Strategi SEO Ketika AI Mengubah SEO

undercover.co.id – Strategi SEO Ketika AI Mengubah SEO , Cara Membangun Strategi SEO yang Terbukti di Masa Depan Ketika AI Mengubah SEO , Pahami implikasi SGE dan pastikan strategi SEO Anda saat ini terlindungi. Ikuti 5 kiat terbaik berikut ini untuk memulainya.

Sudah lebih dari enam bulan sejak Open AI meluncurkan ChatGPT dan menandai era baru AI.

Sejak saat itu:

  • Google telah memperkenalkan Search Generative Experience (atau SGE), sebuah pencarian beta yang didukung oleh AI.
  • ChatGPT menambahkan kemampuan pencarian yang kuat dengan plugin Bing.
  • Google meluncurkan dan meningkatkan chatbot AI-nya sendiri, Bard.
  • Semua orang berbicara tentang AI sepanjang waktu. Sangat mudah untuk merasa bosan.

Tetapi semua orang membicarakannya karena memiliki potensi yang sangat besar dan sudah menunjukkan kegunaannya.

Namun akhir-akhir ini, saya perhatikan diskusi telah sedikit mendingin.

Tidak sepenuhnya, seperti dalam kata “beku”, tetapi “mendingin” karena kita sekarang memahami kemampuan AI jauh lebih baik setelah fase hype awal. Kita bisa lebih baik menempatkan seberapa bagusnya alat AI saat ini.

Bulan Mei adalah bulan pertama di mana jumlah pencarian untuk “chat gpt” menurun (-14,2%, menurut Similarweb), tetapi total trafik ke chat.openai.com masih terus meningkat. Lalu lintas seluler tampaknya menurun, tetapi ingat, ChatGPT meluncurkan aplikasi seluler.


Banyak ahli SEO yang ingat bagaimana CNET menerbitkan konten AI dengan informasi yang salah di dalamnya.

Namun, creditcard.com dan Bankrate juga menerbitkan konten AI.

Dan pada akhirnya, konten AI di ketiga situs ini tampil seperti konten yang dibuat oleh manusia. Bencana PR ini menjadi besar karena CNET tidak memeriksa fakta konten sebelum dipublikasikan.

Namun, justru itulah intinya: Kami menyadari bahwa kami belum sampai pada titik di mana konten AI dapat dipublikasikan dalam keadaan sempurna. AI hanya dapat membuat draf kotor, menunjukkan sudut pandang yang menarik, dan menghilangkan hambatan penulis (mungkin beberapa langkah pengeditan seperti memperbaiki tata bahasa yang buruk). Untuk saat ini.

Kita bisa melihat ke mana arahnya: ke atas. Model-model baru dengan jumlah parameter pelatihan yang jauh lebih tinggi bermunculan di mana-mana.


Perhatikan skala logaritmiknya; kita melihat gelombang alat bantu AI yang mengedit, meringkas, dan membuat konten dalam semua format.

Tidak dapat dihindari bahwa kita akan menuju masa depan di mana AI ada di setiap perangkat lunak dan mengubah pemasaran secara fundamental.

Bahkan para kritikus AI terbesar pun mengakui bahwa kita sedang menuju masa depan di mana AI menjadi taruhannya.

Semua orang – ya, semua orang – di dunia teknologi saat ini sedang memikirkan tiga pertanyaan:

  • Akan seperti apa masa depan AI?
  • Bagaimana dampaknya terhadap kita?
  • Apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapinya?
  • Izinkan saya mencoba menjawab ketiga pertanyaan ini untuk SEO:

Implikasi dari Pengalaman Penelusuran Generatif (SGE)

Rekomendasi untuk memastikan masa depan bisnis Anda tidak akan masuk akal tanpa memahami implikasi SGE.

Perlu diingat bahwa SGE masih dalam versi beta. Versi publik yang seharusnya diluncurkan pada bulan Desember mungkin terlihat sangat berbeda, dan kami belum memiliki data apa pun tentang lalu lintas dari SGE.

Semua pernyataan dalam tulisan ini adalah asumsi berdasarkan apa yang saya lihat dalam versi beta. Meskipun demikian, saya menghabiskan banyak waktu dengan SGE, dan dengan mesin pencari selama 13 tahun terakhir.

SGE kemungkinan akan mengarahkan lebih sedikit lalu lintas ke sebagian besar situs yang memiliki peringkat kata kunci dibandingkan dengan versi pencarian saat ini, hanya karena SGE memberikan jawaban atas pertanyaan dan dapat mengarahkan pencari lebih dalam ke dalam percakapan dengan Bard, bukan ke situs web.

Cuplikan Unggulan pada steroid, dengan sedikit ruang untuk hasil organik. Jika Anda ingin mendapatkan gambaran tentang berapa banyak lalu lintas yang dapat dipertaruhkan, kurangi semua kueri pertanyaan dan peringkat PAA dari lalu lintas organik Anda saat ini.


Misalnya, filter kueri konsol penelusuran Anda dengan regex “apa|mengapa|di mana|kapan|bagaimana” dan hitung pangsa trafik tanpa merek. Itulah jumlah yang bisa Anda hilangkan.

Pengecualiannya adalah peringkat situs di korsel di samping. Pertanyaan jutaan dolar adalah apakah pengguna akan mengklik situs tersebut atau tidak. Perasaan saya mengatakan ya.

Bahkan dengan jawaban yang bagus untuk pertanyaan pencari, mereka mungkin masih ingin mengklik situs untuk mendapatkan gambaran lengkap, ulasan manusia, atau jawaban yang lebih baik. Ada kemungkinan besar bahwa sebagian besar situs yang berada di peringkat untuk kata kunci mendapatkan lebih sedikit lalu lintas, tetapi situs yang ditampilkan di korsel mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Strategi SEO Ketika AI Mengubah SEO

Sama seperti pengguna yang tidak meninggalkan Google untuk Bing ketika Bing menjadi yang pertama kali menampilkan jawaban AI, pengguna telah membangun kepercayaan dan kebiasaan dengan situs web tertentu selama bertahun-tahun.

Jadi, salah satu asumsi yang perlu divalidasi adalah apakah pencari puas dengan jawaban SGE atau apakah mereka mengklik situs untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kata kunci yang berbeda menunjukkan format dan tingkat detail yang berbeda dalam jawaban AI, yang mengarah pada pertanyaan tentang industri mana yang akan terkena dampak paling besar dari SGE.

Sebelum adanya AI, Google kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang panjang dengan baik. Model bahasa besar (LLM) dan AI generatif memecahkan masalah tersebut.

Mereka mencocokkan hasil dengan hasil pencarian web klasik untuk mengurangi halusinasi dan memeriksa fakta jawaban AI, yang bekerja dengan sangat baik untuk kueri informatif. Hasilnya, perusahaan yang memonetisasi volume trafik di semua tahap perjalanan pengguna akan terkena dampak paling besar: penerbit dan afiliasi.

Peritel, merek direct-to-customer (DTC), dan bisnis lokal mungkin akan lebih sulit lagi karena Google langsung menampilkan daftar produk/bisnis kecuali jika kueri penelusuran berisi pertanyaan (selain “terbaik”).

Bersama dengan GoogleTest untuk menghubungkan Google Merchant Center secara langsung ke kasir Anda, Google kemungkinan besar sedang membangun sebuah pasar untuk bersaing langsung dengan Amazon.

Untuk pertama kalinya, ruang YMYL (uang Anda atau hidup Anda) mungkin akan lebih mudah untuk mengarahkan lalu lintas organik daripada yang lain. Mengapa? Sebagian besar ruang YMYL sangat diatur, dan jawaban AI mungkin termasuk dalam kategori saran, yang dilarang tanpa lisensi.

Saya tidak berasumsi bahwa Google ingin mengambil risiko tersebut dan mungkin akan menjauhi mereka sepenuhnya atau sampai mereka menemukan solusi yang lebih baik. Meskipun kita telah melihat contoh SGE menjawab pertanyaan YMYL yang sensitif di versi beta, saya kurang yakin SGE akan melakukannya di versi publik.

Karena SGE terlihat dan bekerja sangat berbeda dengan versi Search saat ini, data yang kita gunakan dalam SEO tidak akan berguna lagi.

Ada kemungkinan Google akan memperbarui GSC dengan data yang berhubungan dengan SGE atau memberikan kita alat yang baru. Namun jika tidak, kita akan kehilangan banyak data peringkat yang membantu kita merekayasa ulang bagaimana hasil pencarian saat ini.

baca juga

Bagaimana Bisnis Dapat Mempersiapkan Diri Untuk Sukses

Solusi yang lebih baik akan muncul setelah SGE keluar dari versi beta, dan kita semua memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna dampak dan versi finalnya. Sampai saat itu, kita bisa membuat asumsi tentang masa depan berdasarkan apa yang kita lihat sejauh ini.

  1. Membangun Opsionalitas Dengan Lalu Lintas Langsung
    Trafik langsung adalah tanda popularitas terkuat – sering kali merupakan trafik dengan konversi terbaik – dan dapat memberikan pilihan ketika trafik organik memisahkan diri.

Ada beberapa cara untuk membangun lalu lintas langsung:

Pengalaman yang luar biasa dengan produk Anda: layanan pelanggan yang luar biasa, orientasi yang cepat, dan keterlibatan yang tinggi.
Pemosisian dan pesan yang kuat.
Iklan.
Konten.

  1. Cari Cara Baru Untuk Mempelajari Apa yang Dicari Pelanggan Anda
    Volume penelusuran adalah kutukan dan berkah. Hal ini sudah ada sejak lama.

Lebih baik jalankan eksperimen dalam pencarian berbayar untuk melihat seberapa baik kata kunci dapat dikonversi.

Karena tidak jelas apakah kita masih akan mendapatkan metrik permintaan seperti volume pencarian atau metrik visibilitas seperti peringkat kata kunci untuk mempelajari apa yang diinginkan pengguna dan apa yang berhasil dalam SEO, kita perlu cara lain untuk mencari tahu apa yang dicari pelanggan.

Salah satu cara terbaik adalah berbicara dengan pelanggan tentang perjalanan pengguna dan pencarian mereka.

Sebagai contoh, seseorang yang sedang mencari kasur mungkin memiliki kebutuhan khusus seperti mengurangi sakit punggung. Jadi, mereka mungkin mencari “kasur terbaik untuk sakit punggung”, “kasur terbaik untuk sakit punggung dan sleep apnea”, atau “apakah kasur dapat membantu mengatasi sakit punggung”.

Jika Anda tidak dapat berbicara dengan pelanggan dan prospek secara langsung, tanyakan transkrip panggilan penjualan atau dukungan dengan AI (alat seperti Humata memungkinkan Anda melakukannya).

  1. Membuat Konten yang Tidak Dapat Ditiru Mesin
    Dua hal yang tidak dapat ditiru oleh AI adalah pengalaman dan keahlian. Hal yang terakhir ini mungkin dapat dilakukan oleh AI di masa mendatang, tapi tidak untuk saat ini.

Bahkan jika mesin dapat meniru pengalaman di beberapa titik, manusia mungkin lebih tertarik pada pengalaman manusia lain.

Saat ini, Anda dapat memikirkan kata kunci dan topik apa yang memiliki maksud yang tinggi untuk pengalaman. Panduan perjalanan adalah contoh yang jelas, tetapi bahkan dalam ulasan produk atau ketika menjelaskan masalah, Anda dapat menekankan pengalaman.

Siapa yang menulis konten sudah penting, tetapi mungkin menjadi lebih penting lagi. Beberapa penulis sangat terhubung dengan suatu topik sehingga tidak ada mesin generik yang dapat menggantikan mereka.

Perusahaan perlu bertanya pada diri sendiri bagaimana mereka dapat membawa penulis terbaik untuk topik mereka – dan mungkin memonopoli konten mereka. Saya tidak akan terkejut jika perusahaan secara eksklusif melisensikan konten dari beberapa ahli di masa mendatang.

  1. Temukan Sudut Pandang yang Tepat

Topik memiliki sudut pandang yang berbeda, seperti pro dan kontra, perbedaan antara topik yang serupa, atau untuk siapa topik tersebut.

Karena SGE menyoroti sudut pandang tertentu tentang topik (kita tidak tahu mengapa dan logika di balik sudut pandang ini mungkin semakin canggih), perusahaan harus pandai mencakup semua sudut pandang dalam konten mereka atau secara efisien mencari tahu yang mana yang lebih disukai Google untuk kata kunci target, dan menyesuaikan konten yang sesuai.

Sudut pandang berbeda dengan sub topik. Sudut pandang adalah pandangan tentang topik utama dan subtopiknya. Perusahaan harus berusaha memasukkan sudut pandang dalam konten mereka hari ini.

  1. Percepat Pekerjaan Anda Dengan AI
    AI bekerja dua arah. AI mengubah pencarian dan juga cara kita bekerja. Kemajuan terbesar – sejauh ini – adalah dalam hal kecepatan.

Para ahli yang bekerja di integrator – perusahaan yang harus membuat konten sendiri untuk mendorong lalu lintas organik – dapat membuat draf pertama dalam hitungan menit dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengedit dan memberikan sentuhan pribadi dan keahlian mereka.

Mereka kemudian dapat menggunakan AI untuk menantang artikel, menemukan sudut pandang baru, dan menghilangkan kesenjangan. Mereka bahkan dapat menggunakan petunjuk yang baik untuk menyegarkan dan menyetel konten secara teratur.

Para ahli di agregator – perusahaan yang memanfaatkan UGC atau inventaris produk untuk meningkatkan SEO – dapat mengembangkan petunjuk cerdas untuk mengisi ribuan atau jutaan halaman dengan potongan-potongan kecil informasi berdasarkan data mereka sendiri atau data publik. Data dari API dapat dikontekstualisasikan dan disajikan dengan cara yang jauh lebih baik.

Kesimpulan: AI Berjalan Dua Arah – Kemunculan AI datang secara perlahan dan kemudian dengan cepat.

Sekarang, kita mencapai “ketinggian jelajah” dan mulai memahami dengan lebih baik di mana AI efektif dan mana yang tidak.

Saya berbicara dengan banyak tim internal dan agensi.

Ketika saya bertanya kepada mereka seberapa sering mereka menggunakan AI, saya melihat banyak tatapan kosong. Banyak yang belum pernah mencobanya. Itu adalah kesalahan besar.

Tidak mencoba sama sekali akan membuat Anda membangun opini berdasarkan desas-desus dan membaca judul berita.

Cara terbaik untuk memastikan masa depan bisnis Anda adalah dengan tetap terlibat dengan AI, mendorong batas-batas, dan mencoba hal-hal baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation