Apakah Google Ads Efektif untuk Situs Bisnis Anda?

Tentu saja Anda mungkin berpikir kami sedikit bias, karena kami adalah jasa advertising.

 

Tetapi kami bekerja di sini karena kami menyukai periklanan, dan PPC adalah satunya, dan kami benar-benar percaya bahwa AdWords dapat bekerja untuk hampir semua bisnis: kecil, menengah, atau besar.

 

 

 

Tentu saja ada ribuan hingga jutaan alasan mengapa AdWords tidak efektif, termasuk “pelanggan saya tidak tahu cara pakai internet”.

 

Padahal anak kecil pun tahu cara menggunakan Google, jadi alasan ini benar-benar tidak bisa dipercaya.

 

 

Sebagai gantinya, saya ingin menyampaikan argumen paling umum yang kami dengar tentang mengapa Google AdWords tidak berhasil,

 

dan memberikan beberapa bantahan untuk menunjukkan kepada Anda mengapa itu sebenarnya TIDAK berhasil.

 

 

Karena faktanya adalah, Google adalah salah satu perusahaan paling berprofit di planet ini karena suatu alasan:

 

Google menghasilkan uang dari AdWords karena orang-orang terus menggunakannya!

 

 

Lihat berapa banyak uang yang dihabiskan sebagian besar marketer menghabiskan anggaran di AdWords setiap tahun – $ 40 hingga $ 50 juta setahun!

 

Tidak mungkin mereka akan membakar uang sebesar itu jika mereka tidak mendapatkan ROI yang bagus.

 

 

Sekarang, jika Anda masih bertanya-tanya, “Haruskah saya menggunakan AdWords?” baca terus untuk mengetahui bantahan-bantahan kami…

 

Argumen 1: Google AdWords terlalu mahal!

 

 

“Google AdWords seperti membakar uang saya sia-sia!”

 

 

“ROI tidak dapat dijangkau karena biaya yang tidak cukup.”

 

 

“Anda beriklan di Google? Mubazir! Mending SEO saja!”

 

 

 

Baiklah, tahan dulu.

 

 

 

Ya, AdWords memang membakar uang, dan sering kali ketika pengiklan memulai,

 

mereka mungkin tidak semua anggaran pemasaran mereka dengan tepat, membuat mereka kehilangan kepercayaan terhadap platform.

 

 

Tetapi penting untuk diingat bahwa semua saluran pemasaran membutuhkan uang;

 

pertanyaannya adalah apakah Anda mendapatkan keuntungan dari investasi itu atau tidak.

 

 

Katakanlah tidak menghabiskan uang, tapi pasti menghabiskan waktu Anda. SEO dan sosial media bisa dimaksimalkan dengan dana minim bahkan gratis, tapi waktu yang dibutuhkan tidak sehari dua hari.

 

Sebelum meninggalkan AdWords sebagai penyebab kerugian, Anda harus mengidentifikasi mengapa biaya yang dihabiskan begitu mahal dan tersia-sia.

 

 

Ketika ada kebocoran dana karena AdWords, yang sering terjadi adalah orang mehttps://undercover.co.id/arkan akun AdWords mereka berjalan secara otomatis

 

atau mehttps://undercover.co.id/arkan pihak ketiga yang tidak berkompeten menjalankan kampanye iklan mereka.

 

Ya akhirnya membuang banyak uang.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan AdWords lebih murah dan lebih menguntungkan.

 

 

Pelajari cara menggunakan Google Ad

 

Ini adalah alasan nomor satu orang biasanya menghamburkan uang – karena mereka belum meluangkan waktu untuk mempelajari AdWords.

 

Sayangnya, ini bukan sistem yang mudah dimengerti dan mudah dipahami.

 

Butuh waktu, belajar, dan pengalaman untuk memahami seluk beluk pencarian berbayar.

 

Luangkan waktu untuk membaca, menonton webinar, memahami hal-hal seperti struktur akun, jenis pencocokan,

 

kata kunci negatif, strategi penawaran, dan jika Anda sangat ahttps://undercover.co.id/sius, dapatkan sertifikasi AdWords.

 

 

 

Gunakan Jenis Penargetan Yang Lebih Spesific

 

Apakah semua jenis pencocokan Anda luas?

 

Nah, itu sebabnya AdWords Anda sangat mahal!

 

Dengan jenis pencocokan yang lebih luas,

 

iklan Anda kemungkinan besar akan disajikan kepada pemirsa yang jauh lebih besar,

 

dan terkadang tidak relevan, yang mengarah ke klik yang sia-sia.

 

 

Kami tidak menyarankan Anda berhenti menggunakan kata kunci yang luas,

 

tetapi pastikan untuk menyiapkan kata kunci negatif

 

untuk memblokir penelusuran yang tidak relevan.

 

Lakukan penawaran pada kata kunci yang tepat.

 

Jika perlu bayarlah lebih lebih tinggi untuk mendapatkan klik yang lebih relevan,

 

dan memantau laporan Kueri Penelusuran Anda secara teratur

 

untuk mendapatkan pencerahan bahwa Anda membayar untuk kata kunci yang memang dicari orang.

 

Tetapkan Strategi Anggaran & Bidding Realistis.

 

 

Menentukan anggaran dan tawaran dapat menjadi pekerjaan yang makan waktu, tetapi jangan mempersulit prosesnya.

 

 

Petakan apa yang secara realistis dapat Anda belanjakan untuk setiap kampanye dan

 

tetapkan anggaran harian Anda dengan tepat. Bagaimana dengan bidding?

 

Untuk pengiklan yang anggarannya sedikit, kami selalu menyarankan untuk menawar secara manual

 

agar memiliki kontrol terperinci atas akun Anda tanpa mehttps://undercover.co.id/arkan Google menjalankan iklan Anda dengan brutal.

 

Pastikan Anda Tidak Sedang Mencari Dengan Tampilan/ Impressi

 

Berada di pencarian dan tampilan secara bersama dapat bekerja baik untuk pengiklan yang ingin mendapatkan visibilitas dan branding sebanyak mungkin,

tetapi sering kali pengiklan pemula secara membabi buta memilih opsi ini dan akhirnya bingung seperti bagaimana anggaran harian mereka sangat cepat habis.

 

 

Nah, jaringan display mengahttps://undercover.co.id/l iklan Anda dan menampilkannya di web, bukan hanya di hasil pencarian. Jika memilih jaringan display, iklan Anda juga muncul di Adsense.

 

 

Maksudnya berbeda ketika menjelajahi web dibandingkan dengan melakukan penelusuran,

 

jadi biasanya kami menyarankan untuk memisahkan kampanye ini dan memiliki strategi dan anggaran terpisah untuk masing-masing jalan.

 

 

 

Lacak pengeluaran Google ads Anda

 

 

Ada banyak alasan mengapa pengeluaran Anda tidak terkendali.

 

Mungkin kata kunci Anda memicu klik yang tidak relevan, atau Anda menggunakan penawaran otomatis yang menghabiskan anggaran dengan cepat, atau pembaruan algoritme menyebabkan anggaran Anda meroket.

 

 

Poin utama di sini adalah Anda harus sangat aktif dan meninjau hasil iklan Anda setiap hari, bahkan jika Anda menyisihkan hanya 10 menit per hari.

 

Jika Anda melakukan ini, Anda akan dijamin tidak membuang-buang uang untuk klik yang tidak relevan.

Argumen 2: SEO Kami Bagus, Jadi Tidak Usah Beriklan

 

 

Kami menolak untuk mempercayai argumen ini karena beberapa alasan,

 

yang utama adalah bahwa hasil studi dan survei menemukan fakta bahwa

 

pencarian berbayar akan melengkapi SEO dengan optimal dan

 

meningkatkan profitabilitas secara keseluruhan.

 

 

 

Kadang, demi upaya menyalip SEO, ada juga pengiklan yang memasukkan kata kunci dengan mendompleng merk yang sukses.

 

Misal, “beli perlengkapan bayi tokopedia”.

 

Untuk mencegah traffic dan pembelian disalip,

 

mau tidak mau Tokopedia harus menawar untuk kata kunci yang sama.

 

Ini supaya merk tidak didompleng sembarangan.

 

 

Anda pun juga perlu begitu. Anda bahkan tetap harus mengajukan penawaran pada merek Anda sendiri karena pesaing Anda mungkin melakukannya,

 

dan karena itu Anda pasti tak klik dan transaksi yang harusnya milik Anda dicuri orang.

 

 

Lebih jauh lagi, ketika Anda ingin menargetkan kata kunci baru dalam pencarian organik, itu bisa memakan waktu lama bagi konten Anda untuk mendapat peringkat – dan kadang-kadang, itu tidak berhasil sama sekali.

 

Tetapi Anda dapat menargetkan kata kunci baru dengan PPC dengan segera, kemudian menentukan dengan sangat cepat apakah kata kunci tersebut bermanfaat.

 

 

Juga, jenis kata kunci tertentu memiliki “buying intent” alias niat membeli.

 

Misal begini. Mana kata kunci yang kemungkinan untuk belanja: “beli perlengkapan bayi murah” atau “perlengkapan bayi”?

 

 

Kata kunci berbeda punya niat mendorong perilaku pencarian yang berbeda.

 

SEO sangat bagus untuk menampilkan laman informasi dan menambah lalu lintas,

 

tetapi kueri penelusuran dengan niat komersial tinggi cenderung memberikan SERP yang sangat berbeda,

 

dengan lebih banyak iklan – terkadang tidak ada kecuali iklan di paro atas.

 

 

Dan pada jenis kata kunci dengan niat beli tinggi dan berkonversi tinggi, iklan sering kali mencuri sebagian besar klik. Orang mungkin tidak pernah sampai ke laman Anda, karena kalah dengan iklan.

 

 

Akhirnya, satu hal yang perlu diingat tentang SEO yang hebat adalah hasilnya tidak 100% dapat terjamin berhasil. Anda dapat melakukan semua praktik terbaik, tetapi itu juga tidak menjamin Anda terus menerus ada di peringkat teratas.

 

 

 

Juga, ingat algoritma Penguin dan Panda? Tidak? Banyak marketer mengingat pembaruan algoritme Google ini dengan jelas karena mereka melihat traffic organik mereka menurun drastis, meninggalkan mereka dalam kepanikan.

 

 

 

Dengan PPC, kontrol ada di tangan Anda. Tetapi rumus kemenangan yang sebenarnya adalah mengoptimalkan situs dan konten Anda untuk tujuan SEO, sahttps://undercover.co.id/l menerapkan strategi pencarian berbayar yang efektif.

 

 

Apakah Anda sudah melakukan keduanya, tetapi meragukan efektivitasnya?

 

Cukup periksa laporan berbayar dan organik dalam Google Analytics.

 

Ini akan membantu Anda memahami sepenuhnya nilai dari menggabungkan SEO dan upaya berbayar Anda, dan membantu Anda menang lebih besar.

 

 

“Sebagai marketer penelusuran berbayar, Anda akan dapat mengidentifikasi semua kata kunci panjang yang organiknya menghasilkan kinerja hebat dan meningkatkan strategi penawaran Anda dengan sesuai,”

 

kata Thomas Stern, SVP dari Layanan Klien di ZOG Digital. “Hingga saat ini, kami belum menemukan akun yang setidaknya tidak berisi beberapa kata kunci peringkat teratas yang juga masih harus ditingkatkan dengan PPC.”

 

 

 

Argumen 3: Traffic yang saya dapat dari AdWords tidak mengkonversi.

 

 

Ini bukan salah AdWords.

Kami tahu dari pengalaman bahwa dengan pengelolaan yang efektif Anda dapat mengubah upaya pencarian berbayar Anda menjadi mesin pembuat konversi

 

(kecuali bisnis Anda pasti gagal karena produk tidak berkualitas atau penawarannya yang kurang menarik).

 

 

 

Kembali pada 2013 eBay menghadapi dilema yang sama, mengangkat tangan mereka, dan membuat klaim yang berani bahwa Google AdWords tidak mengkonversi.

 

Sebagai tanggapan, mereka menerima banyak kecaman dari para marketer dan para pebisnis menertawakan mereka dan menganggap tim pemasaran eBay naif dan kurang informasi.

 

Kenyataannya adalah eBay hanya payah pada pencarian berbayar.

 

Mari kita telusuri alasan mengapa beberapa perusahaan, seperti eBay, gagal mendapatkan konversi dari penelusuran berbayar.

 

 

Akun Anda terstruktur dengan buruk

 

 

Sering kali pengiklan tidak melihat konversi karena akun tersebut adalah bencana. Mungkin mereka menargetkan kata kunci yang terlalu luas, tidak relevan, atau memiliki jumlah pencari yang terlalu sedikit.

 

 

Mereka cenderung tidak menggunakan kata kunci negatif untuk memblokir penelusuran yang tidak relevan, dan grup iklan mereka mungkin dipenuhi dengan istilah yang tidak terkait.

 

 

 

Anda menyalahgunakan penyisipan kata kunci dinamis

 

 

Masalah dengan akun AdWords eBay sudah jelas.

“Strategi AdWords eBay tampaknya memilih setiap kata dalam kamus dan menjalankannya pada Penyisipan Kata Kunci Dinamis,” kata Larry Kim.

 

 

Penyisipan kata kunci dinamis adalah opsi di AdWords tempat Anda dapat secara dinamis memasukkan kueri yang dicari di Google ke dalam iklan Anda untuk membuat iklan serelevan mungkin dan meningkatkan peluang klik.

 

 

Strategi ini dapat menghasilkan keajaiban jika dilakukan dengan baik, tetapi eBay menyalahgunakan penyisipan kata kunci dinamis dengan menawar kata kunci yang tidak relevan.

 

 

Jika Anda baru di AdWords, Anda mungkin ingin menghindari Penyisipan Kata Kunci Dinamis sampai Anda merasa sedikit lebih nyaman. Benar-benar memalukan jika Anda membuang uang untuk kata kunci yang tidak terkait dengan bisnis Anda.

 

 

Iklan Anda tidak relevan

 

 

Relevansi amat sangat penting ketika menyangkut AdWords.

Kata kunci Anda harus sesuai dengan iklan Anda yang harus cocok dengan halaman arahan Anda.

 

Jika Anda mencari sepasang sepatu kets baru dan tapi malah diarahkan ke landing page berisi produk topi, Anda mungkin akan segera menekan tombol back, dan kehilangan kepercayaan pada merek itu.

 

 

Masalah ini mungkin tampak jelas, tetapi Anda akan terkejut melihat berapa banyak orang mengelompokkan sejumlah kata kunci besar,

 

mengarah ke iklan tertentu yang tidak terkait langsung dengan kata kunci yang dicari, yang kemudian mengarahkan penelusur ke beranda mereka. Makanya konversi tidak terjadi!

 

Laman Penjualan Anda buruk

 

Yang ini seringkali sulit diterima bagi marketer.

 

Kurangi ego Anda sedikit, dan sadari bahwa halaman penjualan Anda mungkin didesain dengan buruk.

 

Anda mungkin menghabiskan berjam-jam merancangnya sendiri, atau mungkin Anda membayar desainer untuk membuatnya.

 

Nah, jika Anda mendapatkan klik, tetapi tidak ada konversi yang terjadi, itu bisa jadi karena ada masalah di landing page.

 

Anda Tidak Melakukan Pemasaran Ulang

 

 

Sering kali, terutama dengan perusahaan B2B dengan siklus penjualan yang lebih panjang, Anda tidak dapat hanya mengandalkan konversi melalui hasil pencarian.

 

 

Atau, iklan Anda hanya muncul sekali lalu terlupakan.

 

 

Anda harus melangkah lebih jauh. Yang paling mudah, dan apa yang kami temukan sebagai cara paling sukses untuk melakukan ini adalah dengan pemasaran ulang.

 

Sematkan cookie ke pengunjung situs Anda dan ikuti mereka dengan bid yang relevan.

 

Ingatkan mereka tentang produk dan bisnis Anda. Ini sering dilakukan oleh ecommerce besar, yang menargetkan iklan mereka melalui cookie.

 

 

Argumen 4: Tidak punya waktu mengelolanya.

 

 

Argumen lain yang saya dengar terlalu sering.

 

Ya, saya memahami penelusuran berbayar dapat menghabiskan banyak waktu, dan jika Anda tidak mendedikasikan waktu yang tepat untuk mengevaluasi, melacak, dan mengubah kampanye PPC Anda,

 

 

maka hasil Anda dapat menurun atau tidak pernah mendapat hasil sama sekali.

Apa yang bisa dilakukan? Nah, saat ini ada begitu banyak alat dan sistem yang dapat secara drastis mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pencarian berbayar.

 

 

Anda bisa berkonsultasi dengan jasa advertising untuk mendapatkan targeting iklan paling tepat, dan Anda juga bisa berkonsultasi dengan jasa advertising untuk mendapatkan kata kunci yang paling relevan dengan target penjualan Anda.

 

 

Jadi, berhenti membuat alasan!

 

AdWords berhasil selama Anda berupaya untuk melakukannya dengan baik. Sudah sifat alami manusia untuk malas,

 

 

jadi kenali ini, dan ubah perilaku Anda untuk mulai mengembangkan bisnis Anda melalui pencarian berbayar.

 

 

 

Jadi…Apakah AdWords Bisa Berhasil?

 

 

Ya, Google AdWords  bisa berhasil. AdWords adalah bentuk iklan yang terjangkau yang memungkinkan untuk menargetkan prospek dalam pasar yang berkualitas, dan jika dikelola dengan benar,

 

AdWords dapat memberikan ROI yang kuat, membantu Anda mengembangkan prospek dan penjualan bisnis Anda.

 

Bahkan jika kehadiran online Anda dari SEO sangat bagus, penelitian menunjukkan bahwa penambahan dalam periklanan AdWords menghasilkan lebih banyak klik dari pencarian.

 

 

Mengembangkan Bisnis bersama AdWords

 

 

Google AdWords merupakan salah satu tempat untuk online advertising yang mana dapat membantu Anda memasang iklan bisnis sesuai dengan target pasar yang dituju.

 

 

Ketika menggunakan Google AdWords, target kustomer dapat difilter agar dapat terpisah dengan kustomer yang bukan menjadi target.

 

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan metode penargetan yang berbeda agar mampu meraih target kustomer yang potensial ketika orang-orang mencari tentang produk atau jasa Anda.

 

 

  1. Raih target pemasaran

 

Anda dapat mencoba memanfaatkan fitur yang banyak tersedia dan format iklan dalam kustomisasi iklan di Google AdWords untuk bisa meraih goal dengan cara yang berbeda.

 

Seperti menambahkan tombol “Hubungi” untuk mendapatkan lebih banyak telepon dari kustomer, atau menambahkan video untuk lebih memperkenalkan merek dan produk Anda.

 

 

 

Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan :

  • Saran untuk mengunjungi toko
  • Saran untuk segera menghubungi nomor bisnis
  • Saran untuk mengunduh aplikasi bisnis

 

  1. Target iklan menggunakan keyword

 

Ketika beriklan di Google AdWords, Anda dapat memilih keyword yang dapat membantu untuk mendapatkan target yang sesuai. Anda bahkan bisa memilih lokasi dan bahasa yang spesifik untuk dapat menampilkan iklan di daerah target yang sesuai.

 

 

  1. Target audiens yang spesifik

 

Jika Anda beriklan di jaringan Google yang menampilkan iklan di website, YouTube dan aplikasi mobile, Anda bahkan dapat memilih target secara lebih spesifik lagi. Misalnya, dengan menentukan usia dari orang yang ingin Anda target, jenis situs yang target kunjungi, dan juga minat ketertarikan dari target tersebut.

 

 

  1. Hanya membayar untuk hasil

 

Untuk pembayaran iklan, Anda dapat membayar jika mendapatkan hasil. Tentukan harga terbaik untuk kemajuan Anda dan bisnis. Anda hanya perlu membayar jika ada orang yang melakukan interaksi dengan iklan Anda seperti, meng-klik iklan tersebut ataupun menonton iklan video Anda.

 

 

 

  1. Pantau performa iklan

Jika Anda sedang menjalankan iklan di Google AdWords, sebaiknya Anda melakukan pemantauan secara rutin terhadap iklan tersebut agar dapat melihat bagaimana iklan tersebut bekerja dengan efektif, dan dapat langsung melakukan perubahan pada iklan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan performa iklan.

 

 

  1. Beriklan disemua platform

Anda harus terhubung dengan kustomer dimanapun mereka berada. Baik ketika mereka sedang mengakses internet melalui komputer, tablet, smartphone, bahkan ketika sedang menjalankan aplikasi.

 

 

Bagaimana Cara AdWords Bekerja?

Selain bagaimana cara menggunakan Google AdWords, jika Anda adalah seorang pemula, maka Anda juga harus mengerti bagaimana cara kerja dari Google AdWords.

 

 

Dimana Ads akan muncul?

 

 

Sebelum mengahttps://undercover.co.id/l setiap langkah untuk pemasaran online, sebaiknya Anda mengerti dan dapat membedakan antara iklan berbayar, dan iklan organik.

 

 

#1 Bagian pertama : Dapat berisi iklan AdWords. Ads dapat muncul dibagian bawah ataupun bagian atas halaman yang memiliki label ‘Ads’.

 

 

Ranking halaman yang memiliki label ‘Ads’ ini bergantung kepada relevansi dan seberapa berguna halaman tersebut terhadap pencarian yang dilakukan pengunjung, dan juga bergantung kepada bid (biaya) yang diterapkan dan beberapa faktor lainnya.

 

 

#2 Bagian kedua : Hasil pencarian organik. Merupakan hasil pencarian teratas yang muncul karena konten dari link website tidak berbayar (bukan Ads) terhubung langsung dengan keyword yang dicari oleh pengunjung.

 

 

Semakin relevan suatu konten terhadap keyword dan pencarian, maka akan semakin tinggi ranking yang didapat. Website Anda mungkin bisa saja muncul , namun iklan Anda tidak.

 

 

Kontrol Budget Google Ad Anda

 

 

Didalam Google AdWords, Anda dapat mengatur Cost-Per-Click (Biaya per klik) dengan bid maksimum atau lebih rendah. Anda juga dapat dikenakan biaya hanya ketika ada pengunjung yang meng-klik iklan Anda.

 

 

Anda dapat mengontrol budget iklan di Google AdWords. Anda dapat menentukan biaya yang akan dikeluarkan setiap harinya.

 

Jika pada suatu hari ketika iklan Anda berjalan dengan sangat baik, AdWords akan menaikkan biaya per-kliknya hingga 20% sehingga Anda tidak akan kehilangan pengunjung potensial.

 

Namun AdWords juga akan menurunkan kembali biaya tersebut jika iklan tidak berjalan baik. Ini akan membuat iklan Anda efektif dalam segi biaya dan performa.

 

 

Perbaiki hasil dengan memilih keyword tepat

 

Ketika memasang kampanye iklan di Google AdWords, Anda harus dapat menentukan keyword yang tepat untuk iklan yang dipasang.

 

Keyword yang memiliki potensi sebagai keyword yang akan digunakan oleh para pengguna internet ketika sedang mencari produk atau jasa yang sama seperti Anda iklankan.

 

 

Dengan menggunakan keyword yang sesuai dengan iklan, maka ini memungkinkan iklan Anda akan muncul kepada pengunjung yang melakukan pencarian untuk produk serupa.

 

 

Contohnya, jika Anda menjual dan menyediakan jasa pengiriman buah-buahan segar, Anda dapat menggunakan keyword “pengiriman buah segar”. Dengan begini, ketika pengunjung mencari dengan keyword serupa, maka iklan Anda akan muncul dipencarian.

 

 

Keyword yang tepat akan sangat membantu iklan anda untuk muncul dipencarian teratas Google. Semakin relevan sebuah keyword dengan iklan, maka akan semakin banyak pengunjung yang akan meng-klik iklan tersebut.

 

10 Tips Menggunakan Google Ads

 

Adwords merupakan platform yang digunakan dibidang periklanan digital. Platform ini berasal dari Google. Melalui platform ini, advertiser (pengiklan) dapat mengatur iklan bisnisnya sendiri.

 

Termasuk jika menempatkan iklan dioencarian google atau dijaringan google, dapat menentukan target pasar yang meliputi negara, wilayah, umur, gender, device, bahasa yang digunakan dan masih banyak lagi.

 

Google Adwords merupakan platform yang tepat untuk digunakan oleh para pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui internet.

 

Jika anda tertarik untuk mengiklankan bisnis anda di Google Adwords, ada baiknya anda belajar terlebih dahulu tentang Google Adwords.

 

Lakukan banyak riset dari sumber-sumber yang lebih dahulu sudah memakai jasa Google Adwords, dari mereka Anda bisa belajar mengenai target pasar yang cocok dengan bisnis Anda, headline yang dapat mengundang perhatian, keyword yang tepat, dan lain-lain.

 

10 tips meningkatkan performa Google Adwords

 

 

  1. Sesuaikan Budget Anda

 

Sebelum anda memutuskan untuk menentukan harga bidding (penawaran) untuk CPC (Cost-Per-Click),

 

sebaiknya anda mencari tahu kemampuan biaya yang bisa anda keluarkan untuk biaya klik, namun tetap

 

mendapatkan hasil dari klik-klik tersebut. Klik yang terlalu rendah akan membuat anda kesulitan mendapatkan

 

peringkat teratas. Gunakan pilihan bidding yang paling efisien untuk mendapatkan hasil yang lebih menurut Anda.

 

 

 

  1. Kata Kunci Relevan

 

Kata kunci yang relevan akan membantu anda mendapatkan peringkat dipencarian google.

 

Pilihlah kata kunci yang tepat dan relevan antara Ads (iklan) dan Landing Page.

 

Anda dapat memilih beberapa kata kunci yang sebelumnya harus anda lakukan riset agar mendapatkan kata kunci yang tepat.

 

Jika kata kunci yang anda gunakan tidak relevan antara Ads dan Landing Page, maka ini akan berpengaruh terhadap performa iklan.

 

 

 

  1. Target Lokasi

 

Target lokasi juga menjadi bagian yang penting.

 

Jika Anda ingin memasarkan suatu produk tentunya anda harus memasarkannya kepada orang-orang yang membutuhkannya, dan berada didaerah sekitar.

 

Misalnya, tidak mungkin jika orang Maluku mencari restoran di Bandung. Anda bisa mencoba untuk menerapkan target wilayah yang benar-benar ingin Anda jangkau.

 

 

 

  1. Peringkat Teratas

 

Pastikan Ads Anda ada diperingkat teratas pencarian, bukan disampingnya.

 

Peringkat teratas akan memberikan pengaruh besar baik terhadap penghasilan melalui iklan tersebut maupun pengaruh terhadap penjualan produk atau bisnis Anda.

 

Setiap pengunjung atau konsumen selalu menginginkan produk atau situs yang berada diperingkat teratas karena terlihat lebih terpercaya dan memiliki kredibilitas.

 

 

  1. Gunakan Kata Kunci Negatif

 

Dalam mengatur iklan yang Anda akan tampilkan melalui Google Adwords, anda dapat menggunakan kata atau kata kunci negatif (sebagai exclude keyword)

 

agar iklan anda tidak muncul kepada orang yang memang tidak akan menjadi pelanggan Anda. Ini akan membuat iklan Anda menjadi lebih efektif. Karena iklan hanya muncul kepada target yang tepat.

 

 

  1. Kata Kunci Spesifik

Semakin spesifik sebuah kata kunci terhadap konten iklan, maka ada banyak pengunjung dan target pasar yang lebih luas akan terjangkau.

 

 

  1. Tracking Konversi

Pantau selalu konversi Anda agar mengetahui kata kunci atau kalimat mana didalam iklan anda yang lebih ‘menjual’.

 

 

 

  1. Review

Anda bisa melakukan review terhadap kata-kata atau kalimat yang pasti membuat pengunjung meng-klik iklan Anda. Dengan data ini, Anda bisa menggunakan tipe kalimat yang sama untuk iklan yang lainnya.

 

 

  1. Google Extension

Gunakan Google Extension yang pilihannya tersedia banyak untuk meningkatkan performa iklan Anda. Misalnya dengan menambahkan deskripsi di pencarian. Jika deskripsi iklan Anda muncul dipencarian, maka ini akan semakin meningkatkan minat klik dari pengunjung.

 

 

 

  1. Ide Iklan

Fokus kan pada ide iklan yang ‘menjual’ karena yang paling utama diiklan yang muncul diinternet adalah untuk diklik. Ide iklan untuk menarik banyak pengunjung yang meng-klik, lalu Landing Page yang akan bekerja untuk meningkatkan penjualan

 

 

 

Jenis biaya yang dikeluarkan dalam Google Adwords

 

 

Cost-Per-Impression : Biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap kali ada sekitar 1000 pengunjung yang melihat iklan Anda.

 

 

Cost-Per-Click : Biaya yang harus Anda keluarkan untuk 1 kali klik. Setiap kali ada pengunjung yang melakukan klik iklan.

 

 

Cost-Per-Conversion : Biaya yang Anda keluarkan setiap ada pengunjung yang membeli produk tersebut, atau melakukan pendaftaran member.

 

 

Jika anda mengalami kegagalan dalam beriklan di Google Adwords, ada baiknya jika Anda tidak menyerah begitu saja.

 

Karena mungkin di iklan pertama Anda, anda melakukan banyak kesalahan seperti target lokasi yang kurang cocok

 

dengan produk yang ditawarkan, atau kata kunci yang kurang relevan dengan iklan dan landing page,

 

atau malah headline yang kacau yang sama sekali tidak menarik perhatian pengunjung.

 

Gunakan data-data yang Anda hasilkan dari iklan yang menurut anda ‘gagal’.

 

Dari data ini anda bisa melakukan banyak improvisasi untuk dapat meningkatkan performa iklan anda yang selanjutnya.

 

 

Selain dari data tersebut, anda juga bisa melakukan riset target pasar yang cocok untuk produk atau bisnis yang anda tawarkan,

 

kata kunci yang paling banyak digunakan untuk mencari produk tersebut, lokasi target yang tepat untuk produk tersebut.

 

 

8 Tips Ampuh Menulis Konten PPC

 

PPC (Pay-Per-Click) merupakan sebuah program advertising (periklanan) yang mengharuskan advertiser (penerbit) memiliki situs atau blog agar bisa digunakan sebagai media iklan.

 

Agar dapat menjalankan program PPC ini, advertiser harus mendaftar sebagai advertiser disebuah situs penyedia program PPC.

 

Setelah mendaftar, advertiser akan diberi kode html yang harus ditempatkan diblog atau situs advertiser tersebut. Kode html yang dipasang, akan muncul sebagai Ads (iklan) disitus atau blog tersebut.

 

 

Jika Ads sudah terpasang, maka advertiser akan mendapatkan penghasilan dari setiap pengunjung yang meng-klik iklan tersebut namun tetap mengeluarkan modal untuk PPC tersebut. Program PPC dapat menghasilkan lead / prospek yang berkualitas.

 

 

Situs penyedia program PPC merupakan situs penyedia jasa iklan. Didalam program PPC ini, terdapat 3 pihak yang saling bekerja sama. Yaitu, advertiser (pengiklan), publisher (penerbit), dan tentunya pihak penyedia program PPC. Advertiser berperan sebagai pihak yang ingin mengiklankan produk atau situsnya di program PPC dan mengeluarkan bidding (biaya) untuk setiap klik yang dihasilkan dari pengunjung.

 

 

Sedangkan publisher adalah pihak yang membantu mengiklankan produk atau situs advertiser dengan cara memasang iklan dengan link khusus yang sudah disiapkan oleh pihak penyedia program PPC. Dan publisher akan mendapatkan komisi dari setiap pengunjung yang meng-klik iklan tersebut.

 

Komisi yang dibayarkan dari program PPC biasanya akan dikirim melalui cek atau melalui Western Union. Namun jika menggunakan program PPC lokal, maka komisi biasanya komisi tersebut akan ditransferkan melalu rekening bank.

 

Jika Anda ingin mencoba program PPC ini, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui cara menulis konten PPC yang ampuh untuk menarik perhatian pembaca dan calon konsumen.

PPC juga merupakan bisnis online yang mudah dan santai saat dikerjakan namun akan mendatangkan banyak penghasilan. Tentu saja semuanya tetap bergantung pada kualitas konten yang disuguhkan kepada para pengunjung.

 

Dibawah ini ada 8 tips ampuh untuk menulis konten PPC

 

 

  1. Dahulukan manfaat sebelum keistimewaan

Jika Anda memasang sebuah iklan PPC, sebaiknya perkenalkan manfaat prooduk terlebih dahulu sebelum memberitahu keistimewaan atau fitur produk tersebut.

 

 

 

  1. Kata kunci dan headline yang ‘menjual’

Dapatkan beberapa keyword yang biasanya banyak dicari dan relevan dengan konten. Lalu tentukanlah sebuah headline yang menarik dengan menyisipkan keyword pilihan kedalam headline tersebut.

 

 

Contoh :

Keyword :  Wisata Bandung

Headline : Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bandung

 

 

 

  1. Penempatan kata dengan huruf kapital

Gunakan huruf kapital pada beberapa kata yang penting. Seperti pada headline misalnya, agar terlihat pantas ketika dibaca.

Pantas             : Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Bandung

Tidak Pantas : Rekomendasi 10 tempat wisata di bandung

 

 

 

  1. Tonjolkan manfaat produk

Jika Anda mengiklankan suatu produk, usahakan agar produk tersebut menjadi fokus utama konten iklan. Misalnya, manfaat-manfaat atau layanan produk tersebut ditempatkan dibagian body konten.

 

 

Contoh :

  • Dengan menggunakan produk / layanan kami, Anda akan menghemat biaya hingga 35%
  • Produk kami mudah digunakan / diaplikasikan oleh pemula sekaligus!

 

  1. Gunakan angka untuk menarik perhatian

 

Anda bisa menggunakan angka untuk menarik perhatian pembaca. Misalnya, dengan mencantumkan tahun, harga diskon, dan peringkat.

 

 

Contoh :

  • Diskon hingga 50%!
  • Produk terbaik di tahun 2017
  • Penjualan produk No #1 di Indonesia
  • 80% lebih hemat

 

 

 

  1. Perkenalkan keistimewaan produk

 

Selain mengutamakan manfaat dari produk atau layanan, fitur dan keistimewaan produk juga wajib diperkenalkan.

 

Fitur dan keistimewaan produk atau layanan tersebut bisa disisipkan dibagian body konten iklan setelah manfaat produk. bahkan bisa juga menyisipkannya dibagian headline.

 

 

Contoh :

Headline : Lotion Terbaik Mengandung 10 Jenis Bahan Alami Yang Berasal Dari Pegunungan

 

 

 

  1. Munculkan kata kunci ditengah konten

Anda juga bisa menempatkan beberapa kata kunci ditengah konten. Dan bisa memperkuatnyna dengan menggunakan bold pada kalimat kata kunci tersebut.

 

 

 

Contoh : Jika Anda menggunakan Lotion berbahan alami ini, Anda akan mendapatkan kulit yang sehat dan bercaya!

 

 

 

  1. Call – to – Action

Diakhir konten iklan, Anda bisa mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu yang Anda harapkan dari mereka. Seperti mengajak berlangganan layanan, mengajak pembaca bergabung menjadi member.

Contoh :

  • Join hari ini dan dapatkan diskon 50% untuk 100 pelanggan pertama!
  • Bergabunglah bersama ribuan member lainnya, dan dapatkan keuntungan dari produk kamu setiap harinya!

 

 

 

 

Beberapa kekurangan yang dimiliki program PPC

 

Term Of Service

 

 

Dengan bergabung dalam program PPC, advertiser akan terikat dengan Term of Service (Syarat dan Ketentuan) dengan pihak penyedia program PPC tersebut.

 

Biasanya mereka akan memberikan peraturan yang cukup berat untuk advertiser. Seperti, tidak boleh meng-klik iklan di situs milik sendiri, pengoptimalan berlebihan pada situs, dan terkadang ada batasan mengenai konten yang akan dipublish.

 

Mengganggu Performa Situs

 

Jika pada situs tersebut terdapat banyak iklan PPC, maka akan mengganggu kinerja loading dan performa tampilan dari situs tersebut.

 

Bahkan terkadang tampilan iklan PPC akan mengganggu kenyamanan sebagian pengunjung karena tampilannya yang kurang menarik.

 

Rumus yang dipakai untuk menghitung penghasilan dari PPC :

PPC($) = biaya iklan $ (CPC) dibagi dengan jumlah klik iklan.

 

 

 

 

Cara Menggunakan Adwords untuk Situs Ecommerce Bisnis Anda

 

 

 

Kami sering mendiskusikan manfaat menggunakan AdWords. Tak jarang, orang yang mengikuti diskusi kami merasa skeptis dengan Google Adwords.

Bahkan, sebagian orang cukup terkejut ketika kami memberi tahu mereka berapa banyak kami membayar Google setiap bulan untuk menggunakan layanan AdWords.

 

 

 

Bahkan setelah kami menjelaskan kepada mereka bahwa laba dari berinvestasi di AdWords cukup tinggi, mereka masih tidak melihat nilainya.

Biasanya, yang bersikap seperti ini pernah mencoba-coba AdWords di masa lalu dan merasa seolah-olah itu hanyalah membakar-bakar uang dengan sia-sia.

 

 

Apabila akun AdWords mereka kami gali lebih dalam, biasanya akan terlihat kesalahan mereka, dan segera semuanya menjadi jelas. Ada beberapa hal yang tidak mereka lakukan dengan benar dan mereka mengoptimalkan untuk metrik yang salah.

Kali ini, izinkan kami memberikan beberapa poin seputar cara menggunakan Google AdWords yang benar untuk situs bisnis Anda.

 

CTR yang Tinggi Tak Berarti Apapun

 

Kami pun jatuh ke dalam perangkap ini juga ketika pertama kali mulai menggunakan AdWords. Kami sangat ingin pelanggan mengunjungi toko online kami sehingga dengan sengaja menulis iklan dan memilih kata kunci yang diperkirakan akan menghasilkan trafik terbanyak.

 

 

Saya memilih kata kunci saya murni berdasarkan berapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu, daripada mempertimbangkan berapa banyak dari orang-orang ini yang benar-benar melakukan pembelian.

 

 

Hasilnya adalah saya berhasil mendapatkan rasio klik-tayang (CTR) yang sangat tinggi, tetapi tidak memperoleh banyak konversi. Jika Anda berhenti untuk merenung, sangat mudah untuk jatuh ke dalam jebakan ini. Terutama ketika Google memberi Anda kupon untuk mencoba layanan AdWords mereka secara gratis.

 

 

Intinya begini: CTR tidak berarti apapun bila Anda menyasar pada sembarang kata kunci. Tujuan utama beriklan dengan AdWords adalah agar terjadi lebih banyak transaksi, bukan mendatangkan lebih banyak pengunjung.

 

 

Jadi, sasarlah kata kunci yang ada intensi membeli di dalamnya. Jika Anda menjual sepatu bola, misalkan. Kata kunci yang harus Anda target bukanlah “sepatu bola”, tapi “jual sepatu bola online murah”.

 

Lacak Setiap Konversi

 

 

Alasan menggunakan AdWords disebut buang-buang uang, sering disebabkan karena rasio konversi atau biaya per dengan akun AdWords tidak dilacak..

Perlu diingat bahwa menjalankan kampanye iklan menggunakan Adwords berbeda dari menjalankan iklan di media konvensional, karena Anda benar-benar dapat mengukur semuanya dengan presisi mendekati sempurna.

 

 

 

Jika Anda tidak menjalankan Adwords tapi tidak melacak berapa banyak konversi yang terjadi, tak usah susah-susah menggunakan AdWords.

Karena jika Anda tidak tahu berapa banyak penjualan yang didapatkan iklan Anda, tidak ada cara bagi Anda untuk memperhalus kampanye iklan Anda agar semakin menguntungkan.

 

 

Menggunakan Adwords tidak seperti meletakkan iklan di koran. Dengan Adwords, Anda dapat mengetahui dengan tepat berapa banyak orang yang datang ke situs Anda melalui iklan dan berapa persen dari mereka melakukan pembelian.

Dan itulah alasan mengapa menggunakan AdWords atau layanan biaya per klik lebih tinggi daripada menjalankan iklan di media tradisional.

 

 

Google telah membuat pelacakan konversi ke situs web Anda semudah. Setiap keranjang belanja memiliki halaman konversi, atau halaman yang ditampilkan kepada pelanggan setelah pesanan mereka selesai.

Dengan menambahkan sedikit potongan kode berikut ini ke bagian akhir halaman pembayaran Anda, Anda dapat melacak konversi dan jumlah konversi. Pastikan untuk mengganti informasi akun adwords di bawah ini dengan milik Anda sendiri.

 

 

Perbaiki Kata Kunci dan Ad Copy Anda

 

 

Dengan menghilangkan kata kunci yang tidak berperforma positif, Anda akan dengan segera menemukan bahwa tujuan dari AdWords ini bukan untuk mendapatkan klik paling banyak tetapi untuk menghasilkan uang paling banyak.

 

 

Jadi, terus perbaiki kata kunci Anda. Lakukan split test untuk menemukan kata kunci mana yang punya performa paling baik, mana yang punya tingkat konversi paling tinggi.

 

Berikan Adwords Kesempatan

 

 

Daripada membakar kredit Adwords yang Anda punya, lalu menyatakan bahwa AdWords adalah mubazir uang, pastikan bahwa Anda sudah melakukan hal-hal dengan cara yang benar.

 

 

Seperti halnya keterampilan apa pun, menggunakan AdWords secara efektif membutuhkan latihan dan kesabaran. Ya, Anda akan kehilangan uang pada awalnya, tetapi Anda secara bertahap akan menguasainya.

 

 

Pelajaran pentingnya di sini adalah jangan menghakimi sesuatu tanpa memberi kesempatan. Jutaan orang sudah menggunakan AdWords dan terbukti sukses.

 

 

Jika Anda tidak menghasilkan laba positif atas investasi Anda, kemungkinan besar yang salah adalah Anda. Jangan salahkan AdWords.

 

 

 

Anda Harus Mengeluarkan Uang untuk Menghasilkan Uang

 

 

AdWords akan membebani Anda dengan sedikit uang di awal hingga Anda puas dengan kata kunci Anda yang paling efektif.

Siapa yang peduli jika Anda baru saja menerima kredit $75 untuk menggunakan Google Adwords? Tujuannya bukan untuk membuat kredit itu bertahan lama. Tujuan utamanya adalah untuk mengarahkan orang-orang ke situs Anda dan mengonversinya secara menguntungkan dan dengan persentase yang tinggi.

 

 

Semua orang tahu cara menggunakan keyword tool untuk menghasilkan kata kunci tertarget yang efektif untuk beriklan. Apa yang biasanya tidak dilakukan orang adalah kemauan untuk menawar dengan tawaran yang cukup tinggi untuk kata kunci tertentu.

Dalam pengalaman kami, hal semacam ini cukup sia-sia. Beriklan di AdWords tapi tidak beriklan untuk menang di halaman depan adalah buang waktu.

 

 

 

Hasil yang harus Anda incar adalah berarti berada di 8 teratas saat kata kunci Anda muncul.

 

Persentase orang yang benar-benar mengeklik laman penelusuran berikutnya sangat rendah dan Anda sangat tidak mungkin menghasilkan lalu lintas berkualitas dari para pengunjung ini.

 

 

Jika terlalu mahal untuk menawar kata kunci Anda di 8 teratas, Anda harus berpikir dua kali tentang menggunakan kata kunci itu.

 

 

Kemungkinannya adalah, jika satu kata kunci berada di luar jangkauan penawaran Anda, maka kata kunci itu terlalu kompetitif untuk dipertaruhkan.

 

 

Melakukannya dengan Benar Membutuhkan Waktu yang Lama

 

 

Kami butuh waktu 6 bulan untuk mendapatkan pengaturan AdWords yang optimal. Kami masih secara rutin memeriksa kinerja AdWords kami dan mengubah hal-hal di sana-sini, tetapi semuanya sebagian besar cukup stabil.

 

 

Intinya begini. Seperti semua bidang apapun, menguasai Google AdWords membutuhkan kesabaran. Anda mungkin harus menghabiskan sejumlah uang di awal; tetapi pada akhirnya kelak Anda akan menemukan celah yang Anda cari.

 

 

 

Google Terima Rupiah Untuk Google Ads

 

Sebelumnya banyak yang mengeluh kepada Google tentang uang yang harus digunakan untuk membayar jasa periklanan.

Dulu, Google hanya menerima dolar, sementara nilai rupiah tertinggal jauh dari nilai dolar.

Satu dolar saja, mari kita bulatkan bisa berkisar IDR 10.000.

Dengan nominal tersebut, orang Indonesia juga harus repot mengubah uangnya menjadi dolar terlebih dahulu supaya bisa mehttps://undercover.co.id/aya kebutuhan iklannya di Google.

Semua itu dirasakan memberatkan bagi sebagian pengusaha, sehingga mereka mengusulkan supaya rupiah diterima untuk iklan berbayar di Google.

Kabar Baik di 2019

Kabar baiknya, seperti dikutip dari The Jakarta Post, 19 Maret 2019 Google Indonesia telah memungkinkan kliennya membayar iklan dalam rupiah.

Kebijakan ini dikeluarkan dengan tujuan untuk membantu mereka yang memiliki alamat penagihan di Indonesia.

“Kami telah mengubah kebijakan kami untuk secara otomatis menagih klien kami dengan alamat penagihan Indonesia dalam rupiah, bukan dolar AS,” kata Direktur Pelaksana Google Indonesia Randy Jusuf.

Dia menambahkan keterangan bahwa tim Google akan menagih kliennya sendiri sebagai bagian dari upaya untuk menyediakan layanan yang lebih baik.

 

 

Berlaku untuk Semua Jenis Iklan di Platform Google

Manajer komunikasi Jason Tedjasukmana menambahkan bahwa kebijakan penagihan baru akan berlaku untuk semua jenis iklan di platform yang berkaitan dengan Google.

Kebijakan ini bahkan berlaku jugadi YouTube.

Jason mengatakan perusahaan telah secara efektif menerapkan kebijakan barunya tahun 209 setelah permintaan dari kliennya.

Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan pengiklan dapat lebih kreatif dalam membuat iklan.

Di samping itu juga, diharapkan semua pemilik bisnis mulai dari UKM sampai korporate besar dapat memanfaatkan platform iklan berbayar google dengan lebih bijak.

Tujuan utamanya jelas untuk meningkatkan jangkauan strategi pemasaran digital di era digital.

Dukungan Dari Kementerian

Upaya ini jelas tidak akan dapat dicapai tanpa dukungan dari pihak otoritas seperti pemerintah indonesia, menteri terkait, dan juga pihak google sendiri.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara memuji upaya Google Indonesia untuk menagih orang dalam rupiah.

Baginya hal ini akan memudahkan pengiklan lokal karena mereka tidak perlu mengubah pembayaran mereka ke dalam mata uang lain.

Di samping itu, kebijakan ini juga disambut baik oleh Bank Indonesia.

Salah satu dukungan dari Bank Indonesia ialah telah mempromosikan penggunaan rupiah untuk transaksi di Indonesia sejak 2015.

Bank Indonesia melihat kebijakan ini memiliki keuntungan strategis untuk membantu menstabilkan nilai tukar mata uang rupiah di ekonomi lokal sendiri.

Google Meningkatkan Kesadaran Pajak

Pemerintah juga mengapresiasi keberadaan fasilitas Google untuk pengusaha lokal ini.

Bagi pemerintah, ketika Google mendirikan kantor di Indonesia, selain meningkatkan lowongan kerja, perusahana telah membuat pengusaha lokal lebih patuh pada peraturan pajak.

Terutama terkait dengan pajak iklan, dengan diterimanya rupiah sebagai alat pembayaran, itu bermanfaat bagi pengiklan.

Mereka menjadi bisa mendapatkan akses yang lebih baik dan lebih mudah ke layanan pelanggan.

Kemudian, mereka juga menjadi lebih mudah mengkonversikan nilai pajak yang harus ditanggung ke dalam produk mereka.

Menteri mengaturkan harapan yang lebih besar kepada platform penjualan online yang  akan mengikuti jejak Google.

 

baca juga

Jasa SEO Profesional Untuk Perusahaan Jakarta

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

 

“Saya berharap lebih banyak perusahaan (e-commerce) menagih klien mereka dalam rupiah seperti Google di masa depan,” katanya.

Demikian kabar baik dari Google untuk para pengiklan lokal di google.

Bila anda adalah salah satu orang yang menggunakan digital marketing dalam mempromosikan produk, tentunya ini adalah kabar yang menyenangkan untuk anda bukan?

Usaha menjadi lebih mudah dan lebih bisa menekan modal.

 

 

 

8 Bahaya Besar Mematikan Akun AdWords Anda

 

Atas berbagai alasan, terkadang klien tidak melanjutkan layanan agensi paid search mereka. Perlakuan ini bisa berupa mematikan atau mehttps://undercover.co.id/arkan akun AdWordsnya terbengkalai tanpa pengawasan ahli.

 

 

Ini bisa jadi karena klien sedang mengalami masalah produksi sehingga mereka mengurangi budget iklan untuk sementara karena mereka tidak bisa memenuhi volume para kustomer yang datang karena pengaruh ads.

 

Atau terkadang, sebabnya karena klien merasa kewalahan menghadapi begitu banyak jumlah inquiries—dan ingin menghentikan layanan iklannya sampai semua itu berlalu.

 

 

Namun apa pun alasannya, mehttps://undercover.co.id/arkan campaign Adwords berjalan tanpa pengawasan ahli atau malah benar-benar mematikannya bisa membawa konsekuensi negatif bagi periklanan dan bisnis mereka di masa depan. Beberapanya di antaranya adalah:

 

 

  1. Biaya Bebersih

 

Keluhan yang datang dari berbagai agensi periklanan biasanya adalah tentang mereka yang menolak layanan pengurusan sebuah akun AdWords—

 

tapi beberapa bulan kemudian datang  lagi untuk meminta dilanjutkan.

 

Masalahnya, hal ini tidak sesederhana yang para klien kira.

 

Dalam waktu beberapa bulan, banyak setelan dan penyesuaian yang harus diubah agar akun Anda masih bisa digunakan dan sejalan dengan arus di jagat maya saat itu.

Dan pengurusan itu jelas membutuhkan waktu, juga biaya.

 

Lebih seringnya, pengurusan dan penyesuaian ini lebih mahal daripada membuat akun baru karena setelannya sudah semrawut.

 

Jika dibandingkan dengan biaya pengurusan akun tanpa dijeda, harganya jauh lebih mahal.

Jadi, pikirkanlah hal ini sebelum meninggalkan akun Anda. Akan ada kemungkinan Anda membutuhkannya di kemudian hari. Jangan gegabah.

 

 

  1. Ad spend Jadi Terbuang

 

 Di bawah pengawasan ahli atau tim agensi, kata-kata pencarian yang terjaring oleh akun AdWords Anda akan terus menerus dipilah.

 

Ini untuk menghindari ketidakefisienan yang akan mengakibatkan orang-orang selain target klien datang mengunjungi website Anda.

 

Ketika sebuah akun AdWords ditelantarkan dan dibiarkan berjalan sendiri tanpa ada yang memilah, hasilnya bisa ditebak.

 

 

Anda akan membayar biaya AdWords untuk sesuatu yang sia-sia. Misalnya, ada seorang klien yang berprofesi sebagai perancang busana.

 

Dia memiliki sebuah website, dan iklan websitenya muncul di halaman pencarian Google dengan kata kunci

 

“Bagaimana Cara Menjadi Perancang Busana”. Padahal realitanya, yang dia cari adalah orang-orang yang membutuhkan jasanya untuk membuat baju, bukan menjadi dirinya.

 

 

Karena itu, akun AdWords tidak boleh dibiarkan berjalan sendiri. Selalu pergunakan jasa orang lain untuk mengurusnya jika Anda benar-benar tidak sempat. Jangan sampai kelalaian ini mengganggu bisnis Anda.

 

 

 

  1. Kehilangan Keuntungan “Penguji Coba Pertama”

 

Hal yang harus diperhatikan adalah, Google hampir setiap minggu memperbaiki sistem AdWords yang ada dan memperkenalkan fitur-fitur baru.

 

Kalau Anda kebetulan sedang mengawasi akun Anda,

 

Anda akan cepat tanggap mengenali perubahan ini dan bisa menyetel akun Anda agar bisa diuntungkan oleh update terbaru ini. Namun, bagaimana jika tidak?

 

Anda akan kehilangan keuntungan dan tidak bisa turut uji coba tersebut.

 

Cek saja laman AdWords Help, di sana akan tampak sudah berapa

 

banyak perubahan yang Google lakukan dalam beberapa bulan.

 

 

 

 

Tentunya, Anda tidak ingin ini terjadi, bukan?

 

 

  1. Penyesuaian Otomatis dari Google yang Buruk

 

Cara kerja Google Adwords sejauh ini adalah memberlakukan suatu update, kemudian memberikan jangka waktu tertentu pada akun-akun di seluruh di dunia untuk menyesuaikan setelahnya.

 

Nah, jika Anda tidak melakukan penyesuaian setelan dalam jangka waktu itu, Google lah yang akan melakukannya.

 

 

Terdengar bagus? Tidak juga. Yang paling sering terjadi adalah Anda justru akan merugi, sebab setelan yang Google berikan seringkali tidak sesuai dengan model bisnis atau kemauan kita. Ibaratnya, Anda menyerahkan akun AdWords Anda kepada mesin teknisi yang tidak tahu apa-apa.

 

 

Karenanya, sangat dibutuhkan seseorang untuk terus memantau akun Anda. Jangan sampai ketinggalan update-update penting semacam ini.

 

 

  1. Kehilangan Kesempatan

 

Dalam sebuah model bisnis PPC, wajar jika agensi atau seorang AdWords manager melakukan berbagai percobaan di berbagai sisi. Contohnya, membuat banyak konten dengan judul atau tajuk utama dengan format berbeda-beda.

 

 

Dari sana, sebenarnya bisa ditemukan beberapa informasi berharga. Seperti misalnya, format judul mana yang lebih banyak di-klik dibanding yang lain? Dan konten seperti apa yang bentuk tulisannya paling banyak dibagikan oleh pembaca? Semua informasi-informasi ini bisa didapatkan hanya jika AdWords dikelola secara rutin.

 

 

Mengabaikan akun hanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan ini. Bisnis adalah kegiatan yang bersifat kelanjutan, tidak boleh lengah. Selalu pergunakan kesempatan Anda.

 

 

  1. Kalah Saing

 

Seorang klien, atau mungkin Anda, boleh saja mehttps://undercover.co.id/arkan akun Anda tidak diawasi atau berhenti diurus untuk beberapa saat. Namun, tidak berarti saingan Anda melakukan hal serupa.

 

Bayangkan, selagi Anda “beristirahat”, saingan Anda justru giat berinovasi. Akibatnya, usaha Anda bisa jadi semakin terdepak ke belakang karena para konsumen langganan Anda beralih ke lapak baru.

 

 

  1. Costs Per Click yang semakin Meninggi

 

Sebutlah Anda ingin menghemat dengan cara menunda pengelolaan Adwords Campaign Anda. Tetapi, bukan tak mungkin dalam jangka waktu beberapa minggu, bahkan bulan, saat Anda mematikan akun AdWords Anda, angka CPC (Costs Per Click) justru meninggi.

 

Mesti tidak sering, kemungkinan ini ada. Dan bukannya menghemat, yang terjadi malah Anda harus membayar lebih banyak untuk sesuatu yang tidak Anda ketahui.

 

 

  1. Click Volume Melambat

Alasan lain untuk tidak mematikan akun PPC Anda adalah karena itu bisa membuat volume klik Anda melambat. Sudah banyak kasus yang terjadi ketika sebuah akun yang sudah dimatikan mengalami penurunan volume klik secara total ketika dibuka kembali. Dan ini jelas membawa kerugian besar bagi perkembangan bisnis Anda.

 

Jadi, Alternatifnya?

Setelah penjabaran konsekuensi-konsekuensi negatif di atas, penutupan akun AdWords seharusnya menjadi solusi terakhir untuk diahttps://undercover.co.id/l. Yaitu, ketika kita benar-benar terpaksa. Lalu, apa  alternatifnya?

 

 

Pikirkan lagi, dan gali seluk-beluk perusahaan Anda lebih dalam. Mungkin ada masalah-masalah fundamental lain yang lebih perlu diselesaikan?

 

Misalkan Anda kewalahan karena banyak tawaran atau pesanan gara-gara iklan Anda, tidakkah itu bisa jadi kesempatan untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan menambah tim penjualan?

 

Atau, bagaimana jika Anda membuat perubahan pada sistem produksi Anda, yang bisa jadi kurang efisien?

 

Di sinilah pentingnya menggunakan layanan agensi digital. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada mereka tentang masalah-masalah bisnis Anda. Jangan pernah mengahttps://undercover.co.id/l keputusan buru-buru, apalagi menutup akun PPC Anda.

 

Menemukan Kata Kunci Negatif Google Adwords, Kata kunci negatif adalah kata kunci yang tidak memiliki relevansi dengan konten atau produk namun tetap memiliki kesamaan dalam kata atau kalimat. Seperti sebuah sinonim.

 

 

Jika Anda memasang sebuah kampanye iklan di Google Adwords, biasanya iklan tersebut akan berjalan selama satu bulan, atau lebih. Dalam kurun waktu satu bulan tersebut, akan muncul beberapa kata kunci negatif yang kemudian akan disaring oleh akun Google Adwords milik Anda.

 

 

Namun meskipun masuk kedalam kategori negatif, kata kunci negatif ini tetap memiliki manfaat bagi pemilik Ads di Google Adwords. Apa manfaatnya?

 

 

Ketika Anda akan membuat kampanye iklan di Google Adwords, sudah pasti akan mengatur kata kunci yang relevan untuk konten iklan tersebut. Namun agar iklan berjalan lebih efektif, kata kunci negatif pun harus dimasukkan. Kata kunci negatif akan membuat iklan Anda sampai kepada target yang tepat.

Misalnya Anda membuat kampanye iklan yang menjual rak buku, maka Anda harus memasukkan kata kunci negatif nya buku atau rak sepatu.

 

 

 

Langkah-langkah Untuk Menemukan Kata Kunci Negatif

Dibawah ini adalah beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci negatif :

 

  1. Tools Kata Kunci Adwords

Untuk mengoptimalkan kampanye iklan, Anda dapat menggunakan Google Adwords Keywords Tool. Dengan tool ini, Anda bisa menemukan banyak sekali kata kunci negatif yang bisa dipilih untuk dimasukkan kedalam kata kunci exclude. Jika Anda menambahkan banyak kata kunci negatif, akan membuat kampanye iklan menjadi lebih efektif, karena

  1. Laporan Pencarian

Jika Anda telah memasang iklan selama lebih dari sebulan, Anda akan mendapatkan data yang lebih dari cukup untuk mendapatkan informasi mengenai kata kunci apa saja yang bekerja dengan baik. Dari data ini juga Anda bisa menambah daftar kata kunci negatif yang dapat berguna untuk kampanye iklan selanjutnya.

  1. Geografis

Di indonesia terdapat banyak sekali nama daerah yang sama dikota yang berbeda. Ini akan memungkinkan target wilayah atau kata kunci yang dipakai untuk kampanye iklan menjadi tidak relevan dengan konten. Anda harus membuat kata kunci yang lebih spesifik lagi dan kata kunci negatif yang juga harus lebih spesifik.

  1. Lirik Lagu

Beberapa kata kunci, bisa saja berkaitan dengan sebuah lirik lagu yang populer. Misalnya, jika Anda membuat sebuah konten dengan judul “Tips Mudah Untuk Mendapatkan Kebahagiaan”, maka akan ada banyak sekali kata kunci negatifnya. Contohnya kata kunci negatif yang related dengan lirik lagu “Asal Kau Bahagia” milik sebuah band yang bernama Armada.

  1. Kategori di Wikipedia

Banyaknya informasi yang terdapat di Wikipedia, dapat Anda manfaatkan untuk mencari kata kunci negatif. karena konten yang terdapat di Wikipedia terbangun oleh sistem yang rumit dimana banyak keyword yang saling terhubung. Misalnya, jika Anda memasukkan kata “Air”, maka akan ada banyak sekali hasil yang ditampilkan yang berkaitan dengan air. Anda bisa mencari ide untuk menambah daftar kata kunci negatif dengan memanfaatkan Wikipedia.

  1. Selebriti

Ini khususnya berlakuk bagi iklan dengan kampanye perusahaan produk tertentu, atau jasa tertentu. Misalnya Anda memasang iklan dengan kampanye jasa untuk pindahan, maka kata kunci untuk konten tersebut bisa saja terhubung dengan konten yang memberitakan seorang selebriti baru saja pindah rumah. Atau iklan dengan kampanye untuk jasa finansial, bisa saja kata kata kunci nya menghubungkan dengan berita seorang selebriti yang mengalami kemunduran finansial. Dengan reputasi seorang selebriti, maka akan membuat banyak kata kunci terhubung dengan pemberitaan mengenai selebriti tersebut.

 

  1. Makna Alternatif

Beberapa kata akan memiliki makna yang sama atau bahkan sangat berbeda jika digabungkan dengan kata lain. Contohnya, keyword dengan kata “terbang” akan memiliki arti yang berbeda jika digabungkan menjadi kalimat, sepereti “Pesawat terbang”, “daun-daun berterbangan”, atau menjadi “seekor lalat terbang”.

  1. Riset di Google

Selain di Wikipedia, Anda juga dapat menggunakan pencarian Google untuk riset kata kunci negatif. Misalnya dengan mencoba memasukkan kata “peternak”, maka akan muncul sugesti kalimat lain seperti, “peternak lele”, “omset peternak”, “peternak sapi”, “tips menjadi peternak”, dan masih bannyak lagi.

  1. Brand Dengan Reputasi Negatif

Jika produk yang Anda iklankan hampir terdengan mirip dengan sebuah asosiasi atau merek yang memiliki reputasi buruk di media, menggunakan nama merek atau asosiasi tersebut untuk kata kunci negatif Anda juga akan efektif.

  1. Terhubung Dengan Produk Lain

Ada banyak sekali jenis produk yang sama memiliki nama merek yang hampir sama. Jika Anda membuat iklan suatu produk yang memiliki saingan dengan nama yang hampir sama, maka Anda harus lebih spesifik lagi dalam menentukan kata kunci yang akan digunakan. Jangan sampai Anda mengantarkan pengunjung kepada iklan yang bukan merupakan iklan produk Anda.

 

 

baca juga

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa Pembuatan Website Profesional

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

26 Panduan Email Marketing Lengkap

 

 

  1. Daftar Kata Kunci Negatif Yang Sudah Ada

Anda bisa melakukan brainstorming untuk mencari kata kunci negatif yang baru, dengan menggunakan daftar kata kunci negatif yang sudah ada. Dengan menggunakan daftar tersebut, kemungkinan Anda juga bisa berkali-kali lebih cepat untuk menemukan kata kunci negatif yang akan digunakan untuk kampanye iklan yang akan Anda jalankan.

 

 

Daftar kata kunci negatif yang Anda miliki merupakan daftar yang penting untuk membantu Anda menemukan kata kunci negatif tambahan yang akan berguna juga untuk kampanye iklan yang lainnya.

 

 

Jasa Pasang Iklan Google Adwords Murah Bergaransi Untuk Bisnis Anda

Google seperti kita telah sangat tahu telah merajai dunia online / internet menumbangkan banyak pesaingnya seperti yahoo dan bing , apalagi alibaba dan yang lainnya.

Dengan Search Engine nya mereka membuat semua orang ketergantungan memakai google search engine, semua menyukai google karena mereka memberikan informasi secepat kilat dari database yang seluas hampir samudra hindia.

Kecepatan dan relevansi hasil menjadi idaman para pencari  informasi didalam google, dan mereka ( google ) Berhasil !! google membuat berita atau informasi yang terbaik muncul di halaman pertama mereka yang menajdi rebutan puluhan juta bahkan ratusan juta pengiklan

Jasa Periklanan Yang Di Sediakan Oleh Google

Ada Beberapa Alternatif yang diberikan oleh google untuk anda mengiklankan bisnis anda di google, hanya yang akan kita bahas disni adalah iklan google ADWORDS

 

Google Adwords adalah iklan yang kaan ditampilkan dalam pencarian google , misal anda berbisnis CCTV  maka calon pembeli anda akan googling dengan berbagai kata kunci

mereka akan mencoba dengan

“penjual cctv di jakarta ”

“toko CCTV ”

” distributor CCTV ”

 

nah ketika buyer anda mengetikan kata kata tersebut di google, maka bila anda ber iklan di google akan tampil seperti ini :

 

perhatikan 3 iklan dibawah hasil pencarian , ada kata IKLAN pada sampingnya, walau samar namun cukup jelas bahwa mereka memakai iklan adwords di google

posisi bisa diatas atau dibawah page one google, berdasar pada bidding tertinggi yang anda pasang, misal rata rata per klik itu 10.000 , anda pasang di 11 ribu maka iklan anda akan diprioritaskan oleh google tampil duluan.

Beriklan di google terdiri dari berbagai macam, berikut 2 yang sangat populer dan rekomende :

  1. CPC alias biaya yang anda adalah per klik iklan anda, misal 1x klik = Rp 2000 maka, bila saldo anda 500 ribu, anda akan mendapatkan 250 klik dari calon konsumen anda yang akan langsung menuju website anda
  2. CPM Alias biaya per 1000 orang yg melihat iklan anda, tanpa mengklik pun anda membayar per mile , misal per mile bernilai Rp 200.000 untuk 200 cpm , ini lebih bermanfaat untuk Branding kepada orang yang belum kenal brand anda

 

oleh karena google menguasai dunia internet dan pengguna sudah sekitar 80% dari populasi dunia , maka bisnis anda dapat terbantu salah satunya dengan iklan google adwords ini, baik bisnis di dalam atau pun luar negri, anda dapat mentargetkannya kemana saja selama masih didunia ini.

Penasaran Ingin Coba ? kontak kami di +62 818 09 222 100

 

Promosi : Budget 1 Juta Gratis 200 Ribu Saldo Adwords

Total Yang Anda Dapat Rp 1.2 JUTA Iklan Google Adwords

 

 

 

Update Persaingan Google Adwords Vs FB Ads

sebesar besarnya google tetap mempunyai rival yang ketat , dulu bersaingan dengan YAHOO dan Bing, wlau sekarang sudah merajai duna search engine , namun tantangan tidak berhenti, dengan bertumbuhnya Facebook, walau sebenarnya dalam kategory yang berbeda, namun FB mampu juga membuat dunia sendiri, tanpa perlu kehadiran search engine , dengan dunia nya sendiri Fb mampu menarik hampir ratusan juta orang atau akun./

 

FB pun mendapatkan income nya dari iklan seperti google adwords, bernama FB Ads yang notabene ditampilkan kepada pengguna FB saja, namun  dengan jumlah ang sedemikian banyaknya membuat FB ads menjadi saingan terbesar Google ads

Nampak FB Tua dimata orang namun penggunanya tidak terkalahkan di area social media, terdepan dan terbanyak, share nya pun jauh hampir 50% menguasai dunia diabnding twitter yang sempat booming juga, snapchat, whats app, line , path, pinterest dll.

Google pun mengcounter attack FB dengan mengeluarkan varian Youtobe, sehingga tren sekarang menjadi video maker dan video world , bersaing dengan vimeo yang masih kalah jauh dibawah YT

Mark juga berinovasi mengeluarkan FB Live stream dan menyedot kembali perhatian khalayak ramai, dengan salah satu kasus yang sempat heboh di dunia netizen , yaitu digunakan nya FB live utuk kepentingan yang tidak menjaga susila dan hukum.

Persaingan menjadi sangat ketat, walau demikian https://undercover.co.id/ mencoba melihat dari sisi pemain advertising, seberapa pantasnyakah mereka untuk digunakan oleh kita pemasang iklan.

Kesimpulan kami adalah

Google Masih Memenangkan Hati Pemasang Iklan

  1. Google ads fokus mencari orang yang benar benar mencari dengan berdasaar kata kunci
  2. Google memperhatikan kualitas dengan algoritme canggih, menghasilakn konversi sales, ROI, ROA dan CPC CPA CPM yang dapat terukur dengan tepat dalam laporan dan juga hasil nnyata berupa telepon dan email nyata yang menghasilakn sales
  3. Google mempunyai jaringan Display dan juga terkoneksi dengan YT sehingga beriklan bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan satu panel saja, dan ingat video sudah merajai kehidupan internet marketing saat ini
  4. jaringan blogger adsense yang sangat luas , menampilkan iklan anda di website website berkualitas yang memakai adsense, sehingga jaringan semakin luas dan juga hitungan iklan yang relatif murah
  5. Trust kepada Client Google karena google akan meverifikasi dahulu bisnis anda , dan juga iklan yang akan ditayangkan, bila ada yang menyimpang baik dari sisi hukum maupun  norma maka iklan tidak bisa tampil, hal ini memberikan keamanan tinggi untuk para konsumen anda, karen mereka akan diberikan penawaran terbaik sesuai dengan apa yg mereka cari melalui kaata kunci yang diketikan di search engine google

 

Alternative Page One #1 Google Dengan Jasa SEO

 

Terlepas dari Jasa Iklan Google adwords, ada yang dinamakan SEO yaitu membuat website , akun YT , ataupun lainnya dihalaman satu google, lebih natural dan juga tahan lama, tanpa mengeluarkan uang untuk iklan adwords

namun begitu hanya sedikit yang mengerti SEO dan yang benar benar memahami SEO akan mejadi semakin sedikit lagi, diklaangan SEO ers sendiri tumpang tindih pemahaman dan pelaksanaannya, newbiew yang baru belajar pun sekarng sudah bisa berbicara layaknya seorang master, namun apakah anda tahu perbedaannya?

tentunya tidak , bila anda tidak paham dunia seo , oleh karena itu anda juga harus hati hati dalam memlih jasa seo , anda harus memastikan jasa seo itu terbaik dan bergaransi  serta terpercaya , dan sudah terbukti banyak client corporate yang dipegang, karena bila sudah memegang client corporate maka competisi tinggi biasanya sudah pernah dilalui`

baca juga

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa Pembuatan Website Profesional

Buat Website Cuma Bayar Sekali Seumur Hidup !

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

Email Marketing

26 Panduan Email Marketing Lengkap

https://undercover.co.id/ Media Promosi Bisnis Anda

Pasang Iklan

Iklan Advetorial

Jasa Sosial Media

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

Rekomendasi Web Hosting Murah Indonesia dan Dunia

 

Perhatikan juga berapa orang team dari jasa seo tersebut, karena untuk menghandle satu client corporate saja minimal 3 orang harus dedicated menjalankannya, apalagi bila banyak client mereka , tentunya harus lebih banyak lagi orang yang handle.

Banyak personal yang baru paham kulitnya membuka jasa seo dengan harga murah yang akhirnya mereka menyeerah dan tidak bisa menyelesaikan misinya, membuat nama praktisi seo lainnya yang benar benar menjalankan dengan sepenuh hati tercoreng dan mendapatkan predikat buruk.

Kami menyediakan Jasa SEO Bergaransi Page One dan Money Back Guarantee bila tidak sesuai dengan kesepakatan kontrak, please don’t hesitate to contact us directly here +62 818 09 222 100

Untuk detail layanan internet kami klik ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?