Sebuah Panduan SEO Lokal Untuk Perusahaan Besar

Seringkali, perusahaan besar tidak terlalu mementingkan SEO lokal, karena bagi mereka yang terpenting adalah pemasaran digital melalui pencarian berbayar dan SEO umum. Namun seiring meningkatnya pengguna ponsel, SEO lokal menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Bahkan SEO umum dan SEO lokal, dua-duanya menjadi sangat penting baik untuk bisnis lokal maupun untuk perusahaan.

Sebuah penelitian terbaru dari Stone Temple menyatakan bahwa 63 persen dari semua pencarian Google adalah melalui ponsel. Mengapa perusahaan melihat SEO lokal sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting? Singkatnya, SEO lokal akan gagal ketika bisnis tidak memiliki rencana yang terstruktur dengan baik.

Dalam hal ini ada kesalahpahaman pemikiran, misalnya, “Jika saya menyelesaikan A, B, dan C, maka keberadaan lokal saya pasti otomatis akan meningkat” atau “Jika kita melakukan SEO tradisional atau umum saja, maka SEO lokal pasti juga akan berjalan sendiri.” Hal itu merupakan anggapan yang salah. Agar SEO lokal berhasil, sebuah bisnis harus menentukan seperti apa tujuan dan pengembangannya serta rencana berkelanjutan yang dapat diukur.

Pro & Kontra SEO Lokal untuk Perusahaan Besar

Terlepas dari channelnya, bisnis besar memiliki keunggulan di atas pesaing kecil atau bisnis lokal. Mereka tidak terbatas pada:

  • Uang.
    Orang-orang atau karyawan.
  • Akses ke alat industri.
  • Spesialisasi.

Meskipun sumber daya bawaan di atas bisa saja membantu, namun jika diabaikan, kontra dari perusahaan besar dengan lebih dari 100 lokasi akan lebih besar daripada pro, terutama yang berkaitan dengan SEO lokal.

4 Hambatan Perusahaan Besar Saat Merencanakan Strategi SEO Lokal

  1. Ketidakpedulian

Di sebuah perusahaan pasti memiliki lebih dari satu devisi. Jika tidak pernah ada strategi yang pasti di seluruh devisi tersebut, mungkin sulit untuk mendapatkan dukungan dari orang lain. Biasanya ketika mereka sudah menganggap bahwa keberadaan lokal tidak penting, maka mereka juga tidak ingin terlibat lebih jauh dengannya.

  • Pengambilan Keputusan yang Lambat

Perusahaan besar umumnya tidak adaptif dan sefleksibel perusahaan kecil atau bisnis lokal. Akibatnya, tugas-tugas yang tidak boleh dikesampingkan, seperti mengklaim daftar lokal, dapat berjalan selama berbulan-bulan. Karena mereka merasa pekerjaan mereka lebih penting dari itu. Telah banyak penyesalan perusahaan yang tidak responsif terhadap GMB.

Sesuatu yang sederhana seperti mengubah nomor telepon juga dapat mengakibatkan lalu lintas lokal jatuh dari ranking Google karena ketidakkonsistenan data. Dalam kasus drastis, daftar yang tidak diklaim dan kedaluwarsa telah menyebabkan lalu lintas GMB menurun lebih dari 50 persen.

  • Bystander Efek

Kurangnya peran yang ditetapkan ditambah dengan kenyataan bahwa perusahaan memiliki banyak karuawan di tim pemasaran akan menyebabkan difusi tanggung jawab dan banyak menunjuk jari dan berbeda pendapat. Tugas lokal umum yang menjadi korban “Efek Bystander” adalah tugas dari manajemen. Siapa yang harus bertanggung jawab untuk merespons? Pelayanan pelanggan? Manajer toko? Manajer regional? Yang benar adalah pilih satu karyawan, jelaskan tanggung jawabnya tetapi pastikan pekerjaan itu selesai.

  • Volume

Volume bisa dibilang merupakan hambatan terbesar yang harus diatasi. Mari kita gunakan fitur baru Google Q & A sebagai contoh: 100 lokasi x 3 pertanyaan per bulan x 5 menit per respons = 25 jam per bulan. Dan itu merupakan perkiraan konservatif yang hanya menyumbang satu komponen kecil dari SEO lokal.

Kabar baiknya adalah bahwa rencana yang susun dengan baik tidak hanya mengatasi hambatan yang disebutkan di atas, tetapi menghasilkan strategi SEO lokal yang sukses dan terukur. Sebelum kita masuk pada mengembangkan rencana SEO lokal yang dapat ditindaklanjuti, penting untuk menunjukkan langkah pertama yang seringkali diabaikan:

Tujuan Pemasaran Digital Wajib: Tetapkan apa arti kesuksesan bagi SEO lokal. Tujuan umum meliputi peningkatan:

  • Lalu lintas pelanggan di website Anda.
  • Tampilan halaman pencari lokasi toko.
  • Jumlah klik pada Google Cantuman Bisnisku.
  • Panggilan yang telepon dilakukan ke toko.

Menetapkan Peran dan Tanggung Jawab: Sama seperti upaya tim lainnya, SEO lokal memerlukan tim. Penyedia SEO lokal membutuhkan manajer toko untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik.

Praktik SEO Lokal untuk Perusahaan

Setelah kita mengetahui beberapa hambatan SEO lokal dalam perusahaan yang harus diwaspadai, tentu Anda sudah memiliki sedikit gambaran. Dengan gambaran tersebut, kita akan masuk pada praktik SEO lokal untuk perusahaan. Berikut adalah lima praktik SEO lokal yang akan membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Setiap bagian telah dipecah menjadi:

Praktik Dasar

Dalam kebanyakan kasus, ini harus diimplementasikan, tetapi dianggap lebih sebagai garis dasar. Kebanyakan kasus, beberapa perusahaan memang sudah melakukan hal-hal mendasar  dalam upaya SEO lokal. Mereka mengira dengan melakukan hal-hal dasar tersebut, mereka sudah selesai. Padahal mereka harus mulai fokus pada pekerjaan selanjutnya. (Lihat Pembuatan Tautan Lokal, Tinjauan Manajemen, dan Manajemen Kutipan dalam langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini untuk contoh).

Praktik Keunggulan Kompetitif: Ini akan memisahkan bisnis Anda dari pesaing Anda.

SEO Lokal On-Page

Praktik Dasar

  • Sertakan kota dan negara bagian dalam tag judul semua halaman lokasi toko/perusahaan.
    Pastikan halaman toko diindeks oleh mesin pencari terkemuka dan menampilkan elemen seluler yang dapat diklik seperti nomor telepon.
  • Terapkan markup Skema lokal di semua halaman lokasi toko.
  • Praktek Tepi Kompetitif Yang Membutuhkan Manajemen & Perencanaan yang Berkesinambungan
    Selanjutnya adalah membuat dan mengimplementasikan rencana untuk peluang konten lokal. Ini dapat dimasukkan ke dalam blog atau langsung di halaman pencari lokasi untuk membantu membedakan ratusan halaman toko yang serupa.
  • Misalnya jika Anda mengelola toko yang menjual pizza di Solo, buat posting blog tentang koleksi restoran pizza baru dan bicarakan bagaimana berbeda dengan yang lain, misalnya toppingnya sangat banyak, keju melimpah, atau deskripsikan kelezatannya. Membuat konten tidak harus tentang produk yang Anda jual saja. Anda dapat memfokuskan sebagian besar konten soal apa pun selain menjual produk Anda. Misalnya buatlah tentang sesuatu yang bermanfaat bagi pelanggan atau audiens Anda, seperti tips dan informasi
  • Anda harus konsisten dalam menambahkan konten baru ke halaman toko Anda. Ide konten termasuk foto toko unik, video, profil toko, atau informasi kota lokal lainnya yang terkait dengan bisnis Anda.

Praktik Dasar Google My Business

  • Buat dan kirim daftar Google Bisnisku. Perbarui NAP (Nama, Alamat, Telepon) untuk semua toko.
  • Unggah gambar produk untuk semua lokasi.
  • Pilih dua hingga tiga kategori bisnis yang relevan dalam profil Anda.


Praktek Tepi Kompetitif Yang Membutuhkan Manajemen & Perencanaan yang Berkesinambungan

  • Daftarkan GMB bisnis Anda ke dalam alat seperti Get Five Stars atau Moz Local. Alat-alat ini memiliki fitur yang ramah pada perusahaan besar yang memungkinkan manajer untuk menerima pemberitahuan setiap kali pengguna meninggalkan ulasan dan di antara banyak fitur manajemen lokal lainnya.
  • Selanjutnya, buat beberapa template umum untuk menanggapi umpan balik pelanggan.
  • Buat kalender bulanan untuk menggunakan fitur opsional tetapi bermanfaat seperti Google Post dan Google Q&A.
  • Buatlah jadwal seberapa sering Google Post digunakan.
  • Ubah jam pada toko untuk memberitahukan penutupan toko dan jam libur khusus. Google Bisnisku memungkinkan para pemilik bisnis untuk mengunggah perubahan jam toko secara masal.
  • Periksa peringkat lokal secara teratur untuk kata kunci penting menggunakan tools seperti MobileMoxie, Bright Local atau Competitive Analysis. Alat ini sangat bagus karena memungkinkan Anda untuk memeriksa peringkat lokal tanpa  pengubah lokasi.
  • Laporkan spam di Google Maps. Adukan oknum pelanggan yang melakukan spamming di GMB Anda.
    Tambahkan UTM unik ke direktori lokal Anda, termasuk GMB, dan menganalisis lalu lintas langsung di Google Analytics. 

Praktek Dasar Pembuatan Tautan Lokal

Jangan mengabaikan pembangunan tautan lokal karena banyaknya lokasi atau karena kekhawatiran tautan lokal hanya memiliki dampak terbatas. Banyak perusahaan besar melakukan kesalahan ini dan mengentengkannya.

Praktek Tepi Kompetitif Yang Membutuhkan Manajemen & Perencanaan yang Berkesinambungan

  • Merek besar biasanya terlibat dalam komunitas tetapi gagal memaksimalkan keterlibatan mereka dari perspektif yang menghubungkan antara audiens dan pelanggab.
  • Melakukan inventarisasi semua acara PR dan mengatur proses penjangkauan untuk memastikan Anda menerima tautan Anda kembali. Pembuatan tautan lokal tidak memiliki daftar periksa. Anda harus terlibat dalam komunitas Anda, acara sponsor, dukung bisnis lain, dan menjadi tuan rumah dalam acara amal.
  • Dengan segala keterlibatan Anda tersebut, sebagian besar penerima bantuan akan dengan senang hati menautkan kembali link ke halaman toko cabang lokal Anda
  • Perusahaan biasanya berpikir terlalu besar. Namun SEO lokal itu mencakup daerah lokal saja. Jangan terjebak san berpikir secara nasional dan menjadi kewalahan oleh banyaknya lokasi yang Anda kelola. Mulailah dari kecil terlebih dahulu dan secara bertahap membangun proses untuk lokasi lain.

 
Praktik Dasar Manajemen Citasi

  • Buat profil Google Bisnisku (GMB).
  • Banyak perusahaan mengajukan citasi toko menggunakan alat otomatis.

Praktek Tepi Kompetitif Yang Membutuhkan Manajemen & Perencanaan yang Berkesinambungan

  • Gunakan tools Yext atau Moz Local untuk membuat, memverifikasi, dan mengoptimalkan daftar untuk merek multi lokasi. Ini adalah alat yang sempurna untuk bisnis dengan lebih dari 100 toko. Mereka membantu mendorong citasi, membersihkan data duplikat, menyesuaikan data yang salah, dan mempertahankan keberadaan akun GMB Anda.
  • Menetapkan sumber daya manusia yang ditunjuk untuk secara aktif memantau dan memperbarui informasi dan memperbaiki daftar. Hal ini karena masalah pasti akan selalu terjadi, dan perusahaan harus menugaskan seseorang dapat membuat keputusan yang tepat ketika mereka menemukan konten yang salah.
  • Buat citasi untuk sistus review seprri TripAdvisor, Yelp, atau platform khusus industri lainnya yang tidak dihasilkan secara otomatis dengan alat seperti Moz Local.

Praktik Dasar Ulasan

  • Menanggapi ulasan pelanggan secara reaktif dan acak.
  • Memiliki tinjauan proaktif seluruh perusahaan tentang rencana akuisisi dan berharap bahwa pelanggan akan meninggalkan ulasan.

Praktek Tepi Kompetitif Yang Membutuhkan Manajemen & Perencanaan yang Berkesinambungan

  • Minta semua pelanggan untuk meninggalkan ulasan (tanpa imbalan). Ini dapat dikelola melalui sistem CRM internal atau alat otomatis seperti Get Five Stars. Review akuisisi adalah permainan angka sederhana. Semakin banyak Anda bertanya, semakin banyak yang Anda terima.
  • Grade.US atau Generator Profil Google Link adalah alat yang cepat dan mudah yang menghasilkan tautan langsung ke profil Google Anda. Tools ini memungkinkan Anda untuk menyematkan link pada permintaan email Anda atau bahkan secara langsung di halaman pencari lokasi toko Anda.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Ringkasan

  • Jika Anda masih ragu tentang SEO lokal, fokuslah pada tugas yang memberikan nilai dan memecahkan masalah bagi pelanggan. Kita tahu sendiri bahwa konsumen harus mendapatkan apa yang mereka mau dan itu berlaku untuk kita juga. Oleh karena itu tugas perusahaanlah untuk membuat hidup konsumen semudah mungkin.
  • Pastikan jam operasional perusahaan benar.
  • Pastikan nomor telepon benar.
  • Pastikan Anda tidak hanya memiliki citasi, tetapi juga konsisten.
  • Tanya Jawab Google.
  • Tanggapi keluhan dan identifikasi bagaimana Anda dapat meningkatkan marketing Anda
  • Pelanggan lebih cenderung mendukung, mencari, dan merujuk merek yang benar-benar mereka pedulikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.