Cari Tahu Estimasi Traffic Websitemu Disini

SEO UNDERCOVER CO ID 54
Pada artikel ini, kita akan mencaritahu tiga metode yang kamu bisa gunakan untuk mengestimasikan statistik traffic untuk (hampir) seluruh situs. Bagi para penyedia jasa SEO terbaik , tentu harus memahami benar bagaimana cara mencaritahu seberapa besar traffic sebuah situs untuk kelancaran pekerjaannya. Berikut 4 alasan mengapa kamu harus melakukan ini:
  1. Untuk competitive research (untuk mencaritahu seberapa kompetitif sebuah bidang sebelum meluncuhkan sebuah situs dengan bidang serupa)
  2. Untuk memenuhi rasa penasaran di bidang periklanan website
  3. Untuk memenuhi rasa ingin tahu dalam jual beli situs
  4. Kamu ingin menulis artikel untuk situs lain bisa mendapatkan traffic serupa
Dan, berikut 3 cara untuk mencaritahu seberapa besar traffic sebuah situs
WARNING !  tools ini tidak akurat untuk website indonesia karena sebgian besar menghitung negara besar di dunia akurasi terhadap webite indonesia yang telah teroptimasi hanya sekitar 50%

Table of Contents

Menggunakan Alat/software penghitung traffic

Software penghitung traffic situs menggunakan data clickstream untuk menghitung estimasi traffic-nya. Kebanyakan data datang dari perusahaan pihak ketiga (Jumpshot, Similarweb, clickstre.am, dll), namun mereka tergabung kedalam banyak perangkat lunak penghitung traffic besar yang ada di pasaran. Berikut 3 perangkat lunak yang sudah banyak dikenal oleh penyedia jasa SEO terbaik yang ada di Indonesia ataupun dunia:
  1. Alexa
Alexa – sekarang merupakan kepemilikan Amazon – sangatlah populer pada masa ini. alat ini memudahkan kita dalam mendeteksi seberapa ramai situs tersebut. pun caranya sangat simpel, masukkan domain yang kamu inginkan dan Alexa akan menunjukkan statistik situs tersebut. Alexa mendapatkan data traffic ini dari kebiasaan browsing orang-orang dari data global mereka yang mana menjadi sampel dari seluruh pengguna internet yang menggunakan salah satu dari lebih dari 25 ribu ekstensi browser yang berbeda. baca juga Jasa SEO Google Untuk Perusahaan UKM – Start UP – Corporate Alexa juga mengumpulkan data dari sumbernya langsung, termasuk situs yang menginstal script Alexa di situsnya dan mensertifikasi perhitungannya. Berikut adalah data-data yang Alexa tunjukkan:
  • Memperikirakan “unique visitors”, “visits”, dan “pageviews
  • Persentase traffic per negara
  • Perhitungan pendekatan (bounce rate, time on site, average page views, dll)
  • Persentasi traffic yang datang dari mesin pencari
  1. Similarweb
Similarweb menunjukkan statistik yang beragam terkait traffic suatu situs, melingkupi:
  • Total visit, ini adalah jumlah dari segala pengunjung (tidak termasuk unique visitor) untuk menganalisa domain, atau industri tanpa menganalisa periode waktu
  • Pages per visit
  • Average visit duration
  • Bounce rate
Situs ini juga menunjukkan grafik perkembangan traffic selama 6 bulan terakhir yang mudah dibaca. Selanjutnya, statistik pendukung lainnya terkait traffic yang bisa ditemukan di situs ini adalah
  • Traffic berdasarkan negara (hanya bisa dibuka di komputer)
  • Sumber traffic (misalnya pengunjung yang datang secara langsung, lewat mesin pencari, dll)
  • Situs yang menjadi top referring (sangat berguna jika kamu membangun link-building atau mencari pengunjung dengan karakter serupa dari situs tersebut)
  • 5 keyword yang paling banyak dicari.
Similarweb mengaku, data yang mereka dapatkan berasal dari empat sumber, yakni:
  • Panel perangkat monitor (sementara merupakan perangkat terbesar di industri SEO)
  • Internet Service Provider (ISP) lokal yang berlokasi di berbagai negara
  • Web crawler yang melihat langsung setiap situs publik sehingga membuat pemetaan yang akurat di dunia digital
  • ratusan ribu sumber pengukuran langsung dari situs dan aplikasi yang berhubungan langsung ke Similarweb
  1. SEMRush
SEMRush lebih diketahui sebagai penelaah statistik traffic. Namun sekarang, mereka memperkenalkan fitur baru, yakni “traffic analytics tool”. Berikut statistik utama yang bisa kita dapatkan dari sini:
  • Unique visitors
  • Jumlah kunjungan
  • Halaman per pengunjung (kamu bisa menghitung seberapa banyak sebuah halaman dilihat secara manual dengan cara mengalikan “pages per visit “ dan “visits”)
  • Durasi pengunjung rata-rata
Cari Tahu Estimasi Traffic Websitemu Disini  Data ini juga bisa dilihat secara terperinci berdasarkan negara, media, dan lainnya. Namun, untuk saat ini, perangkat ini hanya bisa menunjukkan traffic dari komputer. Menurut laporan Statista, hampir 50% dari seluruh traffic situs datang dari perangkat genggam, SEMRush pun sedikit tertinggal karena hal ini.

Mengecek halaman pengiklan

Kebanyakan blogger menerima banyak tawaran iklan seperti “saya tertarik untuk beriklan di situs kamu, seberapa besar traffic pada situsmu?”, tentu pertanyaan ini masuk akal karena pengiklan tidak mau sembarang mengeluarkan uang demi situs yang belum tentu banyak pengunjungnya. Maka dari itu, perlu diletakkan informasi tentang aksesibilitas terkait data-data situs tersebut. misalnya, berikut halaman pengiklan dari situs GeekWire.com GeekWire.com menunjukan pengunjung bulanan mereka, unique visitor bulanan, pageviews, dan informasi berguna lainnya yang bisa memikat hati pengiklan. Tidak hanya situs besar kok yang melakukan ini. blogger individual juga sudah melakukan teknik ini. Namun, data yang ditaruh di situs bisa dimanipulasi. Maka dari itu, ada beberapa masalah yang berpotensi muncul, seperti:
  • Tidak semua bloggers mempublikasikan angka-angka ini ke halaman pengiklan mereka
  • Angka ini tidak selalu up-to-date, kadang blogger bisa menambahkan sendiri angka ini dan tidak pernah diperbarui lagi, memungkinkan angka yang terpajang sudah tidak berlaku lagi.
Saat menggunakan teknik ini, penting untuk memberi tanggal pembaruan terakhir untuk halaman pengiklan. Contohnya dari situs TravelFashionGirl.com ini: Disitu tertulis jelas bahwa halaman tersebut terakhir diperbarui pada bulan Maret 2017, maka data tersebut bisa dipercaya. Jika situs tidak sering-sering memperbarui statistik traffic nya, bisa saja angka tersebut tidak akurat. Bertanya langsung Sejauh ini, cara paling akurat untuk mengetahui traffic situs tertentu adalah menanyakannya langsung kepada blogger atau pemilik situs. Namun kebanyakan blogger atau pemilik situs tidak akan memberi langsung tanpa adanya alasan yang jelas. Maka dari itu, kamu harus memiliki alasan yang mantap untuk menanyakan (misalkan untuk bekerjasama dalam bentuk iklan). baca juga Undercover.co.id Services Panduan Bisnis Affiliasi Website Cuma 50 Ribu Pembuatan Website Profesional Jasa Seo Profesional dan Terpercaya Jasa Sosial Media Maintenance 60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia Setiap jasa SEO terbaik pastinya harus mengetahui bagaimana mengembangkan situs yang ia kelola untuk mendapatkan banyak pengunjung lewat halaman satu Google. Namun, perlu diperhatikan juga cara mencari traffic lain selain dari hal tersebut. tentu, kamu sebagai pelaku internet marketing bisa belajar banyak mengenai apa-apa saja yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran dalam mengekspansi usahamu. Cari Tahu Estimasi Traffic Websitemu Disini 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh