SEO AUDIT : 6 LANGKAH UNTUK MENGECEK SITUS SEO

SEO UNDERCOVER CO ID 90
Jasa

undercover.co.idSEO, jika Anda adalah seorang pemilik Website Bisnis , sebaiknya Anda melakukan audit terhadap situs SEO tersebut secara berkala.

Agar dapat menghindari kemungkinan masalah SEO yang kerap terjadi. Ada beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan sendiri ketika melihat situs SEO yang sedang dikembangkan sebelum melakukan audit secara penuh.

Pertanyaan-pertanyaan Untuk Pertimbangan Perubahan SEO AUDIT

Apakah situs Anda dapat dipercaya?

  1. Apakah Anda sendiri mempercayai informasi yang tersedia dalam situs tersebut?
  2. Akankah Anda bersedia merekomendasikan situs tersebut kepada rekan atau klien?
  3. Akankah Anda bersedia untuk memberikan nomor kartu kredit Anda disitus tersebut?

Maksimalkan situs Anda untuk kelayakan baca:

  1. Apakah penempatan konten berada ditempat yang logis?
  2. Apakah blok disampingnya terlalu sempit?
  3. Apakah kolom konten terlalu lebar?
  4. Apakah ketinggian dari garis konten sudah cocok?
  5. Apakah terdapat gambar-gambar yang akan mengganggu kenyamanan pengunjung?

6 Langkah Untuk Melakukan Audit Situs SEO

SEO AUDIT : Browser

  • Pastikan situs tersebut tidak memiliki konten terselubung. Situs Anda harus dapat dipercaya.
  • Anda dapat menyingkap masalah crawling dengan cara mematikan JavaScript dan Cookies yang terdapat di pengaturan browser.

SEO AUDIT : Homepage

  • Pengunjung adalah segalanya bagi pemilik situs. Sesekali ketika sedang melakukan audit situs , Anda harus mencoba melihat situs Anda sendiri dari posisi pengunjung.
  • Tulis setiap pemikiran bahkan emosi yang Anda rasakan sendiri ketika mengunjungi situs sebagai pengunjung. Cari tahu alasan kenapa Anda merasakan emosi positif atau negatif ketika berada diarea yang berbeda-beda disitus tersebut. Buat daftar yang jelas mengenai masalah-masalah yang Anda alami ketika berada diposisi sebagai pengunjung.
  • Uji situs dari sudut pAndang pengunjung dengan cara melakukan on/off JavaScript di browser Anda.
  • Kesan pertama adalah kesan selamanya. Maka periksalah dengan teliti masalah apa yang terdapat pada situs tersebut.
  • Pastikan situs tersebut tidak memiliki masalah canonical seperti :
  1. Pastikan WWW. Dan bukan .WWW versi dari situs tersebut.
  2. Bukan URL Homepage yang mengarahkan ke domain lain.
  3. Title tags yang ditulis dengan buruk. Dan juga yang diduplikasi disuatu tempat lainnya.

Perbaikan dapat dilakukan secara penuh jika Anda melakukan pemeriksaan dari sudut pAndang pengunjung, karena dengan begini Anda dapat mengerti apa yang dirasakan pengunjung ketika sedang menjelajah disitus Anda.

Ini merupakan langkah terbaik untuk melakukan audit karena Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai apa yang harus diperbaiki dari situs Anda.

baca juga

    SEO AUDIT : Navigasi Global

    • Periksa navigasi Anda secara meluas untuk link yang rusak atau bahkan link yang hilang dengan status JavaScript yang mati (turn off) di browser.
    • Merupakan sekumpulan link yang ditemukan dinavigasi, header, dan footer situs.

    SEO AUDIT : Kategori dan Sub-kategori

    • Evaluasi link dari kategori dan sub-kategori dengan cara :
    1. Apakah link terhubung dengan konten yang tepat?
    2. Apakah anchor-text sudah berjalan secara efektif untuk dapat menghasilkan banyak backlink?
    3. Apakah terdapat link yang terhubung kepada konten yang tidak relevan?
    • Setiap kategori dan sub-kategori dari halaman harus memiliki maksud yang jelas. Kategori dan subkategori tersebut harus terhubung dengan konten yang juga ditulis dengan baik.
    • Penempatan sub-kategori pun harus tepat dengan kategori utamanya. Contohnya, konten yang berisi tentang informasi tentang makanan dimasukkan kedalam sub-kategori dari kategori yang berkaitan dengan makanan, minuman, ataupun tempat makan.

    SEO AUDIT : Optimasi Konten

    Konten yang berkualitas adalah segalanya bagi SEO. Usahakan untuk selalu membuat konten yang bermanfaat dan tidak hanya asal meng-copy dari artikel lain. Konten yang berkualitas tentunya didukung oleh elemen-elemen seperti Title tags, Meta  Description, alamat URL, dan gambar yang juga berkualitas.

    Jika anda mengambil artikel lain sebagai referensi, sebaiknya anda melakukan riset mendalam dari beberapa artikel yang memiliki sumber terpercaya. Lalu cantumkan kredit terhadap sumber tersebut. Ini dapat juga menunjukan keaslian dari tulisan anda.

    Pastikan anda sudah mengoptimalkan elemen –elemen berikut :

    • Title Tags

    seharusnya diformasikan secara tepat untuk praktek terbaik bagi SEO. Seperti, kata kunci yang spesifik dan panjangnya tidak lebih dari 75 karakter.

    • Meta Description

    merupakan faktor peringkat konten. Deskripsi yang ditulis dengan sangat baik, dapat mempengaruhi hasil CTR (Click -Through- Rates)

    • Alamat URL

    Anda dapat menggunakan URL yang pendek untuk konten anda.

    • Alt-Text gambar

    Gunakan teks alternatif yang relevan dengan konten dan keyword pada gambar yang digunakan untuk konten tersebut. Gambar yang relevan dengan konten akan meningkatkan peringkat konten dimesin pencari.

    • H1 dan H2 tag

    Penggunaan H1 dan H2 sangat penting dalam sebuah penulisan konten. Ini dapat digunakan untuk memisahkan judul topik, pembahasan topik utama, dan juga sub-topik.

    • Penggunaan terbatas terhadap Flash ataupun JavaScript

    Agar lebih efektif anda dapat mematikan JavaScript pada pengaturan browser.

    SEO AUDIT : Off-page SEO

    • Gunakan tools yang dapat membantu anda melakukan riset untuk menemukan keyword yang tepat. Tools ini juga dapat membantu anda melihat apakah secara keseluruhan situs anda sudah terindeks oleh Google, dan dapat menemukan kata kunci yang dapat bersaing dengan kompetitor.
    • Lakukan pengecekan akan adanya konten duplikat. Karena sudah pasti anda tidak ingin konten-konten yang terdapat disitus anda saling bersaing. Ini akan menimbulkan sanksi bagi anda dari pihak Google karena atas tindakan plagiarisme.
    • Anda juga bisa menggunakan Open Site Explorer untuk mendorong metriks penting dari situs. Bandingkan metriks tersebut dengan pesaingnya.

    Hal yang dapat menjadi masalah pengindeksan :

    1. Halaman situs memiliki tag ‘noindex’.
    2. Sitemap tidak terdaftar dimesin pencari.
    3. File robot.txt yang tidak diedit dengan profesional.
    4. Situs tersebut sudah di-ban dari SERP oleh Google.

    9 KPI SEO Paling Penting Yang Harus Anda Lacak

    undercover.co.id Anda telah banyak berinvestasi dalam pemasaran konten. Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengembangkan persona pembeli dan memusatkan perhatian pada audiens target Anda. Sekarang saatnya untuk mempresentasikan upaya Anda kepada klien Anda, atau berbagi perkembangan kampanye terbaru dengan atasan.

    • Bagaimana Anda bisa membuktikan kesuksesan?
    • Bagaimana Anda bisa menunjukkan nilai dengan cara yang nyata?

    Indikator kinerja utama atau KPI adalah metrik obyektif yang membantu mengukur dan memberikan kejelasan dalam keberhasilan organisasi atau kampanye tertentu. Apa KPI paling penting dalam mengukur keberhasilan SEO dan upaya pemasaran digital Anda? Berikut adalah sembilan KPI SEO penting yang harus Anda lacak.

    Sesi Organik

    Sesi organik mengukur kunjungan yang diperoleh ke situs web Anda dari mesin pencari seperti Google dan Bing. Sesi, didefinisikan oleh kunjungan ke situs web, tindakan yang dilakukan oleh pengguna selama kunjungan itu, dan kemudian keluarnya pengguna dari situs tersebut. Jika seorang pengguna tidak melakukan apapun, sesi mereka akan habis setelah 30 menit tidak aktif secara default.

    Satu pengguna dapat bertanggung jawab untuk beberapa sesi. Lalu lintas organik dapat diukur secara langsung di Google Analytics, atau Anda dapat mengintegrasikan data dengan alat pelaporan seperti Analytics Analitik untuk referensi silang yang lebih baik dengan titik data lainnya. Pertumbuhan dalam lalu lintas organik adalah indikator kinerja utama yang paling penting karena paling jelas sejalan dengan tujuan inti SEO yaitu mendapatkan lebih banyak perhatian di situs web Anda.

    Pertumbuhan sesi organik memiliki beberapa penyebab potensial yang dapat ditunjukkan dengan menggali data analitik dan posisi kata kunci Anda . Seiring upaya pemasaran digital dan tradisional Anda terbayar dengan peningkatan kesadaran merek, Anda akan melihat lebih banyak pencarian nama merek atau produk Anda sebagai hasilnya. Ketika optimasi di halaman dan di luar halaman Anda mulai membayar dividen, situs web Anda akan meningkatkan peringkat untuk kata kunci, baik yang Anda targetkan dan yang tidak Anda usahakan untuk mencapainya.

    RKPT (through-rate-rate) yang diharapkan meningkat dengan setiap posisi tunggal pada halaman hasil mesin pencari. Melompat dari 3 ke 2 di halaman 1 dapat menghasilkan lonjakan sesi organik, belum lagi jika Anda dapat melompat dari halaman 2 ke halaman 1 hasil untuk kata kunci volume tinggi. Anda dapat membantu memacu lebih banyak sesi organik dengan menyusun judul halaman yang menarik, relevan, dan menulis meta deskripsi dengan ajakan bertindak yang jelas dan memikat.

    Sesi organik yang berkembang menunjukkan bahwa Anda menempati tempat yang lebih bernilai di mesin pencari terkemuka, persis seperti yang Anda harapkan untuk dicapai dengan kampanye SEO penuh. Upaya pemasaran digital dan tradisional, di halaman, dan di luar halaman akan membantu Anda terus meningkatkan jumlah sesi organik.

    Peringkat Kata Kunci Meningkat

    Pemeringkatan kata kunci adalah tempat kata kunci spesifik Anda diposisikan di mesin pencari utama seperti Google atau Bing. Semakin dekat ke nomor satu, semakin baik. Semakin tinggi peringkat situs web Anda untuk kata kunci volume tinggi (istilah yang sering dicari), semakin baik. Anda dapat melacak peringkat kata kunci dalam alat seperti SEMRush atau Peringkat SE. Ada beberapa kata kunci yang akan memiliki peringkat tinggi secara alami, seperti nama merek Anda atau kata kunci panjang yang sangat bertarget khusus untuk layanan dan lokasi Anda.

    Yang lain akan menjadi bagian dari strategi jangka panjang dalam upaya untuk mendapatkan visibilitas untuk persyaratan kompetitif dengan niat komersial yang tinggi. Pemeringkatan kata kunci adalah KPI penting karena itulah yang secara langsung berkorelasi dengan kesuksesan SEO oleh klien. Peningkatan peringkat kata kunci adalah titik masuk pertama untuk mencapai tujuan utama lainnya yaitu lebih banyak lalu lintas, arahan, dan penjualan.

    Anda harus mengawasi peringkat kata kunci. Fluktuasi adalah hal yang normal dan pembaruan algoritma Google dapat menyebabkan volatilitas yang signifikan, tetapi dalam jangka panjang Anda akan melihat pertumbuhan. Awasi setidaknya seminggu jika tidak setiap hari, karena penurunan peringkat dapat menandakan masalah dengan situs Anda yang harus diatasi. Tapi jangan panik jika melihat penurunan kecil.

    Over-optimisasi sama buruknya dengan under-optimisasi. Upaya optimasi di halaman dan di luar halaman Anda akan menghasilkan peningkatan peringkat kata kunci. Semuanya, mulai dari penambahan konten berkualitas tinggi hingga pengoptimalan cepat. Pembuatan tautan ke pengembangan pengikut sosial yang terlibat, di antara faktor peringkat lainnya, akan membantu meningkatkan peringkat.

    Prospek / Konversi

    Dua faktor peringkat pertama adalah terkait dengan menarik pengunjung ke situs Anda dari mesin pencari tetapi tindakan apa yang Anda perlukan untuk diambil pengguna setelah mereka mendarat di situs Anda? Anda ingin menghasilkan arahan yang diharapkan akan dikonversi menjadi penjualan. Petunjuk adalah segala jenis kontak dengan pelanggan potensial. Itu bisa menjadi: Pendaftaran buletin.

    • Pengajuan formulir kontak meminta informasi lebih lanjut.
    • Panggilan telepon.
    • Pendaftaran untuk webinar.
    • Pembelian selesai.

    Jika Anda menetapkan sasaran dan acara di Google Analytics, Anda dapat melacak prospek di berbagai dimensi:

    • Apakah Anda memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi di seluler vs desktop? Lebih banyak.
    • Pria vs wanita?
    • Halaman apa yang mendorong paling banyak lead?

    Anda juga dapat mengatur corong sasaran untuk melihat di mana orang beralih dari situs Anda. Peningkatan jumlah arahan tidak hanya berarti Anda menarik lebih banyak pengunjung ke situs, tetapi para pengunjung tersebut menyelesaikan tindakan yang diinginkan dalam jumlah yang lebih tinggi dan lebih tinggi.

    Ini adalah KPI penting karena berhubungan sangat erat dengan tujuan bisnis inti yaitu menumbuhkan basis pelanggan dan meningkatkan penjualan. Untuk meningkatkan hasil KPI ini, fokuslah pada optimasi tingkat konversi (CRO) dan pengalaman pengguna (UX).

    • Apakah situs web Anda mudah dinavigasi?
    • Apakah ajakan bertindak (CTA) menonjol dan jelas?
    • Apakah konten dapat dipercaya dan persuasif?
    • Dapatkah pengguna bergerak melalui corong konversi dengan cara yang mudah dan sesuai dengn yang diharapkan?
    • Tingkat Pentalan

    Rasio pentalan adalah metrik yang mengukur persentase sesi tempat pengguna memuat laman dan langsung keluar tanpa melakukan tindakan apa pun. Rasio pentalan dihitung dengan membagi jumlah sesi non-interaktif dengan jumlah total sesi. Tingkat bouncing tipikal adalah antara 40 hingga 60 persen, artinya sekitar setengah dari semua sesi diharapkan berakhir tanpa tindakan yang diambil. Tetapi ini akan sangat bervariasi tergantung pada industri / niche Anda.

    baca juga

      Rasio pentalan adalah KPI penting karena prioritas besar untuk algoritma mesin pencari memuaskan permintaan pencarian pengguna. Ketika pengguna mencari kata kunci, Google ingin menunjukkan kepada mereka hasil yang paling relevan dan berkualitas tinggi yang menyelesaikan masalah. Ketika pengguna kembali ke halaman hasil pencarian, itu dapat menunjukkan bahwa halaman Anda tidak relevan, sulit untuk dinavigasi, atau mungkin tidak dapat dipercaya. Di ujung lain spektrum, rasio pentalan rendah menunjukkan bahwa situs Anda relevan, mudah / bermanfaat untuk dinavigasi, dan memenuhi ambang batas E-A-T minimum.

      • Halaman / Sesi

      Halaman per sesi adalah metrik sederhana yang mengukur rata-rata, berapa banyak halaman yang dikunjungi pengguna selama sesi. Itu juga menghitung tampilan berulang satu halaman. Ini akan tergantung pada kedalaman arsitektur situs Anda dan kompleksitas saluran konversi Anda. Jika Anda memiliki situs yang padat konten yang berfokus untuk memberi tahu pengguna, atau situs e-niaga tempat pengguna biasanya melihat banyak produk dan melalui proses checkout beberapa langkah, Anda akan berharap untuk melihat lebih banyak halaman per sesi rata-rata.

      Seperti metrik lain yang melacak perilaku pengguna, halaman per sesi adalah KPI penting karena menunjukkan nilai / kualitas situs Anda dan cara pengguna menavigasi melalui itu. Tetap saja, memiliki pengguna mengunjungi 100 halaman tidak benar-benar berharga kecuali jika Anda akan memprioritaskan mereka untuk konversi sekarang atau nanti. Pastikan Anda memiliki CTA yang menonjol dan jelas, bahkan pada halaman yang dalam. Hal itu untuk mengarahkan pengguna lebih dalam ke saluran konversi Anda.

      • Durasi Sesi Rata-Rata

      Durasi sesi mengukur lama rata-rata kunjungan ke situs web Anda. Semakin mendalam konten dan struktur situs Anda, semakin lama Anda dapat mengharapkan durasi ini. Durasi sesi adalah KPI penting karena ini menunjukkan kualitas konten situs Anda dan bagaimana pengguna dengan insentif tetap, membaca, dan mengklik lebih dalam ke arsitektur situs. Jika Anda melihat penurunan dalam durasi sesi, apakah ada sesuatu yang berubah untuk membuat pengguna Anda tidak betah?
      Terus fokus pada CTA yang menonjol dan jelas untuk mengubah audiensi menjadi pelanggan.

      • Waktu Muat Halaman

      Waktu buka halaman adalah kontributor utama sebagian besar metrik yang dibahas sejauh ini.
      Pikirkan tentang bagaimana Anda berperilaku sebagai pengguna. Jika sebuah situs membutuhkan waktu lama untuk dimuat, Anda lebih cenderung untuk kembali ke halaman hasil pencarian bukan?.
      Jika situs memuat dengan sangat lambat, Anda cenderung untuk menjelajahi halaman lebih dalam di situs.

      Kemungkinan besar Anda juga tidak akan melakukan konversi karena interaksi pertama Anda dengan perusahaan ini membuat frustrasi. Waktu buka halaman yang ideal akan bervariasi berdasarkan kompleksitas konten dan kesabaran pengguna Anda, tetapi mayoritas pengguna akan meninggalkan halaman jika butuh lebih dari 3 detik untuk memuat. Dengan setiap detik tambahan pemuatan, sebagai hasilnya, tingkat pentalan akan meningkat.

      Faktanya, sebuah halaman yang membutuhkan 5 detik untuk dimuat meningkatkan kemungkinan bouncing sebesar 90 persen dibandingkan dengan halaman yang memuat dalam satu detik. Gunakan alat seperti GTMetrix untuk wawasan tentang seberapa baik situs Anda memuat, dan mendapatkan rekomendasi tentang optimasi yang dapat Anda lakukan ke server, kode, konten, atau gambar untuk meningkatkan waktu buka. Setiap kali Anda mengambil tindakan situs web, apakah itu mendesain ulang tata letak halaman atau mengunggah gambar baru, ingatlah efeknya pada kecepatan.

      • Halaman Keluar Teratas

      Halaman keluar adalah halaman terakhir yang dikunjungi oleh pengguna sebelum mengakhiri sesi, menutup tab atau browser, atau mencari situs web baru. Meskipun orang meninggalkan situs web Anda, halaman keluar pada dasarnya tidak negatif. Pengguna dapat keluar dari halaman konfirmasi pembelian. Namun jika sebagian besar pengguna keluar dari halaman di mana Anda tidak ingin perjalanan mereka berakhir, itu bisa menjadi peluang untuk peningkatan CRO / UX.
      Anda dapat menemukan detail ini di Google Analytics 'dengan menavigasi ke Laporan Perilaku > Konten Situs > Halaman Keluar.

      Ini adalah persentase yang dihitung dengan membagi jumlah keluar dengan jumlah tampilan halaman untuk halaman tertentu. Jika Anda memiliki tingkat keluar yang tinggi untuk halaman yang tidak dimaksudkan sebagai halaman keluar, di saat itulah optimasi sangat diperlukan.

      baca juga

      • Kesalahan Perayapan

      Googlebot dan perayap lainnya harus dapat melihat dan mengakses konten situs sepenuhnya untuk menilai dan relevansinya. Jika situs Anda memiliki kesalahan perayapan, itu berarti Googlebot mengalami kesulitan mengakses situs Anda atau membaca kontennya. Kesalahan perayapan dapat ditemukan di Google Search Console. Anda dapat menguji kemampuan merayapi suatu halaman kapan saja menggunakan alat “take as Google” di Search Console dan pilih opsi “ambil dan render”.

      Galat perayapan dapat terjadi karena kesalahan server, jika Googlebot tidak dapat berkomunikasi dengan server DNS, batas waktu permintaan habis, atau situs Anda tidak aktif. Kesalahan perayapan juga bisa di tingkat URL, jika halaman yang diberikan tidak ada lagi atau memiliki rantai pengalihan yang panjang. Jika Anda melihat lonjakan kesalahan perayapan, Anda ingin mengambil tindakan segera terutama jika kesalahan perayapan berada di tingkat server atau kesalahan URL mempengaruhi halaman inti.

      Kesimpulan

      Dalam memfokuskan pada sembilan KPI ini dan melakukan upaya untuk melihat peningkatan bulan-ke-bulan, kuartal-ke-kuartal, dan tahun-ke-tahun, Anda juga akan melihat peningkatan dalam KPI bisnis terkait:

      • Jumlah Pelanggan.
      • Keuntungan.
      • ROI.

      Manfaatkan kekuatan Google Analytics dan pelacakan peringkat, peta, penganalisa kecepatan situs, dan alat analitik lainnya untuk memperkuat kekuatan dan memperbaiki kelemahan di situs web Anda.

      Jasa
      error: Content is protected !!