Digital Marketing Untuk Bisnis Travel Agent

Manfaat dan Tips Berjualan Via Digital Marketing Untuk Bisnis Travel Agent

Saat anda berencana untuk membangun bisnis, jika anda merupakan seseorang yang menyukai perjalanan, perencanaan yang cermat, dan membantu orang lain mendapatkan pengalaman yang luar biasa, maka pertimbangkan untuk membangun bisnis travel agent. Agar bisnis ini sukses, maka anda harus memfokuskan banyak upaya ke dalam riset pasar, branding dan pemasaran bisnis anda.

Cara Membangun Bisnis Travel

  1. Rencana Bisnis Travel Agent

Menulis rencana bisnis ini umtuk membantu bisnis anda tumbuh lebih cepat, jadi jangan sampai melewatkan langkah ini. Jenis rencana bisnis yang anda perlukan akan bervariasi tergantung pada jenis pendanaan yang anda cari. Misalnya anda berniat untuk mengajukan ide bisnis kepada pemberi pinjaman dan investor, maka anda dapat memulai dengan rencana yang matang. Namun sebelumnya, anda harus merencanakan niche bisnis anda, target market dan strategi promosi yang natinya akan kalian lakukan.

  • Riset dan Temukan Niche Bisnis Anda

Selanjutnya, anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui agen perjalanan atau bisnis perjalanan seperti apa yang benar-benar dibutuhkan pasar. Mungkin ada pembukaan di pasar tavel agent untuk menyediakan tujuan bulan madu, bagi pasangan muda yang lebih suka pergi backpacking daripada bersantai di pantai. Pikirkan juga tentang orang-orang di komunitas lokal anda, misalnya mereka membutuhkan sesuatu yang spesifik. Kemudian tentukan niche apa yang akan anda isi. Mulailah dengan meneliti pasar travel agent secara umum. Cari tahu siapa pesaing yang akan menjadi lawan, tentukan siapa pelanggan ideal anda serta tentukan apa yang mereka inginkan.

  • Ciptakan Merek yang Kuat

Setelah anda menentukan seperti apa pasar dan niche spesifik apa yang akan anda isi. Maka penting untuk memahami seluk beluk menciptakan citra merek yang kuat .Karena industri perjalanan sangat kompetitif, memiliki merek yang berkembang dengan baik akan membantu bisnis anda menonjol. Ini adalah langkah pertama dalam menentukan strategi merek bisnis travel agent anda untuk menentukan siapa anda. Anda perlu mengetahui alasan pelanggan harus menggunakan layanan anda, daripada hanya memesan perjalanan sendiri. Pengalaman apa yang bisa anda berikan yang tidak bisa diberikan pesaing bisnis anda.

  • Pendanaan Bisnis Travel Agent

Pastikan anda memiliki rencana tentang bagaimana anda akan mendapatkan pendanaan bisnis travel agent. Anggaran pendanaan awal anda kemungkinan akan digunakan untuk merek, menyewa ruang kantor dan mempekerjakan karyawan. Hal ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu anda juga membutuhkan biaya untuk materi pemasaran paling baik online seperti website bisnis Anda, maupun offline seperti flyer, poster, kartu nama, dan lainnya. Anda mungkin juga dapat menggunakan dana pribadi untuk pendanaan modal. Tidak sedikit travel agent yang mendanai sendiri, karena mereka memiliki overhead awal yang rendah dan dapat dimulai dengan cukup mudah, meskipun menghadapi persaingan yang ketat untuk menonjol.

  • Lokasi Bisnis Travel Agent

Dalam menentukan lokasi bisnis travel agent, sebaiknya memilih tempat yang mengakomodasi kebutuhan ruang anda serta mencerminkan citra merek yang anda inginkan. Meskipun lalu lintas pejalan kaki, kemungkinan besar tidak akan menjadi motivator utama dalam memilih lokasi bisnis tersebut.

  • Lisensi Untuk Bisnis Travel Agent

Bisnis perjalanan, sebagian besar adalah bisnis yang cukup sederhana untuk didirikan. Tidak seperti memulai bisnis apotek, tidak ada banyak birokrasi legal dalam hal menjadi travel agent dan memulai bisnis perjalanan. Kemudian tanyakan apakah memerlukan lisensi. Di sebagian besar lokasi, anda tidak memerlukan lisensi atau sertifikasi khusus, tetapi persyaratan lisensi akan berbeda di setiap negara bagian dan negara.

Manfaat dan Tips Berjualan Via Google Bisnisku Untuk Bisnis Travel Agent

Jasa

Google Bisnisku memainkan peran penting dalam optimasi pencarian lokal. Sehingga Profil Bisnis anda dapat memperoleh tempat di cantuman bisnis lokal teratas di hasil penelusuran organik, bahkan lebih baik lagi naik peringkat menjadi yang tertinggi di Google Maps. Jadi, ada banyak hal yang dapat anda lakukan dengan Google Bisnisku, asalkan anda memiliki kepemilikan atas cantuman anda. Dengan akses ke setiap fitur maka anda dapat menyempurnakan Profil Bisnis anda. Hal ini dapat dengan cepat mengubah para pencari online menjadi pemesan. Terdapat beberapa tips berjualan via Google Bisnisku untuk bisnis travel agent yang dapat anda lakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Menyiapkan dan Mengoptimalkan Profil Anda

Hal pertama untuk pengoptimalan Google Bisnisku adalah memasukkan informasi selengkap mungkin. Sangat penting untuk tidak melewatkan langkah apa pun karena daftar lengkap adalah daftar teratas di hasil pencarian google nanti. Selain itu, semakin detail informasi bisnis anda maka semakin baik. Sehingga wisatawan dapat mengetahui semua yang perlu mereka ketahui di satu tempat. Saat mendaftar ke cantuman Google Bisnisku, anda perlu memasukkan beberapa informasi untuk memulai. Ini termasuk detail seperti nama bisnis anda, alamat fisik, situs web, media sosial, jam kerja, deskripsi bisnis, foto, video, ulasan sejawat, metode pembayaran yang diterima dan lain sebagainya. Semua itu untuk membantu pengguna internet dan Google untuk mengenal bisnis travel agent anda lebih baik. Selanjutnya, Anda perlu menambahkan kategori dan deskripsi bisnis. Bagian ini penting untuk dilakukan dengan benar agar Google tahu persis cara membantu wisatawan menemukan bisnis anda di penelusuran. Pastikan untuk menghindari menjejalkan deskripsi ini dengan kata kunci, karena dapat memengaruhi peringkat secara negatif. Setelah itu, ke detail kontak telepon dan URL situs web anda. Setelah semua informasi itu masuk, maka anda perlu memverifikasi bisnis yang anda jalani.

  • Memverifikasi Pendaftaran Anda

Verifikasi oleh Google sering dilakukan dengan mengirimkan kartu pos kepada anda melalui surat. Setelah menerima dari layanan pos, anda akan menemukan kode otentikasi unik di dalamnya untuk masuk secara online dan memverifikasi pendaftaran. Sekarang setelah anda memverifikasi profil anda dan sedang online, sebaiknya lihat kembali informasi yang telah anda masukkan sebelumnya dan pastikan semuanya benar.

  • Tambahkan Gambar dan Video

Selain deskripsi bisnis, anda juga dapat menambahkan gambar dan video ke profil anda. Bahkan, sangat disarankan untuk menambahkan foto karena cantuman dengan foto melihat tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi. Anda juga dapat menambahkan video tour pendek yang berkaitan dengan layanan yang anda lakukan. Hal ini akan membantu calon pelanggan membayangkan memiliki pengalaman, dan menghindari ketakutan yang mereka pikirkan. Foto dan video dengan kualitas tinggi lebih baik. Selama anda memasang konten, maka calon pelanggan akan melihat.

  • Minta Ulasan Google

Google merupakan platform ulasan terbaik untuk operator tour. Karena ulasan Google meningkatkan peringkat pencarian. Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi berdasarkan kebaruan, frekuensi dan kualitas agent travel yang anda tawarkan. Selain itu, wisatawan lebih cenderung memercayai bisnis agent travel dengan ulasan positif pada daftar dan peringkat rata-rata 4 bintang ke atas. Anda bisa mendapatkan lebih banyak Ulasan Google dengan menyebutkannya di akhir tour dengan meminta ulasan pelanggan anda. Ingatlah untuk menanggapi ulasan baik positif maupun negatif, karena itu menunjukkan komitmen anda terhadap kepuasan pelanggan.

Jasa
  • Ambil Pemesanan di Google

Pesan dengan Google relatif baru di Google Bisnisku. Saat ini, industri wisata juga memiliki akses ke fitur luar biasa ini. Dengan integrasi Pesan dengan Google, calon pelanggan akan melihat ketersediaan real time anda di Profil Bisnis dan dapat maju secara intuitif melalui langkah-langkah pemesanan tanpa menavigasi ke tempat lain. Bagi anda sendiri dapat melacak pemesanan ini di dasbor reservasi anda, sementara inventaris anda diperbarui secara otomatis.

  • Lihat Wawasan Cantuman Google

Platform pemasaran digital apa pun yang anda pilih, penting untuk melacak dan menganalisis hasil konten dan profil bisnis anda. Mengenai cantuman ini, mudah untuk melakukannya di panel Wawasan. Di sana, anda dapat melihat total pencarian, cara pengguna Google menemukan cantuman anda, di mana mereka melihat bisnis anda tindakan apa yang mereka ambil dan lain sebagainya. Dengan menggunakan data ini, maka anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang perilaku tamu, mencari tahu apa yang akan anda lakukan dengan baik dan cara terus mengoptimalkan cantuman Google Bisnisku.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!