10 Trik untuk Mengoptimalkan Google Hangouts

Tim SEO
Jasa

Google Hangouts sudah bukan barang asing lagi untuk Anda yang sering melakukan video conference, webinar, atau video chat via PC. Google Hangouts juga menawarkan opsi video chat dengan kerabat, atau rekan kerja.

Google Hangouts telah terintegrasi dengan akun Gmail, sehingga bila Anda menggunakan Gmail, tak perlu repot-repot membuat akun baru lagi.

Untuk fungsi dasar, seperti mengirimkan pesan teks, juga cukup simpel dan mudah dipelajari di Hangouts. Intinya, bila Anda butuh software untuk chatting dan video call, Hangouts pun bisa jadi pilihan Anda.

Namun selain fungsi dasar,Google Hangouts punya fitur tersembunyi yang bisa Anda optimalkan. Apa saja?

1. Buat percakapan tak terdeteksi

Google punya pengaturan default yang menyimpan rekaman percakapan di Google Hangouts, entah itu percakapan teks, suara, maupun video.

Bila percakapan yang Anda lakukan sifatnya rahasia dan sensitif, tentu ini bisa sangat melanggar privasi. Belum lagi bila Anda menggunakan akun perusahaan; bisa saja rekamannya tetap tersimpan bahkan setelah Anda meninggalkan tempat tersebut.

Jika Anda sering melakukan percakapan sensitif, atau lebih suka agar percakapan Anda tidak disimpan Google, Anda bisa mematikan fitur ini.

Caranya, buka jendela chat, lalu klik tombol Options. Di sana, hapus centang pada “Hangout History”, dan kemudian tekan “OK”. Setelah ini, percakapan Anda kelak tidak akan tersimpan. Bila Anda ingin menyimpan chat lagi, maka buka Options lagi dan centang kotaknya.

2. Menelepon ke Nomor Telepon

Tentu saja Hangouts bisa digunakan untuk bertukar pesan teks dan video chat. Namun Hangouts bisa digunakan untuk menelepon ke saluran telepon juga, menggunakan layanan VoIP. Jadi, bila Anda ingin mengontak seseorang yang sedang tidak terhubung ke internet, Anda bisa menggunakan fitur dari Google Hangouts ini.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat nomor telepon gratis di Google Voice, dan Anda bisa menelepon nomor ponsel.

Fitur ini bisa digunakan  gratis dari nomor ponsel US ke nomor ponsel US, namun jika menelepon di luar Amerika Serikat pun Anda bisa melakukan panggilan dengan rate Rp 1000/menit.

3. Easter Eggs: Kuda Poni

Anda bisa mengejutkan lawan bicara Anda dengan memenuhi layar chatnya dengan kuda poni.

Ini adalah salah satu Easter Egg dari Google Hangouts. Caranya mudah, cukup ketik /ponystream di chat box Anda. Kelak di chat box lawan bicara Anda akan ada segerombol kuda poni yang lewat.

Ini akan jadi ice breaker yang unik untuk percakapan Anda dan lawan bicara Anda.

4. Tunjukkan dengan gambar

Jika Anda sulit mengatakannya, kenapa tidak menunjukkannya dengan gambar?

Anda bisa membuat gambar Anda sendiri dengan Googla Hangouts. Caranya, arahkan kursor ke foto icon ke kanan bawah layar. Setelah itu, akan muncul ikon pensil di sebelah ikon foto. Klik, dan Anda akan diberikan sebuah halaman putih kosong. Selain itu, di jendela atas ada palet warna, Anda bisa mengganti warna atau ukuran pena. Anda bisa membuat presentasi sederhana menggunakan kertas ini, yang akan sangat menolong bila Anda melakukan video conference atau webinar.

Tidak banyak fitur lain yang tersedia di tools gambar ini. Meski demikian, masih cukup untuk membuat gambar-gambar sederhana.

5. Tak perlu minimize

Kadang merepotkan juga bila chatting sambil kerja. Anda harus berganti-ganti window, dan membuka menutup jendela chat ini bisa sangat buang-buang waktu. Jika Anda sedang multitasking, Anda bisa mengatur agar chat box ini tetap muncul di desktop tanpa perlu buka tutup Hangouts.

Untuk melakukannya, klik tombol di kanan atas window Anda. Chat Anda akan keluar dari Gmail atau Google+ page Anda ke sebuah window terpisah, dan bisa Anda tempatkan ke manapun yang Anda mau.

6. Kirim massa yang marah

Sedang tegang dengan lawan bicara Anda? Mengirimkan massa bisa jadi cara yang lucu untuk mencairkan suasana, sekaligus mengekspresikan perasaan Anda. Ketik /pitchforks di kotak chat Anda, maka segerombolan kecil orang dengan garpu tala akan muncul di chat box teman Anda.

7. Tetap terhubung saat mobile

Bila Anda adalah pengguna tetap Google Hangout, maka akan sangat penting bila Anda tetap terhubung secara mobile dengan Google Hangouts.

Jika demikian, Anda bisa mengunduh aplikasinya. Hangouts tersedia baik di Android maupun iOS, sehingga Anda bisa tetap menggunakan Google Hangouts tanpa membuka PC.

Secara garis besar semua fungsi Hangouts di PC ada juga di mobile. Artinya Anda bisa menggunakan Hangouts untuk berkirim pesan dengan kolega saat istirahat makan siang, bahkan melakukan video call.

Hangouts secara otomatis akan tersinkron dengan data Hangouts di PC, apabila Anda login dengan akun yang sama. Namun tetap perlu diingat bahwa Hangouts menyedot data yang lumayan besar terutama saat video call.

8. Pindahkan Chat List

Secara default, daftar kontak Anda muncul di sisi sebelah kiri layar. Jika Anda lebih suka kontak ini berada di kanan, Anda bisa mengubahnya.

Caranya adalah buka menu pengaturan, lalu pilih Labs. Dari sana, pilih opsi enable right-side chat.

Jika Anda ingin mengembalikannya, maka buka menu pengaturan, lalu hilangkan saja centang tadi. Kelak chat list ini akan kembali berada di kiri layar.

9. Ganti avatar teman

Jika ada teman dengan username yang mirip atau punya nama hampir sama, mungkin Anda jadi kebingungan untuk mengontak yang mana.

Bila ingin membedakannya, ada cara mudah; Anda bisa mengganti avatar mereka. Avatar ini hanya akan muncul dan terganti di akun Anda, jadi teman Anda tidak perlu tahu.

Untuk menggantinya, silakan cari orang yang ingin avatarnya Anda ubah di list Kontak. Setelah itu klik “Contact Info”. Dari sana, pilih “Change Photo”, lalu pilih gambar yang mau Anda jadikan avatar di kontak teman Anda ini.

10. Integrasikan Penerjemah

Berkomunikasi dengan seseorang yang tidak bisa Bahasa Inggris? Google punya bot yang bisa membantu Anda dalam hal ini. Dengan bots yang disediakan Google, Anda bisa mengetik kata-kata yang ingin Anda kirimkan, lalu Google akan menerjemahkannya secara otomatis.

Bot ini terintegrasi dengan Google Translate, sehingga pilihan bahasanya sangat melimpah.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mengatur chat dengan bot. Misalkan Anda ingin mentranslasikan bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, maka Anda perlu memulai percakapan dengan bot bernama “id2en”. Jika Anda mengirimkan pesan berbahasa Indonesia ke bot id2en, maka id2en akan otomatis membalasnya dengan terjemahan dalam bentuk bahasa Inggris.


Google File’s Go, Solusi Melegakan Penyimpanan Ponsel

Google tampaknya berusaha melakukan pendekatan berbeda dalam mengekspansi pasar. Alih-alih menciptakan aplikasi kelas berat untuk smartphone high-end, Google justru menyasar aplikasi ringan yang tepat guna.

Ini karena Google ingin menyasar kelas pengguna low-end dan mid-end, dengan ponsel berprosesor rata-rata dan RAM kurang dari satu giga.

Ini adalah sebuah langkah inisiatif dari Google, yang disebut Android Go. Android Go adalah inisiatif Google untuk memaksimalkan penggunaan smartphone dengan RAM 512 MB dan memori internal yang kecil. Sasarannya adalah negara berkembang, seperti Indonesia dan berbagai negara di Afrika, yang sampai kini masih banyak menggunakan ponsel kelas low-end.

Ponsel seperti ini mungkin sudah mulai jarang kita gunakan, namun berbagai belahan negara, dan di kota-kota kecil, pengguna ponsel semacam ini masih banyak ditemukan.

Tengoklah Google Allo dan Duo, yang didesain ringan dan simpel. Ada pula Android Oreo Go Edition, OS Android terbaru namun khusus untuk Android dengan RAM kecil.

Yang terbaru kini adalah Google Files Go. Aplikasi ini akan membantu pengguna Android dalam melegakan penyimpanan ponselnya, menemukan file dengan cepat, dan bertukar file secara offline dengan pengguna Android lain di sekitarnya.

Artikel kali ini akan membahas mengenai Files Go dan fitur-fiturnya. Apa saja?

Pembersih file lama

Seperti yang telah disebutkan, Files Go mampu melegakan media penyimpanan Anda yang penuh sesak.

Caranya adalah Files Go akan memindai media internal Anda, lalu menunjukkan folder-folder plus detail seberapa besar penyimpanan yang termakan oleh folder-folder tersebut. Anda bisa segera memantau file-file apa saja yang tak perlu disimpan, lalu hapus saja.

Selain itu aplikasi ini juga bisa menghapus cache dan temporary files yang tertinggal oleh aplikasi yang sudah lama dihapus.

Ada pula bagian khusus yang menunjukkan file-file besar. Anda bisa mempertimbangkan menghapusnya, jadi bisa melegakan space memori lebih cepat.

Selain itu Files Go akan memberi tahu Anda bila penyimpanan mulai penuh, aplikasi lama tak terpakai, dan file duplikat.


Pindahkan ke Memori Eksternal

Kadang-kadang kita tanpa sadar menyimpan file di memori internal. Kebiasaan ini lambat laun akan membuat memori penyimpanan terlalu penuh, menyebabkan ponsel jadi terasa lemot.

Bila Anda sering lupa, Anda bisa mencoba fitur dari Files Go. Files Go akan memperlihatkan space yang tersedia baik di memori internal maupun memori SD. Anda juga bisa memindahkan file-file ini ke SD Card, langsung dari dalam aplikasi.


Rekomendasi Pintar
Secara berkala Files Go akan memberikan Anda rekomendasi tentang file-file apa saja yang sebaiknya dihapus. Ini akan membantu Anda yang sering lupa menghapus data-data lama.

Selain itu Files Go punya metode sendiri dalam mengumpulkan dan menyortir file Anda, jadi Anda akan dibantu menemukan file walaupun folder Anda melimpah ruah.

Inovasi terhadap metode mengumpulkan dan menyortir ini patut diacungi jempol. Memberikan pengguna akses cepat ke berbagai file dari hasil unduhan, file ari bluetooth, gambar, video, audio, atau dokumen jadi terasa mudah dan tidak perlu pindah-pindah banyak folder.


Airdrop versi Google
Seperti Airdrop di iPhone, Files Go bisa digunakan untuk berbagi file offline. Menggunakan aplikasi ini, Anda bisa bertukar gambar, video, dokumen, bahkan aplikasi pada orang di sekitar. Aplikasi ini bisa digunakan offline, jadi tidak menyedot kuota Anda.

Jangan khawatir disadap. Fitur transfer ini dilengkapi dengan enkripsi WPA2, sehingga proses transfer file jadi lebih aman.

Bagaimana caranya? Bluetooth. File transfer dengan Bluetooth adalah cara biasa, namun orang mulai jarang menggunakannya. Mengintegrasikannya dengan aplikasi adalah langkah yang bisa dibilang cerdas, dan akan membantu pengguna mengurangi konsumsi data berlebih.

Backup ke Google Drive

Kadang kita merasa sayang bila harus menghapus satu file, namun bila disimpan terus akan memenuhi memori. Anda bisa memindahkannya ke server online menggunakan Files Go

Yang perlu Anda lakukan adalah login ke akun Google Drive, lalu Anda bisa otomatis mengunggah file Anda dari ponsel ke Google Drive, melalui Files Go.

Selain Google Drive, Files Go juga bisa digunakan dengan cloud server lain semacam Dropbox.

Nah, demikian tadi beberapa fitur yang tersedia di Files Go. Aplikasi ini ringan, hanya 6 MB. Tidak ada malware atau bloatware yang bisa membuat ponsel Anda makin lemot.

baca juga

Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

Kesimpulan

Aplikasi ini akan sangat membantu Anda yang sampai kini masih menggunakan ponsel jadul dengan spesifikasi pas-pasan.

Namun jika Anda menggunakan ponsel kelas atas, dengan RAM besar dan penyimpanan nyaris tanpa batas, maka aplikasi ini bukan untuk Anda. Mungkin Anda masih bisa menggunakannya, namun dampaknya tidak terasa signifikan. Di jaman semua serba cloud dan memori penyimpanan sampai 128 GB, rasanya pembersih file bukan sesuatu yang wajib.

Namun Files Go masih akan berfungsi optimal sebagai sebuah aplikasi File Manager. Anda akan sangat terbantu dengan algoritma pencariannya yang simpel dan intuitif. Tak perlu bongkar-bongkar folder, Anda bisa menemukan dan mendapatkan file yang Anda perlukan.

Google mengingatkan bahwa Files Go masih perlu banyak pengembangan, namun semua fitur fundamental sudah ada di sana. Google sendiri tampaknya sengaja tak memberikan fitur berlebih dalam aplikasi ini; toh yang penting-penting sudah tersedia.  Google belum berencana serius dengan aplikasi ini, namun bila respon pengguna baik, Google mungkin saja akan mengembangkannya secara serius.

Jika Anda sedang berencana menciptakan aplikasi tepat guna untuk kelas ponsel low-end, aplikasi ini bisa jadi langkah awal yang bagus.

Jasa
error: Content is protected !!