Cara Memperoleh dan Mengumpulkan Link untuk Meningkatkan SEO Website

SEO UNDERCOVER CO ID 7

Ada banyak cara atau strategi untuk meningkatkan SEO website Anda. Mulai dari memanfaatkan keyword, meningkatkan kecepatan loading dan lain sebagainya.

Semua itu dilakukan agar website Anda bisa menjadi nomor satu di mesin pencarian. Namun, apakah Ada tahu bahwa membuat link juga bisa meningkatkan SEO? Bagaimana caranya?

Dalam artikel ini, akan diulas mengenai cara membuat link yang bagus dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan kinerja SEO di website Anda.

Selain itu apa manfaatnya menggunakan teknik ini dan apa hasil dari membangun link pada website juga akan dibahas tuntas.

Pada materi tentang cara membuat link yang berkualitas untuk meningkatkan performa SEO akan ada 19 bab, di antaranya.

  • Mengapa dan Bagaimana Cara Meningkatkan SEO Sebelum Membuat Link.
  • Apa itu Reklamasi Link dan Cara Mendapatkan Kembali Link yang Hilang.
  • Cara Membangun Link dengan Email Non Tradisional.
  • Bagaimana Cara Melakukan guest bloging agar Link Terlihat Alami.
  • Cara Menggunakan Direktori yang Relevan dan Bertarget untuk Membangun Link.
  • Cara Membuat & Menggunakan Konten Berbasis Data untuk Pembuatan Link.
  • Ingin Link? Inilah Cara Membuat Konten Link yang Layak.
  • Menbangun Tautan Podcast: Inilah Cara Mendapakan Link dengan Cara Menjadi Tamu di Podcast.
  • iHeartLinks: Cara Mendapatkan Link dari Stasiun Radio.
  • Cara Mengubah Penyebutan Brand yang tidak berlink menjadi link.
  • Bagaimana Cara Memata-matai Saingan Anda untuk Mendapatkan Link yang Mirip.
  • Berterima Kasih Ketika Seseorang menautkan Link kepada Anda.
  • Praktik Terrbaik Membangun Link Untuk Konten Anda.
  • Cara Membuat Link Menggunakan Testimoni dan Ulasan.
  • Cara Mengambil Link Building Ke Komunitas Lokal Anda.
  • Panduan untuk Membuat Link melalui Komentar Blog.
  • Affiliate Link Building: Cara Melakukannya dengan Cara yang Benar.
  • Daftar Periksa Pembuatan Link untuk Mendapatkan Link Lebih Banyak & Lebih Baik.
  • Panduan Membangun Tautan hingga Menghasilkan Pendapatan.

Mengapa dan Bagaimana Mengatasi SEO Sebelum Membangun Link

Dalam melakukan teknik SEO , Anda tidak bisa hanya fokus kepada satu saja, misalnya hanya berfokus pada keyword saja atau menaruh link di postingan Anda saja tanpa memperhatikan teknik yang lain. Dalam hal ini, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, sebelum Anda beranjak untuk mulai mempelajari dan mempraktikan bagaimana cara membangun link, maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan renungan terlebih dahulu apakah teknik SEO yang lain sudah Anda lakukan atau belum. Hasil SEO terbaik akan Anda dapatkan jika Anda sudah menguasai SEO teknik, konten, dan link.

Mengapa Anda tidak boleh hanya berfokus pada salah satu komponen saja? Katakalah Anda adalah raja konten yang SEO friendly, namun apabila teknik SEO Anda masih lemah, apalagi mesin pencari masih bingung untuk mendeteksi website Anda, maka backlink pun juga tidak ada gunanya.

Sebenarnya ada 5 poin tujuan dalam memperhatikan SEO teknis yaknk untuk memastikan bahwa website Anda mudah dideteksi oleh mesin pencari, memuat dengan cepat baik di desktop maupun seluler, memiliki kompatibilitas lintas platform, menggunakan implementasi plugin WordPress yang efisien,  dan tidak memiliki masalah dengan kode Google Analytics. Kelima poin tersebut adalah alasan mengapa Anda harus menangani SEO teknis terlebih dahulu sebelum beranjak ke hal lain.

Pastikan website Anda mudah di deteksi oleh mesin pencari

Pastikan keamanan HTTPS Anda

Https berfungsi sebagai sistem pelindung untuk merahasiakan identitas pengguna dengan situs Anda. Hal ini karena pengguna ingin melindungi data yang bersifat pribadi. Jika Anda baru saja beralih ke HTTPS, Anda harus memiliki SSL yang kuat. Pembelian SSL yang salah juga akan menimbulkan masalah pada website Anda nantinya.

Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati dalam membeli sertifikat SSL. Usahakan sertifikat SSL dapat mencakup semua subdomain yang Anda inginkan. Jika tidak, maka website Anda bisa saja terkena masalah seperti tidak bisa mengarahkan ulang URL.

Perhatikan pengalihan (redirect) yang bisa mengacaukan kinerja website

Dalam hal ini akan sangat mudah bagi Anda untuk menerapkan keamanan HTTPS dengan tidak adanya redirect yang salah. Anda juga bisa saja membuat redirect yang saling bertentangan jika Anda tidak mengawasi redirect yang Anda buat. Selain itu, masalah lain juga bisa muncul seperti redirect tidak terkendali dan mengarah ke puluhan bahkan lebih per URL situs.

 Pada akhirnya,  permasalahan-permasalahan tersebut dapat mengacaukan kinerja situs Anda. Jika website Anda mengalami masalah-masalah di atas, berikut cara termudah untuk mengatasinya. Sebelumya, pastikan bahwa semua redirect Anda dibuat dalam rasio 1:1. Anda seharusnya tidak boleh memiliki 10-15 atau lebih redirect URL per URL di webste Anda. Karena jika hal itu terjadi maka bisa dipastikan ada yang salah dengan website Anda.

Konten pada HTTPS & URL HTTP tidak dimuat pada saat yang sama

Pernahkah Anda menjumpai URL HTTP dan HTTPS memuat konten yang sama? Jika iya, ada yang tidak beres dengan website Anda. Padahal yang benar adalah yang satu harus mengarahkan ke yang lain, bukan keduanya.

Misalnya saja Anda mengetik URL situs Anda di browser dengan https: // dan http: // secara terpisah. Jika kedua URL Anda sama-sama memuat, maka website Anda bisa terkena isu duplikasi konten. Untuk mengatasi hal tersebut ada dua cara, yaitu menciptakan pola redirect penuh dalam HTACCESS (di server Apache / CPanel) dan gunakan plugin redirect di WordPress.

  • Cara menciptakan redirect penuh dalam HTACCESS di server Apache/Cpanel

Untuk memaksa semua trafik website untuk menggunakan HTTPS, Anda boleh mengikuti kode ini. Anda harus memastikan bahwa kode ini harus ditambhkan di atas kode apapun yang mirip previx ( RewriteEngine on RewriteCon).

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} !on
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/[0-9]+..+.cpaneldcv$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/.well-known/pki-validation/[A-F0-9]{32}.txt(?: Comodo DCV)?$
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Sedangkan jika Ada ingin mengalihkan hanya pada domain yang spesifik maka Anda bisa mengikuti kode ini dalam file HTACCESS Anda.

RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/[0-9]+..+.cpaneldcv$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/.well-known/pki-validation/[A-F0-9]{32}.txt(?: Comodo DCV)?$
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^example.com [NC]
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.example.com/$1 [R=301,L]

Pastikan Anda mengubah contoh URL di atas dengan implementasi yang benar sesuai dengan nama domain Anda. Perlu diperhatikan juga bahwa jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk bisa mengubah server Anda menjadi lebih baik dengan URL di atas, maka disarankan untuk meminta tolong ahli IT yang sudah profesional di bidangnya.

  • Gunakan plugin untuk memperbaiki masalah pengalihan

Sebenarnya ada cara termudah untuk memperbaiki masalah pengalihan atau redirect ini yakni dengan menggunakan plugin pada WordPress Anda. Di luar sana, ada banyak sekali plugin yang bisa memaksa website Anda menggunakan HTTPS ketimbang HTTP.

Untuk mepersingkat pengerjaan, ini ada 3 plugin yang bisa Anda gunakan dalam kasus ini yakni CM HTTPS Pro, WP Force SSL, dan Easy HTTPS Redirection. Perlu juga Anda perhatikan bahwa jangan terlalu banyak menginstall plugin di website Anda. Hal ini karena plugin juga memiliki ukuran yang berat sehingga bisa berefek pada kecepatan website Anda

  • Ubah semua link HTTP:// ke HTTPS://

Walaupun Anda sudah melakukan cara-cara di atas, yang satu ini juga penting untuk Anda lakukan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan URL absolut. Namun bagi Anda yang menggunakan URL relatif tidak perlu melakukan teknik ini karena URL relatif selalu menampilkan protokol transfer hiperteks.

Alasan mengapa URL absolut harus mengganti link HTTP:// ke HTTPS:// adalah karena google dapat mendeteksj kedua url tersebut sehingga bisa saja google mengira itu adalah dua jenis konten yang terindikasi duplikasi. Hal ini akan mengakibatkan google kebingungan dalam mendeteksi website Anda.

  • Pastikan tidak ada eror 404s dalam transisi HTTP:// ke HTTPS://

Biasanya, perubahan yang tiba-tiba dari URL HTTP:// ke HTTPS:// akan menyebabkan terjadi eroro 404s. Jika terjadi banyak eror seperti ini, mesin pencari tidak akan bisa menemukan halaman di website Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan 404s? Jika Anda menggunakan WordPress, mengatasi masalah 404s ini akan semakin mudah. Yaitu dengan menjelajahi situs Screaming Frog dan melakukan unggahan masal dari aturan redirect 301 Anda menggunakan plugin Redirection Wordpress.

Struktur URL tidak boleh terlalu terlalu kompleks

Struktur URL juga menjadi pertimbangan penting dalam meningkatkan SEO website Anda. URL yang terlalu acak atau hanya nomor akan menyebabkan mesin pencari tidak bisa mendeteksi URL Anda. Maka dari itu usahakan URL hanya diisi dengan keyword.

Perbanyak URL yang mudah dipahami oleh manusia

Ketika Anda mengunggah suatu postingan yang menurut Anda sudah SEO friendly biasanya akan mengabaikan URL.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa URL yang tidak diganti akan secara otomatis membentuk format yang tidak human friendly.

Contohnya /konten/waktu/tanggal/kata kunci. URL tersebut harus diubah sedemikian rupa sehingga dapat dibaca oleh manusia. Contohnya kata kunci untuk konten Anda adalah cara meningkatkan SEO maka URL harusnya /cara-meningkatkan-SEO.

Berikut ini manfaat atau kegunaan menerapkan URL yang mudah dibaca manusia adalah:

  • Mesin pencarian dapat dengan mudah menentukan konten Anda adalah yang dicari pengguna atau tidak.
  • Biasanya pengguna akan mengeklik suatu website ketika melihat keyword yang ada di website tersebut sangat cocok dengan apa yang mereka cari.
  • URL yang memiliki struktur membingungkan akan mengakibatkan tidak terdeteksi oleh mesin pencarian dan pengguna itu sendiri.

URL duplikat

Anda tidak boleh menyepelekan masalah duplikasi karena dapat mempengaruhi performa konten Anda. Mesin pencari memutuskan bahwa terjadi masalah duplikasi saat:

  • Konten diduplikasi secara signifikan diseluruh bagian situs web.
  • Konten yang dihapus dari situs web lain.
  • URL duplikat.

Ketiga hal tersebut sebisa mungkin harus dihindari. Karena hal itu akan membingungkan mesin pencari ketika ada lebih dari satu URL yang mewakili konten yang sama.

Parahnya, mesin pencari biasanya akan mengabaikan salah satunya hingga tidak akan muncul dalam pencarian.

Sebisa mungkin hindari parameter dinamis

Terdapat artikel menarik dari Jes Scholz mengenai parameter dinamis dan cara menagani masalah-masalah URL. Menurut Scholz ada 7 tujuan dari parameter.

  • Pelacakan.
  • Pengubahan aturan.
  • Penyaringan.
  • Pengidentifikasian.
  • Paginasi.
  • Pencarian.
  • Penerjemahan.

URL parameter dinamis yang bermasalah biasanya disebabkan oleh kesalahan pengurusan dalam pembuatan URL ini sendiri.

Dalam kasus pelacakan ini Anda dapat menggunakan banyak parameter dinamis untuk membuat link yang dapat dideteksi mesin pencari.

URL yang pendek lebih baik daripada URL panjang

Pernahkah Anda melihat URL suatu website terlalu panjang? Sebenarnya, URL yang terlalu panjang tidak bagus untuk SEO. URL pendek dan mudah dibaca dapat menempati peringkat atas SEO. Hal itu karena URL yang pendek bisa lebih fokus memuat topik yang dicari pengguna.

Pastikan website Anda Memiliki Kompatibilitas Lintas Platform Terbaik dan Memiliki Kecepatan Loading yang Baik.

Gangguan lain yang sering muncul pada situs website Anda biasanya disebabkan oleh coding yang tidak benar dan menejemen situs yang buruk . Misalnya permasalahan ini dapat disebabkan oleh tag DIV yang buruk sehingga dapat menghasilkan tata letak yang salah.

Kompatibilitas lintas platform juga dapat mempengaruhi kecepatan loading di halaman website, kinerja yang kurang baik serta keterlibatan pengguna yang kurang. Oleh karena itu, emakin Anda bisa mengatasi hal ini, maka akan semakin cepat Anda siap untuk beralih ke bab bagaimana membangun link.

Desain Website yang buruk

Bagaikan sebuah rumah, desain website yang baik akan membuat betah pengguna, sebaliknya, desain website yang buruk hanya akan menyakiti mata pengguna dan membuat tidak betah lama-lama pada website Anda. Hal itu tentu saja akan berefek pada peringkat SEO.

Biasanya bagian ini sering diabaikan oleh bloger, padahal dapat menyebabkan efek seperti:

  • Memperlambat loading halaman.
  • Terjadinya gangguan desain pada platform yang berbeda.
  • Terdapat formulir yang eror.
  • Call to action tidak berfungsi di perangkat seluler.
  • Kode tracking tidak terpantau secara akurat.

Jika dibiarkan, permasalahan-permasalahan di atas bisa berdampak serius pada wrbsite Anda. Bahkan ketika Amda sudah melakukan semua cara teknis SEO namun masih memiliki masalah ini, SEO Anda tidak akan berjalan dengan maksimal.

Lambatnya loading halaman

Sejak tahun 2018,  Google menambahkan kecepatan loading ke dalam algoritmanya. Sebenarnya masalah ini tidak hanya berdampak pada peringkat SEO saja namun juga kenyamanan pengalaman pengguna.

Lambatnya dalam membuat gambar

Sebagai pemilik website tentu ada satu konten yang Anda ingin menaruh banyak gambar supaya menarik.

Namun itu juga beresiko website Anda jadi lambat dalam memuat gambar.

Padahal, jika suatu halaman memiliki ukuran gambar lebih dari 1MB, maka itu sudah menjadi masalah.

Hal ini karena kecepatan koneksi internet pada ponsel biasanya hanya 27,22 Mbps sedangkan dikomputer bisa lebih besar. Belum lagi jika gambar Anda memiliki ukuran yang besar.

Ada satu alat dimana Anda dapat melihat kecepatan loading gambar menggunakan GTmetrix. Untuk mengatasi permasalan ini, cobalah resize gambar Anda  di photoshop agar ukurannya memenuhi syarat untuk masuk ke postingan website Anda.

Praktik Koding Terbaik Serta Efisien

Beberapa orang berkata bahwa koding terbaik dan efisien adalah koding yang menggunakan W3C yang valid.

Bahkah panduan webmaster juga merekomendasikan W3C yang valid untuk mengkoding website Anda.

Walaupun koding W3C tidak terlalu berpengaruh pada peringkat SEO, namun ada banyak alasan mengapa koding W3C bisa membuat website Anda lebih unggul daripada website yang tidak menggunakan koding ini.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda catat terlebih dahulu.

  • Standar koding validasi W3C tidak selalu merupakan kode yang baik.
  • Kode yang buruk tidak selalu merupakan kode yang tidak valid.
  • Koding W3C tidak seharusnya menjadi akhir dalam suatu pekerjaan koding.
  • Namun, layanan validator W3C harus digunakan untuk alasan debugging.
  • Menggunakan validator W3C dapat mrmbantu Anda dalam mengevaluasi website serta meminimalisir permasalahan besar yang terjadi karena website Anda semakin besar dan kompleks.

Sebenarnya, menggunakan koding yang sederhana namun konsisten lebih baik daripada tidak.

Karena ketika Anda menggunakan koding yang kompleksitasnya lebih sederhana maka kemungkinan terjadi kesalahannya pun akan lebih sedikit. Sementara itu validator W3C dianggap bisa memastikan koding Anda valid.

Misalnya jika masa pengembangan Anda memindahkan tema WordPress katakanlah dari XHML 1.0 ke HTML 5 untuk alasan kompatibilitas server,

maka Anda akan melihat ribuan kesalahan yang bisa dideteksi oleh W3C. Ini sering terjadi ketika Anda menyalin dan menempelkan kode lama ke situs baru tanpa mengetahui aturan pengkodean.

Kesalahan-kesalahan yang terjadi tersebut bisa merugikan situs Anda baik dari segi pemilik maupun pengguna.

Menggunakan Banyak Plugin Bisa Membahayakan Situs Anda

Mungkin Anda penasaran bagaimana bisa plugin yang seharusnya bisa membantu situs Anda malah beralih membahayakan.

Pada kenyataannya menaruh terlalu banyak plugin ditambah dengan tidak mengelolanya dengan baik malah akan merusak website Anda.

Berikut ini alasan mengapa terlalu banyak plugin bisa menurunkan kinerja website.

  • Permintaan ekstra HTTP

Semua file yang memuat di situs Anda menghasilkan permintaan HTTP. Misalnya setiap kali ada pengguna yang mengklik website Anda, maka halaman tersebut akan memuat gambar, video, plugin,dan lain-lain. Semua itulah yang memerlukaan permintaan HTTP untuk ditransfer.

Jika Anda menggunakan plugin terlalu banyak, maka akan menghambat proses permintaan HTTP sehingga akan memperlambat kinerja website.

Seharusnya loading hanya memakan waku sepersekian detik, namun ketika Anda terlalu banyak menaruh plugin maka loading bisa memakan waktu sampai hitungan menit.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertahankan plugin yanh ada dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

  • Peningkatan database kueri disebabkan oleh ekstra plugin

Perlu diketahui bahwa WordPress menggunakan database SQL untuk memproses kueri dan memeliharaya.

Di situs yang menggunakaan wordpress akan menambahkan basis data tambahan setiap Anda menambahkan plugin.

Jadi semakin banyak plugin yang Anda taruh dalam website akan semakin banyak menambah data dan akan mengakibatkan masalah kemacetan pada situs.

  • Dapat menambah kemungkinan website Anda crashing

Jika Anda saat ini sudah menggunakan plugin yang tepat, setidaknya Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak pada website Anda. Namun sekali lagi, Anda harus tetap memperhatikan kapan plugin Anda harus diperbarui.

Walaupun mungkin saja plugin Anda memiliki sistem pembaruan otomatis, tetap saja harus diperhatikan. Karena bisa saja suatu saat plugin Anda tidak cocok dengan plugin lainnya sehingga bisa mengakibatkan website Anda mogok.


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia



Kesimpulan Pentingnya Menangani SEO Teknis Sebelum Masuk ke Pembuatan Link

Setiap masalah pada SEO Teknis bisa menyebabkan penurunan kinerja website.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk masuk lebih jauh mengenai SEO dan pembuatan link pada website, Anda harus benar-benar memastikan bahwa SEO teknis Anda sudah bagus.

Hal ini karena teknis SEO yang baik bisa mengidentifkasi permasalahan lada website Anda sebelum ditambah dengan pembuatan link.

Tentunya perubahan yang baik pada website Anda akan bekerja sama dengan baik terhadap link yang akan Anda bangun.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh