undercover.co.id – Ingin Website Lebih Unggul Dari Kompetitor ? Begini Caranya , Website yang Anda miliki lebih menarik di antara website lainya? Pasti hal itu sangat diinginkan banyak pemilik website khususnya bagi mereka yang menjalankan bisnis melalui website.

Perkembangan teknologi di era sekarang ini tentunya memaksa semua orang untuk lebih mandiri dalam menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan memanfaatkan website. Bagaimana bisa sebuah website dapat menghasilkan pundi-pundi uang dan dipakai untuk ladang bisnis? Tentunya hal ini memerlukan trik tersendiri.

Semakin banyak website yang ada, tentu akan semakin persaingan yang Anda alami. Akan tetapi hal tersebut sangatlah wajar.

Hidup di era digital memang akan memudahkan segala sesuatunya, tapi Anda harus paham bahwa setiap hari akan ada website baru yang tentunya lebih menarik. Persaingan dalam bisnis sangatlah wajar. Dengan adanya persaingan, orang akan lebih memiliki inisiatif untuk melakukan hal yang tentunya lebih unggul dari pesainnya.

Kehadiran website cukup memudahkan siapa saja yang ingin berbisnis. Akan tetapi masih banyak yang salah dalam menetapkan langkah pertama sehingga bisnis  tidak bisa berkembang seperti yang telah direncanakan.  Bahkan beberapa orang yang sudah memulai dan setengah jalan akhirnya mengalami “mandek” lantaran kurangnya eksplorasi dan inovasi.

Selain hal tersebut, tentunya akan ada lagi persaingan yang datang dari luar seperti website lain yang lebih menarik dari milik Anda. Oleh karena itu, Anda harus siap dengan semua ini. Bisnis di era sekarang memang memberikan banyak sekali kemudahan, meski begitu Anda harus tetap mempunyai persiapan dan rencana jangka panjang yang salah satunya adalah menghadapi kompetitor.

image size-full">website unggul
website unggul

Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar website lebih unggul dari kompetitor?

1.Dapatkan data yang valid dari pelanggan Anda

Dengan mengetahui data yang valid dari pelanggan, tentunya Anda bisa tahu apa yang mereka sukai dan apa yang mereka cari dari sebuah website. Pastikan Anda melakukan riset seputar apa yang diinginkan oleh pengunjung, apa yang disukai, berasal dari lokasi mana pengunjung tersebut, apa profesinya dan masih banyak lagi riset yang harus Anda gali. Hal ini bertujuan agar website Anda tetap menjadi prioritas sehingga tidak mencari website lain.

2.Buat konten yang lebih menarik dari website kompetitor

Persaingan dalam menarik perhatian pelanggan tentunya selalu ada. Ketika Anda melihat kompetitor Anda membuat konten yang mampu menjadi daya tarik bagi semua orang, maka Anda harus bisa membuat konten dengan niche yang lebih menarik. Tunjukkan kalau Anda mampu memberikan hal yang lebih bagus dari kompertitor. Dan yang paling penting adalah selalu jadi diri sendiri. Buatlah konten website yang memiliki ciri khas dalam bersaing dan hindari melakukan plagiat karena ingin terlihat lebih unggul.

3. Berikan layanan terbaik

Banyaknya website yang sudah ada ternyata tidak menjamin kepuasan dari pelanggan yang sudah berkunjung. Meski website terlihat menarik, namun semua hanya akan sia-sia jika pelayanannya sangatlah buruk. Terkadang kita pasti menemukan layanan yang ketika tidak melakukan pembelian maka tidak akan ditanggapi.

Hal ini justru salah. Kebanyakan pelanggan menginginkan pelayanan yang sangat membantu sehingga akan tetap memilih website tersebut atau justru pindah ke website lainnya. Agar lebih unggul dari kompetitor, berikan layanan yang maksimal sehingga pengunjung nantinya akan kembali lagi ke website Anda.

4.Gunakan media sosial

Mengembangkan bisnis di era digital tentunya kurang maksimal jika Anda tidak memanfaatkan sosial media. Pengguna media sosial saat ini sudah semakin banyak. Hal ini tentu dimanfaatkan para pebisnis dalam salah satu strategi bisnisnya. Jika kompetitor terberat Anda tidak maksimal dalam menggunakan media sosial, maka ini bisa menjadi peluang Anda. Menggunakan media sosial juga lebih mudah karena penggunanya sudah meliputi segala usia di penjuru dunia.

5.Tetap fokus dengan kualitas produk dan layanan

Setiap orang tentunya menggunakan website untuk kepentingan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang menggunakannya untuk toko online, maka Anda harus tetap fokus dengan kualitas produk. Kualitas produk sangat penting untuk tetap unggul di mata pelanggan. Meski banyak kompetitor yang menggunakan cara-cara instan demi persaingan, tapi satu hal yang harus diingat yaitu kualitas produk.

Kualitas produk menjadi hal yang langka. Meski banyak persaingan, namun jika produk Anda lebih berkualitas tentunya pelanggan akan lebih memilih produk Anda. Bagaimananpun, pelanggan sekarang ini sangat cerdas dan tahu mana kualitas produk yang bagus dan mana yang buruk.

6. Selalu berinovasi

Kualitas produk tetaplah harus diprioritaskan, tapi inovasi harus tetap berjalan. Pelanggan tentunya juga akan bosan jika produk yang Anda jual hanya itu saja. Sesekali berikan inovasi agar lebih unggul dari pesaing. Tingkatkan kualitas mulai dari hal yang paling kecil. Pasalnya, jika tidak ada inovasi, maka pelanggan juga akan bosan untuk berkunjung ke website Anda.

Salah satu daya tarik website toko online dalam berinovasi adalah memberikan promo maupun diskon sehingga banyak pelanggan yang selalu menantikan hal ini. Pada dasarnya, pembeli lebih menunggu harga promo maupun diskon dari sebuah toko online. Selain itu mereka juga akan menunggu giveaway. Dengan memberikan layanan seperti ini, Anda tentu saja tidak rugi karena justru akan semakin mendatangkan banyak pembeli.

baca juga

    7.Menunjukkan keunikan produk

    Dalam persaingan bisnis online tentu sudah tidak kaget dengan adanya produk tiruan. Namun Anda tak perlu khawatir karena bisa menunjukkan keunikan dari produk yang Anda jual.

    Dalam hal ini Anda bisa memberikan edukasi kepada pelanggan bahwa produk yang Anda jual benar-benar berbeda. Misalnya saja dari segi bahan yang pilih, kualitasnya bagaimana dan apa saja keunggulannya jika dibandingkan dengan produk yang lain. Gunakan berbagai cara yang jarang ditemukan di pasaran sehingga menunjukkan kalau produk Anda memang benar-benar lebih unik.

    8.Pilih desain website yang menarik

    Tampilan website tentunya menjadi daya tarik selain informasi yang akurat. Untuk itu, Anda bisa memilih desain website yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

    Pilih warna yang manarik, font yang mudah dibaca serta foto produk yang bagus. Penampilan yang menarik seperti ini tentunya akan memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang mereka cari. Selain itu, jangan lupa untuk memilih desain yang menarik untuk setiap produk yang dipilih.

    Ketika seseorang sudah cocok dengan produk yang akan dibeli, di situ biasanya ada psikoli warna yang menentukan apakah orang tersebut jadi membeli atau tidak.

    Dalam hal ini, Anda harus bisa memilih warna yang tepat untuk mempengaruhi pembeli agar melanjutkan ke transaksi. Desain website memang menjadi senjata yang ampuh dalam bersaing dengan kompetitor. Untuk itu jangan salah dalam memilih warna.

    Jika sudah memutuskan untuk berbisnis online, maka Anda harus kuat dalam menghadapi persaingan. Yang terpenting dan selalu Anda lakukan adalah mencari tahu apa saja kelemahan kompetitor dan menjadikannya sebagai salah satu strategi terbaik untuk selalu berinovasi.

    Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar website lebih unggul dari kompetitor?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    You May Also Like