Pilih Mana: Tema WordPress Gratis dan Berbayar?

Jasa

Anda seorang blogger atau webmaster mungkin sedang bingung memilih antara menggunakan tema WordPress premium vs tema gratis.

Apa kelebihan dan kekurangannya? Harus pilih yang mana? Layakkah menginvestasikan sejumlah uang hanya untuk tema?

Jika Anda juga memiliki pertanyaan itu, maka saat ini Anda berada di tempat yang tepat.
Di artikel ini, kita akan bersama-sama membahas tentang tema WordPress gratis vs tema premium.

Tema WordPress Gratis vs Premium

Kelebihan Tema WordPress Gratis

Perlu kami ingatkan bahwa, saat kami menyebutkan tema gratis, yang kami maksud adalah tema WordPress gratis yang tercantum di direktori resmi WordPress.org.

Hindari untuk mendownload dan menginstal tema gratis dari sumber lain yang tidak dapat dipercaya. Kemungkinan disusupi kode tertentu, atau mungkin backlink untuk Black Hat SEO.

Nah, mari kita bahas kelebihan-kelebihan tema wordpress gratis

1. Gratis

Manfaat terbesar dari tema WordPress gratis adalah tak ada biaya sepeserpun. Ini tentu akan semakin memudahkan Anda untuk memulai sebuah blog.

Namun mendengar kata gratis membuat sebagian orang berhati-hati. Mengapa seseorang mau repot-repot memberi Anda tema gratis, di saat orang lain menjual karyanya?

Inilah yang membuat orang menganggap tema gratis mutunya jelek. Padahal…

2. Proses Peninjauan yang ketat

Tema WordPress gratis sebenarnya diseleksi dengan standar kualitas yang ketat. Semua tema di direktori tema resmi WordPress sudah diproses dan tinjauan terlebih dulu sebelum ditampilkan.

Para orang-orang pintar di WordPress selalu memeriksa dan menguji semua tema yang ada, sebelum disertakan di dalam direktori.

Tema WordPress gratis diuji dengan kode standar yang sudah ditetapkan, mendukung fitur-fitur standar WordPress , memiliki struktur HTML dan CSS berkualitas, aman, privasi terjaga, dll.

Seperti yang bisa Anda lihat, hanya developer-developer berbakat saja yang tema WordPress-nya disetujui di direktori resmi.

Tapi mengapa mereka memberikannya secara gratis?

Sebenarnya ada banyak manfaat di balik memberi dan berbagi.

Sebenarnya tema gratis dapat jadi sarana melatih skill bagi para pengembangitu sendiri. Ini karena tim peninjau tema secara teratur mengaudit kode-kode tema dan menyarankan perbaikan.

Keuntungan lainnya adalah membangun reputasi sebagai seorang developer yang mahir. Selain itu bisa untuk membangun portofolio, mendapatkan proyek berbayar untuk membuatkan versi advanced dari tema gratis tersebut, atau bisa juga jadi jalan untuk mengembangkan tema khusus bagi klien.

Meski tema gratis di WordPress sudah pasti bagus, ada beberapa kelemahannya.

Kelemahan Tema WordPress Gratis

1. Tema WordPress gratis biasanya memiliki lebih sedikit pilihan

Kekurangan tema WordPress gratis maupun premium sebenarnya relatif bagi semua orang. Apa yang seseorang anggap merugikan, bisa jadi menarik bagi orang lain.

Namun, berikut ini beberapa kelemahan umum tema WordPress gratis versi kami:

2. Support terbatas

Developer tema WordPress gratis menawarkan FAQ dan dukungan bantuan melalui forum WordPress, namun mereka tidak wajib untuk membalas semua pertanyaan. Selain itu, developer tentu harus mencari uang; kadang-kadang tema WordPress gratis hanya jadi proyek sampingan mereka. Setelah selesai, developer mungkin membiarkannya begitu saja.

3. Fitur dan Fungsi Terbatas

Meskipun tema gratis mendukung fitur WordPress standar, banyak dari mereka tidak menawarkan fitur tambahan seperti membuat tombol, menggunakan shortcode, membuat landing page, dll.

4. Tidak Unik

Tema gratis sudah pasti digunakan oleh banyak blog. Artinya, situs Anda tidak memiliki desain yang unik. Selain ituĀ  biasanya pilihan untuk kustomisasi visual juga terbatas.

5. Tidak Bisa Protes

Apa maksudnya?

Tema gratis dibagikan tanpa ada jaminan pasti bisa dipakai semua situs. Mungkin saja ada widget atau plugin yang konflik. Bisa juga ada masalah dengan struktur HTML yang Anda buat, bisa juga mengurangi upaya Anda dalam SEO.

Jadi jika tema yang ada menyimpan kecacatan, Anda tidak bisa berbuat dan meminta banyak.

Jika Anda menggunakan tema gratis, dan ternyata tema tersebut tidak memiliki fungsi spesifik yang Anda cari, Anda hanya bisa pasrah. Toh Anda tidak keluar uang sepeserpun.

Tema WordPress Premium

Kelebihan Tema WordPress Berbayar

Tidak seperti tema gratis, tema premium WordPress tersedia di banyak toko online dan direktori resmi WordPress.

Kelebihan tema wordpress premium di antaranya:

1. Fitur dan opsi penyesuaian lainnya

Keuntungan terbesar dari tema premium adalah Anda mendapatkan lebih banyak fitur dan kustomisasi.

Mengingat industri tema premium cukup ketat, masing-masing pengembang berusaha menawarkan lebih banyak fitur dengan harga lebih rendah.

Sebagai pelanggan, Anda bisa mendapatkan tema yang berisi opsi kustomisasi seperti pembuat drag and drop, shortcode, beberapa layout dan template, dan pilihan warna.

2. Dukungan dan Update

Tema premium WordPress hadir dengan update dan dukungan reguler.

Terutama karena toko-toko tema ini benar-benar membuat uang vs melakukannya secara gratis. Tentu saja, after sales dan support harus diutamakan, agar mendapat reputasi bagus dan terpercaya.

3. Lebih unik

Karena ada biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya, tema premium tidak sering digunakan bila dibandingkan dengan yang gratisan. Apalagi pilihan kustomisasi memberi Anda kemampuan mempersonalisasi tema Anda.

Kontra Tema WordPress Premium

Tidak semua tema premium itu sempurna.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang bisa menjadi kelemahan.

1. Coding yang buruk

Beberapa kali Anda mungkin pernah membeli tema premium yang tampak cantik namun ternyata codingnya jelek dan konflik dengan beberapa plugin. Ini bisa saja terjadi, terutama karena tema premium yang dijual di toko tema tidak menjalani proses pemeriksaan yang ketat.

2. Terlalu banyak fitur

Agar tema lebih menjual, developer tema ada juga yang menambahkan fitur terlalu banyak, yang seringkali tidak diperlukan ke dalam tema mereka. Anda mungkin tidak akan pernah menggunakan semua fitur itu, yang bisa saja membuat situs Anda lambat.

3. Ada fungsi yang bentrok dengan plugin

Kadang-kadang tema WordPress memberikan fitur yang berbenturan dengan plugin, menawarkan fungsionalitas yang seharusnya tidak perlu mereka tawarkan. Misalnya, membuat jenis post khusus, shortcode, dan hal lainnya. Jika Anda menggunakan fitur-fitur ini alih-alih menggunakan plugin, semua itu akan hilang begitu Anda memutuskan mengganti tema.

Bagaimana menemukan tema premium yang benar-benar bagus seperti yang dijanjikan?

Cara paling mudah menemukan tema premium yang reliabel adalah membelinya dari toko pengembang tema tepercaya.

Dua toko tema WordPress premium yang kami rekomendasikan adalah StudioPress and Themify.

Ingat bahwa saat Anda membeli tema WordPress premium, Anda tidak mempekerjakan toko tema atau pengembang. Anda tetap harus melakukan penyesuaian sendiri.

Jika Anda membeli tema dan berharap apa yang ditampilkan di laman mode langsung muncul begitu saja menjadi situs Anda, bersiaplah kecewa. Anda tetap harus mengatur dan mengutak-atik tema tersebut.

Tapi…

Sebagian besar toko tema bagus akan memberi Anda akses ke forum dukungan di mana Anda bisa mendapatkan lebih banyak bantuan yang diperlukan. Dukungan istimewa inilah yang sebenarnya Anda bayar.

Jadi, pilih yang mana?

Saat memilih tema WordPress untuk situs Anda, Anda sebaiknya mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri.

1. Apakah Anda benar-benar membutuhkan banyak fitur, pilihan admin tema kustom, slider, dan aspek-aspek lainnya untuk situs web Anda?

2. Bisakah Anda melakukan penyesuaian WordPress sendiri? Atau Anda masih memerlukan bantuan mereka?

3. Apakah Anda menginginkan tema tampak profesional yang tidak terlalu umum atau Anda baik-baik saja dengan layout basic?

baca juga

Jasa Pembuatan Website Profesional

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Pasang Iklan

Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda

Iklan Advetorial

Jasa Sosial Media

Email Marketing

26 Panduan Email Marketing Lengkap

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Jika Anda baru memulai dengan blog pribadi atau situs keluarga, maka tema WordPress gratis akan cukup untuk kebutuhan Anda.

Di sisi lain, jika Anda adalah bisnis kecil, maka kami akan merekomendasikan Anda untuk mencoba tema berbayar. Ini memberi Anda fitur dan pilihan kustomisasi tambahan sambil memberi Anda ketenangan pikiran bahwa dukungan selalu tersedia jika Anda membutuhkannya.

Nah, demikian tadi pembahasan tentangĀ Pilih Mana: Tema WordPress Gratis dan Berbayar?

Semoga membantu!

Jasa
error: Content is protected !!