Yang Harus Dilakukan Di Website

Jasa

undercover.co.id – Tetapi dunia internet penuh dengan situs yang mengerikan. Meski sudah punya situs, tak berarti urusan selesai; ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan di dalam pembuatan situs untuk usaha.

Kita tidak hanya berbicara tentang desain. Ada banyak elemen lain selain tampilan situs web customer-friendly , tapi juga harus bisa menginspirasi pelanggan untuk benar-benar mau menggunakan produk atau jasa Anda.

NOTE : Di beberapa artikel sebelumnya, kami sudah membahas tentang situs untuk usaha , dan pentingnya situs untuk kemajuan bisnis Anda.

Dari informasi kontak yang lengkap sampai dengan testimoni pelanggan, berikut ini adalah 10 hal penting yang harus dimiliki setiap situs web bisnis kecil, agar dapat membantu Anda melakukan bisnis secara efektif.

10 Hal Penting Yang Harus Dimiliki Setiap Website

  1. Deskripsi yang jelas tentang siapa Anda dan bisnis Anda
    Seseorang yang mampir ke dalam situs web Anda tidak boleh bersusah payah mencari informasi tentang Anda. Lagipula, bukankah ini fungsinya punya situs?

Memberi deskripsi yang jelas berarti menyatakan nama Anda, bisnis Anda, serta memberikan informasi yang lengkap dan jelas soal produk atau jasa Anda.

Katakan kepada orang-orang bahwa situs Anda adalah situs web yang benar-benar mereka cari dan butuhkan. Penjelasan yang jelas akan menarik perhatian pengunjung dalam waktu 2-3 detik, dan mendorong mereka untuk tetap berada di situs web Anda lebih lama.

Jika bisa, tambahkan latar belakang atau sedikit cerita tentang bagaimana bisnis Anda bermula. Sedikit cerita selalu mampu menambah kepercayaan konsumen tentang bisnis Anda.

baca juga

  1. Sebuah alamat situs yang mudah diingat
    Yang simpel jangan dibuat rumit.

Nama domain Anda harus seperti merek Anda. Pengguna harus bisa mengetikkannya dengan mudah di browser Web atau alamat e-mail. Yang mudah diketik biasanya yang pengucapan dan penulisannya sama.

Atau, jika alamat situs Anda sudah yang menggunakan, carilah domain yang berupa kata kunci. Misalnya jasapembuatanweb.com.

Kami selalu merekomendasikan domain .com karena pengguna sudah terbiasa mengetikkan .com sebagai ekstensi. Untuk organisasi atau non profit, kami biasanya menyarankan menggunakan domain .org untuk tujuan branding, tetapi kami juga masih merekomendasikan versi .com dari domain, karena pengguna secara tidak sengaja sering mengetikkan alamat .com.

Kami juga menyarankan untuk menghindari tanda hubung (yang dapat menyebabkan masalah berkepanjangan di SEO) dan angka (yang dapat menyebabkan kebingungan bagi pelanggan).

  1. Sitemap yang mudah dinavigasi

Link yang jelas ke laman-laman penting, navigasi, dan peta situs, sangat penting untuk membimbing pengunjung ke informasi yang mereka butuhkan. Misal Anda bisa menambahkan laman berjudul “Tentang” untuk menjelaskan tentang informasi bisnis Anda. Anda juga bisa menambahkan laman berjudul “FAQ” untuk menjelaskan informasi yang sering ditanyakan pelanggan.

Pastikan navigasi Anda ditata dengan jelas. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan dropdown di menu navigasi, sehingga pengunjung dapat melihat konten di bawah setiap heading dari hampir semua halaman. Anda ingin memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari, atau apa yang Anda ingin mereka ketahui.

baca juga

  1. Informasi Kontak yang Mudah Dicari

Anda pasti tidak ingin pelanggan Anda disalip pesaing, hanya karena Anda mempersulit mereka untuk mengontak Anda.

Tidak semua pengunjung online memiliki kesabaran untuk mengklik setiap halaman di situs web Anda, hanya untuk menemukan informasi kontak.

Tempat terbaik untuk informasi kontak adalah pojok kiri atas atau kanan atas halaman beranda atau Home. Anda juga bisa menyertakan informasi kontak di setiap footer halaman situs web Anda. Bisa juga side bar atau bahkan di pojok kanan atas. Yang penting membantu pengunjung untuk menemukannya dengan lebih mudah.

Anda juga harus memastikan untuk menyertakan berbagai cara agar mereka bisa menghubungi Anda – telepon, e-mail, dan formulir kontak standar, semuanya merupakan pilihan yang baik. Forbes juga menyarankan memasukkan alamat Anda, dan bahkan tautan ke lokasi Anda di peta Google.

Salah satu kesalahan terbesar pemilik bisnis adalah hanya menyediakan satu cara untuk menjangkau mereka. Yang terpenting adalah membuatnya pengguna mudah untuk berkomunikasi dengan Anda, sesuai dengan yang mereka inginkan.

baca juga

    5.Testimoni Pelanggan
    Kata-kata jujur ​​dari orang lain membantu membuat produk atau layanan Anda lebih bisa dipercaya bagi pelanggan yang mengunjungi Anda secara online.

    Testimoni membantu pelanggan potensial Anda untuk membangun kepercayaan pada Anda, terutama jika calon pelanggan ini baru tahu tentang Anda. Dan juga, pada akhirnya testimoni membantu pembeli untuk memastikan apakah produk atau layanan Anda memenuhi kebutuhan mereka.

    Orang suka mendengar cerita dari orang lain. Testimoni akan membantu orang untuk mencari tahu  lebih lanjut tentang hal-hal lain yang belum sempat Anda sebutkan di situs web Anda. Ini akan semakin memperkuat keyakinan calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda.

    1. Ajakan bertindak (Call-To-Action)
      Beri tahu pengunjung online secara jelas tentang apa yang Anda ingin mereka lakukan. Gunakan nada dan perintah yang spesifik. Misalnya, jika Anda ingin mereka mengambil penawaran gratis, berlangganan email Anda, atau menambahkan produk ke keranjang belanja online, dll.

    Call to Action penting untuk memberi perintah spesifik pada pengunjung Anda. Ini untuk membantu membimbing pengunjung untuk mengambil tindakan.

    Jangan lupa berikan sorotan yang jelas pada CTA Anda. Ini agar perhatian pengunjung dapat Anda arahkan dengan jelas.

    baca juga

    1. Pahami dasar-dasar SEO
      Situs web Anda tidak akan banyak bermanfaat bagi Anda jika tidak ada yang dapat menemukannya. Sehingga, memahami dasar-dasar SEO akan penting, untuk membuat situs Anda lebih mudah diakses oleh mesin pencari.

    Anda tidak perlu menggunakan SEO yang gelap dan ilegal. Tidak juga perlu memahami koding yang rumit-rumit, untuk mendapat peringkat yang bagus di search engine. Cukup pastikan situs web Anda dikodekan dengan benar.

    SEO sederhana biasanya dapat berupa menggunakan kata kunci yang benar di seluruh teks Anda, memasukkan banyak link, menamai judul halaman dan URL Anda dengan benar, dan menggunakan gambar dan video dengan penambahan alt text.

    1. Konten yang segar dan berkualitas
      Bagi banyak bisnis, situs web Anda adalah kesan pertama Anda pada pelanggan. Anda perlu memberi apa yang mereka cari, dan mungkin bahkan memberi mereka alasan untuk terus datang kembali.

    Pengguna membutuhkan sesuatu. Jadi, pastikan Anda memberikan yang mereka inginkan. Selain itu, pastikan juga konten Anda orisinil, ditulis dengan baik dan bermanfaat.

    Konten segar adalah tambang emas untuk SEO. Jika berhasil dikelola dengan baik, konten Anda akan dibagikan oleh orang-orang di sosial media. Ini akan berpotensi jadi viral, dan membuat situs Anda terkenal dalam semalam. Anda juga bisa menjaga agar konten Anda tidak basi, dengan memasukkan blog yang diperbarui secara rutin atau juga hubungkan ke feed di media sosial Anda.

    baca juga

    1. Platform hosting yang aman
      Menyadari informasi online Anda dibajak adalah mimpi buruk, dan, jika itu terjadi pada bisnis Anda, itu bisa merugikan Anda dan pelanggan juga.

    Sangat penting bahwa Anda memiliki hosting yang aman dan dapat dipercaya untuk mencegah orang-orang jahat masuk dan mencuri konten Anda. Jadi, sangat penting untuk menjaga sistem manajemen konten Anda tetap up to date, agar tetap selangkah lebih maju dari para peretas.

     

    1. Desain dan style yang customer-friendly
      Pengunjung online sering melakukan skimming di halaman Web, untuk melihat konten terlebih dahulu sebelum mereka melanjutkan proses transaksi lebih jauh. Jika mereka merasa mendapatkan situs yang benar dan menarik, mereka akan melambat untuk membaca konten Anda lebih jauh. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna di situs web usaha kecil, Anda perlu mengatur konten untuk bisa dibaca dengan mudah.

    Nah, inilah 10 Hal yang Harus Dilakukan di Dalam Situs Usaha Anda. Semoga bisa membantu Anda dalam membangun situs usaha Anda.

    Jasa
    error: Content is protected !!