10 Alasan Strategi SEO Anda Tidak Bekerja

Jasa

https://www.undercover.co.id Di dunia serba online seperti sekarang ini, hampir semua industri, bisnis, dan organisasi memiliki website atau platform lain untuk terhubung secara online dengan konsumen mereka. SEO adalah salah satu strategi yang tidak bisa dilepaskan dari dunia online marketing.

Ada berbagai alasan yang bisa menjadikan strategi SEO anda tidak berjalan sesuai rencana, mulai dari ekspetasi yang tidak realistis hingga faktor internal perusahaan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap seputar 10 alasan yang mungkin menyebabkan strategi SEO website anda tidak bekerja dengan baik:

Ekspektasi yang tidak realistis

Banyak yang menganggap SEO sebagai usaha terakhir yang bisa menyelamatkan bisnis yang hampir gagal atau semacam sihir yang bisa mendatangkan keuntungan secara instan untuk perusahaan. Memang SEO bisa dan mungkin melakukan hal-hal tersebut, tapi itu cukup langka dan butuh usaha ekstra.

Seperti channel media sosial dan berbagai jenis digital marketing lainnya, SEO bisa direncanakan, dilaksanakan, dan dijadikan standard. Anda bisa mencari data industri, melakukan riset kompetitor, dan mencari daya keyword pengunjung untuk bisa mengetahui potensial dari SEO pada website anda.

Terlalu cepat menyerah

Seperti layaknya bentuk usaha lainnya, SEO tidak dapat mendatangkan hasil secara instan. Kebanyakan penyewa jasa SEO bahkan banyak yang masih ragu apakah SEO ini akan berhasil karena tidak ada kepastiannya.

Ada berbagai faktor dan variabel dalam algoritma Google yang bisa mempengaruhi keberhasilan SEO, dan sampai sekarang tidak ada yang tahu pasti bagaimana kerja Googlebot. Tapi semua ini bisa diusahakan asalkan pemilik website tidak menyerah terlalu cepat.

Perlu diingat adalah bahwa semakin kompetitif bidangnya, semakin banyak waktu yang diperlukan, dan semakin banyak masalah yang perlu diselesaikan di website anda, semakin banyak juga waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya sebelum mulai menyusun rencana SEO.

Terlalu terpaku pada teknis

Banyak aturan-aturan SEO dasar yang memang bisa berlaku pada semua website. Tapi penentuan strategi khusus juga penting.

Saat SEO tidak bekerja, seringkali itu disebabkan karena terlalu terpaku pada teknis dasar tanpa arahan yang jelas. Memiliki strategi khusus berarti menggunakan hasil riset, menentukan tujuan, merencanakan metode, mengukur dampak, dan membangun mekanisme baru yang bisa meningkatkan kemungkinan keberhasilan SEO.

Praktik yang kuno

Jika tidak memiliki strategi khusus seperti tips sebelumnya, penting bagi anda untuk setidaknya memiliki panduan teknis yang benar. Menggunakan teknis kuno yang sudah terbukti mendatangkan kemungkinan yang kecil untuk sukses adalah salah satu alasan SEO gagal.

Algortima Google selalu mengalami perubahan baru setiap harinya, dan bahkan para profesional SEO pun butuh untuk selalu meng-update metode mereka supaya lebih memahami konsep SEO ini.

Resiko menggunakan teknik SEO lama yang tidak efektif biasanya muncul karena menyerahkan tanggung jawab SEO ke orang yang tidak berpengalaman atau memilih jasa SEO yang tidak berkualitas.

Kurangnya permintaan pengunjung

Strategi SEO hampir selalu bisa membantu strategi marketing dari semua bidang bisnis, artinya itu bisa saja tidak terjadi. Bisa dikatakan ada beberapa kasus di mana SEO bukanlah strategi yang diprioritaskan dalam marketing.

Saat target pengunjung suatu perusahaan tidak mencari apa yang ditawarkan, ini adalah peringatan bahwa SEO tidak akan bekerja. Maksudnya bukan berarti SEO tidak bisa menaikkan ranking website karena keyword tertentu, tapi ranking tersebut tidak mempengaruhi traffic atau kunjungan dan juga performa penjualan.

SEO bisa bekerja jika orang sering mencari di mesin pencari, menemukan website, dan meng-kliknya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jika tidak ada kemungkinan untuk itu, maka berinvestasi pada strategi SEO tidak akan ada maknanya.

Fitur halaman pencarian yang tidak menguntungkan

Ada berbagai jenis layout dan tipe konten yang ditampilkan di halaman pencarian. Setiap keyword bisa memiliki layout yang berbeda-beda dan memberikan isi atau pengetahuan yang berbeda-beda dalam kontennya.

Ekspektasi keberhasilan SEO perlu mempertimbangkan di mana website akan muncul di antara berbagai jenis keyword dan kalimat yang relevan. Jika website muncul jauh di bawah iklan, gambar, dan konten-konten lainnya, potensial traffic website bisa sangat berkurang dibandingkan dengan website yang terpampang di bagian atas.

Masalah IT

Banyak profesional IT yang tidak memahami atau mengesampingkan permintaan SEO. Keamanan, fungsionalitas, dan data dianggap jauh lebih penting dibandingkan SEO.

SEO tidak akan bekerja jika dukungan dan infrastruktur IT tidak tersedia. Strategi SEO juga tidak dapat terencana jika rencana pelaksanaan SEO bahkan tidak dijadikan opsi untuk diprioritaskan oleh bagian IT.

Jika faktor teknis website tidak di-update atau diperbaiki, elemen-elemen SEO seperti indexing dan kecepatan website bisa terpengaruh.

Masalah UX

Untuk srategi atau usaha SEO yang diukur berdasarkan konversi (tidak hanya kesadaran atau klik awal), UX terkadang bisa membantu atau merusak kesempatan tersebut. Mencoba mendapatkan ranking dan traffic yang baik mungkin bisa diatur, tapi itu tidak akan bisa terjadi jika traffic tidak terkonversi.

Anda bisa merumuskan strategi meningkatkan ranking website melalui riset atau pembuatan konten yang terarah. Tetapi, jika UX-nya kacau dan orang yang masuk tidak bisa melakukan navigasi dengan mudah, srategi SEO yang sudah diterapkan bisa dianggap gagal.

Struktur tim yang buruk

Ini mungkin alasan yang sedikit aneh dan dianggap tidak ada hubungannya dengan keberhasilan strategi SEO. Tapi terkadang, struktur tim yang buruk merupakan masalah tersembunyi yang jarang dikenali.

Tergantung pada kemampuan, pengalaman, prioritas, dan komitmen, orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan SEO beserta tim yang membantu dapat meningkatkan potensi kesuksesan SEO atau justru merusaknya.

Jika tim tidak memiliki komitmen dan pemilihan prioritas yang baik, strategi SEO pun rawan untuk gagal. Pelaksanaan strategi SEO yang baik membutuhkan tim yang berisi orang-orang yang ahli dalam bidang konten, IT, UX, dan elemen pendukung lainnya.

Kurangnya budget yang diinvestasikan

Perencanaan SEO yang baik tidaklah gratis. Walaupun memang untuk mengisi konten website tidak perlu mengeluarkan biaya, tapi sumber dan elemen-elemen tambahan baik internal dan eksternal tetap dibutuhkan.

Biaya untuk SEO bisa berasal dari ongkos penyewaan jasa profesional atau penambahan software, ditambah dengan biaya gaji karyawan internal perusahaan. Jika dihitung-hitung, perencanaan SEO yang matang membutuhkan nilai investasi budget yang sesuai.

Usaha yang tidak diiringi dengan dukungan biaya yang sesuai bisa membuat SEO tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga penting untuk memperhitungkan dengan matang perencanaan investasi yang diperlukan.

baca juga

    Selain merupakan salah satu strategi marketing, SEO juga merupakan bentuk investasi yang menjanjikan. Tapi penting untuk memahami semua faktor dan tantangan yang harus dihadapi sebelum SEO bisa berhasil dan mencapai tujuan utama bisnis dan marketing yang ditargetkan.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!