Perencanaan Konten Marketing Website Anda

Jasa

https://www.undercover.co.id/ Membuat perencanaan konten marketing yang matang sangatlah penting demi terwujudnya proses marketing yang efisien dan produktif. Perencanaan yang matang bisa membantu anda untuk bisa berpikir secara lebih tertata dan teliti tentang konten-konten terbaik yang akan anda tampilkan di website.

Untuk merencanakan perihal isi konten marketing yang akan ditampilkan tentu tidak bisa instan dan butuh waktu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk membantu proses perencanaan konten marketing website anda:

Tentukan target pengunjung anda

Sebelum mulai mempersiapkan apa isi konten dan bagaimana menyampaikannya, anda harus sudah tahu dengan jelas profil dasar dari target pengunjung website atau target pasar bisnis anda. Anda bisa mulai dengan membuat profil kepribadian dan kesukaan yang rinci tentang siapa saja yang kira-kira akan mengunjungi konten anda.

Setiap profil kepribadian ini sebaiknya dibedakan sesuai cara mereka mengunjungi konten yang anda buat. Anda bisa memasukkan beberapa karakteristik berikut dalam profil yang anda buat:

  • Informasi demografis: usia, jenis kelamin, lokasi, status pernikahan, atau informasi lain yang berhubungan dengan konten
  • Tipe konten yang disukai: teks, gambar, video, audio, print, dll
  • Sumber konten yang disukai: media sosial, email, website, offline, dll
  • Waktu berkunjung: kapan (hari apa atau jam berapa) dan berapa lama (konten pendek atau panjang)

Anda bisa menggunakan detail profil kesukaan ini untuk menjadi panduan anda dalam membuat dan mendistribusikan konten-konten marketing website anda.

Buat konten dengan tujuan yang jelas

Pertanyaan yang sebaiknya sudah anda tahu jawabannya adalah, untuk apa anda membuat semua konten-konten ini?

Alasan yang paling cepat dan simpel tentunya adalah untuk memberikan informasi yang dicari pegunjung seputar produk dan jasa yang anda tawarkan. Tapi ilmu konten marketing modern sekarang ini tidak hanya berpusat pada membantu pengunjung untuk lebih mengenal bisnis anda saja.

Organisasi, perusahaan, dan merek sekarang memiliki tugas untuk membangun kepercayaan dengan konsumen mereka melalui penyediaan informasi yang lengkap dan optimal. Konten yang dibuat haruslah bisa mengakomodasi semua kemungkinan informasi yang akan dicari oleh pengunjung.

Kebutuhan atau tujuan konten bisa dikategorikan menjadi tiga:

  • Pengajaran: konten dasar untuk mereka yang baru saja mulai belajar
  • Pemberian informasi: Konten sedikit lebih lengkap untuk pengunjung yang sedang membandingkan solusi
  • Penawaran iklan: Konten lengkap untuk mereka yang sudah siap untuk membeli

Anda bisa menata dan merencanakan konten marketing anda supaya relevan dan sesuai untuk tiap-tiap kategori di atas.

baca juga

    Tentukan timing

    Dalam hal publikasi konten di sosial media, ada banyak data informasi yang beredar seputar waktu yang optimal untuk mem-publish konten di setiap platform. Beberapa sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, Youtube, dll mempunyai algoritmanya sendiri yang menentukan waktu paling relevan untuk menampilkan konten pada pengguna tergantung lokasi, history, dan faktor-faktor lainnya.

    Selain di sosial media, ada juga beberapa studi yang meneliti waktu terbaik untuk melakukan promosi melalui email supaya dapat meningkatkan kemungkinan email dibuka dan link promosi di dalamnya di-klik.

    Sebagai tambahan, selain menggunakan data studi yang sudah ada, anda bisa mengambil referensi dari analisis website dan akun sosial media anda untuk bisa menentukan dengan spesifik kesukaan target pengunjung anda.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!