SEO Dan Cuplikan Unggulan

Tim Soulo mengungkapkan sebuah studi yang dilakukan Ahrefs terhadap cuplikan unggulan atau biasa disebut Featured Snippets.

Tentu hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi para penyedia jasa SEO di berbagai kota seperti jasa SEO semarang, yogyakarta, dan kota lainnya.

Tim mengungkapkan bahwa kita sekarang sedang berada ditengah keadaan dimana para peramal SEO telah memprediksi akan terjadi keadaan ini pada 3 tahun yang lalu.

Google secara aktif selalu meninkatkan cuplikan unggulan untuk ruang lingkup yang lebih luas dalam kolom pencarian karena mereka ingin menyajikan jawaban secara lebih cepat kepada orang-orang yang menggunakan mesin pencari tersebut.

Ppara pakar SEO pun tentunya tertarik dengan kesempatan ini, karena cuplikan unggulan ini memerikan peluang untuk halaman dengan ranking yang rendah untuk meningkatkan rankingnya ke peringkat atas dengan hampir tanpa usaha berarti.

Apa itu Featured Snippet (Cuplikan Unggulan)?

Cuplikan Unggulan (biasa disebut Answer Box / Featured Snippet) adalah jawaban yang disediakan oleh google setelah kita mengetik apa yang mau kita cari di kolom pencarian. Cuplikan unggulan ini diahttps://undercover.co.id/l dari satu dari halaman dengan ranking halaman paling tinggi dan termasuk judul halaman dan url yang disediakan. Berikut contohnya:

Mengapa menarik untuk mempelajari cuplikan unggulan

Jika halaman yang kamu kelola berada di ranking berapapun dalam hasil 10 teratas pencarian Google, tentu kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan “#0 spot”, yakni cuplikan atau halaman unggulan. Bagian terbaiknya adalah, jumlah usaha yang perlu dilakukan untuk masuk kedalam cuplikan unggulan ini adalah nyaris nol (ya, cukup keberuntungan)

Misalkan, halaman yang kamu kelola menempati urutan 7 pada keyword tertentu. Untuk meningkatkan ranking tersebut, tentu akan menyulitkan dan berjalan lambat. Namun, jika ada kesempatan dengan cuplikan unggulan, kamu dapat mencapai halaman teratas hampir secara instan hanya dengan beberapa penyesuaian pada halaman yang kamu kelola.

Berikut adalah daa Ahrefs tentang cuplikan unggulan ini dan bagaimana memanfaatkan kesempatan emas ini:

 

Jasa
  1. Berapa banyak kolom pencarian yang memiliki cuplikan unggulan?

Berdasarkan penelitian, 12.29% dari pencarian yang pernah dilakukan memiliki cuplikan unggulan pada setiap hasil pencariannya.

 

  1. Apakah cuplikan unggulan meningkatkan jumlah klik?

Tidak! Sayangnya, saat halaman yang dijadikan cuplikan unggulan berada pada posisi pertama, itu hanya mendapatkan kurang lebih 8.6% klik rata-rata, sedangkan halaman alinnya memiliki presentasi yang lebih besar, yakni sekitar 19.6% klik. Bahkan, jika ranking 1-nya bukan cuplikan unggulan, halaman tersebut akan mendapatkan kurang lebih 26% dari semua klik.

 

  1. Ranking berapakah yang paling sering muncul pada cuplikan unggulan?

Pada eksperimen ini, Ahrefs hanya melihat kolom pencarian dimana cuplikan unggulan berada di ranking teratas pada keyword tersebut. namun, seberapa sering kejadian ini terjadi?

Jasa

Hanya 30.9% dari cuplikan unggulan yang berawal dari ranking satu google. Mayoritas cuplikan unggulan datang dari 5 teratas hasil pencarian.

 

 

  1. Apakah ranking 10 besar perlu untuk menjadi “unggulan”?

Berdasarkan data Ahrefs, 99.58% positif bahwa Google hanya mengunggulkan halaman yang ada di ranking 10 besar sebuah keyword. Namun, jika kamu bertanya darimana sisanya, maka jawabannya adalah muncul dari fitur SERP lainnya, seperti kotak jawaban. Jadi, hal ini membuktikan tidak ada cara lain untuk membuat halamanmu masuk ke cuplikan unggulan selain memasukkan halaman tersebut ke 10 besar keyword terkait.

  1. Apakah sinyal backlink membantu untuk mendapatkan cuplikan unggulan?

Untuk setiap kolom pencarian, tim peneliti membandingkan pengukur backlink antara halaman unggulan melawan nilai tengah diantara kesepuluh hasil lainnya. Dalam kasus yang terjadi kebanyakan, parameter backlink URL unggulan terlihat sama saja dengan halaman lainnya. Jadi, Google tidak mengunggulkan halaman dengan backlink terbanyak pada 10 besar hasil pencarian.

Jasa

 

 

  1. Seberapa banyak cuplikan unggulan yang bisa didapatkan untuk satu halaman?

Ternyata, halaman dengan performa terbaik pada database Ahrefs memiliki 4,658 cuplikan unggulan! Berikut list-nya:

  1. (4658)
  2. (3159) healthline.com/health/rashes
  3. (3130) webmd.com/pain-management/guide/whats-causing-my-chest-pain
  4. (3055)
  5. (2993)
  6. (2918) savethestudent.org/make-money/10-quick-cash-injections.html
  7. (2354) onlinevideoconverter.com/mp3-converter
  8. (2289)
  9. (2167) healthline.com/health/raised-skin-bump
  10. (2150) rush.edu/health-wellness/quick-guides/what-is-a-healthy-weight

 

  1. Kolom pencarian apakah yang memicu konten unggulan?

Faktanya, Google hanya peduli untuk menampilkan konten unggulan jika keyword yang digunakan merupakan keyword populr. Namun, hal ini berubah ketika terpicu oleh keyword yang panjang.

Jasa

 

  1. Kata apa yang paling memicu cuplikan unggulan?

Itu adalah 30 kata yang paling banyak ditemui dalam kolom pencarian yang memunculkan cuplikan unggulan. Untuk jenis kalimat, yang paling sering memunculkan kutipan unggulan adalah jenis pencarian dengan kalimat tanya (19.2%).

  1. Situs apa yang paling sering masuk kolom cuplikan unggulan?

Tentunya, Wikipedia berada di peringkat keatas sebagai situs yang paling sering ditampilkan pada cuplikan unggulan. Berikut 20 situs terbaik dalam memasuki cuplikan unggulan:

 

 

  1. Seberapa sering Google mengubah cuplikan unggulannya?

Dalam penlitian berdasakan 10 ribu sampel keyword paling sering dicari dengan cuplikan unggulan di Amerika Serikat, berikut hasilnya (dalam 4 bulan).

 

Menarik sekali, bukan? Pembahasan terhadap cuplikan unggulan atau featured snippet ini tentu menjadi alternatif bagi situs-situs yang memiliki konten banyak dan ingin meningkatkan visibilitas situs mereka dengan trik ini. Selamat mencoba untuk penyedia jasa SEO semarang dan kota-kota lainnya! Jasa SEO Semarang Harus Tahu Studi Tentang Cuplikan Unggulan Ini

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!