Spidol dan Tinta Refill Spidol HQLINE

 Sebelum berbagai produk spidol dan tinta refill dipasarkan dan dipakai oleh kita, ada proses pembuatan yang cukup panjang yang menyertainya. Spidol yang banyak orang pakai dalam kehidupan sehari-hari datang dari pabrik spidol. Dalam pabrik inilah bahan-bahan baku untuk pembuatan spidol diproses sedemikian rupa sehingga akhirnya terbentuklah spidol dan tinta refill yang biasa digunakan banyak orang untuk menulis atau menggambar.

Proses Pembuatan Spidol dan Tinta Refill Spidol

 

Secara garis besar komponen-koponen pembentuk adalah gagang spidol dan tinta dalamnya. Namun yang menjadi bagian paling penting dalam spidol adalah bagian tintanya. Semakin baik kualitas bahan dasar tinta yang dipakai, maka semakin baik pula hasil tulisan yang keluar dari spidol. Maka dari itu proses utama dalam pembuatan spidol ada pada bagaimana tinta dalam spidol dibuat.

 

Melansir dari HQLINE , proses pembuatan tinta spidol hanya terdapat dua proses utama. Yaitu sebagai berikut :

 

  1. Proses menggiling bubuk pigmen tinta

 

Langkah pertama pengolahan pigmen tinta ini dengan mencampurkan 2 jenis cairan kimia secara bertahap menggunakan tangki stainless steel. 2 Cairan tersebut yaitu cairan resin dan pelarut solvet. Setelah itu baru diaduk dengan cepat dengan mesin pengaduk mekanik.

 

Setelah 2 cairan tersebut tercampur dengan merata kemudian ditambah dengan pasta tinta kasar atau bubuk pigmen. Hal ini pun juga dilakukan secara bertahap, tidak dimasukan secara langsung dalam jumlah yang banyak.

 

Setelah 3 bahan tersebut tercampur, bahan mentah tinta ini akan berbentuk gumpalan yang harus dipecah menjadi lebih kecil. Proses ini menggunakan teknik giling. Alat yang digunakan disebut dengan penggiling basket mill.

 

Setelah tinta mentah ini selesai digiling dan menjadi pasta halus, proses selanjutnya adalah dengan mencampurkan pelarut kimia untuk mengencerkannya. Proses ini berguna agar pasta lebih mudah diolah untuk proses selanjutnya.

 

Namun sebelum memasuki proses selanjutnya, untuk menjaga kualitas bahan dasar tinta, pasta akan di tes dahulu di laboratorium apakah formulasinya sudah tepat atau belum. Tes yang dilalui pasta tinta mentah ini berupa tes ukuran partikel, tes gloss, tes jumlah aditif, dan tes kadar pigmen.

 

  1. Proses Letdown agar menghasilkan tinta spidol yang berkualitas

 

Khusus untuk spidol whiteboard yang mudah dihapus, setelah pasta digiling dan di tes apakah formulasinya sudah tepat, langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan cairan aditif, pelarut dan resin dengan komposisi yang lebih banyak. Namun jika untuk spidol biasa langkah ini tidak memerlukan banyak tambahan bahan lagi.

 

Dari proses tersebut pasta sudah berubah menjadi tinta, namun masih belum siap pakai. Tinta masih mengandung beberapa kotoran sehingga perlu disaring agar lebih bersih. Baru setelah itu jika produk yang ingin dihasilkan spidol maka tinta dimasukkan dalam busa spidol. Namun jika produk yang ingin dihasilkan berupa tinta refill, maka tinta cukup dimasukkan dalam botol tinta refill.

 

Setelah siap dipakai, spidol tidak langsung dipasarkan. Melainkan akan melalui proses tes terakhir untuk menguji apakah spidol benar-benar layak pakai. Tes dalam proses ini berupa tes kelancaran tinta saat dipakai, tes kepekatan warna, dan bila tes kemudahan untuk dihapus bila spidol yang diproduksi adalah spidol seperti whiteboard.

 

Selain tes-tes diatas, ada juga tes lain yang harus dilalui spidol sebelum siap kemas. Yaitu tes untuk membuktikan apakah tinta mudah diserap oleh busa, atau yang disebut dengan tes kekentalan tinta. Jika semua tes membuktikan spidol layak pakai maka pihak penguji akan meneruskannya ke bagian pengepakan.

 

Proses pengepakan atau pengemasan spidol ini merupakan proses terakhir dalam pabrik spidol. Spidol dan tinta refill akan dikemas, dan dikelompokkan sesuai ukuran kemasannya masing-masing.

 

baca juga

HQline Pabrik dan Supplier Tinta Refill Spidol

HQLINE Tips for Filling Marker Ink Smudge-Free

 

Fungsi Spidol & Tinta Refill Spidol

 

Jika dilihat secara sekilas, spidol memang memiliki struktur pembentuk hampir sama seperti bolpoin. Sama-sama memiliki tinta di dalamnya dan memiliki bentuk yang juga hampir mirip. Namun ada beberapa perbedaan mendasar yang harus digaris bawahi antara spidol dan bolpoin ini. Jika bolpoin memiliki tinta yang dimasukkan ke dalam tabung kecil dan jenis tintanya lebih kental, maka dalam spidol tinta dimasukkan ke dalam busa penyerap. Kadar kekentalan pada tinta spidol ini juga cenderung agak encer daripada bolpoin.

 

Perbedaan-perbedaan ini juga bisa terlihat dari ujungnya. Bolpoin mempunyai roll putar berfungsi sebagai media untuk mengeluarkan tinta sehingga saat dicoretkan pada media tulis, tinta akan terlihat. Sedangkan pada spidol tidak terdapat roll putar diujungnya, melainkan menggunakan batang penyerap untuk tinta di dalamnya. Namun secara keseluruhan baik bolpoin maupun spidol sama-sama memiliki fungsi sebagai alat untuk menulis atau alat untuk menggambar. Keduanya pun sudah sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

 

Spidol sendiri ada dalam beragam jenis, namun yang paling umum digunakan adalah macam spidol seperti spidol permanen dan spidol whiteboard. Keduanya sama-sama difungsikan untuk menggambar atau menulis, namun digunakan dalam media yang berbeda. Ini karena keduanya mempunyai struktur tinta yang tidak sama pula. Yang satu mempunyai tinta yang tidak gampang hilang yaitu spidol permanen. Sehingga sering berfungsi sebagai penanda barang, atau alat untuk menulis di media seperti kertas. Sedangkan yang satunya lagi yaitu spidol whiteboard mempunyai tinta yang gampang dihapus, sehingga sering digunakan dalam dunia pendidikan seperti digunakan di papan tulis.

 

Baik itu spidol permanen maupun spidol whiteboard ini sama-sama memiliki tinta isi ulang atau yang biasa disebut juga dengan tinta refill. Hanya saja setiap spidol memiliki tinta refill yang tidak sama satu sama lainnya. Spidol seperti whiteboard memiliki tinta refill whiteboard, spidol permanen memiliki tinta refill permanen. Dan keduanya tidak boleh dimasukkan ke dalam spidol yang salah. Jika salah memasukkan jenis tinta, spidol tidak akan lagi berfungsi karena menghasilkan formula yang tidak pas. Sehingga tidak menghasilkan coretan tinta.

 

Lain halnya dengan spidol yang sering berfungsi sebagai penanda barang atau spidol permanen, dan yang sering difungsikan untuk menulis di papan tulis atau spidol whiteboard, ada juga spidol warna yang sering difungsikan untuk menggambar. Ada dalam banyak merek dan jenis spidol warna ini juga ada yang memiliki tinta refill. Namun umumnya spidol warna dengan tinta refill ini mahal dan banyak difungsikan oleh para seniman untuk membuat lukisan atau ilustrasi.

 

Jenis spidol yang sering digunakan untuk menggambar ini bisanya memiliki banyak jenis warna. Bahkan ada spidol yang difungsikan untuk mencampur antara dua warna berbeda. Banyak spidol jenis ini lah yang biasanya sering digunakan para seniman. Seringnya spidol-spidol seperti ini juga mempunyai tinta refill untuk mengisi ulang spidol warna tersebut.

 

Dalam bidang seni ini, ada juga spidol yang berupa drawing pen. Hampir mirip seperti bolpoin, karena coretannya tipis dan tidak terlalu tebal. Namun jenis alat tulis ini tetap digolongkan pada spidol bukan bolpoin. Hal ini karena tinta dalam drawing pen ini dimasukkan pada busa penyerap tinta. Dan ujung spidolnya berupa batang penyerap tinta pada busa di dalamnya. Drawing pen ini sendiri biasa difungsikan dalam dunia arsitektur, seperti untuk membuat sketsa bangunan, atau membuat denah bangunan dengan skala yang lebih kecil.

 

Tips Cara Menjual Spidol dan Tinta Refill Spidol dari HQLINE

Berikut ini akan dijelaskan cara berjualan di tinta spidol di marketplace TokoPedia, BukaLapak dan Shopee yang telah punya jutaan pengguna di seluruh Indonesia:

  1. BukaLapak

Untuk bisa berjualan di BukaLapak pastikan anda melakukan registrasi terlebih dahulu serta melakukan verifikasi identitas di website bukalapak.com. Buatlah nama toko yang sekiranya bagus dan menggambarkan isi dari toko anda.

Isikan password yang mudah diingat dan rahasiakan dari siapapun. Setelah semuanya selesai diisi, klik tanda centang di kolom “Setuju”. Kemudian klik ‘Daftar’. Sesaat setelah mendaftar, Anda akan langsung mendapatkan konfirmasi email di alamat sure Anda.

Silahkan buka email Anda dan klik tautan yang terdapat di dalamnya. Setelah itu isi profil toko Anda dan atur sedemikian rupa agar toko Anda mudah diidentifikasi oleh sistem di marketplace BukaLapak yaitu dengan mengisikan alamat dan deskripsi toko di halaman profil toko Anda.

Upload foto tinta spidol yang ingin anda jual dan masukkan karakteristik atau spek produk, gunakanlah bahasa yang menarik pembeli dan memberikan keterangan sejelas – jelasnya mengenai produk anda agar tidak menimbulkan kebingungan dan kesalahpahaman pada pembeli.

  1. TokoPedia

Marketplace TokoPedia merupakan salah satu platform jual beli yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia sehingga sangat potensial untuk dijadikan tempat berjualan tinta refill spidol.

Untuk bisa menjual tinta spidol di marketplace TokoPedia, sama saja dengan marketplace yang lain, dimana para penjual diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu caranya adalah dengan mengunjungi website tokopedia.co.id ataupun dengan mendownload aplikasi TokoPedia di ponsel Anda.

Apabila lewat aplikasi, proses pendaftaran akun untuk membuka toko jauh lebih mudah ketimbang lewat website. Untuk pendaftaran toko baru di aplikasi TokoPedia silahkan cari di kolom pencarian dengan kata kunci buka toko.

Kemudian cari kolom buka toko gratis dan klik. Silahkan diisi domain toko, nama toko dan alamat toko. Jangan lupa juga untuk menandai lokasi Anda di peta online dengan titik yang akurat untuk memudahkan kurir datang menjemput paket Anda.

Jika sudah, Anda sudah punya tko sekarang. Prosesnya memang cepat dan mudah. Tahapan selanjutnya yaitu mendesain halaman toko agar pengunjung bisa melihat profil toko anda di marketplace TokoPedia.

Kemudian tambahkan gambar tinta refill spidol di toko online Anda untuk memasarkannya. Diisi semua keterangan dan berat produk serta hal lain yang menjelaskan tentang tinta tersebut dengan tujuan agar diketahui oleh calon pembeli.

Dan selesai, semudah itu cara menjual tinta refill spidol di marketplace TokoPedia. Sekarang barang Anda sudah terpajang dan semua orang yang memiliki akun TokoPedia dari berbagai daerah bisa melihat produk Anda.

  1. Shopee

Marketplace selanjutnya yang juga lumayan digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah Shopee, ini merupakan satu – satunya marketplace buatan asing yang cukup sukses di Indonesia.

Cara menjual tinta refill spidol di marketplace Shopee lebih simple karena akun pembeli dan penjual bisa diakses secara bersamaan, berbeda dengan TokoPedia yang mengharuskan pengunjung mengakses halaman berbeda untuk membeli dan menjual produk.

Di Shopee, jika Anda sudah memiliki akun pembeli, Anda bisa langsung mengunggah produk yang ingin dijual sehingga secara otomatis Anda punya toko online. Registrasi untuk pembuatan akun cukup dilakukan satu kali.

Cara menjual tinta refill spidol di Shopee bisa dengan membuat akun bagi yang belum terdaftar sebagai anggota di arketplace Shopee. Seperti halnya marketplace yang lain, Anda harus mengisi biodata dan juga alamat agar pesanan bisa diambil ke lokasi Anda jika Anda memakai jasa antar jemput paket dari ekspedisi yang disediakan shopee.

Setelah membuat akun dan terdaftar di shopee sebagai member, Anda bisa langsung mengklik Toko Saya dan mendesain tampilan toko dengan template yang sudah disediakan maupun dengan desain yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Isilah profil toko yang memuat aturan – aturan di toko online Anda seperti pesanan terakhir diproses jam berapa dan toko Anda beroperasi di hari apa saja serta kapan liburnya. Dengan demikian pembeli bisa mengetahui saat toko Anda libur dan tidak bingung menanyakan kapan pesanan akan dikirim ketika jadwal toko sedang tdak beroperasi.

Selanjutnya tentu saja upload produk, unggahlah foto baik yang Anda ambil dari sumber lain di internet maupun dari hasil Anda memotret sendiri. Yang penting gambar terlihat jelas dan menarik.

Isi judul produk secara jelas jangan ada simbol – simbol yang tidak diperlukan untuk menghindari produk tidak muncul di pencarian. Misalnya Anda menjual tinta refill spidol, maka tuliskan saja judulnya dengan nama TINTA REFILL SPIDOL MERK X tak perlu diberi tambahan simbol berupa tanda strip (-) dan lain – lain agar algoritmanya tidak rusak dan produk Anda mudah muncul di halaman utama.

Keuntungan jika produk Anda muncul di halaman pertama, maka akan memperbesar peluang produk dibeli oleh para customer sehingga lebih laris dan meningkatkan omzet penjualan di toko online Anda. Demikianlah cara menjual tinta refill spidol di marketplace yang bisa Anda praktekkan.

 

HQLINE : Produsen dan Pabrik Spidol & Tinta Refill Spidol

Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Fax: (022) 751 4316

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *