Riset Kata Kunci untuk SEO

SEO UNDERCOVER CO ID 58

undercover.co.id Riset Kata Kunci untuk SEO , Mesin pencari telah meminimalkan pentingnya sinyal relevansi kata kunci untuk peringkat kurang lebih dalam setahun belakangan ini.

Itu adalah fakta bahwa kata kunci tidak lagi diperlukan atau wajib untuk hadir dalam tag judul atau tag heading (H1, H2, H3)

untuk peringkat di lima besar halaman hasil mesin pencari. Bahkan menggunakan frase kata kunci yang tepat dalam teks halaman web tidak lagi diperlukan.

Table of Contents

Cara Meneliti Kata Kunci

Namun, haruskah Anda mengabaikan proses penelitian kata kunci dan hanya fokus pada pembuatan konten? jawabannya adalah tidak.

Penelitian kata kunci masih penting, tetapi dengan cara yang berbeda dari yang telah dilakukan sebelumnya.

Sebagai contoh, makna yang berbeda dari suatu frasa dan popularitas dari setiap makna adalah sangat penting.

Penggunaan kata yang terampil terus menjadi penting, dan panduan ini akan menunjukkan kepada Anda

cara meneliti kata kunci dengan cara yang sesuai dengan cara kerja optimisasi mesin pencari saat ini. Tujuan dari panduan ini adalah untuk:

  • Menunjukkan bagaimana penelitian kata kunci terus bermanfaat.
  • Meluruskan berbagai kesalahpahaman.
  • Menunjukkan kepada Anda bagaimana pemahaman ilmiah tentang bagaimana kata kunci digunakan oleh mesin pencari dan dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk lalu lintas tinggi atau kata kunci konversi tinggi.

Prinsip-prinsip yang diuraikan dalam panduan ini berlaku sama untuk konten seluler dan sesuai terlepas dari bagaimana konten teks disampaikan kepada konsumen.

Riset Kata Kunci untuk SEO

Tentukan Tujuan Anda: Apa yang Ingin Anda Capai dengan Lalu Lintas Pencarian?

Lebih banyak lalu lintas saja tidak boleh menjadi tujuan Anda. Meningkatkan penjualan harus selalu menjadi tujuannya.

Lalu lintas hanyalah sarana untuk memecahkan masalah penjualan.

Lalu lintas tidak pernah menjadi tujuan akhir.

Meningkatkan penghasilan harus selalu menjadi fokus.

Saat mengembangkan strategi kata kunci untuk situs web e-niaga, langkah pertama adalah menentukan masalah penjualan yang ingin dipecahkan oleh bisnis.

Ini adalah tujuan nyata Anda.

Mencari Kata Kunci SEO Untuk #1 Google

Undercover.co.id—Cara Mencari dan Mengelola Kata Kunci SEO Untuk Meraih Peringkat Satu Halaman Google.

Umumnya SEO profesional berfokus untuk meraih peringkat # 1.

Kata kunci yang mereka inginkan sangat bergantung pada alat pelacakan peringkat untuk memantau peningkatan mereka dari waktu ke waktu.

Selama bertahun-tahun, para ahli SEO dengan cepat belajar bahwa peringkat berdasarkan kata kunci saja merupakan indikasi keberhasilan yang tidak cukup dan cenderung memancing trik buruk.

Realisasi ini mendorong pro SEO untuk menggabungkan pelacakan peringkat dengan metrik lainnya, seperti lalu lintas penelusuran organik dan konversi.

Pelacakan Peringkat Berdasarkan Kata Kunci Diperketat

Oleh sebab itu, seiring dengan peningkatan Google selama bertahun-tahun, pelacakan peringkat kata kunci menjadi lebih sulit.

Google menyatakan pencarian konten tertentu dengan mesin pencari berdasarkan kata kunci ini tidak berkontribusi besar pada aliran pendapatan.

Google mengatakan pencarian konten berdasarkan kata kunci membuat pengguna bisa menemukan akun tertentu tanpa mengeklik iklan.

Kemudian google merancang peringkat halaman satu Google.

Rancangan itu tidak hanya berdasarkan pada temuan jumlah kata kunci.

Melainkan dengan berbagai macma formula yang lebih rumit, seperti penelusuran organik, share organik, pembacaan yang lebih lama di halaman website, klik atau viewer, dan lain sebagainya.

Kata Kunci Google Menampilkan Hasil Berbeda di Lokasi Berbeda

Kata kunci akan diberi peringkat berbeda ketika pencarian dilakukan di lokasi geografis yang berbeda, terutama jika kata kunci adalah tentang perusahaan, organisasi, atau orang lokal.

Misalnya kata kunci seperti “tempat wisata”, “cafe buat nongkrong,” dan “universitas” sudah pasti berhubungan dengan daerah lokal.

Baca juga: Cara Menentukan Jasa SEO Google Untuk Bisnis Perusahaan Anda

Peringkat Bukan sebagai Indikator Kerja Utama

Kualitas sebuah website akhirnya bukan lagi berdasarkan pada peringkat.

Anda dapat menunjukkan hasil website yang anda kerjakan sudah duduk di peringkat # 1 pada klien untuk kata kunci tertentu.

Akan tetapi ketika mereka mencari kata kunci tersebut di lokasi mereka atau di browser pribadi mereka, akan menghasilkan peringkat yang bebreda.

Oleh karenanya, peringkat tidak lagi sebagai indikator hasil kerja, kini faktor utama untuk diperhatikan bukan peringkat itu sendiri, tetapi tren.

Sebabnya karena tren akan tetap konsisten sekalipun peringkat kata kunci tertentu berada di peringkat yang berbeda di wilayah lain atau di browser pribadi.

Jenis Alat Pelacak Peringkat

Jika anda penasaran untuk melihat peringkat website anda, anda bisa menggunakan bantuan pelacak peringkat dari berbagia alat tertentu.

Alat peringkat kata kunci ada dalam berbagai bentuk.

Alat pemeringkat itu dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis instalasi.

Berikut tiga jenis alat pelacak peringkat yang sering dipakai oleh para pembuat website.

  • Plugin Browser Web

Plugin peramban adalah pengaya yang memperluas kemampuan peramban web Anda.

Karena Google tidak memberikan perhatian utama pada alat pelacakan peringkat sebagai tolok ukur kualitas konten di dalam website.

Anda dapat menggunakan plugin ini dan mendapatkan peringkatnya dengan segera.

Alat pengaya plugin browser sangat ideal untuk sejumlah kata kunci, maksimal sampai 100 jenis kata kunci.

Anda bisa menggunakan kata kunci berperingkat tinggi tersebut untuk mengejar peringkat di halaman satu google.

  • Aplikasi Desktop

Aplikasi desktop adalah program yang dapat Anda instal di komputer Anda sendiri.

Aplikasi Dekstop sebagai program yang berdiri sendiri sehingga tidak memerlukan browser web.

Aplikasi dekstop mampu menjalankan daftar kata kunci yang lebih besar tanpa diblokir oleh Google, contoh alat seperti ini adalah WebCEO dan SEO Smart Suite.

  • Aplikasi SaaS Berbasis Web

Solusi perangkat lunak berbasis web sebagai layanan (SaaS) tidak berjalan di komputer lokal Anda, aplikasi ini berjalan di server berbasis langganan.

Aplikasi ini benar-benar solusi yang lebih baik.

Andapun bisa menggunakan aplikasi dekstop yang juga memiliki versi berbasis web dari produk mereka.

Beberapa dari layanan berbasis web ini terutama berfokus pada peringkat, alat pelacak berbasis web ini contohnya AWRCloud dan Stat.

Perlu anda ketahui bahwa pelacakan kata kunci tertentu berbasis web lebih stabil dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Baca juga:
Jasa SEO Google Untuk Perusahaan UKM , Start Up , Sampai Korporate

Nomor Pelacakan Halaman Terindeks

Selain melacak peringkat kata kunci di mesin pencari, Anda juga dapat melacak jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari.

Ada tiga cara untuk melihat hal itu di Google, antara lain sebagai berikut:

  • Menggunakan search engine di situs google operator untuk melihat jumlah hasil yang muncul untuk domain tertentu.
  • Menggunakan laporan Google Search Console (GSC) tentang jumlah halaman yang diindeks.
  • Menggunakan status indeks GSC dari halaman yang diindeks dalam sitemap XML yang Anda kirimkan.

Ketiganya akan memberikan hasil yang berbeda.

Biasanya halaman yang diindeks GSC akan memberikan jumlah hasil pemeringkatan terbanyak, tetapi jumlah tersebut mungkin termasuk halaman duplikat konten.

Status GSC pada halaman yang diindeks dalam sitemap XML Anda hanya membantu jika peta situs XML Anda memiliki daftar lengkap semua URL di situs Anda.

Pelacakan Peringkat Peta Lokal

Dalam SEO lokal, Anda harus mengoptimalkan hasil pencarian organik yang berisi informasi geografis seperti kota, proovinsi, dan negara.

Anda juga harus mengoptimalkan hasil di Google Maps dan situs web peta online lainnya.

Algoritma peringkat berbeda dari algoritma pencarian organik utama karena pengoptimalan di sini ditargetkan secara terpisah.

Maka perlu dilacak secara terpisah menggunakan alat pelacakan peringkat peta lokal.

Satu platform yang dapat membantu anda melakukan ini adalah BrightLocal.

Situs tersebut merupakan alat melacak peringkat bisnis Anda dalam hasil peta lokal.

Anda juga dapat mengatur lokasi di mana permintaan pencarian berjalan.

Kata Kunci Berbayar

Ada beberapa alat pelacakan kata kunci yang harus membayar.

Ketika anda menggunakan alat tersebut untuk menemukan jutaan kata kunci berperingkat tinggi berdasarkan wilayah, klik, share, tayangan dan lain sebagainya, anda harus membayar untuk melihat hasilnya.

Harga akan ditentukan oleh jumlah kata kunci yang ingin anda lihat.

Oleh karenanya memanfaatkan kata kunci berbayar biasanya dilakukan hanya oleh para profesional SEO dan mereka yang berbisnis dengan mengandalkan digital masketing.

Meskipun demikian, untuk para pemula di bidang media online ada beberapa sumber alat pelacak kata kunci gratis.

Sumber alat pelacak gratis yang dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan kata kunci emas yakni  Google Search Console.

Alat ini akan menampilkan hanya 1.000 kata kunci teratas yang memiliki peringkat tinggi, tayangan, dan klik.

Pilih Alat Pelacak Kata Kunci Terbaik untuk Anda

Temukan alat pelacakan peringkat yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Alat pelacak akan membantu anda untuk mendapatkan kata kunci emas yang tepat untuk mengembangkan website anda.

Tanpa kata kunci yang tepat, konten di dalam website anda akan sulit ditemukan oleh google,

Jika demikian, sangat kecil harapannya untuk diindeks dan direkomendasikan oleh google untuk dibaca oleh user lain di internet.

Kalau anda berusaha mencari kata kunci menggunakan alat SEO, berikut alat SEO multiguna yang menyertakan pelacakan hasil peringkat dari masing-masing kata kunci, antara lain:

  • Metrik Naga
  • Linkdex
  • BrightEdge
  • Searchmetrics
  • Konduktor
  • seoClarity
  • Moz

Memahami Kata Kunci Untuk Membuat Halaman Satu Google

Masih dari Tim Soulo yang menceritakan betapa pentingnya meriset kata kunci untuk membuat halaman satu google tulisan atau situs yang kamu kelola. Untuk itu, dalam meriset kata kunci google, kita juga perlu memahami kata kunci tersebut agar bisa digunakan dengan baik dan dimanfaatkan secara maksimal.

Yang perlu dipahami saat meriset kata kunci yang sering digunakan di Google adalah pemahaman terhadap parameter kata kunci yang ada dan pengelompokkan list kata kunci yang sudah dikumpulkan.

Memahami parameter kata kunci

Dalam mengeksekusi strategi menganalisa kata kunci google, kamu akan bingung karena terdapat ribuan ide kata kunci dan cukup pusing untuk menentukan kata kunci yang layak dipilih. untuk membantu memilah-milahnya, berikut parameter kata kunci yang bisa kamu pertimbangkan

  1. Search Volume

Parameter ini menunjukkan secara keseluruhan tingkat pencarian terhadap kata kunci yang dimasukkan. Misalnya, seberapa banyak orang di dunia (atau negara tertentu) menggunakan kata kunc ini di Google. Kebanyakan alat peneliti kata kunci menggunakan search volume mereka dari Google AdWords, yang mana menjadi acuan paling utama dalam data semacam ini.

Namun tidak lagi. Beberapa tahun terakhir, Google secara konsisten menarik data-data penting mereka dari para pelaku SEO. Namun kali ini, kita bisa mendapatkannya kembali dengan cara-cara tertentu, yakni clickstream data.

  1. Clicks

Kita mulai dengan kata kunci “donald trump age” yang memiliki volume pencarian sebanyak 246.000 kali perbulannya. Dengan hasil sebesar itu, tentu kamu bisa mendapatkan traffic yang besar yang bisa meningkatkan situsmu ke halama pertama Google. Namun ternyata, hasil inilah yang didapatkan:

Ya, google secara instan memberikan jawaban untuk itu. Maka tidak bisa lagi untuk mengharapkan klik yang banyak dari kata kunci ini. banyak hal yang mempengaruhi hasil ini, seperti:

  • Knowledge cards
  • Featured snippets
  • Top stories
  • Local packs
  • Shopping results
  1. Potensi traffic yang besar

Volume pencarian dan klik adalah parameter terbaik untuk memahami popularitas dan traffic dari sebuah kata kunci. Namun, kata kunci tersebut mungkin memiliki banyak sinonim dan pencarian terkait, semuanya dapat ditargetkan dalam satu halaman pada situsmu. Misalkan, kata kunci “i’m sorry flowers” tidak terlihat menjanjikan secara pencarian dan traffic

Hasil peringkat satu seringkali mendapatkan tidak lebih dari 30% dari semua klik. Ini berarti, kamu bisa mendapatkan sekitar 60 pengunjung perbulannya jika kamu bisa menempati peringkat satu pada kata kunci “i’m sorry flowers”.

Maka dari itu, tidak hanya harus mengevaluasi kata kunci berdasarkan volume pencarian lagi, tapi juga lewat hasil ranking tertinggi dan lihat seberapa banyak traffic pencarian yang mereka dapatkan secara total

  1. Tingkat kesulitan kata kunci

Tidak perlu diragukan lagi, cara terbaik untuk mengukur kesulitan sebuah kata kunci adalah menganalisa hasil pencarian secara manual. Setiap perangkat peneliti kata kunci memiliki metodenya masing-masing dalam mengalkulasikan skor tersebut. berikut adalah contoh yang ditawarkan oleh Ahrefs

  1. Cost Per Click

Parameter ini adalah yang paling penting bagi pengiklan. Bagaimanapun, para profesional SEO memperlakukan CPC sebagai indikasi komersialisasi kata kunci. Satu hal peting terkait Cost Per Click adalah, CPC lebih mudah berubah daripada volume pencarian. Jika permintaan pencarian terhadap kata kunci fluktuatif per bulannya, CPC dapat berganti dalam hitungan menit.

Maka dari itu, nilai CPC yang kamu lihat pada perangkat riset kata kunci pihak ketiga hanya sebuah gambar dalam rentang waktu tertentu. Jika menginginkan data yang paling aktual, gunakan AdWords.

Kelompokkan list kata kunci

Sekarang, kamu sudah memiliki ratusan kata kunci yang menjanjikan dan siap untuk diuji. Sekarang, saatnya untuk mengelompokkan list yang sudah kamu buat

  1. Kelompokkan berdasarkan “parent topic”

Sekarang, para pelaku SEO menghadapi kesulitan terbaru. Haruskah kita menargetkan banyak topik relevan dengan satu halaman atau membuat halaman-halaman yang berbeda untuk tiap set kata kunci?

Kita tahu bahwa satu halaman dapat diperingkatkan untuk ratusan kata kunci yang relevan. Namun seberapa banyak? Dan bagaimana kamu mengetahui kata kunci mana yang lebih tepat untuk topik yang kamu angkat? Maka dari itu, Ahrefs menggunakan kata kunci yang mempunyai peringkat atas google sebagai target kata kunci mereka.

  1. Kelompokkan berdasarkan tujuannya

Tentunya, setiap kata kadang memiliki makna yang berbeda. Misalnya pada kata kunci “roses”, ada beberapa makna yang berbeda, seperti:

  • Ingin melihat gambar mawar
  • Mempelajari lebih jauh tentang bunga ini

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah langsung mencarinya di Google dan lihat apa yang paling pertama muncul di halaman satunya.

Bagaimanapun kamu memetakan keywords yang kamu miliki, tentu bebas bagi dirimu untuk mengembangkan model yang kamu inginkan. Misalkan, Everett Sizemore dari GoInFlow.com menyarankan memetakan kata kunci kepada persona penggunanya.

  1. Kelompokkan berdasarkan nilai bisnis

Pengelompokkan ini tidak berbeda jauh dengan pengelompokkan sebelumnya. Namun kali ini, kamu perlu untuk menggambarkan tujuan apa yang membawa ROI terbaik pada bisnismu. Jika kamu mencari traffic dan brand awareness, kamu harus fokus terhadap kata kunci yang membawa banyak visitor yang tidak perlu dikonversi menjadi pendaftar atau pembeli.

Jika kamu memiliki budget pemasaran tak terbatas, gunakan semua bidang yang bisa dijangkau. Namun kebanyakan pebisnis tidak bisa melakukannya. Jadi, merka harus memilih mana yang penting, mana yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh perusahaan mereka.

baca juga

Jasa Pembuatan Website Profesional

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisni

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Itulah langkah lanjutan untuk lebih memahami kata kunci yang sering keluar di Google dan membuat halaman satu google. Dengan ini, tentunya kamu bisa mengoptimalkan situs klienmu dengan lebih baik lagi. Penting untuk terus mengikuti update tentang SEO ini agar kamu bisa terus berkembang di dunia SEO.

Contoh Sasaran Kata Kunci E-niaga Khusus Penjualan.

  • Memberi makan segmen yang berbeda dari corong penjualan.
  • Klik iklan dan tayangan iklan.
  • Membangun kesadaran akan situs, layanan, dan produk Anda.
  • Yang terakhir, membangun kesadaran, sangat penting karena akan membantu Anda menentukan peringkat untuk kata kunci kompetitif dan frase kata kunci utama selain untuk mengarahkan penjualan langsung.

Setelah Anda menentukan tujuan kata kunci, Anda kemudian dapat mengembangkan kategori kata kunci untuk mengatasi tujuan tersebut, dan mulai mengkategorikan kata kunci Anda untuk membangun pemasaran digital dan strategi konten.

Dua kategori pertama berhubungan langsung dengan penjualan dan pelanggan potensial; mereka memecahkan masalah bisnis secara langsung.

Dua kategori kedua (Feeding level penelitian dari lalu lintas penjualan saluran atau bangunan CPM) dapat dilihat sebagai yang berhubungan dengan konsumen karena mereka umumnya berkisar menyelesaikan masalah bagi konsumen.

Frasa Uang

Kategori penjualan berfokus pada apa yang oleh industri SEO disebut “frase uang.” Frasa uang adalah frasa kata kunci dengan maksud komersial yang dikaitkan dengan tingkat penjualan yang tinggi (misalnya, “laptop murah” dan “tempat membeli laptop”).

Kata kunci ini penting karena mereka hampir selalu menghasilkan penjualan.

Frasa uang juga penting untuk situs yang didukung iklan karena pengunjung situs yang cenderung melakukan pembelian juga lebih cenderung mengklik unit iklan dan mendapatkan penghasilan untuk penerbit web.

Iklan yang terkait dengan frasa uang biasanya memiliki biaya per klik yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan pendapatan iklan yang lebih tinggi pula.

Itu sebabnya kata kunci ini disebut frase uang!

Tantangan dengan Frasa Uang

Ungkapan uang saat ini digunakan oleh banyak orang sehingga sangat kompetitif dan sulit diperingkat.

Pertimbangan yang lebih penting yang banyak orang tidak sadari, adalah bahwa iklan bayar per klik (PPC) akan menyedot lalu lintas yang mungkin lebih cenderung melakukan pembelian, dengan sisa lalu lintas didistribusikan ke hasil organik.

Sebagian besar lalu lintas kata kunci uang diselipkan melalui iklan PPC. Berikut ini akan kami tunjukkan kepada Anda cara mengatasi masalah ini.

Anatomi Frasa Uang

Selain frasa yang jelas berisi kata-kata seperti “beli” di dalamnya, ada seperangkat frasa kata kunci tambahan yang menunjukkan niat pengguna untuk melakukan pembelian langsung. Ini disebut kata kunci panjang “frase uang” yang penting untuk diperingkat.

1. Perbandingan pesaing

2. Pencarian harga diskon

3. Ulasan dan peringkat produk

4. Pencarian kode kupon

5. Pencarian untuk penjualan

Kami telah mengembangkan banyak spreadsheet dari frase kata kunci yang bagus di berbagai industri. Meskipun kami tidak dapat membagikannya kepada publik, kami telah membagikan lima kategori yang kami gunakan sehingga Anda dapat mengembangkan dan mengelompokkan daftar frasa uang Anda sendiri.

Kata Kunci Frasa Uang & Arsitektur Situs

Sekarang inilah hal yang penting untuk dipahami. Ada alasan bagus untuk tidak menggunakan daftar untuk membangun arsitektur situs yang berputar di sekitar frasa uang.

Mengapa? Karena itulah cara membangun situs yang disetel untuk relevansi kata kunci. Tetapi jika Anda membaca Panduan Penilai Kualitas Google,

Anda akan melihat bahwa Google dan kemungkinan algoritmenya tidak meranking halaman web untuk sinyal relevansi kata kunci mereka. Mereka memeringkat halaman web untuk:

  • Keahlian.
  • Wewenang.
  • Kepercayaan.

Ini adalah poin penting yang akan kami bahas nanti. Tetapi untuk saat ini, pahami bahwa banyak situs yang peringkat mesin pencarinya saat ini tidak dibangun dengan arsitektur situs yang berputar secara eksklusif di sekitar frasa uang.

Nilai Kata Kunci Frasa Non-Uang

Frasa uang disebut demikian karena pengunjung yang menggunakan frasa tersebut cenderung mengonversi dan sudah pasti melakukan.

Ini adalah frase kata kunci yang paling penting untuk membuat penjualan langsung secara teratur. Ada jalur kata kunci lain untuk membangun penjualan online.

Seringkali hambatan masuk untuk frasa uang kompetitif terlalu tinggi.

Perusahaan mapan dalam hasil pencarian memiliki petunjuk yang tampaknya tidak dapat diatasi dalam hal backlink, konten, jangkauan media sosial, dan faktor-faktor lain yang tidak dapat dengan mudah disalin.

Ada cara lain untuk membangun lalu lintas dan itu dengan frasa non-uang. Mungkin terdengar kontra-intuitif bahwa cara untuk menarik pembeli adalah dengan kata kunci yang tidak dikonversi.

Keuntungan Menjadi Komprehensif Sebagian besar frasa uang diberikan ke situs yang paling otoritatif.

Di sini, kuantitas dan kualitas backlink berperan. Namun, konten adalah unsur yang sangat penting. Tapi bukan sembarang konten.

Anda membutuhkan konten yang komprehensif. Situs yang komprehensif bersifat otoritatif. Situs resmi adalah jenis yang disukai peringkat mesin pencari.

Panduan Penilai Kualitas Penelusuran Google menyatakan di bagian bahwa Peringkat Kualitas Halaman: Faktor Paling Penting Keahlian, Kewenangan, Kepercayaan adalah karakteristik kualitas yang penting.

Kemudian di bagian berikutnya menyatakan: “Jumlah keahlian, kepiawaian, dan kepercayaan … yang dimiliki halaman web / situs web sangat penting.”

Strategi Pemeringkatan Frase Uang Alternatif

Meskipun pengunjung ke situs resmi tidak boleh mengonversi melalui permintaan pencarian non-uang yang menjadi peringkat situs tersebut, strategi otoritas memang memiliki efek:

Menumbuhkan kesadaran, Membangun niat baik, Merangsang rujukan dari mulut ke mulut, tautan, dan akhirnya peringkat dan penjualan frase uang.

Ini adalah salah satu rahasia peringkat untuk frasa uang. Alih-alih berfokus secara eksklusif pada frasa uang, fokuslah pada otoritas yang membangun frasa yang panjang.

Cara lama peringkat untuk frasa uang adalah dengan serangan frontal penuh pada frasa itu. Selama bertahun-tahun semakin jelas bahwa situs-situs komprehensif cenderung memberi peringkat untuk frasa terbaik.

Berfokus secara eksklusif pada relevansi kata kunci telah menunjukkan hasil yang menurun selama 10 tahun terakhir. Berfokus pada kedalaman konten, keahlian, dan otoritas adalah jalur yang solid untuk menentukan peringkat untuk frasa uang.

Strategi Kata Kunci untuk Membangun Kesadaran & Tayangan Iklan

Secara umum, jika Anda ingin peringkat yang baik untuk lalu lintas tinggi dan terbiasa dengan kata kunci dua frasa maka harus bersiap untuk frasa tiga, empat, dan lima kata.

Haruskah Anda Khawatir Tentang Pengindeksan Semantik Laten atau Kata Kunci LSI?

Latent Semantic Indexing (LSI) adalah teknologi yang dikembangkan hampir 20 tahun yang lalu. Tujuannya adalah untuk memperkuat kemampuan mesin pencari untuk mengidentifikasi konteks kata yang benar.

Kata-kata sering memiliki lebih dari satu makna (ini disebut Polisemi). Dengan demikian, kata atau frasa yang muncul pada halaman tidak menjamin bahwa halaman tersebut relevan dengan frasa pencarian.

Teknologi LSI digunakan untuk mengatasi polisemi, untuk membantu mesin pencarian berbasis teks mengidentifikasi konteks halaman web dan dengan demikian lebih cocok dengan permintaan pencarian.

Bacaan Latar Belakang tentang Pengindeksan Semantik Laten:

http://www.cse.msu.edu/~cse960/Papers/LSI/LSI.pdf
https://arxiv.org/ftp/arxiv/papers/1301/1301.6705.pdf
http://www.cs.bham.ac.uk/~pxt/IDA/plsa.pdf
http://www.internetnews.com/IAR/article.php/2195901/Google+Scoops+Up+Applied+Semantics.htm

Sejarah LSI

Pada tahun 2003 Google memperoleh teknologi analisis kontekstual yang dikenal sebagai Circa, ketika Google membeli sebuah perusahaan bernama Applied Semantics.

Singkatnya, Circa didasarkan pada pemahaman bahasa melalui penggunaan kategori Proyek Direktori Terbuka untuk membuat tema yang dapat diklasifikasikan ke dalam laman web.

Dengan demikian, halaman web dapat dipahami sebagai bagian dari topik tematik tertentu.

Applied Semantics menciptakan teknologi yang mendukung program AdSense Google, memungkinkan Google untuk mencocokkan konten situs web dengan jenis kata kunci yang terkait dengan iklan.

Ini adalah semacam analisis kata kunci kontekstual yang digunakan sebagai dasar untuk program AdSense, yang sejak itu menambahkan teknologi tambahan seperti penargetan penempatan, penargetan berbasis minat, dan penargetan bahasa untuk meningkatkan dan memperluas program AdSense.

Bahkan, menurut Google, penargetan kontekstual mereka menggunakan struktur tautan keseluruhan dari seluruh web untuk menentukan tentang apa halaman web itu, yang jauh lebih canggih dan canggih daripada LSI sederhana.

Melihat bagaimana LSI memiliki peran yang berkurang dalam program AdSense, LSI kemungkinan memainkan peran yang tidak signifikan dalam peringkat pencarian juga.

Adalah masuk akal untuk menduga bahwa LSI memainkan peran kecil hingga tidak penting dalam peringkat pencarian karena ilmu pencarian informasi telah jauh sejak tahun 2003.

Haruskah Anda Menggunakan Sinonim Kata Kunci?

Sinonim dan LSI pada awalnya digunakan sebagai cara untuk memerangi spamming kata kunci. Meskipun Google tidak pernah menjadi mesin pencari berbasis kata kunci tertentu, itu tidak sepenuhnya kebal terhadap spamming kata kunci.

Spam jenis ini berfokus pada istilah permintaan pencarian, itulah sebabnya ia disebut sebagai spam permintaan pencarian.

Dengan munculnya pembaruan Hummingbird dan peningkatan kemampuan untuk pemrosesan bahasa alami (upaya untuk memahami bahasa di luar relevansi kata kunci), industri pemasaran pencarian merespons dengan merekomendasikan penggunaan sinonim untuk peringkat yang lebih baik.

Kata Kunci Adalah Tentang Maksud Pengguna

Kata dan frasa dapat memiliki beberapa maksud pengguna. SERP diperintahkan untuk memenuhi maksud pengguna.

Dengan demikian, jika maksud pengguna yang Anda pilih kurang memuaskan, Anda tidak akan pernah memberi peringkat pada konten Anda di hasil pencarian teratas Google.

Bukan untuk menjadi terlalu teknis, tetapi penelitian pasar lainnya, audit dan paten SEO berurusan dengan menggunakan pencarian sebelumnya, lokasi, dan faktor-faktor lain untuk mempersonalisasi urutan situs yang ditampilkan dalam hasil.

Di awal bab ini, saya menyatakan bahwa penggunaan kata-kata terbaik adalah penting. Memahami maksud pengguna frasa kata kunci sangat penting karena akan memandu tujuan halaman.

Pedoman kualitas pencarian menyatakan bahwa setiap halaman dinilai berdasarkan seberapa memuaskan pengunjung situs.

Pedoman kualitas menyatakan bahwa halaman terbaik adalah yang sepenuhnya memenuhi maksud pengguna dari permintaan pencarian. Ada kategori peringkat yang disebut Fully Meets.

Ini diterapkan pada situasi di mana maksud pengguna tidak ambigu. Ini berlaku khususnya untuk frasa e-niaga di mana niat untuk membeli jelas.

Fully Meets adalah standar untuk memuaskan permintaan pengguna dan menjadi halaman peringkat nomor satu untuk permintaan yang tidak ambigu.

Itu harus menjadi tujuan Anda untuk memenuhi maksud pengguna bahkan dari pertanyaan yang ambigu, di mana Anda mengidentifikasi semua maksud pengguna yang mungkin kemudian memilih pengguna yang ingin Anda penuhi.

Bagaimana Google Mendefinisikan Situs yang Sepenuhnya Memenuhi Kebutuhan Pengguna

Permintaan dan kebutuhan pengguna harus spesifik, jelas, dan tidak ambigu. Hasilnya harus sepenuhnya memuaskan bagi pengguna ponsel, membutuhkan upaya minimal bagi pengguna untuk segera mendapatkan atau menggunakan apa yang mereka cari.

Semua atau hampir semua pengguna akan sepenuhnya puas dengan hasilnya.

Dengan kata lain, peringkat Fully Meets merupakan “jawaban atau jawaban yang lengkap dan sempurna” sehingga tidak ada hasil lain yang diperlukan untuk merasa puas sepenuhnya.

Situs-situs peringkat teratas dalam sepuluh besar merupakan halaman web yang memenuhi maksud pengguna paling populer untuk frasa kata kunci itu.

Popularitas Kata Kunci

Memahami maksud pengguna frasa penting karena akan memandu strategi pembuatan konten Anda.

Dalam kasus maksud pengguna yang ambigu, di mana frasa kata kunci memiliki banyak makna, penting untuk membuat daftar semua maksud pengguna yang berbeda.

Jika Anda mencari di Google, Anda mungkin dapat membedakan berbagai maksud pengguna. Variasi yang paling populer kemungkinan besar adalah variasi yang paling tinggi peringkatnya.

Untuk banyak permintaan pencarian, situs dengan peringkat teratas tidak diberi peringkat di atas karena mereka memiliki lebih banyak tautan yang menunjuk ke halaman mereka.

Mereka juga bukan peringkat teratas karena mengandung semua kata kunci terkait.

Situs peringkat teratas di 10 teratas karena halaman web mereka memenuhi maksud pengguna paling populer untuk frasa kata kunci yang relevan.

Jika ada tiga maksud pengguna untuk permintaan pencarian, itu adalah niat pengguna paling populer yang akan ditampilkan di atas bukan situs dengan teks anchor kata kunci paling banyak.

Tidak peduli berapa banyak tautan yang Anda kumpulkan ke halaman Anda, jika maksud pengguna dari halaman Anda tidak populer maka Anda tidak akan pernah memecahkan peringkat lima teratas dari mesin pencari mana pun.


Pemeringkatan untuk frasa kata kunci tidak lagi tentang memberi peringkat pada halaman web dengan tautan terbanyak dan konten terlengkap.

Ini tentang menentukan peringkat halaman web yang paling memuaskan tujuan pengguna yang paling populer. Kata terpenting berarti bahwa sesuatu itu sangat penting, lebih penting daripada yang lainnya.

Itulah mengapa kami menggunakan kata itu ketika kami mengatakan bahwa memahami maksud pengguna dari frasa kata kunci adalah yang terpenting.

Ini juga terkait dengan apa yang dinyatakan di awal panduan ini, bahwa kata kunci terus menjadi penting, tetapi dengan cara yang berbeda di mana dari sebelumnya digunakan.

Google Trends

Kata kunci adalah jendela ke apa yang diinginkan pengguna dan maksud pengguna. Google Trends adalah alat yang baik untuk mengidentifikasi maksud dan perubahan pencari dalam bagaimana kata kunci organik digunakan.

Google Trends akan membantu Anda melihat bagaimana istilah pencarian sedang tren, tren yang sedang turun, tren dalam pola siklus dan mengidentifikasi pola regional.

Memahami pola siklus dan regional akan lebih membantu Anda mengetahui kapan harus meluncurkan jenis konten tertentu dan juga memahami untuk memfokuskan pembuatan tautan Anda di wilayah tertentu untuk frasa tertentu,

karena frasa tersebut akan lebih populer di wilayah tersebut. Ketika Anda melihat penurunan lalu lintas meskipun peringkat Anda tidak berubah, kadang-kadang bisa berarti ada perubahan perilaku konsumen terkait dengan pengenalan produk atau layanan baru.

Berikut ini adalah wawasan penting tentang cara menggunakan alat Google Trends
Bandingkan frasa kata kunci dengan kata kunci yang volumenya sebenarnya Anda kenal bahkan jika frasa kata kunci yang dikenal tidak terkait erat.

Karenanya, analisis tren penelusuran untuk frasa kata kunci yang tidak dikenal menjadi lebih mudah karena Anda memiliki dasar untuk perbandingan.

Penting bagaimana halaman web dapat menggunakan frase kata kunci dengan cara yang menghasilkan peringkat yang lebih baik? Anda sekarang mengerti jawabannya

Strategi Kata Kunci Bukan Tentang Sinonim

Strategi kata kunci yang tepat didasarkan pada pembuatan peta topikal niche Anda untuk membantu Anda mengembangkan situs Anda menjadi berwibawa, ahli, dan dapat dipercaya.

Identifikasi Pengguna dan Cari Maksud, Kemudian Puaskan Maksud Itu

Algoritma disesuaikan untuk memenuhi permintaan pengguna dengan menjawab pertanyaan.

Mereka tidak lagi hanya mencocokkan permintaan pencarian dengan kata kunci di halaman web. Ini tidak berarti bahwa Anda harus meletakkan frase di halaman Anda sebagai pertanyaan dan jawaban.

Ini berarti memahami maksud pengguna atau niat pencarian yang terpendam dalam kata kunci dan membuat konten Anda sehingga memuaskan pengguna atau niat pencarian yang tersirat dalam frasa kata kunci.

baca juga

    Integrasikan Pengalaman Pengguna Menjadi Strategi Kata Kunci Anda

    Peringkat halaman web  terhubung ke halaman tersebut. Tautkan situs web ke halaman-halaman itu karena halaman-halaman itu memecahkan masalah. Orang-orang menautkan ke situs karena pengalaman pengguna yang positif.

    Lihat daftar kata kunci Anda melalui kerangka niat pengguna atau maksud pencarian dan kemudian pertimbangkan bagaimana konten yang dihasilkan dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif.

    Sekarang maju dan sukseskan dalam menemukan kata kunci yang akan meningkatkan pengalaman pengguna Anda dan strategi pemasaran online Anda!

    TIPS MENGATASI MASALAH TERSEMBUNYI SEO : KANIBALISASI KEYWORD

    undercover.co.idSEO, segala sesuatu yang Anda usahakan untuk SEO merupakan eksekusi yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat Google dapat lebih mudah untuk crawling dan mengerti situs SEO Anda.

    Secara teori, semakin jelas link, skema data, dan susunan situs, maka Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan keuntungan hasil pencarian yang lebih tinggi dari traffic organik dan link.

    Jika Anda tidak berhati-hati, mungkin Anda akan mengalami masalah yang fatal karena strategi keyword yang buruk. Bahkan, seorang profesional dengan situs SEO terbaikpun dapat menjadi sasaran kanibalisasi keyword.

    Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kanibalisasi keyword dan bagaimana cara mencegahnya.

    Kanibalisasi Keyword

    Kanibalisasi keyword terjadi ketika terlalu banyak halaman yang dioptimasi untuk keyword yang sama.

    Ketika Google melakukan crawling terhadap sebuah situs yang memiliki banyak halaman yang menargetkan keyword yang sama, maka hal itu akan memaksa Google untuk memilih halaman mana yang paling relevan dengan konten.

    Hal ini juga menimbulkan kebingungan dan juga akan meningkatkan kemungkinan Google akan memilih halaman yang lebih ideal untuk mendapatkan peringkat. Maka sangat mudah dimengerti mengapa kanibalisasi keyword merupakan masalah yang lazim terjadi.

    Kebanyakan dari para marketer dan pemilik situs meyakini bahwa dengan memiliki banyak halaman pada situs mereka yang terhubung dengan keyword yang sama, maka peringkat halaman untuk keyword tersebut akan meningkat dengan mudah.

    Mungkin mereka berpikir secara teori, Google akan dengan mudah menyadari keahlian dari situs tersebut pada keyword tertentu lalu akan memberi peringkat yang lebih tinggi untuk halaman tersebut.

    Bagaimanapun, alih-alih berkonsentrasi pada usaha keyword, hal tersebut malah membuatnya tersebar.

    Perayap mesin pencari pun akan kebingungan halaman mana yang akan memberikan informasi terbaik untuk kata kunci dan query tersebut.

    Hanya dengan memaksimalkan satu keyword yang sama pada situs Anda hanya akan memaksa halaman Anda untuk saling bersaing satu sama lain. Daripada bertanding dengan domain kompetitor untuk mendapatkan peringkat superior, halaman Anda malah akan bertanding satu sama lain untuk mendapat perhatian Google.

    Mengapa Kita Harus Peduli?

    Para pakar SEO dan digital marketer telah merenungkan hal ini sejak lama, apakah memang benar ada sanksi Google untuk konten duplikat? Setelah diketahui, itu hanyalah isapan jempol belaka.

    Namun kita tetap tidak bisa hanya bersantai saja, karena ada masalah yang lebih fatal dibandingkan dengan sekedar konten duplikat atau konten yang ‘terlalu mirip’, yang mana bahkan keberadaannya dapat menjadi batu penghalang bagi lajur situs Anda.

    Bagian-bagian konten yang terlalu mirip merupakan kanibal yang sesungguhnya.

    Jadi dengan memiliki jenis konten yang seperti itu pada situs Anda akan sangat mengganggu potensi yang dimiliki. Karena URL Anda sendiri akan saling bersaing melawan URL Anda yang lainnya.

    baca juga

      Dampak Negatif Kanibalisasi Keyword

      Sangat disayangkan, kanibalisasi kata kunci juga memiliki potensi yang dapat menimbulkan petaka bagi SEO Anda.

      Ada banyak korban dari kanibalisasi keyword bahkan tidak menyadari bahwa sudah terjadi suatu kesalahan.

      Mereka mungkin akan merasa senang ketika ada satu halaman mereka yang menempati peringkat kelima atau keenam pada slot keyword yang ditargetkan,

      tanpa menyadari bahwa kemungkinan konten tersebut dapat menempati peringkat yang lebih tinggi dan dapat berubah menjadi lebih baik.

      6 Dampak Negatif Kanibalisasi Keyword Bagi SEO

      Beberapa akibat yang akan dengan mudah diterima adalah; khilangan traffic situs, query yang menggiring kepada halaman yang salah, peringkat SERP yang naik turun, dan yang paling utama adalah kehilangan penjualan.

      Mengapa bisa begitu?

      Page Authority Berkurang

      Daripada memiliki satu halaman yang memiliki wewenang yang tinggi, Anda malah membagi CTR kedalam beberapa halaman yang memiliki relevansi sedang.

      Pada dasarnya, Anda telah membelokkan halaman Anda kepada kompetitor dan sekarang Anda bertarung untuk jumlah pageviews dan peringkat SERP.

      baca juga

      Mencairkan Link dan Anchor Text

      Backlink dapat menuju kesuatu sumber informasi terkonsolidasi yang sekarang telah terbagi menjadi dua halaman atau lebih.

      Demikian pula yang terjadi dengan anchor text dan internal link Anda yang akan mengarahkan pengunjung ke beberapa halaman yang berbeda, bukan ke suatu halaman yang memiliki authority.

      Google Memilih Page Lebih Relevan

      Kata kunci merupakan salah satu dari langkah utama yang mana Anda dapat membantu Google untuk mengerti tentang situs Anda.

      Jika seluruh kata kunci Anda sama, Google akan mencoba memahami halaman mana yang memiliki relevansi lebih tinggi , dan jika ternyata konten Anda memiliki tingkat kemiripan yang tinggi, maka itu akan menjadi masalah.

      Menghamburkan Budget Untuk Crawling

      Angaran yang Anda kerluarkan untuk crawling merupakan bilangan dari jumlah mesin pencari merayapi situs Anda dalam kurun waktu tertentu. Memiliki beberapa page yang ditujukan untuk hasil kata kunci yang sama dalam perayapan dan pengindeksan halaman yang tidak diperlukan.

      Situs yang kecil mungkin tidak akan menyadari perbedaannya atau bahkan tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut, namun bagi situs e-commerce ternama atau vendor besar dengan beberapa variasi produk akan dapat melihat perbedaannya dengan jelas.

      Page Dengan Kualitas Rendah

      Beberapa halaman yang menargetkan kata kunci yang sama akan memberitahukan pengunjung bahwa konten Anda tidak berkualitas, dan ini juga merupakan sinyal kepada Google bahwa konten mungkin tidak sesuai dengan kata kunci Anda di setiap halaman.

      Menderita Karena Conversion Rate

      Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu halaman Anda akan mendapatkan konversi yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.

      Alih-alih mengarahkan pengunjung baru ke halaman tersebut dan membuatnya menjadi halaman yang paling otoritatif, Anda justru malah kehilangan prospek potensial karena mereka kemudian berakhir di halaman yang kurang relevan akibat arahan dari keyword yang sama.

      Mengidentifikasi Masalah

      Jika Anda telah mengidentifikasi adanya suatu masalah pada situs, maka memperbaiki masalah kanibalisasi keyword sangatlah mudah.

      Mengidentifikasikan masalah kanibalisasi keyword adalah hal yang mudah, semudah Anda membuat metriks kata kunci. Cukup dengan membuat spreadsheet yang mencantumkan seluruh URL penting dan seluruh kata kunci yang terkait dengan situs.

      Menghindari Kanibalisasi Keyword

      Jika Anda sudah menyusun strategi untuk menentukan berapa banyak halaman yang akan ditag dan dioptimasi, maka sebagian infrastukturnya sudah ada.

      Anda hanya perlu mengubah bagaimana cara Anda mengembangkan strategi dan menetapkan kata kunci. Akan jauh lebih mudah menyesuaikan kembali strategi kata kunci Anda daripada membangun strategi yang baru.

      Memeriksa dan Mengatasi Potensi Masalah

      Untuk memeriksa konten saat ini dari kanibalisasi kata kunci dan bagaimana cara untuk mengatasi potensi masalah :

      SEO audit

      Jalankan audit SEO untuk mengetahui keadaan kata kunci. Dari data tersebut, Anda dapat mengembangkan kembali rencana untuk untuk membereskan hasil dan memperbaiki peringkat.

      Anda dapat memulainya dengan mengembangkan spreadsheet dengan URL situs dan informasi yang relevan, termasuk meta deskripsi, internal link, headline, target kata kunci. Ini akan membantu Anda untuk dapat meninjau situasi yang terjadi pada situs.

      Spreadsheet

      Urutkan spreadsheet berdasarkan kata kunci dan audit yang memimpin situs Anda.

      jika Anda memiliki banyak halaman yang dengan kata kunci yang sama, maka yang Anda perlukan adalah melakukan optimasi pada konten dan menargetkan konten-konten tersebut kedalam ketentuan yang berbeda.

      Top keyword

      Persiapkan beberapa kata kunci teratas untuk halaman utama pada spreadsheet Anda yang terhubung langsung dengan konten terbaik. Sebagai contoh, jika Anda membuat kertas putih untuk bisnis, Anda mungkin ingin mengurutkan sesuai peringkat beberapa konten artikel yang akan ditempatkan pada urutan yang sama.

      Halaman 301 redirect

      Atur 301 redirect untuk halaman-halaman yang lemah dengan konten duplikat, konten yang sudah ketinggalan jaman, atau konten yang memiliki sedikit informasi. Ini akan menyalurkan traffic kepada halaman utama yang mereka ditujukan dan mengizinkan mesin pencari untuk berkonsentrasi pada upaya kata kunci tersebut.

      baca juga

      Internal Link

      Perbarui seluruh internal link, maka anchor text akan cocok dengan target kata kunci halaman yang mereka tujukan. Karena Anda tidak akan menginginkan jika kata kunci untuk suatu halaman terhubung dengan halaman lain yang tidak ditargetkan untuk kata kunci tersebut.

      Membuat Peta Keyword

      Peta keyword memiliki banyak sekali kesamaan dengan faktor SEO, menyediakan sebuah garis linear bagi optimasi untuk diikuti. Tergantung bagaimana situasi yang dihadapi, terdapat dua jenis pendekatan untuk proses ini :

      2 Jenis Pendekatan Mapping

      Mapping Untuk Situs Baru

      Situs yang baru tidak akan memiliki satu pun peringkat kata kunci yang sudah ada. Maka dari itu, dibutuhkan lebih banyak pemikiran yang kritis.apakah situs tersebut sudah memiliki konten? Sebagian dari keyword mungkin saja berada disana.

      Apakah situs memiliki kompetitor yang terhubung secara langsung? Analisa situs kompetitor lalu temukan faktor berharga apa yang dapat dijadikan target yang sama untuk konten yang relevan. Cobalah mengerti kata kunci apa yang utama bagi kompetitor dan rencana yang akan dihadapinya.

      Mapping Untuk Situs Yang Sudah Ada

      Anda memiliki beberapa pertimbangan penting untuk dibuat.

      Anda akan sering menemukan peringkat halaman utama Anda untuk variasi kata kunci yang paling luas. Jangan pernah mencoba untuk menjadi segalanya untuk setiap orang, Anda hanya perlu fokus pada faktor yang paling Anda pertimbangkan ketika sedang megoptimasi halaman utama.

      Hanya karena salah satu halaman Anda menduduki peringkat untuk sebuah kata kunci, bukan berarti kata kunci tersebut sangat berharga. Akankah situs Anda menjadi lebih baik ketika ditargetkan kepada hal yang berbeda?

      Pada dasarnya, situs yang sudah ada akan menyediakan sebuah inventory kata kunci yang dapat diurutkan, yang secara potensial akan memberi peta keyword Anda sebuah langkah awal.

      Langkah Pembuatan Peta Kata Kunci

      Berikut ini 3 langkah pembuatan kata kunci yang perlu diterapkan :

      Format Keyword Map

      Proses ini dimulai dengan crawling yang singkat pada situs Anda. Buat laporan peringkat organik dan ekspor data tersebut kedalam file Excel ketika sedang memindahkan ke tab baru dalam peta kata kunci untuk memudahkan referensi offline.

      Mapping Keyword

      Bagian yang paling penting ketika membuat peta kata kunci adalah menentukan kata kunci yang memiliki relevansi dengan seluruh halaman dari situs Anda yang membutuhkan optimasi. Kata kunci yang dipilih mungkin saja akan berevolusi dengan konten yang juga tinggal di halaman-halaman tersebut.

      Jangan menganggap enteng terhadap proses ini, pembuatan peta keyword yang cocok pada percobaan pertama akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk mendapatkan peringkat lebih cepat daripada sebelumnya.

      Pertimbangan terpenting untuk dibuat adalah, apakah situs Anda memiliki kesempatan yang sudah tersedia untuk mendapatkan peringkat? Ini tidak berlaku jika Anda mengoptimasi situs yang baru.

      Jalankan sebuah kata kunci organik, dan lihat apa yang akan terjadi. Jika halaman dari situs Anda mendapatkan peringkat untuk faktor yang sangat relevan dan berharga, masukkan kata kunci tersebut kedalam peta kata kunci Anda.

      Dalam menentukan kata kunci yang relevan diantara halaman-halaman Anda, tanyakan pertanyaan berikut pada diri Anda sendiri :

      • Halaman manakah yang paling bernilai?
      • Halaman manakah yang paling relevan dengan faktor situs?
      • Halaman manakah yang sepertinya akan lebih banyak menghasilkan beberapa tipe konversi?
      • Halaman manakah yang sepertinya akan menyalurkan traffic ke halaman utama saya?

      Idealnya, jika Anda ingin menargetkan beberapa variasi kata kunci pada setiap halaman di situs Anda, berikan kesempatan terbaik pada setiap halaman agar mendapatkan peringkat untuk keyword yang ditargetkan.

      Optimasi Situs

      Dengan peta kata kunci, memperkenankan Anda untuk dapat langsung melompat ke proses optimasi situs. Peta tersebut membolehkan Anda untuk dengan cepat melihat faktor mana yang akan menjadi target dan yang akan memandu upaya SEO Anda, mempengaruhi elemen penting untuk peringkat situs seperti judul tag, header, dan anchor text.

      Dengan memanfaatkan kombinasi dari peluang kata kunci yang sudah tersedia dan kompilasi hasil riset, Anda dapat menggunakannya untuk masing-masing halaman individual.

      Peta keyword tersebut bahkan dapat menjadi sumber terbaik yang bisa Anda bagikan kepada tim konten yang pada dasarnya menyediakan blueprint untuk memandu proses menulis mereka. Peta keyword juga merupakan kompas dilautan SEO yang sangat luas dan berangin kencang.

      Strategi Konten

      Seperti upaya SEO lainnya, Anda tidak dapat mencegah kanibalisasi keyword hannya dengan satu kali upaya. Itu merupakan upaya yang harus terus berlanjut. Inilah mengapa banyak pakar yang membuat strategi jangka panjang untuk menghindari masalah yang akan muncul dimasa mendatang.

      Jika Anda telah membuat spreadsheet untuk memantau kinerja konten dan link, maka terus lanjutkan untuk memperbarui dan memonitor hal tersebut agar dapat mencegah dan mengatasi masalah yang dapat menimbulkan kanibalisasi keyword.

      Proses ini juga dapat membantu tim konten Anda. Jika mereka sedang mencoba untuk membuat e-book yang memikat atau panduan namun tidak memiliki sumber untuk mem-publishnya, maka mereka dapat menggunakan audit agar dapat menemukan konten untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai contoh:

      • Mereka dapat mengambil beberapa seri konten/post yang telah dioptimasi untuk keyword yang sama lalu mengkombinasikannya untuk membuat e-book.
      • Mereka dapat mengidentifikasi konten berkualitas rendah yang tidak dapat memberikan informasi dengan baik dan tidak dapat saling terhubung dengan konten lain yang memiliki topik yang sama, bagian yang lebih kecil untuk membuat sumber denagn teliti.
      • Merka dapat mengidentifikasi jarak pada kalender konten yang dapat menggiring kepada ide-ide baru atau artikel yang lebih baik.

      Alih-alih mengatasi masalah kanibalisasi keyword dengan cara melakukan pembersihan seperti sebuah tugas tambahan untuk memperbaiki performa SEO, Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk membuat sebuah konten impresif, yang mana sebelumnya Anda tidak memiliki sumber untuk membuat konten atau dapat digunakan juga untuk konten selanjutnya dengan ide baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

      Proses Audit SEO Yang Sederhana

      Jika Anda tidak ingin membuang waktu dengan melakukan audit manual untuk memeriksa potensi kanibalisasi keyword, maka Anda dapat menggunakan bantuan dari tools SEO seperti tool Alexa atau tools lainnya.

      Tag Canocical Untuk Konten Duplikat

      Sebelum Anda membuat strategi untuk mengurangi kanibalisme keyword didalam konten yang sama, Anda perlu menjawab satu pertanyaan; Apa itu konten duplikat?

      Konten duplikat merupakan pertimbangan yang sering dihasilkan dari hal negatif. Contohnya, suatu situs yang dianggap telah mencuri konten milik situs lain, atau strategi SEO yang tidak tepat dengan melakukan posting konten yang sama dalam beberapa kali untuk membantu peringkat situs menjadi lebih baik.

      Jangan pernah menggunakan kedua hal tersebut untuk dijadikan strategi SEO Anda. Namun ada beberapa waktu yang ketika konten duplikat merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk usaha pemasaran Anda, Seperti:

      • Konten PR yang berada di setiap situs untuk membagikan berita promosi yang serupa.
      • Penulis yang mengutip kalimat blogger lain untuk dapat memperluas ide atau untuk bersaing dengan ide mereka.
      • Sebuah brand yang mengadakan event di beberapa waktu dengan informasi yang serupa.
      • Situs yang mengelompokkan konten milik orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca mereka.

      Jika Anda merasa konten yang Anda buat atau bagikan memiliki cukup banyak elemen duplikat yang akan membuat Google kebingungan, dan menggiring kepada kanibalisasi konten, atau yang lebih parah; mendapatkan penalti dari Google, maka ingatlah untuk mengikut sertakan tag canonical.

      Menghentikan Kanibalisasi Keyword

      Mengerti akan bagaimana caranya memecahkan masalah kanibalisasi keyword merupakan bagian dari proses untuk mengatasi masalah itu sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, halaman Anda akan siap bertanding dengan para kompetitor di SERP. Karena banyak dari kalangan profesional yang bahkan tidak tahu jika sedang menghalangi peringkat pencarian mereka sendiri dengan cara mengoptimasi halaman untuk keword yang sama.

      Sekarang ini, kanibalisasi sudah lebih lazim terjadi dibandingkan sebelumnya. Ironisnya, korban dari kanibalisasi ini adalah para webmaster yang seharusnya menyadari pentingnya peran SEO bagi bisnis mereka. Namun saat mereka berusaha untuk mengoptimalkan situs, mereka justru tidak mengerti sama sekali mengerti cara ‘berbicara’ bahasa Google.

      Untungnya, jika situs Anda mengalami kanibalisasi terhadap target keyword, solusinya tidak akan sulit untuk ditemukan. Dan masalahnya pun tidak akan bersifat permanen. Dengan menggunakan tools yang tepat dan dengan sikap dari Anda sendiri yang bisa mengatasi masalah tersebut, SEO Anda akan mendapatkan dorongan yang lebih baik.

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh