SEO Lokal untuk Pemula: Cara Memulai

SEO UNDERCOVER CO ID 93

undercover.co.id Ada banyak kesalahpahaman tentang strategi SEO lokal, taktik, dan apa yang seharusnya terjadi ketika Anda menyusun kampanye.

Saat mendekati upaya SEO lokal apa pun, yang terbaik adalah melakukan pendekatan dengan pola pikir tidak bermain dengan Google, tetapi menggunakan praktik terbaik pengoptimalan holistik yang terbukti akan membantu situs Anda bertahan dalam ujian waktu.

Panduan ini akan memandu Anda melalui setiap bagian dari proses SEO lokal , dari awal hingga akhir, dimulai dengan analisis persaingan lokal. Dari sana, kita akan berbicara tentang cara membangun bangunan SEO lokal:

  • Penargetan kata kunci.
  • SEO Teknis.
  • Konten.
  • Tautan.

Analisis Persaingan Lokal

Analisis kompetisi lokal bagaikan sidi mata uang, ia dapat membuat Anda sukses atau menghancurkan kampanye SEO lokal Anda.

Dengan menganalisis pesaing Anda, Anda dapat mengetahui tentang hal-hal paling penting yang mereka lakukan untuk mencapai hasil organik. Dari analisis kompetisi ini, Anda dapat bergerak maju mengetahui bahwa informasi yang Anda miliki akan membantu Anda mencapai hasil yang Anda cari.

Yang pertama adalah dengan melihat konten mereka guna mengetahui:

  • Topik apa yang ditulis oleh kompetisi.
  • Berapa banyak kata yang mereka tulis rata-rata.
  • Frekuensi pembaruan konten mereka.

Melewati proses ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka lakukan sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi konten Anda dan mengalahkan mereka.

Yang kedua dengan melihat tautan, dimungkinkan untuk Anda mengetahui hal-hal seperti:

  • Berapa banyak tautan yang diperoleh kompetisi.
  • Tautan seperti apa.
  • Dari mana mereka mendapatkan tautannya.
  • Seberapa sering mereka mendapatkan tautan.
  • Apa yang mereka lakukan ketika mendapat tautan.

Dengan melihat faktor-faktor di tempat seperti optimasi di halaman, juga dimungkinkan untuk mengembangkan strategi yang akan bertahan lebih lama dan mengalahkan strategi lokal mereka.

Faktor-faktor yang Anda analisis dalam analisis kompetisi lokal ini akan membantu Anda membuat strategi kemenangan.

Faktor-Faktor yang Dimasukkan dalam Analisis Persaingan Lokal

Fokuslah pada pasar Anda, niche Anda, dan lokal Anda. Anda akan melakukan analisis persaingan lokal yang mendalam. Di permukaan, analisis kompetisi lokal akan mencakup faktor-faktor berikut:

  • Konten.
  • Tautan.
  • SEO pada halaman.

Menyelam lebih dalam, analisis kompetisi lokal harus mencakup berikut untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang daya saing lokal pasar. Harap perhatikan bahwa tidak semua faktor ini akan meningkatkan peringkat lokal Anda , tetapi mereka akan membantu Anda menciptakan strategi lokal yang unggul.


Tautan

  • Direktori SEO Lokal.
  • Ceruk situs lokal.
  • Tautan lokal editorial.
  • Tautan Kamar Dagang.
  • Tautan pemerintah/GOV lokal.
  • Tautan Pendidikan/EDU lokal.

Konten

  • Siapa yang menulis konten?
  • Tentang apa kontennya?
  • Kapan konten ditulis?
  • Di mana konten difokuskan (secara lokal)?
  • Mengapa konten ditulis?
  • Berapa banyak pembagian sosial yang didapat konten?

SEO Teknis On-Page

  • Pengkodean HTML dan CSS berkualitas tinggi dan tervalidasi.
  • Pengodean Schema.org untuk SEO lokal.
  • Tag judul yang dioptimalkan secara lokal.
  • Deskripsi meta yang dioptimalkan secara lokal.
  • URL yang dioptimalkan secara lokal.
  • Salinan di halaman yang dioptimalkan secara lokal dengan fokus topikal dan kata kunci yang ketat.

baca juga

    Apa Yang Ingin Anda Peroleh Selama Analisis Kompetisi

    Analisis persaingan ini harus fokus pada 10 hasil teratas di Google. Lakukan pencarian untuk frasa kata kunci area + lokal Anda di industri yang Anda targetkan. Gunakan kombinasi alat analisis tautan seperti Google Search Console, Majestic, SEMrush, Raven Tools, dan Ahrefs.

    Ekspor semua data, kumpulkan data itu, dan menganalisis profil tautan. Disarankan untuk menggunakan setidaknya dua atau tiga alat analisis profil tautan karena alat tunggal sendiri tidak selalu memiliki semua data yang tersedia. Apa yang Anda cari di profil tautan ini adalah hal-hal seperti:

    • Direktori SEO Lokal
    • Direktori apa yang dimiliki situs-situs ini?
    • Tautan lokal niche apa yang dimiliki situs-situs ini?
    • Apa jenis tautan lokal editorial yang dimiliki situs-situs ini?
    • Apakah situs-situs ini memiliki kamar dagang, dan jika demikian, yang mana? Apakah situs-situs ini memiliki tautan .gov atau .edu lokal?

    Anda mencari direktori yang bukan semua spam iklan, artinya mereka tidak mengandung banyak iklan dan iklan tidak mengganggu orang-orang yang mencari tautan. Direktori umumnya bersih, berkualitas tinggi, dan dapat mendorong ekuitas tautan otoritas tinggi.

    Niche Situs Lokal

    Niche situs lokal adalah situs-situs di industri Anda yang merupakan otoritas lokal pada topik mereka. Mereka dapat berupa apa saja, mulai dari organisasi atau situs lain yang akan membantu memberikan kesan otoritas ketika mereka terhubung dengan Anda.

    Gagasan utama saat mencari tautan ini adalah untuk memastikan bahwa tautan tersebut berkualitas tinggi dan bukan spam.

    Dianjurkan untuk menciptakan kemitraan dengan bisnis lokal lainnya untuk mendapatkan tautan yang akan membantu situs Anda dalam SERPs. Apa yang kami coba lakukan adalah mengukur kelayakan dan mengalahkan situs lainnya dalam hasil pencarian.

    Tautan Kamar Dagang

    Tautan kamar dagang penting untuk SEO lokal yang baik. Mereka memberikan otoritas tinggi, dapat menjadi tautan tipe mitra yang hebat, dan juga dapat merujuk bisnis lokal. Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak setiap tautan Kamar Dagang akan menjadi .gov.

    Tautan .gov dan .edu lokal

    Tautan ini dapat berupa apa saja dari kantor pemerintah daerah atau badan amal ke sekolah setempat. Mereka masih menjadi beberapa tautan berkualitas tinggi yang akan membuat website Anda lebih dipercaya.

    Pertimbangan Konten untuk Analisis Pesaing

    Saat mengumpulkan data untuk analisis pesaing lokal, penting untuk mempertimbangkan hal-hal seperti:

    • Siapa yang menulis konten?
    • Tentang apa kontennya?
    • Kapan konten ditulis?
    • Di mana konten difokuskan secara lokal?
    • Mengapa konten ditulis?

    Semua faktor di atas akan membantu menentukan konten yang pada akhirnya Anda taruh di situs Anda. Harap perhatikan bahwa John Mueller telah menyatakan bahwa konten tidak harus panjang untuk mendapat peringkat yang baik.

    SEO Teknis On-Page

    Praktik Dasar URL Masih yang Terbaik

    Ini berarti selalu pastikan situs Anda dapat dirayapi dari sudut pandang lokal. Saat menggunakan frasa kata kunci yang sangat bertarget, gunakan frase itu di URL saat Anda memberi nama halaman Anda. Jika situs Anda tidak dapat dijelajahi dan akurat secara teknis, Anda tidak dapat berharap Google dapat memeringkatnya dengan tepat.

    SEO Teknis On-Page URL Dasar Praktik Terbaik Masih Menjadi Raja

    Ini berarti selalu pastikan situs Anda dapat dirayapi dari sudut pandang lokal. Saat menggunakan frasa kata kunci yang sangat bertarget, gunakan frase itu di URL saat Anda memberi nama halaman Anda. Jika situs Anda tidak dapat dijelajahi dan akurat secara teknis, Anda tidak dapat berharap Google dapat memeringkatnya dengan tepat.

    baca juga

    HTML Tervalidasi & CSS Coding Berkualitas Tinggi

    Sebagian besar SEO mengatakan bahwa, HTML valid dan CSS coding tidak masalah. Meskipun Google tidak memiliki persyaratan seperti itu, pengkodean berkualitas tinggi penting dan dapat membantu peringkat secara signifikan sebagai atribut kualitas.

    Saat Anda membuat kode dengan benar, Anda mengurangi kemungkinan peramban harus “menebak” apa yang ingin Anda render. Saat Anda membuat kode dan mengembangkan situs web dengan benar, Anda mengurangi kecepatan halaman dan kecepatan render browser.

    Waktu buka halaman adalah salah satu faktor peringkat Google yang kita semua tahu. Bagaimanapun juga, HTML yang divalidasi dan coding CSS berkualitas tinggi harus selalu menjadi hasil akhir dari pekerjaan pengembangan situs Anda.

    Jika situs pesaing Anda dalam analisis pesaing tidak memiliki validasi atau pengkodean berkualitas tinggi dalam kerangka kerja mereka, maka Anda memiliki senjata yang dapat Anda gunakan untuk melawan mereka.

    Pastikan pengkodean dan kecepatan halaman situs Anda jauh lebih baik daripada milik mereka di semua bidang. Schema.org Coding untuk SEO Lokal Pengodean Schema.org harus ada di setiap situs web yang memiliki informasi tipe data Schema di dalamnya.

    Sangat penting untuk membuat situs itu muncul dalam cuplikan hasil pencarian Google. Jika situs-situs tersebut tidak memiliki markup skema untuk tipe data yang ada di situs Anda, berikut ini adalah sinyal peringkat berguna lainnya yang dapat Anda optimalkan untuk manfaat Anda.

    Tag Judul yang Dioptimalkan Secara Lokal, Deskripsi Meta, URL

    Setiap situs yang dioptimalkan secara lokal harus memiliki tag judul, deskripsi meta, dan URL yang berfokus secara lokal.

    Mengoptimalkan Secara Lokal, Salin Topik Dengan Ketat dan Fokus Kata Kunci

    Dalam menganalisis pesaing, Anda juga mencari pesaing yang mungkin atau mungkin tidak memiliki salinan on-page yang dioptimalkan secara lokal dengan fokus topik dan kata kunci yang ketat. Ini akan memberi tahu Anda apa yang sebenarnya dilakukan pesaing untuk pengoptimalan di halaman tersebut.

    Riset Pesaing Anda

    Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan seluk beluk melalui riset pesaing, kami sangat menyarankan melakukan audit terhadap situs pesaing Anda dengan Screaming Frog.

    Cukup atur pengaturan Screaming Frog ke spesifikasi yang Anda inginkan, jelajahi setiap situs pesaing, dan setelah Anda mengekspor data ke spreadsheet Excel, filter semua data sehingga hanya judul, deskripsi meta, dan URL yang muncul. Anda bahkan dapat melihat apa yang mereka lakukan pada tag H1 mereka juga.

    Melihat semua data yang bermanfaat ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang dilakukan pesaing Anda di dan akan membantu Anda menjadikannya lebih baik.

    Penelitian Kata Kunci

    Mulai dengan fokus Pada Versi Kata Kunci Lokal yang Sebenarnya Klien Anda Cari

    Kata kunci dan relevansi topik adalah faktor penting untuk memastikan bahwa optimasi di halaman Anda ditargetkan dengan benar dan dioptimalkan sepenuhnya. Saat Anda melakukan penelitian kata kunci, Anda mencari kata kunci yang memiliki volume pencarian yang baik, memiliki kompetisi yang lebih rendah, dan sangat bertarget.

    Misalnya jika Anda memberi kata kunci Pengacara Pribadi. Jika Anda mencoba menargetkan pengacara pribadi dengan sendirinya tanpa fokus lokal, dibutuhkan banyak tautan, pembangunan otoritas, dan penetrasi pasar untuk memperluas ke jenis jangkauan yang ingin dicapai pemasaran Anda.

    Saat melakukan riset kata kunci seperti ini, penting juga untuk mempertimbangkan ukuran pasar.

    Diperlukan waktu satu tahun atau lebih untuk mencapai hasil di halaman pertama Google di pasar seukuran kota besar dengan anggapan Anda memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan pesaing saat akuisisi tautan dan upaya SEO lainnya.

    • Dapatkan Volume Pencarian Yang Baik
    • Persaingan yang Lebih Rendah
    • Kata Kunci Niche yang Sangat Bertarget Volume pencarian yang bagus
    • Kompetisi yang lebih rendah
    • Kata kunci niche yang sangat bertarget bagaikan sebuah permata.

    Frasa kata kunci ini biasanya akan membawa peningkatan yang paling dicari ke metrik penting untuk klien Anda yakni konversi. Meskipun persaingan yang lebih rendah itu baik, volume pencarian yang baik harus berada di bagian atas daftar Anda ketika melakukan penelitian kata kunci lokal.

    Semakin tinggi volume pencarian, semakin tinggi minat pencari dalam topik itu. Jika Anda tidak memperhatikan volume pencarian, Anda mungkin hanya beruntung dengan beberapa konversi, tapi keberuntungan semacam itu akhirnya akan habis.

    Kata kunci niche yang sangat bertarget adalah kata kunci yang ditargetkan untuk orang-orang yang melakukan pencarian untuk hal-hal tertentu dalam industri Anda.

    Jika Anda tahu bahwa orang sering melakukan pencarian untuk barang-barang khusus dalam industri tertentu, biasanya ada maksud dan pertanyaan di balik pencarian tersebut. Dengan menganalisis dan memikirkan maksud potensial orang yang mencari frasa ini,

    Anda dapat membuat daftar kata kunci yang mencakup pertanyaan tentang topik ini yang dapat Anda gunakan untuk membangun halaman konten topikal yang jauh lebih dalam dan sangat bertarget.

    Jenis halaman ini dapat menjadi konverter nyata untuk klien Anda. Alasan di balik melakukan penelitian kata kunci sedalam ini adalah bahwa Anda kemudian dapat mengetahui kata kunci apa yang berkinerja terbaik untuk klien Anda sebagai hasilnya.

    Buat Konten yang Akan Memikat Pencarian dan Membawa Traffic ke Situs Anda

    Dengan menggunakan kata kunci ini, Anda kemudian dapat membuat kalender editorial konten yang berfokus pada topik-topik ini.

    Setelah Anda memiliki ide topik dan rencana dengan tujuan yang ditetapkan untuk membuat artikel dengan tanggal, Anda dapat mulai benar-benar mendorong kinerja SEO lokal melalui jenis frase kata kunci ini.

    Ini mendorong Anda untuk bereksperimen dengan solusi ini dan menemukan metode Anda sendiri dalam mengembangkan daftar frasa kata kunci yang sangat bertarget dan sangat fokus.

    Dari frasa kata kunci ini, Anda dapat mengembangkan konten yang bahkan akan sukai oleh industri yang paling berpengalaman sekalipun. Inilah yang akan membantu Anda menumbuhkan metrik kesuksesan yang diandalkan klien Anda.

    Konten: Yang Tidak Harus Dilakukan untuk SEO Lokal

    Penting untuk membahas beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan, sambil juga mendiskusikan apa yang harus Anda lakukan.

    Terkadang, kebiasaan buruk datang ketika Anda melakukan SEO dengan benar. Ini termasuk hal-hal seperti konten tipe Wikipedia, tidak cukup fokus dengan konten Anda, tidak cukup unik dengan konten Anda, dan isian kata kunci.


    Selalu Hindari Konten Jenis Wikipedia Hal termudah untuk dilakukan adalah menggunakan konten jenis Wikipedia yaitu menulis tentang definisi, mengubah beberapa kata, dan melupakannya.

    Masalah dengan jenis konten ini adalah kualitasnya menjadi buruk akibat jutaan orang yang menyalin dan menempel, sehingga kualitasnya menjadi jelek.

    Sebaliknya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengambil konten, melakukan riset, menulis ulang dengan cara yang berkualitas, dan memberikan sesuatu yang bernilai unik yang akan dinikmati pembaca.

    Buat Konten Anda Dengan Niche, Fokus Lokal

    Buat konten dengan fokus lokal, sementara juga fokus pada apa yang orang-orang di industri inginkan. Konten ini harus sangat bertarget dan spesifik, disesuaikan dengan tujuan SEO akhir dalam pikiran Anda.

    Kuncinya adalah menyesuaikan konten Anda dengan niche tersebut dengan fokus lokal dan topik yang tepat yang menciptakan pengalaman berkualitas tinggi bagi pengguna yang mencari topik-topik ini.

    Tidak ada gunanya untuk hanya membuat konten hambar, tidak menarik yang dibaca seperti konten Wikipedia. Itu tidak akan menyenangkan pengguna Anda.

    Masukkan lebih banyak pemikiran dan upaya untuk membuat konten Anda dan pastikan itu memenuhi semua tujuan ini, serta tujuan SEO akhir Anda.

    Buat Konten Unik Per Halaman, dan Per Situs

    Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap membuat konten yang sama per halaman, dan konten yang sama dari situs ke situs. Kami paham bahwa ada yang tidak suka menulis dan lebih suka fokus pada SEO saja. Namun itu sangatlah fatal.

    Saat membuat konten lokal, penting bahwa konten ini unik dan memberikan nilai unik. Jangan hanya membuat konten yang hambar dan tidak menarik di mana satu-satunya hal yang Anda ubah dari halaman ke halaman adalah frasa kata kunci lokal saja. Itu tidak lagi berfungsi sebagai strategi konten yang baik.

    Sebaliknya, Anda mungkin akhirnya menemukan diri Anda berjuang untuk mendapatkan peringkat yang baik jika Anda melakukannya dengan cukup.

    Jebakan lainnya adalah membuat konten yang sama per situs. Tetapi, dengan melakukan pekerjaan untuk menghasilkan ide-ide konten yang unik dan bintang yang beresonansi dengan audiens situs web Anda, Anda tidak akan harus terus-menerus menghasilkan konten yang sama namun hanya diubah beberapa kata saja.

    Tetap Alami, dan Hindari Memasukkan Kata Kunci Secara Paksa

    • Tulis konten Anda menggunakan bahasa alami.
    • Fokus pada pengguna Anda.
    • Kata kunci  jangan berupa barang. Tautan untuk SEO Lokal

    Faktor peringkat SEO lokal biasanya dipusatkan di sekitar faktor on-page dan off-page dengan fokus pada lokal. Sama seperti konten, tautan adalah bagian penting dari faktor peringkat SEO lokal.

    Pada awalnya, penting untuk melakukan analisis situs dan mencari tahu di mana situs itu berada secara lokal. Menggunakan alat seperti Whitespark atau BrightLocal dapat membantu Anda melakukan analisis lokal terhadap profil tautan situs Anda.

    Jika Anda sudah memiliki beberapa kutipan lokal, tetapi tidak semua, maka Anda tahu di mana Anda harus mendapatkan yang lain.

    N.A.P. yang Informatif Setiap Saat

    Saat mengklaim profil lokal Anda dan mendapatkan kutipan SEO lokal, penting untuk memastikan bahwa info NAP Anda (Nama, Alamat, nomor Telepon) semuanya persis sama.

    Mengklaim Profil Lokal Anda & Kutipan SEO Lokal

    Ketika Anda pertama kali memulai dengan mengklaim kutipan SEO lokal Anda, Anda mungkin bertanya di mana saya mulai? Dengan memeriksa profil tautan secara menyeluruh, biasanya ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengetahui situs lokal apa yang digunakan pesaing Anda.

    Pikiran Final tentang SEO Lokal

    SEO lokal tidak jauh berbeda dari SEO organik. Kata kunci, konten, dan tautan adalah jantung dari strategi pengoptimalan Anda.

    Perbedaannya muncul ketika Anda mempertimbangkan bagian dari SEO lokal di mana fokus lokal berperan. Sangat penting untuk mendekati strategi ini dengan pendekatan holistik, membangun hubungan dalam pikiran. Fokuslah pada

    • Akuisisi tautan, bukan manipulasi tautan.
    • Menyenangkan pengguna, tidak hanya mengisi konten Anda dengan kata kunci.
    • Menciptakan pengalaman pengguna yang memikat, bukan ekosistem digital yang dirancang sembarangan. Singkatnya, jika Anda membangunnya dengan kualitas yang cukup tinggi, orang yang ingin Anda tarik akan datang.

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh