pembaca yang sudah berpengalaman pastinya sudah tahu mana artikel yang enak dibaca dan mana yang tidak enak dibaca. Salam satu cirri artikel yang natural dan berkualitas ialah dibaca oleh pengunjung pada waktu yang sangat lama serta kerap dibagikan pada orang lain.

Nah, hal semacam ini dijadikan google sebagai data dalam menilai artikel yang ada di mesin pencari.

Nah, dalam hal ini, tentunya bukan saja artikel SEO yang mampu mendongkrak menjadi peringkat di halaman pertama google. Melainkan juga artikel natural yang berkualitas tinggi pula mampu melakukan hal tersebut.

Itulah perbedaan artikel SEO dengan artikel Biasa yang perlu anda ketahui dengan baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!