- Apa itu halaman pilar?
- 9 contoh halaman pilar dalam SEO
- Panduan pemasaran email Drip
- Pasar saham Investopedia untuk remaja
- Panduan kamera Wirecutter
- Panduan produktivitas HubSpot
- Panduan kartu kredit dari Nerdwallet 101
- Panduan penelitian kata kunci dari Surfer
- Panduan chatbot Drift
- Panduan SEO Amazon dari Similarweb
- Panduan struktur tim Stripe
- Hal-hal penting yang bisa diambil
- Kesimpulan
- Banyak pemasar konten masih terus membangun konten di sekitar kata kunci yang kompetitif. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat meningkatkan arsitektur situs, otoritas domain, lalu lintas penelusuran organik, dan peringkat Anda ketika Anda menerapkan strategi pilar dan klaster?
Algoritme Google, seperti E-E-A-T, sangat berfokus pada konten yang berharga dan berdasarkan keahlian yang membantu pencari dalam memenuhi maksud pencarian mereka.
Dan halaman pilar membantu Anda mendapatkan peringkat karena memberikan Anda platform untuk menampilkan pengalaman dan keahlian Anda tentang topik tersebut, yang pada gilirannya, menunjukkan otoritas dan kepercayaan – semua hal yang disukai Google.
Saya telah mengumpulkan contoh-contoh halaman pilar terbaik; pelajari ini untuk membantu Anda membangun otoritas topik dan mendapatkan manfaat SEO lainnya.
Apa yang akan kamu pelajari
Apa itu halaman pilar dan bagaimana halaman pilar merupakan faktor peringkat utama
Bagaimana artikel tingkat tinggi ini bermanfaat bagi pemasaran konten dan strategi SEO Anda dengan peringkat pencarian yang lebih tinggi, lalu lintas yang lebih banyak, dan rasio pentalan yang menurun
Lihat contoh-contoh bagus dari halaman pilar yang sedang beraksi dan bagaimana mereka menggunakan tabel lengket, judul, konten, multimedia, dan tautan untuk mengilustrasikan otoritas topikal
Apa yang dimaksud dengan halaman pilar?
Halaman pilar, juga disebut postingan pilar, adalah bagian konten tingkat tinggi yang komprehensif yang memberikan gambaran umum topik yang luas kepada pengunjung situs web Anda dengan tautan ke konten terkait. Halaman pilar mirip dengan halaman arahan atau tujuan arahan dalam hub konten Anda, atau klaster konten, karena berisi tentang topik, produk, layanan, atau sumber daya utama.
Anda secara internal menautkan ke semua halaman klaster lain dari halaman pilar, yang merupakan sumber daya topik utama. Untuk lebih mengoptimalkan strategi tautan internal Anda dan meningkatkan lalu lintas organik, setiap halaman klaster harus berisi tautan internal ke halaman pilar (dan satu sama lain).
Sebuah penelitian terbaru tentang kekuatan halaman pilar mengungkapkan hal berikut:
Dengan demikian, halaman pilar adalah aspek penting dari strategi pemasaran digital yang sukses saat Anda membangun klaster topik yang secara konseptual relevan untuk membangun otoritas topik – salah satu poin penting dari algoritme E-E-A-T.
Ada beberapa manfaat lain dari penerapan model klaster topik, strategi hub dan spoke, strategi halaman pilar, atau strategi konten topik klaster.
Memiliki situs konten yang dikhususkan untuk hub konten inti akan meningkatkan peringkat dan lalu lintas web Anda karena Google dan mesin pencari lainnya lebih memahami tentang apa situs web Anda karena bot pencarian mengenali hubungan antara halaman dengan tema yang sama.
Berikut ini contoh apa itu halaman pilar dan klaster jika topik besarnya adalah “Apa itu halaman pilar?”
Dalam contoh ini, Anda memiliki tiga komponen inti dari klaster topik atau pusat konten:
Anda memiliki halaman pilar – “Apa itu halaman pilar?” – di tengah.
Kemudian semua halaman topik klaster berada di sekitar halaman pilar.
Semuanya juga saling menautkan satu sama lain: halaman pilar menautkan ke klaster, setiap klaster menautkan ke topik halaman pilar, dan setiap klaster menautkan satu sama lain.
Tidak semua halaman pilar terlihat persis sama. Contoh saya di atas adalah salah satu jenis halaman pilar – panduan “Apa itu X?”. Jenis-jenis lainnya termasuk:
Halaman pilar sumber daya
Halaman pilar layanan atau produk
Cara memandu
Halaman pilar konten 10x lipat (artikel yang isinya 10x lebih baik dari yang ada di luar sana)
9 contoh halaman pilar dalam SEO
Berbagai elemen harus ada agar halaman pilar dapat dikategorikan sebagai halaman pilar. Halaman pilar yang sangat baik haruslah demikian:
Menjadi sumber daya utama dengan satu halaman yang dibuat di sekitar topik tertentu dengan kata kunci tertentu
Memiliki beberapa kelompok topik dengan halaman terkait yang ditautkannya
Memiliki daftar isi
Dioptimalkan, mudah dicerna atau dibaca sekilas, selalu hijau, dapat dibagikan, ringkas, ramah pengguna, interaktif, dan mendalam
Kami tidak akan membuat Anda menunggu lebih lama lagi. Berikut adalah 9 contoh halaman pilar yang memenuhi kriteria halaman pilar yang sangat baik:
Panduan pemasaran email Drip
Drip adalah perusahaan perangkat lunak otomatisasi pemasaran email, jadi sangat masuk akal jika mereka memiliki halaman pilar tentang pemasaran email. Lagi pula, hampir 60% pencari menggunakan internet untuk mencari informasi.
Jenis halaman pilar: Panduan konten 10x
Jumlah tautan internal: 54
Jumlah tautan eksternal: 42
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Halaman Drip tentang pemasaran email adalah panduan komprehensif, yang mencakup konten klaster yang terkait dengan berbagai contoh email berdasarkan jenis, industri, dan musim (mulai dari email ucapan terima kasih, keranjang yang ditinggalkan, Paskah, dan hari libur hingga email untuk mereka yang berada di industri B2B, biro perjalanan, dan e-dagang).
Jenis laman landas ini juga melihat praktik terbaik pemasaran email, yang sangat berharga bagi para pembaca.
Apa yang saya sukai dari ini?
Halaman pilar ini dirinci dengan banyak sekali contoh yang bisa digunakan oleh para pemasar email dalam bisnis mereka. Halamannya panjang, tetapi setiap contoh email memiliki setidaknya dua contoh nyata dalam bentuk gambar dan GIF sehingga pembaca bisa melihat email tersebut beraksi.
Daftar isinya mengapung di sisi kiri (ini adalah daftar lengket) jadi Anda bisa langsung melompat ke topik yang paling Anda minati. Namun, saya lebih menyukai tabel yang lebih mendetail, seperti tabel tarik-turun, untuk menuju ke contoh email tertentu, daripada menggulir enam hingga tiga belas contoh dalam setiap kategori utama.
Saya juga menyukai bilah kemajuan berwarna merah muda panas yang memberi Anda gambaran tentang posisi Anda pada halaman pilar ini.
Pasar saham Investopedia untuk remaja
Contoh halaman pilar lain yang bagus adalah panduan pasar saham Investopedia untuk remaja. Selain fakta bahwa “remaja” adalah bagian dari judul halaman, jelas siapa target pembacanya ketika Anda melihat bahasa yang digunakan.
Jenis halaman pilar: Panduan
Jumlah tautan internal: 18
Jumlah tautan eksternal: 9
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Halaman konten pilar Investopedia jelas merupakan panduan utama tentang segala sesuatu tentang pasar saham untuk orang dewasa muda. Halaman ini menampilkan daftar isi, bagian poin-poin penting, informasi dalam ukuran kecil dengan poin-poin, kotak info, dan definisi-definisi penting.
Halaman pilar bahkan menyertakan permainan untuk mengajari remaja tentang pasar saham dan buku-buku bila mereka ingin mempelajari lebih lanjut.
Apa yang saya sukai?
Saya suka bagaimana seluruh halaman konten Investopedia ditujukan untuk remaja. Halaman pilar ini adalah bagian dari seri “Future First: Pelajaran Uang untuk Remaja”, yang terdiri dari 29 panduan tentang masalah uang.
Meskipun tidak ada gambar yang digunakan, saya tidak merasa artikel ini terlalu panjang karena bagian-bagian seperti poin-poin penting, istilah-istilah saham yang wajib diketahui, dan poin-poin membuat teksnya mudah dipindai dan dicerna. Secara keseluruhan, kontennya tertata dengan baik dan berada di peringkat pertama dalam peringkat pencarian untuk berbagai kata kunci.
Panduan kamera Wirecutter
Panduan kamera NY Times Wirecutter menyediakan konten yang mendalam tentang kamera sehingga pembaca dapat menemukan kamera yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Menurut Smart Insights, salah satu alasan utama (43,4%) orang menggunakan internet adalah untuk meneliti produk dan merek, sehingga panduan tentang kamera sangat berguna.
Jenis halaman pilar: Panduan
Jumlah tautan internal: 33
Jumlah tautan eksternal: 0
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Panduan kamera oleh Wirecutter adalah halaman pilar karena ini adalah artikel blog yang komprehensif tentang satu topik: kamera apa yang harus dibeli oleh pembaca. Artikel ini menyisakan ruang untuk membahas jenis kamera dan lainnya di halaman hub dan secara cerdik menautkan ke konten yang ada di situs.
Apa yang saya sukai dari situs ini?
Glosarium di bagian akhir merupakan sumber daya yang bagus untuk membantu para pemula memahami konten dengan lebih baik.
Panduan ini juga menggunakan gambar di beberapa bagian untuk memecah teks paragraf yang panjang, dan judul yang dioptimalkan untuk tujuan penelusuran, seperti “Saya ingin belajar cara mengambil foto yang lebih baik,” secara jelas mengatur konten sekaligus berbicara langsung kepada pembaca untuk membantu mereka menemukan solusi bagi titik kesulitan atau masalah mereka.
baca juga
- 11 Brand yang Berhasil Menggunakan Sosial Media
- 10 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Website
- Cara Jitu Launching Website Bisnis Anda
- 9 Tanda-Tanda Toko Online Palsu
- Rekomendasi Web Hosting Terbaik
Panduan produktivitas HubSpot
HubSpot membuat “Panduan Utama untuk Aplikasi dan Perangkat Lunak Produktivitas” untuk membantu pembaca meningkatkan produktivitas mereka.
Jenis halaman pilar: Pilar konten 10x
Jumlah tautan internal: 8
Jumlah tautan eksternal: 47
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Anda mungkin berpikir bahwa artikel blog ini bukan merupakan halaman pilar karena mengandung terlalu banyak tautan eksternal. Tetapi panduan ini merupakan halaman pilar karena menautkan ke halaman lain di situs web HubSpot, seperti artikel yang mereka buat tentang aplikasi lain.
Halaman pilar menggali lebih dalam tentang aplikasi produktivitas dengan tinjauan singkat tentang apa itu aplikasi produktivitas. Kemudian membahas 41 aplikasi ini dengan informasi tentang siapa yang paling cocok menggunakan aplikasi ini, biaya, ringkasan tentang apa yang dilakukannya dan fitur-fitur utama, dan apa yang disukai HubSpot tentang aplikasi ini.
Apa yang saya sukai dari aplikasi ini?
Informasi pada halaman pilar ini diatur dengan sangat baik dengan judul yang jelas. Bilah kemajuan yang muncul di bagian atas artikel saat menggulir adalah ide bagus sehingga Anda tahu di mana Anda berada di halaman yang panjang.
Saya juga suka bahwa halaman pilar dapat dipindai sehingga saya dapat dengan cepat melihat aplikasi produktivitas apa yang terbaik untuk saya dan tim saya.
Kartu kredit Nerdwallet 101
Jika Anda ingin mengetahui semua hal yang perlu diketahui tentang kartu kredit, membaca panduan “Kartu Kredit 101” dari Nerdwallet adalah suatu keharusan.
Jenis halaman pilar: Pilar konten 10x
Jumlah tautan internal: 24
Jumlah tautan eksternal: 0
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Artikel blog dari Nerdwallet adalah halaman pilar karena menargetkan kata kunci tertentu yang terkait dengan kartu kredit dan memiliki banyak tautan internal ke klaster topik.
Halaman ini memberi pembaca gambaran umum yang luas tentang topik tersebut, dan jika mereka menginginkan informasi yang lebih rinci, klik pada salah satu tautan akan membantu mereka.
Apa yang saya sukai?
Kontennya sangat mudah dicerna, dengan paragraf, judul, dan poin-poin pendek yang dioptimalkan untuk SEO. Anda juga bisa mengklik tag sebelum pengantar untuk membaca lebih lanjut tentang kartu kredit.
Saya juga menyukai kuis interaktif “Temukan jenis kartu kredit yang tepat”, di mana Anda harus menjawab tiga pertanyaan sebelum mendapatkan rekomendasi.
Panduan penelitian kata kunci peselancar
Tentu saja, saya harus menyertakan contoh halaman pilar milik Surfer sendiri tentang penelitian kata kunci.
Jenis halaman pilar: Cara memandu
Jumlah tautan internal: 24
Jumlah tautan eksternal: 10
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Panduan riset kata kunci benar-benar sebuah panduan jika Anda ingin mengetahui cara melakukan riset kata kunci untuk situs web atau blog WordPress Anda. Halaman pilar memiliki banyak contoh di bawah setiap judul, yang benar-benar merupakan nilai tambah bagi pembaca.
Artikel ini menautkan ke sumber daya lain di situs Surfer dan alat seperti SERP Analyzer dan Keyword Research Tool untuk membantu pembaca dengan konten dan strategi kata kunci mereka.
Apa yang saya sukai dari hal ini?
Saya harap saya tidak terlalu bias dengan apa yang saya sukai dari halaman pilar ini.
Tabel tempel dengan tombol “kembali ke topik” adalah sebuah kemenangan, dan Surfer bahkan menyatakan bahwa artikel ini akan memakan waktu 27 menit untuk dibaca sehingga Anda tahu berapa banyak waktu yang harus disisihkan untuk mencerna semuanya. Tentu saja, Anda bisa melompat ke satu atau dua bagian yang relevan jika perlu.
Saya menyukai studi yang dikutip Tomasz dan semua panduan mini langkah demi langkah untuk menambah otoritas, relevansi, dan keahlian pada topik tersebut. Penambahan kepribadian membuat ini menjadi contoh halaman pilar yang bagus untuk dicontoh dan dibaca.
Panduan chatbot Drift
Anda akan mendapatkan pengetahuan yang cukup tentang chatbot setelah Anda mempelajari “Apa Itu Chatbot? Panduan Utama.”
Jenis halaman pilar: Apa Itu X? Panduan
Jumlah tautan internal: 28
Jumlah tautan eksternal: 1
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Panduan chatbot adalah halaman pilar sumber daya yang bagus untuk pembaca yang mencari informasi tentang topik tersebut. Artikel pilar Drift memberikan ikhtisar tingkat tinggi tentang chatbot, dan jika pembaca ingin menggali lebih dalam, mereka cukup mengikuti salah satu dari banyak tautan ke artikel blog terkait lainnya.
Apa yang saya sukai dari situs ini?
Ini adalah salah satu contoh halaman pilar yang bagus karena Drift memanfaatkan halaman web dengan baik dengan tabel tempel, banyak judul, poin-poin, grafik, dan video untuk menampilkan contoh-contoh chatbot.
Ini adalah artikel pilar yang lebih interaktif karena adanya video. Karena orang menonton rata-rata 17 jam konten video dan 91% orang mengatakan bahwa mereka ingin melihat lebih banyak video online, menurut Wyzowl State of Video Marketing Report, ini harus menjadi strategi pemasaran konten utama saat Anda membuat halaman pilar.
Panduan SEO Amazon dari Similarweb
Amazon adalah mesin pencari e-commerce, jadi masuk akal jika Anda memerlukan strategi SEO untuk halaman produk dan merek Anda agar mendapat peringkat yang baik, meningkatkan penjualan, dan banyak lagi.
Menurut laporan dari Smart Insights, hampir 60% pengguna internet membeli produk atau layanan secara online, sementara Amazon melaporkan bahwa mereka menjual sekitar 4.000 item per menit di A.S. Dan dengan hampir 2 juta usaha kecil dan menengah yang berjualan di platform Amazon, persaingan sangat ketat, jadi Anda harus melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk menonjol.
Dengan demikian, salah satu contoh halaman pilar yang bagus adalah panduan SEO Amazon dari Similarweb.
Jenis halaman pilar: Panduan konten 10x
Jumlah tautan internal: 36
Jumlah tautan eksternal: 14
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Pertama, panduan SEO Amazon adalah halaman pilar karena memberikan gambaran umum yang komprehensif tentang topik dengan info tentang faktor peringkat Amazon, praktik terbaik dalam bentuk kiat-kiat yang dapat ditindaklanjuti, dan banyak lagi.
Kedua, bagian konten dapat diakses dengan daftar isi, judul yang jelas, daftar poin, dan gambar yang menambah nilai bagi pembaca. Ketiga, navigasi internal pada halaman berfungsi karena pembaca dapat mengakses informasi yang lebih rinci.
Apa yang saya sukai?
Panduan ini sangat terperinci, dan jika saya adalah penjual pemula di Amazon, saya dapat fokus pada artikel pilar ini untuk mendapatkan informasi yang paling penting dan memulai strategi SEO Amazon saya sendiri.
Panduan ini juga dilengkapi dengan tombol media sosial, sehingga Anda dapat membagikan panduan ini dengan orang lain. Dan seperti contoh halaman pilar lainnya, halaman ini terlihat profesional, dapat dipercaya, dan berwibawa.
Panduan struktur tim Stripe
Jika Anda ingin tahu cara mengatur tim terbaik untuk startup keuangan, panduan struktur tim Stripe bisa membantu. Sebagai pemilik bisnis, baik Anda menjalankan perusahaan besar maupun kecil, tim yang Anda pilih memiliki dampak signifikan pada kesuksesan Anda.
Jenis halaman pilar: Panduan
Jumlah tautan internal: 1
Jumlah tautan eksternal: 5
Apa yang membuat ini menjadi halaman pilar?
Dengan hanya satu tautan internal, apakah artikel Stripe benar-benar bisa menjadi halaman pilar? Artikel ini memang terlihat berbeda dibandingkan dengan artikel lain yang telah saya bahas. Namun, ini adalah artikel pilar karena menawarkan manajer perekrutan dan pemilik bisnis gambaran umum tentang topik tersebut (membangun tim keuangan untuk perusahaan startup).
Dengan tagline yang menyatakan bahwa Anda dapat “berhasil membuat fungsi keuangan untuk startup Anda yang sedang berkembang,” pembaca akan merasa bahwa mereka dapat membentuk sebuah tim dengan semua tips dan trik serta studi kasus yang ditawarkan artikel ini.
Apa yang saya sukai dari artikel ini?
Ini adalah artikel pilar halaman di mana nama penulis berada di depan dan di tengah, jadi ini memberikan kesan otoritas ekstra, selain Stripe yang sudah menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya.
Daftar isi yang mengambang juga meluas dengan subjudul saat Anda menggulir artikel, dan ini cukup keren.
Saya juga menyukai penyertaan studi kasus, yang bisa membantu pembaca ketika mereka perlu merekrut tim keuangan.
Kesimpulan utama
- Memiliki strategi halaman pilar dan klaster untuk situs web Anda membantu Anda berbagi pengalaman dan keahlian Anda dengan lebih baik kepada pembaca, sehingga Anda dapat membangun otoritas topik.
- Karena halaman pilar adalah bagian dari strategi konten Anda, Google memberi peringkat halaman web Anda lebih tinggi di hasil mesin pencari, yang meningkatkan lalu lintas dan prospek yang memenuhi syarat untuk konten atau saluran penjualan Anda.
- Halaman pilar adalah halaman arahan yang menjaga konten Anda tetap terorganisir dan meningkatkan struktur situs Anda dan strategi penautan internal saat Anda menautkan ke berbagai kelompok topik, membuat orang tetap berada di situs Anda lebih lama.
- Berbagai contoh halaman pilar tersedia untuk membantu memotivasi Anda membuat halaman pilar Anda sendiri.
- Beberapa artikel pilar terbaik termasuk panduan penelitian kata kunci kami sendiri, panduan pemasaran email Drip, pasar saham Investopedia untuk remaja, dan panduan 101 kartu kredit Nerdwallet.
Kesimpulan
Membuat halaman pilar sangat penting untuk meningkatkan struktur dan peringkat situs Anda karena Anda akan memenuhi pedoman E-E-A-T dan menunjukkan pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan Anda pada suatu topik.
Dengan 9 contoh halaman pilar ini, Anda dapat menemukan inspirasi dan manfaat dari strategi halaman pilar.