Mengapa & Bagaimana Melacak Pembaruan Algoritma Google?

Perlu Anda ketahui bahwa Google memperbarui algoritma pencariannya berkali kali dalam setahun. Beberapa algoritme Google yang cukup terkenal  sudah di bahas dalam bab sebelumnya  dan memiliki dampak besar pada sejarah SEO dan peringkat sekaligus pendapatan dalam situs web. Selain perubahan besar ada juga perubahan-perubahan kecil yang beberapa pembaruan bahkan tidak disadari sama sekali. Dalam dua tahun terakhir, kami telah melihat sekitar selusin pembaruan signifikan yang di antaranya adalah “pembaruan kualitas” serta:

Buat
  • 9 Maret 2018: Pembaruan Algoritma Core Inti
  • 12 Desember 2017: Makabe
  • 7 Maret 2017: “Fred”

Beberapa pembaruan terbaru ini telah dikonfirmasi atau diumumkan oleh Google. Namun, periode volatilitas lain dalam SERP telah diamati dan dilaporkan oleh pengamat algoritma dan alat pelacak, tetapi Google tidak pernah secara resmi mengkonfirmasi pembaruan tersebut.

Mengapa Anda Harus Melacak Pembaruan Google

Anda sekarang ini berada dalam profesi mengoptimalkan situs web dan konten untuk mesin pencari. Jadi masuk akal jika Anda melacak perubahan besar dan penting yang dapat memengaruhi strategi dan taktik SEO Anda. Perubahan atau pembaruan algoritme dapat membantu dan bisa juga dapat merugikan Anda. Misalnya

  • Cari peringkat dan visibilitas.
  • Lalu lintas pencarian organik.
  • Konversi.
  • Pengembalian investasi (ROI).
  • Penghasilan.

Kebanyakan orang cenderung menganggap algoritma sebagai cara Google dalam menghukum situs web. Namun sebenarnya, algoritma diberlakukan dengan tujuan agar situs web lebih menyediakan pengalaman pengguna yang baik dan konten yang relevan. Google ingin memberikan jawaban terbaik untuk permintaan pencarian pengguna.

Namun untuk mencoba melacak setiap pembaruan pencarian Google itu bukan pekerjaan mudah. Jika Google memperbarui algoritme pencariannya ribuan kali per tahun, itu berarti Google rata-rata mengubah algoritmenya sekitar tiga kali per hari. Jadi, bagaimana Anda melacak pembaruan algoritme Google?

Tempat untuk Melacak Pembaruan Algoritma Google

Ada banyak blog SEO hebat yang mencakup semua jenis pembaruan pencarian. Tetapi di sini ada beberapa sumber yang dapat Anda gunakan secara khusus untuk melacak pembaruan algoritma Google.

Jurnal Mesin Pencari: Riwayat Pembaruan Algoritma Google

Jika Anda ingin mengetahui nama, tanggal, dan dampak dari setiap perubahan atau pembaruan algoritma utama Google makahal tersebut ada dalam Jurnal Mesin Pencari yang telah diliput dari tahun 2003 hingga hari ini. Kami memiliki seluruh halaman yang didedikasikan untuk memperbarui algoritme Google yang mencakup informasi berikut:

  • Nama algoritma.
  • Tanggal peluncuran.
  • Tinjauan singkat tentang dampaknya.
  • Apakah itu dikonfirmasi Google atau tidak dikonfirmasi
  • Anda juga dapat mendaftar untuk buletin Jurnal Mesin Pencari dan mengikuti kami di Facebook dan Twitter. Kami akan terus memposting setiap pembaruan algoritma utama.

Google Webmaster Central Blog

Dulunya, Google Webmaster Central Blog menjadi tempat untuk mencari tahu tentang perubahan algoritmik utama. Namun, Google masih menggunakan blog untuk mengumumkan perubahan besar yang akan datang, kadang-kadang beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelumnya

Buat

8 Alat untuk Melacak Pembaruan Algoritma Google

Google sebenarnya tidak menyukai alat pihak ketiga mana pun yang memantau perubahan pada algoritma Google. Secara resmi, Google telah memperingatkan para profesional SEO bahwa alat seperti itu sebagian besar tidak akurat. Itu memang benar karena beberapa tools ini menangkap “perubahan” pada hasil pencarian Google yang sama sekali bukan pembaruan algoritma.

Alat-alat ini dapat memberikan peringatan dini bahwa pembaruan mungkin sedang dibuat dan Anda harus segera memeriksa analitik Anda. Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melacak pembaruan algoritma Google.

MozCast

MozCast, layaknya adalah laporan cuaca, ia menyediakan “suhu” yang mewakili bagaimana algoritma Google yang bergejolak setiap 24 jam selama 30 hari terakhir. Jika kebih panas dan lebih deras itu berarti peringkat Google sangat berubah.

Sensor SEMrush

Sensor SEMrush adalah salah satu alat pelacak algoritma yang lebih mengesankan. Anda dapat melihat perubahan peringkat (desktop dan seluler) dipecah menjadi lebih dari 20 kategori serta menurut perangkat, fitur SERP, dan lokasi. Ditambah lagi, Anda dapat memeriksa keseluruhan volatilitas SERP selama 30 hari terakhir.

Rank Ranger Rank Risk Index Tool

Rank Ranger memonitor lebih dari 10.000 domain dan kata kunci setiap hari untuk mengidentifikasi pola peringkat dan melacak volatilitas di desktop dan hasil pencarian seluler Google.

Accuranker ‘Grump’ Rating

Accuranker ‘Grump’ Rating dapat menyoroti fluktuasi dalam algoritma Google. Anda juga dapat melacak berdasarkan negara dan perangkat. Anda juga bisa mendaftar untuk peringatan melalui email.

Algoroo

Alat pelacak algoritme Google ini memantau fluktuasi sekitar 17.000 kata kunci (desktop dan seluler) menggunakan metrik fluks yang disebut “Roo”. Nilai Roo yang tinggi berarti volatilitas yang tinggi, sementara nilai Roo yang rendah menunjukkan votalitas yang biasa. Algoroo juga menyoroti website yang sering mendapat peringkat tinggi dan rendah mingguan.

Advanced Web Rankings Google Algorithm Changes

Google Algorithm Changes AWR memonitor 11.000 kata kunci dan 500.000 URL di berbagai industri untuk menyoroti fluktuasi dan menunjukkan perubahan posisi.

Penguin Tools

Alat SEO gratis ini akan membantu Anda mengetahui apakah pembaruan algoritma Google telah memengaruhi sesi organik Anda. Panguin tools menggunakan berbagai filter untuk overlay pembaruan algoritma yang dikenal di atas data Google Analytics Anda untuk membuat analisis mudah.

Sinyal Kognitif SEO

Alat ini memonitor lebih dari 100.000 kata kunci setiap hari untuk melacak fluktuasi peringkat di hasil pencarian desktop, seluler, dan lokal. Anda bisa mendaftar untuk diberi tahu ketika Google sangat tidak stabil.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Terjadi Pembaruan Algoritma

Ada lima hal yang harus selalu Anda ingat setelah pembaruan algoritma. sekalipun apakah itu dikonfirmasi atau tidak. Kelima hal tersebut adalah

  • Yang pertama jangan panik.
  • Pastikan website Anda benar-benar terdampak oleh perubahan algoritma tersebut misalnya perubahan situs web, masalah SEO teknis, atau tindakan manual).
  • Jangan terburu-buru dalam mengahttps://undercover.co.id/l tindakan. bersabar dan kumpulkan data.
  • Baca sumber yang kredibel untuk mendapatkan wawasan dan melihat apa yang dikatakan para pakar SEO terhadap perubahan algoritma tersebut.

Buat penyesuaian strategi dan taktik SEO Anda sebagaimana diperlukan. Penting juga untuk diingat bahwa algoritma Google terus berubah. Apa dampak peringkat Anda hari ini dapat berubah dalam beberapa hari, seminggu, atau sebulan. Google telah mendeteksi beberapa kekurangan di situs web Anda. Jadi mulailah bekerja untuk memperbaikinya. Anda dapat meminimalkan peluang Anda menghindari dampak besar dengan selalu fokus pada dasar-dasar SEO.

Hindari jalan pintas atau taktik spam yang mungkin memiliki keuntungan jangka pendek tetapi bisa menciptakan bencana dalam jangka panjang. Anda jauh lebih baik memahami audiens Anda dan membuat konten yang membangun otoritas, relevansi, dan kepercayaan.

baca juga


https://undercover.co.id/ Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Ringkasan

Anda dapat menggunakan banyak alat untuk memantau algoritma pencarian Google yang terus berubah. Sebagian besar alat ini membuatnya cukup mudah untuk memahami hubungan antara pembaruan dan lalu lintas organik Anda. Meskipun tidak perlu memantau setiap pembaruan yang diluncurkan Google, penting untuk memahami perubahan besar dan menyesuaikan strategi Anda sesuai dengan yang terjadi.

Buat
error: Content is protected !!