Mengapa NAP dan User Experience Sangat Penting Bagi SEO Lokal


Di jaman yang serba android ini, sudah bukan rahasia lagi bahwa penggunaan ponsel atau smatphone telah melampaui penggunaan desktop daritahun 2015. Fakta bahwa perubahan perilaku pengguna dalam hal jumlah perangkat yang mereka gunakan tidak boleh luput dari perhatian. Menurut Google Barometer Konsumen, jumlah pengguna yang hanya menggunakan satu perangkat untuk menyelesaikan suatu perjalanan telah menurun dari 32 persen pada 2012, menjadi hanya 14 persen pada 2017.

Persentase ini menimbulkan tantangan baru bagi bisnis lokal, karena pengguna berpindah antar perangkat dalam merasakan pengalaman pencarian. Dan faktanya penemuan mereka akan berbeda karena bagian dari Paket Lokal dan algoritma lokal diberi bobot berbeda yaitu kedekatan bisnis dengan lokasi pengguna. Karena panduan ini telah ditetapkan, konsistensi NAP (Nama, Alamat, Telepon) adalah bagian penting dari algoritma paket lokal dan Google lokal.

Ditambah lagi, membangun kutipan dengan NAP yang konsisten untuk daftar Google Bisnisku dan alamat online yang terdaftar dapat memengaruhi peringkat lokal Anda. Hal ini karena memiliki NAP yang konsisten juga penting untuk perjalanan pengguna karena direktori online dan juga situs bookmark sosial tidak hanya digunakan oleh Google, mereka juga digunakan oleh manusia.

Ketika Pengalaman Pengguna Dimulai

Banyak orang mempertimbangkan pengalaman pengguna dan pengalaman merek untuk memulai ketika pengguna melakukan pencarian pertama atau menghabiskan banyak waktu di situs web perusahaan. Namun, perjalanan ternyata dimulai jauh lebih cepat sebelum itu. Berdasarkan dengan data Google, ia menunjukkan bahwa ada lima titik interaks yang lebih sering mengarah ke tindakan pembelian/ persetujuan sistus:

  • Menggunakan mesin pencari.
  • Mengunjungi toko atau lokasi lain.
  • Mengunjungi situs web atau aplikasi pengecer.
  • Mengunjungi situs web atau aplikasi lain.
  • Menggunakan MAPs.

Perjalanan pengguna dimulai ketika mereka pertama kali melihat merek Anda baik di daftar hasil pencarian, di Paket Lokal, di MAPs, atau di toko fisik Anda. Pencarian lokal adalah bagian penting dari perjalanan ini dan bahkan lebih penting mengingat bahwa hingga 78 persen dari pencarian seluler dengan niat mencari bisnis lokal menghasilkan kunjungan toko offline dalam waktu 24 jam.

Di sinilah NAP yang konsisten menjadi penting, karena pengguna membutuhkan informasi yang konsisten untuk mempersingkat dan mengefektifkan perjalanan mereka. Sering kali kita membuat asumsi bahwa pengguna menemukan bisnis dan merek lokal kita melalui situs web, guest post,  penjangkauan, atau daftar Google Bisnisku. Padahal pengguna bagaimanapun menemukan merek Anda melalui berbagai portal online  termasuk direktori tempat Anda membuat kutipan dan listing Anda.

Mempengaruhi Pengalaman Pengguna di Tahap Pencarian

Saat pengguna melakukan pencarian pertama mereka, ini adalah kesempatan pertama bagi Anda untuk membuat kesan yang baik dan menjadi bagian dari pengalaman pengguna. Jika Anda bisa tampil menonjol di Paket Lokal atau di dalam SERP, Anda ingin pengguna mau mengklik konten yang keduanya memberikan nilai dan kepuasan pengguna.

Halaman Lokal yang Malas Tidak Akan Membantu Siapapun

Dalam banyak kasus, ketika sebuah situs web “melokalisasi” itu berarti mereka siap untuk bertarung dengan konten lokal dan halaman lokal. Itu semua dijalankan dengan berbagai tingkat upaya, perawatan, dan detail. Oleh karena itu laman lokal yang malas (yang tidak mau bertarung dengan konten lokal dan link) tidak membantu siapa pun. Situs lokal yang malas adalah efek dari situs Doorway, halaman yang tipis yang menawarkan sedikit nilai bagi pengguna.

Mereka hanya memiliki tujuan tunggal yaitu untuk mencoba menentukan peringkat untuk istilah pencarian lokal saja. Google tidak suka situs Doorway (karena menawarkan pengalaman pengguna yang buruk) dan meluncurkan algoritme “penyesuaian peringkat” halaman Doorway pada 2015. Pembaruan Possum pada tahun 2016 juga berupaya menanggulangi kualitas yang buruk dan terjadinya banyak, tetapi ini adalah taktik yang bertahan dan masih efektif (sampai sesuatu yang lebih baik muncul).

Dokumentasi dukungan resmi Google mendefinisikan Doorways sebagai situs atau halaman yang dibuat untuk peringkat tinggi saja dan untuk permintaan pencarian spesifik. Mereka buruk bagi pengguna karena mereka dapat menyebabkan beberapa halaman serupa di hasil pencarian pengguna, di mana setiap hasil akhirnya membawa pengguna ke tujuan yang sama. Ini bisa saja disebut spam karena situs-situs yang sama muncul beberapa kali di satu pencarian.

Mereka juga dapat mengarahkan pengguna ke halaman perantara yang tidak berguna yang sebenarnya bukan tujuan akhir. Mereka juga bahkan menulis ulang semua konten di halaman mereka untuk memastikan mereka tidak menduplikasi, tetapi pada akhirnya mereka semua membawa pesan yang sama persis dan hanya berbeda kota saja tergantung. yang ditargetkan. Kesimpulannya, websiye mereka tidak menawarkan nilai sama sekali. Sayangnya, Google dapat melihat kasus ini dan pengguna akan merasa tidak puas.

Membuat Halaman Lokal yang Bernilai Baik

Memang jauh lebih mudah bagi suatu perusahaan yang memiliki toko offline yang ingin mereka targetkan untuk membuat halaman lokal dengan nilai yang tinggi. Sedangkan bagi perusahaan yang menawarkan produk atau layanan tidak berwujud seperti reseller atau toko online, itu tidak mudah untuk dilakukan apalagi dengan fokus lokal. Panduan Penilai Kualitas Pencarian Google menentukan konten dalam dua bagian:

  • Konten utama.
  • Konten pendukung.

Ini adalah cara yang harus Anda lihat dari pencarian lokal. Ketika seseorang di Bandung mencari ” restoran pizza di Bandung”, maka Google memecah kueri menjadi bagian utama dan pendukung, serta mencari maksud dari kata kunci yang di cari.

  • “Restoran pizza” bagian utama dari kueri, maksudnya adalah bahwa pengguna mencari rumah makan atau restoran yang hanya menyediakan makanan pizza
  • “di Bandung” elemen pendukung, pengguna ingin Restoran pizza tersebut menjadi lokal dan dekat dengan posisi mereka berada.

Dari ini, Google mengambil hasil yang relevan dengan bobot dan personalisasi yang diberikan untuk maksud dari permintaan penghuna. Konten utama dalam situs web Anda harus mencerminkan produk /layanan yang Anda tawarkan. Ditambah lagi dengan elemen konten pendukung yang menambah nilai dan relevansi topikal di sekitar lokasi. Ini dapat diterapkan secara non-komersial melalui blog, sebagai panduan, atau sebagai sumber daya.

Konsisten Terhadap NAP

Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsistensi NAP sangat penting karena daftar direktori dan kutipan yang kita buat tidak hanya digunakan oleh mesin pencari melainkan juga pengguna. NAP yang tidak konsisten atau tidak akurat dapat menyebabkan pengguna kebingunha, dan pada akhirnya berpotensi kehilangan minat.

Alasan Umum untuk NAP ​​yang Tidak Konsisten

Dari pengalaman, sebenarnya, NAP yang tidak konsisten dapat disebabkan oleh banyak hal. Sebagian besar karena kesalahan manusia dan adanya perubahan bisnis, termasuk:

  • Mengubah alamat bisnis dan tidak memperbarui kutipan yang dibuat sebelumnya, daftar direktori, dll.
  • Memiliki alamat toko yang berbeda dengan alamat perusahaan yang terdaftar dan menggunakan keduanya secara online.
  • Menvantumkan nomor telepon berbeda untuk tujuan pelacakan atribusi.

Masalah di atas tidak hanya dapat menyebabkan SEO lokal Anda bermasalah, mereka juga dapat menyebabkan sejumlah masalah kepada pengalaman pengguna yang buruk sehingga menyebabkan hilangnya penjualan dan image buruk pada merek Anda. Jangan beranggapapan bahwa pengalaman pengguna tidak berefek pada SEO Anda, justru pengalaman pengguna dapat melampaui Paket Lokal dan SERP ke situs web Anda.

Google Local Pack: Pengalaman Pengguna & Atribusi Paket Lokal

Google berjalan pada algoritma yang berbeda dengan hasil pencarian organik tradisional, dan sangat dipengaruhi oleh lokasi pengguna saat melakukan pencarian. Google Bisnisku lebih sering memiliki masalah atribusi, daripada masalah tidak banyak klik dari daftar GMB yang diklasifikasikan sebagai lalu lintas langsung daripada lalu lintas organik di Google Analytics. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan parameter:? utm_source = GMBlisting & utm_medium = organic

Parameter tidak akan menyebabkan masalah konsistensi NAP/kutipan, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Memiliki NAP yang konsisten berarti Anda akan lebih berpotensi muncul dalam Paket Lokal, dan jika Anda sudah belajar bagaimana cara masuk dalam Paket Lokal, itu menunjukkan bahwa Anda cenderung mendapatkan persentase klik yang tinggi pada halaman hasil.

Jika Anda sudah mendapatkan banyak klik, itu berarti Anda akan memiliki banyak pengguna yang mengharapkan halaman Anda dapat dimuat secara cepat. Di tambah lagi informasi penting harus ada dalam website Anda untuk memenuhi maksud pencarian mereka.

Atribusi Direktori

Ini adalah masalah yang umum ditemui di suatu perusahaan. Untuk melacak upaya pemasaran, ada beberapa organisasi yang mampu menghasilkan nomor telepon unik untuk setiap direktori tempat mereka mengirimkan bisnis. Masalahnya, terdapat pro dan kontra jika menggunakan cara ini.

  • Pro: Anda dapat mengukur secara akurat dan ROI pada upaya pemasaran Anda
  • Kontra: Anda dapat berakhir dengan banyak kutipan yang diterbitkan dengan NAL yang tidak konsisten.

Banyak juga direktori yang ingin membuat daftar Google Bisnisku berdasarkan data yang Anda masukkan, sebagai semacam “layanan tambahan”. Ini mengarah ke beberapa daftar Google Bisnisku yang dihasilkan dari lokasi individual, dengan nomor telepon yang berbeda dan terkadang lokasi pin peta yang berbeda.

Hal itu buruk untuk pengalaman pengguna, karena mereka dipaksa dihadapkan dengan beberapa pilihan untuk satu lokasi dan harus menentukan satu yang benar. Contohnya, ada perusahaan pengecer alat rumah tangga online. Perusahaan ini adalah perusahaan yang sama di toko alat rumah tangga yang sama namun menampilkan dua nomor telepon yang berbeda dan dua waktu penutupan yang berbeda. Jika seorang pengguna melihat keduanya, ini akan membingungkan bagi mereka.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Menghindari Marketer yang Spam

Alasan umum lain ketika melihat bisnis menggunakan nomor palsu pada daftar direktori (ketika membangunnya untuk tujuan SEO) adalah untuk menghindari panggilan telepon spam. Meskipun menggunakan nomor palsu bisa mencegah panggilan terjadi kepada Anda, itu juga bisa juga mencegah pelanggan asli dalam menghubungi Anda. Kita sering lupa bahwa banyak hal yang kita lakukan “untuk SEO” juga dapat memengaruhi pengguna dan pengalaman mereka dengan perusahaan Anda.

Mendapatkan SEO Lokal yang Benar

Pencarian lokal sering mewakili tingkat konversi yang lebih tinggi dari rata-rata, karena pelanggan mencari produk atau layanan lokal cenderung untuk mengejar waktu dan agar efektif. Banyak bisnis lokal yang masih belum mengambil keuntungan penuh dari peluang di depan mereka tentang SEO lokal yang benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.