11 Aktivitas Promosi untuk Penjualan dan Pemasaran

11 Aktivitas Promosi untuk Penjualan dan Pemasaran, Setiap pemasar tahu betapa pentingnya promosi merek, terutama jika merek belum mendapatkan daya tarik di ceruk pasar mereka. Pemasar bertujuan untuk mendiversifikasi metode periklanan mereka untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan meningkatkan konversi. Tetapi dunia pemasaran terus berkembang, dan pemasar harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti rentang perhatian yang menurun dan perilaku pembelian konsumen yang tidak stabil.

Memikirkan aktivitas promosi pemasaran terbaik akan membuat merek Anda unggul. Berikut adalah 11 strategi periklanan yang harus dicoba dan model penting sebelum membuat kampanye Anda – corong penjualan AIDA.

Apa yang dimaksud dengan Strategi Promosi?

Strategi promosi bisnis Anda adalah salah satu aspek dari strategi pemasaran Anda. Hal ini berkaitan dengan metode periklanan yang Anda buat untuk memposisikan merek Anda dalam industri Anda.

Strategi promosi penjualan ini bekerja berdasarkan metrik dan KPI yang telah ditetapkan. Sebelum membuat kampanye pemasaran, penting untuk membuat saluran penjualan yang jelas untuk memetakan perjalanan pelanggan.

Saluran penjualan Anda memandu Anda dalam membawa pelanggan dari satu tahap ke tahap lainnya, dengan tahap terakhir, diharapkan, menghasilkan konversi. Saluran penjualan pemasaran harus berkisar pada model AIDA. Berikut adalah definisi singkat dari setiap langkah:

Langkah 1: Kesadaran
Langkah pertama adalah memperkenalkan penawaran Anda kepada audiens target Anda. Mengidentifikasi demografi dan psikografi audiens target Anda sangat penting untuk strategi yang sesuai. Dengan cara ini, Anda bisa membuat pesan dan grafik pemasaran yang menarik perhatian mereka dalam interaksi awal. Misalnya, Anda bisa membuat kampanye PR untuk mempromosikan kesadaran merek sebelum meluncurkan produk atau layanan.

Langkah 2: Ketertarikan
Setelah pelanggan mengetahui merek Anda, Anda dapat menarik minat mereka melalui kegiatan promosi pemasaran yang dirancang dengan baik. Misalnya, Anda dapat mempublikasikan konten yang membahas tentang produk atau layanan Anda. Lebih baik lagi, tunjukkan beberapa bukti sosial, seperti testimoni atau statistik yang relevan dengan perjalanan merek Anda.

Langkah 3: Keinginan
Setelah Anda menciptakan buzz secara online dan offline, Anda kemudian dapat membangun keinginan di dalam audiens target Anda. Buatlah produk atau layanan Anda lebih diminati dengan mengunggah tutorial atau video unboxing tentang produk Anda. Anda juga dapat menawarkan diskon terbatas kepada prospek yang mungkin tertarik dengan penawaran Anda. Hal ini akan menciptakan rasa urgensi dan membangun perasaan FOMO yang akan mendorong mereka untuk bertindak secepatnya.

Langkah 4: Tindakan
Langkah terakhir dari model AIDA adalah yang paling penting, karena ini dapat membuat atau menghancurkan ROI Anda. Di sinilah Anda mengintegrasikan ajakan bertindak dalam strategi promosi Anda untuk membuat prospek berlangganan, mengunduh, atau membeli. Bujuk prospek untuk mengambil tindakan untuk mendorong lebih banyak konversi. Anda dapat berinvestasi dalam iklan banner berbayar, halaman arahan, email penjualan yang dipersonalisasi, iklan penargetan ulang, atau bahkan panggilan dingin.

Butuh bantuan desain grafis?
Coba Desain Grafis Tanpa Batas Penji dan selesaikan semua desain branding, digital, cetak, dan UXUI Anda di satu tempat.

Pelajari Lebih Lanjut

11 Aktivitas Promosi Pemasaran yang Mendorong Konversi
Setelah Anda mengetahui apa saja yang termasuk dalam strategi promosi yang kuat, sekarang saatnya untuk beralih ke pembuatan iklan yang menghasilkan pendapatan. Berikut ini adalah 11 aktivitas promosi pemasaran untuk membantu Anda memulai dan beberapa contoh sebagai inspirasi.

  1. Distribusi konten
    Konten mengacu pada apa pun yang Anda publikasikan secara online. Konten Anda bisa dalam berbagai bentuk media. Mulai dari blog, infografis, eBook, hingga video dan podcast, konten mengedukasi pengguna tentang topik tertentu. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran vegan, Anda dapat menulis blog tentang manfaat pola makan nabati.
  1. Distribusi konten
    Konten mengacu pada apa pun yang Anda publikasikan secara online. Konten Anda bisa dalam berbagai bentuk media. Mulai dari blog, infografis, eBook, hingga video dan podcast, konten mengedukasi pengguna tentang topik tertentu. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran vegan, Anda dapat menulis blog tentang manfaat pola makan nabati.

Dengan pemasaran konten, Anda dapat memilih jenis konten yang Anda distribusikan kepada audiens. Anda juga dapat menggunakan kembali konten yang sudah ada ke dalam jenis media lain untuk menjangkau audiens yang berbeda. Pastikan Anda melakukan riset dan mengenal audiens Anda sebelum menerbitkan konten. Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda gunakan untuk memulai:

Tulis 101 blog yang relevan dengan niche Anda
Tampilkan bukti sosial melalui studi kasus
Coba posting tamu di situs web otoritas lain
Tulis buku putih
Tulis tentang berita dan acara terkini
Buat video unboxing dari demo produk atau layanan Anda
Selenggarakan podcast

Berikut ini adalah contoh iklan video yang fantastis dari platform perpesanan Slack. Ini adalah video penjelasan tentang apa yang bisa dilakukan Slack untuk bisnis dan tim Anda.

  1. Iklan media sosial
    Pengguna media sosial akan melonjak menjadi 4,41 miliar pada tahun 2025. Tidak mengherankan jika semakin banyak perusahaan yang mengiklankan merek mereka secara online. Media sosial adalah jalan utama jika Anda menginginkan lebih banyak keterlibatan di media sosial, interaksi yang dipersonalisasi, dan pengikut yang kuat. Beriklan di media sosial juga memungkinkan perusahaan untuk mengontrol anggaran dan memantau kampanye mereka.

Salah satu contoh yang berhasil mengumpulkan 33.000 entri untuk kampanye mereka adalah dari John Hancock, perusahaan jasa keuangan yang mensponsori Boston Marathon. John Hancock bermitra dengan agensi pemasaran digital Amp untuk menciptakan buzz seputar acara tersebut.

Amp membuat iklan media sosial yang ditargetkan untuk orang-orang yang tertarik pada dua hal: Layanan keuangan dan lari. Mereka kemudian mencetak iklan tersebut dengan tagar #WeRunTogether yang kuat. Dengan menggunakan pengaturan penargetan, pengiklan menjangkau prospek berkualitas yang mungkin akan mengarah pada konversi.

  1. Iklan berbayar
    Berinvestasi dalam iklan berbayar akan berkontribusi pada pertumbuhan bisnis. Jangan pernah berhemat pada anggaran pemasaran Anda, terutama pada metode periklanan modern.

Berikut ini iklan online lain yang memiliki penargetan yang sangat baik. MSI berinvestasi dalam iklan banner untuk laptop GS66 Stealth mereka. Seperti yang Anda lihat, iklan banner tersebut muncul di blog pesaing. Tetapi itu bukan satu-satunya faktor yang membuat iklan ini berhasil; iklan ini menarik perhatian pembaca dengan grafis yang sangat bagus.

Warna hitam dan perak adalah kombinasi yang sempurna dan elegan untuk mewakili laptop yang ramping. Strukturnya juga menarik perhatian, dengan model laptop dan detail di bawahnya yang menonjol keluar dari spanduk. Secara keseluruhan, hanya membayar untuk iklan online tidak akan cukup. Anda juga perlu mengintegrasikan prinsip-prinsip grafis dan desain yang menawan sehingga iklan Anda menarik bagi audiens target.

Membuat sendiri desain pemasaran Anda adalah sebuah pilihan. Tapi mengapa tidak mengambil beban kolosal ini dari pundak Anda dan bekerja dengan Penji? Coba Penji sekarang untuk mendapatkan jaminan uang kembali 30 hari.

  1. Pemasaran email
    Pemasaran email menawarkan ROI $40 untuk setiap dolar yang dibelanjakan. Saat mengirim aktivitas promosi pemasaran, keterlibatan awal sangat penting. Selain itu, dengan mengirimkan email promosi, Anda dapat mengintegrasikan personalisasi, urgensi, dan bahkan gamifikasi dan interaktivitas.

Anda juga dapat menyegmentasikan daftar Anda untuk menguji jenis email mana yang cocok dengan audiens tertentu.

Email Bonobos ini berhasil karena kontennya yang interaktif. Sederhana namun menarik. Bonobos menawarkan diskon 25 persen untuk semua celana pendek, tetapi mengundang pengguna untuk memilih ukuran mereka dengan mengklik email. Membuat email interaktif yang melibatkan pelanggan adalah cara yang sangat mudah untuk menarik perhatian mereka.

  1. Pemasaran influencer

Jika Anda ingin meningkatkan kesadaran dan meningkatkan pengikut Anda di saluran digital, berkolaborasilah dengan influencer. Bekerjasamalah dengan influencer makro atau mikro yang selaras dengan keyakinan, nilai, dan prinsip merek Anda.

Walmart cukup cerdas untuk bermitra dengan tujuh influencer dengan setidaknya satu juta pengikut di saluran media sosial. Setiap influencer memposting konten di saluran mereka dan memberi tahu pengikut mereka bahwa Walmart akan mendonasikan $0,90 untuk setiap share, like, atau komentar kepada Feeding America. Sertakan elemen emosional saat berkolaborasi dengan influencer, karena orang-orang akan cenderung memilih merek yang menganggap serius tanggung jawab sosial.

Kampanye ini mengumpulkan total 3.170.000 suka dan 216.000 komentar. Tingkat keterlibatan Walmart meningkat sebesar 23 persen. Secara keseluruhan, perusahaan ini berhasil mengumpulkan dana sekitar $1,5 juta dan menyediakan 16.666.667 makanan untuk mereka yang kelaparan.

  1. Program loyalitas
    Menciptakan buzz tentang produk atau acara Anda dapat dilakukan melalui aktivitas promosi yang dirancang dengan baik. Namun, mempertahankan pelanggan adalah bagian tersulit. Dan program loyalitas dapat membantu Anda dalam hal ini.

DSW (Designer Shoe Warehouse) tidak hanya menawarkan program loyalitas kepada pelanggan mereka, tetapi mereka juga mempersonalisasi penawaran tersebut. Mereka mengirim email kepada pelanggan yang telah memesan dari mereka sebelumnya dan menyapa penerima dengan nama depan mereka. Selain itu, email tersebut dibuat dengan baik dengan warna yang kontras dan teks yang berbunyi, “Anda SANGAT DEKAT!” Teks ini saja sudah mendorong pelanggan untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai!

  1. Pemasaran luar ruang
    Iklan billboard masih efektif hingga hari ini. Selama Anda mengintegrasikan teks yang kuat, warna-warna cerah, dan grafik yang menarik – seperti kampanye OOH Spotify ini.

Spotify Wrapped 2020 adalah kampanye yang memungkinkan pengguna mengingat kembali daftar putar mereka dari beberapa tahun terakhir. Dan papan iklan Spotify berhasil karena mereka memilih beberapa tokoh yang membagikan musik atau podcast mereka di platform tersebut.

Yang satu ini menampilkan podcast teratas di musim panas 2020 dari Michelle Obama. Setelah menampilkan serangkaian papan iklan dan iklan media sosial, platform ini mengalami peningkatan keterlibatan pengguna.

  1. Pemasaran gerilya
    Pemasaran gerilya mengacu pada interaksi yang tidak lazim dan kreatif dengan orang-orang. Dengan kegiatan promosi pemasaran gerilya, merek Anda dapat menonjol dari para pesaing. Bisnis kecil dapat memanfaatkan jenis pemasaran ini karena efisiensi biayanya.

Namun, merek besar dapat memanfaatkan pemasaran gerilya untuk tetap relevan, seperti McDonald’s. Selama festival Zurichfest di Swiss, McDonald’s mengubah penyeberangan jalan menjadi gambar kentang goreng raksasa. Ini adalah langkah cerdas untuk mengingatkan para pengunjung festival yang lapar bahwa jaringan McDonald’s ada di seberang jalan.

  1. Barang-barang promosi
    Jika Anda memberikan sesuatu yang nyata kepada pelanggan, Anda menanamkan loyalitas merek selama mereka memegang barang tersebut. Namun, buatlah barang promosi yang menawarkan nilai. Tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengetahui jenis produk promosi yang akan menarik bagi pengguna:

Siapa yang ingin Anda berikan barang tersebut?
Acara seperti apa yang Anda hadiri?
Tujuan pemasaran apa yang ingin Anda capai dengan barang promosi?
Berapa anggaran Anda?

Berikut ini adalah barang promosi yang keren dari merek makanan anjing dan kucing, IAMS. Frisbee promosi ini berbentuk piring pemberat, yang menunjukkan bagaimana produk mereka dapat membuat anjing Anda kuat dan sehat.

  1. Sponsor acara
    Jika Anda memiliki anggaran pemasaran yang besar, Anda bisa meningkatkan kesadaran dengan mensponsori sebuah acara. Tidak harus acara yang besar, tetapi acara yang relevan. Pilihlah acara yang kemungkinan besar akan dihadiri oleh audiens target Anda.

Misalnya, PepsiCo telah menjadi sponsor resmi NFL Super Bowl. Namun, jangan perlakukan sponsorship seperti kampanye promosi saja. Biarkan peserta tahu bahwa ada sesuatu yang lebih berharga di balik kemitraan tersebut. Yang membuat sponsorship ini berhasil adalah strategi yang mendorong persahabatan dan kerja sama tim.

  1. Surat langsung
    Pengiklan terkadang mengabaikan iklan surat langsung akhir-akhir ini. Dengan munculnya teknologi, lebih cerdas untuk mengalihkan strategi pemasaran Anda secara online. Namun, penawaran melalui surat siput masih bisa digunakan jika Anda mengintegrasikan kesenangan dan kreativitas.

KitKat melakukan pekerjaan yang luar biasa dengan email langsung mereka untuk penawaran KitKat Chunky gratis. Sebagian besar pelanggan akan berpikir bahwa akan ada sesuatu di dalam kotak. Namun KitKat memberikan sentuhan tersendiri dengan mengatakan bahwa paket tersebut “terlalu besar untuk kotak surat Anda.” Perusahaan kemudian mendorong penerima untuk mengklaimnya di alamat tersebut.

Bungkus
Memikat audiens target Anda dengan aktivitas promosi seharusnya tidak terlalu sulit. Selama Anda menyesuaikan iklan ini, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan reaksi langsung.

Grafis yang bagus sangat penting di era yang dipenuhi dengan iklan online dan offline ini. Sangat penting untuk membuat desain pemasaran Anda menonjol. Mempercayakannya pada ahli desain grafis seperti Penji sangat penting untuk memaksimalkan visibilitas dan konversi.

Penji adalah layanan desain sesuai permintaan yang menawarkan desain grafis tanpa batas dengan tarif bulanan tetap. Anda mendapatkan desain yang berkualitas, profesional, dan dapat dikonversi dengan cepat. Daftar untuk

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation