Perkembangan teknologi dewasa ini semakin membuat kita sangat fleksibel dalam mengerjakan berbagai hal.
Baik itu bekerja, bermain, bersosialisasi, bahkan menjelajahi sesuatu untuk mendapatkan suatu informasi.
Dan hal-hal di atas bisa dilakukan dengan sebuah sistem jaringan yang disebut dengan internet.
Sama-sama kita pahami kalau dalam penggunaan internet bisa melalui berbagai jenis perangkat. Desktop, seperti personal computer dan laptop, atau mobile, seperti tablet dan smartphone.
Website Harus Bersifat Mobile-Friendly, Benarkah?
Tapi tahukah Anda kalau peselancar di internet dominan memakai perangkat apa?
Di antara ke dua jenis perangkat di atas, yang paling banyak digunakan untuk berselancar di internet adalah mobile.
Ini didasari atas hampir seluruh manusia di dunia memiliki perangkat mobil, baik tablet maupun smartphone.
Karena selain dapat dibawa kemanapun, perangkat yang bersifat mobile sangat membantu mempermudah kegiatan manusia sehari-harinya.
Bisa dibayangkan jika membawa laptop kemana-mana sambil berjalan? Ya, yang didapatkan hanyalah keribetan.
Sehingga, banyak situs web yang mengatur tampilannya menjadi situ yang mobile-friendly,
Mobile-friendly adalah tampilan yang didesain agar bisa dilihat pada perangkat yang memiliki layar kecil, serta dioptimalkan untuk seluler/mobile.
Situs web yang bersifat mobile-friendly mempunyai penyesuaian terhadap besar-kecilnya ukuran serta format yang terdapat di dalam website tersebut.
Penyesuaian tersebut meliputi:
- Jelasnya tulisan menu dan isi yang ada di dalamnya
- Komponen situs web yang ada, seperti tombol atau scroll, termasuk touch-friendly
- Kedinamisan navigasi dan sinkron bagi perangkat mobile.
Alhasil, situs web yang telah mobile-friendly memberikan kenyamanan yang lebih efisien dengan yang tidak.
Google Penyebab Terjadinya Mobilegeddon
Pada tahun 2015 lalu, tepatnya di bulan 26 Februari dan 21 April, terjadi sebuah ‘bencana’ di internet.
Bencana tersebut terjadi di mesin pencarian terpopuler, Google.
Google mengumumkan rilis suatu algoritma yang baru di tanggal 26 Februari di tahun tersebut.
Algoritma baru tersebut merupakan pengatur peringkat di hasil pencarian dengan berdasarkan website yang nyaman dan sesuai dengan perangkat yang mobile.
Ya, situs web mobile-friendly menjadi salah satu dari sekian banyak faktor pemeringkatan. Dan algoritma tersebut diluncurkan pada 21 April.
Munculnya algoritma ini didasari atas banyaknya pengguna mesin pencari yang mengakses menggunakan perangkat mobile.
Disebut sebagai sebuah bencana, karena algoritma tersebut berefek kepada semua situs web.
Baik itu yang sudah termasuk peringkat teratas, maupun yang baru menetas.
Sebab, pada tahun tersebut terdapat 40% lebih situs web yang telah terindeks oleh Google belum mobile-friendly.
Tampilan website hanya disesuaikan dengan tampilan desktop.
Setelah algoritma itu diluncurkan pada 21 April terjadi sebuah perubahan masif.
Website yang tidak mobile-friendly langsung menghilang dari peringkat hasil pencarian.
Padahal sebelumnya website tersebut berada di posisi pertama di kata kunci tertentu.
Sehingga, atas terjadinya sebuah perubahan yang sangat besar itu membuat website ‘kalang-kabut’ layaknya bencana.
Dan bencana ini disebut sebagai Mobilegeddon.
Alasan Penting Mengapa Website Harus Mobile-Friendly
Berbeda dari sebelum tahun 2015 lalu, kini website mesti memiliki desain yang bisa disesuaikan dengan perangkat mobile.
Desain tampilan website yang bisa sesuai dengan tampilan berbagai perangkat dinamakan dengan tampilan yang responsive.
1. Perangkat mobile mendominasi di internet
Telah dijelaskan sebelumnya kalau ternyata perangkat mobile, yakni tablet dan smartphone, merupakan penggunaan yang terbesar di dunia.
Dan juga merupakan perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengakses dan berjelajah di internet.
Tentu, dominasi ini akan membuat ekosistem berinternet terjadi perubahan dari tahun ke tahun. Apalagi perangkat mobile selalu berkembang di setiap tahunnya.
Maka dari itu, jika Anda sedang mengembangkan suatu website, buatlah website Anda tersebut mobile-friendly.
Tujuannya agar bisa mudah diakses oleh peselancar yang berperangkat mobile.
2. Merupakan satu dari banyak faktor pemeringkatan hasil pencarian
Google telah menjelaskan secara gamblang kalau mobile-friendly adalah satu dari sekiat banyak faktor pemeringkatan.
Itu didasari atas terciptanya sebuah algoritma yang digunakan Google di mesin pencariannya.
Serta didasari oleh sudah mendominasinya peselancar yang menggunakan perangkat mobile dalam menggunakan mesin pencari mereka.
Sehingga untuk bisa meningkatkan pengalaman penggunanya, maka Google menyeleksi kembali situs web yang sudah terindeks.
Akibatnya, situs web yang belum mobile-friendly dan responsive akan tersingkir dari daftar teratas hasil pencarian suatu keyword.
Maka, ini menjadi salah satu alasan urgent bagi Anda yang menargetkan website mempunyai tempat yang strategis atau berada di tempat teratas.
3. Meningkatkan pengalaman dalam berselancar
Tentu saat berselancar di suatu situs web, kenyamanan memerankan peranan penting bagi peselancar.
User experience yang apik akan menciptakan pengalaman yang mengasyikkan. Dan bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri.
Apalagi jika peselancar perangkat mobile berkunjung situs web Anda.
Dan ternyata situs web tersebut sangat nyaman dikunjungi karena sudah mobile-friendly.
Bagaimana jika tidak? Hal tersebut akan berdampak buruk.
Peselancar akan merasa tidak nyaman dan merasa kesulitan saat berkunjung ke situs web Anda.
Peselancar juga akan merasa kerepotan karena harus menggunakan perangkatnya dengan dua tangan serta harus zoom in dan zoom out tampilan website di layar perangkat mereka.
Alhasil, akan menciptakan pengalaman tidak menyenangkan dan peselancar akan berpikir dua kali jika mengunjungi website Anda.
4. Peningkatan traffic akan terjadi
Traffic situs web Anda akan terasa berkembang dan meningkat dari hari ke hari.
Sebab situs Anda yang sudah mobile-friendly akan lebih diprioritaskan oleh Google.
Kemudian akan muncul di hasil pencarian pada keyword yang Anda targetkan.
Telah disebut tadi bahwa kalau satu dari sekian banyak faktor pemeringkatan oleh Google adalah website yang sudah mobile-friendly, apalagi sudah responsive.
5. Menciptakan sebuah kredibilitas
Kredibilitas website Anda, atau bahkan brand Anda, akan tercipta.
Hal ini disebabkan brand Anda yang memiliki adaptasi yang luar biasa terhadap algoritma yang terjadi di mesin pencarian.
Mobile-friendly, responsive, memberikan pengalaman berselancar yang menyenangkan, dan memiliki konten atau produk yang berkualitas tinggi.
Sehingga akan terbenam suatu mindset bagi peselancar bahwa brand dan website Anda sangat bagus dan berkredibilitas tinggi.
Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda.
Tidak hanya traffic yang akan tinggi, namun juga terciptanya brand awareness dan meningkatnya hasil penjualan produk di website Anda yang responsive dan mobile-friendly tersebut.
read more
Cara Mengetahui Website yang Mobile-Friendly
Cara untuk mengetahui website Anda sudah termasuk sebagai website yang mobile-friendly atau belum sangatlah sederhana.
Anda cukup mengunjungi suatu link yang dimiliki langsung oleh Google. Berikut linknya:
https://search.google.com/test/mobile-friendly
Kemudian, masukkan link website Anda dan tekan “Test URL”. Tunggu beberapa saat sampai pop-up yang muncul tersebut sudah tidak tampil lagi.
Setelah itu akan muncul result yang menjelaskan apakah website Anda tersebut termasuk kepada mobile-friendly atau tidak.
Jika website Anda belum termasuk mobile-friendly, maka akan dijelaskan apa penyebabnya oleh Google.
Sehingga Anda bisa kembali mengatur website Anda agar menjadi mobile-friendly.
Demikian betapa pentingnya website Anda untuk bisa menjadi sebuah website yang mobile-friendly dan responsive.
Sehingga akan memberikan peluang yang besar dalam mencapai keberhasilan strategi SEO website Anda.