Cloud Computing

SEO UNDERCOVER CO ID 26

Undercover.co.id – Mengenal Teknologi Cloud Computing , Apakah Anda sudah pernah mendengar teknologi cloud computing?

Apa dan dimana kah teknologi cloud ini berada? Pertanyaan sejenis tersebut mungkin sering muncul seiring istilah cloud ini mulai banyak digunakan.  Kali ini kami akan memberikan ulasan lengkat terkait teknologi cloud tersebut.

Implementasi Cloud Computing untuk Bisnis Anda

Saat ini hampir 97% dari perusahaan baik yang besar, sekaligus sedang dan kecil memanfaatkan teknologi cloud. Meskipun beberapa mungin tidak menyadari bahwa sudah mulai menggunakan teknologi ini.

Misalnya penggunaan Google Docs untuk saling kolaborasi dan menyimpan file dokumen. Google Docs merupakan salah satu teknologi cloud yang sudah banyak digunakan.

Jika Anda sudah merasakan sendiri bagaimana kemudahan teknologi seperti Google Cloud, Anda sebenarnya sudah mulai merasakan bahwa teknologi cloud merupakan solusi yang memudahkan bisnis Anda.

Teknologi cloud menjadi solusi untuk mengurangi biaya pemanfaatan teknologi, Anda tak perlu lagi membangun komputer atau data center sendiri, membeli lisense dan menginstall aplikasi-aplikasi di komputer, minyimpan data dan bertukar menggunakan hardisk.

Semua bisa diakses dengan mudah dengan teknologi cloud . Menghemat biaya sebab semua bisa diakses melalui internet di mana saja dan kapan saja.

Jika Anda akan mengimplementasikan dan mengembangkan teknologi cloud di bisnis, artikel ini akan memberikan informasi lengkap terkait hal tersebut. Tentang layanan apa yang bisa Anda gunakan di teknologi cloud, proses adopsi, dan cara memilih penyedia layanan cloud terbaik.

 Tipe layanan teknologi cloud yang dapat bisnis Anda gunakan

Teknologi cloud computing menyediakan akses data dan aplikasi yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki koneksi internet. Kemudahan, mobilitas, dan fleksibiltas membuat semakin banyak perusahaan dan bisnis yang melakukan migrasi teknologi.

Untuk memulai menerapkan terknologi ini, ada tiga jenis tipe layanan cloud yang dapat Anda pilih sebagai pemilik bisnis, yaitu public, private, atau hybrid.

Public Cloud

Jenis cloud ini merupakan platform eksternal yang dibangun oleh penyedia layanan cloud. Anda dapat menggunakan layanan cloud dengan infrastruktur bersama-sama dengan penyewa lain. Semua proses di handle oleh perusahaan yang memang sudah spesialis di bidang layanan cloud computing. Jenis ini cocok untuk perusahaan atau bisnis yang mementingkan efektifitas biaya dan fleksibilitas.

Private Cloud

Jenis ini artinya platform teknologi cloud dibangun secara internal di perusahaan dengan hardware dan software miliki sendiri. Semua di atur dan dikelola oleh tim IT internal yang juga membangun data centernya sendiri. Pilihan ini cocok untuk perusahaan yang ingin memiliki kontrol penuh dan akses eksklusif.

Hybrid Cloud

Hybrid adalah gabungan antara public dan private untuk mendapatkan kedua keuntungannya dalam satu implementasi.

Hybrid cloud memiliki bagian dari infrastruktur atau platform yang dimiliki internal, namun sebagian juga diserahkan ke penyedia layanan cloud di luar perusahaan.

Jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin mengelola data costumernya atau data yang sensitif serta penting secara internal. Sementara urusan dan bagian umum lain diserahkan ke penyedia layanan cloud.

Di antara ketiga jenis teknologi cloud tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai pemilik perusahaan Anda perlu memperhatikan satu hal paling penting yaitu keamanan data.

Jika memilik public cloud, akses keamanan Anda biasanya dapat dilakukan dengan username dan password. Ketika memilih jenis ini Anda perlu memastikan ada proses verifikasi lain serta kemanaan berlapis sebagai prioritas utama.

 Umumnya demi alasan keamanan perusahaan banyak menggunakan jenis private dan hybrid karena diyakini lebih aman. Namun ini juga bergantung pada kemampuan tim IT menyediakan sistem yang aman di platform internal.

 Meningkatkan bisnis dengan teknologi cloud

Pemanfaatan teknologi cloud dimulai ketika penyimpanan data di komputer personal di pindahkan ke sistem penyimpanan yang terorganisasi di internet.

Teknologi ini dapat meningkatkan kesempatan berkembang pada sebuah bisnis menjadi lebih besar dengan segala kelebihan yang dimilikinya, dari mulai efisiensi, biaya yang bisa ditekan, kemudahan kolaborasi, mobilitas, dan konektifitas dengan kecepatan tinggi.

Implementasi Teknologi cloud

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam menerapkan teknologi cloud, anda perlu memperhatikan beberapa hal dari mulai tipe yang akan diterapkan, platform, dan penyedia layanan.

Berikut tiga poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan mengimplementasikan teknologi cloud computing:

  1. Biaya

Proses migrasi dari teknologi yang konvensional biasa digunakan menuju ke teknologi cloud membutuhkan biaya yang cukup besar diawal. Meskipun memang pada akhirnya untuk kedepannya Anda dapat menekan biaya dan pengeluaran perusahaan setelah teknologi ini berhasil diimplementasikan. Biaya awal ini diibaratkan sebagai investasi yang kedepan akan siap Anda petik hasilnya dengan memuaskan

  • Strategi migrasi

Salah satu hal penting dari mengimplementasikan teknologi cloud adalah proses migrasi. Anda membutuhkan strategi yang jitu untuk proses ini, dari mulai harus memindahkan data, memprioritaskan mana yang didahulukan, hingga perlu melakukan training ke karyawan Anda.

Proses membangun dan mengimplementasikan teknologi cloud membutuhkan usaha, biaya, dan energi yang tidak kecil. Sehingga penting untuk menentukan dari awal strateg yang dapat mengembangkan bisnis dan memberikan manfaat optimal ke perusahaan Anda.

Bagaimana cara memilih penyedia layanan cloud

Saat ini banyak sekali penyedia layanan cloud yang tersebar di pasar. Namun sebagai pemillik perusahaan tentu Anda ingin mendapatkan yang terbaik bukan? Untuk itu ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih penyedia layanan cloud.

  1. Pastikan penyedia layanan cloud memiliki kemampuan dan bahkan sertifikasi yang relevan terkait layanan cloud computing. Salah satu yang perlu diperhatikan tentu tentang keamanannya. Untuk cek hal tersebut Anda dapat memerika apakah mereka sudah  menggunakan standar dan memiliki sertifikasi ISO 27001 atau belum.
  2. Sangat penting untuk melihat konsistensi mereka memberikan layanan dan menyediakan arsitektur dan environment untuk layanan cloud yang diberikan. Pastikan apa yang dijanjikan di awal tetap sama selama proses kerjasama dalam implementasi teknologi cloud. Anda juga bisa melihat dari keberhasilan dan review pengguna dan pelanggan sebelumnya.
  3. Ketahui standar penyedia layanan teknologi cloud dalam pengelolaan data. Jangan segan untuk bertanya di mana saja lokasi data center dan bagaimana mereka melindungi data Anda. Ini penting untuk Anda ketahui sebagai bentuk antisipasi ketika ada kemungkinan serangan cyber attack atau bencana.
  4. Perhatikan betul kesepakatan yang dibuat di awal. Beberapa penyedia layanan cloud memberikan aturan yang membatasi pelanggan mengubah arsitektur sesuai kebutuhan, atau melakukan migrasi data ke tempat lain. Istilah ini biasa disebut vendor lock-in. Aturan ini awalnya mungkin bisa diabaikan, tapi kedepan ketika sistem berkembang biasanya akan jadi hambatan sebab membuat pelanggan harus terikat penuh ke vendor.


Oleh karena itu penting juga untuk benar-benar memahami kesepakatan dan mengkalrifikasi kepada vendor terkait perkembangan yang mungkin terjadi kedepan.

Keempat hal di atas bisa menjadi bantuan Anda untuk menentukan vendor terbaik yang dapat mendukung proses migrasi dan implementasi teknologi cloud di perusahaan Anda.

Jangan sampai Anda mengalami kerugian hanya karena dari awal kurang teliti dan tidak melakukan pengecekan dengan detail saat memilih penyedia layanan cloud.

Apa itu teknologi cloud computing?

Secara sederhana teknologi cloud adalah layanan komputasi dari penyimpanan dan pemrosesan data yang semua melalui internet. Artinya, teknologi cloud berarti menyimpan dan mengakses baik data maupun program dalam internet.

Cloud atau awan ini sebenarnya hanya metafora untuk internet, bukan benar-benar berarti data Anda disimpan di awan. Data dan aplkasi tidak lagi berada di sebuah hard disk Anda, semua berada di cloud alias perlu diakses melalui internet. Meskipun begitu semua tetap terasa cepat dan mudah.

Teknologi cloud merupakan opsi paling populer saat ini untuk orang dan bisnis untuk mendapatkan beragam kelebihannya sekaligus untuk mengurangi biasa, meningkatkan kecepatan efisiens, produktifitas, performa, dan tentu saja keamanan.

Sejarah Teknologi Cloud Computing

Teknologi cloud masih terhitung baru dalam proses adopsinya. Saat ini masih belum banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi tersebut secara optimal. Teknologi ini muncul di awal tahun 2000-an.

Namun konsep teknologi cloud ini sebenarnya sudah muncul dari tahun 1960 yaitu ketika perusahaan memilih untuk menyewa dalam waktu tertentu sebuah mainframe daripada membelinya. Namun saat itu perkembangan komputer sedang sangat pesat dengan harga komputer yang terjangkau. Sehingga konsep sewa ini ditinggalkan.

Namun kemudian pada akhir tahun 1990 hingga tahun 2000 sistem menyewa ini kembali meningkat, kemudian diikuti dengan perkembangan teknologi cloud computing yang menjadi solusi kebutuhan software sebagai bentul layanan yang mudah bagi pengguna hingga saat ini.

Bagaimana Teknologi Cloud Computing bekerja?

Teknologi cloud computing ini memungkinkan seseorang menggunakan sebuah aplikasi langsung dari penyedia layanan teknologi cloud melalui internet, dibandingkan harus memiliki infrastruktur atau data center yang mengeluarkan banyak biaya.

Perusahaan penyedia layanan cloud akan membuat pengguna untuk dapat menyimpan file dan menggunakan aplikasi pada server remote dan dapat mengaksesnya melalui internet.

Teknologi cloud ini menghilangkan beban berat gadget Anda dan memindahkannya ke kluster komputer yang ada di cyberspace.

Jenis teknologi Cloud Computing

Terdapat tiga jenis layanan dari teknologi komputer, yaitu:

Software as a Service atau SaaS

Memungkinkan seseorang pengguna mengakses sebuah aplikasi tanpa perlu menginstall di perangkat gadgetnya.Anda dapat membayar sesuai kebutuhan model atau selama jangka waktu tertentu Anda menggunakannya. Jadi tak ada lagi harus membeli lisensi seumur hidup ketika membeli sebuah software.


Keuntungan menggunakan SaaS:

  • Anda dapat mengakses data dan aplikasi dari manapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet
  • Tidak akan ada kehilangan data dan aplikasi jika komputer atau perangkat yang Anda gunakan rusak sebab semua sudah tersimpan di cloud
  • Untuk memanfaatkan aplikasi dan data yang dibutuhkan hanya perlu sign up, tak perlu download dan install
  • Layanan dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna

Infrastructure as a Service (IaaS)

Merupakan jenis layanan yang menyajikan penyewaan insfrasturktur dari sistem operasi dan perangkatnya yang dapat diakses melalui IP.Salah satu contoh populer sistem IaaS adalah Microsoft Azure dan IBM Cloud.

Keuntungan menggunakan IaaS:

  • Infrastruktur dapat dikembangkan sesuai kebutuhan Anda
  • Tak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya investasi untuk hadrware
  • Tidak perlu memikirkan biaya maintanance / perawatan hardware
  • Fleksible dapat diakses di mana saja
  • Memiliki layanan inovatif sesuai kebutuhan

Platform as a Service (PaaS)

Adalah salah satu jenis layanan cloud yang menyedialn platform untuk membangun aplikasi, Hampir mirip dengan SaaS yang menawarkan penggunaan aplikasi, PaaS ini hadir sekaligus untuk dapat membuat sebuah aplikasi dan menyebarkannya melalui internet. Contoh model layanan ini adalah Heroku dan Force.com.

Keuntungan menggunakan layanan PaaS:

  • Dapat dengan cepat membangun aplikasi dan memasarkannya
  • Mengurangi kompleksitas dengan memanfaatkan layanan middleware ini
  • Deploy aplikasi web ke cloud dalam hitungan menit.

Arsitektur dari teknologi Cloud

Teknologi cloud computing ini terdiri dari dua komponen utama yaitu komponen front end dan back end. Front end meliputi klien yang mengakses teknologi ini melalui web browser. Sementara untuk back end merupakan teknologi cloud itu sendiri, dimana semua resource layanan berada di back end yang terdiri dari virtual machine, server, penyimpanan datan, mekanisme keamanan.

Teknologi cloud kemudian mendistribusikan segala sistem dan file tersebut ke harddiskd an machine yang tersebar di banyak tempat. Tidak ada data yang tersebar hanya dalam satu komputer, sehingga ketika Anda mengalami kegagalan akses, akan dialihkan ke tempat penyimpanan lain.

Keamanan Teknologi Cloud Computing

Salah satu yang menjadi banyak pertimbangan orang dan perusahaan belum menggunakan teknologi cloud adalah di bagian masalah keamanannya. Data dan aplikasi yang tersimpan entah di mana tersebut membuat kekhawatiran tersendiri bagi beberapa orang dan pemilik bisnis.

Sebenarnya mengenai kemanan ini, teknologi cloud memiliki kemananan yang sangat baik. Tentu saja ini bergantung kepada vendor pemilik layanan cloud. Pemilik jasa layanan cloud yang baik tidak akan menempatkan kemananan di nomor sekian, keamanan menjadi salah satu hal utama yang penting.

Tanggung jawab keamann tidak hanya berada di tim security, namun juga dilakukan oleh tim operasional dan Devops. Sehingga keamanan data dan sistem Anda pasti terjamin. Untuk menghindari resiko keamanan, pihak pemilik layanan cloud biasanya juga menerapkan beberapa layer kemanan di masing-masing level dari mulai sistem operasi hingga data center. Sehingga urusan kemanan ini bukan jadi hal yang perlu di khawatirkan lagi.

Seberapa penting menerapkan teknologi Cloud?

Menerapkan teknologi cloud ini dapat membuat Anda mengurangi biaya pembangunan sebuah sistem infrastruktur IT di perusahaan Anda.  Selain itu Anda juga dapat melakukan efisiensi dengan segala kemudahan aksesbilitas, biaya yang lebih rendah, keamanan, dan recovery jika terjadi bencana.

Teknologi cloud juga penting dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas dari bisnis Anda, sebab energi dan fokus bisa tetap ke proses bisnis, tanpa harus memikirkan infrastruktur dan hal teknis.

Seperti apa masa depan teknologi cloud

Saat ini teknologi cloud masih dalam tahap awal proses adopsi meskipun sudah cukup lama digunakan. Namun masa depan pemanfaatan teknologi cloud ini cukup cerah dan terus berkembang. Ke depannya teknologi cloud tak hanya menawarkan biaya yang lebih rendah dibanding membangun infrastruktur fisik, namun juga menawarkan transformasi digital bagi para pengguna.

Tak hanya membantu dalam proses bisnis, cloud computing  juga dapat dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah masa depan, seperti mengelola big data, mengurusi keamanan cyber, dan kontrol kualitas. Teknologi juga kedepan mulai mengarah ke pemanfaatan cloud, seperti AI dan automation.

Semua perkembangan ini tentu dilakukan untuk transformasi teknologi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Jadi apakah perusahaan dan bisnis Anda sudah memanfaatkan teknologi cloud saat ini?

Bagaimana cara menerapkan teknologi Cloud?

Teknologi cloud merupakan salah satu revolusi dalam dunia bisnis. Teknologi ini membuat perusahaan dapat mengakses data dan aplikasi tanpa perlu menyimpan di komputer, semua di akses secara remote dengan internet.

Perusahaan dapat menghemat segala biaya dengan memanfaatkan teknologi ini. Pada artikel kali ini kami akan mengulas bagaimana cara menerapkan teknologi cloud di perusahaan Anda. Apa saja yang perlu dipertimbangan, dipersiapkan, dan dilakukan.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknologi cloud

Sebelum melakukan berpindah ke cloud, Anda perlu memahami kelebihdan dan kekurangan dari teknologi ini.

Kelebihan dari teknologi cloud:

  • Tidak membutuhkan komputer dengan tenaga dan spesifikasi tinggi dan mahal
  • Tidak perlu akses ke hard disk untuk menjalankan program
  • Dapat mengakses aplikasi dan data di mana dan kapan saja
  • Menjadi solusi ekonomis bagi perusahaan atau individu
  • Murah dan hemat karena tidak perlu melakukan penggandaan komputer dan data center
  • Ramah lingkungan sebab Anda tidak perlu banyak perangkat dan daya untuk menjalankan sistem. Semua dapat diakses melalui internet.

Kekurangan dari teknologi cloud:

  • Membutuhkan koneksi yang cepat. Teknologi cloud ini memang sangat bergantung terhadap internet.
  • Kecepatan akses bisa melambat jika terlalu banyak user yang mengakses dalam waktu bersamaan
  • Informasi ada kemungkinan jadi tidak aman
  • Program/aplikasi di cloud mungkin menjadi tidak full version artinya belum semua fitur terpenuhi

Dari kelebihan dan kekurangan ini, dapat dilakukan pengecekan apakah teknologi cloud menjadi solusi yang terbaik untuk perusahaan Anda?

Langkah untuk menerapkan teknolgi cloud

Jika sudah yakin dan mantab untuk menerapkan teknologi cloud, Anda perlu menyiapkan strategi untuk mengembangkan teknologi ini yang paling pas. Untuk memperoleh strategi paling jitu, Anda perlu cek bisnis Anda sendiri dan melihat inti dari aktivitas bisnis tersebut, menemukan masalah-masalah dalam proses bisnis, dan akhirnya menentukan aplikasi apa yang ingin difokuskan dan dibutuhkan.

Setelah menemukan masalah dan aplikasi yang dibutuhkan,jangan lupa untuk kemudian menganalisa kebutuhan solusi cloud apa yang perlu dimiliki dengan tim Anda. Anda dapat menyusun pertanyaan seperti kebutuhan aplikasi apa yang paling penting, kebutuhan bandwith, aturan dan pembiayaan, lalu siapa yang akan mengatur dan bertanggung jawab terhadap teknologi cloud ini.

Jika sudah terjawab bersama tim, maka selanjutnya Anda perlu berdiskusi dengan penyedia layanan cloud tentang kebutuhan Anda. Perhatikan juga fasilitas dan layanan yang mereka berikan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Selain itu juga perlu untuk cek kualitas layanan disaster recovery nya, kemanan, biaya, kemungkinan untuk upgrade, dan teknologi yang mereka tawarkan.

Berikut ini kami ulas lebih lengkap tentang langkah mengimplementasikan teknologi cloud secara detail.

  1. Buatlah sebuah rencana strategi implementasi secara detail

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah membuat rencana untuk implementasi sistem cloud. Sebagai sistem yang baru tentu Anda tidak bisa asal-asalan pasang saja. Apalagi biaya untuk awal biasanya relatif tidak kecil.

Dengan memiliki rencana yang matang, Anda dapat menghemat waktu kedepannya selama proses implementasi, sebab tinggal mengikuti rencana dan strategi yang sudah disusun sebelumnya. Apa saja yang perlu direncanakan, kurang lebih berikut ini kami jabarkan:

  1. Set up awal

Area dan poin-poin yang perlu direncanakan untuk penerapan implementasi teknologi cloud adalah:

  • Siapa yang akan bertanggung jawab dan selanjutnya akan mengontrol proses implementasi dari teknologi cloud ini
  • Bagaimana insfrastruktur teknologi cloud dapat bekerja mendukung bisnis Anda, bagaimana cara kontrol, bagaimana perjalanan datanya, serta bagaimana module dari sistem bekerja. Anda perlu memahami ini untuk mengetahui bagaimana konfigurasi .
  • Transfer data

Selain melakukan setu up awal, Anda perlu memperhatikan bagimana nanti proses data transfer, dari komputer dan hard disk yang biasa untuk menyimpan dialihkan ke cloud. Proses data transfer ini artinya Anda perlu upload semua data ke internet.

Meskipun pekerjaannya hanya upload data saja, tapi ini juga memakan waktu. Sehingga Anda benar-benar harus memastikan melakukan pekerjaan ini dengan efisien. Untuk itu Anda perlu merencanakan proses transfer data ini dan menerapkan beberapa strategi misalnya membatasi data yang diupload dalam data serta hanya mengupload data yang prioritas saja.

  • Training

Langkah ini tidak bisa diabaikan, Anda perlu mengajari tim dan karyawan Anda untuk dapat memahami penggunaan sistem cloud yang baru. Perlihatkan dan miliki sebuah dokumentasi khusus untuk mempermudah pekerjaan training ini.

Oleh karena itu Anda perlu memasukan proses ini dalam rencana Anda sebab menjadi salah satu bagian penting dalam proses migrasi teknologi cloud. Sudah memiliki teknologi terbaru yang mempermudah pekerjaan, tapi malah karyawan tidak bisa memanfaatkan secara maksimal, tentu Anda tak ingin terjadi hal tersebut bukan?

  • Tentukan prioritas siapa yang akan menggunakan teknologi ini

Ini berlaku jika perusahaan Anda besar dan memiliki beberapa departemen. Anda perlu menganalisis dan menentukan rencana, departemen mana dulu yang akan melakukan migrasi teknologi. Dengan membuat plan prioritas seperti ini dapat membuat Anda menghemat biaya di awal migrasi, sebab tidak langsung semua pindah teknologi.

  • Waktu pelaksanaan

Jangan sampai membuang banyak waktu selama proses implementasi. Jadwalkan dan buat deadline untuk masing-masing langkah implementasi. Pastikan juga ada penanggung jawab yang mengontrol waktu pelaksanaan ini berjalan sesuai dengan rencana.

  • Mulai melakukan implementasi

Setelah memiliki rencana yang sudah detail dan jelas, Anda bisa langsung memulai proses implementasi. Anda biasanya akan dibantu oleh tim penyedia layanan teknologi cloud, jangan segan untuk bertanya jika ada kesulitan.

  • Proses training ke karyawan tentang bagaimana menggunakan aplikasi

Proses training ini sangat penting agar pemanfaatan teknologi cloud bisa berjalan secara optimal. Anda perlu memastikan setiap karyawan dapat menggunakan software dan teknologi cloud, bahkan jika memungkinkan lakukan costum fitur-fitur yang ada untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Jangan lupa untuk membuat dokumentasi dan tanyakan feedback karyawan Anda untuk mengetahui keberhasilan training dan memastikan pemanfaatan teknologi ini merupakan solusi yang tepat untuk mereka. Dan tentu saja lakukan evaluasi di akhir training.

Itulah bagaimana langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai bermigrasi menggunakan teknologi cloud. Tentu akan ada banyak tantangan yang muncul ketika baru membuat sebuah perubahan, namun mengingat keuntungan yang didapat dengan memanfaatkan teknologi ini tentu semua usaha menjadi sebanding.

Satu yang penting untuk Anda ingat bahwa selama proses eksekusi rencana hingga evaluasi Anda dapat meminta bantuan dan berdiskusi dengan penyedia layanan cloud yang Anda sewa.

Biasanya mereka memiliki layanan pelanggan yang biasa mengatasi proses migrasi seperti ini. Dengan pengalaman industri dan kemampuan teknisnya, Anda dapat mendapatkan solusi dan langkah-langkah yang tepat ketika menemui masalah selama proses migrasi.

Keunggulan dan Alasan Mengapa Harus Menggunakan Teknologi Cloud

Teknologi cloud sudah hadir sejak dua dekade ini, ketika pertama kali muncul di awal tahun 2000an. Konsep yang ditawarkan teknologi ini memang sangat menarik dan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis.

Dari sisi biaya, teknologi cloud dapat memberikan keuntungan sebab biaya yang lebih rendah dibanding membangun sebuah infrastruktur sendiri.

Menurut data dari International Data Group, sebanyak 69% bisnis saat ini sudah menggunakan teknologi cloud, sementara 18% sudah berencana menerapkan teknologi ini. Data dari Dell menyatakan perusahaan yang menginvestasikan pada teknologi cloud, big data, mobility dan keamanan sistem dapat menikmati kenaikan pendapatan hingga 53%.

Data dari penelita tersebut menunjukan bahwa menerapkan teknologi pada bisnis dan industri dapat meningkatkan pendapatan. Selain itu tentu saja dapat membuat proses kerja menjadi lebih efisien.

Keunggulan menggunakan teknologi cloud computing

Cloud computing saat ini memang sudah makin meluas dan berkembang. Hadirnya teknologi ini menjawab kebutuhan individu maupun bisnis yang cukup kesulitan untuk menyimpan informasi penting baik berupa data, sistem, aplikasi pada komputer servernya sendiri. Dari mulai tuntutan untuk perawatan dan update yang biayanya tidak mudah. Belum lagi menjaga kemanan datanya yang bisa dibobol sewaktu-waktu.

Hadirnya teknologi cloud memberikan jawaban terhadap masalah tersebut. Teknologi ini membuat orang bisa fokus terhadap proses bisnis dan mempercayakan penuh terkait server, aplikasi, dan segala perawatannya kepada layanan cloud.

Secara lebih lengkap kami akan bagikan keunggulan lain secara detail mengapa Anda perlu menggunakan teknologi cloud, baik untuk individu maupun bisnis.

Penghematan Biaya

Mungkin saat ini Anda cukup khawatir dengan harga yang harus dibayarkan ketika harus melakukan migrasi ke teknologi cloud. Namun Anda perlu mengingat bahwa banyak sekali keunggulan dan keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan memanfaatkan teknologi ini.

Jangan terbuai dengan harga awal yang memang cukup besar, namun perhatikan bagaimana bisnis Anda dapat ROI jika memanfaatkan teknologi cloud dengan segala kelebihannya. Apalagi saat ini banyak vendor penyedia layanan cloud yang menawarkan paket pembayaran sesuai yang Anda butuhkan, jadi bisa lebih efisien dalam pemanfaatan biaya dan fiturnya.

Fleksibel

Jika fokus dan konsentrasi Anda saat ini harus terpecah dengan kebutuhan solusi IT, komputer dan masalah-maslaah data penyimpanan, sepertinya memang teknologi cloud sangat tepat untuk digunakan.

Menyerahkan masalah tersebut kepada ahlinya ke penyedia layanan cloud dapat membuat fokus Anda bisa kembali ke hal-hal penting misalnya mengurusi peningkatan revenue dan perkembangan bisnis. Apalagi dengan kemampuan teknologi cloud yang fleksibel bisa dikembangkan sesuai kebutuhan Anda.

Aman

Banyak organisasi bisnis atau orang yang hendak migrasi ke teknologi cloud khawatir terhadap keamanan datanya. Bagaimana bisa percaya jika data berada di antah berantah.

Nah menjawab hal tersebut, sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana cara penyedia layanan cloud menjaga kemanan sistemnya.

Tugas utama dari penyedia layanan cloud adalah menjaga keamanan sistem dan datanya. Data dari RapidScale menyatakan bahwa 94% bisnis mengalami peningkatan dari sisi kemanan setelah migrasi ke teknologi cloud, 91% menyatakan bahwa teknologi cloud memudahkan mereke memenuhi kebutuhan.

Meningkatkan dan mendukung kolaborasi tim

Teknologi cloud computing membuat kolaborasi menjadi hal yang mudah dilakukan. Antar anggota tim dapat melihat dan membagikan informasi dan data secara cepat, mudah, aman, dan real time. Sehingga proses kolaborasi secara efektif dapat terjadi memaksimalkan kinerja dan hasilnya.

Insight

Memanfaatakan teknologi cloud dapat membuat Anda memperoleh insight dan analitik dari semua data yang tersimpan. Anda dapat dengan mudah melakukan mekanisme track,  mendapatkan dan membuat report dengan cepat untuk dianalisis.

Dengan memanfaatkan kemudahan insight dari cloud ini Anda dapat meningkatkan efisiensi dan secara cepat dapat membuat keputusan strategis berdasarkan data yang valid untuk mencapai tujuan bisnis.

Disaster Recovery System

Salah satu faktor yang berkontribusi pada kesuksesan sebuah bisnis adalah adanya kontrol. Sayangnya ada beberapa hal yang tidak bisa dikontrol, misalnya adanya bencana. Hal tersebut merupakan sesuatu yang diluar kontrol.

Namun Anda tetap bisa mengantisipasinya dengan membuat sebuah langkah-langkah dan sistem untuk recovery agar ketika mungkin bencana terjadi, maka langkah perbaikannya bisa cepat.

Teknologi cloud computing hadir menawarkan salah satu keunggulannya yaitu disaster recovery system. Anda dapat melakukan recovery dari semua skenario emergensi salah satunya bencana secara cepat.

Menghindari kehilangan Data

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan teknologi cloud, maka semua data penting Anda akan berada di cloud. Hal tersebut memberikan kemanan dan kemungkinan kehilangan data menjadi sangat kecil dibandingkan menyimpannya di hardware lokal selama ini.

Ketika tidak memanfaatkan teknologi cloud, kemungkinan Anda kehilangan data menjadi lebih besar, entah dari infeksi virus, kerusakan hardware karena usia, atau hanya karena human error. Teknologi cloud dapat mengantisipasi semua kemungkinan hilang data tersebut dan melakukan recovery jika terdapat data yang  hilang atau tak sengaja terhapus.

Quality Control

Menyimpan data di cloud membuat Anda dapat memiliki data yang konsisten dengan semua orang bisa mengakses dalam waktu yang sama. Sehingga Anda dapat dengan mudah menjaga konsistensi data, melakukan revisi, dan menghindari human error.

Sistem quality control dapat terjaga dengan baik ketika menggunakan teknologi cloud computing.

Update software secara otomatis

Bagi Anda yang pernah mengalaminya, tentu tahu bagaimana proses update software dan sistem operasi itu sangat membutuhkan waktu karena harus ditunggu. Teknologi cloud menjawab masalah tersebut dengan memberikan update software secara otomatis. Ini tentu sangat menghemat biaya dan waktu bagi tim IT di perusahaan Anda.

Menurut data dari PCWorld pengguna teknologi cloud 50% membutuhkan lebih sedikit sumber daya manusia di bidang IT sebagai efek manfaat dari menggunakan teknologi ini.

Kemudahan akses mobile

Teknologi cloud memungkinkan akses data dan aplikasi melalui perangkat mobile baik smartphone atau tablet. Besarnya pengguna perangkat smartphone di dunia saat ini membuat pemanfaatan teknologi cloud sangat pas. Staff bisnis Anda yang harus sering keluar kantor bisa tetap mengakses data dan menggunakan aplikasi di smartphone. Update data juga  bisa langsung dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Suistainbility

Infrastruktur cloud mendukung suistainbility atau keberlangsungan lingkungan dengan layanan virtualnya yang dapat mengurangi produk hardware secara fisik, penggunaan kertas, dan efisiensi energi dan daya listrik untuk menghidupkan server offline. Semua cukup bisa diakses melalui internet dan diakses dimana saja kapan saja melalui perangkat mobile.

Data dari penelitian Pike menyatakan bahwa prediksi kedepan konsumsi daya untuk data center bisa turun hingga 31% disebabkan oleh pemanfaatan teknologi cloud ini.

Itulah 10 keunggulan yang diberikan oleh teknologi cloud yang dapat Anda rasakan manfaatnya. Segala keunggulan ini dapat menjadi alasan kuat mengapa perlu migrasi ke teknologi cloud secepatnya bukan?

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh