Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise

Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise

undercover.co.id – Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise dan Waralaba , Franchise atau waralaba merupakan istilah yang mungkin sudah tidak asing. Meski tak asing, tapi masih banyak juga yang masih belum mengetahui lebih jauh tentang franchise.

Franchise didefinisikan sebagai hak atau lisensi yang diberikan perusahaan atau pemberi franchise kepada individu atau penerima franchise untuk memasarkan dan/atau memperdagangkan produk dan jasa di suatu wilayah tertentu.

Sebagai hubungan bisnis franchise memiliki tiga komponen menurut Federal Trade Commission, yaitu penggunaan nama atau merek dagang yang sama, adanya bantuan atau kendali operasi yang signifikan dan pembayaran yang diperlukan oleh penerima franchise.

Selain mengetahui rencana, cara mengembangkan, dan lokasi bisnis franchise. Penting juga untuk mengetahui manfaat dan tips berjualan via digital marketing untuk bisnis franchise.

Rencana Bisnis Franchise

Ketika akan membangun sebuah bisnis franchise, maka harus menentukan rencana untuk memilih jenis franchise yang akan dipilih.

Ada banyak sekali jenis franchise yang dapat anda pilih diantaranya adalah penyedia layanan bisnis, agen perjalanan, toko serba ada, franchise pendidikan, tempat kesehatan, penyedia layanan kesehatan rumah, franchise hiburan, bisnis perawatan hewan peliharaan dan real estat.

Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise
Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise

Cara Mengembangkan Bisnis Franchise dengan Digital Marketing

Setelah memastikan jenis franchise yang akan dijalankan, maka terdapat beberapa cara untuk mengembangkan bisnis franchise yaitu sebagai berikut.

  1. Membangun Reputasi Merek Yang Kuat

Reputasi merek anda sebenarnya berasal dari pelanggan. Jika pelanggan menyukai apa yang anda berikan, maka mereka mendorong teman dan keluarga mereka untuk menggunakan produk atau layanan anda.

Jika anda memberikan mereka layanan pelanggan yang tak tertandingi maka akan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, pastikan bahwa franchise anda memberikan layanan pelanggan yang luar biasa.

Jika franchisee yang menawarkan layanan pelanggan yang buruk akan merusak reputasi perusahaan Anda. Sehingga anda sebagai pemilik franchise, harus memiliki hak untuk mengambil kembali kantor yang berkinerja buruk untuk melindungi merek dan hubungannya dengan pelanggan.

Jika tujuan Anda adalah menjadi yang terbaik, maka menetapkan standar yang tinggi sangatlahpenting. Dengan memenuhi standar tinggi, maka dapat membangkitkan semangat tentang merek dan dapat membangun penjualan.

Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise
  • Bangun Rekam Jejak Bisnis yang Baik

Saat membangun sebuah merek, maka anda menciptakan sebuah visi. Agar visi dapat terwujud, maka perlu menetapkan tujuan. Hal ini berhubungan dengan membangun hubungan yang merupakan bagian daru proses. Hubungan ini dibagin antara franchisee dan karyawan perusahaan anda.

Dalam membantu franchise memenuhi tujuannya, maka mereka perlu memahami peran mereka. Apabila mencapai atau melampaui tujuan yang ditargetkan, maka rayakan secara terbuka bersama mereka.

Beri mereka semangat secara pribadi untuk mencapai sebuah harapan. Menetapkan tujuan ini dapat membantu anda dalam membangun rekam jejak bisnis yang sukses.

  • Promosi

Menawarkan promosi merupaka kegembiraan dan membangkitkam buzz tentang sebuah merek. Agar promosi menjadi efektif maka promosi yang ditawarkan harus unik. Promosi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan digital marketing.

Lokasi Pembukaan Bisnis Franchise

Lokasi pembukaan bisnis franchise tidak bisa dilakukan secara asal. Harus memperhatikan beberapa hal agar dapat membantu mengembangkan bisnis franchise. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk lokasi pembukaan franchise.

Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise
Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise
  1. Temukan Kota yang Tepat

Carilah kota yang tidak hanya memiliki populasi yang lebih besar, Ketika mencari tahu dimana harus membuka franchise.

Namun juga yang telah mengalami pertumbuhan populasi yang stabil selama beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan populasi yang stabil sering dikaitkan dengan ekonomi yang kuat, sehingga franchise dapat berkembang sesuai dengan keinginan anda.

  • Perhatikan Biaya

Seringkali dihadapkan pada kasus menghemat uang dengan menyewa lokasi yang tidak terlalu mudah diakses atau membutuhkan biaya lokasi yang lebih mahal dengan lokasi toko di jalan yang ramai.

Saat mencari tahu apa lokasi, ini adalah dua hal yang harus anda tangani. Pemilik franchise yang baik akan menawarkan dukungan dalam menemukan sewa yang bagus dan bahkan dengan membantu menegosiasikan sewa.

  • Aksebilitas dan Ekspour

Sebaiknya pilih lokasi yang mudah diakses agar tidak mengalami masalah dalam menarik pelanggan potensial.

Selain itu, strategi pendukung menargetkan bisnis yang sedang berkembang, yang berarti area dengan banyak bisnis milik lokal adalah pilihan yang bagus, seperti area pusat kota.

Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise viral
Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise

Manfaat dan Tips Berjualan Via Digital Marketing Untuk Bisnis Franchise

Hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah pemasaran. Pemasaran bisnis franchise ini dapat dilakukan melalui digital.Terdapat beberapa platform yang dapat digunakan untuk bisnis franchise, yaitu sebagai berikut.

  1. SEO Lokal

Manfaat SEO lokal adalah dapat membantu peringkat franchise anda lebih tinggi dalam hasil pencarian online sehingga dapat menjangkau lebih banyak pelanggan lokal.

Seringkali orang menggunakan Google Maps dalam mencari lokasi, maka SEO lokal ini harus dimanfaatkan. Hal ino beruguna al adalah kuncinya. Dan itu dapat membantu lebih banyak pencari. Terdapat beberapa tips yang dapat anda lakukan, yaitu.

  • Riset kata kunci.
  • Kembangkan struktur situs yang jelas.
  • Buat konten asli yang menargetkan lokasi anda.
  • Pastikan informasi nama, alamat dan telepon anda konsisten di seluruh daftar internet.
  • Iklan Bayar Per Klik

Pay Per Click (PPC) adalah strategi periklanan berbayar yang memungkinkan anda membayar biaya kepada penyedia jasa iklan untuk setiap klik pada iklan.

Manfaat iklan bayar per klik ini adalah sebagai promosi melalui iklan di internet dengan menetapkan anggaran, dan hanya akan membayar bila pengunjung mengklik iklan anda.

Selain itu, iklan bayar per klik ini juga bekerja dengan cepat, jadi dapat dengan cepat meningkatkan traffic situs web dan pendapatan untuk franchise anda. Beberapa tips untuk pemasaran melalui iklan bayar per klik ini adalah sebagai berikut.

  • Riset kata kunci.
  • Atur kata kunci ke dalam grup iklan dan grup iklan ke dalam platform promosi.
  • Buat iklan berkualitas tinggi.
  • Optimalkan halaman arahan, ketika orang mengklik iklan anda.
  • Evaluasi dan optimalkan promosi anda.
  • Pemasaran Konten

Strategi paling efektif untuk menghasilkan prospek secara online. Mulai dari posting tulisan di website, foto dan video.

Beberapa manfaar dari pembuatan konten adalah pelanggan merasa lebih positif tentang perusahaan setelah membaca konten khusus, pelanggan dengan mudah membaca tentang merek yang menarik bagi mereka, dan pelanggan dapat mencari produk setelah membaca konten. Beberapa tips dalam membuat konten adalah.

  • Membuat konten tulisan, foto dan video yang relevan dengan bisnis franchise.
  • Gunakan konten visual untuk menarik pelanggan.
  • Mengunggah konten dengan terjadwal.
  • Promosikan di sosial media.
  • Media sosial

Cara yang bagus untuk menjangkau dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan baru adalah melalui media sosial.

Manfaat media sosial adalah untuk mendorong dialog dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggandan memberi mereka informasi yang mereka butuhkan untuk mengambil langkah selanjutnya dengan franchise anda. Tips untuk promosi di media sosial adalah sebagai berikut.

  • Gunakan akun bisnis dan perbarui info bisnis anda di halaman media sosial.
  • Tambahkan visual berkualitas tinggi ke postingan anda.
  • Gunakan caption atau deskripsi dengan cerita singkat.
  • Mendorong dialog dengan pelanggan melalui caption dan komentar.
  • Gunakan alat analitik untuk mengukur keterlibatan di media sosial.
  • Desain web

Sebagai rumah ketika membuka toko secara offline, desain web memiliki peranan penting dalam digital marketing.

Karena situs web dapat menjadi interaksi pertama antara franchise dan pelanggan potensial. Manfaat desain web dapat mengirimkan sinyal positif ke mesin pencari, dan memungkinkan pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk menghubungi atau mengunjungi franchise anda. Tips menggunakan website sebagai pemasaran.

  • Sertakan merek dan logo franchise.
  • Berikan profil yang jelas.
  • Gunakan desain responsif dan ramah pengguna.
  • Sertakan ajakan bertindak dengan jelas.

baca juga

  • Pemasaran E-Mail

Pemasaran E-mail merupakan penggunaan E-mail dalam upaya pemasaran untuk mempromosikan suatu produk yang dijual secara online secara mendorong loyalitas dari konsumen.

Salah satu manfaatnya adalah snda dapat memberikan informasi penting kepada orang-orang tentang franchise snda dan mengembangkan hubungan yang mendorong mereka untuk menjadi pelanggan. Tips pemasaran E-Mail adalah sebagai berikut.

  • Tools E-Mail marketing.
  • Buat E-Mail list.
  • Segmentasi.
  • Membuat konten yang menarik.
  • Optimalkan pengiriman E-Mail.
  • Evaluasi strategi.
  • Manajemen Reputasi Online

Manajemen reputasi online dapat membantu anda mengelola ulasan online untuk meningkatkan status perusahaan Anda di antara pengguna Internet.

Karena orang menggunakan internet untuk meneliti dan membaca ulasan sebelum membeli produk, maka  penting untuk menanggapi ulasan, mempertahankan pandangan positif, dan menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa anda adalah franchise yang bereputasi baik. Tips manajemen reputasi online yaitu sebagai berikut.

  • Buat ulasan mudah diakses dan berusaha untuk membalas ulasan.
  • Pantau cantuman bisnis di situs seperti Google Bisnisku dan Yelp.
  • Jika terdapat ulasan pelanggan yang bermasalah, cari solusi dan tetap positif.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!