10 Dasar Pemasaran Digital

10 Dasar Pemasaran Digital Yang Harus Diketahui Setiap Pro SEO

https://undercover.co.id/ – 10 Dasar Pemasaran Digital , Sementara “niching down” adalah kunci untuk menguasai satu area, Anda masih memerlukan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar pemasaran digital ini untuk memimpin dalam pemasaran.

Untuk profesional SEO dan pemimpin organisasi pemasaran yang mencoba mendanai pertumbuhan dan pemulihan dengan melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit, meninjau kembali anggaran Anda dan sumber daya yang tersedia sebelum tahun 2022 sangat penting.

Itu selalu praktik yang baik untuk mengalokasikan sebagian dari anggaran untuk berinovasi dan menguji ide-ide baru. Tetapi bagian dari anggaran itu mungkin menyusut karena pemasar mencari strategi dan taktik pemasaran digital yang telah terbukti dan teruji untuk memaksimalkan kinerja tahun ini.

https://undercover.co.id/ Di kolom ini, kita akan menjelajahi 10 bidang dasar pengetahuan dan peluang pemasaran digital yang mungkin ingin Anda manfaatkan (seperti yang Anda rencanakan untuk bulan dan tahun mendatang).

10 Dasar Pemasaran Digital

10 Dasar Pemasaran Digital: Memahami Kehadiran Digital Perusahaan Anda


Tentu, Anda memiliki pegangan yang baik pada media yang Anda miliki. Bagaimanapun, ini adalah bagian dari konten, daftar dan profil, situs web, dan aset lain yang Anda buat sendiri.

Dan sebaiknya Anda mengetahui di mana dan kapan merek Anda muncul secara online di penempatan berbayar.

Tetapi media yang diperoleh bisa rumit. Jika Anda tidak secara aktif memantau penyebutan merek, konten sosial yang relevan, ulasan online, dan tautan masuk, apakah Anda benar-benar memiliki gambaran yang jelas tentang keberadaan web Anda secara keseluruhan?

“Diperoleh” bukan hanya apa yang secara aktif ingin Anda bangun. Mendengarkan sosial, wawasan pencarian, dan pemantauan reputasi membantu Anda menginventarisasi dan memantau keberadaan web Anda secara keseluruhan.

10 Dasar Pemasaran Digital; Dasar-dasar Cara Kerja Mesin Pencari


SEO telah berkembang dari saluran pemasaran digital tunggal menjadi pusat saraf intelijen bisnis organisasi.

Memiliki pemahaman yang kuat tentang cara kerja mesin telusur akan membantu Anda dan tim Anda tidak hanya mengoptimalkan konten untuk ditemukan, tetapi juga memperdalam pemahaman Anda tentang cara orang mencari, mempelajari, dan juga mengonsumsi konten.

Mengembangkan apresiasi atas seluk-beluk perayapan dan pengindeksan mesin pencari akan memandu Anda dalam menyusun situs web dan halaman untuk visibilitas maksimum.

Mengetahui bagaimana algoritme penelusuran memberi peringkat konten – dan apa yang tidak dapat dilakukan algoritme – dapat membantu Anda mengoptimalkan konten dengan lebih baik dan mendiagnosis masalah dengan lebih cepat saat analitik Anda mengarah ke sana.

Jangan lupa bahwa Google juga bukan satu-satunya permainan mesin pencari di kota ini.

10 Dasar Pemasaran Digital

10 Dasar Pemasaran Digital: Pengalaman Pengguna Digital Dan Perjalanan Pelanggan

Berhasil dalam menarik audiens mengharuskan Anda memiliki pemahaman yang mendalam dan bermakna tentang siapa orang-orang itu dan masalah apa yang Anda pecahkan untuk mereka.

Google juga mengetahuinya – pembaruan algoritmenya semakin berfokus pada peningkatan pengalaman yang dialami orang-orang saat online dan menghilangkan gesekan dalam setiap perjalanan pelanggan.

Konsumen saat ini memahami bahwa pengorbanan privasi yang melekat pada pelacakan online adalah pertukaran nilai. Mereka mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi sebagai balasannya.

Di seluruh perangkat, sesi, dan platform, pelanggan mengharapkan interaksi dan pengalaman yang mulus dari awal hingga akhir.


Pandangan holistik di seluruh siklus hidup pelanggan ini akan menjadi taruhan ke depan

10 Dasar Pemasaran Digital: Dasar-dasar Analisis Pesaing


Seni dan ilmu analisis pesaing berkembang; di ruang online, pesaing mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan.

Ya, Anda bersaing untuk “airtime” dengan bisnis lain yang menjual produk dan layanan seperti milik Anda.

Namun hari ini, perusahaan bersaing dengan publikasi media, jejaring sosial dan forum, daftar bisnis paket peta, aset video dan foto, dan lebih banyak lagi dalam hasil pencarian yang semakin kaya dan beragam.

Ada semakin banyak titik kontak potensial untuk pesaing, juga – podcast dan iklan video, pemberitahuan push dari geofencing, pemasaran influencer, dan augmented reality di ruang fisik di antara mereka.

Sangat penting bahwa Anda memiliki pandangan yang jelas tentang siapa yang tampil di depan pelanggan Anda dan bagaimana caranya. Bukan agar Anda dapat meniru upaya mereka – itu bukan cara untuk menonjol.

Analisis pesaing akan menginformasikan alokasi anggaran ke jenis konten, jaringan iklan, dan kampanye yang akan membuat merek Anda tetap diingat dan diposisikan di depan paket di setiap saluran yang memungkinkan.

10 Dasar Pemasaran Digital

10 Dasar Pemasaran Digital: Konten Dan Pemasaran Digital


Konten merupakan bagian integral dari kesuksesan pemasaran sehingga kami sekarang melihat agensi pemasaran dan merek memperoleh studio konten mereka sendiri.

Anda mungkin tidak dalam posisi untuk membangun atau membeli seluruh studio internal. Ukuran organisasi Anda dan cakupan kebutuhan konten Anda akan memandu strategi produksi terbaik.

Bagi sebagian orang, ini berarti membawa penulis, editor, videografer, fotografer, dan materi iklan lainnya ke dalam perusahaan.

Yang lain memilih untuk menambah tim pemasaran internal dengan agensi atau materi iklan lepas – atau bahkan menyerahkan produksi sepenuhnya kepada kontraktor eksternal.

Yang paling penting bukanlah bagaimana hal itu bersatu tetapi merek Anda memiliki orang-orang, proses, dan alat untuk membuat dan mempromosikan konten yang dioptimalkan pada skala yang dibutuhkan audiens Anda.

10 Dasar Pemasaran Digital: Iklan Online


Hasil pencarian organik yang diperoleh dengan susah payah dan tahan lama memang berharga, tetapi sebagian besar strategi pemasaran digital juga memiliki elemen promosi berbayar.

Tidak ada kekurangan pilihan di sisi berbayar, mulai dari tampilan dan SEM hingga iklan asli, iklan media sosial, di luar rumah (OOH) dan digital di luar rumah (DOOH), dan seterusnya.

Memperluas pengetahuan Anda tentang dasar-dasar periklanan online berarti memahami:

  • Model penetapan harga media berbayar seperti CPM atau CPC.
  • Platform dan taktik periklanan tersedia di ruang Anda.
  • Berbagai jenis materi iklan termasuk teks, video, dan citra.
  • Kemajuan dalam teknologi iklan, seperti Smart Bidding .
  • Masalah privasi dan dampaknya terhadap kuantitas dan kualitas data yang tersedia untuk Anda.
  • Mengubah perilaku konsumen dan dampaknya terhadap apa yang bergema dalam salinan iklan.
  • Tetap terkini tentang apa yang terjadi di lanskap media berbayar yang terus berkembang sangat penting bagi semua pemasar digital – tidak hanya mereka yang bertanggung jawab langsung atas manajemen kampanye.

Untuk ahli SEO, pemasar email, pemasar konten, dan CMO yang mendorong strategi, mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang media berbayar dapat membantu Anda memanfaatkannya dengan lebih baik untuk melengkapi dan menambah semua jenis kampanye.

10 Dasar Pemasaran Digital: Media Sosial


Media sosial masih merupakan saluran yang bagus untuk menemukan dan menarik pelanggan potensial.

Fitur bisnis bervariasi menurut platform tetapi setidaknya, merek Anda harus mengklaim semua profil dan daftar yang tersedia. Jika Anda kurang aktif pada beberapa, gunakan deskripsi atau atribut untuk mengarahkan prospek agar terhubung pada saluran Anda yang lebih aktif.

Beberapa lupa bahwa Twitter, LinkedIn, Facebook, Instagram , Tiktok , Youtobe dan jaringan lain masing-masing memiliki fungsi pencarian sendiri yang dapat digunakan konsumen untuk menemukan bisnis yang relevan juga.

Di sosial, konsumen mencari merek yang otentik dan responsif. Mereka mungkin membaca ulasan di Facebook atau jejaring sosial khusus sebelum melakukan konversi, jadi memantau dan menanggapi ulasan baru adalah kuncinya.

Memiliki alur kerja dan izin untuk memastikan pemasar sosial garis depan diberdayakan untuk terlibat tetapi ada perlindungan merek di tempat. Memiliki layanan pelanggan yang jelas dan proses eskalasi masalah yang tersedia untuk memastikan setiap interaksi sepositif dan berguna mungkin.

10 Dasar Pemasaran Digital: Dasar-dasar Analisis


Pandemi virus corona mengajari banyak tim pemasaran tentang risiko hanya mengandalkan data historis untuk memandu kinerja di masa mendatang.

Memiliki akses ke analitik real-time (atau sedekat mungkin dengan real-time) sangat penting di dunia di mana inovasi teknologi, faktor keuangan dan sosial ekonomi, dan banyak lagi dapat mengubah lanskap bisnis dalam sekejap mata.

Sekali lagi, ini adalah area di mana Anda mungkin tidak sepenuhnya mahir – dan tidak apa-apa. Anda tidak perlu menguasai Google Analytics 4 untuk menerapkannya pada organisasi Anda.

Sebaliknya, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang platform analitik apa yang tersedia, jenis data mana yang memberikan wawasan paling berharga, dan jenis profesional apa yang paling baik dapat mendorong proses analitik Anda.

Kesadaran ini akan membantu Anda membangun tim dan memilih alat yang akan Anda gunakan untuk mendorong area fundamental pemasaran digital berikutnya dalam daftar kami: intelijen bisnis.

10 Dasar Pemasaran Digital: Mengaktifkan Data Sebagai Intelijen Bisnis


Ketika titik kontak konsumen meningkat dalam volume dan frekuensi, para pemimpin pemasaran menemukan bahwa solusi titik yang terputus tidak lagi memotongnya.

Memiliki akses ke analisis deskriptif, diagnostik, prediktif, dan preskriptif di dalam satu dasbor yang mudah digunakan mendorong jenis wawasan dan pengoptimalan yang benar-benar menggerakkan jarum.

Organisasi harus dapat melihat melampaui diri mereka sendiri untuk mengidentifikasi peluang baru dan uang yang tersisa di atas meja. Perilaku pelanggan, analisis kompetitif, wawasan pencarian real-time, dan tren ekonomi makro semuanya mendorong pengambilan keputusan bisnis.

Dan di lingkungan saat ini, hampir tidak mungkin untuk menganalisis data itu pada skala apa pun (apalagi mengaktifkannya melalui analisis) pada skala apa pun.

Yang membawa kita ke poin terakhir: otomatisasi cerdas.

10 Dasar Pemasaran Digital: Terprogram, Pembelajaran Mesin, dan Otomatisasi


Pembelian media otomatis bukanlah hal baru tetapi berkembang pesat, dan pembelanjaan iklan terprogram diperkirakan mencapai $100 miliar pada tahun 2022.

Pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan juga membuat media organik lebih menarik, karena kami bergerak di luar analisis prediktif dan pengoptimalan yang direkomendasikan untuk benar-benar memiliki bantuan teknologi dalam mempersonalisasi konten secara real-time.

AR/VR menciptakan hubungan yang lebih dalam antara pelanggan dan merek serta menghadirkan pengalaman yang lebih mulus dan mendalam .

Faktanya, kita berada di puncak adopsi aliran luas metaverse, alam semesta virtual yang belum dimanfaatkan di mana kita akan dapat membawa elemen dari dunia fisik kita. Implikasinya terhadap pemasaran belum diketahui, dan antisipasinya sangat jelas .

Baik bisnis Anda menggunakan otomatisasi cerdas dalam proses bisnis Anda, meningkatkan penargetan iklan dan ROI dengan terprogram, atau ingin menciptakan dunia virtual yang sama sekali baru bagi pelanggan, tetap mengikuti perkembangan teknologi pemasaran digital akan membantu Anda dengan baik.

baca juga

SEO Sebagai Pemimpin Dalam Transformasi Digital pada 2022


Sebagai jembatan antara TI, pemasaran, dan penjualan dan penengah semua hal data, para profesional SEO baca https://undercover.co.id/ memiliki posisi yang baik untuk memimpin organisasi mereka melalui transformasi digital pada tahun 2022.

10 Dasar Pemasaran Digital , Baik fokus Anda adalah SEO teknis, pengoptimalan konten, pembuatan tautan, atau lokal – atau organisasi ukuran apa pun tempat Anda bekerja, baik itu bisnis kecil hingga perusahaan – memiliki pemahaman holistik tentang semua saluran dan taktik pemasaran digital menempatkan Anda untuk memimpin ke depan.

Jika Anda masih mencari peluang untuk memperluas pengetahuan Anda, lihat kursus pemasaran digital ini dan daftar program sertifikat pemasaran digital ini untuk membantu Anda memulai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!