Kenalan Dulu Yuk “Email Marketing” Salah satu online channel yang penting adalah Email. Atau lebih dikenal dengan email marketing.  Mengapa harus email? Karena saat ini sebagian besar orang pasti memiliki email.

Email menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan ketika menjalankan internet dengan banyak tujuan seperti mendaftar secara online lewat situs-situs tertentu dan bentuk komunikasi secara cepat dan efektif. Inilah pentingnya keberadaan sebuah email.

Email Marketing merupakan salah satu metode marketing yang bertujuan untuk melakukan promosi atua penawaran terhadap suatu produk atau usaha lainnya dengan menggunakan email sebagai media utama pemasarannya. Penggunaan email marketing menjadi metode yang paling efektif karena setiap orang pasti memiliki email apalagi teknologi yang semakin maju.

Sebenarnya email marketing memiliki potensi yang besar pada suatu perusahan atau usaha-usaha lainnya. Tidakkah anda sadar bahwa untuk bisa promosi lewat media sosial sperti facebook, iinstagram, atau twitter, pasti anda akan disuruh untuk mendaftar terlebih dulu menggunakan email. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mengirim email notifikasi atau email marketing terus menerus ke inbox email anda.

Untuk mulai menjalankannya anda harus memiliki daftar alamat email sebanyak mungkin sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Anda dapat melakukannya dengnan mengumpulkan secara satu persatu dari para subscriber blog, akses sendiri menggunakan teknik tertentu, atau meminta pada orang yang ahli dibidang tersebut. Namun hal yang perlu diingat bahwa untuk melakukan email marketing tetap memerlukan persetujuan pada pihak pemilik email tersebut.

Hal ini disebabkan bahwa tergolong privasi yang jika tidak dilakukan benar dapat menyinggung pihak tertentu. Alangkah baiknya jika mengirimkan email marketing bertuju pada target yang tepat pula yang memiliki ketertarikan terhadap apa yang ingin anda sampaikan.

Siapa yang berhak menggunakan email marketing?

Sebenarnya siapa saja berhak menggunakan email marketing. Tidak ada batasan umur ataupun jenis kelamin. Yang penting anda dapat mengerti secara dalam mengenai email marketing itu sendiri. Teknik email marketing sering dijumpai pada para pelaku usaha offline  atau online yang ingin mengembangkan usahanya salah satunya menggunakan teknik email marketing kepada para pelanggannya.

Apa Saja Fungsi Email Marketing?

  1. Jalur komunikasi

Email Marketing berfungsi sebagai jalur komunikasi antara pelaku usaha dengan para pelanggan lama, pelanggan baru, hingga pelanggan potensial yang bermanfaat bagi perkembangan usaha anda kedepannya. Selain itu untuk menghubungi para pelanggan tidak perlu membutuhkan biaya iklan atau melakukan coding untuk newsletter karena Anda bisa membuat email marketing dengan cara manual.

  1. Jangkauan langsung

Adanya email marketing membuat anda bisa menjangkau pelanggan Anda secara personal. Anda dapat menjalin hubungan yang lebih erat serta mengetahui segala saran yang bisa diberikan oleh pelanggan anda untuk perkembangan usaha anda kedepannya.

Email Marketing – Cara Efektif Dalam Berpromosi dan Mengembangkan Bisnis Selain itu, anda dapat meningkatkan kinerja marketing anda terutama bagi pelanggan lama atau merekrut pelangan-pelanggan yang potensial.

 

Adanya  email marketing membuat anda dapat menjangkau pelanggan anda dimanapun berada bahkan hingga pelosok daerah sekalipun. Pengiriman email marketing secara wajar dapat menjadi bagian dari rutinitas pelanggan Anda.

  1. Pemberitahuan informasi

Bagi perusahaan atau instansi, metode email marketing sangatlah penting. Email marketing dianggap sebagai sarana informasi mengenai status atau segala berita terbaru dari perusahaan tersebut. Contohnya saja mengenai informasi terbaru dari jenis iklan adsense yang bisa anda maksimalkan penggunaannya.

  1. Saling berkelanjutan

Adanya email marketing membantu anda memasarkan produk-produk anda secara berkelanjutan bahkan bisa dilakukan otomatisasi. Tugas anda hanyalah membuat beberapa sales letter yang menarik serta mengatur kapan surat-surat tersebut dikirim, atau membalas surat-surat yang telah masuk.

Kemudian tugas autoresponder nantinya adalah mengirim surat sebagaimana yang sudah anda setting waktunya. Jadi, anda hanya perlu satu kali saja untuk mengatur, setelahnya autorespoder akan mengirimkannya berkali-kali sesuai settingan yang telah ditentukan.

Apa Saja yang Bisa Dikirimkan?

Email marketing dapat digunakan oleh marketer untuk mengirimkan banyak hal seperi:

  • Berita yang terkait dengan produk atau jasa yang bisa ditawarkan
  • Pengumuman
  • Promosi
  • Press Release
  • Kartu Ucapan Hari Raya
  • Undangan Event
  • Dan sebagainya

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

Hal yang perlu diperhatikan pada metode email marketing adalah jumlah pendaftar atau subscribers. Jadi sebenarnya metode email  marketing mengenal dua istilah penting, antara lain Open Rate serta Click Rate.

Open Rate adalah tingkat terbukanya email yang dikirim, dihitung dengan cara membagi jumlah email yang telah dibuka oleh subscribers dibagi dengan jumlah email yang dikirimkan. Sedangkan Click Rate adalah tingkat di-kliknya tombol atau link yang ada pada email yang telah dikirimkan. Caranya dihitung dengan membagi jumlah klik dan jumlah email yang dikirimkan.

Hal  lain yang harus diperhatikan pada email marketing adalah jangan pernah kecewakan pelanggan anda lewat email yang anda kirimkan. Anda harus bisa memastikan bahwa para pelanggan tersebut mendapatkan keuntungan dari email-email tersebut.

Jangan sampai pelanggan hanya mendaftar untuk mendapatkan email dengan isi atau content yang tidaklah relevan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, content dari email marketing harus diperhatikan secara teliti.Email Marketing – Cara Efektif Dalam Berpromosi dan Mengembangkan Bisnis

baca juga JASA  Email Marketing

Cara Mudah Memulai Email Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online

 

 Jika anda dapat menjalankan email marketing dengan baik, maka hasil yang didapat juga memiliki trafik berkualitas. Dalam dunia marketing, media utama email dimanfaatkan dengan tujuan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa kepada pelanggan yang telah menjadi target sasaran yang tepat.

Bahasa sederhananya bahwa email marketing merupakan versi online dari direct email. Hal ini serupa dengan pengiriman brosur atau kupon langsung ke rumah pelangga jika di dunia nyatanya.

Perbedaannya jika email marketing langsung dikim kepada penerima secara digital lewat email ynag dimiliki oleh masing-masing pealnggan.Jika anda masih seorang pemula, anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini untuk memulai email marketing:

  1. Buat perencanaan

Sebelum memulai lewat email marketing, anda harus membuat rencana pemasaran melalui email marketing. Buatlah perencanaan yang matang dari tujuan hingga keseluruhan “email marketing”.

Sebelum membuat, luangkan waktu terlebih dulu untuk mengetahui produk apa saja yang akan dipasarkan, seberapa besar peluang email tersebut akan dibuka dan seberapa besar target yang dipasang untuk menarik perhatian pelanggan,  kenali minat atau keinginan dari pelanggan, serta hal-hal lainnya yang bersifat pemasaran dari bisnis online anda.

  1. Bangun email list

Email list sangatlah penting saat memulai semuanya. Jika anda tidak ingin pusing, anda bisa menawarkan pada layanan email marketing yang tentunya telah dipercaya dan profesional dalam mengelola email list. Namun jika anda sanggup mengerjakannya sendiri juga tidaklah masalah.

Lewat alat atau tool yang tersedia pada layanan tersebut, anda dapat secara mudah membuat form pendaftaran email kemudian menyusunnya menjadi list email dengan mudah. Kegunaan email marketing tool sangat berguna untuk menampung daftar email yang telah dikumpulkan dari hasil RSS feed atau kolom email langganan yang tersedia pada website atau blog yang anda punya.

cara-mudah-memulai-email-marketing-untuk-meningkatkan-omzet-bisnis-online-2

Beberapa penyedia layanan email marketing yang dapat dipercaya dan digunakan seperti aplikasi Aweber, Get Response, MailChimp, dan sebagainya. Anda dapat memilih salah satu aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan email marketing yang akan dijalankan.

  1. Pilih jenis email marketing

Setelah anda  mendaftar pada salah satu layanan email marketing, anda dapat memilih tipe campaign atau jenis pemasaran email yang ditentukan sesuai dengan produk yang telah ditentukan untuk bisnis online anda. Berikut jenis-jenis kampanye email marketing yang disediakan oleh layanan email marketing yang nantinya akan dikirim kepada pelanggan seperti:

  • Newsletter (format email untuk berita)
  • Event Invitation (format email undangan)
  • Announcement (format email pengumuman)
  • Marketing Offer  (format email untuk penawaran)

Cara Mudah Memulai Email Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online Setelah itu anda dapat memilih salah satu jenis kampanye email tersebut seduai dengan produk dan keinginan pelanggan yang telah dipaparkan pada poin sebelumnya. Segala desain serta coding atau pemograman untuk membuat sebuah email marketing telah disediakan secara otomatis, tinggal disesuaikan sesuai dengan konsep email marketing yang nantinya akan dibuat.

  1. Pilih format yang cocok

Setelah anda menentukan isi email yang sesuai, anda perlu mengetahui cara menyampaikan isi dari email marketing itu kepada para pelanggan. Bentuk email marketing seperti HTML atau rich media termasuk didalamnya animasi, video, hingga suara ternyata terbukti mampu meraih respon yang sangat baik dimata pelanggan. Namun beberapa orang menganggap bahwa isi dari emaillah yang terpenting.

Hal yang perlu diingat adalah memberikan link pada pembaca untuk melakukan tindakan selanjutnya pada bagian akhir email. Hindari pula penggunaan huruf besar atau cetak miring pada bagian isi email karena hal ini akan membuat pesan sulit terbaca. Sedangkan pada bagian bentuk tulisan, gunakanlah model poin-poin serta latar belakang putih untuk mempermudah membaca.

Sebelum mengirim pada pelanggan, cobalah baca beberapa kali untuk memastikan tidak ada yang salah. Usahakan untuk membuat pelanggan dapat membaca isi email secara mudah dan cepat dimengerti.

  1. Evaluasi

Setelah anda dapat menjalankan email marketing tersebut, anda harus memperhatikan hasil dari pemasaran yang ada. Apakah hasil yang didapat telah mencapai target? Bagaimana respon pelanggan terhadap email marketing yang anda kirimkan telah sesuai dengan apa yang anda harapkan? Anda dapat menguji email marketing ini dengan menggunakan berbagai subjek email, judul isi email serta desain email itu sendiri.

Sebenarnya masing-masing penyedia layanan email marketing telah dilengkapi dengan tool pelaporan kerja sehingga dapat secara mudah melacak keberhasilan kampanye pemasaran email seperti alat pemasaran email (Monitor kampanye) serta alat analisis situs Website atau blog seperti Google Analytics.

 

Jika anda dapat memperhatikan dan mengevaluasi secara rutin seberapa baik email marketing yang dijalankan dengan menempuh berbagai strategi yang dipilih sehingga anda dapat memahami cara yang berbaik dengan memperoleh keuntungan yang besar pula.

Jadi kumpulkan segala hasil yang anda dapat, masukkan ke dalam sistem laporan, lakukan evaluasi, dan pecahkan segala masalah yang ada dengan solusi terbaik. Sistem pelacak yang tersedia pada penyedia jasa email marketing dapat membantu anda untuk memantau hasilnya.

Setelah anda terbiasa dengan semuanya, berikan konstribusi secara kreatif untuk terus meningkatkan hasil email marketing dengan memprioritaskan manfaat pelanggan anda. Cara Mudah Memulai Email Marketing Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Online

 

8 Manfaat Terbesar Email Marketing Bagi Bisnis Online Yang Bisa Meningkatkan Omzet 1000%

 

Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang sering dilakukan bagi bisnis online. Adanya email marketing membuat bisnis yang anda jalankan dapat berkembang ke depannya. Selain itu, adanya email marketing membuat pengusaha dapat terhubung secara terus menerus kepada para pelanggannya. Hal ini membuat antara kedua belah pihak dapat terjaga baik dan saling evaluasi yang diperlukan dalam jangka panjang.

Anda dapat memulainya dengan memberikan promosi atau informasi mengenai barang atau produk yang dijual lewat email marketing. Anda juga dapat mengirimkan lewat email marketing terhadap calon pelanggan.

Berikut dipaparkan beberapa manfaat email marketing bagi bisnis online. Hal ini tentu bertujuan dalam memberi keuntungan antar kedua belah pihak.

  1. Bersifat Personal

Email marketing sering bersifat personal atau pribadi. Sifat email marketing yang bersifat personal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar dari pelanggan yang ada atau calon pelanggan. Saat pelanggan atau calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari anda, maka akan terasa jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang anda kirimkan.

  1. Informasi Cepat dan Praktis

Jika melakukan penawaran atau promosi suatu produk lewat media surat pos tentu dianggap tidak praktis dan membutuhkan waktu lama dibanding email. Adanya email marketing dapat mempermudah segala hal termasuk menjangkau para pelanggan secara mudah dan cepat pula kare menggunakan email yang langsung dapat diterima dimanapun anda berada.

  1. Hemat Biaya

Seringkali dalam suatu bisnis online, biaya pemasaran memegang peranan penting karena diperlukan biaya cukup besar jika ingin mengembangkan usaha bisnis ini lewat keuntungan yang didapatkan dari penawaran atau promosi suatu produk. Adanya email marketing membuat biaya yang ditanggung lebih ringan dibanding dilakukan secara manual seperti lewat pos atau surat fisik lainnya.

8 Manfaat Terbesar Email Marketing Bagi Bisnis Online Yang Bisa Meningkatkan Omzet 1000%  Selain itu,  tingkat responsif dari pelanggan lebih tinggi jika menggunakan email marketing. Hal inilah yang membuat email marketing menjadi metode promosi yang paling diincar oleh banyak pengusaha. Beberapa pengusaha mengeluarkan biaya sekitar $19/bulan untuk melakukan pengiriman 10.000 email yang berisi penawaran produk pada pelanggan.

Jika anda masih memiliki usaha kecil-kecilaan, anda dapat menggunakan email marketing lewat akun email yang dapat dibuat secara gratis akunnya seperti Yahoo, Google, dan sebagainya. Adanya email marketing juga memberikan kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan Email berbayar dibanding yang gratis dengan kuota yang lebih besar serta memiliki tingkat keamanan yang pasti terjamin.

  1. Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang anda lakukan lewat email marketing dapat diukur setiap waktunya dan dilakukan evaluasi yang dinilai dengan melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan serta respon yang muncul dari pelanggan tersebut. Setelah itu, lakukan analisa sehingga setiap kekurangan yang ada dapat diperbaiki serta hal-hal lain dapat dievaluasi untuk perkembangan dari bisnis online anda.

Penyedia iklan juga dapat mengukur statistik hasil dari kampanye produknya lewat Email dengan mudah. Anda juga dapat melakukan pelacakan bagi pelanggan yang kembali serta tidak bisa dimonitoring sehingga dapat dicarikan solusi terbaiknya.

Dibandingkan menggunakan surat, sulit melakukan pemasaran serta sulit melakukan evaluasi kepada pelanggan-pelanggan yang dituju. Sedangkan lewat email marketing semua dapat dimungkinkan. Pemasaran lewat email marketing membuat anda dapat melacak siapa saja yang telah membuka pesan anda, mengetahui apa yang klien email mereka gunakan.

  1. Kerjasama Dengan Pelanggan

Adanya email marketing, membuat pengusaha dapat berinteraksi lebih dalam dengan pelanggannya. Anda bisa menjalin hubungan yang baik serta saling memberikan saran yang membangun untuk perkembangan bisnis online anda. Email yang anda kirimkan tidak hanya dalam bentuk penawaran atau promosi saja, anda dapat memberikan beberapa tips atau informasi penting dengan cara yang lebih mudah.

  1. Customizeable

Tidak hanya bersifat menebak-nebak apa saja pesan yang akan beresonansi dengan kebanyakan orang, anda dapat segmen penerima email dan penggunaan tag substitusi agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan anda. Hal ini membuat hubungan yang tercipta lebih personal serta mendorong keterlibatan yang lebih tinggi.

  1. Uji pemasaran

Pemasaran yang baik dinilai dari seberapa mampu anda menguji berbagai hal. Adanya pemasaran email, membuat segalanya serba mudah baik untuk melihat apa yang grafis, segala penawaran atau promosi produk, atau berita utama kemudian pelanggan akan menaggapinya.

 

Adanya fasilitas yang disediakakn oleh layanan email membuat penggunaannya mudah dilakukan dengan cara mengirim satu versi email kepada salah satu pelanggan yang telah anda list.

Setelah itu, anda dapat melakukan pelacakan siapa saja yang telah merespon terhadapat berita yang anda kirim tersebut, siapa yang berhenti berlangganan, siapa saja yang tidak membaca email anda, hingga siapa yang berhasil masuk ke website anda dan melakukan pembelian terhadap produk bisnis anda. Oleh karena itu, email marketing dapat digunakan sebagai uji pemasaran yang tepat.

  1. Mudah dibagikan

Adanya email marketing, membuat para pelanggan dapat berbagi segala penawaran produk serta membagikannya kepada teman-teman yang lain. Pelanggan yang berbagi email, bertindak sebagai pendukung dari merek produk anda. Ini adalah sebuah keuntungan yang membuat pelanggan anda terus bertambah seiring waktunya. 8 Manfaat Terbesar Email Marketing Bagi Bisnis Online Yang Bisa Meningkatkan Omzet 1000%

 

baca juga Jasa SEO Google Untuk Perusahaan UKM & Start UP ; Corporate

6 Tren Konten Marketing Yang Tetap Perlu Diperhatikan Dalam Tahun 2018

 

Email Marketing, dari tahun ke tahun tren marketing sepertinya tidak berubah secara signifikan. Namun adakah salah satu dari tren tersebut yang sudah Anda terapkan dalam menghasilkan konten? Tren mungkin memang tidak begitu berubah, namun penerapan tren tersebut akan terus mengalami perubahan. Karena kita sebagai marketer harus terus mengikuti perkembangan zaman, maka penerapan dari setiap tren pun harus selalu di upgrade.

Tren Utama Konten Marketing 2018

Untuk marketing tahun 2018, akan ada beberapa tren yang akan meningkatkan keberhasilan pemasaran Anda jika diterapkan dengan tepat. Berikut ini ada 6 tren utama yang perlu tiperhatikan untuk tahun 2018 :

Tren Ke-1 : Mengubah Format Konten

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran yang konsisten dari perputaran konten. Merek-merek yang mengalami kesuksesan dari konten tidak hanya membanjiri audiens mereka dengan konten, namun mereka juga mengambil pendekatan dengan menggunakan media publishing.

Tim konten perlu terus berkembang dan beradaptasi untuk tahun 2018 dan harus memasukkan orang-orang yang memiliki keahlian dalam :

  • Editing, desain grafis, dan ilustrasi
  • Pengeditan audio dan keterampilan produksi
  • Produksi dan pengeditan video
  • Pengoptimalan konten dalam berbagai format
  • Promosi dan distribusi konten
  • Periklanan dan pembelian media
  • Komunikasi dan branding
  • Laporan, metriks, dan analitik
  • Pengembangan strategi, manajemen kampanye, dan eksekusi

jika memperhatikan data terakhir, Anda akan melihat penyebaran taktik konten yang digunakan oleh organisasi dan brand besar. Rata-rata perusahaan akan menggunakan 8 dari taktik ini diberbagai jenis media dan saluran.

Tren Ke-2 : Bahan Bakar Untuk Perjalanan Pembeli

Jika Anda memperhatikan digital marketing secara keseluruhan, tidak banyak strategi yang dapat berdiri sendiri tanpa adanya konten. Pikirkan tentang jenis pemasaran yang rata-rata dilakukan oleh bisnis setiap hari dalam berbagai tingkat perusahaan :

  • Konten media sosial
  • Blog dan artikel
  • Email marketing
  • Infografis
  • Video, baik yang pre-recorded maupun yang live
  • E-book
  • Materi penjualan berbasis konten
  • Sharing pengetahuan dengan pelanggan
  • Landing page
  • Podcast

Bahkan iklan berbayar pun bergantung kepada konten untuk mendorong konversi. Konten marketing akan terus berkembang sebagai landasan utama bagi semua strategi pemasaran, untuk tahun 2018, bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya. Konten merupakan bahan bakar bagi perjalanan pembeli Anda, lalu bagaimana cara Anda menyusun konten agar dapat mendorong pelanggan menyelesaikan perjalanannya hingga akhir?

Tren Ke-3 : Dokumentasi Strategi Yang Lebih Baik

Pengembangan atau penyesuaian strategi merupakan salah satu faktor terpenting, namun jika Anda menengok kepada hal lain, seperti pembuatan konten yang lebih efisien, penargetan yang lebih baik, menghabiskan waktu lebih banyak untuk konten. Jika digabungkan, hal tersebut merupakan bagian dari sebuah strategi.

Pada tahun 2015, hanya ada 32% dari marketer yang mendokumentasikan strategi konten marketing, pada tahun selanjutnya berkembang menjadi 37%. Dan sekitar 41% memiliki strategi namun tidak di dokumentasikan. Sangat bagus untuk memiliki konsep mengenai tujuan Anda, namun konsep saja tidak akan cukup berhasil. Sains telah membuktikannya.

Tren Ke-4 : Live Video Telah Mengambil Alih

Ada lebih dari 80% marketer mengatakan bahwa mereka ingin menghasilkan lebih banyak lagi konten video, dan 42% secara spesifik ingin lebih banyak membuat konten live video.

Menurut Facebook, pengguna menghabiskan 3 kali lebih banyak waktu untuk menonton video siaran langsung dibandingkan dengan video yang sudah tidak live lagi. Pengguna juga bahkan berkomentar sepuluh kali lebih banyak ketika menonton siaran langsung. Jika data ini tidak cukup meyakinkan Anda untuk segera mengadopsi strategi live video, mungkin data dibawah ini akan mengubah pikiran Anda :

Ditemukan fakta bahwa,

  • 80% responden mengatakan bahwa mereka lebih baik menonton live video dibandingkan membaca sebuah konten blog.
  • 82% responden lebih tertarik menonton live video dari sebuah brand dibandingkan dengan membaca konten sosial media.

Ada sekitar 60% marketer yang berinvestasi dalam video saat ini, namun hanya 14% yang berkomitmen untuk menggunakan video siaran langsung.

Tren Ke-5 : Konten Visual Interaktif

Ketika konten dengan format live video sangat menjanjikan, ternyata ada jenis konten visual interaktif lainnya yang akan membiarkan Anda menciptakan sebuah pengalaman berbeda bagi audiens Anda, yakni, Virtual Reality atau yang biasa disebut dengan teknologi VR. Ini menawarkan peluang baru bagi konten marketing sama seperti menarik kustomer. Contohnya saja seperti Shopify yang telah memiliki aplikasi VR yang akan membantu pembeli online nya untuk dapat menyesuaikan pakainnya melalui VR.

Sementara beberapa orang justru skeptis jika VR akan dapat menarik minat pasar saat ini. Jika dengan menggunakan teknologi VR akan terlalu mahal untuk Anda, ada banyak cara untuk mengetes dan mengimplementasikan trik marketing terbaru dengan strategi pendekatan yang tidak akan menghabiskan budget Anda.

Tren Ke-6 : Distribusi Adalah Segalanya

 

Mungkin ada beberapa cara baru untuk mendapat perhatian dihadapan kustomer Anda saat ini dan prospek. Misalnya, live video, yang belum digunakan oleh banyak brand. Meskipun begitu, tetap saja ada sangat banyak konten diluar sana. Namun hal tersebut jangan membuat Anda berhenti membuat konten, karena konten yang lain bukan masalah besar bagi Anda.

Satu-satunya cara yang dilakukan konten lain untuk menghentikan Anda adalah, ketika Anda berhenti mendistribusikan konten Anda dan terlalu fokus dalam meningkatkan engagement. Karena seiring berjalannya waktu Anda akan menjamin bahwa akan ada semakin banyak lagi konten yang dihasilkan. Jika Anda menginginkan perhatian meskipun hanya presentasi kecil dari sekitar 2,8 miliar pengguna sosial yang aktif, maka Anda perlu menerapkan sistem distribusi konten yang strategis.

Brand yang pintar justru akan berinvestasi lebih banyak lagi dalam pendistribusian konten untuk dapat lebih efektif dalam mengembangkan multi-channel dan rencana distribusi sosial. Maka pastikan Anda juga melakukan hal yang sama dengan mereka.

Kesimpulan

Sementara tren yang diatas dihasilkan adalah berasal dari data, tren bukanlah segalanya. Anda hanya perlu melakukan riset mendalam untuk dapat melihat bagaimana mereka dapat memperbaiki strategi konten marketing untuk tahun 2018.

Ada banyak riwayat data yang menunjukkan kepada kita bagaimana dengan cepatnya tren dapat menghancurkan konten Anda.

Daripada mengejar tren, sebaiknya Anda fokus pada riset, fokus pada strategi yang bekerja dengan baik dan gunakan data tersebut untuk strategi emai marketing selanjutnya untuk tahun yang akan datang.

baca juga Jasa Maintenance Social Media

8 Panduan Menulis Email Marketing Profesional

 

Email Marketing, Menulis email untuk pemasaran merupakan cara tercepat untuk terhubung dengan pelanggan. Baik pelanggan baru, pelanggan lama, dan calon pelanggan. Jenis email yang dikirimkan untuk masing-masing tipe pelanggan tentunya harus berbeda. Karena kebutuhan merekapun akan berbeda.

Agar kedua pihak bisa mendapatkan manfaat dari hubungan yang terkoneksi melalui email ini, maka Anda sebagai pemilik bisnis harus mengirimkan email pemberitahuan dan email penawaran layaknya sebagai seorang profesional.

 

Cara Membuat Judul Email Yang Efektif

 

Berikut akan dijelaskan panduan menulis email marketing profesional:

  1. Janji Manis

Dalam menulis email marketing, Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat manis yang dapat menyanjung pelanggan Anda. Namun jangan berlebihan, Anda cukup membuat mereka merasa menjadai pelanggan spesial. Misalnya dengan menyampaikan bahwa pelanggan tersebut akan mendapatkan diskon spesial atau hadiah yang istimewa. Misalnya dengan menjanjikan seorang pelanggan lama akan mendapatkan hadiah istimewa yang merupakan penghargaan atas kesetiaannya menjadi pelangan Anda. Atau berjanji akan memberikan diskon spesial bagi pelanggan baru yang telah melakukan transaksi pertamanya dengan Anda.

 

  1. Belajar Dari Ahli

Apakah Anda juga seorang yang sering mendapatkan email pemasaran? Atau bahkan berlanganan email-email tersebut? Anda bisa mengambil pelajaran tentang menulis email yang baik dari email-email yang Anda terima. Anda bisa merasakan dari sisi penerima email. Dari sini Anda bisa mengerti apa yang membuat penerima email tertarik untuk membuka email, apa yang membuat mereka menerima tawaran dari email tersebut, dan apa yang akan membuat email pemasaran yang dikirim bahkan tidak dibuka sama sekali.

Anda bisa juga mencoba melakukan riset mengenai email marketing, atau melihat template email marketing yang banyak disediakan oleh para expert yang sering kali berbagi ilmu mereka diinternet.

  1. Kalimat Yang Kuat

Jika Anda mengirimkan sebuah email penawaran produk dan jasa, sebaiknya gunakan kalimat yang kuat, kalimat yang dapat menarik pelanggan untuk lebih memperhatikan dan membaca sepenuhnya email yang Anda kirimkan. Misalnya seperti kalimat “Diskon 50%” , “Diskon Khusus Perayaan Natal”, “Hadiah Spesial Untuk Pelanggan Setia Kami”.

  1. Ajukan Pertanyaan

Selain mengirimkan penawaran produk dan jasa, sesekali Anda juga harus mengajukan pertanyaan. Ini penting agar Anda dapat lebih mengenal pelanggan Anda secara personal, dapat lebih mengerti keinginan dan kebutuhan pelanggan, mendapatkan informasi tentang apa saja kekurangan yang dimiliki produk dan jasa Anda. Pelanggan adalah sumber informasi yang paling utama. Dari para pelanggan, Anda bisa mengetahui kebutuhan pasar bahkan informasi mengenai produk dan jasa dari kompetitor.

Pertanyaan yang Anda ajukan dapat berupa pertanyaan simpel. Seperti, jawaban yang hanya membutuhkan jawaban iya / tidak.

Namun bagi pelanggan, ada kalanya mereka ingin mengeluhkan beberapa hal yang merupakan kekurangan dari produk dan jasa Anda, dan ada pula yang ingin menyampaikan betapa hebatnya produk dan jasa tersebut.

Anda bisa mengajukan pertanyaan yang menganjurkan pelanggan untuk memberikan kritik, saran, atau respon yang ingin mereka sampaikan sesuai keinginan mereka.

  1. Pendek Namun Manis

Bagi penerima email, tidak semua dari mereka memiliki banyak waktu luang hanya untuk sekedar membaca email. Jika produk atau jasa Anda merupakan produk favorit mereka, tentu saja mereka akan sangat menunggu email penawaran terbaru dari Anda. Namun apakah mereka akan tetap tertarik untuk membaca, jika email yang Anda kirimkan terkesan membosankan atau bahkan terlalu panjang?

Tak apa jika Anda seorang penyedia layanan jasa dan ingin banyak berbagi dengan pelanggan Anda melalui email, namun jika terlalu sering ini akan membuat jenuh penerima email. Sesekali kirimkan email yang pendek, namun tetap membuat pelanggan merasa senang ketika mendapat email dari Anda.

Misalnya dengan mengirimkan ucapan terimakasih kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan setia Anda dalam beberapa tahun, dan betapa senangnya Anda mendapatkan kesempatan untuk menjadi produk kegemaran mereka. Atau berterima kasih kepada pelanggan baru yang sudah bersedia menjadi bagian dari member.

  1. Gunakan Ajakan / Seruan

Email dapat membuat hubungan dua arah antara Anda dan juga pelanggan. Melalui email, Anda bisa menggali sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk atau meningkatkan performa layanan Anda.

Misalnya, Anda mengirimkan email kepada pelanggan yang berisi pemberitahuan bahwa dalam waktu dekat Anda akan mengeluarkan sebuah produk baru atau menambahkan layanan baru, namun Anda ingin meminta saran dari pelanggan mengenai produk atau layanan yang akan segera hadir tersebut. Anda bisa mengajak mereka menjadi bagian yang akan menentukan untuk memilih dari beberapa pilihan produk atau layanan yang disediakan.

Atau misalnya merek Anda akan mengadakan sebuah acara amal sosial yang ingin melibatkan pelanggan Anda dalam acara tersebut. Baik dalam ajakan untuk bantuan berupa sumbangan dana, atau ajakan untuk ikut hadir dalam acara sosial yang diadakan.

  1. Gelitik Rasa Keiingintahuan Pelanggan

Salah satu cara agar Anda tidak ditinggalkan atau dilupakan oleh pelanggan adalah, gelitik rasa keiingintahuan mereka! Anda bisa mengirimkan email berupa video atau gambar yang berisi hint (petunjuk) bahwa Anda akan mengeluarkan sebuah produk yang istimew, atau akan mengadakan sebuah contest atau event yang akan melibatkan para pelanggan. Yang seperti ini, tentunya akan membuat pelanggan dengan produk baru apa yang akan dikeluarkan, atau contest apa yang akan diadakan.

  1. Personalisasi

Agar membuat pelanggan merasa lebih spesial dan lebih merasa mengenal merek Anda dengan baik, ada baiknya Anda menyapa pelanggan dengan nama pelanggan itu sendiri. Misalnya diawal pesan email , “Hello, Nadela. Wish you have a great weekend!” .

 

Ada banyak cara untuk mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan. Lakukan banyak eksperimen dalalm mengirimkan email, dan Anda bisa melihat jenis email seperti apa yang paling bekerja dengan baik untuk mendapat simpati pelanggan.

 

baca juga Website dan Toko Online Product UMKM

Tips Membuat Email Marketing Anda Dibaca Dan Ditunggu Subscriber Anda

 

Email marketing merupakan cara yang sangat efektif dalam menjaga hubungan antara pemilik usaha dengan subscriber. Penggunaan email marketing tergolong mudah dan simple asalkan anda dapat mempelajari secara tekun mengenai email marketing itu sendiri. Jika cuma anda biarkan, maka emsil marketing yang anda jalankan tidak akan berjalan lancar tidak sesuai harapan, dan pada akhirnya berujung pada sia-sia.

  1. Isi Pesan Singkat

Isi email harus singkat, langsung pada sasaran, serta tidak berbelit. Jika email yang dikirim terlalu panjang, maka pelanggan tidak akan tertarik untuk membacanya. Selain itu, simpanlah segala daftar prospek yang berisi pelanggan yang benar-benar tertarik terhadap isi email anda. Jaga agar email snda tetap ringkas dan daftar pengirimannya juga realistis. Jangan langsung mengirimkan email anda pada 1000 pelanggan sekaligus tanpa menyaring terlebih dulu minat dari pelanggan tersebut karena hal itu tidak akan menguntukan pihak manapun.

  1. Tentukan Konten Email Anda

Salah satu hal penting ketika menjalankan email marketing adalah konten dari email tersebut. Pikirkanlah alasan ketertarikan pelanggan anda, kemudian fokus memberikan informasi kepada mereka. Hal ini dapat membantu untuk menguraikan jenis konten mana yang tepat untuk isi email. Setelah itu, ketika anda menyusun newsletter, ini bisa dijadikan sebuah referensi yang berguna untuk memastikan apakah anda berada di jalur yang tepat.

 

Jadi anda tetapkan terlebih dulu daftar konten yang diusulkan. Setiap bulan nantinya, anda dapat memilih 1-4 konten dari daftar yang ada untuk membuat promosi.

Buatlah konten yang sesuai dengan minat para pelanggan. Anda juga dapat membagikan konten ini pada media sosial seperti facebook, twitter, atau media sosail lainnya. Misalnya adalah“Monkey Wrench” yang merupakan triwulan dari “MailChimp” yang menampilkan update app, berita pemasaran, hingga studi kasus pengguna

  1. Berikan Nilai Pada Pesan

Mengirimkan beberapa email marketing  hanya untuk ‘sekedar ada’ atau Cuma beralasan menjaga hubungan merpakan cara yang pasti untuk kehilangan subscriber (pelanggan email) anda.

Kemunculan nama anda pada setia kotak masuk (inbox) pada email subscriber tidaklah berguna jika mereka juga tidak membaca isinya dan menunggu email yang anda kirimkan berikutnya.

Tujuan dari setiap email marketing adalah untuk menjadi sumber informasi yang dipercaya. Anda harus bisa menjadi aset dari subscriber, dan bukan menjadi email yang cuma ditunggu mereka untuk langsung dihapuskan seolah-olah hanyalah sampah yang tidaklah penting.

  1. Lakukan Adaptasi Sesuai dengan Kondisi yang Ada

Sebenarnya anda dapat membagikan kelompok sesuai dengan kategorinya masing-masing. Salah satu contoh kategori pribadi sesuai dengan yang ditayangkan pada berita-berita televisi menjadi beberapa kategori berbeda sesuai dengan kemampuan daerah kota masing-masing.

Jika anda mengirimkan informasi umum kepada daftar berisi banyak pelanggan, konsekuensinya adalah sedikit kemungkinan untuk menemukan informasi yang benar-benar relevan. Namun, jika daftar pelanggan tersebut berhasil, maka beberapa pelanggan pasti akan menyesuaikan isi dari emailnya untuk lebih berhubungan atau relevan terhadap para pelanggan yang memang menyukai konten tersebut.

  1. Call For Action

Setiap email marketing yang besar dan sukses wajib menyertakan “Call For Action”. Kecuali tujuan anda hanya sekedar mengirimkan informasi sebagai sebuah niat baik untuk subscriber, anda perlu membutuhkan “Call For Action” atau sebuah alasan yang mampu membuat pelanggan berhasil menghubungi anda atau menjalin kerjasama dilain waktu.

Tips Membuat Email Marketing  Anda Dibaca Dan Ditunggu Subscriber Anda   Membawa para pelanggan tersebut ketahap interaksi selanjutnya juga menjadikan hal vital dalam rancangan kesuksesan bisnis online anda.

Walaupun “Call For Action”merupakan status yang hanya sekadar membuat pembaca menjadi pengikut sebuah tautan (link) untuk mendapat informasi tambahan atau pencarian fanpage pada Facebook.

 

Selain itu, jika ada pelanggan yang memberikan saran atau kritik, maka terimalah untuk dijadikan sebuah evaluasi untuk menutupi segala kelemahan yang ada. Segala perubahan yang terjadi diiharapkan membawa dampak positif bagi email marketing anda.

 

  1. Pastikan Pelanggan Mendapat Informasi

Jangan menjadi pengirim yang dikategorikan hanya sebagai spam. Jika anda mengirimkan email kepada pelanggan yang sebenarnya tidak menginginkan konten tersebut apalagi dilakukan berkali-kali, membuat mereka akan menghindari anda seterusnya. Isilah daftar email anda sesuai dengan pelanggan yang telah menyetujui untuk ikut serta. Setelah itu, buatlah para pelanggan untuk berlangganan email informasi pada situs anda. Hal ini bisa menjadi kunci kesuksesan email marketing anda.

  1. Hindari Istilah Spamming

Dalam penggunaan email marketing, istilah spamming hendaknya dihindari. Penggunaan kata-kata promo seperi “Diskon 50%”,”Dijamin”, “Free/Gratis”, atau “Klik Disini”. Semua kata-kata itu memang sering didengar, namun pada email marketing bisa memberikan efek negatif pada campaign serta meningkatkan spam rate email marketing anda.

Jika anda tidak mengetahui dan terus-terusan menggunakan istilah tersebut pada subject lines, maka pelanggan cenderung tidak akan melihat pesan anda otomatis terletak pada folder spam.

 

Bahkan jika pesan dari email anda ternyaa juga sampai pada inbox, maka kata-kata spam tersebut membuat pelanggan tidak ingin membaca email tersebut.

Tidak ada salahnya mempromosikan campaign juga dengan menggunakan sense of urgency jika sale akan berakhir atau waktu pendaftaran event segera ditutup. Tips Membuat Email Marketing  Anda Dibaca Dan Ditunggu Subscriber Anda  

baca juga Jasa Pasang Iklan Google Adwords – Facebook Intagram Ads

6 TIPS MEMANFAATKAN KODE PROMO UNTUK MENARIK BANYAK KUSTOMER

 

Email Marketing, bagi seorang pemilik bisnis online, email pemasaran atau email marketing merupakan langkah penting untuk mendapatkan kustomer. Untuk lebih menarik perhatian kustomer, Anda dapat menawarkan kode promo untuk produk tertentu.

Semua orang sangat menyukai diskon, ini artinya, kustomer dapat menyisihkan uangnya untuk disimpan atau bahkan membeli produk menarik lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, konsumen diera modern lebih mencari toko yang menawarkan potongan harga. Dan bahkan para kustomer rela menunggu produk impiannya mendapatkan potongan harga daripada langsung memutuskan untuk membeli.

Dengan melakukan memberitahukan adanya penawaran potongan harga melalui email pemasaran, Anda dapat mempengaruhi konsumen yang mungkin dari sebelumnya memang sudah berpikir untuk membeli produk Anda.

6 Tips Untuk Melakukan Promosi dengan Kode Promo

 

Tips berikut akan membantu kode promo Anda berjalan baik.

  • Target kustomer yang tepat

Pesan yang disampaikan secara personal adalah langkah efektif untuk meningkatkan pemasaran. Anda dapat memanfaatkan beberapa tools untuk membantu Anda mempermudah melakukan pekerjaan pemasaran melalui email. Contohnya jika Anda menggunaka MailChimp, tools tersebut akan memungkinkan Anda untuk dapat mengirimkan konten email yang bisa disesuaikan berdasarkan lokasi, demografi, minat pelanggan, bahkan Anda juga dapat mengetahui aktifitas pembelian pelanggan.

Dengan tools ini, Anda dapat bebas melakukan eksperimen terhadap target pasar dengan berbagai metode dan segmen hingga Anda mendapatkan kombinasi target pasar yang tepat untuk bisnis online.

Anda dapat melakukan kode promo terhadap pelanggan yang sedang berulang tahun. Bayangkan, betapa bahagianya pelanggan mendapatkan perhatian seperti itu dari merek produk yang disukai. Ini akan menambah kecintaan pelanggan terhadap produk dan merek Anda.

Anda juga dapat memeberikan promo “Selamat Datang” kepada pelanggan baru ditoko online Anda. ini akan semakin menarik minat pelanggan baru tersebut untuk segera melakukan pembelian ditoko Anda.

  • Temukan waktu yang tepat

Jika Anda mengalami penurunan pemasaran selama beberapa bulan dalam satu tahun, atau penurunan pemasaran secara berkala, sudah waktunya Anda membuat jadwal untuk melakukan promosi dengan menggunakan kode promo.

Rencanakan kode promo tersebut sesuai dengan musim yang berjalan. Misalnya, ketika sedang musim libur sekolah, hari raya lebaran, hari raya natal, dan hari raya lainnya.

Diskon yang diadakan dengan tepat waktu, dapat menggiring banyak pelanggan yang ingin merasakan manfaat dari promo tersebut. Namun penggunaan kode promo terlalu sering pun akan membuat sebagian pelanggan tidak tertarik lagi untuk ikut serta dalam promo tersebut.

Anda harus memanfaatkan waktu dengan bijak untuk melakukan promosi diwaktu yang tepat dan dapat bermanfaat bagi pelanggan.

  • Perpanjang penawaran kode promo

Jika Anda telah selesai menentukan target pelanggan yang cocok dengan kode promo, sekarang saatnya untuk fokus memikirkan secara spesifik mengenai penawaran itu sendiri.

Ketika pelanggan menerima sebuah email penawaran, mereka akan sangat menghargai potongan harga yang telah diberikan. Namun agar lebih efektif lagi, sebaiknya Anda menambahkan keranjang belanja agar dapat mendorong pelanggan untuk segera menyelesaikan pembelian mereka.

Anda juga dapat melakukan perpanjangan kode promosi agar tetap mendapatkan pelanggan yang sebelumnya tidak tertarik atau tidak memiliki waktu untuk melakukan pembelian. Jika Anda memperhitungkan promosi yanng akan diberikan sebaik mungkin, tentu saja perpanjangan kode promosi ini tidak akan menyebabkan kerugian.

  • Harga diskon dan biaya pengiriman gratis

Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa faktanya, penawaran biaya pengiriman gratis dapat lebih mingkatkan konversi pembelian dibandingkan dengan penawaran kode promosi atau diskon. Namun, hal ini jangan membuat Anda takut untuk berksperimen mengenai promosi apa yang cocok untuk kustomer Anda. ada banyak tipe promosi yang mungkin saja lebih efektif daripada penawaran biaya pengiriman gratis.

Anda harus melakukan banyak percobaan promosi, dan temukan promosi yang tepat bagi kustomer Anda.

  • Tanggal kedaluwarsa diskon

Email pemasaran yang terkesan mendesak pelanggan untuk segera melakukan pembelian, dapat menjadi langkah efektif untuk pemasaran. Misalnya dengan mengirimkan penawaran yang berisi, “Promo 24 Jam!”, “Promo Hanya di Minggu Ini!”. Dengan waktu promo yang terbatas seperti ini, akan membuat kustomer tidak memiliki waktu banyak untuk mempertimbangkan pembelian selain melakukan pembelian secara langsung.

  • Desain kupon eye-catching

Kupon kode promo yang didesain dengan menarik dan mudah diingat kustomer merupakan kode promo yang sudah pasti efektif. Jada Anda harus mempertimbangkan baik-baik penamaan kode promosi dan penataan kupon untuk kode promo tersebut.

Pastikan Anda memberikan nama kode promosi menarik dan mudah diingat yang sesuai dengan promosi yang Anda berikan. Lalu sesuaikan tampilan kupon tersebut menggunakan desain yang cocok dengan nama kode promosinya.

Persiapkan dengan baik semua komponen pendukung desain seperti, font, ukuran font, warna font, latar belakang kupon, dan juga sediakan gambar-gambar terbaik dari produk Anda. Jangan lupa untuk menyertakan logo merek kedalam kupon tersebut.

Kode promo merupakan langkah pemasaran paling penting bagi pemilik bisnis kecil maupun besar. Dengan memanfaatkan kode promosi juga dapat memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan pasar dan mengoptimalkannya.

Data yang dihasilkan dari pelaksanaan kode promosi tersebut dapat digunakan untuk mengawasi rasio konversi penjualan, ROI promosi, dan juga jumlah keuntungan yang telah didapat.

Anda dapat memberlakukan promosi yang berbeda untuk setiap kategori produk, sehingga Anda dapat melihat performa dari masing-masing promosi yang berjalan, dan juga dapat mempelajari dari data tersebut untuk keberhasilan kampanye promosi selanjutnya.

baca juga Media Promosi Usaha Anda

4 Tren Email Marketing di Tahun 2018

 

Seiring dengan berjalannya waktu, tujuan dari email marketing tidaklah berubah, yaitu agar mendapatkan banyak pelanggan. Penggunaan tren email marketing memang sangat efektif untuk memberikan penawaran yang menarik kepada para pelanggan.

Namun, tentu saja kita tidak dapat terus menerus menggunakan gaya email  marketing seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita harus membuat inovasi pada email marketing yang akan kita gunakan untuk  mendapatkan pesan, waktu, dan pelanggan yang tepat.

 

Sekarang ini, terdapat 4 Tren email Marketing ditahun 2018 yang harus menjadi prioritas para pelaku pemasaran email.

 

  1. Penargetan Pelanggan

Aktivitas dan minat pelanggan sekarang ini dapat direkam melalui riwayat pencarian, aktivitas aplikasi ponsel, ataupun aktivitas pembelian online yang dilakukan oleh pelanggan. Dari data-data ini, kita bisa meningkatkan target pelanggan sesuai dengan minat dari masing-masing pelanggan. Agar email penawaran yang kita kirimkan, sampai kepada pelanggan yang tepat dan diwaktu yang tepat pula.

Contohnya ketika seseorang berlangganan email eBay, pelanggan tersebut akan mendapatkan email penawaran yang sangat bervariasi namun sesuai dengan kebutuhannya. eBay akan mengirimkan penawaran yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan pelanggan berdasarkan jenis barang yang dilihat, dicari, dibeli ataupun barang yang serupa dengan minat pelanggan.

Penargetan pelanggan dapat dilakukan juga dengan cara mengirimkan email penawaran diskon  terhadap produk yang menjadi minat pelanggan. Dengan penawaran produk yang diinginkan disertai dengan tambahan diskon, tentu saja akan meningkatkan minat belanja dari pelanggan.

  1. Otomasi Tren Email Marketing 

Untuk melengkapi aktivitas penyiaran email, maka program otomasi email patut dilakukan. Otomasi email ini akan menjadi pemicu yang kuat dalam pemasaran email. Ketika seorang pelanggan melakukan aktivitas pencarian produk baru dan menambahkannya kedalam daftar keinginan, disinilah peran penting otomasi email bekerja. Dengan sistem ini, pelanggan akan langsung mendapatkan penawaran terbaru sesuai dengan produk yang sangat mereka inginkan pada saat itu.

Jika kita ingin memberlakukan sistem otomasi email ini, kita perlu mencari pendekatan inovatif yang untuk menentukan konten penawaran seperti apa yang akan dikirimkan kepada para pelanggan. Namun, kita juga tidak boleh mengesampingkan komunikasi secara individual dengan pelanggan, kitapun harus menghindari pelanggan mendapatkan setumpuk email otomatis secara bersamaan.

 

  1. Penempatan di Kotak Masuk dan Email Deliverability

Sebelum pelanggan membaca email penawaran yang telah kita kirimkan, tentu saja email tersebut harus telah masuk ke inbox pelanggan agar pelanggan tahu bahwa kita mengirimkan beberapa penawaran menarik untuk mereka.

Ketika kita sudah berusaha keras untuk membuat email penawaran yang sangat menarik, namun yang terjadi selanjutnya adalah email yang kita kirim bahkan tidak pernah masuk ke inbox pelanggan. Lalu apa yang harus kita lakukan agar email penawaran kita sampai kepada pelanggan?

Kebanyakan pelaku pemasaran email mungkin berfikir ketika sudah mengirim email penawaran, maka email-email tersebut akan langsung masuk ke inbox penerima. Namun pada kenyataannya, kebanyakan email-email tersebut justru ditandai sebagai pesan spam.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan ISP sangat sukses dalam pengembangan algoritma filter. Email yang kita kirim harus memiliki kekuatan untuk tembus ke kotak masuk penerima, namun hal ini menjadi sulit karena pengirim email tidak dapat mengetahui apakah email yang dikirim masuk ke inbox penerima atau ditandai sebagai pesan spam.

Anda harus menyusun strategi email pemasaran sebaik mungkin untuk dapat masuk kedalam folder inbox pelanggan. Bagaimana caranya? Anda bisa mengadakan undian berhadiah. Dengan begini, pelanggan yang benar-benar tertarik akan berminat pada penawaran-penawaran yang Anda berikan untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Namun jika Anda sudah memiliki daftar kontak pelanggan yang tepat dan konten penawaran yang menarik, seharusnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan nasib email yang Anda kirim ke pelanggan.

  1. Konten Email Yang Kreatif

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda sebagai pelaku pemasaran email harus membuat konten penawaran yang kreatif. Saat ini, para konsumen lebih tertarik pada tampilan konten penawaran yang terkesan inovatif dan terlihat berbeda dari yan lain, padahal mungkin saja produk yang ditawarkan merupakan produk pada umumnya. Namun dengan penyampaian penawaran yang kreatif, tentu saja ini akan meningkatkan minat pelanggan untuk memilih dan membeli produk yang Anda tawarkan.

 

Beberapa Brand Besar Telah Melakukan Inovasi Tren Email Marketing

pada tampilan desain amplop email mereka dan menambahkan beberapa fitur interaktif dalam Tren Email Marketing  mereka.

  • Video

Untuk membuat konten penawaran yang menarik, Anda dapat mengemas iklan penawaran produk dalam bentuk video pendek yang menarik namun komunikatif. Dengan menggunakan video, tentu pelanggan akan melihat iklan yang lebih hidup dan menarik.

  • Kupon

Para konsumen tentu akan sangat tertarik jika ada penawaran menarik disertai dengan kupon diskon. Strategi kupon ini bisa diberikan kedalam beberapa kategori kupon. Misalnya, Anda dapat memberikan kupon potongan diskon 5% kepada 100 pelanggan pertama dalam hari tertentu. Atau, memberikan kupon potongan diskon 50% kepada pelanggan tetap dihari tertentu. Apapun jenis kuponnya, asal kupon diberikan kepada pelanggan dengan cara yang tepat, ini akan membuat pelanggan baru dan pelanggan lama Anda akan semakin setia terhadap Anda.

 

  • Penawaran Musiman

Tren Email Marketing  Penawaran musiman, bermaksud untuk memberikan penawaran produk sesuai dengan musim atau perayaan hari besar tertentu. Misalnya kita melakukan penawaran yang cocok untuk musim hujan, atau penawaran produk yang cocok untuk perayaan hari lebaran atau perayaan natal. Penawaran seperti ini juga akan efektif, karena pelanggan mendapatkan penawaran terbaik diwaktu yang tepat.

Sebagai pelaku pemasaran email, Anda harus terus melakukan pendekatan-pendekatan kepada pelanggan dan memberikan inovasi baru dalam menawarkan produk-produk Anda.

 

Marketing 2018 – Langkah Tepat Untuk Menarik Audiens Dalam Promosi Musim Libur!

 

Marketing, Dalam menjalankan sebuah bisnis, pemilik bisnis haru selalu up-to-date pada perkembangan zaman yang terus berubah. Selain perkembangan zaman, tren yang ada dikalangan masyarakat pun terus berubah-ubah setiap waktunya, membuat pemilik bisnis harus selalu berpikir keras untuk menemukan ide-ide yang inovatif. Tren dikalangan masyarakat dapat timbul ketika seseorang atau suatu kelompok yang menunjukkan suatu penampilan yang berbeda dan kemudian disukai oleh masyarakat lainnya yang selanjutnya diikuti dan bahkan dapat menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Tren juga dapat ditimbulkan karena musim libur, misalnya; musim libur perayaan lebaran yang menimbulkan tren baju-baju muslin dengan model terbaru.

4 Langkah Tepat Untuk Menangkap Audiens Pada Musim Libur

 

Pada tahun 2016, terdapat lebih dari 108 juta orang diseluruh dunia yang berbelanja online selama hanya hari jum’at dan senin, 5 juta lebih banyak dari tahun sebelumnya. Zaman akan semakin maju dan teknologi pun tidak akan berhenti berkembang, pada tahun depan mungkin akan ada semakin banyak kemudahan berbelanja yang ditawarkan. Ini akan menyebabkan semakin meningkatnya aktivitas belanja online.

Pada musim tertentu, gelombang traffic situs bisnis cenderung akan meningkat tajam, tentu Anda akan membutuhkan strategi untuk membantu Anda semakin terikat dengan kustomer saat ini dan juga untuk menarik kustomer baru. Apakah Anda sudah memperbarui brand messaging? Membersihkan otomasi dan juga mengupdate daftar keperluan dan goal bisnis?

Pada artikel kali ini akan membahas 4 langkah yang dapat Anda gunakan untuk membangun audiens :

  1. Mengumpulkan Data Email Sign Up

Form pop-up bisa jadi akan mengganggu kustomer, namun jika pop-up tersebut digunakan dengan langkah yang tepat, pop-up tersebut akan membantu Anda menggiring banyak email signup dan pendapatan untuk kampanye promosi musim libur. Dengan menambahkan form pop-up pada situs bisnis dapat mengingkatkan jumlah pelanggan email bisnis hingga 60%.

Patikan bahwa Anda membuat form pop-up dengan desain tampilan yang menarik; mobile responsive, desain pop-up yang cocok dengan bisnis, tombol exit pada pop-up.

  1. Temukan Konsumen Baru Di Sosial Media

Temukan orang-orang seperti kustomer Anda di sosial media Facebook dan Instagram!

Terkadang langkah terbaik untuk menemukan kustomer baru adalah dengan memanfaatkan salah satu sosial media dimana Anda sudah memiliki cukup banyak pengikut. Dengan kekuatan pengaruh Facebook dan Instagram, Anda dapat menemukan banyak kustomer baru yang terhubung dengan kustomer saat ini yang sudah lebih dahulu menyukai produk dan jasa Anda.

Jika Anda telah menghubungkan situs bisnis dengan sosial media, maka Anda dapat menargetkan kustomer yang memiliki kemiripan dengan kustomer terbaik Anda.

  1. Menjadi Brand Yang Selalu Ada Di Ingatan Kustomer

Jangan menunggu sampai hari senin atau jum’at datang, Anda perlu memulainya sekarang juga! Pelanggan akan lebih sering memikirkan tentang produk Anda ketika mereka sudah memiliki banyak waktu luang untuk berlibur dan berbelanja.

Pada musim-musim libur seperti inilah Anda memiliki kesempatan besar untuk dapat meningkatkan penjualan. Misalnya pada musim libur lebaran atau natal, Anda perlu menawarkan suatu produk yang benar-benar akan berguna untuk musim tersebut. Dengan penawaran yang tepat dan sesuai dengan musim liburan yang sedang berjalan, maka Anda tidak akan kehilangan kesempatan besar tersebut.

Selain penawaran yang tepat, Anda juga perlu memastikan kepada pelanggan bahwa produk atau layanan bisnis Anda memiliki kualitas yang tinggi. Ini akan membuat kustomer mengingat dengan baik kepuasan yang mereka dapat ketika menggunakan produk atau jasa Anda dan akan berpikir untuk kembali membeli pada musim libur tahun berikutnya.

  1. Identifikasi Segmen Kunci Pada Audiens

Tentu saja Anda tidak ingin jika kustomer berpikir bahwa email Anda sama saja dengan email lainnya yang hanya berteriak meminta perhatian dari mereka. Jika Anda mengajak mereka untuk melihat penawaran produk untuk hari senin dan jum’at, kemungkinan mereka memang akan membuka email kampanye Anda, namun hanya membukanya.

Akan tetapi dengan melakukan personalisasi pada email musim liburan Anda akan membantu email tersebut bekerja lebih baik. Kampanye Anda harus dapat menunjukkan produk yang sesuai dengan interest kustomer, dan langkah terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah dengan segmentasi.

Anda perlu menggolongkan audiens berdasarkan pembelian sebelumnya dan aktivitas eCommerce lainnya, sehingga Anda dapat mengirimkan kampanye yang akan memenuhi perbedaan koleksi dari daftar pelanggan Anda.

7 Tipe Email Yang Dapat Dikirim Kepada List Kustomer

 

  1. Welcome’ Email

Welcome’ email harus segera dikirim ketika ada seseorang berlangganan kepada email bisnis. Anda dapat menambahkan ucapan selamat datang dan juga ungkapan rasa terimakasih karena telah mempercayai Anda dengan mendaftarkan email mereka untuk berlangganan.

Email ‘Selamat Datang’ ini dapat diatur otomatis agar setiap orang yang baru berlangganan akan mendapatkan email ini tanpa terlewat. Anda dapat menggunakan tool untuk membantu pengerjaan email marketing dengan menggunakan MailChimp.

Dan juga Anda dapat menambahkan deskripsi singkat mengenai siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan atau tawarkan melalui situs atau blog.

  1. Pengumuman

Sangat baik menjaga subscriber Anda untuk tetap up to date dengan promo terbaru, konten terbaru, acara kegitana amal, atau pemberitahuan adanya produk baru yang akan segera hadir. Selalu beritahu pelanggan kabar terbaru dari situs atau blog Anda.

  1. Produk

Dapat berupa email tentang produk atau layanan baru yang akan segera dirilis. Dapat juga berupa tampilan dengan bentuk showcase dari produk lama yang paling laku dipasaran dan memiliki ulasan-ulasan terbaik. Dengan begini Anda dapat memberikan kesempatan yang lebih dalam lagi kepada pelanggan untuk lebih mengenali produk-produk Anda.

  1. Survey

Cari tahu pembaca Anda dengan meminta konsumen untuk menjawab survey atau pertanyaan tentang diri mereka. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dapat Anda tawarkan selanjutnya kepada mereka. Tidak hanya akan membantu dalam riset market Anda, namun juga dapat membantu untuk membangun hubungan personal antara Anda dengan konsumen yang berlangganan email Anda.

  1. Surat Kabar

Surat kabar merupakan hal yang paling harus dipikirkan ketika Anda ketika sedang membuat planning untuk daftar email marketing. Anda perlu membuat email jenis ini terlihat menyenangkan, informatif, dan menarik. Buatlah jadwal untuk mengatur kapan Anda akan mengirim email kepada daftar email pelanggan. Anda dapat mengatur jadwal pengiriman email tersebut untuk mingguan atau bulanan. Lalu perhatikan email jenis apa yang membuat pembaca Anda lebih responsif.

  1. Giveaway & Kupon

Semua orang pasti akan sangat menyukai diskon atau bahkan sesuatu yang gratis. Sesekali Anda perlu menawarkan giveaway atau diskon besar-besaran untuk menjaga pelanggan tetap excited dengan produk dan bisnis Anda. Giveaway merupakan langkah tepat untuk melakukan promosi bisnis dan produk sebab event ini memiliki potensi untuk menjadi konten viral dan dapat memperbesar traffic blog juga meningkatkan penjualan produk.

  1. ‘Terima Kasih’

Email ‘terima kasih’ merupakan email yang wajib dikirim kepada konsumen. Anda dapat mengirimkan email terima kasih atas pembelian yang dilakukan konsumen, ketika konsumen berlangganan email bisnis Anda, atau ketika konsumen memberikan feedback. Ini menunjukkan bahwa mereka tertarik atau berinvestasi dalam bisnis Anda. Beritahu mereka bahwa bagi Anda, hubungan baik yang terjalin baik secara umum ataupun personal merupakan sesuatu yang sangat penting.

 

Meskipun saat ini kita sudah ada di penghujung tahun 2017 dan akan segera menemui tahun baru 2018, namun tetap saja ada beberapa tips dan trik email marketing masih sangat berlaku untuk tahun depan. Belum tentu pula semua pelaku bisnis sudah menggunakan tips diatas karena mungkin mereka merupakan orang yang baru terjun ke dunia bisnis dan masih perlu banyak belajar, terutama tentang pemasaran.

Industri apapun saat ini sangat mengedepankan kreativitas dan juga inovasi. Semakin unik dan menarik suatu produk atau jasa maka akan semakin menarik perhatian pasar. Keberhasilan promosi bisnis dan produk dapat menentukan pula kesuksesan bisnis Anda.

Semoga Anda dapat segera menemukan cara yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran bisnis dan produk Anda!

 

Terlepas dari Anda menjual produk atau jasa, atau bahkan keduanya, konten merupakan alat yang paling powerful dalam menjalankan strategi online marketing Anda. Bagaimanapun, ada beberapa perbedaan dalam melakukan marketing keduanya. Dan Anda harus selalu mengingat hal ini dalam pikiran Anda.

Goal Utama Konten

Baik produk ataupun jasa, masing-masing memiliki tujuan utama konten pemasaran yang berbeda. Pastikan Anda menyiapkan konten yang tepat untuk melakukan pemasaran keduanya.

Produk

Keuntungan -> Kepercayaan

Dengan sebuah produk, semuanya bergantung kepada bagaimana produk tersebut mampu membantu kustomer mencapai goal mereka. Misalnya, memecahkan masalah kustomer, menyelesaikan pekerjaan kustomer dengan baik, dan membuat kustomer merasa bahagia dan istimewa. Dari keuntungan yang didapat oleh kustomer, maka Anda akan meraih kepercayaan mereka.

Jasa

Kepercayaan -> Keuntungan

Dengan Jasa, semuanya bergantung kepada seberapa banyak kustomer dapat mempercayai bahwa Anda dapat benar-benar memberikan layanan jasa yang mereka butuhkan kedalam waktu yang telah ditentukan. Dari kepercayaan yang diberikan kustomer, maka Anda akan mendapatkan keuntungan.

Pertanyaan Pertama Untuk Dijawab

Setiap kustomer yang sedang dalam masa buyer’s journey (perjalanan pembeli), hal pertama yang akan mereka pertanyakan adalah, bagaimana dan mengapa.

Produk

Bagaimana?

“Bagaimana produk ini akan membantu saya mencapai tujuan dengan memecahkan masalah yang saya miliki? Memungkinkan saya untuk dapat menyelesaikan pekerjaan? Atau bahkan membuat saya bahagia dan istimewa?”

Jasa

Mengapa?

“Mengapa saya harus cukup mempercayai Anda dan memilih bisnis Anda untuk menyediakan layanan jasa yang saya butuhkan?”

Mampukah Anda menjawab pertanyaan diatas? Anda perlu membuktikannya pada konten marketing yang Anda buat.

 

Contoh Topik Konten

Topik konten untuk produk dan jasa jelas memiliki perbedaan yang signifikan. Anda perlu menyadari dan memahami hal ini ketika akan membuat konten marketing agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasaran yang Anda lakukan.

Produk

# Langkah Untuk/Tata Cara

Tata cara penggunaan produk – Dapat berupa konten video, manual, dan online support.

Dalam sebuah konten marketing untuk produk, Anda perlu menambahkan tata cara penggunaan produk tersebut agar dapat dipahami oleh kustomer.

# Ulasan dan Perbandingan

Pandangan yang tidak memihak terhadap produk serupa – Membantu sanak saudara untuk meraih keputusan terbaik untuk membeli.

Ulasan positif untuk produk Anda dan perbandingan dengan produk serupa lainnya akan mendorong kustomer untuk mempercayai dan memilih bisnis Anda.

# Kisah dan Sejarah Produk

Bagaimana produk menjadi sesuatu yang berguna – Saatnya Anda menceritakan tentang masalah yang dapat diselesaikan produk tersebut.

Anda perlu menonjolkan keuntungan produk tersebut dengan menceritakan sejarah dan kisah saat mendapatkan keuntungan dari produk tersebut.

# Ide, Tips & Trik

Segala cara yang dapat digunakan oleh produk – Meningkatkan harga diri produk.

Dalam suatu konten, misalnya Anda memberikan ide, tips dan trik dalam menggunakan produk tersebut dengan berbagai cara terbaik.

# Tanya Jawab

Melepaskan rintangan menjadi penjualan – Tenangkan hati kustomer dan yakinkan bahwa produk Anda lah yang mereka butuhkan.

Ketika kustomer perihal produk Anda, saatnya Anda menjelaskan betapa hebat dan bermanfaatnya produk Anda. rebut kepercayaan kustomer hingga mereka mempercayai produk dan bisnis Anda.

# Sneak Peek

Goda kustomer Anda – Buat sebuah kehebohan pada saat peluncuran fitur dan produk baru.

Terkadang menggoda kustomer dengan membuat mereka penasaran akan fitur baru dan produk baru akan membantu meningkatkan penjualan.

# Cerita Kustomer

Ceritakan bagaimana produk Anda telah membantu yang lainnya – Beri kisah mendalam mengenai pengalaman kustomer lain dengan produk Anda.

Kustomer yang memiliki pengalaman mendalam dengan produk Anda perlu diceritakan kembali kepada prospek Anda agar mereka dapat merasakan pengalaman yang sama.

# Testimonial Kustomer

Lebih banyak lagi cerita kepuasan kustomer – Cukup dengan menggunakan kalimat kutipan pendek serta foto atau video kustomer saat menggunakan produk Anda.

Semakin banyak kustomer yang puas dengan produk Anda, maka penjualan akan meningkat lebih tinggi dari yang sebelumnya!

Jasa

# Pemikiran Kepemimpinan

Wawasan terhadap layanan jasa yang Anda sediakan – Bagaimana untuk melakukannya dengan cara yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih murah.

Untuk menjadi juara di industri yang sedang Anda geluti, sebagai seorang pemimpin dalam bisnis, Anda perlu memiliki wawasan yang luas terhadap layanan dan jasa yang Anda sediakan. Pikirkan langkah-langkah efektif untuk meraih kepuasan kustomer.

# Keadaan Saat Ini

Keadaan saat ini dan perubahan yang mempengaruhi layanan jasa Anda – Tunjukkan bahwa Anda siap bergerak lebih cepat.

Anda harus selalu siap mengalami perubahan yang lebih baik demi memberikan layanan jasa terbaik untuk kustomer Anda.

# Kisah Pribadi

Bagaimana Anda bisa berada di titik ini – Langkah terbaik untuk membentuk kepercayaan

Dengan membagikan kisah perjuangan Anda saat mendirikan bisnis ini akan menumbuhkan  simpati dan kepercayaan kustomer. Jika kisah tersebut benar-benar dapat menyentuh hati mereka, maka kustomer tidak akan perlu banyak berpikir untuk memilih menggunakan layanan jasa Anda.

# Rekomendasi

Jadilah lebih berguna – Rekomendasikan produk dan jasa

Anda perlu membantu kustomer dengan memberi rekomendasi mengenai jenis produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan kustomer.

# Tanya Jawab

Melepaskan rintangan menjadi penjualan – Langkah terbaik lainnya untuk menentukan keahlian Anda.

Anda dapat menunjukkan keahlian Anda dalam bidang bisnis ini kepada kustomer dengan menjawab semua pertanyaan yang mereka ajukan dengan jawaban yang tepat dan memuaskan.

# Keterangan dan Ketentuan

Bantu orang-orang memahami layanan jasa Anda – tentukan keahlian dan ubah rintangan menjadi keuntungan.

Anda perlu memberi keterangan dan penjelasan kepada kustomer mengenai apa yang Anda sediakan baik produk ataupun jasa, apa yang sebenarnya Anda lakukan dengan bisnis tersebut, apa tujuan dari bisnis Anda.

 

# Testimonial Klien

Lebih banyak lagi cerita kepuasan klien – kalimat kutipan pendek, dan wawancara klien.

Agar lebih mendapatkan kepercayaan kustomer, berbagi testimonial klien sebelumnya juga akan sangat berguna. Dan perlu Anda ketahui, testimonial dalam bentuk video dapat bekerja dengan sangat baik!

 

 

Rekomendasi 20 Penyedia Layanan Email Terbaik Dunia

 

Bila Anda berbisnis menggunakan online sebagai basis Anda, melebarkan sayap melalui e-mail marketing adalah hal yang layak untuk dicoba.

Berdasarkan penelitian dari Radicati Group pada Januari 2017, setidaknya akan ada 3,7 milyar pengguna email di seluruh dunia. Artinya, sekitar 54% penduduk Bumi saat ini memiliki email.

Ini masih dan akan terus berkembang. Dari studi yang sama disebutkan bahwa 8 tahun yang lalu pengguna email adalah 1,9 milyar, dan diproyeksikan empat tahun lagi pengguna email akan mencapai 4,7 milyar di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri pengguna internet mencapai 132 juta jiwa. Email sendiri adalah salah satu aktivitas paling sering dilakukan di internet, bersama dengan mencari berita, mencari informasi lembaga, dan sosial media. Untuk perangkat akses email yang biasa digunakan untuk mengirim email dengan PC atau laptop berjumlah 46,4 juta jiwa. Sementara penggunaan smartphone berjumlah 84,6 juta jiwa. Alamat email yang paling banyak digunakan adalah Gmail dengan total pengguna 81,8 juta jiwa sedangkan, sedangkan yahoo 43,6 juta jiwa dan email perusahaan 5 juta jiwa.

Dari sini kita bisa melihat bahwa email masih tetap menjadi saluran pemasaran yang menjanjikan, baik itu untuk promosi produk ataupun promosi artikel di blog.

Namun apa saja layanan email yang bisa Anda gunakan? Lalu apa saja penyedia layanan email marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk saluran pemasaran melalui email?

Artikel kami kali ini akan memberikan pembahasan lengkap seputar layanan email, jasa email marketing, dan fitur-fiturnya.

Apa saja?

 

9 Fitur yang Harus Ada Dalam Layanan Email Anda

Sebelum kita membahas mengenai layanan email marketing, Anda perlu memiliki sebuah akun email terlebih dulu.

Akan lebih profesional bila Anda memisahkan akun email pribadi dengan akun email untuk keperluan pekerjaan.

Karena email bisnis ini penting, maka memutuskan penyedia layanan email yang tepat akan butuh beberapa pertimbangan. Ini karena tiap bisnis punya kebutuhan spesifik, namun kami mempunyai beberapa kriteria tepat yang bisa Anda jadikan referensi.

Fitur-fitur yang perlu ada untuk email Anda adalah:

 

  1. Spam Filter – Pesan spam seperti pesan berantai, hoax, dan lain sebagainya bisa sangat memenuhi kotak masuk Anda. Anda pasti tak mau membuang waktu menghapusi email-email tersebut, namun di sisi lain bila dibiarkan akan membuat Anda kesulitan mencari email masuk yang penting. Untuk itu, pilihlah layanan email yang punya sistem mendeteksi dan menyaring spam dari inbox Anda.
  2. Server yang selalu hidup – Layanan email Anda harus selalu aktif dan bisa diakses kapanpun Anda membutuhkannya. Email Anda harus selalu bisa diakses. Bila saat Anda butuh membuka email dan ternyata Anda tidak bisa mengaksesnya karena server down, tentu ini akan sangat merugikan bisnis Anda.
  3. Terintegrasi dengan layanan lain – Beberapa layanan email kini terintegrasi dengan layanan lain seperti kalender, cloud storage, dan pengolah dokumen. Jika bisnis Anda membutuhkan layanan lain selain email, pertimbangkan integrasi ini agar dapat memudahkan Anda.
  4. Keamanan – Kerahasiaan database email Anda harus tetap terjaga. Anda mungkin akan mengkomunikasikan hal-hal rawan seperti informasi keuangan, kata sandi, dan hal lain yang perlu terjaga. Dengan aktivitas pembajakan email yang kini semakin rawan, maka Anda perlu menggunakan layanan email yang dilengkapi dengan keamanan kuat. Keamanan kuat ini pun tidak hanya melindungi Anda dari ancaman hack, pun juga menjaga privasi Anda dari penyedia layanan email itu sendiri. Anda harus memilih penyedia layanan yang menjaga pesan-pesan Anda dengan aman dan tidak disalahgunakan oleh siapapun.
  5. Mudah digunakan – Gunakanlah email yang simpel dan mudah dipelajari. Selain menghemat waktu Anda, Anda juga menghemat waktu karyawan-karyawan Anda dari waktu beradaptasi yang berlebihan.
  6. Kemampuan arsip – Layanan email yang terbaik adalah yang menyediakan Anda fasilitas untuk menyimpan, mengarsip, dan menyusun email-email Anda. Layanan email yang baik harus menyediakan kemampuan ini, sehingga Anda selaku pemilik email dapat mudah mencari email-email tanpa bingung.
  7. Fitur canggih – Beberapa layanan email modern kini punya fitur-fitur canggih seperti membatalkan pengiriman pesan, membatalkan penghapusan pesan, atau menjadwalkan pengiriman email. Jika Anda membutuhkan fitur semacam ini, Anda bisa memanfaatkan penyedia layanan email yang memilikinya.
  8. Reputasi – Anda sangat disarankan untuk memilih layanan email yang memiliki reputasi bagus. Menggunakan layanan email yang sudah familiar akan mencegah calon pembeli Anda dari salah kirim email. Selain itu email dengan reputasi bagus lebih bisa diandalkan.
  9. Kapasitas Penyimpanan – Dalam memilih jasa layanan email, ingatlah bahwa ukuran penyimpanan sudah termasuk dalam akun Anda. Anda pastilah tidak ingin suatu saat menunggu email yang tak kunjung masuk, hanya untuk menyadari bahwa kapasitas penyimpanan email Anda sudah terlalu penuh. Layanan email kini ada yang sudah menggratiskan kapasitas penyimpanan sampai 15 GB. Bila Anda berniat menyimpan email dalam jumlah masif, tak ada salahnya menjadikan ini sebagai pertimbangan.

Layanan email sendiri sebenarnya ada yang menggunakan jasa yang tersedia, namun bila Anda sudah memiliki situs, Anda bisa juga membuat email khusus perusahaan. Anda dapat mengakses fitur ini melalui cpanel (bila menggunakan cpanel). Email sendiri ini biasanya terbatas dari segi penyimpanan dan tidak punya fitur filtering spam.

Berikut ini kami sediakan beberapa layanan email gratis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan pribadi maupun untuk korporasi.

 

Layanan Email Gratis Terbaik

1. Gmail – Paling populer

Anda pengguna Android sudah pasti menggunakan Gmail. Google cukup pintar dalam mengintegrasi dan “memaksa” penggunanya untuk membuat akun terkait Google. Ini membuat Gmail menjadi email dengan pengguna terbanyak. Menurut statistik dari TechCrunch, lebih dari satu milyar pengguna menggunakan Gmail.

Gmail sendiri jadi yang terbaik bukan tanpa alasan. Gmail terkenal dengan kapasitasnya yang besar, mencapai 15 GB, dengan fasilitas seperti batalkan pengiriman email dan forwarding. Gmail juga dilengkapi dengan kemampuan pencarian pesan berdasarkan isi pesan tersebut.

Satu fitur paling baik menurut kami, dan belum dimiliki penyedia email lain, adalah kemampuan filter otomatisnya. Gmail secara otomatis memisahkan email promosi, update, dan email pribadi. Sehingga Anda tidak akan melihat inbox pribadi Anda penuh sesak. Ini juga memudahkan untuk menghapus update-update masuk yang jarang Anda buka.

Google juga dilengkapi dengan kekuatan keamanan dua lapis, serta filter spam yang kuat. Ini membuat akun Anda lebih aman dari pembajakan dan pesan-pesan hoax atau mengandung virus.

Selain itu, Gmail juga terintegrasi dengan layanan lain seperti Google Docs dan Google Drive, yang akan memudahkan Anda menggunakan beberapa layanan dalam satu akun.

baca juga JASA EMAIL MARKETING

2. Outlook.com – Email terintegrasi Microsoft

Meskipun Gmail adalah layanan email yang bagus, mungkin Anda mengalami beberapa kendala. Kendala yang jamak dialami adalah username yang Anda inginkan sudah diambil orang.

Bila Anda mau, Anda bisa beralih menggunakan penyedia layanan email lain. Salah satu opsi bagus adalah Outlook.com. Microsoft selaku penyedia Outlook mengklaim bahwa pengguna email Outlook sudah mencapai 400 juta pengguna.

Seperti Gmail, Outlook juga memiliki banyak fitur andal yang memudahkan aktivitas berkirim email Anda. Ada fitur seperti Clutter, yang mendeteksi email dengan prioritas rendah dan otomatis memindahkannya. Selain itu ada fitur Undelete, yang dapat merecover email yang tak sengaja terhapus. Outlook juga terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya. Windows 10 kini sudah terinstall Outlook otomatis. Jadi, bila Anda mengaktifkan program tersebut, Anda dapat menerima email secara real time tanpa perlu buka browser terlebih dulu.

Outlook juga terbilang cukup aman, artinya Anda perlu memberikan dua lapis informasi untuk bisa masuk. Ini memberikan Anda keamanan dua lapis, yang mempersulit hacker mengakses akun Anda.

 

3. iCloud Mail – Email dengan autoresponder

Jika Anda pengguna perangkat Apple, Anda tentu saja akan diminta membuat Apple ID dan iCloud terlebih dulu.

iCloud email sendiri merupakan pilihan email yang bisa Anda gunakan bila Anda sering menggunakan email dari perangkat Apple.  Apple sendiri memiliki fitur verifikasi sampai tiga lapis, yang memungkinkan akun Anda jadi lebih aman. Dan ada juga filter spam, sehingga inbox Anda terjaga dari email-email tak diinginkan.

iCloud juga menyediakan fitur canggih seperti autoresponder. Jadi Anda yang menjalankan marketing melalui email dapat lebih mudah dalam mempromosikan produk Anda. Layanan lain yang dimiliki iCloud adalah kalender, reminder, catatan, dan penyimpan kontak.

 

4. Yahoo! Mail – aman dan lengkap

Pemain lama di dunia internet pasti pernah menggunakan alamat email satu ini. Yahoo merupakan salah satu perusahaan internet yang cukup tua, sejak 1994. Meskipun telah mengalami banyak kemunduran dan disalip oleh para pesaingnya, namun Yahoo Mail masih tetap populer bagi banyak pengguna.

Beberapa fitur Yahoo yang membuatnya masih layak digunakan adalah:

  • Menghapus pesan di tempat sampah setelah 90 hari
  • Kapasitas penyimpanan hingga 1 TB
  • Alat pencarian, kalender, dan kontak yang terintegrasi
  • Filter spam dan enkripsi SSL

Yahoo Mail juga terintegrasi dengan Yahoo Messenger dan feed berita.

Terlepas dari iklan yang kadang muncul dan mengganggu, namun layanan dari Yahoo Mail tetap layak digunakan.

 

5. AOL Mail – Email dengan kustom domain

Perusahaan internet lainnya yang tak kalah jadul adalah AOL. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 80-an dengan nama America Online. AOL dikenal sebagai provider koneksi internet, namun merambah ke layanan lain seperti email.

Fitur kunci dari AOL Mail di antaranya adalah proteksi dari email bervirus. Selain itu Anda juga bisa mengkustom alamat email Anda dengan fitur MyAddress, sehingga Anda bisa juga menggunakan domain Anda sendiri.

 

6. Zoho Mail – Email tanpa iklan

Anda mungkin jarang mendengar Zoho. Zoho Mail adalah layanan email berbasis premium, dengan beberapa jenis paket berlangganan.

Namun Zoho Mail juga menyediakan layanan email gratis. Fitur yang terdapat dalam Zoho Mail gratis di antaranya adalah kapasitas penyimpanan sampai 5 GB, proteksi virus, dan filter spam. Layanan email ini juga terintegrasi dengan tools Zoho lainnya seperti kalender, notes, dan agenda.

Beberapa layanan email gratis menyelipkan iklan di layanannya. Anda mungkin akan sedikit terganggu dengan hal ini. Namun Zoho berbeda. Bahkan pada level gratis pun, Zoho bebas iklan.

Memang fitur untuk Zoho versi gratis agak terbatas. Namun untuk bisnis yang baru dimulai, semua fitur yang ditawarkan ini sudah cukup.

 

7. GMX Email

GMX Mail menyediakan layanan email gratis yang lumayan gratis. Satu hal yang menyenangkan dari GMX Mail adalah kapasitas penyimpanannya yang tanpa batas. Selain itu tampilannya mudah dipelajari.

Seperti layanan email lainnya, GMX dilengkapi dengan perlindungan dari virus dan spam. Ada juga fitur agenda, bernama GMX Organizer, yang membantu Anda menyusun agenda kegiatan Anda.

Fitur unik lainnya adalah Anda dapat mengatur berapa lama Anda menyimpan email Anda. Jika Anda mengatur agar email Anda cukup disimpan selama 30 hari, misalnya, maka setelah 30 hari email lama Anda akan terhapus otomatis.

 

8. Yandex Mail – Layanan Email dengan penerjemah

Yandex adalah mesin pencari dari Rusia. Tak hanya menyediakan mesin pencari, Yandex juga menyediakan cloud storage dan layanan email.

Layanan email dari Yandex sudah termask perlindungan dari virus dan spam. Yandex juga menyediakan penyimpanan tanpa batas, namun untuk awalnya Anda hanya diberikan 10 GB terlebih dulu. Kapasitas akan ditambah apabila penyimpanan Anda tersisa kurang dari 200 MB.

Fitur unik lainnya adalah Anda bisa memberi label, tombol personal, atau kombinasi tombol otomatis untuk akses instan ke fitur tertentu. Selain itu Anda bisa preview file gambar dan media tanpa perlu mengunduhnya terlebih dulu.

Ada juga fitur lainnya seperti penerjemah pesan masuk dan keluar. Ini akan sangat membantu Anda yang berkorespondensi atau berbisnis secara internasional, namun terkendala bahasa.

 

9. Mail.com – Layanan Email untuk Profesional

Mail.com adalah layanan email gratis yang menawarkan banyak fitur menarik untuk Anda.

Salah satu fitur menarik dari Mail.com adalah Anda bisa memilih 200 domain berbeda untuk alamat email Anda. Misalkan Anda adalah seorang konsultan keuangan, Anda bisa membuat email dengan ekstensi @financier.com. Bila Anda adalah dokter, Anda bisa menggunakan ekstensi @dr.com. Ini tentu membuat alamat email Anda terlihat lebih profesional, dibandingkan ekstensi seperti @yahoo.com atau @gmail.com. Terlebih, fitur ini gratis digunakan.

Fitur lain adalah proteksi virus dan spam. Selain itu, bila Anda menggunakan beberapa alamat e-mail sekaligus, Anda bisa menyatukan e-mail-e-mail tersebut dalam satu tempat. Sehingga Anda tidak perlu pindah-pindah akun hanya untuk memeriksa kotak masuk.

Keterbatasan yang dimiliki layanan ini adalah integrasinya dengan iklan, serta adanya artikel-artikel clickbait di homepage Mail.com. Namun dengan akses gratis selamanya, tampaknya keterbatasan ini bisa dimaklumi.

 

10. Lycos.com – Classic Free Email Service Provider

Lycos pernah merasakan kejayaan di awal era 90-an, saat internet belum seintegral sekarang. Lycos kini tetap menyediakan mesin pencari, dan juga ada jasa layanan email gratis.

Versi gratis dari Lycos memiliki kapasitas hingga 500 MB. Ada juga filter spam dan cek virus. Selain itu, Anda bisa memblokir domain dan alamat email tertentu, sehingga Anda hanya menerima email yang Anda inginkan saja.

 

11. ProtonMail – Email dengan enkripsi

Perbedaan utama antara ProtonMail dengan layanan email lain adalah fokusnya pada enkripsi. Keamanan pesan Anda dijaga ketat, sehingga pihak yang bisa membaca pesan Anda hanyalah Anda sendiri dan penerima pesan. Orang lain, bahkan pihak ProtonMail sekalipun, tidak bisa membobol dan membaca pesan Anda.

Bila Anda berkirim pesan dengan sesama pengguna ProtonMail, opsi ini akan dijalankan otomatis. Namun Anda harus menekan tombol enkripsi terlebih dulu apabila penerima pesannya menggunakan layanan email lain.

Jika Anda mengenkripsi pesan Anda, Anda juga bisa mengatur pesan tersebut agar bisa hancur atau tak terbaca setelah beberapa waktu tertentu. Pesan ini bisa diatur maksimal empat minggu, dan minimal satu jam.

Bahkan meskipun Anda tidak mengatur opsi pun, pesan Anda otomatis akan hancur setelah 28 hari.

Kapasitas gratis untuk ProtonMail adalah sekitar 500MB dan hanya bisa mengirim pesan hingga 150 kali sehari. Namun untuk kebanyakan orang rasanya fitur ini sudah cukup.

 

12. Fastmail

Fastmail adalah layanan email lain yang dapat Anda gunakan. Layanan ini sudah bertahan selama 10 tahun, jadi sudah cukup lama. Fastmail mengklaim mempunyai perlindungan dari email spam, perlindungan menggunakan SMS, folder berbasis web, dan lain sebagainya.

Fastmail juga menyediakan fitur perlindungan dari hacking, spam, dan blokir ancaman keamanan lain. Fitur keamanannya berupa standar industri seperti SPF, DKIM, dan DMARC.

Fastmail juga menyediakan fasilitas penyimpanan data terenkripsi, dengan server yang tertutup dan dijaga ketat.

We operate an extensive range of encryption practices to keep your data safe from prying eyes. Selain itu komunikasi antar pesan dilindungi dengan Strict Transport Security, sehingga apabila penerima pesan Anda masih menggunakan browser lama sekalipun, hacker tak bisa menyusup dan membaca pesan Anda.

Fastmail tak hanya menyediakan pengalaman pengguna yang baik, Fastmail juga mudah diimplementasikan ke dalam sistem perusahaan dan juga mudah dikelola oleh sistem administrasi.

Penyimpanan untuk email versi gratis ini berkapasitas 25 MB, IMAP, dan 120 hari aktif.

Versi gratis ini memang cukup terbatas, namun untuk versi berbayar ini hanya $5/per bulan, per pengguna. Hanya itu saja. Pembayarannya cukup transparan. Jadi tidak ada lagi fitur yang tersembunyi atau pembayaran tambahan.

 

 

  1. Inbox.com

Inbox adalah satu lagi layanan lain yang dapat menyediakan Anda fasilitas email.

Kelebihan yang dimiliki inbox adalah kemudahannya dalam mengubah tampilan inbox sesuai keinginan Anda dengan fasilitas drag n drop. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan RSS feeds yang dapat sesuai kebutuhan Anda.

 

Inbox.com juga menawarkan Anda kemampuan berbagi foto, kalender, agenda, dan catatan. Pesan yang masuk ke Inbox juga mudah dikelola, karena ia menawarkan kustomisasi folder. Anda bisa memindahkan masing-masing email yang masuk secara manual, namun Anda juga bisa membuat pengaturan agar pesan masuk ke folder-folder tertentu secara otomatis.

Nah, demikian tadi beberapa layanan email gratis yang Anda gunakan. Anda dapat melihat bahwa setiap layanan email punya karakteristik masing-masing; ada yang punya kapasitas tanpa batas, kustomisasi folder, dan ada juga yang punya keamanan tingkat tinggi.

Anda mungkin tidak butuh semua fitur, jadi lebih baik sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda dan bisnis Anda.

 

Layanan Email Marketing Terbaik

Seperti yang telah kita bahas di awal, email adalah salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan di internet. Email ini dimiliki oleh hampir setengah populasi dunia, sementara di Indonesia sendiri penggunanya mencapai 132 juta.

Ini membuat email marketing sebagai saluran pemasaran yang layak dicoba.

Email marketing bisa dibilang saluran pemasaran yang paling efektif dari segi biaya. Email marketing mudah dikelola, memberi Anda kontrol penuh, serta memungkinkan Anda menciptakan kontak langsung dengan para pelanggan maupun prospek Anda.

Namun efektifkah menggunakan email marketing? Bukankah lebih efektif bila uangnya digunakan untuk beriklan di jejaring sosial atau Adwords?

Jika Anda bertanya-tanya tentang efektivitas email marketing, maka Anda mungkin perlu membaca penelitian berikut ini.

Menurut survei dari Adestra, pelanggan lebih suka berkomunikasi dengan brand favoritnya melalui email, yang notabene lebih personal dan privasi.

Email juga cenderung banyak digunakan oleh profesional. 95% profesional aktif menggunakan email, sehingga bila bisnis atau blog Anda menargetkan profesional, email marketing bisa jadi senjata yang layak diasah dan dicoba.

Anda memang bisa melakukan email marketing dengan layanan email standar seperti Gmail atau Yahoo Mail. Namun, layanan email standar tidak bisa mengirim ke ribuan kontak sekaligus. Selain itu ada kemungkinan delay, masuk ke spam, dan juga Anda tidak melakukan tracking, dan sulit melakukan split test.

Berkirim email boleh saja menggunakan layanan email gratis, namun email marketing butuh alat yang berbeda lagi.

Ada banyak tools untuk marketing email yang beredar, namun dengan semuanya merupakan tools berbayar, Anda perlu mempelajari semua tools email marketing ini dengan seksama. Jika tidak, Anda mungkin akan membayar terlalu banyak untuk fitur yang mungkin kurang Anda perlukan.

Layanan email marketing yang baik adalah yang memungkinkan Anda membuat email yang menarik. Email marketing yang baik juga bisa digunakan untuk mengelola kontak, membagi pengguna dengan kategori-kategori tertentu, dan ada sistem tracking yang bisa membuat Anda mempelajari dan memudahkan split test.

Yang terpenting, layanan email marketing yang baik memastikan email Anda tidak berakhir di folder spam.

Berikut ini beberapa layanan email marketing terbaik yang bisa Anda pilih. Fitur dan harga yang ditawarkan berbeda-beda, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

 


1. Constant Contact

Constant Contact adalah layanan email marketing terbesar dan bertumbuh paling cepat saat ini. layanan email marketing satu ini juga cukup mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Anda bisa mengelola daftar email campaign Anda, kontak, template email, dan masih banyak lagi.

Anda diberikan akses cepat untuk tracking dan report, dilengkapi dengan tools untuk sharing ke jejaring sosial, database untuk menyimpan gambar, serta penyimpanan cloud sebesar 1 GB.

Constant Contact menawarkan pula layanan pengguna via live chat, email, dukungan komunitas, dan dukungan lain yang membantu Anda meningkatkan efektivitas email marketing Anda.

Ada juga dukungan seperti online training dan seminar yang berbagi ilmu seputar email marketing. Ini membuat bisnis kecil jadi lebih mudah belajar email marketing dan mempraktikkannya.

Constant Contact punya trial gratis selama 60 hari. Setelahnya, Anda dikenakan biaya $20 per bulan.

 

2. AWeber

AWeber adalah salah satu layanan email marketing yang paling banyak digunakan di dunia, baik oleh blogger maupun situs komersil. Aweber memberikan tools yang beragam untuk mengelola kebutuhan layanan email marketing penggunanya.

Aweber sendiri dikenal mudah digunakan. Layanan email marketing satu ini dapat diintegrasikan tanpa masalah terhadap berbagai platform ternama seperti WordPress atau Joomla. Anda diberikan pula akses untuk menggunakan berbagai template, manajemen list kontak, autoresponder siap pakai, dan tracking campaign email dengan informasi yang detail.

Jika Anda merasa bingung dengan penggunaan Aweber, Anda bisa menghubungi CS melalui live chat, telepon, atau email. Ada pula webinar dan sederet tutorial yang membantu Anda mengoptimasi Aweber.

AWeber menyediakan trial gratis selama satu bulan. Setelah itu Anda dikenakan biaya yang dimulai dari $19 per bulan.

3. ConvertKit

ConvertKit adalah layanan email marketing lainnya yang bisa digunakan untuk pemasar, blogger, dan penulis. ConvertKit dikenal sangat mudah digunakan dan powerful.

Jika Anda ingin “memancing” list email melalui form pendaftaran, ConvertKit sangat sesuai untuk itu. Selain itu, pernahkah Anda menerima email berisi tutorial yang dikirim secara harian dan bertahap? ConvertKit bisa digunakan untuk itu. ConvertKit memudahkan Anda mengelola autoresponder, sehingga Anda bisa membuat layanan berlangganan email harian tanpa perlu mengirimnya secara individual.

Ada pula fitur segmentasi kontak, sehingga Anda bisa membedakan mana kontak yang masih prospek dan mana yang sudah pernah membeli. Dengan demikian, Anda bisa mengatur dan memilih konten mana yang hendak dikirim. Sehingga, antara calon pembeli dan yang pernah membeli tidak perlu mendapatkan email atau promo yang sama.

ConvertKit menawarkan harga mulai dari $29/bulan. Namun sedikit keterbatasan dari ConvertKit adalah customer support yang diberikan hanya berupa email. Namun apabila Anda terkendala masalah atau merasa kurang puas dengan Convert Kit, ada kebijakan uang kembali.

4. GetResponse

GetResponse adalah layanan email marketing berikutnya yang cukup populer. Layanan email marketing satu ini dikenal mudah digunakan untuk pemula yang belum mahir email marketing, dan untuk bisnis kecil.

GetResponse dilengkapi dengan tools marketing yang memungkinkan Anda menciptakan campaign marketing cerdas dan tersegmen. Dengan builder drag and drop yang mudah dipelajari, Anda bisa membuat campaign, mengelompokkan kontak, dan mengirimkan konten yang didesain untuk segmen tertentu. Ini tentu membuat Anda bisa menciptakan promosi yang efektif dan ujung-ujungnya profit.

GetResponse dilengkapi dengan form responsive siap pakai, landing pages, A/B testing, tracking, dan autoresponse. Selain itu layanan email marketing ini juga bisa diintegrasikan dengan software lain seperti OptinMonster, SalesForce, Google Docs, ZenDesk, dan lain-lain.

Dukungannya pun cukup lengkap, yakni melalui telepon, live chat, dan email. Anda juga diberikan materi belajar seperti video, webinar, artikel dan ebook tutorial, dan lain-lain.

Harganya pun tergolong cukup murah dibanding yang lain yakni $15/bulan. Bila Anda ragu, GetResponse juga menyediakan trial gratis selama 30 hari.

 

5. MailChimp

Jika Anda ingin menggunakan layanan email marketing yang gratis, Anda bisa coba MailChimp. MailChimp menyediakan UI yang mudah dipelajari, dengan tools dan dukungan pelanggan yang bagus.

Yang menarik dari layanan email marketing satu ini adalah mudah diintegrasikan dengan banyak platform, seperti WordPress, Magento, Shopify, dan banyak platform lainnya.

MailChimp juga dilengkapi dengan banyak fitur seperti autoresponder, kontak tersegmen, tracking dan analytics, serta email creator yang mudah dipelajari. Jika Anda mengincar pelanggan internasional, Anda juga bisa mengatur jadwal pengiriman email berdasarkan zona waktu dan geolokasi. Sehingga pengiriman bisa diatur sesuai dengan waktu paling optimal.

Dukungan lain yang ditawarkan adalah email, live chat, serta tutorial dan video.

Seperti yang kami katakan, MailChimp menawarkan opsi gratis. Namun opsi gratis ini hanya berlaku sampai database Anda mencapai 2000 email. Setelahnya, paketan MailChimp mulai dari $10/bulan.

MailChimp dapat jadi opsi bagi Anda yang benar-benar memulai blogging atau bisnis dengan minim biaya.

6. Campaign Monitor

Campaign Monitor is another popular email marketing solution. It gives you everything you would need to run successful campaigns and then some more.

They have a beautiful drag and drop email builder. It allows you to use professionally designed email templates and make them your own. They also offer a drag and drop segmenting tool to create different campaigns for different contacts based on behavior and actions.

You can personalize each message using the rich customer data. This makes your emails more personal and gives much better results.

Not to mention their easy to use A/B testing, tracking, optimization, and social sharing tools.

Support is available 24/7 via email and support forums. Premier customers can also avail phone support. They have extensive documentation step-by-step how-tos to help you get started and fix things on your own.

Campaign Monitor’s pricing plans start from $9/month.

 

7. ActiveCampaign

ActiveCampaign mengkombinasikan layanan email marketing, otomasi, dengan CRM dan penjualan. Ini membuat ActiveCampaign cocok untuk Anda yang ingin membuat campaign marketing super tertarget.

Layanan email marketing ini juga dilengkapi dengan template email yang bagus, dan form pendaftaran untuk calon prospek yang menggunakan perangkat mobile. Anda juga bisa melakukan segmentasi kontak berdasarkan lokasi, perilaku, dan data sosial mereka. ActiveCampaign juga mampu memberikan Anda data lebih lanjut tentang kontak-kontak yang Anda punya hanya berdasarkan alamat email mereka.

ActiveCampaign bisa diintegrasi dengan mudah pada WordPress. Anda juga bisa mengirimkan pesan SMS pada kontak Anda untuk follow up, memastikan email yang Anda kirim benar-benar dibuka.

ActiveCampaign mengenakan biaya mulai dari $9/bulannya. Bila Anda masih ragu, ActiveCampaign juga menawarkan demo dengan fitur terbatas.

 

8. Kirim.Email

Layanan email marketing memang tampaknya menarik, namun bagaimana bila Anda tidak punya kartu kredit? Bagaimana bila Anda belum punya akun PayPal? Bagaimana pula bila Anda belum mahir berbahasa Inggris?

Anda bisa menggunakan layanan email marketing baru dari Indonesia. Layanan ini bernama Kirim.email.

Kirim.email didesain untuk pebisnis online dan blogger. Kelebihan utama dari kirim.email adalah bahasanya yang mudah dipahami, serta instruksi dengan gaya bahasa yang mengalir dan mudah dicerna.

Bila Anda ingin menguak lebih banyak rahasia tentang email marketing yang efektif, kirim.email juga menyediakan forum tempat tanya jawab bersama marketer Indonesia lainnya. Ada juga kursus online untuk mengkonversi database email Anda menjadi pembeli.

Ada juga kursus untuk membangun list dari Facebook. Jadi bila Anda ingin melakukan email marketing namun belum punya website, Anda perlu juga mengikuti kursus gratis ini. Ada juga 43 video tutorial yang akan terus ditambah tiap bulan.

Yang lebih menguntungkan lagi, biaya berlangganan kirim.email didasarkan dengan kontak email yang Anda punya sekarang. Harganya pun tergolong murah untuk budget orang Indonesia.

Kirim.email sendiri sudah digunakan oleh beberapa ukm dan tokoh terkenal di Indonesia, seperti Hedtutu dan Merry Riana. Sehingga rasanya Anda tak perlu ragu bila ingin memilih kirim.email sebagai layanan email marketing Anda.

 

9. MyEmma

Emma adalah layanan email marketing terakhir dalam artikel ini. Emma dilengkapi dengan desain yang bisa dikustom, sehingga Anda bisa membuat campaign yang unik sesuai dengan tema bisnis Anda.

Ada juga form dan newsletter, fitur analytics, dan fitur untuk melakukan survey pada database kontak Anda. Emma sendiri cukup mahal dibandingkan dengan seluruh kompetitornya, yakni $99 per bulan, ditambah lagi $30 untuk setiap 1000 email.

Nah, demikian tadi beberapa penyedia layanan email dan layanan email marketing yang bisa Anda coba. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengoptimasi blog ataupun bisnis Anda. Selamat mencoba!

 

Setiap pemula usaha bisnis online pasti  menginginkan kemajuan dari usahanya. Kemajuan ini dapat anda capai lewat email marketing. Email marketing metode pemasaran yang sangat efektifi untuk menarik perhatian para pelanggan. Oleh karena itu, untuk penggunaannya yang praktis, maka dibentuklah beberapa aplikasi email marketing yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan anda.

 

  1. MailChimp

MailChimp merupakan aplikasi yang biasanya terfokus pada bisnis dan eCommerce bukan hanya terkait afiliasi pemasaran dalam mendapatkan uang dalam bisnis mereka.

Fitur layanan dari email MailChimp:

  • Ketersediaan layanan email gratis kepada 500 pelanggan pertama anda.
  • Pemasaran email menjadi lebih mudah dengan adanya fitur drag dan drop.
  • Mengintegrasikan email dengan adanya shopping cart dan CRM
  • Menjadi brand image pribadi sesuai form darri merk produk anda
  • Pembuatan template lewat kustomisasi preferensi Anda sendiri.
  • Adanya kesempatan untuk memposting lewat akun media sosial seperti Facebook
  • Adanya bentuk kustom yang mempermudah dalam pengiriman email serta menampilkan daftar posting yang mempromosikan merek produk anda.
  1. Get Response

Get Response merupakan solusi perangkat lunak pemasaran email yang sering bersaing dengan aplikasi aweber karena desainnya yang intuitif serta menciptakan design newsletter email yang unik dan menarik. Pada aplikasi ini juga banyak desain template yang memungkinkan anda dapat membuatnya sesuai kreativitas anda sendiri disesuaikan dengan desain email anda untuk mendukung promosi dari bisnis online anda.

Fitur Get Response yang ada antara lain mencakup:

  • Varian template kustom untuk membuat newsletter email anda dengan 1000 gambar iStock yang tersedia untuk membuat desain yang lebih mengesankan pada email serta newsletter.
  • Dapat membuat desain template sendiri dengan menggunakan pra-desain template yang tersedia.
  • Alat editing yang cerdas
  • Adanya fitur blokir yang berfungsi dalam menambahkan teks serta tombol
  • Riwayat email dapat tersimpan baik

5 Aplikasi Email Marketing Yang Patut Digunakan Untuk Memajukan Bisnis

  1. Constan contact

Constan Contact merupakan aplikasi email marketing yang sering digunakan sebagai promosi kampanye email secara gratis. Jadi pada aplikasi ini, anda akan mendapatkan layanan email gratis untuk para pelanggan. Hal ini tentu menguntungkan melakukan pemasaran secara efektif tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Solusi pemasaran dari email ini juga memberikan jaminan bahwa hasil kampanye email anda akan mencapai kotak masuk pelanggan.

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini antra lain:

  • Mengatur pengelolaan dari daftar email serta menikmati fitur integrasi sosial dalam hal kampanye pemasaran dari email anda
  • Dapat melacak hasil output secara real time
  • Kontrol desain template dapat disesuaikan sesuai dengan email yang anda buat

Aplikasi ini menawarkan masa percobaan selama 60 hari secara gratis sebagai bentuk penawaran apakah aplikasi ini memang benar-benar cocok dengan bisnis online anda. Jika cocok, penggunaan aplikasi ini dikenakan biaya $ 15 per bulan dengan satuts berlangganan. Anda juga akan mendapatkan fitur gratis kampanye pemasaran email ynag produktif dan sangat efektif untuk meningkatkan bisnis online anda.

 Baca Layanan Bisnis Email Marketing 

  1. My Emma

My Emma merupakan salah satu aplikasi layanan pemasaran email dengan spesifikasi membuat desain visual untuk newsletter email anda yang biasanya lebih disukai bagi para pelaku usaha online yang memiliki hobi dalam bidang visualisasi atau desain khusus yang digunakan pada newsletter email anda.

Keunggulan aplikasi My Emma antara lain:

  • Dapat membuat desain sendiri newsletter email. Jika nada mengalami kesulitan tersedia juga aplikasi in-house proffesional yang bersedia membantu.
  • Penggunaan fitur “drag and drop”
  • Membuat desain visual secara gratis dengan cara mendownload sesuai merk dari eamil anda.
  • Melacak kampanye optimalisasi email secara mudah.
  • Tersedianya alat media sosial yang mampu menjangkau khalayak luas.
  • Mengintegrasikan kampanye pemasaran email dengan akun media sosial serta situs-situs lain yang juga anda miliki.
  • Adanya fitur versi mobil  dengan jumlah template lebih dari 100 yang dapat digunakan secara gratis.

 

  1. Vertical Response

Vertical Response merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menawarkan beberapa fitur yang mudah serta praktis digunakan. Selain itu keuntungan lain adalah percobaan dari fitur ini secara gratis selama 30 hari. Fitur-fitur yang ada termasuk:

  • Tersedianya tutorial bagaimana pemasaran yang baik yang dapat diunduh secara gratis sehingga dapat membantu kampanye pemasaran email anda.
  • Adanya survei online dan direct mail kartu pos
  • Lebih dari 700 desain untuk email buletin template yang dibuat oleh para profesional dan mempromosikannya secara gratis lewat situs media sosial yang anda punya.
  • Dapat memastikan apakah email anda mobile yang friendlt, responsif, dan ringan.
    Penawaran harga yang lebih fleksibel dalam pelayanan dengan menggunakan program Pay As You Go.
  • Dapat mengirimkan hingga mencapai 4.000 e-mail kepada paling banyak 1.000 kontak selama masa free trial secara gratis.Banyak variasi template yang bisa digunakan seperti gambar, teks, warna merk serta tombol berbagi lewat media sosial sehingga memungkinkan penerima pesan dapat saling berbagi email anda di jaringan sosial jika mereka menyukai.
  • Secara otomatis beradaptasi sesuai ukuran layar pengguna.
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Email Bounce

https://undercover.co.id/ – Ada sebuah istilah yang sangat penting dalam hal pengiriman email, tetapi tetap memberikan kebingungan pada banyak…

3 Strategi Pemasaran Digital

undercover.co.id – 3 Strategi Pemasaran Digital Yang Patut Anda Coba Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda , Pemasaran adalah…