301 Pengalihan untuk SEO

Undercover.co.id – 301 Pengalihan untuk SEO: Panduan Utama untuk 2022 , Memahami cara menjalankan pengalihan 301 adalah keterampilan SEO yang mendasar.

Itulah yang panduan ini adalah semua tentang.

Pastikan Anda membaca sampai akhir karena saya akan menunjukkan kepada Anda dua taktik pengalihan 301 favorit saya (yang menghasilkan hasil besar).

Mari kita masuk:

Apa itu 301 Redirect?


Pengalihan 301 adalah kode status yang memberi sinyal ke mesin telusur bahwa pengalihan permanen sekarang telah dilakukan.

apa itu pengalihan 301

Mesin pencari seperti Google akan melihat kode status 301 dan akan menghapus URL atau domain lama dari indeks. Akibatnya, mesin pencari akan mengenali domain baru atau URL baru sebagai lokasi baru yang permanen.

Sekarang pertanyaannya adalah:

Apakah 301 Redirect Mempengaruhi Peringkat Google Anda?


Jawaban singkatnya adalah ya.

Pengalihan 301 dapat memengaruhi kinerja SEO Anda secara positif atau negatif dari perspektif teknis, konten, dan pembuatan tautan.

image size-full">
301 Pengalihan untuk SEO

Saya akan membahas semuanya dalam panduan ini, tetapi sebelum saya melakukannya, saya perlu membahas beberapa pertanyaan penting tentang 301.


Tidak yakin siapa yang menemukan frasa “jus tautan”, tetapi ya, mereka lulus PageRank (catatan: Google masih menggunakan PageRank, tetapi belum diperbarui untuk publik selama bertahun-tahun).

Menurut Gary Illyes, “pengalihan 30x tidak kehilangan PageRank lagi.”

Gary Illyes pengalihan 30x

Gary mengatakan bahwa semua 30x redirect (termasuk 301 redirect, 302 redirect, dan 307) melewati 100% dari PageRank.

Haruskah Anda percaya padanya? Iya dan tidak.

Dia mungkin mengatakan yang sebenarnya, tapi lebih baik aman daripada menyesal.

Pengalihan 302 TIDAK melewati PageRank di masa lalu , jadi lebih baik ambil rute aman dan gunakan 301.

301 Pengalihan vs Tag Canonical


Pengalihan 301 memindahkan halaman secara permanen dan tidak lagi terlihat oleh pengguna. Di sisi lain, saat Anda menggunakan “rel canonical”, halaman tersebut masih hidup dan dapat dilihat oleh pengguna. Hanya mesin pencari yang akan melihat penggunaan tag kanonik.

Sekarang dengan pertanyaan-pertanyaan itu, mari beralih ke sisi teknis dari 301 redirect.

Mulailah dengan Audit


Alat terbaik yang digunakan untuk menangani semua masalah teknis yang terkait dengan pengalihan adalah Screaming Frog SEO Spider. Inilah yang perlu Anda cari:

Periksa # 1 – Temukan URL Tidak Aman


Jika Anda telah menginstal sertifikat SSL (yang seharusnya), ada kemungkinan beberapa URL masih tidak aman. Sangat penting untuk mengalihkan 301 URL yang tidak aman ke yang aman.

Kabar baiknya adalah Screaming Frog SEO Spider membuat ini sangat mudah.

Cukup masukkan domain root Anda dan mulai analisis.

Kemudian klik “Protokol” dan kemudian pilih “https” dari dropdown.

Bagian ini akan menunjukkan kepada Anda semua URL yang saat ini tidak aman.

Jadikan prioritas untuk memperbaikinya.

Periksa #2 – Masalah Pengalihan


Ada dua jenis pengalihan yang perlu ditangani: pengalihan 302 dan rantai pengalihan.

Temukan dan Perbaiki 302s


Untuk menemukan 302s, cukup klik tab “Response Codes” dan pilih “Redirection (3xxx) dari dropdown.

Anda harus mengubah semua 302 menjadi 301 kecuali 302 benar-benar digunakan untuk tujuan yang benar (yang merupakan pengalihan sementara).

Meskipun Google mengatakan tidak apa-apa untuk membiarkan 302s apa adanya, saya lebih suka tidak melempar dadu. 301 terbukti lulus PageRank. Jadi tetap dengan apa yang sudah terbukti.

301 Pengalihan untuk SEO

Temukan dan Perbaiki Rantai Pengalihan


Langkah selanjutnya adalah melihat apakah situs web target memiliki rantai pengalihan . Rantai pengalihan terjadi saat pengalihan dialihkan ke pengalihan.

Membingungkan, bukan?

Nah, berikut representasi visualnya agar lebih mudah dipahami:

Menemukan rantai pengalihan itu penting karena ada kemungkinan besar hal itu merusak otoritas situs web Anda. Itu karena ekuitas tautan (PageRank) harus melewati satu atau lebih tahapan yang tidak perlu.

Yang perlu Anda lakukan jika menemukan rantai pengalihan ini dan kemudian memutuskan rantai seperti ini:

Untuk menemukannya, cukup buka Screaming Frog SEO Spider, klik “Laporkan”, lalu klik “Redirect Chains” untuk mengekspor semua yang sudah ada.

Sekarang hanya melalui dan membersihkan semua rantai redirect yang ada.

Cek #3 – 404 Halaman


Hanya ada dua jenis halaman 404 yang harus Anda perhatikan.

Halaman 404 yang tidak disengaja
Halaman 404 dengan tautan balik yang ada
Langkah pertama sebenarnya adalah menemukan semua 404 halaman Anda yang ada.

Saya menggunakan kombinasi Screaming Frog SEO Spider dan Google Search Console untuk menemukan kesalahan ini.

Buka Screaming Frog SEO Spider dan klik tab “Response Codes”. Kemudian pilih “Kesalahan Klien (4xx)” dari dropdown dan ekspor.

Untuk menemukan 404 dengan versi baru Google Search Console klik “Indeks”, lalu “Cakupan”, lalu tab “Dikecualikan” dan kemudian klik “Tidak ditemukan (404”).

Setelah Anda mengumpulkan semua 404 halaman yang ada, saatnya untuk melihat apakah halaman ini memiliki tautan balik yang ada. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat Analisis Massal Ahrefs .

Buka Ahrefs, klik “Lainnya” dan klik “Analisis Batch”.

Kemudian masukkan semua URL halaman 404 dan mulai analisis.

Jika salah satu dari 404 halaman memiliki backlink, maka Anda perlu mengidentifikasi halaman yang relevan di situs web Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda harus mengalihkan 301 halaman 404 ke beranda.

Itulah beberapa cara teknis yang berbeda untuk memanfaatkan pengalihan, tetapi sekarang saya ingin menunjukkan salah satu teknik favorit saya yang melibatkan pengalihan dan konten.

Teknik Cake


Salah satu kesalahan konten SEO terbesar adalah membuat banyak aset di sekitar frasa kata kunci yang sangat mirip. Ini dapat menyebabkan kanibalisasi kata kunci dan membuat kampanye SEO Anda lebih sulit dari yang seharusnya.

Saat itulah The Cake Technique berperan.

Singkatnya, The Cake Technique adalah proses menggabungkan aset konten serupa menjadi satu aset “Ibu”. Melalui proses ini memiliki beragam manfaat seperti:

  • Peningkatan jumlah kata – Mengkonsolidasikan aset secara alami akan meningkatkan jumlah kata Anda yang sering kali berkorelasi dengan peringkat yang lebih baik .
  • Konten yang lebih dalam – Menyebarkan pengetahuan Anda di beberapa posting biasanya menghasilkan konten yang tipis. Mengkonsolidasikan aset Anda menghasilkan efek sebaliknya.
  • Menghilangkan masalah kanibalisasi kata kunci – Kanibalisasi kata kunci (ketika dua atau lebih halaman menargetkan kata kunci yang sangat mirip) memaksa Google untuk memilih mana yang terbaik. Mengapa mengambil risiko? Mengkonsolidasikan aset serupa menghilangkan masalah ini.
  • Mengkonsolidasikan otoritas – Anda akan mengarahkan ulang aset Anda yang lain, yang berarti aset “Ibu” Anda akan mewarisi semua tautan balik yang ada. Itu akan mengubah aset “Ibu” Anda menjadi pembangkit tenaga listrik yang berwibawa.
  • Membuat promosi konten lebih mudah – Lebih mudah untuk mendapatkan backlink dan mempromosikan aset konten tunggal. Plus, orang lebih cenderung menautkan ke sumber daya super daripada aset konten tipis. Kecuali Seth Godin-mu, tapi dia pengecualian.
  • Berikut adalah visual dari apa yang tampak seperti The Cake Technique:

Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan The Cake Technique:

  • Identifikasi aset konten yang menargetkan kata kunci yang sama atau terkait erat.
  • Putuskan aset konten apa yang akan menjadi aset “Ibu” Anda.
  • Petakan bagaimana Anda akan menggabungkan aset konten ini menjadi satu bagian konten.
  • Konsolidasikan konten.
  • 301 mengarahkan semua aset pendukung ke aset “Ibu”.
  • Anotasi tindakan Anda di Google Analytics untuk mengukur kinerja aset baru Anda.
  • Saya telah menggunakan teknik yang tepat ini dengan banyak klien

Sebenarnya, panduan yang Anda baca sekarang ini memanfaatkan Teknik Kue karena sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Teknik Penggabungan (yang dulunya merupakan posting blog tersendiri).

Saya juga menggunakan teknik ini beberapa tahun yang lalu ketika saya menggabungkan beberapa aset berbeda seputar topik “tautan balik”.

Saya memiliki pot blog individu di:

“Cara Membangun Backlink Tingkat Satu”
“Cara Membangun Backlink Tingkat Dua”
“Cara Membangun Backlink Tingkat Tiga”
“Cara MENDAPATKAN Backlink”
Ini adalah kanibalisasi kata kunci batas, jadi saya memutuskan untuk menggabungkannya menjadi satu aset ( panduan backlink saya ).

Berikut adalah hasilnya:

Sekarang izinkan saya menunjukkan kepada Anda salah satu metode pembuatan tautan pengalihan 301 favorit saya.

301 Pengalihan untuk SEO

Cara Menggunakan Pengalihan 301 untuk Pembuatan Tautan


Gunakan Teknik Penggabungan


Sebelum saya terjun ke strategi ini, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu “merger” sebenarnya. Investopedia mendefinisikan “penggabungan” sebagai:

“Penggabungan dua atau lebih perusahaan, umumnya dengan menawarkan kepada pemegang saham dari satu perusahaan sekuritas di perusahaan yang mengakuisisi dengan imbalan penyerahan saham mereka.” – Investopedia

Ketika merger terjadi, situs web merek lama akan mendapatkan 301 dialihkan ke situs web perusahaan yang mengakuisisi

Apa itu Teknik Penggabungan?


Ini adalah proses 301 mengarahkan ulang domain kadaluarsa yang relevan ke situs Anda.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan otoritas situs Anda.

Lebih banyak otoritas situs = peringkat kata kunci Google yang lebih baik dan lebih banyak lalu lintas pencarian organik.

Strategi ini tidak berbeda dengan merek besar yang mengakuisisi bisnis lain.

Teknik Merger meniru proses ini.

Mengapa Teknik Penggabungan Bukan Sekedar Frasa “Buzz”
Saya datang dengan nama teknik ini karena agen SEO saya telah menggunakannya dengan merek besar yang bekerja dengan saya.

Misalnya, salah satu klien kami memperoleh pusat data di Amerika Serikat.

Jadi, setiap kali mereka memperoleh pusat data baru, mereka mengarahkan ulang situs merek yang diperoleh ke situs mereka.

Meskipun hasil ini luar biasa, saya ingin memastikan itu bukan peristiwa yang terisolasi.

Itu sebabnya saya menerapkan strategi yang sama di Undercover.co.id dan beberapa situs klien lainnya.

Untuk situs saya, saya mengambil situs web pemasaran lama dan 301 mengarahkannya ke halaman arahan di situs saya.

Pengalihan mendorong kata kunci target ke halaman pertama:

Saya kemudian melakukan hal yang sama persis untuk situs web lokal dan meningkatkan lalu lintas pencarian organiknya sebesar 425%:

Dan jika Anda ingin contoh di luar pengalaman saya sendiri, maka saya sangat menyarankan Anda melihat profil tautan Neil Patel. Dia mengakuisisi beberapa perusahaan berbeda dan menggabungkannya dengan NeilPatel.com. Berikut adalah hasilnya:

301 redirect berfungsi.

Tapi, tunggu sebentar…

Tidak SEMUA pengalihan 301 berfungsi.

Itu sebabnya saya tidak ingin menyebutnya sebagai “strategi pengalihan 301”.

301 Pengalihan untuk SEO

Pendekatan Pengalihan 301 Lama


Menggunakan pengalihan 301 untuk tujuan pembuatan tautan bukanlah teknik baru.

Tetapi cara lama memanfaatkan 301 tidak hanya berbahaya tetapi kemungkinan besar tidak akan efektif.

Pendekatan lama adalah mengambil domain APAPUN dengan metrik tinggi dan memasukkannya ke situs Anda.

Ada beberapa alasan mengapa ini adalah strategi yang berbahaya:

  1. Tautan Tidak Relevan
    Algoritme Penguin Google memaku situs web dengan profil tautan spam yang tidak relevan. Dengan 301 mengarahkan ulang domain yang tidak relevan, Anda meminta Penguin untuk menampar situs Anda.
  2. Anchor Text Tidak Relevan
    301 mengalihkan domain yang tidak relevan akan menghancurkan profil teks jangkar Anda dengan jangkar yang tidak relevan.
  3. Anda Membingungkan Google
    Katakanlah Anda mencoba memberi peringkat halaman untuk “membangun tautan”. Anda kemudian keluar dan menemukan domain kedaluwarsa tentang “pelatihan anak kucing” dengan metrik yang luar biasa.

Anda kemudian mengarahkan domain ini ke situs Anda karena metriknya saja.

Sekarang Anda telah memperkenalkan tautan dan teks jangkar yang tidak relevan tentang “pelatihan anak kucing”.

Ini menciptakan resep sempurna untuk membingungkan Google. Itu tidak tahu apakah halaman Anda tentang melatih anak kucing atau membangun tautan.

Google yang bingung = situs web yang tidak terlihat di mesin pencari.

Pendekatan Pengalihan “Penggabungan” Baru


Sekarang setelah Anda mengetahui mengapa pendekatan pengalihan 301 yang lama tidak efektif, izinkan saya menunjukkan kepada Anda mengapa pendekatan baru ini berhasil.

Anda Mendapatkan Relevansi Tautan


Tautan balik yang relevan adalah raja. Polos dan sederhana.

Dalam Teknik Penggabungan, Anda hanya akan menggunakan domain kedaluwarsa yang memiliki Topik Aliran Kepercayaan Topikal yang mirip dengan situs Anda.

Alasan mengapa Anda ingin menggunakan topik Aliran Kepercayaan Topikal adalah karena topik tersebut didasarkan pada relevansi tautan.

Misalnya, jika Anda berada di ceruk “kesehatan”, Anda memerlukan domain yang memiliki “Kesehatan” sebagai Topik TTF-nya.

Teks Jangkar yang Tidak Dioptimalkan


Ada kriteria ketat untuk distribusi teks jangkar. Lebih lanjut tentang ini dalam satu detik.

Mengapa Ini Bekerja?
Ini berfungsi karena Anda berfokus pada domain kedaluwarsa yang relevan .

Relevansi adalah satu-satunya faktor terpenting dalam hal membangun tautan yang efektif.

Google dapat mendeteksi taktik pengalihan 301 tradisional karena konten dan tautan tidak relevan.

Teknik Merger tidak lebih dari Anda “memperoleh” bisnis lain di industri Anda.

Sekarang izinkan saya menunjukkan kepada Anda bagaimana sebenarnya menemukan domain berkualitas.

Cara Menemukan Domain untuk Penggabungan Anda


Hal pertama yang perlu Anda perkuat dalam pikiran Anda adalah bersabar.

Anda tidak mencoba membangun jaringan situs web. Luangkan waktu Anda dan jangan melompat pada kesempatan pertama yang Anda lihat.

Kedua, ikuti kriteria ini saat mencari domain untuk “digabungkan” dengan bisnis Anda:

  • Situs harus memiliki topik Aliran Kepercayaan Topikal yang serupa dengan topik Anda
  • Situs harus memiliki Aliran Kepercayaan di atas 15
  • Situs hanya boleh memiliki tautan berkualitas (editorial, tautan yang diperoleh)
  • Situs harus memiliki setidaknya 20 domain rujukan (lebih banyak lebih baik)
  • Situs harus memiliki teks jangkar yang tidak dioptimalkan dan persentase jangkar bermerek yang tinggi
  • Situs harus diindeks di Google (tidak sepenuhnya diperlukan, tetapi preferensi saya)
  • Situs seharusnya tidak digunakan untuk spam di masa lalu
  • Gunakan Domcop

Dengan menggunakan kriteria di atas, Anda sekarang akan masuk ke DomCop dan mencoba mencari domain untuk Penggabungan Anda. Untuk demonstrasi di bawah ini, saya akan menunjukkan bagaimana saya akan mencari situs Penggabungan jika itu untuk Undercover.co.id.

Langkah 1: Masuk ke DomCop

Gulir daftar dan cari situs dengan topik Aliran Kepercayaan Topikal yang mirip dengan topik Anda. Dalam hitungan detik, saya menemukan satu yang relevan dengan Undercover.co.id

Langkah 2: Cek fakta dengan Majestic

Jika Anda mengklik metrik Trust Flow di bawah domain, Anda akan dibawa ke Majestic. Jalankan situs calon Penggabungan melalui Majestic untuk memastikan topik Topical Trust Flow relevan, Trust Flow di atas 15, dan setidaknya terdapat 20 Domain Perujuk:

Langkah 3: Periksa distribusi teks jangkar

Anda akan melihat contoh di bawah ini bahwa 18% dari teks jangkar domain ini adalah untuk “Pemutar FLV”. Ini adalah bendera merah. Bandingkan ini dengan teks jangkar bermereknya yang hanya mencakup 3,47% dari profil jangkarnya.

Secara pribadi, saya akan menghilangkan domain ini setelah melihat distribusi teks jangkar.

Saya akan melanjutkan melalui langkah-langkah lain untuk menunjukkan kepada Anda domain apa yang TIDAK boleh Anda dapatkan.

Langkah 4: Periksa kualitas tautan

Langkah-langkah di atas akan membawa Anda tidak lebih dari beberapa detik. Sekarang Anda harus benar-benar menganalisis profil tautan domain. Klik tab “Tautan Balik” dan periksa tautannya:

Ini adalah langkah penting dalam proses untuk Anda lihat.

Ingat ketika saya mengatakan saya akan mendiskreditkan domain ini karena teks jangkar?

Yah, itu akan menjadi kesalahan besar karena teks jangkar “Pemain FLV” alami dan berasal dari halaman berkualitas seperti ini:

Dengan penemuan ini, domain ini akan kembali ke daftar “bagus” saya.

Lalu saya gulir ke bawah dan melihat teks jangkar asing…:

Setiap jenis jangkar asing harus menaikkan bendera merah. Namun, Anda tidak boleh langsung mengklasifikasikannya sebagai spam.

Situs web populer selalu mendapatkan jangkar asing karena mereka memiliki pengakuan global.

Dengan demikian, Anda perlu menyelidiki teks jangkar asing untuk memastikan itu bukan spam.

Buka situs dan gunakan Google Chrome untuk menerjemahkan halaman:

Jika Anda telah menginstal bilah Moz, gunakan untuk menyorot tautan eksternal:

Setelah menerjemahkan situs ini, saya dapat menyimpulkan bahwa itu bukan spam dan tidak ada alasan untuk khawatir tentang tautannya.

Ada kesalahpahaman besar di ruang PBN bahwa jangkar asing sama dengan kualitas rendah. Itu tidak selalu terjadi dan itu ditunjukkan dengan baik dalam contoh ini.

Langkah 5: Pastikan situs diindeks

Ambil URL dan masukkan ke Google:

Uh oh… semuanya berjalan sangat baik sampai saat ini. Situs tidak diindeks.

Anda harus menjalankan pemeriksaan ini SEBELUM melakukan semua langkah di atas. Saya hanya ingin memberi Anda demonstrasi lengkap. Sulit untuk mengatakan mengapa domain ini tidak diindeks, tetapi tidak ada gunanya menekankannya.

Langsung saja ke kesempatan berikutnya.

Langkah 6 (jika domain diindeks): Periksa riwayat domain

Jika domain dalam contoh ini diindeks, kami ingin memeriksa riwayatnya.

Pergi ke Arsip.org :

Dalam pergantian peristiwa yang ironis, situs ini telah digunakan untuk pengalihan pada banyak kesempatan.

Domain ini didiskualifikasi karena A) tidak terindeks dan B) sudah digunakan untuk tujuan yang kita inginkan.

Menunjukkan kepada Anda domain apa yang TIDAK untuk dibeli adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada Anda apa yang HARUS Anda beli. Saya tidak akan membahas contoh lain, tetapi pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di atas.

Selain menggunakan DomCop, Anda juga bisa mencari domain menggunakan FreshDrop .

Gunakan Flippa
Flippa membawa Teknik Penggabungan ke tingkat yang baru. Itu karena Anda bisa mendapatkan domain yang relevan DAN lalu lintas yang memenuhi syarat ke situs Anda. Ini adalah persamaan sempurna untuk menumbuhkan otoritas situs Anda.

Anda memerlukan modal untuk menggunakan strategi ini, tetapi sejauh ini yang paling efektif. Satu-satunya masalah dengan menggunakan Flippa adalah sulitnya menemukan domain yang relevan dengan niche Anda (dan yang mengikuti aturan topik Topical Trust Flow).

Dengan itu, inilah yang perlu Anda lakukan:

Buka Flippa dan cari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda:

Ikuti proses pemeriksaan yang sama seperti di atas, tetapi dengan satu perbedaan utama:

Selalu verifikasi lalu lintas domain karena Flippa diganggu scammers.

Sekarang mari kita bicara tentang menjalankan pengalihan 301 yang tepat (menggunakan Teknik Penggabungan).

Cara Menggabungkan (301) Dua Situs
Keputusan pertama yang harus Anda buat adalah apakah Anda ingin mengalihkan domain Anda melalui registrar atau penyedia hosting.

Pengalihan registrar akan mengalihkan semua halaman domain ke beranda Anda.

Ini bukan rute terbaik untuk diambil.

Sebagai gantinya:

Anda harus berinvestasi dalam hosting karena Anda akan dapat mengarahkan ulang halaman demi halaman.

Berikut adalah kriteria sederhana untuk memutuskan apakah akan mengarahkan ulang halaman atau tidak:

Apakah ada halaman yang relevan di situs web Anda? Jika demikian, arahkan ulang.
Apakah halaman tersebut memiliki backlink yang ada? Jika demikian, arahkan ke halaman yang relevan. Jika tidak ada halaman yang relevan, arahkan ulang ke beranda.
Jangan takut untuk membiarkan beberapa halaman 404 jika mereka A) tidak memiliki halaman saudara yang relevan untuk dipasangkan, B) mereka tidak memiliki sinyal positif (tautan balik) atau C) halaman itu tipis dan bernilai rendah.

Untuk melihat halaman mana yang memiliki backlink, cukup buka Ahrefs, masukkan domain, dan klik “Best by Links”.

Terbaik oleh Backlinks Ahrefs

Satu rekomendasi terakhir:

Jangan menjadi gila dengan Teknik Penggabungan.

Miliki standar pemeriksaan yang ekstrem dan hanya pertimbangkan domain dengan kualitas tertinggi dan paling relevan. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda tidak perlu banyak “merger” untuk melihat dampaknya.

baca juga

    Itu dia!
    Saya harap ini membantu mempelajari lebih lanjut tentang pengalihan 301 dan silakan tinggalkan pertanyaan Anda di bawah karena saya menanggapi setiap pertanyaan. Terima kasih sudah membaca.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!