Shadowban Instagram: Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

SEO UNDERCOVER CO ID 45
Mungkin Anda memperhatikan bahwa Anda tidak mendapatkan banyak engagement di postingan Anda — atau bahwa pertumbuhan follower Anda tiba-tiba stagnan. Hati-hati, Anda mungkin terkena shadowban. Shadowban adalah upaya yang dilakukan Instagram untuk mengurangi penyalahgunaan Instagram, atau menggunakan Instagram tidak sesuai aturan main. Hukuman yang dijatuhkan terhadap akun yang kena shadowban bermacam-macam. Yang pertama adalah akun Anda sulit ditemukan di tab Explore, yang berujung pada sulitnya mendapat engagement dan follower baru. Pada artikel kali ini, kami akan membahas shadowban, ciri-ciri akun yang terkena shadowban, dan cara mengatasinya.

Cara Mengetahui Akun Kita Terkena Shadowban Instagram

Karena Instagram tidak mengatakan langsung apakah akun Anda sudah kena shadowban, maka hanya ada beberapa cara untuk mengetahui dengan pasti:

1. Gunakan akun orang lain:

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda telah terkena shadowban adalah dengan memeriksa apakah postingan Anda muncul dalam penelusuran hashtag. Untuk melakukan ini, buat postingan baru di Instagram , lalu sertakan 2-3 hashtag yang tidak populer di caption, lalu tambahkan 2-3 hashtag lain yang tidak umum di komentar pertama. Selanjutnya, minta teman untuk unfollow akun Anda dan cari salah satu hashtag yang Anda gunakan dalam posting terakhir Anda tadi. Jika pos Anda muncul di bawah hashtag (baik di Top Posts atau Recent Posts), maka Anda aman. Jika pos Anda tidak muncul, kemungkinan akun Anda diblokir.

2. Gunakan Instagram Shadowban Analyzer

Anda juga dapat memeriksa apakah Anda telah terkena shadowban dengan menggunakan tools penganalisa shadowban ini, meski belum jelas seberapa tinggi tingkat akurasinya. Cukup masukkan username atau link posting Instagram tertentu, dan Anda bisa segera melihat apakah akun Anda telah diblokir. Tetapi Anda tetap harus berhati-hati. Jika Anda harus login dengan akun Instagram Anda, Anda bisa menjadi korban penipuan phishing. Alat di atas memungkinkan Anda mencari tanpa harus masuk dengan kredensial Anda.

Bagaimana Cara Menghilangkan Shadowban Instagram?

Kami sudah mencoba semaksimal mungkin, tapi kami belum berhasil menemukan solusi paling tepat untuk shadowban Instagram. Namun, kabar baiknya adalah bahwa shadowban tidak permanen — sebagian besar pengguna menyebut shadowban mereka hilang dalam waktu 2-3 minggu. Berikut adalah 5 solusi dari yang dapat membantu mempersingkat durasi shadowban Instagram Anda:

 1. Berhenti menggunakan hashtag yang dilarang atau rusak

Lihat set hashtag Anda untuk memastikan bahwa tidak ada yang “dilarang” oleh Instagram. Untuk melakukan ini, cukup cari hashtag di Instagram. Jika yang muncul hanya top posts tapi recent tidak ada, kemungkinan hashtag itu sudah dilarang oleh Instagram. Terkadang Instagram bahkan akan meninggalkan pesan singkat di laman hashtag, menjelaskan bahwa sejumlah posting telah disembunyikan karena tidak memenuhi panduan. Jika salah satu hashtag yang Anda gunakan dilarang, pastikan untuk berhenti menggunakannya.

2. Berhenti menggunakan bot dan autoposting

Kami mengerti: menggunakan penjadwal Instagram yang secara otomatis memposting foto Anda ke Instagram adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu. Tetapi ini juga salah satu cara tercepat untuk terkena shadowban Instagram. Pernahkah Anda menggunakan bot sebelumnya? Bahkan jika pernah Anda mendaftar untuk layanan bot bertahun-tahun yang lalu, mereka masih dapat tersambung dengan akun Anda. Untuk mencari tahu, masuklah ke Instagram melalui komputer desktop Anda untuk melihat apakah ada yang masih terhubung ke akun Anda. Arahkan ke profil Anda dengan mengklik ikon “pengguna” di sudut kanan atas, lalu klik “Edit Profil.” Selanjutnya, pilih “Aplikasi Resmi.” Dari sini, Anda dapat memeriksa adakah aplikasi yang terlihat mencurigakan.  

3. Beristirahatlah dari Instagram

Beberapa pengguna mengatakan bahwa rehat 2-3 hari dari Instagram telah membantu mengangkat shadowban Instagram mereka. Jika Anda memutuskan untuk rehat, maka hindari posting, komentar, dan bahkan masuk ke dalam aplikasi! Setelah 2-3 hari tidak menggunakan Instagram, Anda dapat mulai terlibat lagi dengan komunitas Instagram seperti biasanya. Tetapi ingat untuk berinteraksi secara manual! Mungkin butuh lebih banyak waktu dan upaya, tetapi ini juga membuktikan ke Instagram bahwa Anda mematuhi persyaratan layanan mereka.

4. Laporkan shadowban Anda ke Instagram

Baik Instagram dan Facebook bisa sangat sulit untuk dihubungi — percayalah, kami telah mencoba! Tetapi melaporkan shadowban Anda ke Instagram pasti layak dicoba. Instagram memang memiliki email dukungan resmi (support@instagram.com), tetapi kami lebih menyarankan untuk menggunakan opsi “Laporkan Masalah” bawaan dalam aplikasi Instagram. Untuk melakukan ini, cukup arahkan ke profil Instagram Anda dan pilih ikon “roda gigi” di sudut kanan atas layar. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih “Laporkan Masalah.” Sebuah pop-up akan muncul dengan beberapa opsi. Pilih “Sesuatu Tidak Berfungsi,” dan tulis pesan singkat yang menjelaskan masalah dengan jelas. Kami menyarankan Anda untuk memberi tahu Instagram bahwa “postingan saya tidak dikategorikan di dalam hashtag yang saya gunakan”.

5. Ubah dari bisnis ke personal

Kami paling ragu tentang yang satu ini, tetapi beberapa pengguna Instagram mengatakan bahwa beralih dari akun bisnis ke akun pribadi membantu mereka menghilangkan shadowban di Instagram mereka. baca juga Undercover.co.id Services Panduan Bisnis Affiliasi Website Cuma 50 Ribu Pembuatan Website Profesional Jasa Seo Profesional dan Terpercaya Jasa Sosial Media Maintenance 60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia Alasan ini mungkin masuk akal karena sejak Facebook mengakuisisi Instagram, mereka mencoba memonetisasi platform tersebut dengan membatasi jangkauan dan engagement pada akun bisnis. Ini pada dasarnya, adalah langkah untuk memaksa bisnis membeli iklan. Melanjutkan narasi di atas, bisa jadi Instagram memangsa akun bisnis karena mereka cenderung terkena lebih mungkin dampak negatif oleh shadowban — dan, juga, akan lebih cenderung membayar untuk beriklan di Instagram. Jadi dengan beralih dari akun bisnis ke akun pribadi, mungkin saja Anda akan menghilang dari radar Instagram.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh