Konten Dan SEO : Membangun Reputasi Pemasaran Digital

SEO UNDERCOVER CO ID 18

undercover.co.id Dalam rangka meraih kesuksesan, dibutuhkan kerja keras yang terukur dan fokus yang tajam.

 

 

Termasuk ketika anda akan membangun konten dan mengoptimalkan SEO di website anda untuk memperkuat bisnis online anda.

 

 

Pemasaran digital agak menantang akhir-akhir ini karena semakin banyak orang berminat, memahami, dan bersaing dengan pemasaran digital.

 

 

Lalau bagaimana membangun reputasi pemasaran digital yang baik? Pemasaran digital sebetulnya berfokus hanya pada 5 W dan 1 H.

 

 

Cara berpikir seperti para jurnalis ketika mengangkat sebuah peristiwa ke dalam berita itu rupanya harus diadopsi ke dalam teknik pemasaran digital.

 

 

Kenapa? Berikut alasannya:

 

 

Mulai Dari WHY

 

 

Selalu dimulai dari pertanyaan mengapa, seperti mengapa orang-orang membeli produk x, dan mengapa mereka tertarik dengan jasa Y.

 

 

Lakukan riset untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda akan menemukan alasan orang-orang tertarik pada suatu barang dan jasa tertentu.

 

 

Jawabannya pasti karena barang atau jasa tersebut memberikan manfaat, kepuasan, dan lain sebagainya kepada penggunanya.

 

 

Dengan demikian, anda bisa mulai dari SEO dan konten yang hanya fokus untuk menjawab pertanyaan mengapa produk anda harus dibeli, mengapa produk anda bermanfaat untuk konsumen, mengapa produk anda berbeda daripada produk yang lainnya.

 

Dilanjutkan Dengan Apa Dan Bagaimana

 

 

Setelah anda mengajukan perbedaan mendasar antara produk anda dengan produk orang lain, lanjutkan dengan mendorong minat mereka dengan apa dan bagaimana.

 

 

Elemen apa dan bagaimana bisa dimasukkan ke dalam SEO dan konten pemasaran, misalnya deskripsikan tentang produk, apa saja bahan-bahan yang jadi pembuatnya, dan bagaimana produk tersebut dibuat.

 

 

Apa yang ditawarkan perusahaan terkait dengan produk, tunjukkan semua itu dari perspektif fitur dan spesifikasinya.

 

 

Sekali lagi, apa dan bagaimana mutlak ditunjukkan untuk merasionalisasi jawaban dari pertanyaan mengapa produk atau jasa dari suatu perusahaan penting untuk dibeli oleh konsumen.

Dilanjutkan Dengan Aksi, HOW

 

 

Setelah menjawab pertanyaan WHY, WHAT, and HOW, anda harus menambahkan aksi, WHAT NEXT?

Anda musti memberikan tambahan wawasan unik tentang produk dan jasa yang tengah ditawarkan.

 

 

 

Berikan semua wawasan yang rasional terkait dengan alasan produk dan jasa ditawarkan, sampai hal-hal terkecil yang berhubungan dengan pelanggan sehari-hari.

Maksimalkan tim pemasaran untuk membuat konten yang menambah wawasan calon konsumen di website marketing anda, sehingga mereka semakin tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

 

 

Memaksimalkan Strategi Konten

 

 

Untuk memperkuat layanan yang merupakan poin penting dari menawarkan sebuah produk atau jasa ialah memperkuat bagian yang berfungsi dengan baik dalam penjualan.

 

Anda tidak perlu membuang waktu untuk memperbaiki konten yang tidak memberikan dampak baik pada strategi penjualan anda.

Perbanyak saja konten yang semakin  menarik minat masyarakat pada produk atau jasa.

 

 

 

Terbukti banyak perusahaan sukses di dunia karena platform jualan mereka fokus pada hal-hal yang diminati oleh masyarakat.

 

 

Misalnya saja Aple dan iPhone-nya, sangat diminati oleh masyarakat.

Aple berhasil membangun image produk yang memperhatikan dan sesuai dengan keinginan masyarakat.

 

 

Hal seperti inilah yang harus anda ekspose semakin tinggi di SEO dan konten pemasaran produk anda, serta jangan lupa untuk mendorong pemaksimalan pemasaran digital anda dengan menyebarkan informasi melalui media sosial.

 

 

 

Jika produk anda tentang fashion, maka ketahui produk fashion anda yang laris dipasaran, tingkatkan produksi pada produk tersebut dan lakukan pemaksimalan SEO serta konten terkait dengan produk yang sedang laris.

 

 

Demikian strategi meningkatkan reputasi konten dan SEO anda, bila disimpulkan berarti ada tiga hal penting yang harus anda lakukan untuk membangun reputasi pemasaran digital anda,

 

 

antara lain: menciptakan konten yang tetap segar dan menarik, memprioritaskan konten yang menarik minat masyarakat pada suatu produk,

 

maksimalkan jumlah produk yang sedang diminati masyarakat dan dorong minat tersebut dengan media sosial.

 

 

 

 

7 Tips untuk Melindungi Reputasi Online Merek Anda

 

 

Apakah anda siap mendengarkan beberapa saran terperinci untuk membantu melindungi reputasi anda secara online?

Saran yang Anda baca di artikel ini berfungsi baik untuk manajemen reputasi proaktif.

 

 

 

Saran di bawah ini juga dapat diterapkan pada mereka yang sudah memiliki konten atau review online negatif tentangnya.

Namun, ada kalanya anda juga harus menyadari bahwa beberapa situs mungkin tidak mungkin atau sangat sulit dikalahkan.

 

 

Situs berita utama mis., The Wall Street Journal, LA Times, New York Times membutuhkan kerja keras yang sangat tinggi untuk pengelolaannya.

Jika situs berita utama telah memposting konten negatif tentang Anda, maka Anda benar-benar perlu seorang ahli dalam SEO.

 

 

Opsi do-it-yourself tidak layak pada skala itu.

Intinya tips ini akan membantu beberapa DIYers sebelum pindah ke perusahaan manajemen bereputasi tinggi.

Hingga baru-baru ini, situs web pengaduan populer RipoffReport juga sulit dikalahkan.

 

 

 

Perubahan terbaru pada algoritme Google—yang diperkirakan mulai terjadi pada September 2018—telah mendorong beberapa situs ke dalam peringkat yang lebih rendah di mesin pencarian.

Nah, berikut tips untuk melindungi reputasi online merek Anda.

 

 

 

Memberikan Layanan yang Sangat Baik

 

 

Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda benar-benar memberikan layanan terbaik untuk menghindari mendapatkan ulasan negatif maka pertimbangkan untuk melampaui upaya Anda saat ini.

Misalnya, jika Anda menjalankan restoran, Anda dapat menyediakan hidangan pembuka gratis untuk mengejutkan pelanggan baru atau pelanggan setia.

 

 

 

Jika Anda melihat tanda sedikit saja yang menunjukkan bahwa seorang pelanggan tidak senang, cobalah yang terbaik untuk menyelesaikan masalah secepatnya.

Hal terbaik berikutnya adalah menawarkan layanan gratis atau pengembalian uang untuk menebus masalah ini.

Anda tidak bisa membuat semua orang bahagia.

 

 

 

Saya telah melakukan layanan SEO selama lebih dari 20 tahun dan sering kali kami memiliki klien yang tidak bahagia.

 

Saya selalu menawarkan layanan gratis atau mengembalikan uang kepada klien saya yang tidak  puas dengan hasi kerja saja.

Seringkali cara ini adalah cara efektif untuk mempertahankan reputasi online yang nyaris sempurna.

Mereka mengatakan klien selalu benar.

 

 

 

Saya tahu bahwa kadang-kadang tidak, tetapi pertimbangkan apakah berdebat dengan pelanggan Anda sepadan dengan reputasi Anda.

Keputusan untuk berdebat dengan klien mungkin justru akan berakibat ke harga dari layanan Anda.

Mungkin ulasan negatif tentang Yelp atau Google Maps tidak akan memengaruhi peringkat keseluruhan Anda karena Anda memiliki banyak ulasan positif.

 

 

 

Tetapi apa yang akan terjadi jika Anda mendapat ulasan negatif di situs keluhan seperti RipoffReport?

Seringkali, ulasan semacam ini berperingkat tinggi untuk nama merek dan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam beberapa bulan dari jumlah yang diperselisihkan dengan klien Anda.

Pierre Zarokin, menulis di searchenginejournal.com bahwa ia telah menawarkan pengembalian dana penuh kepada beberapa klien selama bertahun-tahun.

 

 

 

Hal ini dilakukannya karena a ancaman ulasan negatif di situs berpengaruh yang dapat merugikan layanan jasa atau produk yang dipasarkan.

Pierre mengetahui bahwa dampak buruk yang terjadi pada bisnis jika mendapatkan ulasan negatif telah membuat Pierre terlalu berhati-hati.

Satu ulasan negatif dapat menghabiskan biaya ribuan dolar untuk memperbaiki reputasi menggunakan layanan manajemen reputasi online (ORM).

 

 

Minta Ulasan dari Pelanggan

 

 

Profesi tertentu lebih cenderung memiliki lebih banyak ulasan negatif daripada positif.

Sebagai contoh, dokter gigi untuk beberapa alasan biasanya mendapatkan banyak ulasan negatif.

 

 

 

Kemungkinan hal itu terjadi karena bahwa tidak ada yang pergi ke dokter gigi dengan perasaan bahagia.

Seseorang biasanya pergi ke dokter gigi untuk memperbaiki rongga atau melakukan pembersihan.

 

 

 

Tindakan ini dapat mengakibatkan ditemukannya rongga dan membutuhkan lebih banyak perhatian dan juga biaya perawatan.

Akhirnya seseorang harus menghabiskan uang yang tidak direncanakan.

 

 

 

Pengeluaran di luar perencanaan seperti ini adalah alasan yang cukup bagus bagi kebanyakan orang untuk marah.

Bahkan asuransi gigi terbaik memerlukan semacam copay, sehingga prosedur gigi bisa mahal.

 

 

Bahkan jika Anda bukan seorang dokter gigi, Anda akan cenderung mendapatkan ulasan positif jika Anda memintanya.

Jika Anda menghindari meminta ulasan kepada pelanggan terbaik Anda, Anda mungkin berakhir dengan lebih banyak ulasan negatif daripada yang Anda inginkan.

 

 

 

 

Pastikan Anda tahu pelanggan Anda senang sebelum Anda meminta ulasan.

Jika Anda melihat pelanggan Anda secara langsung, Anda dapat mulai dengan menanyakan bagaimana perasaan mereka tentang layanan Anda.

 

 

Lakukan ini segera setelah Anda memberikan layanan, bisa juga dengan menindaklanjutinya beberapa hari kemudian.

Kiat lain adalah menggunakan orang yang berbeda untuk menindaklanjuti siapa pun yang melayani pelanggan.

 

 

 

Jika salah satu staf Anda yang melakukan layanan jasa atau penjualan, maka sebaiknya manajer atau Anda harus melakukan tindak lanjut.

Dengan cara ini pelanggan lebih mungkin memberi tahu Anda tentang pengalaman negatif.

Pada kesempatan ini Anda tidak akan merasa defensif tentang hal itu karena Anda bukan orang yang terlibat secara langsung ketika memberikan layanan.

 

 

Memberikan Insentif untuk Pengulas

 

 

Pertimbangkan untuk menawarkan semacam insentif untuk para pengulas jasa layanan atau produk Anda.

Akan tetapi ingatlah bahwa praktik ini bertentangan dengan Yelp.

 

 

Jika Anda melakukan ini, pastikan untuk tidak pernah memintanya secara tertulis, tetapi selalu secara verbal.

Jika seseorang melaporkan Anda ke Yelp karena melakukan ini, Anda mungkin mendapatkan peringatan atau penurunan pangkat dalam hasil pencarian Yelp.

 

 

 

Pierre pernah melihat beberapa pelaku bisnis melakukan permintaan ulasan ke Yelp ini di balik kartu bisnis mereka ketika memberikan ucapan terimakasih kala pelanggan meninggalkan toko.

Tawaran insentif yang diberikan umumnya berupa diskon pembelian untuk setiap satu ulasan positif.

 

 

Jika pelanggan yang tidak suka melihat ini, pelanggan tersebut hanya perlu mengambil gambar ini dan mengirimkannya ke Yelp.

Yelp akan segera menindaklanjuti dengan Peringatan Konsumen di akun Anda.

 

 

Tawarkan Pengembalian Dana kepada Klien yang Tidak Puas

 

 

Jika Anda memiliki klien yang tidak puas dengan layanan Anda, pertama-tama cobalah untuk menyelesaikan atau memperbaiki masalah dengan damai.

Akan tetapi jika ini tidak memungkinkan, maka tawarkan pengembalian uang penuh atau sebagian atau insentif lain seperti kupon diskon atau bahkan kartu hadiah eceran kepada klien tersebut.

 

 

Terimalah bahwa Anda salah.

Mencoba untuk menyelesaikan masalah akan selalu lebih baik daripada mencoba untuk berdebat.

Pengembalian uang dapat membantu menghindari ulasan negatif atau mengurangi kerusakan dan mengubah ulasan negatif menjadi sesuatu yang agak positif.

 

 

Pengembalian dana sebagian saja sudah akan memberikan perbedaan besar pada bentuk ulasan binatang 1 sampai bintang 4.

Bahkan peringkat bintang 5 masiih memungkinkan untuk dimiliki karena kita memberikan kompensasi pada klien yang tidak puas itu.

 

 

Tinjau Platform Pembangkit

 

 

Banyak perusahaan menawarkan platform untuk menghasilkan ulasan.

Konsep dasarnya adalah mengumpulkan email dan atau nomor telepon pelanggan Anda.

 

 

Setelah kunjungan mereka, atau sesering mungkin, Anda dapat mengirim survai atau pesan teks untuk meminta umpan balik.

Isi pesan berupa pertanyaan bagaimana perasaan pelanggan tentang layanan Anda.

 

 

Jika jawabannya kembali positif Anda dapat meminta mereka untuk memberi Anda ulasan lebih lanjut di situs ulasan yang Anda pilih, seperti Yelp dan Google Maps.

Jika jawabannya kembali negatif, Anda akan melihat pesan dan secepatnya harus bisa menjangkau mereka.

 

 

Selesaikan masalah yang mereka keluhkan secepatnya sebelum mereka memposting ulasan negatif di situs Yelp dan Google Maps.

Untuk memanfaatkan platform pembangkit seperti ini biasanya membutuhkan biaya hanya $ 30 per bulan.

 

 

Harga tersebut  dijatuhkan kepada anda yang ingin menjalankan sendiri situs layanan.

Sedangkan jika ingin mendapatkan layanan atau dukungan penuh dari paltform umumnya anda harus membayar sampai ratusan dolar.

 

 

Beberapa perusahaan yang menawarkan layanan ini antara lain Birdeye, UlasanInc, ShoutAboutUs dan GatherUp.

 

 

Pertimbangkan Merevisi Model Bisnis Anda

 

Membaca dari pengalaman Pierre yang memiliki klien dengan toko fashion e-niaga yang mengirim barang dari Tiongkok, meskipun bisnisnya berbasis di A.S.

 

 

Waktu pengiriman biasanya 2 sampai 5 minggu, yang lambat bagi kebanyakan orang.

Selain itu, terkadang standar ukuran barang yang dikirimkan lewat jasa logistik barang dari Cina lebih kecil dari standar ukuran di AS dan ini kerap menimbulkan salah paham.

 

 

Jadi bisnis ini sering mendapat banyak ulasan negatif dan permintaan pengembalian uang.

Mereka juga semakin membuat marah klien dengan meminta pelanggan mengirim kembali barang dengan biaya sendiri.

 

 

Seperti yang Anda lihat, jenis bisnis ini tidak dapat menghindari ulasan negatif kecuali jika mereka mengubah model bisnis mereka.

Manfaat utama dari layanan mereka adalah harganya terjangkau.

 

 

Bahkan, mereka sangat hemat biaya dibandingkan dengan barang-barang fashion serupa yang ditemukan di department store besar.

Jadi, apa yang bisa dilakukan bisnis seperti ini?

 

 

 

Saran Pierre ialah dimulai dengan penyesuaian pada salinan penjualan mereka yang memberi tahu pelanggan bahwa barang dikirim dari China dan pengiriman mungkin memakan waktu 2-5 minggu.

Taktik ini mengurangi sebagian penjualan mereka, tetapi menghindari begitu banyak pelanggan yang kurang pus dengan waktu pengiriman dan pengembalian uang yang tidak perlu.

 

 

Kebanyakan orang mungkin tidak keberatan menunggu sedikit jika itu akan menghemat uang.

Pelanggan yang tidak ingin menunggu selama itu biasanya adalah orang-orang yang membutuhkan barang untuk dalam waktu lebih cepat.

 

 

Di samping memperlihatkan dengan jelas waktu pengiriman,  bisnis seperti ini bisa menawarkan biaya pengiriman gratis atau diskon untuk pengembalian.

Jika barang yang dijual cukup murah, opsi lain adalah memberikan pengembalian dana penuh.

 

 

Amazon menggunakan taktik ini secara efektif dalam perdagangannya untuk mendorong pengguna Prime.

Setelah berkonsultasi dengan saya, akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah model bisnis.

 

 

Setelah itu, mereka mendapat lebih sedikit ulasan negatif.

Jadi poin utama persoalan ini adalah melihat model bisnis Anda dapat disesuaikan atau tidak dengan kebutuhan pelanggan untuk menghindari situasi yang mengarah pada ulasan negatif.

 

 

Bahkan jika perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan perubahan yang positif, maka itu lebih baik diambil untuk kebaikan dalam jangka panjang.

Anda tidak hanya akan meningkatkan bisnis dari pelanggan baru, tapi pelanggan setia anda pun akan bahagia karena berbisnis dengan anda.

 

 

baca juga

30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Panduan Memulai Website Bisnis Anda

Jasa Pembuatan Website Profesional

Buat Website Cuma Bayar Sekali Seumur Hidup !

Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta

26 Panduan Email Marketing Lengkap

Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda

Pasang Iklan

Iklan Advetorial

Jasa Sosial Media

Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis

Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan

 

 

Jadilah Proaktif, Tidak Reaktif

 

 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat ulasan online tentang bisnis anda semakin positif.

Jika sasaran Anda adalah berada di peringkat 20 besar Google dengan konten positif tentang bisnis Anda, maka anda sebaiknya menjadi proaktif bukan reaktif.

 

 

Anda bisa melakukan langkah pencegahan ulasna negatif tentang bisnis anda muncul di situs pencarian dengan beberapa cara berikut.

Daftarkan profil media sosial Anda di situs media sosial teratas, dan tetap aktif di platform tersebut.

 

 

Aktifkan profil twitter dari bisnis anda dan usahakan masuk ke 10 besar akun yang berkecimpung di industri yang sama dengan anda.

Google bahkan dapat menunjukkan feed terbaru dari tiap profil yang aktif.

 

 

Video YouTube akan sering mendapat perhatian yang bagus untuk setiap branding produk.

Anda dapat membuat video profesional dengan harga kurang dari $ 1.000, atau video dengan anggaran lebih rendah menggunakan ponsel cerdas Anda.

 

 

Selain itu, Anda dapat menyewa freelancer di situs seperti Fiverr untuk membuat video jenis slide show tentang bisnis Anda.

 

 

 

Bagikan siaran pers setiap beberapa bulan.

Coba gunakan jaringan yang berbeda untuk distribusi informasi mengenai bisnis anda untuk mendapatkan jangkauan yang lebih maksimum.

 

 

Jika Anda belum memiliki blog, buat satu dan posting secara teratur.

Memposting informais di blog atau website seminggu sekali adalah yang kami rekomendasikan kepada klien kami sebagai langkah minimum untuk tetap eksis di mesin pencarian.

 

 

Buat situs mini atau blog dengan platform blog subdomain, seperti wordpress.com atau tumblr.com. Pastikan nama merek Anda muncul sebagai bagian dari subdomain

Demikian beberapa tips untuk menjaga reputasi bisnis online Anda di situs online.

 

 

Cara-cara di atas mungkin membutuhkan waktu dan tidak mudah dilakukan, namun jika dijalankan secara maksimal, anda akan mendapatkan hasil yang sepadan.

Selamat mencoba!

 

 

 

5 Cara Ampuh Mengembangkan Blog dan Meningkatkan Kualitas Konten Anda.

 

Blog sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam komunikasi bisnis.

 

Blog yang sukses dapat meningkatkan brand awareness, membangun pengaruh yang kuat, dan dapat berujung pada mesin uang yang dapat Anda raup dengan jumlah yang cukup untuk membuat Anda berhenti bekerja.

 

 

Namun, banyak juga blog yang gagal memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh pemiliknya. Alasan paling kuat dari kegagalan blog adalah minimnya konten berkualitas, frekuensi mengunggah konten yang tak konsisten, dan minimnya upaya untuk promosi.

Padahal konten yang berkualitas adalah tulang punggung dari blog yang sukses, dan konten yang dapat menjawab kebutuhan audiens akan sangat cepat menghiasi halaman pertama Google dan sosial media.

 

 

SEO memang penting, namun awal dari segalanya adalah konten yang bagus. Google terus membenahi algoritmanya menjadi semakin rumit, dan situs yang akan diuntungkan pada akhirnya adalah situs yang menjawab kebutuhan pembacanya.

 

Google kini mampu menampilkan hasil pencarian berdasarkan rekam jejak browsing dan perilaku pencarian dari masing-masing pengguna.

 

Jika konten Anda serupa dengan yang diinginkan pengguna, dan Anda menggunakan kata kunci yang tepat, konten Anda akan muncul juga ke hasil pencarian pengguna.

 

 

Nah, sekarang bayangkan Anda mampu menciptakan konten yang berkualitas. Konten Anda dapat menjawab keinginan pengguna, serta kuat secara SEO. Artikel kali ini akan membantu Anda mencapainya.

 

 

 

1. Dengarkan audiens Anda

 

 

Semakin baik Anda mengenal target audiens Anda, semakin besar pula kemungkinan Anda dalam menciptakan konten yang sesuai dengan keinginan mereka.

 

 

Untuk mengenali target audiens Anda, Anda perlu melihat topik apa saja selama ini yang paling disukai oleh audiens Anda. Lihat artikel-artikel yang pernah Anda buat; artikel mana yang paling banyak dibagikan dan paling banyak mendatangkan pengunjung?

 

 

Setelah itu, temukan kesamaan perilaku mereka, dan lihat juga apa saja yang sering mereka bahas. Amati pertanyaan yang sering muncul, dan tantangan yang sering mereka hadapi. Dari sini Anda bisa mulai menemukan apa sebenarnya yang audiens Anda butuhkan.

 

 

 

Setelah itu, Anda bisa mulai membuat konten yang dapat menjawab kebutuhan audiens Anda. Berikan juga tips-tips yang mudah diingat dan dilakukan.

Sebagai tips tambahan, Anda dapat menggunakan Buzzsumo untuk menemukan inspirasi konten. Selain itu Anda juga bisa menggunakan Quora dan Google Trending.

 

Buzzsumo adalah tools yang menampilkan konten apa saja yang paling banyak dibagikan di sosial media, sesuai dengan kata kunci yang Anda cari.

 

Quora adalah situs tanya jawab yang disortir berdasarkan topik-topik tertentu. Sementara, Google Trending adalah tools untuk menemukan tren kata kunci apa saja yang sedang hangat.

 

 

 

2. Masukkan Kata Kunci di Laman dan Konten Anda

 

 

Kata kunci tetap memainkan peran penting dalam mengoptimalkan artikel Anda. Tak hanya memudahkan mesin pencari dalam menganalisa, audiens pun dapat dengan mudah mengetahui apa isi artikel Anda.

 

 

Lakukan investigasi mendalam terkait kata kunci. Idealnya, Anda perlu melihat tren terbaru terkait tema utama situs Anda, lalu dari sana Anda bisa mencari kata kunci apa yang paling sering dicari terkait topik tersebut.

 

 

Gunakan kata kunci ini untuk menemukan topik apa berikutnya yang bisa Anda tulis, dan masukkan juga kata kunci ini ke dalam elemen-elemen situs Anda.

 

Elemen situs ini berupa meta description, judul, 100 kata pertama, paragraf pertama, salah satu dari subjudul, alt text, anchor text, dan di meta tags.

 

 

Bila kebingungan dalam meriset kata kunci, Anda bisa mencoba menggunakan Google Keyword Planner, Soovle, Hittail, Ubersuggest, dan masih banyak lagi.

 

Google Keyword Planner adalah tool gratis dari Google yang berfungsi untuk menemukan dan mencari kata kunci terkait topik yang Anda geluti.

Ubersuggest serupa dengan GKP, namun ia memberikan inspirasi kata kunci yang lebih banyak dan bervariasi. Sementara, Soovle dan Hittail memberikan inspirasi kata kunci yang lebih panjang, cocok untuk Anda yang mengincar kata kunci panjang.

 

 

3. Tingkatkan keterbacaan artikel Anda

 

 

Mesin pencari lebih menyukai situs yang cepat, responsif, dan tampilannya simpel.

Pastikan artikel Anda mudah dan menyenangkan untuk dibaca. Usahakan satu paragraf terdiri kurang dari 150 kata. Satu paragraf usahakan tidak lebih dari tiga baris.

 

Supaya semakin mudah dibaca, tambahkan subjudul dan angka pada tiap paragraf.

 

Ini agar memudahkan pembaca yang skimming (membaca melompat-melompat). Selain itu gunakan juga bullet points dan gambar, supaya artikel Anda tidak melulu berisi teks.

 

 

4. Tambahkan gambar

 

 

Konten visual punya peluang dibagikan, disukai, dan dikomentari yang lebih besar dibandingkan konten yang hanya berisi teks.

 

Malah, konten visual juga bisa mendatangkan traffic yang lebih besar dari mesin pencari dan juga dari jejaring sosial.

 

 

Tambahkan ilustrasi pada artikel Anda. Ilustrasi ini bisa berupa foto, gambar, infografik, dan video.

 

Dengan begitu banyak tool gratisan yang tersedia di internet, Anda tak perlu menjadi desainer untuk mulai membuat konten visual yang bagus.

 

 

Tool gratis yang bisa Anda coba adalah Canva. Untuk mendapatkan gambar gratis yang berkualitas, Anda bisa mencarinya di Pexels atau Unsplash. Anda juga bisa mencoba membuat animasi menggunakan Moovly.

 

 

5. Promosikan artikel Anda di jejaring sosial

 

 

Sebaik apapun artikel Anda, Anda harus secara aktif mempromosikannya. Anda tak bisa mengandalkan SEO saja dalam mengedarkan artikel; Anda perlu juga menggunakan strategi lain seperti membagikannya ke jejaring sosial.

 

 

Jejaring sosial dapat menjadi saluran promosi, menciptakan brand authority, meningkatkan link profile, dan meningkatkan jangkauan audiens. Semakin besar engagement yang Anda hasilkan, semakin besar ranking Anda naik di halaman pencarian Google.

 

 

Selain membagikan artikel Anda di Twitter dan Facebook, Google+ adalah sosial media lain yang layak Anda coba. Meski penggunanya tak banyak, namun pengguna aktifnya tetap ada.

 

 

Kalau artikel Anda berbahasa Inggris, membagikannya di Reddit juga layak dicoba. Pengguna Reddit tergolong aktif, sehingga besar kemungkinan artikel Anda dibaca bersama dan dijadikan bahan diskusi. Untuk artikel berbahasa Indonesia Anda bisa menggunakan Kaskus.

 

 

Sarana lain adalah Medium, Tumblr, Quora, dan Scoop.It.

Bila Anda merasa repot harus membagikan satu artikel ke banyak saluran, Anda bisa menggunakan tool gratis seperti Blog2Social dan Buffer.

 

Kedua tools ini membantu Anda mengotomasi proses distribusi artikel, bahkan Anda bisa mengatur jadwal kapan harus membagikan artikelnya.

 

 

Nah, demikian tadi 5 cara ampuh mengembangkan blog dan meningkatkan kualitas artikel Anda. Ketekunan dan kesungguhan untuk terus mengembangkan diri akan berdampak pula pada keberhasilan blog Anda.

 

Mengembangkan blog dari nol hingga sukses memang butuh waktu, namun itulah yang membuatnya menjadi berarti.

 

 

Cara Membuat Konten yang Dinikmati Pengguna Mobile

 

 

Saat ini  sekitar 56,74 persen traffic internet berasal dari perangkat mobile (termasuk tablet), sementara 43,26 persen berasal dari desktop menurut data dari Statcounter.

 

 

Kesenjangan ini diperkirakan akan terus bertambah, yang berarti situs web dan konten online Anda harus dioptimalkan untuk pemirsa mobile atau Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan bisnis, merek, dan penjualan Anda.

Optimasi mobile mencakup lebih dari sekadar memastikan situs web Anda telah dikembangkan untuk membuat konten Anda tampil sesuai dengan layar perangkat mobile.

 

 

Perlu diingat: Anda juga perlu membuat konten untuk audiens mobile.

Tapi kenyataannya adalah bahwa pemirsa mobile mengonsumsi konten berbeda dari viewer desktop. Mereka memiliki ekspektasi berbeda terhadap satu konten, dan Anda harus memenuhi harapan tersebut atau konten Anda tidak akan berdampak apa pun.

 

 

Faktanya, pengunjung mobile mungkin segera menutup konten Anda dan berusaha mengingat untuk jangan pernah mengunjungi situs Anda kembali.

Tentu, Anda mungkin pernah mencoba Google Mobile Friendly Test, tetapi apakah situs ramah mobile selalu berarti bahwa situs Anda akan beradaptasi dengan perangkat yang berbeda?

 

 

Nah, tidak juga.

Situs yang responsif adalah situs yang kontennya dioptimalkan untuk perangkat mobile. Entah itu berupa teks, gambar, video, rangkai slide … semua sesuai dengan ukuran dari layar yang Anda gunakan.

Tapi, meskipun tampilannya sudah pas dengan perangkat mobile tetapi kontennya tidak sesuai dengan karakter pengguna mobile, ini berarti konten Anda tidak mobile-friendly.

 

 

Dengan memperhatikan hal ini, maka pada artikel kali ini situs kami akan menyajikan tujuh langkah yang dapat Anda ambil untuk menulis konten bagi audiens mobile yang melakukan skimming, scan, dan bergerak dengan cepat.

 

1. Tulis berita yang relevan dan menarik perhatian.

 

 

Judul dari konten Anda harus mampu mengetuk emosi dan menjanjikan sesuatu yang berguna, bermakna, atau menghibur bagi audiens target.

 

 

Cobalah untuk menarik minat audiens mobile, sehingga orang termotivasi untuk mengeklik untuk membaca atau melihat konten Anda jika mereka melihat judul Anda di media sosial, dalam pesan pemasaran email, atau di tempat lain secara online.

Namun, jangan biarkan kreativitas Anda merusak relevansi antara judul dengan konten. Judul harus tetap sesuai dengan Anda.

 

 

Konten Anda harus mampu memenuhi janji di judul, atau orang-orang akan kehilangan kepercayaan pada brand Anda.

Itu berarti lebih sedikit orang akan mengunjungi situs Anda dan mengonsumsi konten Anda di masa mendatang.

 

 

 

2. Sampaikan informasi terpenting terlebih dahulu.

 

 

Selalu mulai dengan inti dari pesan, sehingga tidak ada kemungkinan bahwa pemirsa mobile tidak melihat isi utama konten Anda.

 

 

Scrolling di perangkat mobile dapat membosankan, jadi Anda tidak punya waktu untuk intro yang terlalu panjang.

 

 

Sebaliknya, tulislah seperti jurnalis dan tembak langsung ke intinya. Anda dapat menguraikan dengan detail setelah poin utama berhasil dikomunikasikan. 

 

3. Ringkaslah.

 

 

Audiens mobile bergerak dengan cepat, sehingga konten Anda harus ringkas dan jelas. Tapi bukan berarti Anda harus mempublikasikan posting blog hanya 100 kata.

 

 

Ringkas dan pendek adalah dua hal yang berbeda.

 

 

Ini berarti Anda tak hanya mengkomunikasikan pesan terpenting Anda terlebih dahulu (lihat langkah 2, di atas), tetapi juga bahwa inti konten Anda harus terfokus dan mudah dipahami secara instan tanpa ada kebingungan.

 

 

 

4. Gunakan subheading.

 

 

Subheading alias subjudul sangat penting untuk memudahkan pemirsa mobile memindai konten Anda dengan cepat. Jadi, meskipun audiens terburu-buru, ia tetap mendapat sesuatu dari Anda.

 

 

Inti dari beberapa paragraf harus dimasukkan di dalam subjudul Anda, sehingga pembaca dapat menggulir, menemukan poin yang krusial buat mereka, dan kemudian membaca detail untuk poin tersebut.

 

 

Sulit untuk membaca konten yang sangat panjang di perangkat mobile kecil, jadi gunakan subjudul untuk membuat petunjuk dan sitemap bagi pengunjung mobile.

 

5. Gunakan daftar.

 

 

Seperti halnya judul membuat konten Anda lebih mudah bagi audiens mobile untuk memindai, begitu juga bullets.

Gunakan bullets dan daftar bernomor untuk memberi pengunjung jeda dari paragraf teks yang panjang.

 

 

Jika Anda menggunakan butir dan daftar bernomor, pastikan untuk menjaga agar setiap daftar pendek,

 

dan jika butir dan daftar nomor Anda lebih panjang dari beberapa baris, pertimbangkan untuk menggunakan judul untuk setiap item diikuti oleh paragraf detail pendukung.

 

 

6. Sertakan gambar dan video.

 

 

Gambar dan video sangat bagus untuk memecah halaman dengan banyak teks, tetapi pada perangkat mobile, gambar dan video akan mengorbankan kuota, dan menambah upaya pengunjung untuk scrolling konten Anda.

Oleh karena itu, gunakan gambar dan video secara strategis.

 

 

Misalnya, pertimbangkan untuk menggunakan gambar atau video untuk mengomunikasikan pesan Anda jika ini mampu menggantikan suatu paragraf panjang.

Audiens mobile menonton sejumlah besar konten video, jadi masuk akal untuk menawarkan video.

 

 

7. Kurangi pop up dan ads.

 

 

Pop-up dan ads tak hanya menghalangi konten Anda di perangkat mobile tetapi juga dapat memperlambat loading halaman.

 

 

Pemirsa mobile tidak akan menunggu laman Anda selesai loading, atau rela bersabar menjelajahi konten penting Anda di antara lautan iklan, gambar yang tidak penting, dan link.

 

 

Hapus elemen-elemen tak penting, dan pengunjung mobile akan jauh lebih mungkin membaca, dan membagikan konten Anda di media sosial.

Ini akan menghasilkan pemasaran dari mulut ke mulut untuk bisnis Anda.

 

 

Langkah selanjutnya.

Jika Anda tidak segera menarik perhatian pengguna mobile yang sedang menikmati konten Anda, Anda kehilangan kesempatan untuk membagikan pesan merek Anda dan terhubung dengan mereka.

 

 

Anda hanya memiliki beberapa detik untuk melakukannya, jadi Anda harus menyesuaikan tulisan dan presentasi konten Anda untuk terlibat dengan audiens mobile.

Jika Anda bukan seorang penulis, dapatkan bantuan dari seorang profesional.

 

 

Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan jasa penjualan artikel atau publisher konten yang murah.

Google tidak menyukai konten berkualitas rendah, dan konten yang berkualitas rendah biasanya menjatuhkan SEO.

 

 

3 Cara Seru untuk Memperkaya Konten Anda

 

 

Sebagai seorang pemilik website atau usaha, seringkali Anda dihadapkan pada tuntutan untuk membuat konten yang lebih baik daripada sebelumnya.

 

Apalagi kalau bisnis Anda sudah berjalan lama; rasa-rasanya seolah semua hal sudah pernah Anda hantarkan kepada para konsumen.

 

 

 

Ini bisa membuat Anda pusing tujuh keliling. Yang membaca atau menonton saja bosan, apalagi Anda yang membuat?

 

Kadang kala, banyak website-website lain yang menawarkan solusi instan seperti “Ikuti 101 Tipe Post Ini untuk Mendongkrak Popularitas Anda”

 

atau “Ini yang Harus Anda Lakukan Agar Konten Anda Semakin Dikenal”, tapi ketika dibaca pun, masih saja Anda merasa sama saja.

 

Nah, kebuntuan ini hanya berarti satu hal: Anda kekurangan inspirasi. Konten-konten terbaik tidak datang dari tiruan formula-formula yang sudah banyak digaungkan di mana-mana, melainkan dari pikiran Anda sendiri.

 

 

Jika Anda sudah mengenal usaha atau website Anda dengan baik, Anda tidak akan mengalami kesulitan menemukan variasi konten untuk dibuat.

 

Yang perlu kita lakukan hanyalah mengutak-atik bentuknya sedikit agar Anda bisa mendapatkan ide baru dengan cara-cara di bawah ini:

  1. Bukalah Blog atau Halaman Q & A tentang Industri Anda

 

Ide bisa datang dari mana saja. Dan, dari mana lagi Anda bisa mendapatkan ide konten untuk para pengikut Anda… kalau bukan dari orang-orang yang akan Anda suguhi konten, yaitu mereka?

 

 

Metode ini kira-kira sama persis dengan menanyakan hadiah yang diinginkan seseorang langsung ke orangnya. Caranya, Anda tinggal membuat sebuah blog atau halaman dengan setelan yang menerima komentar.

Umumkan bahwa Anda akan menerima pertanyaan apa saja yang mereka tanyakan tentang industri Anda.

 

 

 

Sudah banyak pelaku usaha lain yang melakukan ini.

Pemilik E-Commerce fashion biasanya menerima pertanyaan tentang padu padan baju atau cara efisien berbelanja di distro-distro tertentu.

 

Pegiat SEO atau mereka yang biasa mendesain web akan diserbu pertanyaan tentang cara bekerja dengan efisien dan efektif di jagat maya.

 

 

Ketahuilah bahwa fungsi utama Internet adalah mencari informasi, dan hingga kini pun orang masih menggunakannya sebagian besar untuk alasan yang sama.

 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan batasan agar Anda tidak kewalahan menjawabnya—dengan bentuk konten tentu saja. Misalnya, Anda akan menutup sesi ini setelah tanggal tertentu. Atau memberi kuota penanya.

  1. Ceritakan Kisah di Balik Layar

 

Wajar jika model marketing kita adalah menunjukkan sisi bagus, sukses, dan keberhasilan usaha kita kepada para pemirsa. Hal demikian akan membuat para calon konsumen merasa bahwa mereka bisa mempercayai Anda.

 

 

Namun tahukah Anda, tren audiens masa kini justru lebih menyukai sesuatu yang bersifat nyata. Seperti para penikmat makanan di restoran yang terkadang ingin mengintip ke dapur untuk melihat proses pembuatan makanan, hal ini jugalah yang ingin dilihat oleh mereka.

 

Mereka ingin melihat sisi jelek, kegagalan, masalah-masalah, proses, dan kisah jatuh-bangunnya bisnis Anda.

 

 

Ini juga yang membuat film-film biografi tokoh begitu diminati. Jadi, mulailah pertimbangkan untuk mengemas “kisah di balik layar” bisnis Anda dengan gaya yang bagus untuk diceritakan kepada para pengikut Anda.

 

Dijamin, ini akan membuat mereka puas dan—siapa tahu—menginspirasi mereka untuk jadi turut maju bersama Anda!

 

  1. Tawarkan Kuis yang Seru atau Berguna

 

Anda tahu Buzzfeed? Website yang menawarkan konten-konten berupa artikel mengenai berbagai topik itu sangat diminati oleh banyak kalangan.

 

Di samping memiliki gaya tutur yang unik, Buzzfeed juga cukup berani bermain visual; menyajikan gambar-gambar dan video yang memikat dan relevan dengan kehidupan para pengguna Internet.

 

 

Namun, satu fitur konten yang menjadi andalan Buzzfed dan banyak digemari oleh kawula muda adalah: Buzzfeed Quiz. Fitur yang mengundang klik ini memainkan psikologis para pengunjung websitenya yaitu keinginan untuk lebih mengenali diri mereka sendiri.

 

 

Mungkin hal ini konyol, mengingat kebanyakan dari kuis-kuis itu terasa tidak akurat, bahkan konyol, hal itu tidak menjadi masalah. Toh, yang paling dicari adalah rasa serunya. Dan yang paling penting, konten ini terasa interaktif dan ilustratif.

 

 

Yang perlu Anda ingat hanyalah, buat kuis ini tetap relevan dengan bisnis Anda.

 

 

Seperti yang dilakukan website film The Lobster sebelum rilis film mereka agar orang-orang tertarik menontonnya ketika film ini akhirnya tayang.

 

Film ini mengisahkan tentang dunia ‘absurd’ di mana orang-orang harus mendapatkan jodoh, karena mereka yang sendirian akan berubah menjadi hewan dalam beberapa hari; hewan yang merupakan cerminan diri mereka.

 

Rupanya, orang-orang tertarik mengetahui hewan seperti apa diri mereka akan menjadi karena pengikut kuis tersebut bisa dibilang banyak.

Perusahaan messaging internasional seperti LINE pun bahkan memiliki akun resmi sendiri khusus kuis ini. Karena mereka tahu benar bagaimana cara membidik hati para pengguna.

 

 

Riset menunjukkan, penggunaan kuis untuk mendongkrak traffic ternyata cukup signifikan.

 

Tujuh puluh lima persen usaha yang dijadikan sampel mengaku trik ini membantu mereka mempertahankan prospek (leads)m dan tujuh puluh tujuh persen lainnya bahkan berkata

 

bahwa kuis-kuis interaktif semacam ini punya value yang bisa “digunakan ulanh”—alias, konten ini bisa digunakan untuk tujuan lain yang akan memancing lebih banyak kunjungan dari para pengguna.

 

 

Kesimpulan

Untuk terus bisa bertahan dalam bisnis, kita harus memiliki mentalitas dan cara pikir yang out of the box. Selalu eksplorasi inspirasi dan kemungkinan-kemungkinan Anda untuk mencapai hasil maksimal.

Menggali kesempatan dan gaya baru juga akan menuntun Anda pada inovasi yang mungkin sekali belum dilakukan oleh kompetitor Anda, membuat Anda selalu berada di garda terdepan industri.

Semoga tiga alternatif konten tadi bisa membantu Anda. Tertarik membaca artikel-artikel kami yang lain? SEO akan Terus Berubah–Inilah cara Agar Anda Bisa Beradaptasi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh