7 Cara Mudah Memilih Tema WordPress Yang SEO Friendly

SEO UNDERCOVER CO ID 44

undercover.co.id – Tema WordPress yang ramah SEO tentu akan semakin menempatkan WordPress berada di halaman utrama Google. Sebagai pengguna website, itulah salah satu alasan mengapa memilih tema tidaklah sembarangan.

Bagi Anda yang memilih platform website dalam berbisnis maka pastikan tema yang Anda pilih adalah yang SEO Friendly. Meski terdengar sepele, namun masih banyak pengguna website (khususnya pemula) yang tidak menggunakan tema yang sesuai sehingga website sulit dijangkau dan tidak masuk di halaman utama mesin pencari.

Tema tentunya menjadi bagian yang penting pada sebuah website. Ketika seseorang berkunjung ke website Anda, maka kesan utama saat masuk ke halaman website adalah tampilan tema. Tema yang menarik tentu akan membuat pengunjung betah belama-lama dalam menjelajahi website. Namun, hal lain yang harus diperhatikan di sini adalah tema harus sesuai dengan produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Bagaimana cara memilih tema WordPress yang SEO Friendly?

Berbisnis dengan menggunakan platform WordPress akan sangat memudahkan Anda karena menyediakan tema bawaan yang dapat Anda gunakan secara gratis. WordPress juga menyediakan beberapa fitur yang akan membantu pengguna dalam meningkatkat kualitas SEO. Memilih tema yang ramah SEO tentunya tidak mudah khususnya bagi Anda yang menggunakan WordPress untuk berbisnis online. Ada beberapa trik yang harus Anda lakukan demi mendapatkan tema yang ramah SEO.

Berikut beberapa tips memilih tema WordPress yang ramah SEO;

1.Memilih desain yang Responsive dan Mobile Friendly

Mobile friendly menjadi hal penting dalam memilih tema karena akan berdampak langsung terhadap SEO. Hal ini karena Google dalam menentukan peringkat website akan lebih mengutamakan yang ramah untuk pengguna Mobile. Anda pastinya juga tahu mengapa harus Mobile Friendly. Alasannya adalah karena semakin banyak pengguna Smartphone dan orang cenderung mencari berbagai informasi melalui perangkat Handphone.

Tema WordPress yang responsive juga akan disukai oleh pengunjung. Mereka akan lebih menghabiskan lebih banyak waktu untuk berada di suatu website yang memiliki tema yang bagus dengan kecepatan yang maksimal. Orang juga akan meninggalkan situs web yang memiliki loading lebih dari 3 detik. Hal ini bisa Anda jadikan patokan agar memilih tema yang menarik namun tetap meningkatkan layanan dengan kecepatan loading yang maksimal.

2.Bisa digunakan oleh semua Browser

Setiap orang memiliki kenyaman tersendiri untuk mengakses sebuah webiste. Tidak semua orang menggunakan Google Chrome. Beberapa di antara mereka mungkin lebih memilih Mozila Fifox, Opera dan browser lainnya. Dalam hal memilih tema, Anda juga harus memperhatikan apakah tema tersebut juga bisa digunakan untuk semua browser. Ini sangat penting. Meskipun website sudah ramah SEO namun tidak bisa digunakan oleh semua browser juga akan berakibat buruk terhadap SEO. Untuk memudahkan SEO menyeleksi sebuah website, maka sangat penting agar tema website kompatibel untuk semua browser.

3.Cocok untuk berbagai Plugin SEO

Plugin SEO akan semakin membantu memaksimalkan SEO pada WordPress. Agar nantinya website lebih optimal, maka usahakan agar tema yang dipilih juga cocok untuk semua Plugin SEO. Beberapa tema yang dipilih ada yang menjadi penghalang mengapa sebuah WordPress justru tidak menggunakan Plugin. Salah satu alasannya adalah karena tema tersebut ternyata tidak kompatibel dengan website. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda sebaiknya memilih tema yang cocok untuk semua Plugin. Apabila sebuah tema sudah dioptimalkan oleh SEO, maka tidak akan lebih mudah dipasang Plugin.

4.Memilih tema yang ringan

Anda pasti pernah berkunjung ke sebuah website yang temanya bagus namun sangat berlawanan dengan loading yang sangat lama. Hal ini bisa dikarenakan oleh pemilihan tema yang berat dan akhirnya justru berdampak buruk pada website. Mesin pencari seperti Google tentunya juga akan mempertimbangkan website yang memiliki tema yang berat dan kecepatan yang kurang maksimal. Memilih tema yang ringan sebenarnya sudah mampu mengoptimasi SEO WordPress. Tema yang ringan juga tidak selalu buruk. Pilih tema ringan yang eye catching sehingga pengunjung tetap merasa nyaman saat berkunjung ke website Anda.

5.Tampilan menarik dan navigasi yang mudah

Pengunjung tidak hanya menikmati konten ketika berkunjung ke sebuah website. Mereka juga akan mencari website mana yang memiliki navigasi yang mudah khususnya bagi Anda yang menggunakan WordPress untuk jualan online. Navigasi yang sederhana akan memudahkan pengunjung mulai dari memilih produk hingga melakukan pembayaran. Google juga akan mencari website yang memiliki navigasi yang mudah untuk diletakkan di peringkat utama.

Bagi Anda yang berbisnis layanan jasa, usahakan agar memilih tampilan tema yang menarik. Beberapa penyedia layanan jasa tentunya memilih warna yang menarik namun tetap memberikan kesan yang sederhana. Tampilan menarik tidak hanya memberikan dampak yang baik untuk ke depan tetapi juga lebih disukai mesin pencari.

baca juga

6.Pilih tema yang aman dan terjamin

Tidak semua tema gratisan tidak aman dan tidak semua tema premium juga aman. Hal ini harus Anda pikirkan saat memilih tema untuk website Anda. Yang terpenting saat memilih tema adalah keamanannya. Terlebih jika Anda menggunakan website untuk berbisnis dan melakukan transaksi di dalamnya. Salah memilih tema bisa membuat Anda rugi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pilih tema yang aman dengan memperhatikan beberapa aspek. Jika Anda meyakini bahwa harus membeli tema demi keamanan, maka tidaklah masalah.

7.Berhati-hati terhadap tema bajakan

Semakin banyaknya orang yang memutuskan untuk berbisnis online tentu akan muncul jasa pembuatan tema dengan menawarkan harga yang murah. Anda harus lebih berhati-hati dalam membeli tema. Jika salah pilih maka akan mendapatkan tema bajakan yang justru bahaya untuk website Anda. Tentu modus ini masih dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika memang ingin membeli tema, pastikan di tempat yang resmi dan bergaransi sehingga meminimalisir adanya tema bajakan.

Pada wordpress memang biasanya terhadap fitur untuk mengedit tema. Namun kebanyakan orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis akan membeli tema yang lebih bagus untuk kebutuhan websitenya.

Perkembangan website akan memaksa pengguna agar semakin kreatif dalam mengelola website. Semakin banyak orang yang berbisnis online tentu akan memunculkan persaingan yang semakin ketat. Yang terpenting dari memilih tema yang SEO Friendly adalah mampu menarik minat pengunjung agar kembali lagi ke website Anda.

baca juga

    Desain merupakan faktor utama apakah orang akan kembali berkunjung ke website Anda atau tidak. Selain itu, konten menarik dan fungsionalitas lainnya juga akan menjadi penentu apakah website Anda layak berada pada rangking utama mesin pencari atau tidak. Dalam menyeleksi sebuah website, Google tidak bisa dibohongi. Hanya yang mampu optimasi SEO dengan tepat saja yang bisa menempati peringkat utama di Google. Pastikan website Anda juga merupakan salah satu yang ada di halaman utama.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh