Potensi Wanita Di Bisnis Online

https://undercover.co.id/ – Bisnis Online, kaum wanita merupakan target paling mudah dicapai oleh pemilik bisnis online.

Banyaknya varian produk menarik disosial media yang merupakan bagian kebutuhan primer dan sekunder dari wanita, membuat kaum wanita lebih sering aktif disosial media hanya untuk mencari barang-barang menarik. Ini juga dikarenakan wanita cenderung lebih mudah terpengaruh.

Misalnya seorang wanita yang melihat teman wanitanya memakai pakaian atau tas yang menarik, maka biasanya wanita tersebut akan bertanya kepada temannya dari mana dia mendapatkan barang tersebut.

Atau bisa juga mudah terpengaruh dengan gambar produk yang ditampilkan sangat menarik oleh pemilik toko online.

Bagi para pemilik bisnis, meraih pelanggan wanita saat ini sudah semakin mudah.

Karena tidak hanya wanita yang masih berusia remaja saja yang sekarang aktif disosial media , para ibu rumah tangga pun sekarang ini sudah sangat banyak yang aktif disosial media bahkan ada banyak yang juga membuka toko online.

Apa Yang Dilakukan Wanita Pada Saat Online?

Pada saat memiliki waktu luang untuk online, para wanita biasanya melakukan pencarian, membuka email, aktif disosial media, membaca blog, atau bahkan bermain game online.

Survey menyatakan sebanyak 80% keputusan berbelanja online dibuat oleh kaum wanita.

Bagi para pemilik bisnis online, sebaiknya Anda melakukan banyak riset mengenai bagaimana cara wanita menggunakan internet sebaik-baiknya. Dan bagaimana caranya agar Anda dapat menyampaikan produk atau jasa kepada pasar yang tepat melalui informasi tersebut. Jika Anda mendapatkan target yang tepat, maka penjualan Anda akan meningkat dengan mudah.

Sebanyak 90% wanita merasa bahwa para pemilik bisnis online tidak begitu mengerti apa yang sebenarnya wanita butuhkan dan inginkan. Inilah mengapa Anda wajib mengenali kebiasaan wanita pada saat menggunakan internet.

Dimanakah Para Wanita Menggunakan Waktu Mereka Ketika Online?

Para wanita paling banyak meluangkan waktunya untuk aktif disosial media hingga 18.5%,  dan untuk membuka email hingga 7 %, sedangkan untuk pencarian hanya sekitar 2.8%, untuk membaca blog sekitar 00.9%, dan terkadang untuk bermain game online hingga 2.7%.

Dari data ini sudah sangat jelas bahwa wanita meluangkan sebagian besar waktunya untuk aktif disosial media pada saat mereka menggunakan internet. ini bisa dimanfaatkan oleh para pemilik

Adapun kategori yang menjadi pencarian mereka diinternet ini sangat beragam. Kategori paling banyak dicari oleh wanita adalah kesehatan, menempati posisi hingga 22.8% dalam pencarian, dan posisi kedua diisi oleh pencarian untuk pakaian hingga 21.5%, selanjutnya 20.1% untuk pencarian parenting, lalu 17.7% untuk pencarian makanan, 14.6% untuk pencarian kecantikan dan fashion, 12.5% untuk pencarian tentang anak, 6.7% untuk pencarian bunga dan hadiah, dan yang terakhir sebanyak 5% untuk pencarian hwan peliharaan.

Bagaimana Cara Menarik Pelanggan Wanita?

Dibawah ini adalah langkah yang tepat untuk menarik pelanggan wanita :

Jaringan Sosial Media

Jika Anda  adalah seorang pemilik bisnis online, maka Anda harus melakukan promosi produk Anda dengan cara yang tepat, yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

Melalui sosial media, Anda bisa membuka percakapan dengan konsumen atau memberikan informasi mengenai produk yang akan dikeluarkan selanjutnya. Wanita biasanya sangat menyukai konten yang interaktif. Dengan sosial media juga Anda bisa melakukan cara promosi yang paling digemari banyak wanita, yakni kontes, giveaway, dan pemberian kupon gratis.

Sebanyak hampir 56% pengguna internet adalah wanita. Dengan range umur yang berbeda-beda. Wanita yang menginjak usia 65 tahun keatas tidak banyak yang aktif disosial media hanya 33%, sedangkan untuk usia 50-64 yang aktif diinternet sekitar 51%, untuk wanita diusia 30-49 banyak aktif disosial media hingga 70%, dan paling banyak adalah wanita pada usia remaja dan dewasa hampir 83%.

  • Facebook

Untuk sosial media seperti Facebook, hampir 54% penggunanya adalah wanita. 40% dari mereka merupakan pengikut dari akun sosial resmi Facebook sebuah merek. Dan 51% diantaranya adalah pelanggan dari brand tersebut.

  • Twitter

Untuk sosial media Twitter, 52% penggunanya adalah wanita. 25% dari mereka merupakan follower dari akun Twitter resmi sebuah brand. Dan sekitar 61% diantaranya merupakan konsumen dari brand tersebut.

Email Marketing

Email dapat digunakan untuk sarana komunikasi antara brand dan konsumennya. Melalui email, pemilik brand bisa mengirimkan penawaran spesial, atau memberitahukan projek baru yang sedang dikerjakan sehingga dapat menarik rasa keingintahuan dan akan menunggu produk yang akan dikeluarkan selanjutnya.

Melalui email pemasaran yang menarik, akan membuat brand tersebut menjadi brand yang paling pertama dipilih untuk melakukan belanja online.

93% wanita akan mengirim pesan email, atau membuka dan membaca email pemasaran yang masuk. Untuk wanita diusia 18-29 tahun merupakan usia yang paling banyak mengirim dan membaca email hampir 64%, lalu wanita diusia 30-49 sebanyak 63%, dan 61% untuk wanita diusia 50-64, yang terahir wanita diusia 65 lebih sebanyak 46%.

baca juga

https://7-langkah-perencanaan-bisnis-online/

Pencarian

Pemilik bisnis online dapat menoptimalkan pencarian pencarian situs brand mereka diinternet dengan cara membuat kampanye iklan, atau dengan menggunakan jasa advertiser.

Jika brand tersebut mendapat peringkat teratas dimesin pencari, hal ini juga dapat meningkatkan reputasi brand tersebut.

Sebanyak hampir 91% wanita akan mencari informasi lengkap mengenai produk dan suatu brand dengan menggunakan mesin pencari. Hampir 66% merupakan wanita diusia 18-29 tahun, dan 64% wanita diusia 30-49 tahun, lalu sekitar 52% wanita diusia 50-64 tahun, dan 37% wanita diusia 65 tahun keatas.

baca juga

    Blog

    Banyak wanita yang menggemari blog. Bahkan terdapat hampir 3.9 juta ibu rumah tangga yang memiliki anak adala seorang blogger. Wanita sangat menikmati ketika mereka membaca sebuah konten diblog, dan akan sangat mudah terpengaruh dengan apa yang ditulis didalam konten tersebut.

    Para wanita akan berakhir dengan membaca blog ketika mereka melakukan pencarian tentang rekomendasi produk terbaik dalam kategori tertentu, atau mencari perbandingan suatu produk dengan produk yang lainnya. Atau mencari tentang tips-tips yang biasanya banyak dianjurkan oleh para blogger, seperti tips memasak, tips kecantikan, atau bahkan tips mengurus anak.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!
    × How can we help you?