Undercover.co.id – Google Adsense , Pemasaran suatu produk bisnis merupakan bagian dari langkah agar bisnis tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Banyak ruang lingkup dalam pemasaran produk. Bisa promosi, beriklan, potongan harga, dan lain sebagainya.
Pemasaran produk yang paling banyak dilakukan dan diketahui oleh khalayak umum ialah periklanan.
Google Adsense dan SEO: Saling Mempengaruhi?
Mengiklankan produk bisnis merupakan hal yang sangat penting.
Sebab, bagaimana bisa masyarakat umum mengetahui kalau perusahaan memiliki suatu produk kalau tidak diiklankan?
Terlebih lagi, dengan berkembangnya teknologi saat ini, metode periklanan menjadi meluas.
Tidak hanya dengan beriklan di koran dan televisi, bahkan sekarang beriklan melalui internet.
Dan beriklan di internet juga bermacam ragam.
Salah satunya adalah periklanan yang dilakukan melalui Google Adsense.
Benefit yang Diberikan oleh Adsense bagi Situs Web
Google Adsense, atau sederhananya Adsense, merupakan sebuah program yang diusung oleh perusahaan ternama, Google.
Program tersebut berbentuk suatu kerjasama dalam hal periklanan antara pengiklan dan Google.
Kerjasama periklanan ini menghasilkan sebuah iklan yang akan muncul di internet yang bisa dilihat di berbagai platform.
Bisa melalui suatu situs web atau blog, atau bahkan platform video Youtube.
Penayangan di situs web dan platform video Youtube akan dilakukan bila pemilik situs web maupun kanal Youtube telah sesuai dengan ketentuan yang ada.
Dan situs web akan menerima beberapa benefit atas Adsense tersebut.
Salah satunya ialah pemilik situs web yang menyediakan suatu slot di situs webnya, akan mendapatkan penghasilan berupa uang.
Uang tersebut didapatkan dari iklan yang tayang di slot tersebut.
Dengan catatan, iklan tersebut mesti di-klik oleh pengunjung situs web yang telah melihat iklan itu.
Hal itu biasa diistilahkan dengan pay per-click.
Perhitungan pendapatan dari pay per-click tersebut akan diurus oleh Google kepada pengiklan.
Pendapatan per-kliknya tidak tetap, alias bervariasi.
Rentangnya dimulai dari $0,01 sampai dengan $5 per-kliknya.
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi berapa harga per-klik tersebut.
Beberapanya ialah persaingan antar pengiklan dan pembahasan di dalam artikel situs web.
Sehingga pemilik situs web hanya perlu menayangkan iklan tersebut dan mendapatkan traffic setinggi-tingginya.
Hal ini akan membuat iklan tersebut banyak ditayangkan ke banyak pengunjung.
Serta membesarkan peluang kalau iklan itu di-klik oleh pengunjung.
Sehingga pemilik situs web akan mendapatkan keuntungan lebih dari pay per-click.
Dan tujuan pengiklan akan semakin tercapai.
Jadi, akan terjadi win-win antara pengiklan dan pemilik situs web.
Situs Web dengan SEO Berpengaruh pada Adsense
Walau pemilik situs web cukup menayangkan iklan dari Adsense di salah satu sudut situs webnya.
Namun tidak serta-merta hanya seperti itu saja.
Pemilik situs web harus menaikkan traffic untuk bisa meningkatkan penghasilan dari iklan Adsense.
Caranya adalah, dan tentu saja, meningkatkan kualitas SEO situs web.
SEO memiliki pengaruh besar terhadap Adsense situs web Anda.
Kembali kepada tujuan dari SEO, yakni berada di tempat tertinggi di hasil pencarian.
Dengan berada di posisi tersebut, maka pengguna internet akan mudah menjangkau situs web Anda.
Alhasil, traffic situs web akan meningkat.
Sehingga iklan yang tayang di situs Anda pun juga bisa dilihat oleh pengguna internet yang berada di situs web Anda.
Dan berpeluang besar terjadi klik pada iklan tersebut.
Inilah pengaruh dari SEO bagi keberhasilan Adsense.
Untuk bisa terjadi hal di atas, maka berikut beberapa langkah agar situs web Anda optimal bagi keberhasilan Adsense.
1. Tentukan topik pembahasan di dalam situs web
Pemilik situs web harus memastikan bahwa situs web beserta artikelnya relevan dengan iklan yang akan tayang.
Sebab, jika tidak relevan, maka hal ini bisa menjadi faktor mengapa pendapatan dari pay per-click iklan rendah.
Contohnya, jika topik situs web Anda ialah tentang teknologi, maka iklan yang akan tayang adalah iklan tentang aplikasi atau teknologi lainnya.
Maka hal di atas terjadi kecocokan yang pas antar situs web dan iklannya.
Lain halnya kalau situs web memiliki topik tentang makanan, tetapi iklan yang tayang adalah iklan tentang game.
Tentu bertolak belakang dan tidak ada relevansinya.
Alhasil, pendapatan per-kliknya akan rendah.
Maka, sesuaikan situs web Anda dengan iklan yang akan tayang.
Atau sebaliknya, pilih iklan yang memiliki relevansi dengan pembahasan di situs web Anda.
2. SEO artikel situs web ditingkatkan
Traffic yang tinggi adalah idaman bagi seluruh pemilik situs web.
Apalagi kalau situs web tersebut telah menyediakan slot untuk iklan, dan telah tayang iklan di sana.
Sehingga traffic tinggi, pendapatan akan tinggi. Jadi berbanding lurus.
Dalam memperoleh traffic perlu untuk mengoptimalkan situs web di mesin pencarian.
Terdapat beberapa trik SEO yang bisa Anda gunakan.
Beberapa di antaranya ialah dengan meningkatkan User Interface dan User Experience dari situs web Anda.
Ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keterbacaan dari konten situs web.
Sehingga akan rendah nilai bounce-rate dan peluang dari pogosticking.
Selain itu juga dengan menggunakan keyword yang sesuai dan tidak terlalu membanjiri konten.
Kemudian dengan memanfaatkan backlink yang baik.
Dengan menerapkan hal di atas, tentu situs web akan muncul di halaman hasil pencarian.
Alhasil, traffic akan meningkat, dan peluang iklan Adsense akan di-klik meningkat pula.
Sebaliknya, Apakah Google Adsense Mempengaruhi SEO?
Setelah mengetahui SEO ternyata bisa mempengaruhi Adsense, bagaimana dengan sebaliknya?
Adsense yang terdapat di situs web tentu memiliki kondisi tersendiri sebagai iklan.
Iklan bisa dipasang di setiap sudut situs web, tergantung dari pada si pemilik situs web tersebut.
Tapi, ternyata iklan Adsense yang disematkan di situs web Anda bisa berpengaruh terhadap SEO situs web.
Dan pengaruh tersebut merupakan hal yang negatif. Bagaimana bisa?
Iklan Adsense yang tersemat di situs web memiliki kinerja dalam reloading javascript atau jquery.
Ini berfungsi sebagai penampilan iklan.
Tentu hal ini bisa berefek terhadap loading speed tampilan situs web.
Informasi tambahan, loading speed merupakan salah satu trik SEO yang bertujuan untuk mengurangi nilai persen bounce rate atau pogosticking.
Tetapi hal ini bisa dihindari dengan menyediakan slot iklan Adsense di luar dari daerah konten situs web.
Contohnya berada di footer situs web, atau widget di kanan/kiri.
Sebab kalau iklan berada di bagian yang sama dengan konten, maka pengalaman yang menyenangkan bagi peselancar akan rusak.
baca juga
- Trendjacking , Numpang Tren dan Jangan Kebablasan
- Film & Celebrity , Tidak Hard Selling
- Hip Entertainment Marketing
- Pengaruh Influencer Bagi Suksesnya Pemasaran
- Video Game Jadi Soft Power Indonesia
Akhir Kata
Dengan penjabaran informasi di atas, dapat dipahami bahwa SEO memiliki pengaruh yang mumpuni terhadap Adsense.
Begitu pula dengan Adsense, terdapat pengaruhnya bagi kinerja dari SEO situs web.
Oleh karena itu, jika Anda mempunyai situs web yang bertujuan untuk dimonetisasi dan dimunculkan iklan Adsense, maka perlu memperhatikan hal-hal di atas.
Dengan demikian, pendapatan Anda dari iklan Adsense yang tayang di situs web akan menjadi efisien dan maksimal.