Amazon Web Service

Amazon Web Service
Jasa

Undercover.co.id – Amazon.com sebelumnya lebih terkenal dengan toko buku online-nya.Kemudian beberapa tahun selanjutnya, sekitar tahun 2005 Amazon mengembangkan diri menjadi AWS (Amazon Web Service).

Tidak hanya sebagai toko buku tetap juga menyediakan layanan cloud computing. Setiap fungsi yang ada di dalam AWS dalam hal ini dapat diakses dengan panggilan Web Service.

Beberap tahun berlalu Amazon Web Services (AWS) menjelma menjadi salah satu platform penyedia cloud yang paling komprehensif dan juga termasuk paling banyak digunakan di dunia.

AWS memiliki banyak sekali layanan bahkan saat ini lebih dari 175 layanan unggulan yang disediakan oleh AWS lengkap dari pusat data secara global.

Selain itu AWS saat ini juga sudah digunakan oleh Jutaan pelanggan. Termasuk di dalamnya adalah beberapa startup, perusahaan besar dan juga lembaga pemerintah.

Pengguna saat ini telah banyak yang memiliki perkembangan yang pesat dalam sistem yang telah dibangunnya.

Menggunakan AWS dapat lebih memangkas biaya dan dapat lebih sigap serta memiliki inovasi yang sangat cepat dalam setiap produk dan layannya.

Berbagai Layanan AWS

Layanan AWS terbagi menjadi lima layanan utama. Layanan tersebut terdiri dari berbagai fitur yang dapat digunakan oleh para penggunayaitu:

  1. Layanan Komputasi, terdiri dari:
  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) 
  • Amazon Elastic Map Reduce 
  • Elastic Load Balancing 
  • Layanan Penyimpanan, terdiri dari:
  • Amazon Simple Storage Service (S3)
  • Amazon Elastic Block Store (EBS)
  • AWS Storage Gateway 
  • Amazon CloudFront 
  • Layanan Basis Data, terdiri dari:
  • Amazon Relational Database Service (RDS)
  • Amazon DynamoDB
  • Amazon SimpleDB 
  • Amazon ElastiCache 
  • Layanan Jaringan, terdiri dari:
  • Amazon Route 53 
  • Amazon Virtual Private Cloud (VPC) 
  • Layanan Aplikasi
  • Amazon CloudSearch 
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF) 
  • Amazon Simple Queue Service (SQS) 
  • Amazon Simple Notification Service (SNS)
  • Amazon Simple Email Service (SES) 
Amazon Web Service
Amazon Web Service

Platform cloud terdepan

AWS menjadi platform cloud terdepan yang menyediakan banyak kemudahan dan keuntungan bagi para penggunanya.

Menggunakan AWS akan membuat pengguna memiliki kemudahan dan juga kuntungan sebagai berikut:

  1. Fungsionalitas paling banyak
  • Komunitas pelanggan dan juga mitra paling besar
  • Memiliki sekuritas paling aman
  • Laju inovasi tercepat
  • Keahlian operasional yang terbukti
  • Memiliki jaringan global yang sangat luas

Fungsionalitas paling banyak

AWS memiliki perkembangan yang sangat signifikan sehingga memiliki banyak sekali layanan. Bahkan termasuk paling banyak di antara perusahan penyedia Cloud Hosting lainnya.

AWS juga memiliki lebih banyak fitur. Mulai dari teknologi infrastruktur seperti penghitungan, penyimpanan, dan database.

Bahkan sampai juga pada teknologi-teknologi yang berkembang, seperti machine learning dan Artificial Intelligence, data lake dan analitik, serta Internet of Things.

Semua hal di atas telah tercover oleh AWS dan ini membuat pengguna akan merasa lebih cepat, lebih mudah, dan lebih hemat biaya ketika melakukan pemindahan aplikasi yang sudah ada ke cloud.

Para pengguna dapat langsung melakukan pengembangan atau juga membangun aplikasi-aplikasi  yang telah dibayangkan.

Selain itu AWS juga memiliki fungsionalitas yang sangat baik dari setiap layanannya. Misalnya dalam hal ini AWS menyediakan berbagai macam database yang paling luas.

Database tersebut dapat dibangun untuk berbagai tujuan dan juga berbagai jenis aplikasi sehingga pengguna dapat memilih alat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Kemudian melalui itu, pelanggan dapat menyesuaikan biaya yang harus dikeluarkan terhadap kinerja aplikasi yang diinginkan.

Komunitas pelanggan dan juga mitra paling besar

Seperti yang telah diulas diawal bahwa AWS telah memiliki jutaan pengguna dan juga mitra di seluruh dunia. Hal ini membuat AWS memiliki ekosistem yang sangat besar dan juga sangat dinamis

Pengguna dan mitra AWS mulai skala individu, startup, organisasi sektor publik perusahaan besar bahkan juga pemerintahan telah menggunakan AWS.

Para pelanggan AWS tersebut menjalankan dan berlangganan hampir pada setiap kasus penggunaan dan juga layanan di AWS.

AWS memiliki sebuah sistem bernama AWS Partner Network (APN) yang di dalamnya memiliki dan mencakup ribuan integrator sistem.

Integrator sistem tersebut mengkhususkan diri pada layanan AWS dan puluhan ribu independent software vendor (ISV) yang menyesuaikan teknologinya agar berfungsi di AWS. 

Amazon Web Service 2
Amazon Web Service 2

Memiliki Sekuritas Paling Aman

AWS sengaja dirancang agar menjadi salah satu lingkungan komputasi cloud yang paling fleksibel dan aman yang tersedia saat ini.

Infrastruktur inti AWS dibangun untuk memenuhi persyaratan keamanan bahkan untuk keperluan militer, bank global, dan organisasi dengan tingkat sensitivitas tinggi lainnya.

AWS tentunya didukung dengan berbagai alat keamanan cloud yang sangat baik, yaitu dengan 230 layanan dan fitur keamanan, kepatuhan, dan tata kelola.

AWS bahkan juga mendukung 90 standar keamanan dan sertifikasi kepatuhan, serta 117 layanan AWS yang menyimpan data pelanggan, dan menawarkan kemampuan untuk mengenkripsi data tersebut.

Laju inovasi tercepat

Melalui layanan AWS, pengguna dapat memanfaatkan teknologi terbaru untukmelakukan eksperimen dan melakukan inovasi dengan lebih cepat.

AWS sampai saat ini terus-menerus melakukan percepatan dalam langkah inovasi untuk menciptakan teknologi baru secara keseluruhan yang dapat pengguna gunakan dalam mentransformasikan bisnis.

Contoh inovasi terbaru yang dilakukan oleh AWS adalah pada tahun 2014, AWS memelopori ruang komputasi tanpa server dengan peluncuran AWS Lambda.

Hal ini memungkinkan pengembang menjalankan kode mereka tanpa membekali dan melakukan pengelolaan server.

Selain itu, AWS membangun Amazon SageMaker, layanan machine learning terkelola yang setiap hari memberdayakan pengembang dan ilmuwan untuk menggunakan machine learning.

Meskipun para pengembang dan ilmuan tersebut tidak atau tan memiliki pengalaman sebelumnya terkait dengan hal tersebut.

Keahlian operasional yang handal

Pengalaman panjang AWS dalam memberikan layanan Cloud kepada para pelanggan di seluruh dunia membuatnya selain memiliki pengalaman yang tidak diragukan juga memiliki keredibilitas lainnya.

Dengan pengalaman lebih dari 14 tahun, AWS telah memberikan layanan cloud ke jutaan pelanggan di seluruh dunia yang menjalankan berbagai macam kasus penggunaan.

Sehingga dalam hal ini AWS memiliki pengalaman operasional yang sangat banyak, bahkan memiliki skala yang lebih besar, dibanding penyedia cloud mana pun.

AWS tentunya telah memiliki kedewasaan, keandalan, keamanan, dan kinerja yang tak tertandingi dan sangat bisa diandalkan untuk mensupport aplikasi pengguna

baca juga

    Memiliki jaringan global yang sangat luas

    AWS memiliki infrastruktur cloud global yang sangat luas. Bahkan mungkin tidak ada penyedia cloud lain yang menawarkan wilayah sebanyak AWS.

    AWS memiliki banyak Availability Zone yang terhubung dengan jaringan latensi rendah, throughput tinggi, dan sangat redundan.

    Setidaknya terdapati 77 Availability Zone di 24 wilayah geografis di seluruh dunia yang dimiliki AWS.

    Bahkan AWS telah merencanakan penambahan 18 Availability Zone lain dan 6 Wilayah AWS lagi di Australia, India, Indonesia, Jepang, Spanyol, dan Swiss.

    Model Wilayah AWS/Availability Zone merupakan pendekatan yang sangat disarankan untuk menjalankan aplikasi perusahaan yang memerlukan ketersediaan tinggi.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!