Pindahkan JavaScript di Bawah Elemen Head

John Mueller dari Google: Pindahkan JavaScript di Bawah Elemen Head , John Mueller dari Google menyarankan untuk menempatkan kode JavaScript di bawah elemen HTML untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat memahami situs web Anda dengan jelas.

Untuk memastikan bahwa perayap pencarian dapat memahami situs web Anda, penting untuk memperhatikan JavaScript di bagian elemen “head”.

Penempatan kode HTML dapat berdampak buruk pada upaya SEO

Selain itu, Anda dapat membantu perayap pencarian dengan menjaga bagian <head> tetap bersih dan tertata rapi.

John Mueller dari Google menyarankan untuk menjaga bagian elemen HTML <head> tetap “bersih” untuk memastikan perayap pencarian dapat memahami situs web Anda sepenuhnya.

Pindahkan JavaScript di Bawah Elemen Head

Mueller membagikan saran ini dalam sebuah thread Reddit, di mana seorang pengguna bertanya apakah penempatan kode HTML dapat menyebabkan masalah SEO.

Jawabannya adalah ya; penempatan kode HTML dapat berdampak buruk pada upaya SEO Anda jika tidak muncul di bagian atas halaman.

Sebuah Catatan Tentang Pernyataan Mueller

John Mueller menggunakan istilah Header HTML. Tetapi elemen <head> biasanya tidak disebut seperti itu.

Header HTML umumnya dipahami (sebagai jargon informal) untuk merujuk pada elemen <header> (H1, H2, H3, dst.).

Elemen Header adalah elemen HTML tertentu yang dikenal sebagai <header>, yang berisi menu, logo, dll.

Elemen HTML Head adalah bagian di bagian atas dokumen HTML dengan metadata tentang dokumen itu sendiri (judul, deskripsi meta, dll.).

Jadi, ketika Mueller mereferensikan “header”, dia secara khusus membahas elemen <head>.

John Mueller tentang JavaScript di Elemen Head

Tujuan Mueller adalah untuk menekankan pentingnya menjaga bagian <head> dari dokumen HTML tetap rapi dan tidak berantakan dengan skrip yang dapat ditempatkan di tempat lain.

Elemen <head> seharusnya hanya berisi metadata tentang dokumen itu sendiri yang digunakan oleh browser dan mesin pencari, yang membantu mesin pencari memahami tentang apa halaman tersebut dan memberikan data kepada browser dan mesin pencari untuk merender halaman web dengan benar (yang berarti menampilkannya dengan benar).

Beberapa kode JavaScript yang dapat ditempatkan setelah elemen <head> harus diletakkan setelahnya.

Setelah memindahkan JavaScript apa pun dari bagian <head>, Mueller merekomendasikan untuk menggunakan alat perenderan di Search Console untuk memeriksa apakah halaman dirender dengan benar setelah pemindahan tersebut.

“Header html (<head>) seharusnya berada di atas. Saya akan memindahkan JS apa pun ke bawah header HTML, dan memeriksa dengan alat perender di Search Console bahwa JS tidak mengacaukan bagian <head>.”

Mengenai konten utama, Mueller mengatakan bahwa penempatannya tidak terlalu penting, meskipun sangat penting untuk bagian <head> agar bersih dan tertata dengan baik sehingga Googlebot dapat memahaminya dengan baik.

Mueller melanjutkan:

“Untuk konten tidak terlalu penting, tetapi karena bagian kepala adalah untuk informasi yang dapat dibaca mesin yang diverifikasi berada di bagian tertentu pada halaman, maka bagian ini harus bersih di bagian atas.

Turunkan JavaScript! (di bagian <head>)”

baca juga

    Mengapa Penempatan JavaScript Penting untuk SEO?

    Saat mendesain situs web, yang terbaik adalah memanfaatkan atribut async dan defer dengan cara yang strategis yang memungkinkan rendering dan interaktivitas terbaik dengan kecepatan halaman tercepat bagi pengguna.

    Hal ini dikarenakan JavaScript dapat menunda rendering halaman web saat dimuat, sehingga menghasilkan pengalaman pengguna yang buruk.

    HTML dapat dirender terlebih dahulu, sehingga pengguna dapat melihat konten sementara JavaScript dimuat di latar belakang dengan penggunaan atribut defer dan asinkronisasi yang tepat.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ×

     

    Hello!

    SEO Manager Kami Membantu Anda

    × SEO Consultation