Top 7 Sinyal Ranking: Apa yang Benar-Benar Penting?

SEO UNDERCOVER CO ID 12

undercover.co.id – Setiap tahun tampaknya Google memberi tahu pengguna beberapa faktor baru dalam menentukan peringkat. Pada 2014, HTTPS menjadi sinyal utama peringkat.

Pada 2015, kegunaan tampilan seluler menjadi sinyal peringkat. Kemudian, 2016 menggeser pengembangan konten sebagai RankBraincame. Dan, pada 2017, ada dorongan yang lebih signifikan untuk lebih banyak situs web HTTPS.

Kini, laman seluler speedlooks menjadi faktor yang menjadi fokus berikutnya dalam menentukan  peringkat website.  Semua faktor peringkat ini semuanya dibentuk untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih dahsyat. Dengan Google mengevaluasi situs berdasarkan ratusan faktor peringkat, Anda dapat mengetahui di mana harus mengarahkan Strategi SEO Anda pada tahun 2019 untuk website yang lebih baik.

Kabar baiknya, sinyal peringkat akan terus beradaptasi dengan pengguna. Ini berarti bahwa tren SEO baru yang telah bertahan pada algoritma saat ini dan dengan sedikit kreativitas dan pengetahuan SEO, sangat mungkin bagi Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik pada tahun 2019. Faktor-faktor yang disoroti dalam postingan ini adalah yang dianggap paling penting. Berikut adalah faktor peringkat yang benar-benar penting pada 2019 dan alasannya.

  1. Publikasikan Konten Berkualitas Tinggi

Kualitas konten situs web dan blog Anda masih penting untuk tahun 2019. Konten masih berkedudukan ibarat sebagai raja. Konten yang dioptimalkan untuk kata kunci masih memiliki kekuatan SEO yang baik. Konten berkualitas tinggi adalah konten yang bisa membuat pengguna betah di halaman Anda, menurunkan rasio pentalan, dan menyediakan konten yang bermanfaat bagi pengguna.

Halaman blog seperti ini dan panduan seperti ini adalah jenis mesin pencari konten berkualitas tinggi, dan yang diinginkan pengguna. Halaman konten berkualitas tinggi harus melakukan lebih banyak untuk SEO daripada hanya ditulis dengan baik dan panjang. Mereka juga harus mencakup bidang-bidang berikut untuk meningkatkan kehadiran mereka di SERP.

Search Intent

Mengetahui niat pencarian pengguna sangat penting untuk membuat halaman yang mengarahkan lalu lintas organik. CoSchedule melihat peningkatan lalu lintas 594 persen dengan membentuk kembali strategi konten SEO mereka agar lebih selaras dengan maksud pencari. Google bahkan telah memperbarui hasil pencarian dengan cuplikan berfitur baru yang dirancang untuk kueri “multi maksud”.

Untuk memahami apa maksud target pencarian para pencari, Anda perlu menyelami Google Analytics Anda untuk melihat apa yang dicari pengguna. Laporan seperti Pencarian Situs dan Alur Pengguna dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang dicari pelanggan Anda. Anda juga dapat melihat laporan Pencarian Analytics di Google Search Console. Laporan ini akan memberi Anda wawasan tentang apa yang diklik orang pada SERP untuk sampai ke situs Anda.

Penelitian Kata Kunci

Terlepas dari kenyataan bahwa penelitian kata kunci tidak perlu dalam peningkatan peringkat, penelitian kata kunci masih mendukung pembuatan konten yang berkualitas. Tidak seperti penelitian kata kunci tradisional, hari ini, kata kunci berfungsi sebagai peta jalan pembuatan konten. Melalui riset pesaing dan penambangan data, Anda dapat mengungkap kata kunci yang memiliki volume pencarian rata-rata tinggi dan rasio klik-tayang yang tinggi untuk audiens Anda.

Chris Hornack, pendiri Blog Hands, melihat peningkatan lalu lintas 80 persen setelah melakukan riset kata kunci. Anda hanya perlu mengidentifikasi kata kunci utama Anda dan memasukkannya ke dalam topik yang sesuai untuk pencari Anda.

Pencarian suara

Jelas bahwa sejak perkembangan teknologi asisten AI seperti Siri, Alexa, dan Cortona, cara pencarian model baru akan segera datang.

Rich Snippet

Rich Snippet menggunakan skema untuk menandai teks dan data Anda untuk visibilitas yang lebih baik dalam hasil pencarian Google. Rich Snippet bisa berarti foto atau peringkat pada hasil Anda seperti ini. Rich Snippet dapat meningkatkan rasio klik-tayang dan menurunkan rasio pentalan Anda karena memberikan lebih banyak pratinjau konten kepada pengguna sebelum mereka mengkliknya.

Jika SERP adalah pintu depan bisnis Anda, halaman konten Anda adalah interior, yang menunjukkan kepada pengguna bahwa situs web Anda sepadan dengan waktu mereka. Dengan membuat konten berkualitas tinggi untuk situs web Anda, Anda dapat menciptakan tempat yang nyaman dan mengundang  pengguna sekaligus mesin pencari Anda untuk membuatnya sendiri di rumah.

  • Jadikan Situs Anda Mobile-Friendly

Versi seluler situs web Anda, yang dihosting di m.URL.com adalah hal yang disarankan untuk dilakukan. Banyak situs web yang beralih dari metode situs web seluler ini dan ke arah membangun situs web yang responsif. Meskipun Google telah mengatakan bahwa mereka tidak mendukung secara terbuka satu cara tertentu untuk melakukan situs web seluler, namun ketika dengan peringkat, situs web responsif adalah format yang direkomendasikan.

Google telah menyatakan bahwa desain responsif membantu algoritme mereka secara akurat menetapkan properti pengindeksan ke halaman daripada perlu memberi sinyal keberadaan halaman desktop atau seluler yang sesuai. Di indeks mobile-first, situs web seluler Anda adalah darah kehidupan keberadaan Anda di SERPs. Agar tetap hidup, ikuti pedoman Google dan pastikan konten Anda cocok secara di desktop dan seluler Anda. Anda dapat membuatnya lebih mudah bagi mesin pencari untuk meningkatkan hasilnya.

  • Buat Situs Web yang Aman (HTTPS)

30 persen dari hasil Google halaman 1 adalah website yang menggunakan HTTPS. Namun, meskipun tidak beralih ke HTTPS pun tidak akan membahayakan situs web Anda. Ada beberapa perubahan sejak Google pertama kali mengumumkan HTTPS sebagai sinyal peringkat pada tahun 2014.

Pada tahun 2017, Google mengumumkan bahwa browser Chrome-nya yang 45 persen dari kita gunakan akan mulai menandai situs-situs sebagai “tidak aman” di bilah URL ketika mereka bukan HTTPS. Semua ini menunjukkan bahwa Google menganggap HTTPS sangat penting. Namun, beralih ke HTTPS dan sekaligus SS juga akan membawa banyak masalah  ke situs Anda jika tidak dilakukan dengan benar. Meskipun belum terbukti berdampak signifikan pada SEO dengan sendirinya, pembaruan Chrome dapat berarti bahwa pengalihan situs Anda tidak sia-sia.

  • Tingkatkan Pengalaman Pengguna Anda

Pengalaman pengguna atau User Experience (UX) juga berdampak pada SEO. Jika Anda tidak memikirkan UX, maka situs web Anda akan tamat. Faktanya, 38 persen pengguna akan berhenti terlibat dengan situs web jika konten dan tata letaknya tidak menarik.

Mesin pencari mendeteksi waktu tunggu sebagai sinyal untuk melihat jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di situs sebelum mengklik tombol kembali untuk kembali ke hasil pencarian. Merancang pengalaman pengguna yang pas dengan SEO Anda sangat penting jika Anda ingin berhasil dalam SERPs.

baca juga

    Arsitektur Situs

    Arsitektur situs adalah komponen terkait dari pengalaman pengguna dan memiliki dampak signifikan pada SEO. John Doherty dari Credoclaims mengatakan bahwa salah satu perubahan terbesar yang dapat ia lakukan adalah memperbaiki arsitektur situs mereka. Ia membahas situs web di mana dia beralih URL dari halaman tag ke halaman subkategori untuk menghubungkan arsitektur situs. Ia mampu meningkatkan sesi organik sebesar 74 persen dan halaman per sesi sebesar 41 persen.

    Berikut adalah contoh arsitektur situs yang tepat: Arsitektur situs tidak hanya membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan navigasi situs web yang lebih baik, tetapi juga dapat membantu crawler mesin pencari menemukan lebih banyak halaman di situs web. Singkatnya, situs web Anda yang seharusnya sudah mati menjadi mudah digunakan.

    Semua halaman dan navigasi harus ditata sesederhana mungkin. Seharusnya pengguna hanya perlu tiga hingga empat klik untuk menemukan halaman apa pun di situs web. Meskipun ini tidak selalu memungkinkan untuk situs besar, ada beberapa cara untuk membantu pengguna mencari dan menemukan halaman secara internal yang dapat memastikan mereka menemukan apa yang mereka butuhkan.

    • Optimalkan Kecepatan Halaman

    Kecepatan halaman secara resmi menjadi faktor peringkat seluler Google. Semakin lambat situs Anda dimuat, semakin banyak pengunjung dan pendapatan yang akan Anda rugikan. Untuk Amazon, kelambatan hanya satu detik bisa menelan biaya $ 1,6 miliar dalam penjualan setiap tahun.

    The Telegraph, sebuah publikasi Inggris, menemukan bahwa penundaan empat detik mengurangi tampilan halaman sebesar 11,02 persen. Halaman pemuatan yang lebih cepat menghasilkan pengalaman situs web yang lebih baik secara keseluruhan, karenanya Google bergerak menjadikannya sebagai faktor peringkat seluler.

    • Kuasai Optimasi Di Halaman Anda

    Terkait erat dengan pengalaman pengguna adalah pengoptimalan di halaman, yang berkaitan dengan komponen teknis “di balik layar” dari SEO. Aspek-aspek ini telah ada selama bertahun-tahun dan masih berdampak signifikan pada visibilitas situs web Anda dan posisi SERP untuk kata kunci target Anda.

    Mockingbird melihat peningkatan 62 persen dalam lalu lintas organik dengan hanya memperbarui tag H1. Brand New Copy meningkatkan lalu lintas organik hingga 48 persen dengan membersihkan metadata dan struktur tautan internal. Mengoptimalkan situs web Anda dapat membantu konten berkualitas tinggi yang ada, ditemukan lebih cepat oleh mesin pencari dan pengguna. Di bawah ini adalah beberapa cara pengoptimalan halaman yang akan tetap memberikan dampak besar pada 2019.

    Metadata

    Informasi ini termasuk tag judul dan deskripsi halaman Anda (informasi tentang situs Anda yang dilihat pengguna di SERPs). Seperti yang dilaporkan SEJ pada bulan Desember, Google menambah panjang cuplikan deskripsi situs. Tetapi, baru-baru ini, Google mengonfirmasi bahwa mereka mengurangi panjang cuplikan dan tidak menampilkan jumlah panjang yang tetap.

    Apa pun itu, tidak direkomendasikan untuk menulis ulang sepenuhnya semua deskripsi Anda yang sudah ada. Google terkadang menarik konten dari halaman dan secara dinamis menyisipkannya sebagai deskripsi di SERP ketika lebih cocok dengan permintaan pengguna.

    Markup Skema

    Skema adalah komponen “tersembunyi” lain dari situs web yang memberi tahu mesin pencari lebih banyak tentang konten Anda. Dibuat pada tahun 2011, sekarang ada hampir 600 jenis informasi yang dapat Anda sertakan. Skema memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi informasi penting di situs web. Skema untuk bisnis lokal Anda, mungkin akan terlihat seperti ini.

    <!– FOOTER –>
        <div class=”footer left”>
            <div class=”footer-top left”></div><!–/footer-top–>
            <div class=”wrapper”>
                <div class=”footer-widgets-content left”>

    Skema adalah apa yang membantu Google menampilkan Rich Snippet dalam hasil pencarian dan masih menjadikannya bagian penting dari SEO pada tahun 2019. Anda sekarang dapat menambahkan skema ke header halaman menggunakan JSON-LD. Gunakan generator seperti ini dari Hall Analysis untuk kebutuhan markup dasar.

    Struktur Tautan Internal

    Struktur tautan internal membantu pengguna dan mesin pencari menemukan halaman dengan lebih baik.  Anda harus memprioritaskan struktur penghubung internal Anda di lima bidang berbeda, yang bertujuan untuk:

    • Membantu pengguna.
    • Mengelola aliran tautan (mis., Ke mana lalu lintas pergi setelah sampai ke situs Anda).
    • Membangun peta jalan di sekitar topik konten tertentu.
    • Canonical.
    • Memprioritaskan pengindeksan halaman tertentu.
    • Dapatkan Backlink yang Relevan & Resmi

    Tautan akan terus menjadi salah satu komponen SEO terkemuka jika Anda menginginkan peringkat yang baik di 2019. Abaikan mereka yang mengatakan bahwa Anda dapat mencapai kesuksesan tanpa backlink.

    baca juga

    • Studi kasus klien: Ini dibagikan oleh klien dan dapat mencakup informasi menarik tentang bagaimana mereka mencapai hasil mereka dan dapat membantu orang lain.
    • Infografis: Ini masih dibagikan secara online dan merupakan cara yang bagus untuk memberikan tampilan instan data pada topik tertentu. Ini bisa menyenangkan dan informatif, dan biasanya, diterbitkan ulang di blog lain dan dibagikan di media sosial.
    • Konten lain yang menyoroti influencer: Ini bisa termasuk podcast atau wawancara video.
    • Survei industri: Banyak penerbit melakukan survei industri tahunan, dan dikutip dengan baik setiap kali dirilis. Laporan Content Marketing Institusi tentang pemasaran konten B2C dan B2B sering dikaitkan dengan penerbit dan penulis lain yang ingin mengilustrasikan poin mereka.
    • Konten atau alat gratis: Ini dapat mencakup konten bentuk panjang seperti ebooks, atau alat bermanfaat seperti kuis dan laporan hasil personalisasi yang memberi pengguna informasi bermanfaat yang tidak mereka ketahui sebelumnya. 

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh