10 SEO Strategis & Saran Taktis , Terlepas dari perubahan lanskap pemasaran digital saat ini, SEO tetaplah penting. Perkuat strategi SEO Anda dengan 10 wawasan SEO yang dapat ditindaklanjuti ini.
Munculnya ChatGPT dari OpenAI pada 30 November 2022, telah memicu “kode merah” di Google, yang bergegas mengeluarkan layanan AI percakapan eksperimental baru yang disebut Bard sebagai tanggapan terhadap Bing yang ditingkatkan AI dari Microsoft.
UBS memperkirakan bahwa ChatGPT mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan pada bulan Januari, 2 bulan setelah diluncurkan. Menurut analis bank Swiss ini, ini akan menjadi aplikasi online dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah.
Jadi, wawasan SEO strategis dan saran taktis apa yang dapat saya bagikan kepada Anda hari ini yang masih relevan setahun dari sekarang?
Data penting atau tren pencarian apa yang akan mendorong Anda untuk menampilkan poster motivasi di dinding Anda yang menyarankan semua orang untuk “Tetap Tenang dan Lanjutkan”?
Omong-omong, nasihat terakhir itu tidak terlalu buruk.
Google diluncurkan pada 4 September 1998, dan tidak melewati AltaVista untuk menjadi mesin pencari terdepan hingga paruh kedua tahun 2002 – sekitar 4 tahun kemudian.
Dan bahkan Pembaruan Panda, yang mengejutkan industri SEO dan secara efektif mengakhiri model bisnis “ladang konten”, hanya berdampak pada 12% kueri, menurut Sejarah Pembaruan Algoritma Google.
Pembaruan Penguin, yang menurunkan peringkat situs web yang terlibat dalam webspam agresif, hanya berdampak pada 3,1% kueri berbahasa Inggris.
Dan perlu diingat bahwa iterasi pertama dari Pembaruan Panda dimulai pada 23 Februari 2011, tetapi diikuti oleh 27 penyesuaian lagi hingga pembaruan terakhir pada 17 Juli 2015. Dan Pembaruan Penguin, yang dimulai pada 24 April 2012, baru berakhir pada 23 September 2016.
Mungkin diperlukan waktu lebih dari empat tahun untuk mengetahui dampak penuh dari Bard AI Google atau mesin pencari Bing yang didukung oleh AI.
Jadi, para profesional SEO disarankan untuk “Tetap Tenang dan Lanjutkan.”
Itu berarti saya dapat dengan percaya diri membagikan 10 wawasan strategis, sedikit data penting, saran taktis, atau tren penelusuran yang akan berdampak pada SEO pada tahun 2023 dan seterusnya tanpa terlalu banyak tidur karena fakta bahwa 30% di antaranya mungkin tidak relevan setahun dari sekarang.
(Setelah memberi tahu Anda mengapa “hal-hal mendasar berlaku seiring berjalannya waktu,” saya akan kembali menjelaskan mengapa tingkat keberhasilan 70% adalah tolok ukur yang tepat).
SEO tetap menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran digital.
Dan meskipun industri pencarian terus berubah, Google masih menjadi mesin pencari terkemuka.
Menurut Similarweb, Google.com mendapatkan 3,2 miliar pengunjung unik pada Januari 2023, menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi secara global. Raksasa pencarian ini juga mendapatkan 88,3 miliar kunjungan pada Januari 2023.

Jadi, jangan bertaruh bahwa Google akan hilang dalam waktu dekat.
Dan jika Anda perlu membuat orang lain di perusahaan Anda, atau di salah satu klien Anda, agar tidak terburu-buru panik, tunjukkan kepada mereka bagan di bawah ini dari Google Trends, yang menampilkan minat penelusuran web di seluruh dunia selama 90 hari terakhir untuk kata kunci penelusuran Google, ChatGPT, dan Bing.
Anda bisa dengan tenang menjelaskan bahwa penurunan minat terhadap Google terjadi pada akhir pekan.
Jika Google tetap menjadi mesin pencari yang dominan di masa mendatang, maka ahli SEO tidak perlu dilatih ulang atau diganti.
Mengapa? Karena mereka sudah terbiasa dengan Google Search Essentials (sebelumnya bernama Webmaster Guidelines).
Dan mereka telah berhasil menavigasi 22 pembaruan peringkat Google Penelusuran.
Inilah mengapa saya yakin bahwa lebih dari 70% ahli SEO akan terus berhasil menavigasi area yang belum dipetakan pada peta kata kunci
Fokus Pada Maksud Pengguna , Salah satu aspek terpenting dari SEO adalah memahami maksud pengguna.
Algoritme Google telah menjadi lebih canggih, dan mereka sekarang lebih mampu memahami maksud di balik kueri.
Jadi, ahli SEO harus fokus pada pembuatan konten yang memenuhi maksud pengguna daripada hanya menargetkan kata kunci tertentu. Ini berarti membuat konten yang tidak hanya relevan dengan kueri penelusuran pengguna, tetapi juga memberikan informasi yang bermanfaat atau pengalaman yang memuaskan.
Sekarang, saya menyadari bahwa wawasan strategis ini bukanlah berita baru.
Tapi Anda masih bisa mendapatkan manfaat dengan membaca kembali artikel saya, Masa Depan SEO Terletak di ‘Tengah-tengah Berantakan’ Perjalanan Pembelian.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim Market Insights Google di Inggris, “bagian tengah yang berantakan” adalah tempat orang memutuskan apa yang akan dibeli.
Di antaranya, penelitian ini menemukan:
“Orang-orang mencari informasi tentang produk dan merek suatu kategori, lalu mempertimbangkan semua pilihan yang ada. Hal ini setara dengan dua mode mental yang berbeda di messy middle: eksplorasi, aktivitas ekspansif, dan evaluasi, aktivitas reduktif. Apa pun yang dilakukan seseorang, di berbagai sumber online, seperti mesin pencari, media sosial, agregator, dan situs web ulasan, dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu dari dua mode mental ini.”
Izinkan saya menerjemahkan “ide besar” ini ke dalam saran taktis yang berlawanan dengan intuisi: Ahli SEO harus membuat dan mengoptimalkan setidaknya dua buah konten untuk memenuhi maksud yang berbeda dari pengguna di “bagian tengah yang berantakan” dari perjalanan pembelian.

Dan, jika perusahaan atau klien Anda menargetkan setengah lusin segmen yang berbeda, maka Anda perlu membuat dan mengoptimalkan setidaknya selusin konten.
Membuat dan mengoptimalkan satu halaman untuk setiap segmen target adalah hal yang biasa di tahun 2019.
baca juga
- 11 Brand yang Berhasil Menggunakan Sosial Media
- 10 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Website
- Cara Jitu Launching Website Bisnis Anda
- 9 Tanda-Tanda Toko Online Palsu
- Rekomendasi Web Hosting Terbaik
Buat Konten Berkualitas Tinggi
Konten masih menjadi raja, tetapi jika manajer SEO ingin menjadi perdana menteri (atau presiden) suatu hari nanti, maka mereka perlu membuat lebih banyak konten orisinil dan bermanfaat yang ditulis oleh orang-orang, untuk orang-orang.
Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda membuat konten berkualitas tinggi? Dengan mengikuti saran dan panduan Google yang telah lama ada untuk pembaruan inti dalam membuat konten untuk manusia, bukan untuk mesin pencari.
Jadi, saya sarankan Anda membaca kembali artikel saya, Apa Itu Matriks Pemasaran Konten & Apakah Kita Membutuhkannya?
Artikel ini menunjukkan kepada Anda cara menggunakan alat perencanaan pemasaran konten untuk menghasilkan ide untuk konten yang memikat yang mengubah hati, pikiran, dan tindakan. Begitulah cara Anda menjadi Wakil Presiden SEO.
- Memprioritaskan E-E-A-T
Pada 15 Desember 2022, Google memperbarui pedoman penilai penelusurannya – menambahkan E tambahan untuk Pengalaman pada konsep E-A-T: Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan.
Meskipun pedoman ini tidak secara langsung memengaruhi peringkat, pedoman ini berguna bagi siapa saja yang bekerja di bidang SEO karena memberikan gambaran tentang ke mana arah yang diinginkan oleh Google dalam algoritmanya.
Untuk meningkatkan E-E-A-T konten Anda, seseorang yang memiliki pengalaman langsung dalam topik tersebut harus membuatnya.
Jika Anda tidak dapat meyakinkan seseorang yang berpengalaman untuk membuat konten ini secara internal, Anda perlu mencari penulis lepas – atau pembuat konten – yang telah menggunakan produk atau layanan Anda, mengunjungi suatu tempat, atau memengaruhi pembelian merek.
Sayangnya, banyak ahli SEO yang masih tidak menganggap ini sebagai pekerjaan mereka – meskipun penyebutan pertama kali tentang E-A-T terjadi pada tahun 2014 ketika Google menambahkan konsep ini ke dalam Pedoman Kualitas Penelusurannya.
Bahkan Google pun mengatakan:
“Ini bukanlah ide yang pada dasarnya baru. Dan kami sama sekali tidak meninggalkan prinsip dasar bahwa Penelusuran berusaha menampilkan informasi yang dapat diandalkan, terutama pada topik-topik di mana kualitas informasi sangat penting.”

Mengoptimalkan Konten YouTube
Menurut Survei Video & Visual Storytelling oleh Content Marketing Institute (CMI) yang diterbitkan pada 27 Oktober 2022, 73% pemasar mengatakan bahwa video menjadi lebih penting bagi bisnis mereka pada tahun lalu; 27% mengatakan bahwa video memiliki tingkat kepentingan yang hampir sama; dan, tidak ada yang mengatakan bahwa video mengalami penurunan tingkat kepentingan.
Mengapa para ahli SEO harus kehilangan waktu tidur karena data penting ini?
Karena departemen pemasaran konten, bukan departemen SEO, yang melompat pada tren ini.
Dan itu berarti banyak video yang dibuat pada tahun 2023 dan seterusnya tidak akan dioptimalkan untuk pencarian – apalagi diintegrasikan ke dalam strategi SEO secara keseluruhan.
Jadi, berikut ini beberapa saran taktis: pertama, YouTube SEO: Cara Mengoptimalkan Video & Peringkat Lebih Tinggi.
Selanjutnya, undanglah departemen pemasaran konten untuk makan siang bersama untuk mendiskusikan cara-cara membuat konten yang bagus.
- Dapatkan Tautan Berkualitas Tinggi
Tautan terus menjadi salah satu faktor peringkat terpenting Google. Dan setidaknya 70% dari ahli SEO telah membaca artikel Panduan SEO
Jadi, hanya segelintir organisasi yang menggunakan salah satu teknik paling efektif untuk mendapatkan tautan guna membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin pencari.
Ironisnya, penghalang terbesarnya bukanlah wartawan. Pogo pernah mengamati, “Kita telah bertemu dengan musuh dan (mereka adalah) kita.”
Ini berarti Anda mungkin perlu mengundang CCO atau PRO Anda ke restoran mewah untuk mendiskusikan pembangunan tautan alih-alih mengadakan makan siang dengan kantong cokelat.
Tetapi ini adalah penggunaan waktu dan uang Anda yang lebih baik daripada mencoba mencari cara cerdas untuk mengatasi pembaruan spam tautan Google pada bulan Desember 2022, yang sekarang dapat mendeteksi situs yang membeli tautan dan situs yang digunakan untuk menyebarkan tautan keluar.
- Optimalkan untuk Penelusuran Lokal
Bisnis fisik yang melayani kota, kota, wilayah, dan negara bagian tertentu tahu bahwa penelusuran lokal itu penting.
Jika dilakukan dengan benar, SEO lokal memungkinkan orang untuk menemukan informasi tentang bisnis mereka, membuat mereka selangkah lebih dekat untuk membuat mesin kasir berdering.
Dan ahli SEO yang berspesialisasi dalam penelusuran lokal tahu bahwa Nama, Alamat, dan Nomor Telepon (NAP) yang konsisten, tautan lokal, ulasan lokal, dan peringkat bintang, serta Profil Bisnis Google yang dioptimalkan, merupakan bagian penting dari algoritme penelusuran lokal dan Paket Lokal Google.
Namun, untuk mempelajari tren dan kiat terbaru untuk membantu bisnis lokal Anda berkembang menggunakan pengoptimalan penelusuran lokal, pemasaran lokal, dan periklanan lokal, baca A Guide to Local SEO dari Search Engine Journal, yang membahas apa yang perlu Anda ketahui tentang pengoptimalan penelusuran lokal.
- Mengawasi Multisearch
Pada bulan April 2022, Google memperkenalkan cara yang sama sekali baru untuk melakukan penelusuran menggunakan teks dan gambar secara bersamaan.
Dengan multisearch di Lens, pengguna dapat melampaui kotak pencarian dan mengajukan pertanyaan tentang suatu objek atau mempersempit pencarian mereka berdasarkan warna, merek, atau atribut visual.
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai hal ini, bacalah artikel Matt G. Southern, Google Multisearch: Cara Baru Mencari Dengan Teks & Gambar.
Kemudian, baca artikel Roger Montti, Bagaimana Google Multisearch Mempengaruhi SEO?
Jadi, perhatikan multisearch pada tahun 2023 dan seterusnya.
- Tetaplah Mendengarkan Penelusuran Suara
Menurut artikel Roger Montti, Google: Voice Search Is Not The Future, Martin Splitt dari Google membagikan pendapatnya bahwa penelusuran suara bukanlah masa depan dan tidak perlu dioptimalkan.
Bagaimana Penelusuran Suara Dapat Menguntungkan SEO Anda? Dia menulis:
40,2% orang menggunakan penelusuran suara.
71% orang lebih suka menggunakan pencarian suara daripada mengetikkan pencarian secara fisik secara online.
27% dari populasi online di seluruh dunia menggunakan penelusuran suara di ponsel.
58% orang telah menggunakan penelusuran suara untuk mencari informasi tentang bisnis lokal.
Dengan kata lain, empat dari lima orang yang memiliki banyak sekali E-E-A-T berpikir bahwa penelusuran suara merupakan peluang SEO yang fenomenal.
Jadi, tetaplah mengikuti perkembangan penelusuran suara di tahun 2023 dan seterusnya.
- Migrasi ke Google Analytics 4 (GA4)
Saya berani bertaruh bahwa Google mengirimi Anda email dengan baris subjek: “Kami akan segera mengonfigurasi Google Analytics 4 untuk Anda.”
Bunyinya:
“Untuk setiap pelanggan yang tidak menyiapkan properti GA4 dengan pengaturan dasar, mulai bulan Maret, kami akan mengonfigurasikannya dengan beberapa pengaturan dasar yang konsisten dengan properti Universal Analytics yang sudah ada; hal ini mencakup kejadian konversi tertentu, tautan Google Ads, dan tag situs web yang sudah ada.”
Ini berarti kekacauan yang diperkirakan terjadi pada tanggal 1 Juli 2023, saat properti Universal Analytics standar akan berhenti berfungsi, telah tiba lebih cepat dari jadwal.
Dan, seperti yang pernah diamati oleh Sun Tzu, “Di tengah kekacauan, ada juga peluang.”
Dalam artikel saya, Google Analytics 4 Harus Memicu Reorganisasi & Tinjauan Agensi, saya mengatakan bahwa kemunculan GA4 akan menyebabkan departemen pemasaran mulai “panik” jika tim analisis web – yang masih berada di departemen TI di terlalu banyak organisasi – tidak menanggapi permintaan “bantuan” yang mendesak dalam waktu seminggu, sehari, atau bahkan satu jam.
Jadi, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk membuat alasan bisnis untuk memindahkan tim analitik keluar dari departemen TI dan masuk ke departemen SEO.
Jika ada penolakan, ingatkan para pengambil keputusan bahwa 53,3% dari semua lalu lintas situs web berasal dari penelusuran organik, menurut BrightEdge Research.
- Bangun Ruang Perang
Jika Anda adalah seorang chief marketing officer (CMO) atau wakil presiden Pemasaran dan Anda memindahkan tim analitik ke departemen SEO, tim Anda mungkin meminta untuk membuat dasbor. Buatlah sebuah ruang perang sebagai gantinya.
Mengapa? Karena “sebagian besar dasbor cenderung tidak berguna dalam membantu Eksekutif membuat keputusan,” menurut Avinash Kaushik, Digital Marketing Evangelist untuk Google.
Ini karena interpretasi “visual yang mudah dipahami” di sebagian besar dasbor diserahkan kepada eksekutif.
Namun, sebagian besar war room tidak hanya menampilkan peta pasar global dan grafik indikator kinerja utama (KPI) perusahaan, tetapi juga manajer analitik dan wawasan yang memiliki pengalaman, keahlian, kewibawaan, dan kepercayaan untuk menafsirkan tren dan menambahkan konteks.
“Ninja Analisis” ini dapat menjelaskan kepada para eksekutif mengapa beberapa tren utama naik atau turun (dalam bahasa Inggris).
Dan seiring berjalannya waktu, para eksekutif akan mulai meminta manajer analitik dan wawasan mereka untuk merekomendasikan tindakan atau langkah apa yang harus diambil untuk menggerakkan tombol.
Dan seorang Ninja Analisis dapat menjawab pertanyaan, “Sebagai hasil dari tren ini (naik atau turun), apa dampaknya terhadap perusahaan dan pelanggannya?”
Mengapa Pakar SEO Harus Mengadopsi Solusi 70%?
Sekarang setelah saya membagikan 10 wawasan SEO strategis dan beberapa saran taktis yang kontra-intuitif untuk tahun 2023 dan seterusnya, saya akan kembali menjelaskan mengapa tingkat keberhasilan 70% adalah tolok ukur yang tepat.
Di dunia yang sempurna, Anda akan memiliki semua data penting yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat. Namun kita tidak hidup di dunia yang sempurna.
Namun demikian, jika Anda memiliki 70% dari informasi yang Anda inginkan, maka Anda masih dapat membuat keputusan yang baik – asalkan Anda menerima gagasan bahwa Anda mungkin perlu menyesuaikan dan mengimbangi data penting yang kurang saat Anda melangkah maju.
Dan seperti komandan di medan perang, sebagian besar manajer SEO tidak pernah memiliki semua sumber daya yang mereka butuhkan untuk memenuhi tujuan mereka.
Namun, terkadang hal itu sudah cukup jika Anda memiliki orang-orang yang baik dan 70% dari apa yang Anda butuhkan. Dan menemukan solusi kreatif untuk tantangan adalah ciri khas profesional SEO yang sukses.
Terakhir, apakah Anda 70% yakin bahwa rencana Anda akan berhasil?
Dengan kata lain, apakah Anda merasa yakin dengan keberhasilan rencana Anda dengan informasi dan sumber daya yang Anda miliki?
Marinir percaya bahwa rencana yang disusun dengan baik, bersama dengan mengambil inisiatif, lebih mungkin berhasil daripada tidak melakukan apa pun.
Inilah sebabnya mengapa saya dengan percaya diri dapat membagikan 10 wawasan strategis, sedikit data penting, saran taktis, atau tren penelusuran yang akan memengaruhi SEO pada tahun 2023 dan seterusnya tanpa terlalu banyak berpikir tentang fakta bahwa 30% di antaranya mungkin tidak relevan setahun dari sekarang.
Marinir telah memberi kita kerangka kerja untuk membuat keputusan dalam keadaan yang kurang ideal.
Itulah mengapa Anda harus “Tetap Tenang dan Lanjutkan.”